• 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Olahraga bulu tangkis adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dapat memainkan olahraga ini. Raket, menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.

Kali ini, kami akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis yang bagus dan berkualitas seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk pemula atau untuk Anda yang sudah profesional. Namun, sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Silakan disimak!
  • Pembaharuan terakhir: 03 Desember 2019
  • 20.990 Views
Daftar isi

Cara memilih raket bulu tangkis

Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang tidak boleh Anda lewatkan dalam memilih raket bulu tangkis.

Pilih berdasarkan bobot raket

Pilih berdasarkan bobot raket
Hal terpenting dalam memilih raket bulu tangkis adalah memperhatikan beratnya. Biasanya, pengelompokan raket bulu tangkis memakai simbol “U” di belakang angka. Semakin besar angka yang tertera, semakin ringan berat raket bulu tangkis tersebut. Berikut gambaran pengelompokannya:

  • 5U : Sekitar 75–80 gram

  • 4U : Sekitar 80–85 gram

  • 3U : Sekitar 85–90 gram

  • 2U : Sekitar 90–95 gram

Jika dilihat, memang setiap kelompok tidak memiliki selisih berat yang terlalu jauh, tetapi perbedaan kecil ini nyatanya merupakan hal yang penting. Permainan bulu tangkis berlangsung dalam durasi cukup panjang sehingga selisih berat antara 5–10 gram pun akan berpengaruh cukup besar, Anda bisa menjadi lebih cepat lelah.
Raket berbobot ringan lebih mudah diayunkan sehingga cocok digunakan oleh orang tua atau wanita sekali pun. Sementara, raket berbobot berat membutuhkan energi lebih untuk digunakan, tetapi memungkinkan Anda untuk memukul lebih kencang. Pilihlah raket dengan bobot yang sesuai dengan gaya bermain dan kekuatan fisik Anda.

Pilih berdasarkan tingkat kekakuan batang raket

Pilih berdasarkan tingkat kekakuan batang raket
Anda akan menemukan raket bulu tangkis dengan batang yang fleksibel serta batang yang kaku. Tergantung pada fleksibilitasnya, kekuatan dan kecepatan tembakan Anda akan berubah sehingga Anda perlu memilih produk yang tepat. Raket dengan batang yang fleksibel memiliki aerodinamika tinggi sehingga Anda bisa segera memukul kembali kok dengan cepat.
Sementara itu, raket dengan batang kaku akan bekerja layaknya perisai yang keras, seluruh tenaga Anda akan tersalurkan sepenuhnya ke raket karena batangnya tidak melenting. Hal tersebut bisa Anda rasakan sendiri ketika Anda mencoba bermain menggunakan raket berbatang kaku. Namun, raket seperti ini cenderung lebih sulit dipakai ketimbang raket berbatang fleksibel. Tidak hanya itu, mengukur timing pukulan pun bukan perkara mudah. Meski begitu, bila Anda sudah terbiasa menggunakan raket berbatang kaku, Anda akan merasakan perbedaan kekuatan pukulan secara signifikan bahkan saat Anda mengayunkan raket dengan tenaga yang sama.
Anda bisa menggunakan raket berbatang kaku bila menginginkan pukulan yang kencang. Sebaliknya, bila Anda mengutamakan teknik permainan, Anda bisa menggunakan raket dengan batang yang lebih fleksibel.

Pilih berdasarkan ukuran gagang raket

Pilih berdasarkan ukuran gagang raket
Saat memilih raket bulu tangkis, Anda juga harus mengecek ukuran gagangnya. Meski satu produk raket yang sama, ukuran gagangnya bisa saja berbeda. Ketebalan gagang raket biasanya dituliskan dalam simbol, misalnya “4UG5”. “4U” adalah berat raket yang sudah kami jelaskan pada poin pertama, sedangkan “G5” menunjukkan ukuran dan ketebalan dari gagang raket itu sendiri. Semakin kecil angkanya, semakin tebal pula ukuran gagang raket tersebut. Kebanyakan produsen raket membuat raket dengan ukuran 4, 5, dan 6. Feeling ketika memukul atau mengayunkan raket pun akan berubah seiring dengan perbedaan ukuran gagang raket tersebut.
Raket bergagang tipis adalah pilihan yang baik untuk orang bertangan kecil, sedangkan raket bergagang tebal untuk orang bertangan besar. Gagang yang tipis terasa lebih nyaman digenggam dibanding gagang yang tebal. Gagang tersebut cocok digunakan oleh Anda yang mengutamakan teknik meski pukulan Anda jadi terasa kurang bertenaga. Di sisi lain, gagang tebal memudahkan Anda untuk menyalurkan tenaga secara sempurna ke raket sehingga Anda pun akan lebih mudah melakukan pukulan smash, cocok bila Anda memiliki gaya permainan ofensif.
Meski begitu, Anda bisa juga mempertebal gagang yang tipis dengan menambahkan grip tape, kok! Karena itu, pilihlah raket bulu tangkis dengan ukuran gagang yang cocok dengan tangan Anda.

10 Rekomendasi raket bulu tangkis terbaik

Selanjutnya, kami akan membantu Anda memilih raket bulu tangkis terbaik dengan memberikan rekomendasi raket bulu tangkis terbaik. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
10
8
8
7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk raket bulu tangkis terbaik

Gambar produk
1
Yonex  Nanoray 750 1

Yonex

2
Victor  Thruster K 15L 1

Victor

3
Li-Ning  Ultra Carbon 5200 1

Li-Ning

4
Wish  Matt Fushiontec 998 1

Wish

5
Adidas  P800 1

Adidas

6
Pro Ace Power Ace 99 1

Pro Ace

7
Li-Ning  SS 99 Plus 1

Li-Ning

8
Carlton  Airblade 37 1

Carlton

8
Adidas  F300 1

Adidas

10
Victor  ASEAN-ARROW POWER 990 1

Victor

Nama produk

Nanoray 750

Thruster K 15L

Ultra Carbon 5200

Matt Fushiontec 998

P800

Power Ace 99

SS 99 Plus

Airblade 37

F300

ASEAN-ARROW POWER 990

KeunggulanBikin lawan tak berdaya den...Atur kekencangan senarnya s...Enak diayun, pukulan pun te...Harganya sangat terjangkau,...Fitur precision 76 permudah...Raket bulu tangkis dengan d...Ingin yang senarnya tak mud...Sangat stabil saat diayun, ...Tembakan makin akurat denga...Optimalkan kontrol dengan t...
HargaRp 1.525.000,00Rp 1.312.500,00Rp 630.000,00Rp 235.000,00Rp 800.000,00Rp 355.000,00Rp 499.000,00Rp 375.000,00Rp 875.000,00Rp 575.400,00
Tautan produk

Kesimpulan

Pemilihan raket menjadi hal terpenting dalam permainan bulu tangkis. Jika Anda salah memilih raket, tentu permainan Anda pun akan menjadi kurang optimal.
Pilihlah raket dengan bobot, ukuran gagang, dan fleksibilitas batang yang dapat membuat Anda merasa nyaman dalam bermain. Sesuaikan juga dengan anggaran yang Anda miliki. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda, dan memberi Anda semangat untuk berolahraga. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana. Saat ini sudah banyak produsen sepeda lipat, seperti Apollo, Evergreen, United Trifold, dan lainnya. Masing-masing produk memiliki karakteristiknya sendiri, sehingga seringkali membuat kita bingung saat memilih.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sepeda lipat. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepeda lipat terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!
    Outdoor & sports
    47.280 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam lingkungan, mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti merasa bingung karena ada begitu banyak jenis sepeda gunung yang bisa dipilih.Apalagi, produsen sepeda terkenal seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga sudah banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan 10 sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai, ya!
    Outdoor & sports
    29.682 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda balap atau road bike merupakan salah satu moda transportasi yang simple dan digunakan tidak hanya oleh para pesepeda. Road bike yang saat ini beredar di pasaran memiliki banyak jenis, antara lain road bike keluaran merek-merek ternama seperti Polygon, United, Element, dan sebagainya. Selain itu, komponen-komponennya pun tergolong banyak sehingga sering kali membuat para pemula menjadi bingung.Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan mengenai poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih road bike. Kemudian kami akan memperkenalkan rekomendasi produk road bike dalam format ranking. Produk road bike yang akan kami perkenalkan di sini memiliki banyak variasi untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan bersepeda Anda.
    Outdoor & sports
    14.374 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepatu merupakan perlengkapan paling penting dalam olahraga lari maupun jogging. Akhir-akhir ini, kita sering menjumpai orang-orang yang memakai sepatu lari yang trendi. Banyak produsen seperti Adidas, Asics, dan Nike mengeluarkan sepatu lari dengan kualitas terbaik, dilengkapi keunikan dan keunggulan dari masing-masing merek.Semakin banyak variasi produk, mungkin membuat Anda yang masih pemula bingung saat memilih. Kali ini kami akan membahas tips memilih sepatu lari dan memperkenalkan sepuluh produk sepatu lari terbaik untuk Anda. Silakan menyimak ulasannya dan temukan sepatu lari yang cocok untuk Anda!
    Outdoor & sports
    14.605 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda yang berencana membeli sepeda hybrid, apakah saat ini Anda sedang bingung dalam memilihnya? Sekarang sudah banyak sepeda hybrid yang dijual di pasaran keluaran merek ternama, misalnya Polygon, United, Pacific, dan sebagainya. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri sehingga tidak sedikit pemula yang bingung soal patokan seperti apa yang sebaiknya diperhatikan saat memilih sepeda hybrid.Kali ini kami akan mengulas tentang sepeda hybrid yang direkomendasikan untuk pemula dengan harga cukup terjangkau namun berkualitas, dan mengurutkannya dalam format ranking. Kami akan membandingkan segi harga, kemampuan produk, dan ulasan dari pengguna yang sudah membelinya. Tentu saja kami juga akan menjelaskan tentang cara memilih sepeda hybrid yang tepat. Jadikanlah ulasan kami ini sebagai step awal serta referensi dalam menemukan sepeda hybrid yang paling cocok untuk Anda!
    Outdoor & sports
    8.319 Views
  • 10 Rekomendasi Emergency Blanket Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Emergency Blanket Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan penjelajahan alam tentu sudah tidak asing lagi dengan selimut darurat atau emergency blanket. Emergency blanket ini dapat membantu Anda untuk tetap hangat di tempat dingin dan berfungsi sebagai media insulasi panas.Sebelum memilih emergency blanket untuk dibawa dalam perjalanan Anda, sebaiknya Anda memahami dulu cara memilih emergency blanket yang baik. Pertimbangkan juga 10 produk emergency blanket yang bagus yang kami rekomendasikan ya!
    Outdoor & sports
    617 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori