10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Olahraga bulu tangkis adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dapat memainkan olahraga ini. Raket, menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.

Kali ini, kami akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis yang bagus dan berkualitas seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk pemula atau untuk Anda yang sudah profesional. Namun, sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Silakan disimak!

Daftar isi

Cara memilih raket bulu tangkis

Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang tidak boleh Anda lewatkan dalam memilih raket bulu tangkis.

Pilih berdasarkan bobot raket

Pilih berdasarkan bobot raket

Hal terpenting dalam memilih raket bulu tangkis adalah memperhatikan beratnya. Biasanya, pengelompokan raket bulu tangkis memakai simbol “U” di belakang angka. Semakin besar angka yang tertera, semakin ringan berat raket bulu tangkis tersebut. Berikut gambaran pengelompokannya:

  • 5U : Sekitar 75–80 gram
  • 4U : Sekitar 80–85 gram
  • 3U : Sekitar 85–90 gram
  • 2U : Sekitar 90–95 gram

Jika dilihat, memang setiap kelompok tidak memiliki selisih berat yang terlalu jauh, tetapi perbedaan kecil ini nyatanya merupakan hal yang penting. Permainan bulu tangkis berlangsung dalam durasi cukup panjang sehingga selisih berat antara 5–10 gram pun akan berpengaruh cukup besar, Anda bisa menjadi lebih cepat lelah.

Raket berbobot ringan lebih mudah diayunkan sehingga cocok digunakan oleh orang tua atau wanita sekali pun. Sementara, raket berbobot berat membutuhkan energi lebih untuk digunakan, tetapi memungkinkan Anda untuk memukul lebih kencang. Pilihlah raket dengan bobot yang sesuai dengan gaya bermain dan kekuatan fisik Anda.

Pilih berdasarkan tingkat kekakuan batang raket

Pilih berdasarkan tingkat kekakuan batang raket

Anda akan menemukan raket bulu tangkis dengan batang yang fleksibel serta batang yang kaku. Tergantung pada fleksibilitasnya, kekuatan dan kecepatan tembakan Anda akan berubah sehingga Anda perlu memilih produk yang tepat. Raket dengan batang yang fleksibel memiliki aerodinamika tinggi sehingga Anda bisa segera memukul kembali kok dengan cepat.

Sementara itu, raket dengan batang kaku akan bekerja layaknya perisai yang keras, seluruh tenaga Anda akan tersalurkan sepenuhnya ke raket karena batangnya tidak melenting. Hal tersebut bisa Anda rasakan sendiri ketika Anda mencoba bermain menggunakan raket berbatang kaku. Namun, raket seperti ini cenderung lebih sulit dipakai ketimbang raket berbatang fleksibel. Tidak hanya itu, mengukur timing pukulan pun bukan perkara mudah. Meski begitu, bila Anda sudah terbiasa menggunakan raket berbatang kaku, Anda akan merasakan perbedaan kekuatan pukulan secara signifikan bahkan saat Anda mengayunkan raket dengan tenaga yang sama.

Anda bisa menggunakan raket berbatang kaku bila menginginkan pukulan yang kencang. Sebaliknya, bila Anda mengutamakan teknik permainan, Anda bisa menggunakan raket dengan batang yang lebih fleksibel.

Pilih berdasarkan ukuran gagang raket

Pilih berdasarkan ukuran gagang raket

Saat memilih raket bulu tangkis, Anda juga harus mengecek ukuran gagangnya. Meski satu produk raket yang sama, ukuran gagangnya bisa saja berbeda. Ketebalan gagang raket biasanya dituliskan dalam simbol, misalnya “4UG5”. “4U” adalah berat raket yang sudah kami jelaskan pada poin pertama, sedangkan “G5” menunjukkan ukuran dan ketebalan dari gagang raket itu sendiri. Semakin kecil angkanya, semakin tebal pula ukuran gagang raket tersebut. Kebanyakan produsen raket membuat raket dengan ukuran 4, 5, dan 6. Feeling ketika memukul atau mengayunkan raket pun akan berubah seiring dengan perbedaan ukuran gagang raket tersebut.

Raket bergagang tipis adalah pilihan yang baik untuk orang bertangan kecil, sedangkan raket bergagang tebal untuk orang bertangan besar. Gagang yang tipis terasa lebih nyaman digenggam dibanding gagang yang tebal. Gagang tersebut cocok digunakan oleh Anda yang mengutamakan teknik meski pukulan Anda jadi terasa kurang bertenaga. Di sisi lain, gagang tebal memudahkan Anda untuk menyalurkan tenaga secara sempurna ke raket sehingga Anda pun akan lebih mudah melakukan pukulan smash, cocok bila Anda memiliki gaya permainan ofensif.

Meski begitu, Anda bisa juga mempertebal gagang yang tipis dengan menambahkan grip tape, kok! Karena itu, pilihlah raket bulu tangkis dengan ukuran gagang yang cocok dengan tangan Anda.

10 Rekomendasi raket bulu tangkis terbaik

Selanjutnya, kami akan membantu Anda memilih raket bulu tangkis terbaik dengan memberikan rekomendasi raket bulu tangkis terbaik. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Victor ASEAN-ARROW POWER 990

10. Victor ASEAN-ARROW POWER 990

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 575.400

Optimalkan kontrol dengan teknologi aerodynamic

Bila Anda mencari raket bulu tangkis yang sangat mudah dikontrol, produk ini pilihannya. Menerapkan teknologi aerodynamic, raket ini memiliki tingkat hambatan udara rendah sehingga memudahkan Anda untuk mengayunkannya dengan cepat ke mana pun Anda mau.

Memiliki bobot seberat 3U, raket ini pun terasa cukup ringan saat Anda ayunkan, cocok digunakan oleh para wanita atau anak remaja sekali pun. Apalagi, produk ini memiliki grip berukuran G5 sehingga terasa semakin nyaman dimainkan oleh Anda yang bertangan kecil.

9. Carlton Airblade 37

9. Carlton Airblade 37

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 375.000

Sangat stabil saat diayun, makin mudah melakukan backhand!

Gagang raket ini dilengkapi dengan busa tambahan sehingga akan semakin enak saat digenggam dan tangan Anda pun tak mudah berkeringat. Dibuat menggunakan bahan grafit pilihan, produk ini menjadi semakin kuat dan dapat Anda gunakan dalam jangka waktu cukup panjang.

Dirancang secara khusus, produk ini adalah pilihan tepat bila Anda mencari raket bulu tangkis dengan kestabilan yang mumpuni. Ketika digunakan, raket ini terasa begitu balance sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk bermain baik dengan forehand maupun backhand.

8. Adidas F300

8. Adidas F300

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 875.000

Tembakan makin akurat dengan drive feel cap plus aero power

Dengan bobot sekitar 82g atau masuk dalam kategori 4U, tangan Anda tidak akan cepat lelah saat mengayunkan raket ini. Rangka pada raket bulu tangkis ini dibuat dengan mengaplikasikan teknologi Aero Power sehingga diklaim mampu meningkatkan akurasi dan daya pantul saat memukul kok.

Dipadukan dengan adanya fitur Drive Feel Cap di ujung gagangnya, Anda pun akan semakin dimudahkan untuk mengarahkan kok ke titik yang Anda tuju. Bila Anda adalah tipe pemain bulu tangkis yang menitikberatkan pada tembakan yang presisi, produk ini tentu merupakan partner yang pas.

7. Li-Ning SS 99 Plus

7. Li-Ning SS 99 Plus

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 499.000

Ingin yang senarnya tak mudah putus? Ini dia jawabannya!

Raket pilihan kami satu ini dilengkapi dengan senar AP6 yang kuat dan tak mudah putus, sangat cocok dimiliki bila Anda tak ingin direpotkan karena terlalu sering gonta-ganti senar. Senar ini juga mampu menghasilkan pukulan yang kuat, terlebih lagi saat Anda melakukan smash.

Produk ini memiliki gagang yang tipis sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga terlalu kuat saat menggunakannya. Kemudian, raket bulu tangkis dari brand Li-Ning ini menawarkan enam varian warna menarik, Anda pun semakin bebas memilih warna yang paling Anda suka.

6. Pro Ace Power Ace 99

6. Pro Ace Power Ace 99

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 355.000

Raket bulu tangkis dengan daya tahan mumpuni

Selain harga, bahan dasar memang harus menjadi salah satu pertimbangan utama dalam membeli suatu barang. Nah, produk pilihan kami satu ini berbahan konstruksi grafit ultra yang kaku, pegangannya kuat dan sulit patah atau bengkok, sangat cocok bila Anda mengutamakan durability.

Dengan bobot sebesar 84 gram dan panjang 67,5 cm, produk ini terasa nyaman digunakan bahkan oleh Anda yang kekuatan fisiknya tidak terlalu besar. Meski begitu, produk ini telah dilengkapi dengan gagang yang cukup tebal sehingga Anda tetap bisa menghasilkan tembakan yang kuat.

5. Adidas P800

5. Adidas P800

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 800.000

Fitur precision 76 permudah Anda lakukan tembakan spin!

Bila Anda mencari raket bulu tangkis yang dapat mempermudah Anda untuk melakukan tembakan spin, ini dia jawabannya! Mengaplikasikan fitur precision 76, senarnya disusun dengan pola khusus sehingga mampu mereduksi gesekan yang timbul antara kok dengan senar raket.

Hasilnya, Anda semakin mudah memukul kok dan menghasilkan tembakan spin yang presisi. Dipadukan dengan konfigurasi rangka frame precision dan x-tra titanium, setiap tembakan yang Anda hasilkan pun akan terasa semakin bertenaga dan kencang, sulit diantisipasi oleh lawan.

4. Wish Matt Fushiontec 998

4. Wish Matt Fushiontec 998

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 235.000

Harganya sangat terjangkau, para pemula pasti makin suka

Dibuat menggunakan bahan karbon, produk ini tidak hanya menjadi ringan, tetapi juga cukup tangguh untuk Anda gunakan dalam jangka waktu panjang. Dengan gagang yang tipis, produk ini pun semakin mudah diayunkan sehingga Anda bisa lebih cepat memukul kok.

Dilengkapi dengan tas untuk membawanya ke gelanggang olahraga, membuat Anda tidak perlu lagi membeli tas raket secara terpisah. Harganya pun sangat ramah di kantong sehingga merupakan pilihan tepat bila Anda memiliki dana terbatas atau baru mulai bermain bulu tangkis.

3. Li-Ning Ultra Carbon 5200

3. Li-Ning Ultra Carbon 5200

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 630.000

Enak diayun, pukulan pun tetap kencang

Bila Anda ingin setiap tembakan Anda tetap bertenaga tanpa membuat tangan Anda cepat letih atau pegal, produk inilah solusinya. Raket bulu tangkis ini berbahan high carbon untuk bagian frame dan carbon fiber untuk bagian gagangnya sehingga terasa ringan saat diayun.

Selain itu, batangnya tergolong kaku sehingga Anda tetap bisa memukul kok dengan kencang meski hanya menggunakan sedikit tenaga. Kemudian, gagangnya yang tebal memungkinkan setiap energi yang Anda keluarkan dapat tersalur sempurna dan kok pun melaju dengan kuat.

2. Victor Thruster K 15L

2. Victor Thruster K 15L

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.312.500

Atur kekencangan senarnya sesuka hati Anda

Tersedia dalam varian dengan bobot 5U dan 6U, produk ini terasa begitu ringan diayun bahkan oleh Anda yang sudah berumur. Fitur power box berupa desain rangka yang berbentuk kotak juga diklaim mampu meningkatkan stabilitas bahkan saat senarnya Anda kencangkan.

Teknologi nano frame dan fiber reinforced system miliknya juga membuat rangka produk ini tidak bengkok bahkan saat senarnya Anda kencangkan hingga 31 lbs! Bila Anda mencari raket yang nyaman digunakan dan senarnya dapat diatur kekencangannya sesuka hati, sebaiknya Anda tidak melewatkan produk ini.

1. Yonex Nanoray 750

1. Yonex Nanoray 750

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.525.000

Bikin lawan tak berdaya dengan daya pantul super cepat!

Raket ini dapat Anda ayunkan dengan cepat, terkontrol, bertenaga, dan minim hambatan udara berkat fitur AERO Frame miliknya. Desain struktur NANORAY membuat kecepatan tembakan Anda meningkat pesat bahkan saat Anda mengayunkan raket dengan tenaga minim.

Dibuat dengan konstruksi X-Fullerene, raket ini menjadi lebih stabil sekaligus mampu memantulkan kembali kok dengan kekuatan yang lebih besar. Bila Anda adalah tipe pemain yang menaklukkan lawan dengan tembakan mematikan super cepat, tentu produk ini wajib dimiliki.

Kesimpulan

Pemilihan raket menjadi hal terpenting dalam permainan bulu tangkis. Jika Anda salah memilih raket, tentu permainan Anda pun akan menjadi kurang optimal.

Pilihlah raket dengan bobot, ukuran gagang, dan fleksibilitas batang yang dapat membuat Anda merasa nyaman dalam bermain. Sesuaikan juga dengan anggaran yang Anda miliki. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda, dan memberi Anda semangat untuk berolahraga. Selamat memilih!