10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

Bak mandi bayi biasanya digunakan untuk bayi yang baru lahir, sampai usia 1 bulan. Ketika memilih bak mandi bayi, pilihlah yang nyaman dan mudah digunakan. Ada begitu banyak jenis dengan fungsi dan  harga yang berbeda, ada yang terbuat dari plastik, vinyl, karet, dan ada bak mandi dengan fungsi yang bisa dilipat, maupun yang dalam bentuk matras yang bisa dipakai sebagai alas bayi, setelah dikeringkan.

Anda pasti bingung memilih mana yang terbaik, bukan? Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan tips cara memilih bak mandi bayi, dan memberikan beberapa rekomendasi bak mandi bayi yang bagus, yang bisa Anda jadikan referensi ketika akan membeli bak mandi untuk bayi. Silahkan disimak!

Daftar isi

Bak mandi bayi dari plastik dan berbentuk kotak adalah model lama!

Seperti yang sudah kita tahu, biasanya bak mandi bayi terbuat dari bahan plastik berbentuk kotak. Walaupun tipe bak mandi ini masih sering digunakan, tetapi banyak orang mulai merasa bahwa bak mandi yang terbuat dari plastik tidak terlalu efisien karena memakan banyak tempat ketika digunakan maupun disimpan.

Berdasarkan bahannya, bak mandi bayi dapat dibagi menjadi 3 tipe berikut:

Bak mandi tipe plastik

Bak mandi tipe plastik

Bak mandi ini adalah tipe standar seperti yang biasanya sudah kita kenal. Selain berbentuk bathtub, sekarang ada juga bak mandi dari bahan plastik berbentuk kotak yang dapat dilipat, sehingga mudah dan praktis untuk disimpan. Keunggulan bak mandi tipe ini adalah bentuknya lebih kokoh dan stabil dibandingkan tipe lainnya.

Karena bentuknya seperti bathtub yang terbuat dari plastik yang kokoh, hal ini dapat membuat beban papa atau mama jadi sedikit lebih berkurang, karena bisa memandikan bayi sambil menumpukan lengan di bak plastik ini. Selain itu, kelebihan dari bak mandi ini adalah bisa langsung digunakan, dan mudah dibersihkan setelah selesai digunakan.

Tidak hanya bisa diletakkan di kamar mandi saja, seiring dengan perkembangan zaman, sekarang sudah banyak diproduksi bak mandi bayi yang bisa dimasukkan di rak cucian dapur, sehingga bisa lebih praktis ketika menggunakannya.

Bak mandi tipe vinyl

Bak mandi tipe vinyl

Untuk bak mandi tipe vinyl, Anda perlu mengisi bak tersebut dengan angin sampai mengembung terlebih dahulu, agar bisa digunakan. Kelebihan bak mandi tipe ini adalah bisa dilipat, sehingga lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Namun, karena terbuat dari bahan vinyl , tekstur bak mandi ini jadi tidak terlalu kokoh, sehingga tidak bisa dijadikan tumpuan tangan ketika papa dan mama memandikan bayinya. Selain itu, dibandingkan bak mandi tipe plastik, tipe vinyl lapisannya lebih tipis, sehingga dapat menyebabkan bak mandi ini lebih rentan rusak, dan tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Lalu, karena agak susah mengisi angin dengan ditiup dengan mulut, maka Anda perlu menyiapkan pompa pengisi udara untuk menggembungkan bak mandi ini sebelum digunakan.

Karena bak mandi tipe ini fleksibel dan bisa diletakkan di wastafel dapur, serta bisa dikempiskan ketika sudah tidak digunakan, menjadikan bak mandi ini lebih praktis dan hemat tempat penyimpanan. Selain itu, teksturnya yang empuk, membuat bak mandi ini juga bisa digunakan untuk tempat meletakkan bayi ketika ditinggal mama atau papa mandi sebentar. Tidak hanya itu, karena bentuknya yang simpel, bak mandi ini mudah dibawa berpergian, sehingga Anda juga bisa membawa bak mandi ini untuk bermain di pantai pada waktu liburan.

Bak mandi bayi bentuk matras

Bak mandi bayi bentuk matras

Tipe matras ini adalah jenis bak mandi yang bisa digunakan di wastafel, atau di rak cuci piring dapur. Karena bisa digunakan dengan posisi berdiri, tipe ini bisa mengurangi beban punggung papa atau mama yang menggunakannya.

Walaupun agak susah karena harus  dikeringkan setelah digunakan, namun tipe matras ini beratnya ringan, mudah dibawa kemana-mana, dan hemat tempat penyimpanan. Tidak hanya itu, setelah dipakai mandi, Anda juga bisa menggunakan bak mandi ini sebagai matras untuk tempat tidur bayi, atau dapat  juga dipakai untuk tempat meletakkan bayi ketika mandi bersama papa atau mama.

Cara memilih bak mandi bayi

Hal utama yang perlu diperhatikan ketika memilih bak mandi bayi adalah, memikirkan dulu tempat dimana akan memandikan bayi Anda, serta sesuaikan dengan gaya hidup keseharian Anda.

Siapa yang akan memandikan?

Siapa yang akan memandikan?

Apakah bayi akan dimandikan oleh ayah, ibu, atau apakah Anda akan memandikannya berdua? Tergantung dari siapa yang memandikannya, poin penting cara memilih bak mandi bayi pun akan berubah.

Apabila ibu yang akan memandikannya, akan lebih baik apabila memilih bak mandi yang kecil, mudah digunakan, dan praktis untuk disimpan. Akan lebih baik lagi, apabila Anda memilih bak mandi yang dilengkapi dengan pipa pembuangan air.

Apabila akan dimandikan oleh ayah atau bersama-sama, lebih baik memilih bak mandi yang ukurannya besar, dan disesuaikan dengan ukuran badan bayi Anda, agar memudahkan gerak ayah ketika memandikan bayi.

Dimana akan memandikan?

Dimana akan memandikan?

Apakah Anda akan memandikan bayi Anda di kamar mandi, atau di wastafel? Dimana Anda akan  memandikan bayi, berbeda juga cara memilih bak mandi yang cocok untuk bayi Anda. Jadi, sangat penting untuk terlebih dahulu menentukan dimana Anda akan memandikan bayi Anda.

Untuk ibu yang baru melahirkan dengan operasi, atau Anda yang memiliki sakit pinggang, lebih baik memilih tipe bak mandi yang bisa dipakai di wastafel, agar bisa dipakai dengan posisi berdiri, sehingga tidak menyiksa tubuh Anda.

Setelah Anda menentukan dimana akan meletakkan bak mandi tersebut, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengukur tempat tersebut, kemudian pilihlah bak mandi yang ukurannya sesuai.

Tempat penyimpanan

Tempat penyimpanan
Bak mandi bayi merupakan benda yang digunakan setiap hari. Sehingga, akan sangat praktis apabila diletakkan di tempat yang mudah diambil dan disimpan kembali.

Baru-baru ini banyak diproduksi bak mandi yang mudah dilipat, dan mudah dikeringkan setelah digunakan. Berdasarkan produknya, ada juga yang anginnya harus dikeluarkan dulu baru dilipat dan disimpan. Namun, karena banyak yang berpikir bahwa tidak praktis untuk melipatnya setiap hari, banyak juga yang akhirnya hanya diletakkan begitu saja, agar bisa langsung digunakan setiap hari.

Sebaliknya, banyak juga yang berpikir bahwa keunggulan dari bak mandi yang bisa dilipat adalah mudah menyimpannya setelah tidak lagi digunakan.

Setelah tidak terpakai lagi, bak mandi bayi dapat Anda gunakan untuk hal lainnya. Bak mandi yang terbuat dari plastik berbentuk kotak misalnya, bisa Anda gunakan untuk bermain pasir di pantai. Bak mandi yang terbuat dari matras, bisa Anda gunakan sebagai tempat tidur untuk bayi Anda setelah tidak terpakai lagi. Jadi, sebelum membeli bak mandi, lebih baik Anda memikirkan apa yang hendak Anda lakukan setelah bak bayi tersebut sudah tidak terpakai.

Periksa kegunaan dan fungsi lainnya

Periksa kegunaan dan fungsi lainnya

Baru-baru ini mulai banyak diproduksi bak mandi bayi yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur dan teknologi, yang mempermudah Anda ketika memandikan bayi.

Contohnya seperti bak mandi yang bisa dipakai di wastafel, atau yang dilengkapi dengan alat pengatur sandaran punggung bayi, ada juga yang dilengkapi dengan tempat untuk meletakkan bayi agar tidak tergelincir dan bisa dipindah pindah ke berbagai sudut, dan ada juga yang dilengkapi dengan pipa pembuangan air untuk memudahkan Anda membuang airnya setelah selesai digunakan.

10 Rekomendasi bak mandi terbaik untuk bayi

Di atas tadi telah kami jelaskan cara memilih bak mandi untuk bayi Anda. Berikutnya akan kami rekomendasikan beberapa produk bak mandi bayi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Richell Baby Soft Inflatable Baby Bath Up

10. Richell Baby Soft Inflatable Baby Bath Up

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 281.900

Bisa dilipat dan mudah disimpan

Bak mandi bayi satu ini terbuat dari bahan vinyl yang lembut, sehingga nyaman dipakai untuk bayi Anda. Lapisan yang tebal juga menjadikan bak mandi bayi ini kuat dan tidak mudah robek. Meskipun perlu diisi angin terlebih dahulu sebelum digunakan, tetapi karena bentuknya yang simpel dan bisa dilipat, menjadikan bak mandi bayi ini praktis dan mudah untuk disimpan dan dibawa-bawa ketika akan berpergian jauh.

Tidak hanya itu, bak mandi ini juga dilengkapi dengan plastik penahan di bagian tengahnya, untuk mengganjal bayi agar tidak tergelincir ketika dimandikan. Dikemas satu paket sekaligus dengan pompa angin, sehingga Anda tidak perlu repot membeli pompa angin secara terpisah. Produk ini cocok untuk Anda yang suka berpergian sambil mengajak bayi Anda. 

9. Sugar Baby Deluxe Baby Bather

9. Sugar Baby Deluxe Baby Bather

 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 150.000

Nyaman digunakan, bahkan di tempat yang sempit

Dilengkapi dengan fitur pengaturan sandaran kursi sampai 3 tingkat, tipe bak mandi yang satu ini dapat dipakai di wastafel maupun di kamar mandi. Dilengkapi dengan fitur soft mesh sling yang telah memenuhi standar keamanan Eropa, menjadikan kursi ini aman saat digunakan.

Tidak hanya itu, bak mandi bentuk kursi ini juga dapat dilipat, sehingga mudah untuk disimpan atau dibawa bepergian. Dilengkapi dengan bantalan empuk yang melekat dengan bather, sehingga kepala bayi Anda dapat bersandar dengan nyaman. Bentuknya yang seperti kursi pantai juga dapat digunakan sebagai tempat berjemur pada pagi hari untuk bayi Anda. Pilihan yang tepat untuk Anda yang menyukai bak mandi yang praktis dan multifungsi.

8. Aqua Scale 3 in 1 Baby Bath

8. Aqua Scale 3 in 1 Baby Bath

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.555.500

Dilengkapi dengan fitur penimbang badan dan termometer suhu air

Bak mandi merek Aqua Scale ini dilengkapi dengan fitur canggih seperti termometer, yang secara otomatis memonitor dan menampilkan suhu air dalam bak mandi, dan digital scale yang berfungsi sebagai penimbang badan yang dapat beroperasi, meski di dalam air yang bergerak. Teknologi state of art pada skala digitalnya, dapat secara otomatis merekam berat badan si kecil, sehingga memudahkan Anda untuk memantau pertumbuhan bayi Anda.

Selain itu, bak mandi ini juga dilengkapi dengan anti-slip pad, agar bayi tidak tergelincir saat diletakkan di atasnya. Produk ini cocok dipakai untuk Anda yang baru memiliki bayi, atau Anda yang memiliki bayi dengan berat tidak lebih dari 20 kg.

7. Bak Mandi Anak Elephant Green Big

7. Bak Mandi Anak Elephant

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 78.320

Ukuran besar yang nyaman dipakai

Bak mandi yang satu ini merupakan bak mandi yang bisa dipakai di kamar mandi atau di ruang tamu. Karena ukurannya besar, bak mandi ini dapat dijadikan sebagai kolam bermain setelah tidak lagi dipakai untuk mandi. Pas untuk Anda yang menginginkan ukuran bak mandi yang besar.

Selain itu, pada bak mandi ini terdapat tempat meletakkan sabun agar tidak mudah tergelincir, dan tempat sandaran tangan untuk memudahkan Anda memandikan bayi Anda.

6. Karibu Baby Bath

6. Karibu Baby Bath

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 445.000

Mandi  bersama papa dan mama

Jika Anda termasuk orang yang merasa repot ketika harus melipat dan mempersiapkan kembali bak mandi ketika akan digunakan, maka bak mandi ini adalah jawabannya. Bak mandi ini sangat praktis, karena dapat dilipat dan digantung setelah selesai digunakan. Cocok untuk Anda yang tidak suka repot merapikan bak mandi bayi setelah selesai digunakan. 

Tidak hanya itu, bak mandi ini juga dilengkapi dengan sensor air panas yang akan menyala ketika suhu air mencapai 38 derajat, dan juga terdapat lubang pembuangan air, serta tempat untuk meletakkan sabun. Selain itu, terdapat 4 kaki yang dilengkapi dengan smart click auto lock, sehingga bak ini dapat berdiri dengan stabil, dan dapat menjadi penyangga beban ayah atau ibu yang ingin bersama-sama memandikan bayi.

5. IKEA LATTSAM Baby Bath

5. IKEA LATTSAM Baby Bath

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 179.500

Bak mandi simpel dengan harga terjangkau

Bak mandi produksi IKEA ini diciptakan dengan desain standar yang dapat Anda gunakan untuk sehari-hari. Karena produk ini memiliki desain yang simpel tanpa ada tambahan fungsi apapun pada baknya, Anda dapat memandikan bayi Anda dengan lebih leluasa.

Selain itu, produk ini juga dijamin aman, karena sudah dilengkapi dengan karet pelindung di keempat kakinya, agar tidak mudah tergelincir ketika digunakan. Harganya yang terjangkau, dan memiliki bahan yang tahan lama, membuat bak mandi ini diminati oleh banyak orang.

4. Munchkin Bathtub

4. Munchkin Bathtub

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Bak mandi bayi dengan karakter lucu

Bak mandi merek Munchkin ini merupakan produk yang unik, karena diproduksi dengan berbagai macam karakter-karakter lucu seperti bebek, Mickey Mouse, Hello Kitty, kodok, dan banyak macam karakter lainnya yang membuat si kecil pasti merasa senang dan bersemangat untuk mandi. Tidak hanya itu, bak mandi ini juga dilengkapi dengan indikator yang akan menyala jika air terlalu panas.

Bentuknya yang lucu juga membuatnya dapat digunakan sebagai tempat bermain ketika tidak digunakan untuk mandi. Terbuat dari bahan vinyl dengan tekstur permukaan bergelombang, sehingga aman dan nyaman untuk dipakai si kecil. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki balita yang aktif bergerak, dan menyukai karakter-karakter yang lucu. 

3. Puku Baby Bathtub

3. Puku Baby Bathtub

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 269.900

Bak mandi bayi dengan ukuran jumbo

Bak mandi merek Puku buatan Taiwan ini merupakan bak mandi yang diproduksi dengan ukuran yang cukup besar, dengan panjang sekitar 75 cm. Dilengkapi dengan pegangan karet di sisi kiri dan kanannya yang berguna untuk menyanggah lengan ayah atau ibu, sehingga mampu mengurangi beban tumpuan pada kaki. Selain itu, terdapat kunci lubang untuk mengeluarkan air bekas mandi pada sisi bawah.

Meskipun ukurannya cukup besar dan tidak bisa dilipat, tetapi karena permukaannya datar, bak mandi ini juga dapat dipakai sebagai kolam renang mini. Tidak hanya itu, bahannya yang terbuat dari plastik polypropylene membuat bak mandi ini jadi sangat kuat dan tidak mudah rusak. Pilihan tepat untuk Anda yang ingin menggunakan bak mandi untuk jangka waktu yang lama. 

2. Sleep Bathub Mat

2. Sleep Bathub Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 290.000

Bathub multifungsi

Bathub mat yang satu ini terbuat dari bahan polyline yang elastis, dan terasa sangat lembut dan nyaman. Sangat cocok digunakan untuk bayi yang baru lahir, karena produk ini dapat memberikan sensasi rasa hangat seperti di dalam perut ibu, yang dapat membuat bayi Anda merasa aman. Bahannya sangat ringan, mudah dikeringkan, serta dapat mengapung di air, membuat matras ini sangat praktis dan disukai banyak orang.

Tidak hanya itu, karena bahannya yang sangat empuk, matras ini juga dapat digunakan sebagai tempat tidur setelah digunakan untuk mandi dan dikeringkan. Ukurannya yang tidak terlalu besar juga memudahkan Anda untuk melipat dan menyimpannya kembali.

1. Infant Easy Store Comfort Tub

1. Infant Easy Store Comfort Tub

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 500.000

Bisa mandi sambil tidur

Tempat mandi bayi yang satu ini didesain khusus untuk memudahkan Anda memandikan bayi. Bentuknya yang seperti tempat tidur gantung, membuat bayi tidak perlu disanggah dengan lengan seperti bak mandi pada umumnya. Terdapat sandaran bantal yang nyaman dengan kemiringan yang dapat direbahkan, sehingga dapat dijadikan sebagai tempat tidur setelah tidak digunakan mandi.

Jenisnya yang bisa dilipat, membuat bak mandi ini jadi sangat praktis dan mudah dibawa bepergian. Dua sanggahan yang melebar pada sisi kiri dan kanannya membuat tempat mandi ini jadi stabil dan tidak mudah selip. Produk ini adalah pilihan terbaik untuk Anda yang memiliki bayi yang baru lahir sampai usia 1 tahun. 

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, kami sudah membahas tentang cara memilh bak mandi bayi dan merekomendasikan beberapa produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Akhir kata, semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan dapat Anda jadikan referensi untuk membeli bak mandi bayi yang terbaik untuk bayi Anda. Selamat memilih!