10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

Bak mandi bayi sangat diperlukan untuk memandikan bayi yang baru saja lahir. Terdapat beberapa jenis produk dari produsen terkenal, seperti Munchkin, IKEA, dan Richell. Ada yang bisa digunakan pada wastafel dan ada juga bak mandi vinyl yang bisa dilipat. Namun, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat memilih bak mandi?

Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan tips untuk memilih bak mandi bayi secara detail dari segi kemudahan penggunaan hingga kemudahan penyimpanannya. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi bak mandi bayi yang dapat Anda jadikan referensi ketika membeli bak mandi untuk bayi Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih bak mandi untuk bayi

Berhubung terdapat beberapa jenis bak mandi untuk bayi, tentunya Anda ingin memilih yang terbaik untuk si kecil, bukan? Untuk itu, kami akan menjelaskan dengan lengkap agar Anda dapat memilih bak mandi bayi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih tipe setelah mempertimbangkan ruang penyimpanannya

Bak mandi bayi digolongkan sebagai produk perawatan bayi berukuran besar, setara dengan car seat dan high chair. Akan tetapi, saat ini sudah tersedia bak mandi jenis lipat yang tidak memakan tempat penyimpanan terlalu besar. Oleh karena itu, mari pilih jenis bak mandi bayi dengan mempertimbangkan tempat penyimpanan di rumah Anda.

Tipe standing floor : Butuh ruang penyimpanan besar, tetapi lebih stabil dan kokoh

Tipe standing floor : Butuh ruang penyimpanan besar, tetapi lebih stabil dan kokoh

Bak mandi bayi tipe ini merupakan jenis yang paling populer. Tipe ini dapat menopang bayi Anda dengan baik dan lebih stabil saat sedang dimandikan. Seiring dengan perkembangan desain hunian akhir-akhir ini, banyak juga produk berukuran compact yang bahkan dapat digunakan di wastafel dapur.

Setelah periode memandikan bayi selesai, Anda dapat menggunakan bak mandi bayi tersebut sebagai ember untuk mencuci pakaian anak Anda. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk digunakan bayi Anda bermain air saat cuaca panas.

Di sisi lain, ukuran yang besar adalah kelemahan dari tipe ini. Karena itu, tipe ini lebih cocok untuk Anda yang memiliki tempat penyimpanan cukup besar di rumah. Meskipun periode memandikan bayi menggunakan bak mandi hanya berlangsung selama beberapa bulan, Anda tetap harus memikirkan tempat penyimpanannya. Anda juga harus mempertimbangkan lokasi penyimpanan bak mandi tersebut setelah tidak digunakan lagi.

Tipe udara: Dapat disimpan dengan ringkas saat tidak digunakan

Tipe udara: Dapat disimpan dengan ringkas saat tidak digunakan

Jika udara di dalamnya dikeluarkan, bak mandi bayi tipe ini dapat disimpan dalam bentuk yang compact sehingga mudah digunakan untuk segala jenis rumah. Saat Anda mengisi bak mandi ini dengan udara, bentuknya akan berubah menjadi padat seperti bak mandi tipe standing floor dan mudah dipindah-pindah karena berbobot ringan.

Namun, Anda tidak bisa mengharapkan stabilitas dan daya tahan yang baik dari bak mandi tipe ini. Hal ini disebabkan oleh bobotnya yang ringan dan lubang untuk mengisi anginnya mudah terbuka atau bocor hanya dengan sedikit gesekan. Meski demikian, produk ini bisa dilipat saat tidak digunakan dan bisa dijadikan kolam mini di luar ruangan saat cuaca panas sehingga sangat menarik untuk dimiliki.

Tipe matras: Dapat digunakan di wastafel atau bak cuci

Tipe matras: Dapat digunakan di wastafel atau bak cuci

Bak mandi bayi tipe matras terbuat dari matras tahan air dengan desain yang membuatnya bisa digunakan di wastafel atau bak cuci. Bak mandi tipe matras ini mudah digunakan dan hemat tempat penyimpanan karena dapat dilipat setelah digunakan. Setelah periode memandikan bayi di bak mandi selesai, Anda bisa menggunakannya sebagai matras untuk membaringkan bayi, misalnya saat mengganti pakaian si kecil sehabis mandi.

Memandikan bayi dengan bak mandi tipe ini dapat mengurangi beban di pinggang Anda karena bisa digunakan di wastafel atau bak cuci dengan postur tubuh berdiri sehingga nyaman untuk Anda. Akan tetapi, harap berhati-hati saat memasangnya karena dapat menyebabkan kebocoran dan air meluber ke mana-mana jika tidak terpasang dengan benar.

Pilih tipe bak mandi yang mudah dipindah saat cuaca sedang dingin

Pilih tipe bak mandi yang mudah dipindah saat cuaca sedang dingin

Saat cuaca dingin, Anda perlu memperhatikan bayi Anda agar tidak kedinginan saat mandi. Meskipun Anda dapat mencegah udara dingin dengan menggunakan air hangat, bayi Anda tetap bisa kedinginan saat Anda hendak memakaikan bajunya di kamar atau ruangan lain.

Pada saat cuaca dingin, memandikan bayi Anda di dalam kamar atau ruang keluarga tentu lebih ideal karena Anda bisa segera memakaikan baju tanpa perlu waktu lama untuk memindahkan si kecil ke ruangan lain. Karena itu, lebih baik Anda menggunakan bak mandi tipe udara yang dapat dipindah-pindah dengan mudah.

Periksa kegunaan dan fungsi lainnya

Periksa kegunaan dan fungsi lainnya

Saat ini mulai banyak bak mandi bayi yang dilengkapi berbagai macam fitur tambahan untuk membuat Anda lebih nyaman saat memandikan bayi. Contohnya, ada yang memiliki fungsi pengatur sandaran yang dapat disesuaikan dengan sudut tubuh bayi sehingga lebih memudahkan untuk membersihkan tubuh bayi Anda. Lalu, ada juga yang memiliki fitur penopang tubuh bayi di bak mandi. Karena itu, cek terlebih dahulu apakah bak mandi pilihan Anda memiliki aspek-aspek fungsional lainnya.

Pertimbangkan juga opsi untuk menyewa bak mandi bayi

Pertimbangkan juga opsi untuk menyewa bak mandi bayi

Bak mandi bayi umumnya hanya dibutuhkan selama satu hingga dua bulan setelah kelahiran. Ada juga yang menggunakan bak mandi hingga sekitar tiga bulan, jadi bak mandi merupakan barang yang hanya digunakan saat bayi baru lahir. Oleh karena itu, pilihan untuk menyewa bak mandi bisa menjadi pertimbangan Anda.

Anda tidak perlu memikirkan tempat untuk menyimpan bak mandi bayi dan hanya perlu mengembalikannya setelah tidak dipakai lagi. Anda bisa mencoba bak mandi tipe standing yang memiliki stabilitas luar biasa tanpa perlu menyiapkan tempat penyimpanan khusus atau merasakan sensasi memandikan bayi dengan bak mandi tipe matras. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda saja.

10 Rekomendasi bak mandi terbaik untuk bayi

Kami telah menjelaskan tentang cara memilih bak mandi bayi kepada Anda. Berikutnya kami akan memberikan rekomendasi produk bak mandi bayi yang dapat Anda pilih. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Puku Baby Bath Tub

10. Puku Baby Bath Tub

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 220.000

Makin awet dengan bahan yang super kuat

Bila Anda mencari bak mandi dengan stabilitas baik, bahan yang kuat, dan berukuran besar, bak mandi ini pas untuk Anda. Terbuat dari bahan plastik polypropylene, membuat bak mandi ini kuat, tahan lama, dan tidak mudah rusak. Dengan begitu, Anda bisa menyimpannya di rumah untuk dipakai saat Anda memiliki tambahan anggota keluarga baru.

Bak mandi ini didesain dengan ukuran jumbo, yaitu memiliki panjang 75 cm. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan membuang air bekas mandinya karena pada sisi bawah bak terdapat tutup lubang yang dapat dibuka untuk membuang air bekas mandi dengan mudah.

9. Sugarbaby Deluxe Baby Bather

9. Sugarbaby Deluxe Baby Bather

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 123.500

Memiliki sandaran yang bisa diatur sesuai kenyamanan bayi

Bila Anda mencari bak mandi bayi yang dapat dilipat plus memiliki sandaran yang bisa diatur, produk bak mandi berbentuk kursi ini dapat menjadi pertimbangan Anda. Bak mandi bayi ini memiliki fitur pengaturan sandaran kursi sampai 3 tingkat sehingga dapat disesuaikan dengan kenyamanan bayi Anda.

Produk ini memiliki bantalan empuk yang melekat pada bather untuk membuat kepala bayi dapat bersandar dengan nyaman. Dari segi keamanan, produk ini dilengkapi soft mesh sling yang telah memenuhi standar keamanan Eropa. Selain itu, bak mandi ini dapat digunakan juga sebagai tempat duduk bayi Anda saat berjemur di pagi hari. Multifungsi!

8. QC Baby Bath Tub 8809

8. QC Baby Bath Tub 8809

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 200.000

Ukurannya besar, dapat dipakai lebih lama

Untuk Anda yang mencari bak mandi bayi berukuran besar, produk ini bisa dijadikan pilihan Anda. Bak mandi ini memiliki ukuran yang besar sehingga bayi Anda dapat bergerak lebih leluasa. Bentuk dan tipe bak mandi ini juga lebih terjamin stabilitasnya, kokoh, dan tidak mudah bergeser jika bayi Anda sudah mulai aktif bergerak.

Selain itu, bak mandi bayi ini juga sudah dilengkapi dengan tempat untuk meletakkan sabun dan sandaran tangan sehingga akan memudahkan Anda dalam memandikan bayi Anda. Saat bak ini sudah tidak digunakan lagi untuk memandikan bayi Anda, bak mandi ini dapat dijadikan sebagai kolam bermain anak.

7. Karibu Baby Foldable Bath Tub

7. Karibu Baby Foldable Bath Tub

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 470.000

Hemat tempat! Dapat diselipkan dan digantung dengan compact

Apakah Anda menginginkan bak mandi bayi yang mudah disimpan pada tempat yang sempit, tetapi tidak menyukai tipe bak mandi yang harus dipompa dulu sebelum digunakan? Bak mandi ini jawabannya. Bak mandi ini sangat praktis karena mudah dilipat dan dibuka kembali. Setelah digunakan, bak mandi ini bisa diselipkan atau digantung.

Tidak hanya itu, bak mandi ini juga dilengkapi dengan sensor air panas yang akan berwarna biru ketika suhu air mencapai 38 derajat. Soal keamanan pun tidak perlu Anda ragukan karena produk ini memiliki 4 kaki yang sudah dilengkapi dengan smart click auto lock sehingga dapat berdiri dengan stabil dan kokoh.

6. IKEA LÄTTSAM Baby Bath

6. IKEA LÄTTSAM Baby Bath

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 169.000

Bak mandi ekonomis dengan bahan plastik bebas BPA

Bak mandi bayi produksi IKEA ini dibuat dengan desain simpel yang dapat Anda gunakan dengan nyaman sehari-hari. Produk ini terbuat dari bahan plastik bebas BPA seperti yang terdapat pada botol bayi dan kotak makanan sehingga meski sering terkena air panas, akan tetap aman untuk bayi Anda.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan karet pelindung antislip pada kaki-kakinya sehingga tidak mudah tergelincir saat Anda gunakan. Jika dilihat dari segi harga, produk ini cukup terjangkau! Cocok untuk Anda yang menginginkan produk dengan bahan bebas BPA dan harga yang ekonomis.

5. Bestway Squeaky Clean Infaltable Baby Bath 51134

5. Bestway Squeaky Clean Infaltable Baby Bath 51134

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 120.000

Mandi lebih menyenangkan ditemani hewan-hewan lucu

Dalam paket bak mandi ini, tersedia 6 balon berbentuk hewan-hewan lucu, seperti gurita, katak, dan dinosaurus. Tentunya si kecil akan semakin bersemangat saat mandi dan bisa asyik memainkan balon-balon karakter tersebut selagi Anda membersihkan tubuhnya. Tidak hanya itu, bak mandi berbahan vinyl ini pun memiliki warna-warni cerah.

Produk ini cocok untuk Anda yang ingin membuat aktivitas memandikan bayi jadi lebih menyenangkan. Apalagi, terdapat termometer suhu berbentuk ikan lucu yang dapat Anda gunakan untuk mengukur suhu air hangat sebelum memandikan si kecil. Anda juga tidak perlu khawatir soal keamanan sebab sudah ada penahan yang akan menjaga bayi tidak merosot.

4. Richell Soft Baby Bath

4. Richell Soft Baby Bath

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 305.000

Adanya penahan di bagian tengah akan membuat bayi lebih aman dan nyaman

Bak mandi yang terbuat dari bahan vinyl ini sangat lembut dan memiliki lapisan yang tebal sehingga nyaman digunakan dan tidak mudah robek. Seperti bak mandi bayi tipe udara lainnya, produk ini mudah dibawa ke mana-mana karena bisa dilipat menjadi bentuk yang ringkas dan tidak makan banyak tempat saat disimpan.

Kemudian, hal yang membuat produk ini lebih spesial adalah adanya penahan di bagian tengah agar bayi Anda tidak tergelincir saat dimandikan. Produk ini cocok untuk Anda yang mengutamakan keamanan bayi dan kemudahan dalam penyimpanan. Selain itu, produk ini juga sudah dilengkapi dengan pompa angin, Anda tidak perlu membeli lagi secara terpisah.

3. Lotus Blooming Baby Bath

3. Lotus Blooming Baby Bath

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 195.000

Desain bunga matahari membuat bayi Anda semakin lucu saat mandi!

Anda mencari bak mandi bayi multifungsi dengan desain yang lucu? Bak mandi tipe matras ini dapat menjadi pertimbangan Anda. Produk ini dapat Anda gunakan dengan mudah di wastafel atau sink dengan ukuran apa saja. Anda juga dapat menggunakannya pada bathtub saat Anda mandi sekaligus memandikan bayi Anda.

Selain sebagai bak mandi, matras ini dapat Anda gunakan juga sebagai alas bermain atau untuk mengganti popok. Jika matras ini kotor, Anda dapat mencuci dan menjemurnya dengan mudah di bawah cahaya matahari. Bentuk bunga matahari berwarna-warni yang cantik tentu makin membuat Anda bersemangat saat memandikan bayi.

2. Aqua Scale 3 in 1 Baby Bath

2. Aqua Scale 3 in 1 Baby Bath

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.200.000

Bak mandi super canggih dengan fitur penimbang badan dan termometer suhu air

Kelebihan dari bak mandi bayi ini adalah adanya fitur canggih seperti termometer dan timbangan digital yang sudah tertanam di dalamnya. Bak mandi ini secara otomatis akan memonitor suhu air dalam bak mandi dan dapat digunakan sebagai timbangan badan yang dapat beroperasi di dalam air yang bergerak.

Teknologi terkini yang terdapat pada timbangan digitalnya dapat merekam berat badan si kecil secara otomatis sehingga memudahkan Anda untuk memantau pertumbuhan bayi Anda. Produk canggih ini cocok untuk Anda yang baru memiliki bayi dan ingin memantau perkembangan berat badan bayi Anda dengan cara yang praktis.

1. Summer Infant Easystore Comfort Tub

1. Summer Infant Easystore Comfort Tub

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 435.000

Memandikan bayi baru lahir lebih mudah dan nyaman dengan sandaran alas yang empuk

Bak mandi bayi ini didesain khusus untuk memudahkan Anda memandikan bayi sekaligus memberikan kenyamanan pada bayi Anda saat dimandikan. Bak mandi ini memiliki alas atau sandaran bantal empuk dengan kemiringan yang dapat direbahkan sehingga Anda tidak perlu menopang bayi Anda dengan lengan saat dimandikan.

Saat bayi Anda sudah agak besar, Anda dapat melepas alasnya agar ruang gerak si kecil semakin lega. Bak ini juga dapat dilipat sehingga praktis untuk disimpan dan dibawa bepergian. Produk ini adalah pilihan terbaik bagi Anda yang memiliki bayi baru lahir sampai dengan usia 1 tahun.

Baca juga rekomendasi bak mandi bayi lipat di sini

Selain beberapa tipe bak mandi yang sudah disebutkan, masih ada beberapa tipe lainnya, seperti bak mandi tipe lipat ini. Bagi Anda yang tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai bak mandi tipe lipat, silakan baca artikelnya di sini.

Baca juga rekomendasi saputangan bayi di sini

Saat memandikan bayi Anda, ada baiknya Anda juga menggunakan saputangan bayi untuk mengelap tubuh bayi Anda. Pada artikel di bawah ini, kami akan merekomendasikan saputangan bayi terbaik yang akan melengkapi kegiatan mandi bayi Anda. Baca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini sampai habis, bagaimana pendapat Anda? Pada artikel kali ini, kami sudah membahas tentang cara memilih bak mandi bayi dan merekomendasikan beberapa produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain kualitas, sesuaikan juga dengan budget yang Anda siapkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi untuk membeli bak mandi bayi yang terbaik bagi bayi Anda. Selamat memilih!