mybest
Sepeda gunung

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Sepeda
  4. 10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2024)

Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.

Produsen ternama seperti Polygon, Pacific, United, Thrill, dan lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih, serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik dan murah untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Langsung scroll down, yuk!
Diperbaharui 14/07/2023
Nasirullah Sitam
Pakar
Cycling vlogger
Nasirullah Sitam

Nasirullah Sitam memiliki profesi sebagai tenaga kependidikan di salah satu universitas di Yogyakarta. Ia mempunyai hobi bersepeda setiap akhir pekan. Kebiasaan bersepeda menjadikan Sitam paham dengan berbagai hal yang berkaitan dengan aktivitas bersepeda, terutama untuk pemula. Anda bisa menyapa Sitam di Instagram-nya. Ia juga rutin meng-update kanal YouTube-nya untuk mengunggah vlog bersepeda.

Profil Nasirullah Sitam
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sepeda gunung untuk pemula

Ada poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli sepeda gunung untuk pemula. Berikut kami jelaskan dengan lebih detail.

1

Pilih sepeda berdasarkan kondisi jalan yang akan Anda temui

Berbicara tentang sepeda gunung, maka opsi sepeda yang tepat dipilih bisa berbeda tergantung kondisi jalannya. Memilih sepeda gunung yang sesuai dengan kondisi jalan adalah kunci agar Anda dapat bersepeda dengan nyaman.

Sepeda yang digunakan di jalanan perkotaan

Sepeda yang digunakan di jalanan perkotaan
Anda akan menggunakan sepeda gunung untuk kegiatan sehari-hari misalnya shopping atau melalui jalan raya? Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan sepeda gunung entry level keluaran masing-masing produsen sepeda. Dengan harga terjangkau, Anda sudah bisa memperoleh sepeda gunung dengan kualitas bagus, spesifikasi mumpuni, dan berkualitas dibanding sepeda lainnya.

Banyak sepeda gunung entry level yang mengombinasikan suspensi depan dengan rem cakram. Jika Anda menginginkan kecepatan, pilihlah sepeda dengan ukuran ban yang besar karena akselerasinya lebih bagus. Apabila Anda lebih mengutamakan kepraktisan, sepeda gunung lipat atau sepeda gunung elektrik juga bisa dijadikan pilihan.

Sepeda yang digunakan di jalanan tidak rata

Sepeda yang digunakan di jalanan tidak rata
Ada kalanya Anda ingin mencoba bersepeda tidak hanya di dalam kota, tetapi juga di trek off-road. Untuk itu, sebaiknya Anda memikirkan budget yang perlu dikeluarkan. Anda perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membeli sepeda gunung dengan rangka berbahan karbon.

Jika Anda keberatan mengeluarkan lebih banyak uang, pilih saja sepeda gunung entry level yang sudah memakai rem cakram hidraulis. Kemampuan pengeremannya mumpuni meski di jalanan licin sehingga Anda dapat merasa lebih aman ketika bersepeda.


Perlu Anda pahami bahwa bersepeda di jalur off-road tetap harus memilih ukuran ban yang tebal. Selain itu, gunakan ban tebal dengan motif tertentu agar lebih nyaman saat bersepeda.

Sepeda yang digunakan untuk kegiatan hill climb dan down hill

Sepeda yang digunakan untuk kegiatan hill climb dan down hill
Jika Anda ingin mencoba hill climb dan down hill di lereng gunung, pilihlah sepeda yang sesuai dengan medan tersebut. Saat menempuh medan tersebut, Anda tentu akan melakukan lompatan dan melewati berbagai rintangan. Oleh karena itu, jenis sepeda yang cocok digunakan pada medan seperti ini biasanya memiliki harga yang sangat mahal.

Sepeda jenis ini fokus pada performa pengendaraan saat melewati jalan yang berat. Biasanya sepeda seperti ini dilengkapi dengan full suspension, rem cakram hidraulis, serta frame full carbon. Dana yang dibutuhkan pun bisa saja melonjak karena adanya perbedaan komponen yang digunakan.


Padahal, para pemula biasanya tidak menyadari perbedaan performanya. Selain itu, sepeda seperti ini juga memerlukan biaya perawatan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda membeli sepeda yang tidak terlalu mahal untuk kegiatan hill climb dan down hill.

2

Perhatikan ukuran frame sepeda gunung

Perhatikan ukuran frame sepeda gunung

Ukuran frame sangat perlu diperhatikan agar sepeda yang dipilih sesuai dengan postur tubuh Anda. Hal ini tentunya akan memberikan Anda kenyamanan maksimal saat mengendarai sepeda. Untuk mengetahui lebih detail tentang ukuran frame pada sepeda gunung, simak penjelasan kami berikut ini, ya!


  • Tinggi badan 158 cm–170 cm pilih frame ukuran S
  • Tinggi badan 170 cm–179 cm pilih frame ukuran M
  • Tinggi badan 179 cm–185 cm pilih frame ukuran L
  • Tinggi badan 185 cm–195 cm pilih frame ukuran XL
  • Tinggi badan 195 cm–201 cm pilih frame ukuran XXL

Untuk ukuran tubuh orang Indonesia, kebanyakan yang digunakan adalah frame berukuran M.
3

Pilih produk berdasarkan komponennya

Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, sangat mudah untuk melihat desain rangkanya. Namun, selain frame, Anda juga perlu memperhatikan komponen lainnya. Kami akan menjelaskan dua komponen sepeda yang perlu Anda perhatikan.

Kenali bahan frame sepeda

Kenali bahan frame sepeda

Frame atau rangka adalah bagian utama pada sepeda tempat menopang berbagai komponen sepeda seperti roda, rem, dan lainnya. Saat ini, terdapat beberapa bahan frame sepeda yang perlu Anda ketahui saat memilih sepeda gunung yang akan dibeli. Simak penjelasan kami berikut ini terkait bahan frame sepeda, ya!


  • Hi-Ten Steel merupakan frame sepeda yang menggunakan bahan dasar baja. Material baja membuat frame sepeda kuat, kokoh, dan harganya terjangkau. Sepeda dengan frame Hi-Teen Steel biasanya diisi dari kelas low hingga mid-end.
  • Alloy merupakan bahan dasar frame sepeda yang memadukan campuran metal dan aluminium. Frame sepeda berbahan alloy sudah cukup populer dipakai di sepeda kelas mid hingga high-end. Frame ini memadukan kekuatan dan cenderung tahan karat. Bobotnya juga lebih ringan dibanding frame berbahan baja,
  • Carbon merupakan bahan dasar frame sepeda yang menggunakan serat carbon fiber. Bahan carbon fiber yang mudah dicetak dan dibentuk sesuai keinginan merupakan keunggulan utama dari bahan frame ini. Frame carbon umum dijumpai pada sepeda kelas high-end yang harganya mahal.

Periksa ukuran rodanya

Periksa ukuran rodanya
Roda yang digunakan untuk sepeda gunung biasanya berukuran 26 inci. Namun, akhir-akhir ini roda berukuran 29 inci juga menjadi standar pada sepeda gunung reguler dan sepeda gunung balap. Ukuran roda 29 inci ini cukup familier dengan sebutan ukuran roda 700C dikalangan pesepeda. 

Keunggulan dari roda berukuran 29 inci adalah kecepatan dan kemampuan geraknya. Roda berukuran 29 inci juga memiliki akselerasi yang bagus sehingga Anda bisa bersepeda dengan cepat dan nyaman di perkotaan. Ukuran roda yang besar pun membuat kemampuan sepeda untuk melewati batu, gundukan, atau rintangan lainnya meningkat.


Saat ini, ada juga roda dengan ukuran 650B. Secara ukuran, roda ini berada di antara ukuran 26 inci dan 29 inci. Akselerasinya lebih baik dibanding roda 26 inci, sementara handling-nya lebih baik dibanding roda 29 inci. Meski begitu, sayangnya baik sepeda dengan roda 29 inci maupun 650B masih jarang ditemukan di Indonesia.

Rem cakram, direkomendasikan untuk pemula

Rem cakram, direkomendasikan untuk pemula
Setelah mengecek ukuran roda, komponen lain yang perlu Anda perhatikan adalah rem cakram. Akhir-akhir ini, banyak sepeda gunung yang sudah menggunakan rem cakram. Rem cakram memiliki kemampuan pengereman yang kuat bahkan hanya dengan sedikit tenaga. Hal tersebut membuatnya mampu meningkatkan kontrol dan keamanan Anda ketika bersepeda jarak jauh atau di jalan yang rusak.

Terdapat dua jenis rem cakram, yaitu mekanik dan hidraulis. Rem cakram mekanik penggunaannya menggunakan kabel, sedangkan hidraulis menggunakan oli. Jadi, saat hendak membeli, perhatikanlah remnya lebih saksama karena sepeda berharga murah sering kali masih menggunakan kabel.


Nah, jika Anda ingin benar-benar menikmati bersepeda di segala medan, pilihlah produk dengan rem cakram hidraulis. Hal ini tentu saja karena kemampuan pengeremannya yang lebih kuat.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi sepeda gunung terbaik untuk pemula

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepeda gunung terbaik untuk pemula yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Atlantis

MTB 26" Atlantis 730

Atlantis MTB 26" Atlantis 730 1

Rp1.500.000

Lebih Murah

Sepeda gunung ramah di kantong yang sudah memiliki 21 opsi gear

2

United Bike

Monanza 4.0

United Bike Monanza 4.0 1

Rp2.900.000

Menengah

Trek licin sehabis hujan, bukan masalah!

3

Thrill

27,5 Oust T120 3.0

Thrill  27,5 Oust T120 3.0 1

Rp3.800.000

Agak Mahal

Empuk dan nyaman berkat suspensi depan belakang

4

United

Detroit 1.1

United Detroit 1.1 1

Rp2.745.000

Menengah

Perpaduan frame alloy dan inner cable routing yang menawan

5

Polygon Bikes

Cascade 4 2022

Polygon Bikes Cascade 4 2022 1

Rp3.400.000

Agak Mahal

Paduan rem hidraulis dan 24 speed, makin mudah dikendarai

6

Land Rover

Sepeda Lipat MTB

Land Rover Sepeda Lipat MTB 1

Rp2.850.000

Menengah

Bisa dilipat, cocok digunakan di perkotaan

7

Wimcycle

27,5″ MTB STORM

Wimcycle 27,5″ MTB STORM 1

Rp2.500.000

Agak Murah

Hadirkan sepeda gunung alloy frame yang murah!

8

Polygon Bikes

Premier 5

Polygon Bikes Premier 5 1

Rp4.085.000

Lebih Mahal

Cocok untuk bersepeda di berbagai medan

9

Pacific

Crosser XT 001

Pacific Crosser XT 001 1

Rp2.750.000

Menengah

Bisa untuk jalanan perkotaan, juga trek offroad

10

Exotic

2658 4.0 AH

Exotic 2658 4.0 AH 1

Rp2.375.000

Agak Murah

Ban jumbo yang ampuh melibas medan berpasir

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

AtlantisMTB 26" Atlantis 730

MTB 26" Atlantis 730 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.500.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp1.500.000
Lebih Murah

Sepeda gunung ramah di kantong yang sudah memiliki 21 opsi gear

Kelebihan:

  • Desain frame sepeda yang modern dan sporty.
  • Memiliki total 21 speed opsi gear.

Kekurangan:

  • Rangka sepeda menggunakan bahan besi (steel) yang mudah berkarta.
  • Masih menggunakan rem cakram mekanik.

Meski harganya di bawah dua jutaan, fitur yang ditawarkan sepeda gunung Atlantis ini sudah cukup lengkap. Salah satunya, terdapat 21 opsi gear yang memudahkan Anda mengatur kecepatan sepeda di tanjakan atau jalan yang datar. 


Atlantis 730 juga sudah menggunakan rem cakram depan dan belakang yang pakem meskipun belum hidraulis. Sepeda ini cocok dipakai untuk pergi ke sekolah, berkeliling, atau sekadar ingin memiliki sepeda gunung saja. Bagaimana, Anda tertarik dengan harganya yang terjangkau?

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

United BikeMonanza 4.0

Harga referensi
Rp2.900.000
Menengah

Trek licin sehabis hujan, bukan masalah!

Kelebihan:

  • Rangka sepeda menggunakan bahan alloy yang ringan dan awet.
  • Ban besar dan lebar, traksi lebih optimal.

Kekurangan:

  • Rem cakram masih mekanik.
  • Handlebar menggunakan bahan besi yang mudah berkarat.

United Monaza 4.0 menawarkan keunggulan pada ban besar bertapak lebar yang efektif meningkatkan traksi. Ban berukuran 27,5 inci dengan lebar 2,1 inci pada sepeda ini membuatnya tampak kukuh sekaligus gagah. Bukan hanya tampilannya, cengkeraman ban pada tanah pun makin optimal. Anda yang ingin bersepeda offroad saat musim hujan jadi tak perlu khawatir akan mudah terpeleset lagi.

No.3

Thrill 27,5 Oust T120 3.0

Harga referensi
Rp3.800.000
Agak Mahal

Empuk dan nyaman berkat suspensi depan belakang

Kelebihan:

  • Nyaman digunakan di jalan terjal.
  • Sudah menerapkan inner cable routing.

Kekurangan:

  • Suspensi belakang masih model spring.

Camping di area perbukitan dan membawa sepeda tentu mengasyikkan untuk dilakukan di akhir pekan. Sepeda Thrill Oust 3.0 ini pas untuk menemani Anda. Suspensinya lengkap di depan dan belakang untuk meredam guncangan dengan lebih baik. Anda akan merasa nyaman dan mantap saat menggunakannya di medan terjal berbatu. Jika Anda adalah pemula yang menginginkan sepeda double suspensi dengan harga miring, pertimbangkanlah produk ini.

No.4

UnitedDetroit 1.1

Harga referensi
Rp2.745.000
Menengah

Perpaduan frame alloy dan inner cable routing yang menawan

Kelebihan:

  • Sudah menggunakan model inner cable routing.
  • Rangka sepeda sudah menggunakan bahan alloy.

Kekurangan:

  • Rem cakram masih menggunakan sistem mekanik.
  • Handlebar dan seatpost menggunakan bahan besi.

Sedang mencari sepeda gunung murah dengan frame alloy dan mendukung inner cable routing? United Detroit 1.1 pilihannya. Bahan frame alloy tentunya akan membuat bobot sepeda Anda jauh lebih ringan dan anti karat. Sementara inner cable routing-nya membuat sepeda Anda tampil rapi tanpa adanya kabel yang berserakan. Cocok untuk Anda yang menginginkan fitur entry level dengan harga terjangkau.

No.5

Polygon BikesCascade 4 2022

Harga referensi
Rp3.400.000
Agak Mahal

Paduan rem hidraulis dan 24 speed, makin mudah dikendarai

Kelebihan:

  • Menggunakan rem cakram hidraulis.
  • Rangka sepeda menggunakan bahan alloy yang ringan dan kukuh.

Kekurangan:

  • Belum menerapkan inner cable routing.
  • Pedal berbahan plastik.

Sepeda gunung ini sudah menggunakan rem cakram hidraulis sehingga menjadi makin pakem. Ditambah lagi, dengan konfigurasi wheel fit size ukuran rodanya pasti sesuai dengan ukuran frame, membuat kestabilannya pun meningkat.


Selain itu, 24 speed gear-nya akan memberi Anda fleksibilitas lebih dan kemudahan berkendara. Apabila Anda mencari sepeda gunung yang stabil dan mudah dikendarai di mana pun, produk ini patut diperhitungkan.
No.6

Land RoverSepeda Lipat MTB

Harga referensi
Rp2.850.000
Menengah

Bisa dilipat, cocok digunakan di perkotaan

Kelebihan:

  • Portabel dapat dilipat dan dibawa bepergian.
  • Sudah dilengkapi suspensi ganda depan dan tengah.

Kekurangan:

  • Pilihan warna yang cukup mencolok dan ramai.
  • Tidak bisa sepenuhnya dipakai untuk jalur offroad.

Siapa bilang sepeda gunung tidak bisa dilipat? Land Rover menghadirkan sepeda MTB lipat yang unik. Mengedepankan fungsi portabilitas, produk ini hadir untuk mencukupi kebutuhan bersepeda di medan terjal perkotaan. Melibas jalan yang bergelombang, berlubang, atau bebatuan di perkotaan jadi lebih nyaman berkat adanya dobel suspensi. 


Sepeda ini hadir dalam varian tiga dan enam jeruji velg yang bisa Anda pilih sesuai selera. Pilihan warna yang tersedia juga cukup beragam. Cocok untuk Anda yang menginginkan sepeda gunung MTB portabel.

No.7

Wimcycle27,5″ MTB STORM

Harga referensi
Rp2.500.000
Agak Murah

Hadirkan sepeda gunung alloy frame yang murah!

Kelebihan:

  • Rangka sepeda menggunakan bahan alloy.
  • Menggunakan rem cakram.

Kekurangan:

  • Menggunakan shifter dan derailleur kelas low end.

Sepeda gunung dengan frame berbahan alloy kini makin terjangkau harganya. Terlebih jika Anda memilih produk dari Wimcycle yang satu ini. Bahan alloy membuat bobot sepeda menjadi ringan, nyaman dikendarai, dan tentunya antikarat. Sepeda ini memiliki pilihan kecepatan yang cukup lengkap yaitu hingga 24 speed. Jika Anda sekaligus ingin bernostalgia dengan sepeda Wimcycle di masa kecil, tak ada salahnya membawa pulang sepeda ini.

No.8

Polygon BikesPremier 5

Harga referensi
Rp4.085.000
Lebih Mahal

Cocok untuk bersepeda di berbagai medan

Kelebihan:

  • Menggunakan rem cakram hidraulik.
  • Suspensi depan mendukung fitur lock system.

Kekurangan:

  • Belum sepenuhnya menerapkan inner cable routing.
  • Ada review yang menyatakan bahwa sepeda ini hanya mampu jumping setinggi satu meter. 


Apabila Anda sering bersepeda di medan berbatu serta melewati tanjakan dan turunan, sepeda ini bisa Anda pertimbangkan. Polygon Premier 5 menggunakan ban gemuk dengan ukuran 27,5 inci dan lebar sebesar 2,25 inci. Spesifikasi ban ini memungkinkan Anda melibas berbagai trek yang tidak beraspal. Meski begitu, ban ini masih enak dipakai di jalan beraspal.


Sepeda ini tergolong entry level dengan pemakaian komponen kelas menengah. Beberapa bagian penting seperti seatpost, handlebar, dan handlestem sudah menggunakan bahan alloy. Shifter-nya menggunakan Shimano Altus dengan rear derailleur menggunakan Shimano Alivio. Bagaimana, Anda tertarik dengan kualitas komponen yang ditawarkan?

No.9

PacificCrosser XT 001

Harga referensi
Rp2.750.000
Menengah

Bisa untuk jalanan perkotaan, juga trek offroad

Kelebihan:

  • Groupset menggunakan Shimano Tourney.
  • Kukuh dan tahan banting

Kekurangan:

  • Rangka sepeda masih menggunakan bahan besi (steel) yang bisa berkarat.

Menyusuri jalur perkotaan dan sesekali healing ke trek offroad bisa Anda lakukan dengan sepeda ini. Ya, sepeda gunung Pacific ini sudah dibekali dengan groupset Shimano Tourney yang cukup andal melewati jalur offroad kelas ringan. Dengan 8 x 3 speed, Anda bebas memilih pengaturan gear sesuai medan dan kenyamanan. Sepeda ini juga sudah dilengkapi dengan rem cakram yang pakem. Harganya pun tergolong ekonomis dan pas untuk pemula. 

No.10

Exotic2658 4.0 AH

Harga referensi
Rp2.375.000
Agak Murah

Ban jumbo yang ampuh melibas medan berpasir

Kelebihan:

  • Mendukung inner cable routing.
  • Handlestem dapat diatur ketinggiannya.
  • Lebih stabil berkat ukuran ban yang besar dengan tapak lebar.


Kekurangan:

  • Handling terasa lebih berat, tidak disarankan untuk medan naik turun.

Jika Anda bosan berenang atau bermain pasir di pantai, mengapa tak mencoba bersepeda menyusurinya? Cobalah nikmati suasana pantai dengan mengendarai fat bike dari Pacific ini. Memiliki ban besar dengan tapak lebar, sepeda ini mampu melibas medan berpasir dengan lancar. Didukung oleh frame alloy yang ringan dan rem hidraulis, Anda pasti merasa nyaman mengendarainya. Dipakai untuk melibas medan berbatu pun oke, lho!

Baca juga rekomendasi sepeda lainnya di sini

Sepeda lipat sangat mudah untuk Anda simpan dan bawa ke berbagai tempat. Tergantung pada kebutuhan, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli sepeda hybrid. Anda bisa membaca lebih detail tentang seluruh produk tersebut di sini.

Kesimpulan

Bagaimana artikel kali ini menurut Anda? Apakah membantu Anda dalam menemukan sepeda gunung yang cocok dan sesuai kebutuhan Anda? 


Fokuslah pada komponen sepeda dan kondisi jalan yang akan Anda temui. Dengan begitu, Anda pasti bisa mendapatkan sepeda yang pas untuk Anda gunakan. Temukan sepeda gunung yang dapat dipakai dalam jangka waktu lama dan nikmatilah kegiatan bersepeda Anda setiap saat!

5 Rekomendasi Sepeda Gunung untuk Pemula terbaik

No. 1: AtlantisMTB 26" Atlantis 730

No. 2: United BikeMonanza 4.0

No. 3: Thrill 27,5 Oust T120 3.0

No. 4: UnitedDetroit 1.1

No. 5: Polygon BikesCascade 4 2022

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Sepeda
  4. 10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.