• 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Bak mandi bayi diperlukan untuk memandikan bayi yang baru lahir/newborn dan belum bisa duduk. Terdapat berbagai jenis bak mandi bayi, misalnya merek Sugar Baby, IKEA, dan Richell. Setiap produk memiliki karakteristik masing-masing. Ada yang bisa digunakan di wastafel dan ada juga bak mandi vinil yang bisa dilipat untuk bayi.

Kami akan memberikan tips untuk memilih bak mandi bayi secara detail. Kami akan menjelaskan poin-poin saat memilih bak mandi bayi seperti kemudahan penggunaan dan kemudahan penyimpanan. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi bak mandi bayi yang bagus sebagai bahan referensi.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 September 2022
Daftar isi

Apakah Anda perlu bak mandi untuk bayi?

Apakah Anda perlu bak mandi untuk bayi?

Sebulan pertama sejak kelahiran, daya tahan tubuh bayi sangatlah lemah. Akibatnya, bayi yang belum bisa duduk tidak bisa dimandikan di bak mandi orang dewasa. Selama periode tersebut, Anda harus memandikan bayi di bak mandi khusus untuk bayi. 


Ada beberapa keluarga yang tidak menggunakan bak mandi bayi karena memakan tempat penyimpanan dan periode penggunaannya singkat. Namun, kini ada banyak bak mandi untuk bayi yang compact dan tidak memakan tempat. Bahkan, beberapa bak mandi bisa tetap digunakan untuk bayi yang sudah besar dan bisa duduk sendiri. Baca ulasan ini sampai selesai untuk mengetahui daya tarik bak mandi bayi lainnya!

Cara memilih bak mandi untuk bayi

Berhubung terdapat beberapa jenis bak mandi bayi, tentunya Anda ingin memilih yang terbaik untuk si kecil, bukan? Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih bak mandi bayi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah tipe yang sesuai dengan gaya hidup Anda

Ada empat tipe bak mandi untuk bayi. Sesuaikan dengan gaya hidup Anda supaya Anda tidak perlu khawatir akan tempat penyimpanan dan cara penanganannya. 

Tipe floor standing: Stabil digunakan di mana saja

Tipe floor standing: Stabil digunakan di mana saja

Bak mandi tipe ini adalah bak mandi yang ada sejak dahulu. Tipe ini dapat menopang bayi Anda dengan baik dan lebih stabil saat sedang dimandikan. Anda bisa menggunakannya di mana saja, baik di lantai maupun di meja. Karena stabilitasnya yang baik, tipe ini bahkan sangat nyaman digunakan oleh orang tua baru. 


Sayangnya, tipe ini tidak compact sehingga sulit untuk disimpan di rumah dengan ruang penyimpanan yang terbatas. Namun, sekarang sudah ada produk berukuran mini yang bisa muat di wastafel. Hal ini bisa jadi pertimbangan untuk Anda. 

Tipe lipat: Tidak perlu khawatir akan masalah ruang penyimpanan

Tipe lipat: Tidak perlu khawatir akan masalah ruang penyimpanan

Tipe ini akan cukup besar untuk mandi bayi dan bisa dilipat saat disimpan. Beberapa produk memiliki ketebalan sekitar 10 cm, sangat memungkinkan untuk disimpan di belakang atau samping mesin cuci. Tipe ini cocok untuk rumah dengan area kamar mandi yang tidak terlalu besar.


Ada beberapa produk yang membutuhkan sedikit kekuatan untuk membuka lipatannya. Jadi, berhati-hatilah agar tidak melukai tangan Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang bak mandi bayi lipat, Anda bisa membacanya melalui artikel di bawah ini.

Tipe inflatable: Nyaman dibawa ke mana saja

Tipe inflatable: Nyaman dibawa ke mana saja

Tipe ini merupakan bak mandi bayi yang bisa digunakan dengan menggembungkannya. Bahannya lunak seperti pelampung sehingga tidak akan menyakiti tubuh bayi. Selain itu, tipe ini cukup compact dan ringan begitu Anda mengeluarkan udaranya. Alhasil, tipe ini cocok untuk dibawa berpergian.


Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, tipe ini baru bisa Anda gunakan jika Anda memasukkan udara ke dalamnya. Mengisi udaranya dengan menggunakan mulut pasti akan melelahkan. Jadi, pilihlah produk yang sudah sepaket dengan pompa udaranya.

Tipe matras: Dapat digunakan di wastafel atau bak cuci

Tipe matras: Dapat digunakan di wastafel atau bak cuci

Jika ruang penyimpanan Anda terbatas, pertimbangkanlah bak mandi bayi tipe matras. Tipe ini sangat ringkas dan mudah disimpan. Berbeda dari tipe lainnya, produk tipe ini biasanya memiliki desain lucu yang dapat digunakan di wastafel atau bak cuci. Salah satunya adalah bentuk bunga yang bisa Anda lihat di gambar di atas. Banyak orang juga menggunakannya sebagai alas tidur untuk sang bayi.


Tipe ini tersedia dalam berbagai bahan. Ada yang hadir dengan bantalan yang nyaman untuk bayi. Namun, Anda perlu mengeringkannya setelah digunakan karena air mudah menembus ke dalam. 


Ada pula yang terbuat dari bahan vinil dan memiliki daya tahan air yang tinggi. Jadi, Anda hanya perlu menyekanya dengan kain setelah digunakan. Tipe ini cocok untuk ibu-ibu yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk memandikan bayinya. Sayangnya, produk tipe ini tergolong langka di Indonesia.

Sesuaikan dengan periode penggunaan

Pada dasarnya, bak mandi bayi digunakan untuk bayi yang baru lahir. Namun, poin yang perlu diperhatikan dapat berubah jika Anda ingin menggunakan bak mandi bayi lebih lama.

Fitur antiselip, jika Anda hanya ingin menggunakannya untuk bayi yang baru lahir

Fitur antiselip, jika Anda hanya ingin menggunakannya untuk bayi yang baru lahir

Tubuh bayi yang baru lahir belum cukup kuat untuk menopang dirinya sendiri. Untuk itu, penting untuk menopangnya dengan tangan Anda saat memandikannya. Namun, Anda bisa memandikan bayi dengan lebih aman jika bak mandinya dilengkapi fungsi antiselip. Ada banyak produk tipe floor standing dan tipe udara yang memiliki fungsi antiselip. Jadi, bagi para ibu baru silakan pertimbangkan hal ini. 


Fungsi yang mendukung tubuh bayi meliputi hal-hal berikut :

  • Stopper untuk mencegah bayi tergelincir
  • Bantalan untuk meletakkan tubuh bayi

Walaupun memiliki fungsi-fungsi di atas, bukan berarti Anda dapat meletakkan bayi Anda begitu saja di bak mandi. Anda tetap harus menjaga dan menopang tubuh bayi dengan menggunakan tangan Anda saat memandikannya.

Model ember, tetap bisa dipakai setelah bayi dapat duduk sendiri

Model ember, tetap bisa dipakai setelah bayi dapat duduk sendiri

Bayi yang lehernya sudah cukup kuat dan bisa duduk sendiri biasanya senang berbalik dan berguling-guling. Sangat mungkin bayi akan banyak bergerak saat dimandikan. Untuk itu, kami sarankan model ember yang memungkinkan bayi berada dalam posisi duduk seperti pada gambar.


Sebagian besar model ember hadir dalam tipe floor standing dan tipe udara. Fiturnya memungkinkan bayi dapat duduk dengan nyaman. Bentuknya akan mendukung kepala si bayi dan menjaga poisisinya dengan baik. Anda pun dapat menggunakannya bahkan untuk bayi yang belum bisa duduk sendiri.

Pastikan produknya mudah digunakan

Beberapa bak mandi bayi telah dimodifikasi untuk membuatnya lebih mudah digunakan. Silakan Anda pilih yang mudah digunakan bahkan oleh ibu baru.

Mudah disiapkan, jadi lebih hemat waktu

Mudah disiapkan, jadi lebih hemat waktu

Untuk mengurangi beban waktu mandi yang sibuk, pilihlah bak mandi yang dapat dipersiapkan dengan mudah. Jika Anda dapat mempersiapkan bak mandi dengan cepat, Anda tidak perlu panik bahkan jika bayi Anda rewel. Khusus untuk tipe udara, mudah tidaknya proses pengisian udara adalah poin penting.

Sumbat di bawah, bak jadi lebih mudah dibersihkan

Sumbat di bawah, bak jadi lebih mudah dibersihkan

Baik tipe floor standing, tipe udara, maupun tipe lipat, Anda perlu memiringkan bak mandi setelah menggunakannya untuk mengalirkan air. Namun, Anda tidak perlu melakukan hal ini jika bak mandi dilengkapi sumbat di bagian bawah. Bak mandi pun jadi lebih mudah dibersihkan. Fungsi ini akan membantu ibu baru dan membuat kegiatan memandikan bayi menjadi sedikit lebih mudah.


Ketika bayi tumbuh lebih besar, jumlah air hangat yang digunakan pun makin banyak. Bak mandi dengan sumbat di bawah akan tetap praktis untuk digunakan bahkan setelah bayi bisa duduk sendiri.

10 Rekomendasi bak mandi terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bak mandi terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 25 September 2022:

Berdasarkan riset kami sebelumnya, Summer InfantFoldaway Baby Bath menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Sugar Baby Deluxe Baby Bather memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Sugar Baby Premium Baby Bather 1

Sugar Baby

2
UNISOH Portable Foldable Baby Bathtub 1

UNISOH

3
SUNXIN Bak Mandi Bayi + Soft Mattress 1

SUNXIN

4
YOMI Silicone Foldable Bathtub 1

YOMI

5
Puku Baby BathTub  1

Puku

6
Richell Soft Baby Bath 1

Richell

7
DOCTOR DOLPHIN Inflatable Baby Bathtub 1

DOCTOR DOLPHIN

8
Scoora Odin 2 in 1 Baby Bath  1

Scoora

9
IKEA LÄTTSAM 1

IKEA

10
Aqua Scale 3-in-1 Baby Bath 1

Aqua Scale

Nama produk

Premium Baby Bather

Portable Foldable Baby Bathtub

Bak Mandi Bayi + Soft Mattress

Silicone Foldable Bathtub

Baby BathTub

Soft Baby Bath

Inflatable Baby Bathtub

Odin 2 in 1 Baby Bath

LÄTTSAM

3-in-1 Baby Bath

Keunggulan

Memiliki sandaran yang bisa diatur sesuai kenyamanan bayi

Ada hiasan berupa huruf alfabet di sisi bak, lho!

Makin nyaman untuk bayi berkat matras empuk

Hemat tempat! Dapat diselipkan dan digantung dengan compact

Kian awet dengan bahan PP yang kuat

Cepat dan praktis, sudah satu set dengan pompa udara

Satu paket dengan mainan ikan untuk si kecil

Ada space khusus untuk meletakkan bayi, memudahkan para ibu baru

Bak mandi ekonomis dengan bahan plastik bebas BPA

Bak mandi super canggih dengan fitur penimbang badan dan termometer suhu air

Harga mulai dariRp 128.900,00Rp 399.000,00Rp 280.000,00Rp 320.000,00Rp 649.000,00Rp 320.000,00Rp 409.000,00Rp 299.000,00Rp 149.000,00Rp 840.000,00
TipeLipatLipatLipatLipatFloor standingUdaraUdaraFloor standingFloor standingFloor standing
Periode penggunaan0 bulan ke atas0 bulan ke atas0 bulan ke atas0 bulan ke atas0–3 tahun0–3 bulan0 bulan ke atas0 bulan ke atas0 bulan ke atas0–2 tahun
Fitur Bantalan kaki dan kepala, 3 posisi reclineTidak disebutkanBantalanTidak disebutkanHand grip, tempat sabun, sumbat di bawahStopper, sudah satu set dengan pompaStopperStopper dan space khusus untuk meletakkan bayiSlide protector pada bagian kaki dan soft anti-slipAnti-slip pad, timbangan digital, dan termometer
UkuranTidak disebutkan79 cm x 49 cm x 20 cm66 cm x 48,5 cm x 20 cm 80 cm x 49 cm x 21 cm85 cm x 50 cm x 31 cm87 cm x 53 cm x 29 cm70 cm x 45 cm x 20 cm89 cm x 52,5 cm x 22 cm71 cm x 43 cm x 24 cm81 cm x 51 cm x 30 cm
Tautan produk
10
TipeFloor standing
Periode penggunaan0–2 tahun
Fitur Anti-slip pad, timbangan digital, dan termometer
Ukuran81 cm x 51 cm x 30 cm
9
TipeFloor standing
Periode penggunaan0 bulan ke atas
Fitur Slide protector pada bagian kaki dan soft anti-slip
Ukuran71 cm x 43 cm x 24 cm
8
TipeFloor standing
Periode penggunaan0 bulan ke atas
Fitur Stopper dan space khusus untuk meletakkan bayi
Ukuran89 cm x 52,5 cm x 22 cm
7

DOCTOR DOLPHINInflatable Baby Bathtub

Mulai dari Rp 409.000,00

TipeUdara
Periode penggunaan0 bulan ke atas
Fitur Stopper
Ukuran70 cm x 45 cm x 20 cm
6
TipeUdara
Periode penggunaan0–3 bulan
Fitur Stopper, sudah satu set dengan pompa
Ukuran87 cm x 53 cm x 29 cm
5
TipeFloor standing
Periode penggunaan0–3 tahun
Fitur Hand grip, tempat sabun, sumbat di bawah
Ukuran85 cm x 50 cm x 31 cm
4
TipeLipat
Periode penggunaan0 bulan ke atas
Fitur Tidak disebutkan
Ukuran 80 cm x 49 cm x 21 cm
3

SUNXINBak Mandi Bayi + Soft Mattress

Y01

Mulai dari Rp 280.000,00

TipeLipat
Periode penggunaan0 bulan ke atas
Fitur Bantalan
Ukuran66 cm x 48,5 cm x 20 cm
2

UNISOHPortable Foldable Baby Bathtub

Mulai dari Rp 399.000,00

TipeLipat
Periode penggunaan0 bulan ke atas
Fitur Tidak disebutkan
Ukuran79 cm x 49 cm x 20 cm
1
TipeLipat
Periode penggunaan0 bulan ke atas
Fitur Bantalan kaki dan kepala, 3 posisi recline
UkuranTidak disebutkan

Pertimbangkan juga opsi untuk menyewa bak mandi bayi

Pertimbangkan juga opsi untuk menyewa bak mandi bayi

Jika Anda hanya akan menggunakan bak mandi bayi selama periode bayi baru lahir, coba pertimbangkan opsi menyewa. Bayi dapat dimandikan di bak mandi biasa setelah diizinkan dokter saat pemeriksaan kesehatan pada usia satu bulan. Jadi, setidaknya Anda akan menggunakan bak mandi bayi selama satu bulan. Nah, biaya sewa bak mandi sendiri sangat bervariasi tergantung modelnya, tetapi kisarannya sekitar 75.000 rupiah per bulan.

Baca juga rekomendasi produk perawatan bayi lainnya di sini

Saat memandikan bayi, tentu Anda perlu menyiapkan sabun mandi yang tepat dan aman untuk kulit bayi. Selain itu, memilih handuk yang tepat guna mengeringkan bayi setelah mandi juga sangat diperlukan. Terakhir, tak ketinggalan penggunaan baby lotion untuk menjaga kelembapan kulit bayi. Untuk itu, silakan baca artikel rekomendasi produk perawatan bayi lainnya di sini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini sampai habis, bagaimana pendapat Anda? Artikel ini telah membahas tentang cara memilih bak mandi bayi dan beberapa rekomendasi produknya. Setiap produk memiliki kualitas yang baik, mudah, dan aman untuk digunakan.


Namun, selain kualitas, sesuaikan juga dengan budget yang Anda siapkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi untuk membeli bak mandi bayi yang terbaik bagi bayi Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Artikel ini sudah ditinjau oleh bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perawatan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah merawat rambut. Namun, merawat rambut bayi tidak cukup dengan keramas teratur saja. Untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambutnya, bayi perlu memakai hair lotion khusus bayi.Ada beberapa merek hair lotion bayi yang bisa Anda pilih, seperti Tropee Bebe, Beauty Barn, atau Zwitsal. Nah, agar mendapatkan hair lotion bayi yang bagus, simaklah rekomendasi dari kami dan tips memilihnya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Kursi Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kursi Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Kursi mandi bayi atau baby bather akan memudahkan Anda ketika sedang memandikan bayi. Bayi pun dapat merasa lebih nyaman duduk di atasnya. Namun, Anda mungkin bingung memilih kursi mandi bayi yang bagus. Ada yang berupa tempat duduk, ada juga yang memungkinkan bayi untuk rebahan.Untuk membantu Anda, artikel ini akan membahas berbagai aspek penting dalam memilih kursi mandi bayi, salah satunya harga. Kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda pilih, seperti merek Pliko, Rotho, dan Sugarbaby. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori