• 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)

Bak mandi bayi sangat diperlukan untuk memandikan bayi yang baru saja lahir. Terdapat beberapa jenis produk dari produsen terkenal, seperti Munchkin, IKEA, dan Richell. Ada yang bisa digunakan pada wastafel dan ada juga bak mandi vinyl yang bisa dilipat. Namun, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat memilih bak mandi?




Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan tips untuk memilih bak mandi bayi secara detail dari segi kemudahan penggunaan hingga kemudahan penyimpanannya. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi bak mandi bayi yang dapat Anda jadikan referensi ketika membeli bak mandi untuk bayi Anda. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 1.186 Views
Daftar isi

Cara memilih bak mandi untuk bayi

Berhubung terdapat beberapa jenis bak mandi untuk bayi, tentunya Anda ingin memilih yang terbaik untuk si kecil, bukan? Untuk itu, kami akan menjelaskan dengan lengkap agar Anda dapat memilih bak mandi bayi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih tipe setelah mempertimbangkan ruang penyimpanannya

Bak mandi bayi digolongkan sebagai produk perawatan bayi berukuran besar, setara dengan car seat dan high chair. Akan tetapi, saat ini sudah tersedia bak mandi jenis lipat yang tidak memakan tempat penyimpanan terlalu besar. Oleh karena itu, mari pilih jenis bak mandi bayi dengan mempertimbangkan tempat penyimpanan di rumah Anda.

Tipe standing floor : Butuh ruang penyimpanan besar, tetapi lebih stabil dan kokoh

Bak mandi bayi tipe ini merupakan jenis yang paling populer. Tipe ini dapat menopang bayi Anda dengan baik dan lebih stabil saat sedang dimandikan. Seiring dengan perkembangan desain hunian akhir-akhir ini, banyak juga produk berukuran compact yang bahkan dapat digunakan di wastafel dapur.
Setelah periode memandikan bayi selesai, Anda dapat menggunakan bak mandi bayi tersebut sebagai ember untuk mencuci pakaian anak Anda. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk digunakan bayi Anda bermain air saat cuaca panas.
Di sisi lain, ukuran yang besar adalah kelemahan dari tipe ini. Karena itu, tipe ini lebih cocok untuk Anda yang memiliki tempat penyimpanan cukup besar di rumah. Meskipun periode memandikan bayi menggunakan bak mandi hanya berlangsung selama beberapa bulan, Anda tetap harus memikirkan tempat penyimpanannya. Anda juga harus mempertimbangkan lokasi penyimpanan bak mandi tersebut setelah tidak digunakan lagi.

Tipe udara: Dapat disimpan dengan ringkas saat tidak digunakan

Tipe udara: Dapat disimpan dengan ringkas saat tidak digunakan
Jika udara di dalamnya dikeluarkan, bak mandi bayi tipe ini dapat disimpan dalam bentuk yang compact sehingga mudah digunakan untuk segala jenis rumah. Saat Anda mengisi bak mandi ini dengan udara, bentuknya akan berubah menjadi padat seperti bak mandi tipe standing floor dan mudah dipindah-pindah karena berbobot ringan.
Namun, Anda tidak bisa mengharapkan stabilitas dan daya tahan yang baik dari bak mandi tipe ini. Hal ini disebabkan oleh bobotnya yang ringan dan lubang untuk mengisi anginnya mudah terbuka atau bocor hanya dengan sedikit gesekan. Meski demikian, produk ini bisa dilipat saat tidak digunakan dan bisa dijadikan kolam mini di luar ruangan saat cuaca panas sehingga sangat menarik untuk dimiliki.

Tipe matras: Dapat digunakan di wastafel atau bak cuci

Tipe matras: Dapat digunakan di wastafel atau bak cuci
Bak mandi bayi tipe matras terbuat dari matras tahan air dengan desain yang membuatnya bisa digunakan di wastafel atau bak cuci. Bak mandi tipe matras ini mudah digunakan dan hemat tempat penyimpanan karena dapat dilipat setelah digunakan. Setelah periode memandikan bayi di bak mandi selesai, Anda bisa menggunakannya sebagai matras untuk membaringkan bayi, misalnya saat mengganti pakaian si kecil sehabis mandi.
Memandikan bayi dengan bak mandi tipe ini dapat mengurangi beban di pinggang Anda karena bisa digunakan di wastafel atau bak cuci dengan postur tubuh berdiri sehingga nyaman untuk Anda. Akan tetapi, harap berhati-hati saat memasangnya karena dapat menyebabkan kebocoran dan air meluber ke mana-mana jika tidak terpasang dengan benar.

Pilih tipe bak mandi yang mudah dipindah saat cuaca sedang dingin

Pilih tipe bak mandi yang mudah dipindah saat cuaca sedang dingin
Saat cuaca dingin, Anda perlu memperhatikan bayi Anda agar tidak kedinginan saat mandi. Meskipun Anda dapat mencegah udara dingin dengan menggunakan air hangat, bayi Anda tetap bisa kedinginan saat Anda hendak memakaikan bajunya di kamar atau ruangan lain.
Pada saat cuaca dingin, memandikan bayi Anda di dalam kamar atau ruang keluarga tentu lebih ideal karena Anda bisa segera memakaikan baju tanpa perlu waktu lama untuk memindahkan si kecil ke ruangan lain. Karena itu, lebih baik Anda menggunakan bak mandi tipe udara yang dapat dipindah-pindah dengan mudah.

Periksa kegunaan dan fungsi lainnya

Periksa kegunaan dan fungsi lainnya
Saat ini mulai banyak bak mandi bayi yang dilengkapi berbagai macam fitur tambahan untuk membuat Anda lebih nyaman saat memandikan bayi. Contohnya, ada yang memiliki fungsi pengatur sandaran yang dapat disesuaikan dengan sudut tubuh bayi sehingga lebih memudahkan untuk membersihkan tubuh bayi Anda. Lalu, ada juga yang memiliki fitur penopang tubuh bayi di bak mandi. Karena itu, cek terlebih dahulu apakah bak mandi pilihan Anda memiliki aspek-aspek fungsional lainnya.

Pertimbangkan juga opsi untuk menyewa bak mandi bayi

Pertimbangkan juga opsi untuk menyewa bak mandi bayi
Bak mandi bayi umumnya hanya dibutuhkan selama satu hingga dua bulan setelah kelahiran. Ada juga yang menggunakan bak mandi hingga sekitar tiga bulan, jadi bak mandi merupakan barang yang hanya digunakan saat bayi baru lahir. Oleh karena itu, pilihan untuk menyewa bak mandi bisa menjadi pertimbangan Anda.
Anda tidak perlu memikirkan tempat untuk menyimpan bak mandi bayi dan hanya perlu mengembalikannya setelah tidak dipakai lagi. Anda bisa mencoba bak mandi tipe standing yang memiliki stabilitas luar biasa tanpa perlu menyiapkan tempat penyimpanan khusus atau merasakan sensasi memandikan bayi dengan bak mandi tipe matras. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda saja.

10 Rekomendasi bak mandi terbaik untuk bayi

Kami telah menjelaskan tentang cara memilih bak mandi bayi kepada Anda. Berikutnya kami akan memberikan rekomendasi produk bak mandi bayi yang dapat Anda pilih. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Baca juga rekomendasi bak mandi bayi lipat di sini

Selain beberapa tipe bak mandi yang sudah disebutkan, masih ada beberapa tipe lainnya, seperti bak mandi tipe lipat ini. Bagi Anda yang tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai bak mandi tipe lipat, silakan baca artikelnya di sini.

Baca juga rekomendasi saputangan bayi di sini

Saat memandikan bayi Anda, ada baiknya Anda juga menggunakan saputangan bayi untuk mengelap tubuh bayi Anda. Pada artikel di bawah ini, kami akan merekomendasikan saputangan bayi terbaik yang akan melengkapi kegiatan mandi bayi Anda. Baca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini sampai habis, bagaimana pendapat Anda? Pada artikel kali ini, kami sudah membahas tentang cara memilih bak mandi bayi dan merekomendasikan beberapa produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
Selain kualitas, sesuaikan juga dengan budget yang Anda siapkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi untuk membeli bak mandi bayi yang terbaik bagi bayi Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Bayi & anak-anak
    20.168 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Bayi & anak-anak
    9.330 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2019)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Bayi & anak-anak
    8.023 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Bayi & anak-anak
    6.811 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Bayi & anak-anak
    5.783 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui yang tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada bayi. Biasanya, ketika bayi sudah tidur, Anda mulai memompa ASI. Selain bertujuan untuk menambah stok ASI yang dibutuhkan bayi, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang ini tersedia pompa ASI dengan berbagai pilihan, ada yang manual dan elektrik. Merek yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari Mooimom, Spectra, Pigeon, Medela, Philips Avent, dan sebagainya. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih pompa ASI dan memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Bayi & anak-anak
    7.346 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Bouncer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Baby Bouncer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Baby bouncer saat ini telah menjadi salah satu alat yang dibutuhkan oleh para orang tua yang baru memiliki bayi. Selain sebagai tempat untuk meletakkan bayi ketika tidur atau ketika ingin bermain, baby bouncer juga dapat digunakan sebagai tempat duduk ketika bayi sudah mulai diberikan MPASI (makanan pendamping ASI).Harga baby bouncer di pasaran cukup bervariasi tergantung merek dan fungsi yang ditawarkan. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih baby bouncer yang baik, dan juga merekomendasikan 10 baby bouncer terbaik untuk bayi Anda dengan membandingkan harga dan fungsinya.
    Bayi & anak-anak
    1.658 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori