1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Badminton
  6. >
  7. 10 Raket Badminton Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Raket Badminton Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Raket Badminton Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Raket Badminton Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Raket Badminton Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Raket Badminton Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Raket Badminton Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2023)

Bulu tangkis atau badminton adalah olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, semua memainkannya. Raket menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.

Kali ini kami akan menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih raket bulu tangkis, baik untuk pemula maupun profesional. Kami juga akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis terbaik, seperti Yonex, Adidas, dan Li-Ning. Produk lokal pun ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto. Yuk, dimulai!
Diperbaharui 12-01-2022
Pakar
Mantan atlet badminton
Debby Susanto

Seorang wanita yang dikenal melalui prestasinya di bidang olahraga badminton. Debby mewakili Indonesia di kancah internasional dengan prestasi tertinggi, yaitu peringkat dua dunia. Sekarang, prioritasnya telah berubah, yaitu menjadi seorang ibu. Dengan pengetahuan dan pengalaman dalam hal peralatan badminton, Debby ingin membaginya melalui artikel ini.

Profil Debby Susanto
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Jansilmi Nur Al-Zia

Jansilmi Nur Al-Zia merupakan lulusan Program Studi Matematika, Universitas Islam Bandung yang akrab dipanggil Zia. Selama kuliah, wanita pencinta olahraga basket dan badminton ini pernah magang menjadi admin di toko perlengkapan bayi dan busana muslim. Setelah lulus, ia terjun ke dunia jurnalistik dan menjadi jurnalis di salah satu televisi nasional sebagai asisten produser program hiburan dan gaya hidup. Meski aktivitasnya padat, sesekali ia juga meluangkan waktunya untuk bermain gitar yang menjadi hobinya semasa SMA. Kini, wanita yang telah memiliki satu anak ini banyak menghabiskan waktu menjadi penulis konten. Ia juga memperdalam pengetahuan soal tumbuh kembang anak demi kesehatan buah hatinya.

Profil Jansilmi Nur Al-Zia
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Nikmati kompetisi bulu tangkis dengan raket yang cocok untuk Anda

Nikmati kompetisi bulu tangkis dengan raket yang cocok untuk Anda

Dalam permainan atau kompetisi bulu tangkis, raket merupakan item yang paling penting. Walaupun secara sekilas terlihat sama, Anda tidak bisa memilih raket hanya dari harga atau penampilannya. Cara memilih raket yang tepat memengaruhi kemudahan Anda dalam bermain.


Raket yang tidak sesuai dengan level Anda akan membuat Anda kesulitan dalam mengontrol dan mengayunkannya. Alhasil, bahu dan lengan Anda mungkin akan tertekan, bahkan Anda dapat mengalami cedera.


Jika Anda salah memilih raket, tentu motivasi bermain Anda akan berkurang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara memilih raket yang baik. Sebagai permulaan, pilihlah raket yang sesuai dengan skill dan kekuatan Anda. Tentukan raket yang paling pas untuk Anda dan bersiaplah untuk menikmati permainan!

Debby Susanto
Mantan atlet badminton
Debby Susanto

Raket adalah senjata utama pemain bulu tangkis. Salah pilih jenis raket bahkan bisa berakibat cedera. Jadi, Anda harus bisa menentukan sendiri raket yang tepat untuk Anda. Anda bisa memilihnya berdasarkan sektor permainan, apakah pemain tunggal atau pemain ganda. Kedua sektor ini tentunya memiliki tipe raket yang berbeda. Hal ini karena tiap tipe raket memiliki bobot dan pegangan grip yang berbeda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih raket badminton

Kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang tidak boleh Anda lewatkan dalam memilih raket bulu tangkis. Simak terus informasinya di bawah ini, ya!

① Pilih berdasarkan gaya bermain Anda

Terdapat empat tipe raket badminton berdasarkan titik keseimbangannya. Hal ini akan memengaruhi kemudahan Anda dalam mengayunkan raket. Karena itu, pilihlah tipe yang sesuai dengan kekuatan dan gaya bermain Anda.

Head-light balance, untuk mendapatkan gerakan lincah bagi pemula

Head-light balance, untuk mendapatkan gerakan lincah bagi pemula

Raket ini memiliki pusat gravitasi mendekati gagangnya sehingga kepala raket menjadi ringan dan lebih mudah diayunkan. Pada dasarnya, raket ini sulit menghasilkan pukulan kuat karena bagian kepalanya yang ringan. 


Namun, raket jenis ini direkomendasikan untuk pemain pemula agar lebih mudah mengontrol raket saat bermain. Raket ini tidak cocok untuk tipe pemain yang ingin melakukan smash keras. Namun, jika Anda merupakan tipe pemain yang gesit dan lincah, Anda dapat menggunakan raket jenis ini.

Even balance, membantu memudahkan Anda dalam mengontrol permainan

Even balance, membantu memudahkan Anda dalam mengontrol permainan

Pada raket jenis ini titik berat tertumpu di bagian tengah raket. Dengan kata lain, gagang dan bagian kepalanya memiliki berat yang sama. Tergantung pada bobot dan fleksibilitasnya, jenis ini dapat dengan mudah dikendalikan oleh semua level pemain, bahkan pemula sekalipun. 


Pegangan dan kepala yang bobotnya seimbang akan memudahkan Anda dalam mengontrol raket selama permainan berlangsung. Raket jenis ini direkomendasikan untuk Anda yang sulit mengontrol arah gerakan raket

Head-heavy balance, untuk pemain yang kuat dan agresif

Head-heavy balance, untuk pemain yang kuat dan agresif

Raket ini memiliki bagian kepala yang lebih berat dibandingkan pegangannya sehingga dapat menghasilkan smash yang kuat. Raket ini membutuhkan kekuatan lebih dari pergelangan tangan dan ideal untuk tipe penyerang yang agresif. 


Namun, raket berjenis ini dapat mengurangi kecepatan ayunan Anda dalam bermain karena berat. Para pemula sebaiknya memilih raket tipe ini setelah terbiasa dengan latihan atau kompetisi bulu tangkis

Extra head-heavy, untuk yang mempunyai kekuatan smash besar

Extra head-heavy, untuk yang mempunyai kekuatan smash besar

Sama seperti head-heavy, raket jenis ini memiliki bagian kepala yang lebih berat dibandingkan pegangannya. Jarak titik keseimbangan dari ujung grip berkisar 295–300 mm. 


Raket ini cocok untuk pemain profesional yang mempunyai kekuatan smash yang besar. Jika Anda pemula, sebaiknya Anda memilih jenis raket yang lebih ringan. Namun, jika Anda sudah terbiasa dengan latihan, Anda dapat melirik raket ini sebagai senjata.

Debby Susanto
Mantan atlet badminton
Debby Susanto

Selain gaya bermain di atas, Anda juga bisa menentukan jenis raket berdasarkan sektor permainan Anda. Menurut pengalaman saya sebagai pemain ganda campuran, saya menyukai raket yang tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan. 


Raket seperti ini menurut saya pas sekali untuk bermain cepat, defence, serta untuk bermain di area depan. Berbeda dengan itu, untuk permainan tunggal biasanya saya akan mencari raket dengan bobot dan bagian kepala raket yang lebih berat. Dengan begitu, ayunan raket akan lebih powerful.

② Pertimbangkan raket yang ringan dengan bahan full carbon yang tahan lama

Pertimbangkan raket yang ringan dengan bahan full carbon yang tahan lama

Bahan dasar pembuatan raket bermacam-macam, seperti serat karbon, titanium, aluminium, dan lain sebagainya. Bobot, kekuatan, dan tingkat keluwesan raket berbeda-beda tergantung pada materialnya. 


  • Raket berbahan dasar full carbon sangat fleksibel sehingga mudah digunakan, bahkan bagi pemain pemula. Bahan ini sedang banyak digemari akhir-akhir ini.

  • Raket berbahan dasar aluminium direkomendasikan bagi Anda yang bermain badminton hanya untuk bersantai atau uji coba saja. Selain harganya yang terjangkau, raket ini tahan terhadap benturan. Namun, raket berbahan ini tidak disarankan untuk latihan persiapan pertandingan karena tidak didesain untuk kompetisi.

  • Raket premium berbahan titanium bisa menjadi pilihan Anda untuk pertandingan bulu tangkis. Raket ini memiliki stabilitas dan kekuatan yang baik untuk menunjang permainan bulu tangkis Anda.

③ Tentukan raket yang paling mudah digunakan sesuai dengan level Anda

Selain gaya bermain, penting juga untuk Anda memilih raket yang sesuai dengan tingkat keahlian permainan Anda. Berikut ini kami berikan penjelasannya agar Anda dapat menentukan mana yang paling pas. 

Bobot: 2U/3U untuk pemain pria, 4U/5U untuk pemain wanita atau pemula

Bobot: 2U/3U untuk pemain pria, 4U/5U untuk pemain wanita atau pemula

Standar bobot raket berbeda-beda tergantung pada produsennya. Kali ini kami akan memberikan standar ukuran merek Yonex sebagai tolok ukur. Bobot yang dihitung adalah dari ujung gagang sampai pegangan. Berikut ini adalah beberapa bobot standar raket yang umum dipakai.


  • 2U (90–94 gram)
  • 3U (85–89 gram)
  • 4U (80–84 gram)
  • 5U (75–79 gram)

Pada dasarnya, makin berat bobot raket, makin tinggi pula kekuatan pukulnya. Untuk pria, raket dengan bobot 3U lebih disarankan. Jika Anda merasa kuat, 2U atau U juga dapat Anda gunakan demi kenyamanan. 


Namun, perlu diingat bahwa raket yang berat akan lebih sulit dikontrol. Jadi, apabila Anda ingin fokus pada kemudahan kontrolnya, pilihlah raket dengan bobot yang lebih ringan. Raket dengan bobot ringan dapat dioperasikan dengan baik. Karena itu, raket dengan bobot 4U atau 5U disarankan untuk Anda yang mendambakan kelincahan dalam bermain. 


Jika Anda merasa raket dengan bobot ringan kurang powerful, pilihlah tipe head-heavy balance. Bagian kepala raket yang lebih berat akan membuatnya menjadi lebih mudah diayunkan untuk menghasilkan pukulan yang kuat.

Kekakuan gagang raket: Gagang fleksibel untuk pemula, gagang kaku untuk profesional

Kekakuan gagang raket: Gagang fleksibel untuk pemula, gagang kaku untuk profesional

Tingkat fleksibilitas raket ditentukan oleh kekakuan shaft atau gagangnya. Gagang raket akan berpengaruh pada power, kemudahan mengontrol raket, dan lainnya.


  • Pilihlah raket dengan gagang yang kaku jika Anda ingin berfokus pada power. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengarahkan pukulan ke arah lawan. Jika Anda adalah pemain level intermediate, pilih gagang yang sedikit lebih kaku. Namun, jika Anda merupakan pemain mahir atau profesional, sebaiknya Anda menggunakan raket dengan tingkat kekakuan yang tinggi. Hal ini dapat memudahkan Anda melontarkan pukulan yang kuat selama pertandingan.

  • Pilihlah raket dengan gagang yang lebih lentur jika Anda ingin raket yang mudah dikontrol. Untuk pemula, kami merekomendasikan gagang yang lentur ini. Raket yang fleksibel akan mengimbangi ayunan yang lambat sehingga kok menjadi lebih terarah.

Tarikan senar: 18–21 lbs cocok untuk pemula

Tarikan senar: 18–21 lbs cocok untuk pemula

Faktor penting penentu lompatan kok dan kekuatan tembakan bergantung pada tarikan senar raket. Jadi, memperhatikan tarikan senar sebelum membeli raket adalah hal penting. Tarikan senar ditandai dengan lbs atau pound sebagai satuannya


  • 16–18 lbs: Tarikan senar ini disarankan untuk pemula yang masih di sekolah dasar.
  • 18–21 lbs: Tarikan senar untuk pemula di atas sekolah menengah pertama. Dengan tarikan ini, kok akan terarah dengan baik meskipun dengan pukulan yang lemah. Selain itu, sweetspot akan melebar dengan tarikan yang pas. Dengan begitu, pukulan Anda tidak akan meleset dan permainan bulu tangkis akan menjadi lebih menyenangkan.
  • 20–24 lbs: Untuk pemain level intermediate ke atas, sebaiknya gunakan raket dengan tarikan senar ini. Dengan tarikan senar yang besar, Anda akan dengan mudah melakukan smash keras.

④ Cari ukuran grip yang sesuai dengan kenyamanan genggaman Anda

Cari ukuran grip yang sesuai dengan kenyamanan genggaman Anda

Penting juga untuk memperhatikan grip atau pegangan di ujung raket. Ukuran grip ditandai dengan huruf "G" di awal dan diikuti dengan angka di belakangnya. Contohnya, untuk Yonex, makin kecil angka, makin tebal ukuran grip-nya. Ukuran grip umumnya adalah G2 hingga G6. Berikut adalah besaran ukuran grip:


  • Yonex G2: 4,00 inci
  • Yonex G3: 3,75 inci
  • Yonex G4: 3,50 inci
  • Yonex G5: 3,25 inci

Grip yang tebal direkomendasikan untuk pria atau orang yang memiliki ukuran telapak tangan yang besar. Sebaliknya, untuk wanita atau orang bertangan kecil, kami sarankan untuk menggunakan grip yang lebih tipis.


Akan tetapi, sebaiknya ukuran grip juga disesuaikan dengan gaya bermain Anda. Grip tebal akan membuat bobot kepala raket sulit dirasakan, tetapi memudahkan Anda untuk melakukan smash keras. Di sisi lain, grip tipis akan memudahkan Anda mengayunkan raket.


Akan tetapi, ukuran telapak tangan, panjang jari, dan preferensi genggaman dapat berbeda-beda pada tiap individu. Ketebalan grip dapat diatur dengan grip tape. Jadi, sebaiknya Anda memilih grip yang tipis dengan melihat ulasan produknya sebelum membeli.

⑤ Perhatikan juga karakteristik setiap produsen raket

Perhatikan juga karakteristik setiap produsen raket

Jika Anda masih merasa bingung, Anda dapat memilih raket berdasarkan produsen atau mereknya. Terdapat beberapa merek terkenal yang dapat dipertimbangkan, harganya pun bervariasi. Pilihlah yang sesuai dengan kesukaan dan budget Anda.


  • Yonex, merek dunia yang menjadi pilihan para pemain bulu tangkis profesional. Merek dari Jepang ini memiliki berbagai macam koleksi raket untuk pemula hingga pemain mahir. Yonex juga menyediakan raket untuk beragam gaya permainan.
  • Adidas, merek ini juga memiliki koleksi raket badminton dengan teknologi canggih. Ketika level bermain Anda makin meningkat, Anda dapat melirik merek ini untuk Anda coba.
  • Mizuno, merek ini juga menawarkan produk berkualitas tinggi, bahkan untuk pemula sekalipun. Dengan menggunakan merek dan model raket milik pemain profesional dunia, tentu Anda akan menjadi lebih termotivasi.

10 Rekomendasi raket badminton terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk raket badminton terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Debby Susanto.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Li-Ning

XP 800 Ginting Signature Series Black/ Orange

Li-Ning XP 800 Ginting Signature Series Black/ Orange 1枚目

Ideal untuk dipakai dalam permainan santai saat senggang

2

Flypower

Rio Gold G1

Flypower Rio Gold G1 1枚目

Raket lokal yang mampu tingkatkan kecepatan ayunan dengan teknologi trapesium frame

3

Yonex

Astrox 88 S Pro

Yonex Astrox 88 S Pro 1枚目

Mengajak Anda menjadi lincah dan gesit seperti Kevin Sanjaya di Tokyo 2020

4

Apacs

Virtuoso Light

Apacs Virtuoso Light 1枚目

Jagoan untuk smash dan bertahan dengan harga raket yang terjangkau

5

Adidas

Spieler E Aktiv 3U

Adidas Spieler E Aktiv 3U 1枚目

Raket badminton untuk pemula dengan material yang kuat dan tahan benturan

6

Mizuno

JPX Limited Edition Attack

Mizuno JPX Limited Edition Attack 1枚目

Mampu meredam getaran dengan baik, akurat, dan powerful

7

Victor

Thruster K F

Victor Thruster K F 1枚目

Smash terasa kuat, raket andalan Praveen Jordan dan The Daddies

8

Victor

DriveX-9X

Victor DriveX-9X 1枚目

Senjata Greysia Polii dan Apriyani Rahayu dalam merebut emas di Tokyo 2020

9

VICTOR

AURASPEED 100X H

VICTOR AURASPEED 100X H 1枚目

Dilengkapi teknologi canggih, pukulan pun jadi lebih agresif

10

ALP-SPORT

ALP YL 3U 1K Full Carbon Fiber Cloth Badminton Racket

ALP-SPORT ALP YL 3U 1K Full Carbon Fiber Cloth Badminton Racket 1枚目

Memiliki desain unik dan stabil saat dipakai menyerang

Perincian produk
Close
No.1

Li-NingXP 800 Ginting Signature Series Black/ OrangeAYPQ244-3

Mulai dari Rp277.276,00

Ideal untuk dipakai dalam permainan santai saat senggang

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau
  • Material terbuat dari aluminium sehingga lebih tahan banting

Kekurangan:

  • Tidak cocok dipakai dalam pertandingan profesional karena bukan raket yang didesain untuk kompetisi

Untuk para penggemar Anthony Sinisuka Ginting, raket ini bisa segera Anda koleksi. Raket ini menampilkan Ginting signature yang pastinya bisa menambah semangat Anda saat bermain. 


Harganya pun sangat murah sehingga menjadi salah satu produk yang banyak diminati. Meski begitu, spesifikasi raket ini cukup mumpuni untuk dipakai oleh anak sekolah atau untuk bermain santai.

No.2

Raket lokal yang mampu tingkatkan kecepatan ayunan dengan teknologi trapesium frame

Kelebihan:

  • Dibekali teknologi trapezium frame sehingga ayunan raket lebih cepat
  • Ideal untuk dipakai dalam permainan menyerang ataupun bertahan
  • Nyaman dipakai pemula dan profesional

Kekurangan:

  • Produk ini termasuk raket power sehingga kurang cocok dipakai untuk permainan netting

Ingin memiliki raket yang mendukung gerakan ayunan tangan Anda? Produk ini dapat menjadi solusinya! Flypower Rio Gold G1 hadir dengan teknologi trapezium frame. Ketajaman struktur trapesium pada frame-nya akan membantu Anda untuk meningkatkan kecepatan ayunan saat bermain. 


Selain itu, produk ini memiliki bobot yang ringan. Jadi, Anda dapat memukul atau mengembalikan serangan dari musuh dengan baik dan terkontrol. Raket ini sangat ideal untuk pemain badminton dengan gaya bermain menyerang ataupun bertahan. Bagi Anda yang masih pemula juga bisa menggunakan raket bulu tangkis ini.

No.3

YonexAstrox 88 S Pro

Mulai dari Rp2.900.000,00

Mengajak Anda menjadi lincah dan gesit seperti Kevin Sanjaya di Tokyo 2020

Kelebihan:

  • Bobot ringan dan nyaman untuk dipakai adu netting dengan lawan
  • Material body menggunakan Namd sehingga bisa menghasilkan smash yang lebih kuat

Kekurangan:

  • Kurang maksimal ketika dipakai bermain bola-bola panjang atau pukulan lob

Raket ini memiliki bobot yang ringan sehingga cocok untuk bermain netting. Membuat smash kuat pun bisa karena raket ini mengadopsi material Namd yang kuat di seluruh bodinya. Material tersebut juga dinilai mampu membuat kecepatan kok bertambah hingga 7,1 persen.


Raket ini cocok digunakan pemain depan dalam sektor pemain ganda. Anda bisa mengandalkannya untuk menghalau bola netting dari lawan karena ringan ketika diayunkan. Posisi raket ini juga secara cepat bisa langsung lurus dan siap memukul bola tanggung dari lawan. Kevin Sanjaya yang dijuluki si tangan petir pun memakai raket Astrox 88 S pada Olimpiade Tokyo 2020.

No.4

Jagoan untuk smash dan bertahan dengan harga raket yang terjangkau

Kelebihan:

  • Bobot raket ringan sehingga nyaman digunakan
  • Dibuat dari material grafit bermodulus tinggi sehingga raket jadi awet dan pukulan lebih kuat
  • Harga raket terjangkau sehingga cocok untuk pemula

Kekurangan:

  • Banyak produk tiruan sehingga harus jeli saat hendak membelinya

Jika Anda mencari raket yang ringan, produk ini sangat cocok untuk Anda. Raket bulu tangkis ini memiliki bobot hanya 76 gram saja. Grommets-nya sendiri berjumlah 76 buah dan dapat dipasangi senar dengan maksimum ketegangan 30 lbs. Sementara itu, balance point-nya mencapai 290 mm dengan tipe slight head heavy


Sebagai tambahannya, Apacs menggunakan material terbaik berupa grafit bermodulus tinggi. Material ini akan membuat raket menjadi lebih tahan lama. Bukan hanya itu, High Modulus Graphite dari raket ini juga dapat menghasilkan pukulan dengan kekuatan maksimal.

No.5

AdidasSpieler E Aktiv 3U

Mulai dari Rp459.000,00

Raket badminton untuk pemula dengan material yang kuat dan tahan benturan

Kelebihan:

  • Terbuat dari material berkualitas berupa smart carbon sehingga raket lebih kuat dan tahan benturan
  • Memiliki akselerasi yang baik dan nyaman digenggam dengan grip yang ramping

Kekurangan:

  • Kurang cocok dipakai bertanding oleh pemain badminton profesional
  • Ukuran frame kecil dan kurang kaku sehingga tidak cocok dipakai dalam permainan yang full power

Raket ini terbuat dari bahan smart carbon yang kuat dan fleksibel serta diklaim tahan benturan. Bobotnya pun sangat ringan dengan grip yang slim sehingga nyaman digenggam dan dimainkan pemula.


Meski tidak banyak fitur tambahan, produk ini mempunyai akselerasi yang baik. Raket ini juga dapat mendukung permainan Anda baik saat smash, drop shot, maupun defending. Benar-benar produk yang recommended bagi pemain yang baru berkecimpung di dunia bulu tangkis.

No.6

MizunoJPX Limited Edition AttackMZ-BF2133

Mulai dari Rp1.600.000,00

Mampu meredam getaran dengan baik, akurat, dan powerful

Kelebihan:

  • Dibekali fitur aero hexagram dan box frame sehingga pukulan lebih akurat dan terkontrol
  • Punya stabilitas yang baik saat melakukan smash full power

Kekurangan:

  • Kurang kaku, masih terlalu fleksibel untuk digunakan dalam permainan menyerang

Mizuno JPX Limited Edition Attack mengombinasikan fitur aero hexagram dengan box frame dari tengah ke ujung raket. Kombinasi tersebut menghasilkan kecepatan, power, dan kontrol ayunan raket yang lebih akurat. Keberadaan box frame juga membuat stabilitas raket terjaga saat melakukan smash full power


Raket ini dibuat dari material Nano PEF yang mampu membuat raket bertahan mengambang di air. Hal itu menjadikan raket ini punya peredam getaran yang baik saat raket menyentuh bola. Dengan begitu, raket ini sangat nyaman ketika dipakai dalam permainan yang mengutamakan power dan speed.

No.7

Smash terasa kuat, raket andalan Praveen Jordan dan The Daddies

Kelebihan:

  • Pilihan bobot beragam sehingga lebih leluasa saat memilih
  • Memiliki struktur pemecah angin sehingga ayunan raket tidak lambat

Kekurangan:

  • Kurang cocok dipakai pemula karena tarikan senarnya kencang di atas 30 lbs

Raket ini digunakan Praveen Jordan dan The Daddies (Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan) pada Olimpiade Tokyo 2020. Salah satu fitur unggulan raket ini adalah struktur pemecah anginnya. Struktur ini mampu mengatasi kelemahan raket tradisional yang umumnya lambat dan lebih berat di kepala.


Ada pilihan bobot 3U, 4U, dan 5U yang membuat raket ini terasa begitu ringan diayunkan, bahkan oleh pemula. Selain itu, tarikan senarnya 30–32 lbs yang membuat smash Anda lebih kencang. Dengan raket ini, Anda akan dapat mencapai kecepatan, kekuatan, dan presisi yang luar biasa dalam menyerang.

No.8

Senjata Greysia Polii dan Apriyani Rahayu dalam merebut emas di Tokyo 2020

Kelebihan:

  • Raket memiliki kelenturan yang baik sehingga ayunan lebih ringan
  • Pukulan yang dihasilkan lebih solid dan tajam

Kekurangan:

  • Banyak produk tiruan sehingga perlu lebih cermat saat hendak membeli raket
  • Tarikan senar kuat sehingga kurang cocok dipakai oleh pemula

Dengan teknologi Dinamyc Hex dan rangka rebound shield, raket buatan Taiwan ini memiliki elastisitas yang baik. Hasilnya, ayunan jadi lebih mudah dan ringan, terlebih untuk meningkatkan kontinuitas bidikan. Raket ini cocok digunakan oleh pemain yang sudah berpengalaman.


Raket DX-9X ini dirancang dengan poros paling kaku di antara semua raket merek Victor. Jadil, Anda bisa menghasilkan pukulan yang solid dan tajam, serta ayunan yang lebih terarah. Greysia Polii dan Apriyani Rahayu memakai raket ini untuk merebut medali emas pada Olimpiade Tokyo 2020.

No.9

VICTORAURASPEED 100X H

Mulai dari Rp3.720.000,00

Dilengkapi teknologi canggih, pukulan pun jadi lebih agresif

Kelebihan:

  • Ayunan lebih halus, cepat, dan mulus sehingga menghasilkan pukulan yang lebih kuat
  • Dilengkapi power ring dan teknologi free core sehingga mendukung permainan yang lebih agresif

Kekurangan:

  • Tarikan senar sangat kuat sehingga akan terasa berat jika dipakai pemula

Raket Victor AURASPEED 100X H ini dilengkapi dengan power ring sehingga terasa lebih kaku. Selain itu, raket ini menerapkan teknologi free core yang menjadikan ayunan lebih mulus dan tidak goyang. 


Teknologi tersebut juga memberikan pengalaman memukul yang nyaman dan lebih kuat. Karena itu, raket ini sering menjadi andalan para pemain ganda yang memaksimalkan permainan tempo cepat.

No.10

ALP-SPORTALP YL 3U 1K Full Carbon Fiber Cloth Badminton Racket

Mulai dari Rp1.896.365,00

Memiliki desain unik dan stabil saat dipakai menyerang

Kelebihan:

  • Tampilan raket menarik dengan motif sisik naga di bagian frame-nya
  • Lebih tahan benturan dan stabil saat dipakai menyerang

Kekurangan:

  • Bagian kepala raket berat dan keras sehingga kurang cocok dipakai pemula

Bagi Anda yang mencari raket dengan desain unik dan punya ketahanan yang mumpuni, pilihlah produk ini. Raket ini mengambil wujud naga sebagai konsep desainnya yang dibuat dengan teknologi tenun 3D. Hasilnya, Anda dapat melihat motif sisik naga di seluruh bagian frame raket. 


Selain soal tampilannya, raket ini juga memiliki kekuatan yang lebih tinggi dan ketahanan benturan yang lebih baik. Ditambah penggunaan material full carbon, raket untuk permainan menyerang ini juga jadi lebih ringan dan powerful saat dipakai.

Gantilah raket secara berkala

Gantilah raket secara berkala

Jika kondisi raket atau hasil pukulnya sudah tidak baik, mungkin sudah saatnya Anda menggantinya dengan yang baru. Usia raket tergantung pada frekuensi pemakaiannya. 


  • Jika Anda menggunakannya tidak lebih dari 2–3 hari setiap minggu, kemungkinan raket dapat bertahan selama 2–3 tahun. 
  • Namun, jika Anda menggunakannya setiap hari, bisa jadi raket Anda harus diganti dalam kurun waktu satu tahun.

Anda bisa saja menggunakan raket hingga batas maksimalnya, tetapi hal ini dapat memengaruhi hasil kompetisi Anda nantinya. Karena itu, sebaiknya Anda aktif menggantinya sebelum raket Anda benar-benar rusak. Selain itu, periksa kesesuaian senar dengan raket yang akan Anda beli. Anda harus lebih berhati-hati sebelum membelinya karena terdapat kemungkinan tipe senar tidak cocok dengan raket.

Baca juga rekomendasi perlengkapan olahraga bulu tangkis lainnya di sini

Selain raket, tentu Anda juga membutuhkan peralatan lain untuk melakukan olahraga bulu tangkis. Silakan klik tautan di bawah ini untuk membaca artikel lain mengenai kelengkapan olahraga bulu tangkis!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda sudah menemukan raket yang pas? Pilihlah raket dengan bobot, ukuran, dan fleksibilitas gagang yang dapat membuat Anda merasa nyaman dalam bermain. 


Gaya bermain Anda juga perlu diperhatikan dalam memilih raket. Selain itu, jangan lupa menyesuaikannya dengan budget. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat dan memberi Anda semangat untuk berolahraga. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer