mybest
Raket

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Badminton
  4. 10 Rekomendasi Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton]
  • 10 Rekomendasi Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton] 1
  • 10 Rekomendasi Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton] 2
  • 10 Rekomendasi Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton] 3
  • 10 Rekomendasi Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton] 4
  • 10 Rekomendasi Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton] 5

10 Rekomendasi Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton]

Bulu tangkis atau badminton adalah olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, semua memainkannya. Raket menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.

Kami akan menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih raket bulu tangkis, baik untuk pemula maupun profesional. Tips memilihnya disusun bersama mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto. Kami juga akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis terbaik, seperti Yonex, Victor, dan Li-Ning. Raket lokal pun ada. Yuk, dimulai!
Diperbaharui 15/01/2024
Debby Susanto
Pakar
Mantan atlet badminton
Debby Susanto

Seorang wanita yang dikenal melalui prestasinya di bidang olahraga badminton. Debby mewakili Indonesia di kancah internasional dengan prestasi tertinggi, yaitu peringkat dua dunia. Sekarang, prioritasnya telah berubah, yaitu menjadi seorang ibu. Dengan pengetahuan dan pengalaman dalam hal peralatan badminton, Debby ingin membaginya melalui artikel ini.

Profil Debby Susanto
Lanjut membaca
Jansilmi Nur Al-Zia
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Jansilmi Nur Al-Zia

Jansilmi Nur Al-Zia merupakan lulusan Program Studi Matematika, Universitas Islam Bandung yang akrab dipanggil Zia. Selama kuliah, wanita pencinta olahraga basket dan badminton ini pernah magang menjadi admin di toko perlengkapan bayi dan busana muslim. Setelah lulus, ia terjun ke dunia jurnalistik dan menjadi jurnalis di salah satu televisi nasional sebagai asisten produser program hiburan dan gaya hidup. Meski aktivitasnya padat, sesekali ia juga meluangkan waktunya untuk bermain gitar yang menjadi hobinya semasa SMA. Kini, wanita yang telah memiliki satu anak ini banyak menghabiskan waktu menjadi penulis konten. Ia juga memperdalam pengetahuan soal tumbuh kembang anak demi kesehatan buah hatinya.

Profil Jansilmi Nur Al-Zia
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Nikmati kompetisi bulu tangkis dengan raket yang cocok untuk Anda

Nikmati kompetisi bulu tangkis dengan raket yang cocok untuk Anda

Dalam permainan atau kompetisi bulu tangkis, raket merupakan item yang paling penting. Walaupun secara sekilas terlihat sama, Anda tidak bisa memilih raket hanya dari harga atau penampilannya. Cara memilih raket yang tepat memengaruhi kemudahan Anda dalam bermain.


Raket yang tidak sesuai dengan level Anda akan membuat Anda kesulitan dalam mengontrol dan mengayunkannya. Alhasil, bahu dan lengan Anda mungkin akan tertekan, bahkan Anda dapat mengalami cedera.


Jika Anda salah memilih raket, tentu motivasi bermain Anda akan berkurang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara memilih raket yang baik. Sebagai permulaan, pilihlah raket yang sesuai dengan skill dan kekuatan Anda. Tentukan raket yang paling pas untuk Anda dan bersiaplah untuk menikmati permainan!

Debby Susanto
Mantan atlet badminton
Debby Susanto

Raket adalah senjata utama pemain bulu tangkis. Salah pilih jenis raket bahkan bisa berakibat cedera. Jadi, Anda harus bisa menentukan sendiri raket yang tepat untuk Anda. Anda bisa memilihnya berdasarkan sektor permainan, apakah pemain tunggal atau pemain ganda. Kedua sektor ini tentunya memiliki tipe raket yang berbeda. Hal ini karena tiap tipe raket memiliki bobot dan pegangan grip yang berbeda.

Cara memilih Raket Badminton

Kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang tidak boleh Anda lewatkan dalam memilih raket bulu tangkis. Simak terus informasinya di bawah ini, ya!

1

Pilih berdasarkan gaya bermain Anda

Terdapat empat tipe raket badminton berdasarkan titik keseimbangannya. Hal ini akan memengaruhi kemudahan Anda dalam mengayunkan raket. Karena itu, pilihlah tipe yang sesuai dengan kekuatan dan gaya bermain Anda.

Head-light balance, untuk mendapatkan gerakan lincah bagi pemula

Head-light balance, untuk mendapatkan gerakan lincah bagi pemula

Raket ini memiliki pusat gravitasi mendekati gagangnya sehingga kepala raket menjadi ringan dan lebih mudah diayunkan. Pada dasarnya, raket ini sulit menghasilkan pukulan kuat karena bagian kepalanya yang ringan. 


Namun, raket jenis ini direkomendasikan untuk pemain pemula agar lebih mudah mengontrol raket saat bermain. Raket ini tidak cocok untuk tipe pemain yang ingin melakukan smash keras. Namun, jika Anda merupakan tipe pemain yang gesit dan lincah, Anda dapat menggunakan raket jenis ini.

Even balance, membantu memudahkan Anda dalam mengontrol permainan

Even balance, membantu memudahkan Anda dalam mengontrol permainan

Pada raket jenis ini titik berat tertumpu di bagian tengah raket. Dengan kata lain, gagang dan bagian kepalanya memiliki berat yang sama. Tergantung pada bobot dan fleksibilitasnya, jenis ini dapat dengan mudah dikendalikan oleh semua level pemain, bahkan pemula sekalipun. 


Pegangan dan kepala yang bobotnya seimbang akan memudahkan Anda dalam mengontrol raket selama permainan berlangsung. Raket jenis ini direkomendasikan untuk Anda yang sulit mengontrol arah gerakan raket

Head-heavy balance, untuk pemain yang kuat dan agresif

Head-heavy balance, untuk pemain yang kuat dan agresif

Raket ini memiliki bagian kepala yang lebih berat dibandingkan pegangannya sehingga dapat menghasilkan smash yang kuat. Raket ini membutuhkan kekuatan lebih dari pergelangan tangan dan ideal untuk tipe penyerang yang agresif. 


Namun, raket berjenis ini dapat mengurangi kecepatan ayunan Anda dalam bermain karena berat. Para pemula sebaiknya memilih raket tipe ini setelah terbiasa dengan latihan atau kompetisi bulu tangkis

Extra head-heavy, untuk yang mempunyai kekuatan smash besar

Extra head-heavy, untuk yang mempunyai kekuatan smash besar

Sama seperti head-heavy, raket jenis ini memiliki bagian kepala yang lebih berat dibandingkan pegangannya. Jarak titik keseimbangan dari ujung grip berkisar 295–300 mm. 


Raket ini cocok untuk pemain profesional yang mempunyai kekuatan smash yang besar. Jika Anda pemula, sebaiknya Anda memilih jenis raket yang lebih ringan. Namun, jika Anda sudah terbiasa dengan latihan, Anda dapat melirik raket ini sebagai senjata.

Debby Susanto
Mantan atlet badminton
Debby Susanto

Selain gaya bermain di atas, Anda juga bisa menentukan jenis raket berdasarkan sektor permainan Anda. Menurut pengalaman saya sebagai pemain ganda campuran, saya menyukai raket yang tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan. 


Raket seperti ini menurut saya pas sekali untuk bermain cepat, defence, serta untuk bermain di area depan. Berbeda dengan itu, untuk permainan tunggal biasanya saya akan mencari raket dengan bobot dan bagian kepala raket yang lebih berat. Dengan begitu, ayunan raket akan lebih powerful.

2

Pertimbangkan raket yang ringan dengan bahan full carbon yang tahan lama

Pertimbangkan raket yang ringan dengan bahan full carbon yang tahan lama

Bahan dasar pembuatan raket bermacam-macam, seperti serat karbon, titanium, aluminium, dan lain sebagainya. Bobot, kekuatan, dan tingkat keluwesan raket berbeda-beda tergantung pada materialnya.  


  • Raket berbahan dasar full carbon sangat fleksibel sehingga mudah digunakan, bahkan bagi pemain pemula. Bahan ini sedang banyak digemari akhir-akhir ini.

  • Raket berbahan dasar aluminium direkomendasikan bagi Anda yang bermain badminton hanya untuk bersantai atau uji coba saja. Selain harganya yang terjangkau, raket ini tahan terhadap benturan. Namun, raket berbahan ini tidak disarankan untuk latihan persiapan pertandingan karena tidak didesain untuk kompetisi.

  • Raket premium berbahan titanium bisa menjadi pilihan Anda untuk pertandingan bulu tangkis. Raket ini memiliki stabilitas dan kekuatan yang baik untuk menunjang permainan bulu tangkis Anda.
3

Tentukan raket yang paling mudah digunakan sesuai dengan level Anda

Selain gaya bermain, penting juga untuk Anda memilih raket yang sesuai dengan tingkat keahlian permainan Anda. Berikut ini kami berikan penjelasannya agar Anda dapat menentukan mana yang paling pas. 

Bobot: 2U/3U untuk pemain pria, 4U/5U untuk pemain wanita atau pemula

Bobot: 2U/3U untuk pemain pria, 4U/5U untuk pemain wanita atau pemula

Standar bobot raket berbeda-beda tergantung pada produsennya. Kali ini kami akan memberikan standar ukuran merek Yonex sebagai tolok ukur. Bobot yang dihitung adalah dari ujung gagang sampai pegangan. Berikut ini adalah beberapa bobot standar raket yang umum dipakai.


  • 2U (90–94 gram)
  • 3U (85–89 gram)
  • 4U (80–84 gram)
  • 5U (75–79 gram)

Pada dasarnya, makin berat bobot raket, makin tinggi pula kekuatan pukulnya. Untuk pria, raket dengan bobot 3U lebih disarankan. Jika Anda merasa kuat, 2U atau U juga dapat Anda gunakan demi kenyamanan. 


Namun, perlu diingat bahwa raket yang berat akan lebih sulit dikontrol. Jadi, apabila Anda ingin fokus pada kemudahan kontrolnya, pilihlah raket dengan bobot yang lebih ringan. Raket dengan bobot ringan dapat dioperasikan dengan baik. Karena itu, raket dengan bobot 4U atau 5U disarankan untuk Anda yang mendambakan kelincahan dalam bermain. 


Jika Anda merasa raket dengan bobot ringan kurang powerful, pilihlah tipe head-heavy balance. Bagian kepala raket yang lebih berat akan membuatnya menjadi lebih mudah diayunkan untuk menghasilkan pukulan yang kuat.

Kekakuan gagang raket: Gagang fleksibel untuk pemula, gagang kaku untuk profesional

Kekakuan gagang raket: Gagang fleksibel untuk pemula, gagang kaku untuk profesional

Tingkat fleksibilitas raket ditentukan oleh kekakuan shaft atau gagangnya. Gagang raket akan berpengaruh pada power, kemudahan mengontrol raket, dan lainnya. 


  • Pilihlah raket dengan gagang yang kaku jika Anda ingin berfokus pada power. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengarahkan pukulan ke arah lawan. Jika Anda adalah pemain level intermediate, pilih gagang yang sedikit lebih kaku. Namun, jika Anda merupakan pemain mahir atau profesional, sebaiknya Anda menggunakan raket dengan tingkat kekakuan yang tinggi. Hal ini dapat memudahkan Anda melontarkan pukulan yang kuat selama pertandingan.

  • Pilihlah raket dengan gagang yang lebih lentur jika Anda ingin raket yang mudah dikontrol. Untuk pemula, kami merekomendasikan gagang yang lentur ini. Raket yang fleksibel akan mengimbangi ayunan yang lambat sehingga kok menjadi lebih terarah.

Tarikan senar: 18–21 lbs cocok untuk pemula

Tarikan senar: 18–21 lbs cocok untuk pemula

Faktor penting penentu lompatan kok dan kekuatan tembakan bergantung pada tarikan senar raket. Jadi, memperhatikan tarikan senar sebelum membeli raket adalah hal penting. Tarikan senar ditandai dengan lbs atau pound sebagai satuannya.  


  • 16–18 lbs: Tarikan senar ini disarankan untuk pemula yang masih di sekolah dasar.
  • 18–21 lbs: Tarikan senar untuk pemula di atas sekolah menengah pertama. Dengan tarikan ini, kok akan terarah dengan baik meskipun dengan pukulan yang lemah. Selain itu, sweetspot akan melebar dengan tarikan yang pas. Dengan begitu, pukulan Anda tidak akan meleset dan permainan bulu tangkis akan menjadi lebih menyenangkan.
  • 20–24 lbs: Untuk pemain level intermediate ke atas, sebaiknya gunakan raket dengan tarikan senar ini. Dengan tarikan senar yang besar, Anda akan dengan mudah melakukan smash keras.
4

Cari ukuran grip yang sesuai dengan kenyamanan genggaman Anda

Cari ukuran grip yang sesuai dengan kenyamanan genggaman Anda

Penting juga untuk memperhatikan grip atau pegangan di ujung raket. Ukuran grip ditandai dengan huruf "G" di awal dan diikuti dengan angka di belakangnya. Contohnya, untuk Yonex, makin kecil angka, makin tebal ukuran grip-nya. Ukuran grip umumnya adalah G2 hingga G6. Berikut adalah besaran ukuran grip


  • Yonex G2: 4,00 inci
  • Yonex G3: 3,75 inci
  • Yonex G4: 3,50 inci
  • Yonex G5: 3,25 inci

Grip yang tebal direkomendasikan untuk pria atau orang yang memiliki ukuran telapak tangan yang besar. Sebaliknya, untuk wanita atau orang bertangan kecil, kami sarankan untuk menggunakan grip yang lebih tipis.


Akan tetapi, sebaiknya ukuran grip juga disesuaikan dengan gaya bermain Anda. Grip tebal akan membuat bobot kepala raket sulit dirasakan, tetapi memudahkan Anda untuk melakukan smash keras. Di sisi lain, grip tipis akan memudahkan Anda mengayunkan raket.


Akan tetapi, ukuran telapak tangan, panjang jari, dan preferensi genggaman dapat berbeda-beda pada tiap individu. Ketebalan grip dapat diatur dengan grip tape. Jadi, sebaiknya Anda memilih grip yang tipis dengan melihat ulasan produknya sebelum membeli.

5

Perhatikan juga karakteristik setiap produsen raket

Perhatikan juga karakteristik setiap produsen raket

Jika Anda masih merasa bingung, Anda dapat memilih raket berdasarkan produsen atau mereknya. Terdapat beberapa merek terkenal yang dapat dipertimbangkan, harganya pun bervariasi. Pilihlah yang sesuai dengan kesukaan dan budget Anda. 


  • Yonex, merek dunia yang menjadi pilihan para pemain bulu tangkis profesional. Merek dari Jepang ini memiliki berbagai macam koleksi raket untuk pemula hingga pemain mahir. Yonex juga menyediakan raket untuk beragam gaya permainan.
  • Adidas, merek ini juga memiliki koleksi raket badminton dengan teknologi canggih. Ketika level bermain Anda makin meningkat, Anda dapat melirik merek ini untuk Anda coba.
  • Mizuno, merek ini juga menawarkan produk berkualitas tinggi, bahkan untuk pemula sekalipun. Dengan menggunakan merek dan model raket milik pemain profesional dunia, tentu Anda akan menjadi lebih termotivasi.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Raket Badminton Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Raket Badminton terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 15 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Material shaft
Material frame
Tarikan senar
Bobot
Ukuran grip
Ukuran kepala
Gagang raket
Gaya bermain
Seri
Level pemain
Balance point
1

Yonex

Badminton Racket GR 303

Yonex  Badminton Racket GR 303 1

Rp200.000

Lebih Murah

Desainnya ringan dan kokoh mampu memberikan keseimbangan dalam permainan

Low Torsion Steel

Steel

18-20 lbs

95-100 g

G3

95,3 sq/in

Kaku

Even balance

GR

Recreational, Beginner

Tidak diketahui

2

Li-Ning

XP 2020 BlackAYPQ156-5

Li-Ning XP 2020 Black 1

Rp399.800

Menengah

Optimalkan permainan badminton Anda dengan raket berkualitas ini

Aluminum alloy

Composite

≤ 24 lbs

90 g

S1

Tidak diketahui

Kaku

Head-Light balance

XP 2020

Beginner

310 mm

3

Victor

Thruster K HMR L

Victor  Thruster K HMR L 1

Rp775.000

Agak Mahal

Pukulan lebih kuat dengan kontrol yang baik berkat tekonologi HMR

Graphite+ Resin +7.0 SHAFT

Graphite+Resin

5U : ≦28 lbs, 6U : ≦27 lbs

Tidak diketahui

5U/G5, 6U/G6

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Head-light balance

TK-HMRL

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Mizuno

Promax ZX3

Mizuno  Promax ZX3  1

Rp800.000

Agak Mahal

Teknologi terbaru yang mampu menambah tenaga ke dalam pukulan Anda

Tidak diketahui

Tidak diketahui

33 Lbs

4U5

4U5

Tidak diketahui

Fleksibel

Head-heavy balance

Promax ZX3

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5

Hi-Qua Sports Indonesia

Raket Badminton Bulutangkis Lite 5U Max

Hi-Qua Sports Indonesia Raket Badminton Bulutangkis Lite 5U Max 1

Rp299.000

Agak Murah

Raket ringan yang cocok untuk permainan cepat

High Modulus Carbon Graphite

High Modulus Carbon Graphite

32 Lbs

75-80 gram

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Fleksibel

Head-heavy balance

Lite

Pemula

300 ± 15 mm

6

Deli

Agnite Badminton Racket F2110

Deli Agnite Badminton Racket  1

Rp269.000

Agak Murah

Harganya terjangkau, cocok untuk bermain bersama teman atau keluarga

Carbon Composite Iron

Aluminum Split

16-18 lbs

±110 g

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Head-light balance

F2110

Pemula

Tidak diketahui

7

Maxbolt

Black Woven Limited Edition

Maxbolt  Black Woven Limited Edition 1

Rp600.000

Menengah

Raket badminton yang kuat dan tahan lama

Tidak diketahui

Japanese HMC

35 Lbs

±83 g

G5

Tidak diketahui

Kaku

Head-heavy balance

Black Woven

Tidak diketahui

300+/-3

8

Yonex

Astrox 88 S Pro

Yonex Astrox 88 S Pro 1

Rp2.900.000

Lebih Mahal

Mengajak Anda menjadi lincah dan gesit seperti Kevin Sanjaya di Tokyo 2020

HM Graphite / Namd

HM Graphite / VOLUME CUT RESIN / Tungsten

3U : 20-28 lbs, 3U : 21-29 lbs

4U : 83 g, 3U, 88 g

4U : G5, 6, 3U : G4, 5, 6

Tidak diketahui

Kaku

Head-heavy balance

Astrox 88 S PRO

Profesional

Tidak diketahui

9

Apacs

Z Ziggler

Apacs Z Ziggler 1

Rp480.000

Menengah

Raket untuk pemula dengan material kuat asal Jepang

30 Tone Japan Graphite

30 Tone Japan Graphite

38 Lbs

±85 g

G1, G2

Tidak diketahui

Kaku

Head-heavy balance

Z Ziggler

Intermediate

290 +/-3 mm

10

Flypower

Rio Gold G1

Flypower Rio Gold G1 1

Rp549.000

Menengah

Raket lokal yang mampu tingkatkan kecepatan ayunan dengan teknologi trapesium frame

High Modulus Graphite

High Modulus Graphite

28-30 lbs

±85 g

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Fleksibel

Tidak diketahui

Rio Gold G1

Tidak diketahui

295-300 mm

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Yonex Badminton Racket GR 303

Badminton Racket GR 303 1
Sumber: shopee.co.id
Badminton Racket GR 303 2
Sumber: shopee.co.id
Badminton Racket GR 303 3
Sumber: shopee.co.id
Badminton Racket GR 303 4
Sumber: shopee.co.id
Badminton Racket GR 303 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp200.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp200.000
Lebih Murah

Desainnya ringan dan kokoh mampu memberikan keseimbangan dalam permainan

Yonex Badminton Racket GR 303 merupakan pilihan menarik untuk para pemula. Raket ini memiliki desain ringan nan kokoh yang memberikan keseimbangan dan kekuatan dalam permainan. Raket ini juga dilengkapi dengan pegangan yang ergonomis sehingga tetap nyaman digunakan dalam pertandingan yang panjang. Dengan kualitas yang mumpuni, raket ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau untuk para pemula.

Material shaftLow Torsion Steel
Material frameSteel
Tarikan senar18-20 lbs
Bobot95-100 g
Ukuran gripG3
Ukuran kepala95,3 sq/in
Gagang raketKaku
Gaya bermainEven balance
SeriGR
Level pemainRecreational, Beginner
Balance pointTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Li-NingXP 2020 BlackAYPQ156-5

Harga referensi
Rp399.800
Menengah

Optimalkan permainan badminton Anda dengan raket berkualitas ini

Raket Badminton Li-Ning XP 2020 Blue AYPQ158 dibuat dari material berkualitas tinggi yang menghasilkan ketepatan dan kekuatan dalam setiap pukulan. Dengan raket ini, Anda dapat mengoptimalkan performa Anda di lapangan dengan percaya diri. Desainnya yang atraktif dengan warna biru yang menarik juga akan menambah semangat Anda dalam berlatih. Cocok untuk para pemula yang ingin meningkatkan kemampuan bermainnya. 

Material shaftAluminum alloy
Material frameComposite
Tarikan senar≤ 24 lbs
Bobot90 g
Ukuran gripS1
Ukuran kepalaTidak diketahui
Gagang raketKaku
Gaya bermainHead-Light balance
SeriXP 2020
Level pemainBeginner
Balance point310 mm
View all
No.3

Victor Thruster K HMR L

Harga referensi
Rp775.000
Agak Mahal

Pukulan lebih kuat dengan kontrol yang baik berkat tekonologi HMR

Raket badminton Victor Thruster K HMR L menawarkan performa luar biasa dengan teknologi terkini. Raket ini mampu memberikan kekuatan dan kontrol yang baik pada pukulan berkat hard cored technology. Sementara itu, desain aerodinamisnya akan memaksimalkan kecepatan ayunan. Kombinasi yang inovatif ini sangat pas untuk Anda yang ingin meningkatkan kontrol dan kekuatan pukulan.

Material shaftGraphite+ Resin +7.0 SHAFT
Material frameGraphite+Resin
Tarikan senar5U : ≦28 lbs, 6U : ≦27 lbs
BobotTidak diketahui
Ukuran grip5U/G5, 6U/G6
Ukuran kepalaTidak diketahui
Gagang raketTidak diketahui
Gaya bermainHead-light balance
SeriTK-HMRL
Level pemainTidak diketahui
Balance pointTidak diketahui
View all
No.4

Mizuno Promax ZX3

Harga referensi
Rp800.000
Agak Mahal

Teknologi terbaru yang mampu menambah tenaga ke dalam pukulan Anda

Raket Badminton Mizuno Promax ZX3 merupakan salah satu raket terbaru dari seri 2020 yang telah dibuat dengan presisi tinggi oleh desainer top dunia. Raket ini terbuat dari material carbon berkualitas tinggi asal Jepang. 


Raket ini juga telah dilengkapi dengan teknologi terbaru yang dihadirkan oleh Mizuno. Teknologi tersebut adalah rapid response system yang mampu menyerap tenaga lawan, mengolahnya, kemudian mengintegrasikan tenaga tersebut ke dalam pukulan Anda. Produk ini bisa jadi pilihan bagi para pemain yang mencari raket yang powerfull.

Material shaftTidak diketahui
Material frameTidak diketahui
Tarikan senar33 Lbs
Bobot4U5
Ukuran grip4U5
Ukuran kepalaTidak diketahui
Gagang raketFleksibel
Gaya bermainHead-heavy balance
SeriPromax ZX3
Level pemainTidak diketahui
Balance pointTidak diketahui
View all
No.5

Hi-Qua Sports IndonesiaRaket Badminton Bulutangkis Lite 5U Max

Harga referensi
Rp299.000
Agak Murah

Raket ringan yang cocok untuk permainan cepat

Untuk Anda yang terbiasa bermain cepat saat di lapangan, Anda bisa mulai mempertimbangkan raket yang satu ini. Hi-Qua Raket Lite 5U Max disebut cukup ringan untuk permainan offensif yang cepat. Raket ini juga memiliki gagang yang kaku sehingga Anda dapat lebih mudah mengarahkan pukulan ke arah lawan. Selain itu, raket ini hadir dengan mempertahankan warna hitam carbon natural yang akan memberikan kesan tangguh. Jadi, Anda bisa bermain dengan lebih cepat dan percaya diri.

Material shaftHigh Modulus Carbon Graphite
Material frameHigh Modulus Carbon Graphite
Tarikan senar32 Lbs
Bobot75-80 gram
Ukuran gripTidak diketahui
Ukuran kepalaTidak diketahui
Gagang raketFleksibel
Gaya bermainHead-heavy balance
SeriLite
Level pemainPemula
Balance point300 ± 15 mm
View all
No.6

DeliAgnite Badminton Racket F2110

Harga referensi
Rp269.000
Agak Murah

Harganya terjangkau, cocok untuk bermain bersama teman atau keluarga

Raket badminton merek Agnite ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Hanya dengan 200.000, Anda sudah mendapatkan dua buah raket beserta tas raket dan tiga buah shuttlecock. Pertimbangkan produk ini, jika Anda memerlukan raket untuk bermain bersama keluarga atau teman Anda. Kualitas raket ini pun cukup mumpuni untuk permainan santai bersama orang terdekat. 

Material shaftCarbon Composite Iron
Material frameAluminum Split
Tarikan senar16-18 lbs
Bobot±110 g
Ukuran gripTidak diketahui
Ukuran kepalaTidak diketahui
Gagang raketTidak diketahui
Gaya bermainHead-light balance
SeriF2110
Level pemainPemula
Balance pointTidak diketahui
View all
No.7

Maxbolt Black Woven Limited Edition

Harga referensi
Rp600.000
Menengah

Raket badminton yang kuat dan tahan lama

Black Woven Limited Edition merupakan raket yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi Woven guna menciptakan raket yang tangguh serta tahan lama. Inovasi ini tidak hanya menawarkan kekuatan, tetapi juga stabilitas yang lebih baik serta efisiensi yang tinggi dalam menangani benturan. Oleh karena itu, raket ini menjadi opsi yang menarik bagi para pemain dengan gaya permainan yang kuat dan agresif.

Material shaftTidak diketahui
Material frameJapanese HMC
Tarikan senar35 Lbs
Bobot±83 g
Ukuran gripG5
Ukuran kepalaTidak diketahui
Gagang raketKaku
Gaya bermainHead-heavy balance
SeriBlack Woven
Level pemainTidak diketahui
Balance point300+/-3
View all
No.8

YonexAstrox 88 S Pro

Harga referensi
Rp2.900.000
Lebih Mahal

Mengajak Anda menjadi lincah dan gesit seperti Kevin Sanjaya di Tokyo 2020

Raket ini memiliki bobot yang ringan sehingga cocok untuk bermain netting. Membuat smash kuat pun bisa karena raket ini mengadopsi material Namd yang kuat di seluruh bodinya. Material tersebut juga dinilai mampu membuat kecepatan kok bertambah hingga 7,1 persen.


Raket ini cocok digunakan pemain depan dalam sektor pemain ganda. Anda bisa mengandalkannya untuk menghalau bola netting dari lawan karena ringan ketika diayunkan. Posisi raket ini juga secara cepat bisa langsung lurus dan siap memukul bola tanggung dari lawan. Kevin Sanjaya yang dijuluki si tangan petir pun memakai raket Astrox 88 S pada Olimpiade Tokyo 2020.

Material shaftHM Graphite / Namd
Material frameHM Graphite / VOLUME CUT RESIN / Tungsten
Tarikan senar3U : 20-28 lbs, 3U : 21-29 lbs
Bobot4U : 83 g, 3U, 88 g
Ukuran grip4U : G5, 6, 3U : G4, 5, 6
Ukuran kepalaTidak diketahui
Gagang raketKaku
Gaya bermainHead-heavy balance
Seri Astrox 88 S PRO
Level pemainProfesional
Balance pointTidak diketahui
View all
Harga referensi
Rp480.000
Menengah

Raket untuk pemula dengan material kuat asal Jepang

Bagi para pemula yang ingin mencicipi rasa raket kelas atas dengan harga terjangkau, pertimbangkanlah opsi raket ini sebagai langkah awal. Terbuat dari material 30 tonne Japan graphite, raket ini memiliki feel yang solid dan tenaga yang mumpuni untuk kelas harganya. Raket ini juga dapat dengan mudah dikuasai oleh para pemain pemula maupun pemain tingkat menengah. Gagangnya yang kaku akan menambah power dalam permainan Anda.

Material shaft30 Tone Japan Graphite
Material frame30 Tone Japan Graphite
Tarikan senar38 Lbs
Bobot±85 g
Ukuran gripG1, G2
Ukuran kepalaTidak diketahui
Gagang raketKaku
Gaya bermainHead-heavy balance
SeriZ Ziggler
Level pemainIntermediate
Balance point290 +/-3 mm
View all
No.10

FlypowerRio Gold G1

Harga referensi
Rp549.000
Menengah

Raket lokal yang mampu tingkatkan kecepatan ayunan dengan teknologi trapesium frame

Ingin memiliki raket yang mendukung gerakan ayunan tangan Anda? Produk ini dapat menjadi solusinya! Flypower Rio Gold G1 hadir dengan teknologi trapezium frame. Ketajaman struktur trapesium pada frame-nya akan membantu Anda untuk meningkatkan kecepatan ayunan saat bermain. 


Selain itu, produk ini memiliki bobot yang ringan. Jadi, Anda dapat memukul atau mengembalikan serangan dari musuh dengan baik dan terkontrol. Raket ini sangat ideal untuk pemain badminton dengan gaya bermain menyerang ataupun bertahan. Bagi Anda yang masih pemula juga bisa menggunakan raket bulu tangkis ini.

Material shaftHigh Modulus Graphite
Material frameHigh Modulus Graphite
Tarikan senar28-30 lbs
Bobot±85 g
Ukuran gripTidak diketahui
Ukuran kepalaTidak diketahui
Gagang raketFleksibel
Gaya bermainTidak diketahui
SeriRio Gold G1
Level pemainTidak diketahui
Balance point295-300 mm
View all

Gantilah raket secara berkala

Gantilah raket secara berkala

Jika kondisi raket atau hasil pukulnya sudah tidak baik, mungkin sudah saatnya Anda menggantinya dengan yang baru. Usia raket tergantung pada frekuensi pemakaiannya. 


  • Jika Anda menggunakannya tidak lebih dari 2–3 hari setiap minggu, kemungkinan raket dapat bertahan selama 2–3 tahun. 
  • Namun, jika Anda menggunakannya setiap hari, bisa jadi raket Anda harus diganti dalam kurun waktu satu tahun.

Anda bisa saja menggunakan raket hingga batas maksimalnya, tetapi hal ini dapat memengaruhi hasil kompetisi Anda nantinya. Karena itu, sebaiknya Anda aktif menggantinya sebelum raket Anda benar-benar rusak. Selain itu, periksa kesesuaian senar dengan raket yang akan Anda beli. Anda harus lebih berhati-hati sebelum membelinya karena terdapat kemungkinan tipe senar tidak cocok dengan raket.

5 Rekomendasi Raket Badminton terbaik

No. 1: Yonex Badminton Racket GR 303

No. 2: Li-NingXP 2020 BlackAYPQ156-5

No. 3: Victor Thruster K HMR L

No. 4: Mizuno Promax ZX3

No. 5: Hi-Qua Sports IndonesiaRaket Badminton Bulutangkis Lite 5U Max

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Badminton
  4. 10 Rekomendasi Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.