10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Olahraga bulu tangkis adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dapat memainkan olahraga ini. Raket, menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.

Kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda produk raket bulu tangkis yang bagus dan berkualitas seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk pemula maupun untuk Anda yang sudah profesional. Namun, sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Silahkan disimak!

Daftar isi

Cara memilih raket bulu tangkis

Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang tidak boleh Anda lewatkan dalam memilih raket bulu tangkis.

Pilih produk dengan berat yang sesuai

Pilih dengan berat yang sesuai

Yang terpenting dalam memilih raket bulu tangkis adalah memperhatikan beratnya. Biasanya,  pengelompokkan raket bulu tangkis memakai simbol “U” dibelakang angka. Semakin besar angka yang digunakan, maka semakin ringan berat raket bulu tangkis tersebut.

  • 5U : Sekitar 75g – 80g
  • 4U : Sekitar 80g – 85g
  • 3U : Sekitar 85g – 90g
  • 2U : Sekitar 90g – 95g

Jika dilihat, memang setiap kelompok tidak memiliki selisih berat yang terlalu jauh. Tetapi ini akan menjadi sangat penting saat Anda menggunakan raket tersebut untuk bermain bulu tangkis. Selisih berat antara 5g – 10g akan berpengaruh cukup besar saat permainan berlangsung, karena akan membuat Anda cepat lelah.

Tentunya perbedaan berat raket ini juga harus Anda sesuaikan dengan kemampuan tubuh Anda. Kemampuan seseorang akan berbeda dengan orang lainnya, maka Anda tidak boleh menjadikan orang lain sebagai acuan.

Pilih produk dengan senar yang lembut

Pilih dengan poros yang lembut

Selanjutnya, pilihlah raket bulu tangkis yang memiliki senar lembut dan lunak. Semakin lembut dan lentur senarnya, maka semakin besar tekanan yang dapat Anda berikan saat memukul cock. Raket yang kaku, senarnya memang tetap dapat digunakan, tetapi butuh waktu penyesuaian yang cukup lama, dan tekanan yang dihasilkan tidak semaksimal menggunakan raket dengan senar yang lembut dan lunak.

Kedua jenis raket berdasarkan senarnya ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin menekankan pada teknik permainan, tentunya raket dengan senar lembut dan lunak yang kami rekomendasikan.

Pilih produk dengan ukuran pegangan yang sesuai

Pilih dengan ukuran pegangan yang sesuai

Saat memilih raket bulu tangkis, Anda juga harus memperhatikan pegangannya. Ketebalan gagang raket biasanya dituliskan dalam simbol, misalnya “4UG5”. “4U” adalah berat raket yang sudah kami jelaskan pada poin pertama, sedangkan “G5” menunjukkan ketebalan dari gagang raket itu sendiri. Semakin kecil angkanya, maka semakin tebal ukuran pegangan raket tersebut.

Bagi pemula, pilihlah raket dengan pegangan tipis. Raket dengan pegangan tipis tidak membutuhkan tenaga besar, tetapi dapat digunakan untuk mempraktikkan teknik yang baik, terutama untuk menyerang lawan main. Tetapi jika Anda menyukai permainan cepat dan sering melakukan smash, jenis raket dengan pegangan tebal cocok untuk Anda.

10 Rekomendasi raket bulu tangkis terbaik

Selanjutnya, kami akan membantu Anda memilih raket bulu tangkis terbaik dengan beberapa rekomendasi yang kami berikan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Victor Asean Arrow Power 990

10. Victor Asean Arrow Power 990

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Raket power dengan berat ringan

Seperti namanya, produk ini memang didesain mengikuti struktur tangan orang Asia yang cenderung memiliki tangan kecil dan pendek. Memiliki berat 4U dengan pegangan tipis, raket bulu tangkis ini akan memudahkan Anda untuk melakukan smash dan cocok untuk Anda yang menyukai tipe permainan menyerang.

Produk ini dilengkapi dengan diamond frame serta nano technology, sehingga tarikannya dapat mencapai 33lbs. Terasa ringan saat digunakan, dan membuat Anda lebih lincah dalam bergerak.

9. Carlton Airblade 37

9. Carlton Airblade 37

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 485.000

Desain yang memotivasi permainan

Mungkin desain sebuah raket bulu tangkis tidak terlihat sama antara satu produk dan produk lainnya. Tetapi produk yang satu ini memiliki desain yang elegan dengan dominasi warna abu-abu. Produk ini memiliki berat 3U dengan panjang 675 mm. Pegangannya berbahan full carbone yang terasa nyaman saat digenggam.

Tidak ketinggalan, produk ini dilengkapi pula dengan Nano Pulse Technology, sehingga tarikannya mencapai 30lbs. Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai raket bulu tangkis yang terlalu ringan, produk ini cocok untuk Anda.

8. Adidas F300

8. Adidas F300

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 809.000

Pegangan tipis dan nyaman

Adidas sebagai salah satu brand perlengkapan olahraga memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Produk raket bulu tangkis satu ini memiliki pegangan yang tipis dan senar yang lunak,  sehingga mampu menghasilkan pukulan yang kencang. Desainnya didominasi warna kuning yang menampilkan kesan ceria saat Anda menggunakannya.

Raket ini kami rekomendasikan bagi Anda yang baru ingin menyeriusi olahraga bulu tangkis. Berat raket bulu tangkis ini juga ringan, sehingga tidak menyusahkan Anda di awal latihan. Jangan ragu lagi, ayo segera miliki!

7. Li-Ning SS 99 Plus

7. Li Ning SS 99 Plus

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 499.000

Senar tidak mudah putus

Produk selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah produk dari Li-Ning. Raket ini dilengkapi dengan senar AP6 yang kuat dan lembut. Senar semacam ini akan menghasilkan pukulan yang kuat, terlebih lagi saat melakukan smash. Pegangannya tipis, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga berlebih saat menggunakannya.

Raket bulu tangkis dari brand Li-Ning ini menawarkan empat warna menarik bagi Anda yang ingin terlihat sporty. Desainnya simpel, dengan logo Li-Ning berwarna merah pada bagian senar sebagai identitas dari produk ini.

6. Pro Ace Power Ace 99

6. Pro Ace Power Ace 99

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 375.000

Kuat dan tidak mudah rusak

Selain harga, bahan dasar memang menjadi pertimbangan utama dalam membeli suatu barang. Produk yang satu ini berbahan konstruksi grafit ultra yang kaku. Pegangannya kuat, sehingga sulit patah atau bengkok. Gradasi warna silver dan merah dipilih untuk desain produk ini. Memiliki berat 84 gram dan panjang 65,7 cm, produk ini nyaman digunakan.

Dengan spesifikasi tersebut, Anda tidak perlu meragukan kekuatan tarikan yang mampu dihasilkan oleh raket ini. Dengan pegangan yang kuat dan sedikit tebal, produk ini menghasilkan tarikan hingga 29lbs. Cocok untuk Anda yang mengandalkan kekuatan dalam permainan bulu tangkis.

5. Adidas P800

5. Adidas P800

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.259.000

Pegangan dengan busa

Satu lagi raket bulu tangkis dari Adidas. Produk yang satu ini dilengkapi dengan teknologi pure nano carbon yang akan meningkatkan kekuatan pukulan menjadi lebih stabil dan tak tertandingi, sehingga kok akan melesat dengan cepat. Fitur drive feel cap memastikan akurasi dan kecepatan tembakan, serta ekstra titanium yang berguna meningkatkan elastisitas produk ini.

Pegangannya ringan, dan dilapisi dengan busa yang lembut. Produk ini memiliki berat 87 gram dengan panjang 675 mm. Selain itu, produk ini juga dilengkapi pula dengan frame aerodynamic slim body, yaitu frame yang bentuknya presisi, sehingga lebih aerodinamis dan dapat menghasilkan kekuatan yang lebih besar.

4. Yonex Voltric Z Force

4. Yonex Voltric Z Force

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 245.000

Raket ringan untuk pemula

Produk raket bulu tangkis dari brand Yonex ini berbahan full carbone. Dengan tingkat kelenturan sedang, produk ini diperuntukkan bagi pemula. Pegangan yang tipis dan ringan mampu menghasilkan tarikan hingga 28lbs.

Raket bulu tangkis yang satu ini didominasi warna putih terutama pada pegangannya. Membuatnya terlihat kontras saat Anda menggunakannya di dalam maupun di luar ruangan. Beratnya 85 gram, serta memiliki senar yang lentur dan tidak mudah putus.

3. Li-Ning Ultra Carbon 5200

3. Li Ning Ultra Carbon 5200

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 630.000

Memudahkan pergelangan tangan Anda dalam bergerak

Raket bulu tangkis ini berbahan high carbon untuk bagian frame, dan berbahan carbon fiber untuk bagian gagangnya. Memiliki berat 3U dan ukuran grip G2 yang mampu menghasilkan tarikan hingga 22-26lbs.

Ketebalan pegangan raket ini tergolong kecil, dengan lapisan pelindung untuk membuat pergelangan tangan Anda lincah dalam bergerak. Produk ini cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan menengah dalam olahraga bulu tangkis dengan tipe permainan bertahan.

2. Karakal BN60 FF

2. Karakal BN60 FF

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.500.000

Raket teringan

Produk raket yang satu ini menawarkan dominasi warna pastel pink. Sesuai dengan warnanya, memang produk ini diutamakan untuk pemain wanita. Pegangannya dilapisi busa yang menyerap keringat,  sehingga Anda tidak akan terganggu karena raket menjadi licin oleh keringat.

Beratnya hanya 60 gram dengan kemampuan tarikan hingga 28lbs. Raket ini disebut-sebut sebagai raket teringan di dunia, yang akan membuat Anda menjadi lebih gesit dalam bermain bulu tangkis. Tunggu apa lagi?

1. Yonex Nanoray 750

1. Yonex NR750

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.490.000

Kecepatan pantul tiada banding

Raket bulu tangkis terbaik yang kami rekomendasikan berasal dari brand Yonex. Memang harganya tidak murah, tetapi kualitas yang dimiliki produk ini dijamin sesuai dengan harganya. Raket ini dapat menghasilkan ayunan cepat dan terkontrol, dengan dorongan kuat melalui fitur new aero frame. Ini adalah produk raket bulu tangkis yang diproduksi Yonex dengan tujuan mengurangi hambatan udara.

Fitur x-fullerene memiliki 4 rusuk radial yang menyatukan atom karbon yang akan mengikat kekuatan 10x lipat, memungkinkan Anda untuk menciptakan kekuatan tolakan 5% lebih tinggi, dan stabilitas 15% lebih besar. Selain itu, raket ini juga dilengkapi dengan pola single-pass grommet, yaitu pola yang menyediakan lebih banyak lubang grommet, yang dapat menghasilkan performa permainan yang lebih tinggi. Produk ini cocok untuk Anda yang menekuni olahraga bulu tangkis. Menarik bukan?

Kesimpulan

Pemilihan raket menjadi hal terpenting dalam permainan bulu tangkis. Jika Anda salah memilih raket diawal Anda berlatih bulu tangkis, maka hal itu akan menurunkan semangat berlatih Anda.

Pilihlah raket yang membuat Anda nyaman dalam bermain, terutama nyaman dalam menggerakan pergelangan tangan. Sesuaikan juga dengan anggaran yang Anda miliki. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda, dan memberi Anda semangat untuk berolahraga. Selamat memilih!