• 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)

Eye cream atau krim mata digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan dan mata panda. Tidak hanya orang dewasa, eye cream juga bisa dipakai oleh remaja. Beberapa merk, seperti Pond's, SAFI, dan Wardah bahkan telah meluncurkan eye cream yang bagus dengan harga murah.

Kali ini kami akan mengulas cara memilih eye cream dan eye serum terbaik. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tentu saja, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk yang bagus untuk Anda. Yuk, baca review-nya sampai habis!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Indah Maharani
Virly Ka
Justephanie Lee
  • Pembaharuan terakhir: 24 Mei 2021
  • 689.763 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Dokter Indah Maharani merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya dan Universitas Indonesia. Rani merupakan dokter spesialis yang berpengalaman di bidang dermatologi kosmetik dan estetika, tumor dan bedah kulit, serta dermatologi anak. Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Dokter Rani aktif praktik di ERHA Derma Center Kemanggisan dan RS Premier Jatinegara.


Dokter Rani juga menjadi owner dan menjadi salah satu dokter aktif di klink Medivita, Jakarta Barat. Menyukai olahraga, Rani juga merupakan founder dari komunitas olahraga Derm Runners dan Derm Cyclist. Dokter yang juga aktif sebagai pengurus Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya.

Manfaat dan fungsi eye cream atau krim mata

Manfaat dan fungsi eye cream atau krim mata

Eye cream atau krim mata adalah krim perawatan wajah yang bermanfaat untuk melembapkan kulit di sekitar mata. Anda perlu menggunakan eye cream karena area di sekitar mata memiliki kulit yang sangat tipis dan lembut. Dapat dikatakan bahwa kulit di sekitar mata tiga kali lebih tipis dibandingkan area lainnya. 


Apabila salah penanganan, tekstur kulit yang halus dan lembap di area tersebut dapat mengering sehingga bisa memperburuk riasan. Selain itu, kulit juga dapat menjadi kendur dan mudah keriput. Maka dari itu, salah satu cara mengatasi munculnya tanda-tanda penuaan adalah dengan menggunakan eye cream. Tambahkanlah eye cream ke dalam rangkaian perawatan kulit harian Anda!

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Kulit di sekitar mata sifatnya sangat lembut dan relatif lebih tipis dibandingkan kulit area wajah lainnya. Jaringan ikat penyokong di bawahnya juga relatif lebih longgar. Akibatnya, area sekitar mata biasanya menunjukkan tanda-tanda penuaan paling dini. Hal ini bisa terlihat dari munculnya kerut, keriput, dan kulit yang kendur di sekitar mata.


Eye cream bertujuan untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini dan memperlambat proses penuaan kulit di area sekitar mata. Oleh karena itu, eye cream dapat digunakan oleh orang yang berusia dewasa atau muda. Namun, Anda perlu menggunakannya secara konsisten untuk mendapatkan hasilnya.

Cara memilih eye cream

Di bawah ini adalah beberapa poin yang sebaiknya Anda perhatikan supaya dapat menemukan eye cream dengan formula yang paling tepat. Tak perlu berlama-lama, simak ulasan kami hingga tuntas!

Pilih yang tinggi kandungan pelembap

Pilih yang tinggi kandungan pelembap
Pilihlah eye cream yang kaya pelembap agar kulit di sekitar mata lebih sehat dan terawat. Sebagai petunjuk, Anda dapat membaca bahan pelembap yang tertulis di dalam label komposisi atau situs resmi. Selain itu, pilihlah eye cream yang memiliki komposisi awal bahan pelembab. Umumnya, bahan yang disebutkan pada urutan awal memiliki kandungan yang lebih tinggi. 

Di sini, kami akan menuliskan beberapa bahan pelembap yang dapat Anda temukan pada eye cream. Pastikan salah satu bahan ini ada di dalam eye cream pilihan Anda, ya!

Ceramides, proteoglycans, glycosphingolipids, hyaluronic acid, amino acids, lipids (polyquatarium-51, 61), peptides, collagen, glycerin, BG, DPG, PCA-Na, dan lain-lain.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Area kulit di sekitar mata memiliki kecenderungan lebih kering dibandingkan kulit di area wajah lainnya. Karena itu, pilihlah eye cream yang mengandung pelembap. Kulit yang kering akan lebih cepat menunjukan tanda-tanda kerusakan dan penuaan. Sebaliknya, kulit dengan hidrasi yang baik akan lebih lambat menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Pilih tekstur dan kemasan yang paling praktis digunakan

Pilih tekstur dan kemasan yang paling praktis digunakan

Anda sebaiknya memakai eye cream secara rutin setiap hari. Namun, hentikan penggunaan eye cream bila Anda tidak merasakan hasil yang memuaskan meskipun ulasan dan formulanya bagus.


Eye cream merupakan salah satu perawatan kulit pada bagian mata yang sebaiknya dilakukan secara intensif. Apabila Anda telah memilih produk yang cocok, kelembapan kulit di sekitar mata dapat lebih terjaga. Jika Anda tidak nyaman menggunakan tekstur yang kental, cobalah tekstur yang lebih ringan seperti gel atau lotion.


Beberapa produk eye cream juga dapat memijat kulit area mata dengan ujung applicator-nya. Jadi, apabila Anda ingin meningkatkan efisiensi penggunaan eye cream, perhatikanlah juga bentuk kemasannya.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Kandungan eye cream sering kali mengandung bahan-bahan antioksidan yang memiliki efek anti-aging. Bahan-bahan antioksidan ini relatif tidak stabil dan mudah teroksidasi akibat paparan panas dan sinar ultraviolet.


Karena itu, pemilihan kemasan menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan. Selain kemasan praktis, pilihlah kemasan yang mampu menjaga kestabilan bahan aktif eye cream. Kemasan berbahan kaca yang tidak tembus cahaya relatif lebih baik untuk mempertahankan kestabilan bahan aktif dibandingkan kemasan berbahan plastik. 


Meski bahan kaca dinilai lebih tidak praktis karena mudah pecah, tetapi daya simpannya relatif lebih stabil. Namun, hal ini tentu saja tergantung pada jenis bahan aktif yang terkandung pada eye cream dan perlakuan yang diperlukan.

Pilih produk yang dapat mengatasi tanda-tanda penuaan

Apabila Anda ingin menggunakan eye cream dengan tujuan menghilangkan tanda penuaan, perhatikanlah komposisi bahannya. Selain itu, perhatikan juga manfaatnya agar sesuai dengan permasalahan kulit Anda. Untuk lebih jelasnya, simaklah informasi berikut ini.

Mengandung bahan yang dapat memelihara kesehatan kulit

Mengandung bahan yang dapat memelihara kesehatan kulit

Selain memeriksa kandungan pelembap, sebaiknya Anda juga memeriksa komposisi bahan lainnya. Pastikan eye cream pilihan Anda tidak hanya mampu mencegah tanda-tanda penuaan, tetapi juga mengandung formula yang bisa menjaga kesehatan kulit.


Di bawah ini, terdapat beberapa bahan yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit Anda. Anda dapat menjadikannya sebagai panduan saat memeriksa label eye cream pilihan Anda. 


  • Contoh formula pengencang kulit

Retinol, human oligopeptide-1, human oligopeptide-13, human oligopeptide-14, human oligopeptide-4, acetylhexapeptide-3, palmitoylpentapeptide-4, acetylhexapeptide-8, fullerene, ubiquinone, platinum, dan lain-lain.


  • Contoh formula pemelihara kesehatan kulit

Turunan vitamin C, dipotassium glycyrrhizinate, allantoin, dan lain-lain.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Pilihlah eye cream dengan kandungan bahan aktif yang dapat menjaga hidrasi kulit. Dengan demikian, kesehatan kulit di sekitar mata lebih terjaga. Bahan aktif yang dimaksud adalah coenzym Q10, peptides, ceramides, niacinamide, hyaluronic acid, vitamin C, E, K, retinoids, chamomiledan lainnya.

Terdapat keterangan tentang khasiatnya dalam menyamarkan tanda-tanda penuaan

Terdapat keterangan tentang khasiatnya dalam menyamarkan tanda-tanda penuaan

Apabila Anda ingin menangani masalah kulit sekitar mata yang telah berkerut, pilihlah eye cream yang mengandung obat. Pastikan eye cream tersebut telah memiliki klaim dapat mengatasi keriput. 


Anda juga bisa memilih krim mata dalam kategori quasi-drugQuasi-drug adalah produk kecantikan yang berada dalam kategori kosmetik sekaligus obat-obatan. Umumnya, produk kecantikan quasi-drugs memiliki campuran obat yang relatif ringan. Anda dapat menemukan quasi-drugs ini di toko atau apotek.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Tanda-tanda penuaan sering kali diawali dengan munculnya kerut halus di sekitar mata. Hal ini juga sering muncul akibat gerakan ekspresi, seperti tertawa, mengernyit, marah, dan lain sebagainya. Pilihlah eye cream yang mampu menyamarkan tanda-tanda penuaan. Utamakan produk dengan bahan aktif yang mampu melembapkan kulit serta menstimulasi pembentukan kolagen.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

AvoskinIntensive Nourishing Eye Cream

Mulai dari Rp 159.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi eye cream terbaik dengan harga terjangkau

Berikutnya, kami akan merekomendasikan beberapa produk eye cream terbaik yang harganya terjangkau. Temukan eye cream yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
10
Isi10 gr
Tipe Krim
Kandungan bahan pelembapTidak disebutkan
Kandungan pemelihara kesehatan kulitAcetyl tetrapeptide
9
Isi15 gr
Tipe Krim
Kandungan bahan pelembapOlive oil, sunflower extract, chamomile extract, glycerin, vitamin E
Kandungan pemelihara kesehatan kulitVitamin A, hesperidin methyl chalcone, lactic acid, dipeptide-2, palmitoyl tetrapeptide-7
8
Isi5 ml
Tipe Krim
Kandungan bahan pelembapGlycerin, collagen, chamomile extract, hydrogenated castor oil
Kandungan pemelihara kesehatan kulitPtychopetalum olacoides bark/stem extract, brazilian ginseng extract, white lily extract, brown seaweed extract
7

The Bath BoxBloomka Persian Silk Ash Tree Eye Serum

Mulai dari Rp 109.000,00

Isi10 ml
Tipe Serum
Kandungan bahan pelembapPersian silk extract, ash tree extract, darutoside
Kandungan pemelihara kesehatan kulitNiacinamide
6
Isi20 gr
Tipe Krim
Kandungan bahan pelembapVitamin E, squalane, jojoba oil
Kandungan pemelihara kesehatan kulitAllantoin, vitamin A
5
Isi15 ml
Tipe Krim
Kandungan bahan pelembapGlycerin, Prunus armeniaca kernel oil, hydrolyzed hyaluronic acid
Kandungan pemelihara kesehatan kulitPro-Retinol A, adenosin, caffeine, Centella asiatica
4
Isi30 ml
Tipe Krim
Kandungan bahan pelembapFiltered snail mucus, beta glucan, macadamia seed oil, squalane, fermented caragana root, jojoba seed
Kandungan pemelihara kesehatan kulitAdenosine, arbutin, niacinamide
3
Isi15 ml
Tipe Krim
Kandungan bahan pelembapGlycerin
Kandungan pemelihara kesehatan kulitNiacinamide, palmitoyl tetrapeptide-7, palmitoyl tripeptide-1
2
Isi10 ml
Tipe Gel
Kandungan bahan pelembapHyaluronic acid
Kandungan pemelihara kesehatan kulitWhite-Adenosine Complex, vitamin B3
1
Isi15 ml
Tipe Krim
Kandungan bahan pelembapGlycerin, caprylic/capric triglyceride, Helianthus annuus (sunflower) seed oil
Kandungan pemelihara kesehatan kulitRetinol-C Complex, niacinamide

Tabel perbandingan produk eye cream terbaik dengan harga terjangkau

Gambar produk
1
Unilever Pond's Age Miracle Eye Cream 1

Unilever

2
Wardah White Secret Brightening Eye Cream 1

Wardah

3
SAFI  Age Defy Eye Contour Treatment 1

SAFI

4
Secret Key  Snail Repairing Eye Cream 1

Secret Key

5
L’Oreal Paris  Revitalift Classic Eye Cream  1

L’Oreal Paris

6
Ristra  Eye Care Cream With Vit E 1

Ristra

7
The Bath Box Bloomka Persian Silk Ash Tree Eye Serum 1

The Bath Box

8
Brunbrun Paris  Eye Cream 1

Brunbrun Paris

9
Viva Cosmetic Revitalizing Eye Cream 1

Viva Cosmetic

10
Theraskin  Eye Cream With Peptide 1

Theraskin

Nama produk

Pond's Age Miracle Eye Cream

White Secret Brightening Eye Cream

Age Defy Eye Contour Treatment

Snail Repairing Eye Cream

Revitalift Classic Eye Cream

Eye Care Cream With Vit E

Bloomka Persian Silk Ash Tree Eye Serum

Eye Cream

Revitalizing Eye Cream

Eye Cream With Peptide

Keunggulan

Formulanya bekerja 24 jam nonstop menyamarkan kerutan di area kulit mata

Teksturnya ringan, mudah diserap oleh kulit

Sertifikasi halal yang meningkatkan kenyamanan saat menggunakannya

Bahan utama snail mucus yang mengembalikan kelembapan di sekitar mata

Formula dermalift yang perlancar regenerasi sel kulit di sekitar mata

Formula sempurna yang telah teruji klinis

Ucapkan selamat tinggal pada mata panda yang membandel!

Kemasan ekonomis dengan khasiat yang optimal

Sensasi dinginnya atasi mata lelah

Mengurangi penimbunan air pada kantung mata dengan formula acetyl tetrapeptide-nya

Harga mulai dariRp 142.000,00Rp 83.000,00Rp 109.900,00Rp 115.000,00Rp 89.900,00Rp 62.990,00Rp 109.000,00Rp 29.900,00Rp 40.000,00Rp 26.000,00
Isi15 ml10 ml15 ml30 ml15 ml20 gr10 ml5 ml15 gr10 gr
Tipe KrimGelKrimKrimKrimKrimSerumKrimKrimKrim
Kandungan bahan pelembapGlycerin, caprylic/capric triglyceride, Helianthus annuus (sunflower) seed oilHyaluronic acidGlycerinFiltered snail mucus, beta glucan, macadamia seed oil, squalane, fermented caragana root, jojoba seedGlycerin, Prunus armeniaca kernel oil, hydrolyzed hyaluronic acidVitamin E, squalane, jojoba oilPersian silk extract, ash tree extract, darutosideGlycerin, collagen, chamomile extract, hydrogenated castor oil Olive oil, sunflower extract, chamomile extract, glycerin, vitamin ETidak disebutkan
Kandungan pemelihara kesehatan kulitRetinol-C Complex, niacinamideWhite-Adenosine Complex, vitamin B3Niacinamide, palmitoyl tetrapeptide-7, palmitoyl tripeptide-1Adenosine, arbutin, niacinamidePro-Retinol A, adenosin, caffeine, Centella asiaticaAllantoin, vitamin ANiacinamidePtychopetalum olacoides bark/stem extract, brazilian ginseng extract, white lily extract, brown seaweed extractVitamin A, hesperidin methyl chalcone, lactic acid, dipeptide-2, palmitoyl tetrapeptide-7Acetyl tetrapeptide
Tautan produk

Tips menggunakan eye cream untuk hasil maksimal

Selain mempertimbangkan cara memilih eye cream yang tepat, perhatikan juga cara penggunaanya. Apabila Anda mengaplikasikan eye cream dengan benar, tentu hasil yang akan Anda dapatkan juga maksimal. Untuk itu, simaklah tips selanjutnya dari kami.

Untuk menghindari iritasi, oleskan krim dengan lembut

Untuk menghindari iritasi, oleskan krim dengan lembut

Anda sebaiknya mengoleskan eye cream dengan lembut. Usahakanlah untuk tidak menggosok kulit di sekitar mata. Kami juga tidak menyarankan Anda melakukan pijatan di area sekitar mata meskipun Anda merasa lebih nyaman dengan cara  itu. Untuk hasil maksimal, Anda dapat mengoleskan krim secara lembut, mulai dari bagian dalam kulit sekitar mata hingga ke sudut mata. Gerakan tersebut lebih baik dibandingkan pijatan.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Area kulit di sekitar mata sangat lembut dan tipis. Karena itu, aplikasi eye cream perlu dilakukan dengan lembut agar tidak menyebabkan gesekan pada kulit yang berakibat iritasi kulit.


Untuk area sekitar mata, gunakan eye cream sebesar ukuran satu kacang polong. Oleskan eye cream dengan jari. Sebisa mungkin, gunakanlah jari manis karena tekanan pada jari ini relatif yang paling lembut. 


Aplikasikanlah dengan cara menepuk-nepuk area di bawah mata dengan lembut. Hindari menggosok ataupun memijat terlalu kuat kulit di area sekitar mata untuk mencegah iritasi

Gunakan sebagai urutan pertama dari rangkaian perawatan kulit Anda

Gunakan sebagai urutan pertama dari rangkaian perawatan kulit Anda

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah urutan penggunaan eye cream dalam rangkaian perawatan kulit Anda. Umumnya, eye cream digunakan sebagai lapisan pertama. 


Selain itu, sebagian besar produsen menganjurkan Anda menggunakannya di malam hari sebelum krim malam supaya khasiatnya tidak hilang. Bisa dikatakan bahwa urutan penggunaan eye cream secara tepat adalah eye cream → lotion → serum → milky lotion atau krim wajah → krim malam.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Eye cream biasanya mengandung partikel bahan aktif yang berukuran kecil sehingga mampu berpenetrasi ke dalam kulit dengan sangat baik. Aplikasi eye cream sebaiknya dilakukan pada urutan pertama sebelum aplikasi moisturizer lain dengan ukuran partikel yang lebih besar. 


Untuk produk lainnya, langkah ini juga berlaku serupa. Gunakanlah produk dengan ukuran partikel zat aktif terkecil kemudian produk dengan partikel yang lebih besar.

Baca juga rekomendasi eye cream lainnya di sini

Masalah kulit di sekitar mata akan berubah seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, penting juga untuk menggunakan eye cream yang sesuai dengan usia Anda. Tautan berikut ini akan memperkenalkan eye cream yang sesuai untuk setiap usia dan masalah kulit. Semoga dapat menjadi referensi Anda dalam memilih eye cream!

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara memilih eye cream yang baik, apakah Anda telah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Dengan berbagai produk yang kami rekomendasikan, Anda bisa mendapat eye cream yang harganya lebih terjangkau.

Dalam memilih, perhatikanlah kandungan di dalam eye cream. Dengan demikian, Anda bisa mendapat hasil yang sesuai harapan. Selain itu, pastikan juga teksturnya terasa nyaman untuk Anda gunakan. Selamat menjaga kecantikan kulit di sekitar mata Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selain Cethapil, Garnier, Pond’s, dan Acnes, masih banyak produk facial wash untuk kulit berjerawat. Untuk membantu Anda memilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    899.106 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat terlihat kempis, ternyata bekas jerawat masih bisa menimbulkan masalah. Bekas jerawat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi lebih baik jika Anda menggunakan skincare untuk menghilangkan jerawat.Salah satu caranya, Anda bisa memilih serum yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat. Kami akan menjabarkan tips memilih dan memberikan rekomendasi serum penghilang bekas jerawat, seperti produk The Ordinary, Kiehl’s, Wardah, dan lainnya. Simak juga komentar dan informasi tambahan dari dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    497.808 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Noda di wajah atau flek hitam memang menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.Namun, memilih cream penghilang flek hitam harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips memilih krim yang ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, Kojie San, dan Shiseido juga dapat Anda temukan di sini. Agar tidak salah pilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya.
    Perawatan wajah
    615.079 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu momok bagi kulit adalah munculnya jerawat pada wajah. Untungnya, kini ada banyak brand yang memproduksi moisturizer untuk kulit berjerawat, baik dari lokal maupun internasional. Wardah, Sensatia Botanicals, dan Innisfree merupakan beberapa contohnya. Tiap-tiap produk memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang bersifat non-comedogenic, ada yang cocok untuk mengatasi jerawat pada remaja, dan lainnya. Namun, manakah yang paling tepat untuk digunakan? Kali ini dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, akan memberikan komentar mengenai pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Yuk, simak!
    Perawatan wajah
    616.751 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mendambakan kulit wajah yang putih dan sehat? Langkah awal untuk mendapatkan kulit yang putih dan sehat adalah mencuci muka. Anda harus memilih sabun cuci muka yang mampu memberikan efek memutihkan dan mencerahkan kulit. Namun, manakah pembersih muka yang terbaik untuk kulit Anda? Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sabun cuci muka yang bagus. Baca juga tips tambahan dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Tak lupa, temukan rekomendasi merk favorit Anda, seperti Laneige, Senka, hingga SK-II. Mari dapatkan kulit putih, sehat, dan glowing!
    Perawatan wajah
    414.092 Views
  • 10 Rekomendasi Hydrating Toner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hydrating Toner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Toner memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit. Beberapa manfaatnya antara lain untuk menyegarkan, melembapkan, dan memperbaiki tekstur kulit wajah. Toner di pasaran terdiri dari dua jenis yaitu hydrating toner dan exfoliating toner. Namun, kali ini kami akan membahas lebih spesifik tentang hydrating toner. Di artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih hydrating toner sekaligus merekomendasikan best hydrating toner yang bagus. Mulai dari merk hydrating toner lokal seperti Viva, hingga toner hydrating luar seperti Bioderma dan SKII, semua turut kami ulas. Jadi, simak terus pembahasan kami, ya! 
    Perawatan wajah
    186.638 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori