10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam lingkungan, mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti merasa kebingungan karena ada begitu banyak jenis sepeda gunung yang bisa dipilih.

Produsen sepeda terkenal seperti United, Polygon, dan Viva Cycle, sudah banyak mengeluarkan sepeda gunung. Karenanya, kali ini kami akan merekomendasikan 10 sepeda gunung terbaik untuk pemula.

Daftar isi

Cara memilih sepeda gunung

Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kalinya, banyaknya jenis sepeda gunung membuat Anda kebingungan memilih. Karena itu, kami akan memperkenalkan jenis sepeda gunung yang dapat Anda pilih berdasarkan kondisi jalan dan perlengkapan yang digunakan. Jika Anda mengetahui kondisi jalan apa yang akan Anda temui dan perlengkapan apa yang akan digunakan, maka memilih sepeda gunung akan mejadi lebih mudah.

Memilih berdasarkan kondisi jalan yang akan Anda temui

Berbicara tentang sepeda gunung, maka pilihan sepeda yang dipilih bisa berbeda tergantung kondisi jalannya. Jika Anda memilih sepeda gunung dengan mencocokkan kondisi jalan yang akan Anda temui, maka Anda akan merasa lebih nyaman ketika bersepeda.

Sepeda yang biasa digunakan di jalanan perkotaan

Sepeda yang biasa digunakan di jalanan perkotaan

Bagi Anda yang akan menggunakan sepeda untuk kegiatan sehari-hari, maka kami merekomendasikan untuk menggunakan sepeda entry level yaitu jenis sepeda dengan mode pemula. Sepeda dengan mode ini harganya murah dan memiliki kualitas yang bagus.

Banyak sepeda gunung entry level yang mengkombinasikan suspensi depan dengan rem cakram. Jika Anda menginginkan kecepatan, maka pilihlah sepeda dengan ukuran ban yang besar, karena sepeda dengan ukuran ban yang besar memiliki akselerasi yang bagus.

Bersepeda di jalan yang tidak rata

Bersepeda di jalan yang tidak rata

Jika Anda ingin mencoba bersepada di trek off road, maka Anda perlu memikirkan budget yang perlu Anda keluarkan. Anda perlu sedikit merogoh kocek yang dalam untuk membeli sepeda gunung yang cocok digunakan untuk medan yang berat.

Jika Anda keberatan untuk mengeluarkan sedikit lebih banyak uang untuk sebuah sepeda, maka Anda dapat mencoba untuk membeli sepeda gunung entry level. Sepeda gunung yang memiliki rem cakram hidraulik cocok digunakan untuk jalanan yang licin, sehingga Anda dapat merasa aman ketika bersepeda.

Pemula yang ingin mencoba hill climb dan down hill

Pemula yang ingin mencoba hill climb dan down hill

Bagi Anda yang ingin mencoba hill climb dan down hill di lereng gunung, maka penting untuk memilih sepeda yang sesuai dengan medan yang akan Anda temui. Jika ingin mencoba balap sepeda gunung, maka Anda akan melakukan beberapa lompatan dan melewati rintangan, karena itu jenis sepeda yang digunakan untuk medan seperti ini biasanya harganya juga sangat mahal.

Sepeda jenis ini harus memiliki kemampuan melewati jalan yang berat, dan juga perlu dilengkapi dengan full suspension, rem cakram hidraulik, dan frame full carbon. Karena komponen yang berbeda dari sepeda gunung pada umumnya, harga sepeda untuk hill climb dan down hill lebih mahal. Sepeda gunung yang digunakan untuk down hill dan hill climb  ini juga memerlukan biaya perawatan dan pemeriksaan yang tidak sedikit.

Memilih peralatan

Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, hal yang paling mudah dilakukan adalah memilih frame. Namun, selain frame, Anda juga perlu memperhatikan perlengkapan lainnya. Kami akan menjelaskan dua perlengkapan sepeda yang perlu Anda ketahui.

Ukuran ban

Ukuran ban

Ban yang biasa digunakan untuk sepeda gunung yaitu berukuran 26 inci. Namun, akhir-akhir ini, ban yang berukuran 29 inci juga sudah biasa dipakai untuk sepeda gunung biasa ataupun sepeda gunung untuk balapan. Keunggulan dari ban berukuran 29 inci adalah kecapatan dan kemampuan bergeraknya. Ban ukuran 29 inci juga memiliki akselerasi yang bagus, sehingga Anda akan merasa nyaman bersepeda dengan kecepatan yang cepat meskipun berada di jalanan perkotaan. Karena, semakin besar ukuran bannya, maka semakin bagus kemampuannya.

Akhir-akhir ini ada ukuran ban yang sedang populer, yaitu ukuran 650 B. 650 B adalah ukuran diantara ban 26 inci dan 29 inci yang memiliki akselerasi lebih baik dari 26 inci dengan handling yang ringan.

Rem cakram

Rem cakram

Setelah mencocokkan ukuran ban, peralatan lain yang perlu Anda perhatikan adalah rem cakram. Akhir-akhir ini, banyak sepeda gunung yang menggunakan rem cakram. Rem cakram ini memiliki kemampuan pengereman yang kuat, sehingga Anda dapat merasa aman dan nyaman ketika bersepeda.

Rem cakram mempunyai dua jenis, yaitu mekanik dan hidraulik. Perbedaanya adalah rem mekanik penggunaanya menggunakan kabel, sedangkan hidraulik menggunakan oli. Bagi Anda pemula yang ingin mencoba bersepeda di trek down hill yang sebenarnya, maka kami merekomendasikan untuk menggunakan rem hidraulik, karena daya pengeremannya yang kuat.

10 Rekomendasi sepeda gunung terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan 10 sepeda gunung terbaik untuk pemula.

10. Viva Cycle Morelli 560

10. Viva Cycle Morelli 560

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.289.400

Sepeda gunung dengan desain portabel yang hemat tempat

Sepeda gunung yang satu ini memiliki desain yang mudah dibawa kemana-mana. Anda dapat menyimpannya di dalam mobil ataupun kereta, tanpa takut akan memakan tempat. Sepeda ini cocok digunakan untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Memiliki ukuran ban 26 inci yang cocok digunakan untuk jalanan perkotaan, dan frame hi-ten yang kuat. Dilengkapi juga dengan rem cakram, sehingga Anda akan merasa lebih aman dan nyaman ketika memakainya. Telusuri jalanan perkotaan dengan aman dan nyaman memakai Viva Cycle Morelli 560.

9. Polygon Monarch 2 Lady

9. Polygon Monarch 2 Lady

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.715.000

Nyaman dipakai untuk berkeliling kota

Bagi Anda yang suka mengitari pemukiman pada pagi atau sore hari dengan sepeda, maka Polygon Monarch 2 Lady bisa menjadi pilhan yang cocok untuk Anda. Didesain dengan ukuran ban 26 inci dan rem cakram mekanik yang cocok digunakan untuk jalanan perkotaan.

Suspensi depan yang terdapat pada sepeda gunung ini juga memudahkan Anda bersepeda di jalanan yang tidak rata. Memiliki dua puluh satu kecepatan gigi yang semakin membuat Anda lebih fleksibel ketika bersepeda. Sepeda ini juga kuat dan tahan lama, karena dilengkapi dengan frame hi-ten.

8. United Venus XC 77

8. United Venus XC 77

Lihat produk ini di Lazada

Rp 3.700.000

Memiliki frame yang ringan dan tahan lama

Salah satu daya tarik dari Venus XC 77 yaitu menggunakan frame berbahan alloy aluminium. Frame alloy ini berbahan dasar logam aluminium, sehingga lebih ringan dari frame sepeda lainnya yang terbuat dari besi. Dilengkapi juga dengan ukuran ban 26 inci dan rem cakram hidraulik yang cocok untuk pemula.

Sistem pemindahan gigi berkualitas dengan menggunakan perangkat Shimano pada gigi depan dan Shimano Acera pada gigi belakang. Suspensi depannya juga dapat membantu Anda bersepeda dengan mudah di jalanan yang tidak beraspal. Sepeda gunung yang satu ini cocok untuk menemani Anda berkeliling kota.

7. Viva Cycle Zenox 660

7. Viva Cycle Zenox 660

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.028.000

Menyelusuri jalanan kota dengan nyaman

Sepeda gunung yang satu ini memang didesain untuk pemula. Ukuran ban 26 inci dan rem cakram mekanik, cocok digunakan untuk menyulusari jalanan perkotaan yang mulus. Suspensi depannya juga membantu sepeda ini meyelusuri jalan bergelombang dengan stabil.

Komponen utamannya menggunakan Shimano yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya oleh para pecinta sepeda gunung. Viva Cycle Zenox 660 juga ringan dan anti karat karena menggunakan frame alloy aluminium. Nikmati kegiatan bersepeda menyusuri sudut jalan kota dengan menggunakan Viva Cycle Zenox 660.

6. Polygon Monarch 5

6. Polygon Monarch 5

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.225.000

Versi baru monarch yang tangguh dan nyaman dipakai

Mengikuti jejak versi monarch sebelumnya, Polygon Monarch 5 juga memakai alloy yang ringan dan anti karat untuk frame-nya. Meskipun masih menggunakan rem cakram mekanik pada bagian depan dan belakangnya, tetapi daya pengeremannya pakem, sehingga Anda tetap bisa bersepeda dengan aman dan nyaman.

Untuk pemindahan gigi depan dan belakang, sepeda gunung ini menggunakan Shimano Tourney yang merupakan spare part berkualitas dari Jepang. Shock breaker yang empuk dan tahan banting juga cocok digunakan untuk kegiatan down hill. Jika Anda mencari sepeda yang tangguh dan nyaman dipakai, maka Polygon Monarch 5 adalah jawabannya.

5. Polygon Xtrada 6

5. Polygon Xtrada 6

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.550.000

Sepeda gunung entry level dengan rem hidraulik

Polygon Xtrada 6 merupakan sepeda gunung entry level dengan spesifikasi yang cukup bagus untuk digunakan oleh para pemula. Tidak seperti sepeda gunung pada umumnya, yang masih menggunakan rem cakram mekanik, sepeda gunung yang satu ini sudah menggunakan rem cakram hidraulik yang pakem.

Sepeda ini menggunakan frame alloy aluminium yang ringan dan anti karat, serta fork depan yang cukup bagus, yaitu Suntour XCM T120 mili meter lock out. Kecepatan giginya sampai 10 speed yang memberikan fleksibilitas lebih ketika bersepeda. Sistem pengoperan gigi yang cukup mudah membuat sepeda gunung yang satu ini cocok digunakan oleh pemula.

4. Pacific Invert 500

4. Pacific Invert 500

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.650.000

Nyaman dipakai untuk segala kondisi jalan

Pacific Invert 500 menggunakan full suspension yang cocok digunakan untuk segala kondisi jalan. Suspensi depannya juga dapat dikunci, sehingga Anda akan tetap merasa nyaman ketika bersepeda di jalanan perkotaan. Rangkanya juga ringan dan tahan karat karena menggunakan frame alloy.

Sistem pengeremannya menggunakan rem cakram hidraulik yang memiliki kekutan pengereman yang sangat pakem. Komponen utama dari sepeda gunung ini menggunakan Shimano yang merupakan spare part berkualitas yang banyak digunakan pada sepeda gunung lainnya. Pilihan kecepatan gigi sampai 24 speed juga membuat sepeda ini lebih fleksibel digunakan untuk segala mcam kondisi jalan. Cocok untuk Anda yang suka naik sepeda di kota maupun yang mau sedikit off road.

3. United Detroit 1.0

3. United Detroit 1.0

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.159.900

Kokoh dan gagah dengan ukuran ban yang besar

Sepeda gunung yang satu ini memiliki ukuran ban 27,5 inci, sehingga terlihat lebih kokoh dan gagah. Selain itu, dengan ukuran ban yang besar membuat sepeda ini juga dapat bergerak lebih cepat dan dapat meningkatkan daya cengkraman ban. Rodanya juga dapat dilepas dengan mudah, meskipun tanpa alat.

Memiliki kecepatan gigi 24 speed yang membuat sepeda ini dapat lebih fleksibel digunakan untuk segala macam kondisi jalanan. Fitur lainnya dari United Detroit 1.0 adalah remnya menggunakan rem cakram mekanik yang pakem, dan frame alloy aluminium yang ringan serta tahan karat. Inilah sepeda yang direkomendasikan untuk Anda yang ingin terlihat gagah ketika bersepeda.

2. United Crossline 3.0

2. United Crossline 3.0

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.699.000

Cocok untuk pemula yang ingin mecoba down hill dan hill climb

Jika Anda ingin mencoba bersepeda di trek off road, maka United Crossline 3.0 perlu Anda masukan kedalam pilihan. Dengan full suspension yang membuat sepeda ini cocok digunakan untuk segala medan, baik itu jalanan perkotaan ataupun jalanan yang diperuntukan untuk kegiatan off road.

Menggunakan frame berbahan alloy membuat sepeda gunung ini ringan, kuat, dan tidak mudah berkarat. Sistem remnya menggunakan rem cakram depan dan belakang, sehingga Anda akan tetap merasa aman ketika memakainya. Memiliki 24 speed gigi dengan memakai spare part Shimano Tourney TX depan dan belakang yang membuat kegiatan bersepeda Anda lebih fleksibel, bahkan untuk medan berat sekalipun. Inilah sepeda yang direkomendasikan untuk Anda yang ingin mencoba kegiatan down hill ataupun hill climb.

1. Element Gallium

1. Element Gallium

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.715.500

Sepeda gunung untuk segala medan

Mulai dari jalanan mulus perkotaan sampai trek off road di lereng pegunungan, semua bisa diatasi dengan sepeda gunung yang satu ini. Memiliki sistem rem cakram hidraulik yang memiliki teknologi yang sama dengan motor, sehingga Anda akan merasa lebih aman bahkan ketika melintasi turunan tajam atau ketika rem mendadak. Full suspension-nya juga membuat sepeda ini cocok digunakan untuk segala medan.

Frame-nya terbuat dari alloy aluminium, sehingga ringan dan tidak mudah berkarat. Ukuran ban yang lebih besar dari sepeda gunung lainnya yaitu 27,5 inci membuat Anda dapat bersepeda lebih cepat.  Fitur lainnya yang membuat sepeda ini semakin menarik adalah, ketika hendak digunakan di jalanan mendatar, Anda dapat mengunci suspensi depannya dengan pengunci model saklar.

Kesimpulan

Bagaimana artikel kali ini? Apakah Anda sudah menemukan sepeda gunung yang cocok? Dengan berfokus pada perlengkapan sepeda dan kondisi jalan yang akan Anda temui, maka Anda pasti bisa mendapatkan sepeda yang pas untuk Anda gunakan. Temukan sepeda gunung yang dapat dipakai dalam jangka waktu yang panjang dan nikmati kegiatan bersepeda Anda.