10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam lingkungan, mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti merasa bingung karena ada begitu banyak jenis sepeda gunung yang bisa dipilih.

Apalagi, produsen sepeda terkenal seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga sudah banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan 10 sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai, ya!

Daftar isi

Cara memilih sepeda gunung untuk pemula

Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kalinya, banyaknya jenis sepeda gunung bisa membuat Anda kebingungan memilih. Karena itu, kami akan memperkenalkan jenis sepeda gunung yang dapat Anda pilih berdasarkan kondisi jalan dan komponen yang dibutuhkan.

Pilihlah berdasarkan kondisi jalan yang akan Anda temui

Berbicara tentang sepeda gunung, maka pilihan sepeda yang dipilih bisa berbeda tergantung kondisi jalannya. Jika Anda memilih sepeda gunung dengan mencocokkan kondisi jalan yang akan Anda temui, Anda akan merasa lebih nyaman ketika bersepeda.

Sepeda yang digunakan di jalanan perkotaan

Sepeda yang digunakan di jalanan perkotaan

Bagi Anda yang akan menggunakan sepeda gunung untuk kegiatan sehari-hari, kami merekomendasikan untuk menggunakan sepeda gunung entry level keluaran masing-masing produsen sepeda. Dengan harga terjangkau, Anda sudah memperoleh sepeda gunung dengan perfoma tinggi dan kualitas lebih bagus dibandingkan dengan sepeda biasa.

Banyak sepeda gunung entry level yang mengombinasikan suspensi depan dengan rem cakram. Jika Anda menginginkan kecepatan, pilihlah sepeda dengan ukuran ban yang besar karena akselerasinya lebih bagus. Bila Anda lebih mengutamakan kepraktisan saat berkendara dalam kota, sepeda gunung lipat atau sepeda gunung elektrik juga bisa dijadikan pilihan.

Sepeda yang digunakan di jalanan tidak rata

Sepeda yang digunakan di jalanan tidak rata

Jika Anda ingin mencoba bersepeda tidak hanya di dalam kota, tetapi juga di trek off-road, Anda perlu memikirkan budget yang perlu Anda keluarkan. Anda perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membeli sepeda gunung dengan rangka berbahan karbon.

Jika Anda keberatan mengeluarkan lebih banyak uang, Anda dapat mencoba untuk membeli sepeda gunung entry level. Sepeda gunung yang memiliki rem cakram hidraulis juga cocok digunakan untuk jalanan yang licin sehingga Anda dapat merasa lebih aman ketika bersepeda.

Sepeda yang digunakan untuk kegiatan hill climb dan down hill

Sepeda yang digunakan untuk kegiatan hill climb dan down hill

Bagi Anda yang ingin mencoba hill climb dan down hill di lereng gunung, Anda perlu memilih sepeda yang cocok dengan medan tersebut. Untuk melewati medan tersebut, Anda tentu akan melakukan lompatan dan melewati berbagai rintangan. Karena itu, jenis sepeda yang cocok digunakan pada medan seperti ini biasanya memiliki harga yang sangat mahal.

Sepeda jenis ini fokus pada performa pengendaraan saat melewati jalan yang berat dan biasanya dilengkapi dengan full suspension, rem cakram hidraulis, serta frame full carbon. Dana yang dibutuhkan pun bisa saja melonjak karena adanya perbedaan komponen yang digunakan. Padahal, para pemula biasanya tidak menyadari perbedaan performanya. Selain itu, sepeda seperti ini juga memerlukan biaya perawatan yang tidak sedikit. Karena itu, kami menyarankan Anda tidak membeli sepeda yang tidak terlalu mahal bila ingin membeli sepeda untuk kegiatan hill climb dan down hill.

Pilihlah berdasarkan komponennya

Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, sangat mudah untuk melihat desain rangkanya. Namun, selain frame, Anda juga perlu memperhatikan komponen lainnya. Kami akan menjelaskan dua komponen sepeda yang perlu Anda perhatikan.

Periksa ukuran rodanya

Periksa ukuran rodanya

Roda yang digunakan untuk sepeda gunung biasanya berukuran 26 inci. Namun, akhir-akhir ini, roda yang berukuran 29 inci juga menjadi standar pada sepeda gunung model reguler dan sepeda gunung model balap. Keunggulan dari roda berukuran 29 inci adalah kecepatan dan kemampuan bergeraknya. Roda berukuran 29 inci juga memiliki akselerasi yang bagus sehingga Anda bisa bersepeda dengan cepat dan nyaman di jalanan perkotaan. Selain itu, ukuran roda yang besar juga membuat kemampuan sepeda untuk melewati batu, gundukan, atau rintangan lainnya semakin meningkat.

Lalu, saat ini ada juga roda dengan ukuran 650B. Secara ukuran, roda ini berada di antara ukuran 26 dan 29 inci. Akselerasinya lebih baik dibanding roda 26 inci, sementara handling-nya lebih baik dibanding roda 29 inci.

Rem cakram, direkomendasikan untuk pemula

Rem cakram, direkomendasikan untuk pemula

Setelah mengecek ukuran roda, komponen lain yang perlu Anda perhatikan adalah rem cakram. Akhir-akhir ini, banyak sepeda gunung yang sudah menggunakan rem cakram. Rem cakram ini memiliki kemampuan pengereman yang kuat bahkan hanya dengan sedikit tenaga sehingga mampu meningkatkan kontrol dan keamanan Anda ketika bersepeda jarak jauh atau di jalan yang rusak.

Terdapat dua jenis rem cakram, yaitu mekanik dan hidraulis. Rem cakram mekanik penggunaannya menggunakan kabel, sedangkan hidraulis menggunakan oli. Bagi pemula yang ingin menikmati bersepeda di jalan rusak atau berbatu, produk dengan rem cakram hidraulis lebih direkomendasikan karena kemampuan pengeremannya lebih kuat.

10 Rekomendasi sepeda gunung terbaik untuk pemula

Sekarang, kami akan merekomendasikan 10 sepeda gunung terbaik untuk pemula. Semoga Anda bisa menemukan produk yang paling tepat untuk Anda gunakan.

10. Viva Cycle MTB 26″ Morelli 560 V2.0

10. Viva Cycle MTB 26" Morelli 560 V2.0

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.440.000

Compact dan mudah dibawa ke mana pun

Sepeda gunung yang satu ini sangat mudah Anda bawa ke mana-mana. Anda dapat menyimpannya di dalam mobil atau kereta tanpa takut akan memakan tempat. Sepeda ini cocok digunakan untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Meski begitu, sepeda ini tetap nyaman Anda gunakan dengan ban 26 inci dan frame hi-ten yang kuat. Dilengkapi dengan rem cakram, Anda pun akan merasa lebih aman dan nyaman ketika memakainya. Bila Anda mencari sepeda yang tidak bikin ribet saat hendak Anda bawa ke berbagai tempat, produk ini tidak boleh Anda lewatkan.

9. Polygon Monarch 2 Lady

9. Polygon Monarch 2 Lady

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.850.000

Perawatan remnya murah, bantingannya empuk pula!

Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak dana untuk maintenance sistem pengereman dan menyukai sepeda dengan bantingan empuk, produk ini wajib Anda miliki. Menggunakan sistem pengereman v-brake yang tergolong sederhana, Anda hanya perlu menyediakan dana dalam jumlah minim untuk perawatannya.

Selain itu, sepeda ini dilengkapi dengan zoom suspension fork yang mampu meredam guncangan secara optimal. Hasilnya, bantingan suspensi sepeda ini terasa empuk dan makin nyaman untuk Anda gunakan. Ditambah dengan ban berukuran 26 inci plus rem cakram mekanik, sepeda ini pasti makin asyik dikendarai.

8. United Bike Nucleus 3.00

8. United Bike Nucleus 3.00

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.999.000

Saddle-nya sangat nyaman untuk diduduki, lho!

Dirancang secara khusus, roda pada produk ini sangat mudah untuk Anda lepas pasang sehingga Anda bisa dengan mudah menggantinya saat rusak atau menambal ban yang bocor. Sistem penggantian giginya pun tergolong mudah, cukup menekannya menggunakan jempol dan telunjuk Anda untuk mencapai gear yang Anda butuhkan.

Menggunakan saddle keluaran Velo, sepeda ini terasa begitu empuk saat Anda duduki sehingga cocok dimiliki oleh Anda yang ingin menjelajah tanpa rasa sakit akibat tempat duduk yang keras. Rem cakram hidraulisnya juga tergolong pakem, Anda pun akan semakin aman saat bertualang di area yang licin atau berbatu sekali pun.

7. Tabibitho Mischief 2.0

7. Tabibitho Mischief 2.0

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.770.000

Cari yang tampilannya elegan sekaligus agresif? Ini pilihannya!

Memiliki top tube lebar, sepeda ini terkesan agresif dan tangguh saat Anda gunakan. Meski begitu, sepeda ini juga tetap terlihat elegan saat Anda gunakan di kota dengan konfigurasi inner routing cable-nya. Bila Anda mencari sepeda gunung dengan tampilan berkarakter dan stand out saat dipakai di kota dan alam bebas, ini dia jawabannya!

Apalagi, produk ini tersedia dalam berbagai pilihan warna sehingga Anda bisa semakin bebas memilih warna favorit. Dilengkapi dengan rem cakram baik pada roda depan maupun belakang, Anda tidak perlu meragukan kemampuan pengeremannya. Selain itu, produk ini juga ringan saat Anda angkat karena frame-nya berbahan aluminium.

6. Polygon Monarch 5

6. Polygon Monarch 5

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.185.000

Seri monarch terbaru yang tangguh dan nyaman dipakai

Mengikuti jejak seri monarch sebelumnya, Polygon Monarch 5 juga memakai alloy yang ringan dan antikarat untuk frame-nya. Dengan rem cakram mekanik pada bagian depan dan belakang, daya pengeremannya pun semakin pakem dan memungkinkan Anda untuk bisa bersepeda dengan aman dan nyaman.

Untuk pemindahan gear, sepeda gunung ini menggunakan Shimano Tourney yang merupakan spare part berkualitas dari Jepang. Shock breaker-nya empuk dan tahan banting, cocok digunakan untuk down hill. Jika Anda mencari sepeda yang tangguh dan nyaman dipakai, tentu Polygon Monarch 5 layak dipertimbangkan.

5. Polygon Xtrada 6 2X10

5. Polygon Xtrada 6 2X10

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 5.500.000

Rem hidraulis plus 10 speed, makin mudah dikendarai

Tidak seperti sepeda gunung pada umumnya yang masih menggunakan rem cakram mekanik, sepeda gunung ini sudah menggunakan rem cakram hidraulis sehingga menjadi semakin pakem. Apalagi, dengan konfigurasi wheel fit size ukuran rodanya sesuai dengan ukuran frame sehingga semakin stabil dikendarai.

Sepeda ini juga menggunakan frame alloy aluminium yang ringan dan antikarat. Gear-nya sebanyak 10 speed sehingga mampu memberi Anda fleksibilitas lebih dan kemudahan berkendara. Bila Anda mencari sepeda gunung yang stabil dan mudah dikendarai saat digunakan di kota dan alam liar, produk ini patut diperhitungkan.

4. Pacific Invert 500

4. Pacific Invert 500

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.299.000

Ekonomis! Harganya bersahabat dan sudah dilengkapi rem hidraulis

Pacific Invert 500 menggunakan full suspension yang cocok digunakan untuk segala kondisi jalan. Suspensi depannya juga dapat dikunci sehingga Anda akan tetap merasa nyaman ketika bersepeda di jalanan perkotaan. Dibuat menggunakan frame alloy, rangka produk ini pun menjadi semakin ringan dan tahan karat.

Bila Anda mencari sepeda gunung yang sudah dilengkapi dengan sistem pengereman hidraulis, tetapi tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak dana, produk ini adalah solusi kebutuhan Anda! Dengan harga yang tergolong ramah di kantong, Anda sudah memperoleh sepeda gunung dengan rem cakram hidraulis yang sangat pakem.

3. United Bike Detroit 1.0

3. United Bike Detroit 1.0

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.250.000

Ban besar dan lebarnya efektif tingkatkan traksi

Sepeda gunung yang satu ini memiliki ukuran ban 27,5 inci sehingga terlihat semakin kokoh dan gagah saat Anda kendarai. Ditambah dengan lebar ban sebesar 2,1 inci, tentu traksi pada permukaan tanah semakin optimal. Sangat cocok untuk Anda yang ingin bebas bertualang tanpa khawatir terpeleset karena permukaan yang licin.

Selain itu, dengan ukuran ban yang besar sepeda ini dapat Anda gunakan untuk menjelajahi wilayah sekitar Anda semakin cepat. Bila rodanya rusak atau perlu diganti, Anda juga bisa melepasnya dengan mudah. Tenang saja, produk ini juga dilengkapi dengan rem cakram mekanik sehingga tetap terasa pakem saat dikendarai.

2. United Bike Crossline 3.00

2. United Bike Crossline 3.00

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.500.000

Taklukkan trek off-road dengan full suspension

Jika Anda ingin mencoba bersepeda di trek off-road, United Bike Crossline 3.00 perlu Anda masukkan ke dalam pilihan. Dilengkapi dengan sistem full suspension, sepeda ini cocok Anda gunakan untuk segala medan, baik itu jalanan perkotaan maupun trek off-road licin atau berbatu yang Anda temui dalam perjalanan.

Sistem remnya menggunakan rem cakram depan dan belakang sehingga Anda bisa mengerem dengan presisi kapan pun dibutuhkan. Fork Zoom 380-nya juga efektif meredam guncangan yang Anda terima. Menggunakan frame Crossline Hydra Alloy, produk ini menjadi semakin tahan lama dan kuat untuk Anda gunakan secara rutin.

1. Thrill 26 Cleave Unisex 1.0

1. Thrill 26 Cleave Unisex 1.0

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.200.000

Uniseks! Asyik dikendarai baik oleh pria maupun wanita

Dibuat menggunakan rigid frame, produk ini terasa stabil dikendarai bahkan saat Anda sedang berbelok. Dilengkapi dengan shifter dan crank set keluaran Shimano yang terkenal kualitasnya, Anda bisa dengan mudah menaikkan atau menurunkan gear sesuai kebutuhan menggunakan jempol dan telunjuk Anda, praktis!

Suspensi Zoom 525D-nya juga empuk dan cukup tangguh untuk Anda gunakan di kota dan trek off-road. Tidak hanya itu, produk ini juga dirancang khusus sehingga nyaman dan mudah dikendarai baik oleh pria maupun wanita, lho! Bila Anda mencari sepeda gunung berkualitas mumpuni yang uniseks, produk ini adalah pilihan tepat.

Kesimpulan

Bagaimana artikel kali ini menurut Anda? Apakah Anda sudah menemukan sepeda gunung yang cocok? Dengan berfokus pada komponen sepeda dan kondisi jalan yang akan Anda temui, maka Anda pasti bisa mendapatkan sepeda yang pas untuk Anda gunakan. Temukan sepeda gunung yang dapat dipakai dalam jangka waktu lama dan nikmatilah kegiatan bersepeda Anda setiap saat!