1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像1枚目
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像2枚目
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像3枚目
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像4枚目
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像5枚目

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2023)

Perubahan kulit terlihat seiring bertambahnya usia, terutama bagi Anda yang berusia 50 tahun ke atas. Produk perawatan wajah seperti serum pun makin diperlukan. Serum berguna untuk menghilangkan flek hitam, menghilangkan kerutan dan garis halus, serta melembapkan kulit.

Kali ini kami akan membahas cara memilih serta memberikan rekomendasi produk serum wajah terbaik untuk orang tua usia 50-an. Banyak merek yang bagus untuk Anda pilih, mulai dari merek Ultima II, MS Glow, hingga Biokos. Ada juga produk dari Olay dan Pond's. Yuk, simak artikel ini untuk mendapatkan kulit yang awet muda!
08-31-2022更新
ガイド
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Tim editorial mybestのプロフィール
  • 本コンテンツはmybestが独自に制作しています。メーカー等から商品・サービスの無償提供を受けることや広告を出稿いただくこともありますが、メーカー等はコンテンツの内容やランキングの決定に一切関与していません。
  • 詳しくはmybest制作・運営ポリシーをご覧ください。
ランキングに掲載している商品は、hasil riset di berbagai sumber(13 Januari 2023時点)をもとにして順位付けをしています。

Karakteristik kulit pada usia 50-an

Karakteristik kulit pada usia 50-an
Pada usia 50-an berbagai masalah kulit serta tanda-tanda penuaan akan mengalami puncaknya. Kulit mengalami penuaan karena berbagai faktor internal dan eksternal yang mengurangi keremajaan kulit.

Faktor internal yang paling berpengaruh adalah hormon. Hormon estrogen wanita mulai menurun pada usia 50-an. Akibatnya, kulit menjadi mudah kering dan kehilangan kelembapan. Terdapat penurunan produksi jumlah minyak (sebum) dan pelembap (kolagen, hyaluronic acid, dan lainnya) di kulit.

Sementara itu, faktor eksternal yang paling agresif merusak kulit adalah sinar matahari atau ultraviolet (UV light). Radiasi sinar UV adalah penyebab utama kerusakan kulit, seperti flek hitam, keriput, garis halus, dan sebagainya.

Karena itu, pada usia 50-an, Anda perlu menggunakan serum wajah yang mampu melembapkan dan mengurangi keriput. Selain itu, serum juga sebaiknya dapat menyamarkan bintik hitam dan mengencangkan kulit. Penggunaan serum wajah akan sangat membantu untuk memperlambat dan mengurangi segala permasalahan kulit yang kian bertambah tadi.

Cara memilih serum wajah untuk usia 50-an

Mengingat permasalahan kulit kian bertambah, Anda perlu memilih serum yang tepat sesuai kebutuhan. Kebutuhan utama kulit usia 50-an adalah serum yang melembapkan, menyelesaikan masalah-masalah penuaan, serta minim iritasi.

① Pastikan serum mengandung bahan pelembap

Pastikan serum mengandung bahan pelembap
Pada perawatan kulit pada usia 50-an kandungan pelembap adalah hal terpenting. Kulit kering akan mempercepat penuaan dan menimbulkan permasalahan kulit. Untuk itu, Anda harus memperhatikan kandungan pelembap di dalam serum.

Di antara berbagai kandungan pelembap, ada bahan-bahan yang diproduksi secara alami oleh kulit. Bahan tersebut disebut sebagai natural moisturizing factors (NMF). NMF tidak hanya terdiri dari satu zat, melainkan kombinasi dari sekitar empat belas bahan yang membangun lapisan kulit. Berikut NMF yang sering terdapat dalam produk skincare:


  • Glycerin
  • Asam hyaluronik (hyaluronic acid, sodium hyaluronate)
  • Sodium PCA
  • Urea
  • Asam amino (betaine, glycine, dll.)
  • Peptides (pentapeptide, copper peptide, palmitoyl tripeptide-5, tripeptide-1, dll.)
  • Squalene

Selain NMF, pelembap yang dapat membantu memperbaiki lapisan kulit terluar (skin barrier) juga sangat dianjurkan. Bahan-bahan emollient yang menghaluskan dan mengenyalkan kulit juga dapat membantu. Berikut contohnya:

  • Asam lemak/fatty acids (linoleic acidalpha-linoleic acid, oleic acid)
  • Ceramides (ceramide NP, ceramide AP, dll.)
  • Kolagen (soluble collagen, hydrolyzed collagen, marine collagen)
  • Squalane
  • Pro-vitamin B5/panthenol
  • Emollient (butylene glycol, propylene glycol, propanediol, silikon, dll.)

② Pilih kandungan sesuai tanda-tanda penuaan kulit yang dihadapi

Masalah kulit yang sering dialami oleh wanita usia 50-an cukup banyak. Serum yang memiliki efek anti-aging bisa menjadi pilihan karena dapat menyelesaikan masalah penuaan kulit. Simak penjelasan tentang bahan-bahan anti-aging berikut ini.

Kandungan yang dapat mengencangkan kulit untuk kulit kendur dan berkeriput

Kandungan yang dapat mengencangkan kulit untuk kulit kendur dan berkeriput
Kulit kendur, berkeriput, dan bergaris halus adalah masalah penuaan paling umum. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba serum dengan kandungan anti-aging. Kandungan anti-aging yang paling terkenal adalah vitamin A (retinol). Bahan-bahan pelembap juga termasuk karena kulit yang lembap akan membantu menyamarkan tampilan kerutan. Berikut daftar bahan yang bagus untuk mengencangkan kulit:

  • Vitamin A (retinol, retinoid, retinoic acid, retinyl retinoate, dll.)
  • Bakuchiol
  • Vitamin E (tocopherol, tocopheryl acetate, alpha-tocopherol)
  • Bahan pelembap (hyaluronic acid, peptides, amino acids, dll.)

Kandungan pencerah kulit untuk kulit kusam dan bernoda hitam

Kandungan pencerah kulit untuk kulit kusam dan bernoda hitam

Flek dan noda hitam adalah masalah penuaan yang cukup mengganggu penampilan. Anda bisa mencoba bahan-bahan yang dapat mencerahkan kulit. Namun, efek mencerahkan bukan berarti menghilangkan bintik hitam Anda secara total. Efek tersebut lebih condong pada menghambat zat melanin penyebab hiperpigmentasi untuk muncul ke permukaan kulit. Berikut bahan-bahan pencerah kulit yang bagus:


  • Vitamin C (ascorbic acid, ethyl ascorbic acid, ascorbyl glucoside, dll.)
  • Arbutin (alpha-arbutin, beta-arbutin, dll.)
  • Azelaic acid
  • Vitamin B3 (niacinamide)
  • Ekstrak tumbuhan mulberry, bearberry, dan licorice

Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan bahan-bahan tabir surya. Hal ini karena penyebab utama noda hitam adalah radiasi sinar UV. Tabir surya sangat penting untuk mencegah munculnya noda-noda hitam yang baru. Berikut adalah contoh berbagai UV filter dalam serum:


  • Titanium dioxide
  • Zinc oxide
  • Ethylhexyl methoxycinnamate
  • Butyl methoxydibenzoylmethane, dll.

Kandungan yang dapat mengecilkan pori untuk kulit berpori besar

Kandungan yang dapat mengecilkan pori untuk kulit berpori besar
Sejauh ini, bahan yang sudah teruji efektif dapat merapatkan pori-pori tidak terlalu banyak, dua di antaranya adalah niacinamide dan retinol. Anda juga dapat mencoba bahan silikon. Silikon akan "mengisi" rongga pori Anda sehingga pori-pori akan tampak mengecil secara instan. Sayangnya, efek dari silikon tidak tahan lama. Berikut kami jelaskan contoh kandungannya secara lebih detail:

  • Vitamin B3 (niacinamide)
  • Vitamin A (retinol, retinoid, retinoic acid, retinyl retinoate, dll.)
  • Silikon (cyclopentasiloxane, cyclohexasiloxane, dimethicone, phenyl trimethicone, dll.)

Kandungan eksfoliator untuk kulit kasar dan bertekstur

Kandungan eksfoliator untuk kulit kasar dan bertekstur

Faktor usia membuat proses regenerasi kulit menjadi lebih lambat. Akibatnya, kulit terasa kasar dan bertekstur karena proses pergantian sel-sel kulit terlambat dari seharusnya. Maka dari itu, kulit perlu dibantu dengan bahan eksfoliator.


Eksfoliator akan meluruhkan lapisan kulit mati dan merangsang kulit Anda untuk memproduksi lapisan baru. Namun, tetap perhatikan frekuensi pemakaian, ya. Terlalu sering menggunakan eksfoliator akan membuat kulit mudah iritasi. Berikut contoh-contoh eksfoliator:


  • AHA (lactic acid, glycolic acid, mandelic acid, dll.)
  • PHA (lactobionic acid, gluconolactone)
  • Malic acid
  • Azelaic acid

③ Pertimbangkan produk yang potensi iritasinya rendah

Pertimbangkan produk yang potensi iritasinya rendah

Pada usia 50-an, banyak orang yang tiba-tiba memiliki kulit sensitif. Hal ini terjadi karena kulit mudah kering dan lapisan pelindungnya (skin barrier) mulai hilang. Kulit pun mudah mengalami iritasi. Ciri-ciri kulit yang teriritasi adalah pecah-pecah, gatal, atau kemerahan. Karena itu, pilihlah serum dengan potensi iritasi yang rendah.


Penyebab iritasi paling umum biasanya bahan pewangi (perfume/fragrance), alkohol (alcohol denat), dan pewarna. Cara termudah adalah memperhatikan adanya label hypoallergenic dan suitable for sensitive skin. Namun, label-label tersebut belum menjamin Anda pasti tidak akan mengalami iritasi. Maka dari itu, cobalah sampelnya terlebih dahulu dan lakukan tes alergi.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk usia 50-an

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum wajah terbaik untuk usia 50-an yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Baca juga rekomendasi skincare dan kosmetik lainnya untuk usia 50-an di sini

Penggunaan produk skincare lain seperti essence dan eye cream secara bersamaan dapat memberi Anda hasil yang lebih optimal. Selain itu, penting untuk menggunakan kosmetik sesuai usia Anda. Anda bisa mengetahui lebih lanjut tentang produk kosmetik untuk usia 50-an di sini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menentukan pilihan? Serum adalah produk skincare terefektif untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Pastikan Anda membeli serum sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.


Banyak masalah kulit yang sulit dihindari pada usia 50-an. Meskipun begitu, banyak cara agar kulit Anda tetap sehat dan terawat pada usia emas ini. Jangan lupa untuk gunakan serum Anda setiap hari serta menjalani hidup dalam kegembiraan. Sampai jumpa di artikel kami berikutnya!

記事で紹介した商品を購入すると、売上の一部がmybestに還元されることがあります。
各商品の紹介文は、メーカー・ECサイト等の内容を参照しております。

関連記事

  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Usia 30-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Usia 30-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    Berbeda dengan kondisi kulit di usia 20-an, memasuki usia 30-an kulit akan mengalami perubahan signifikan. Biasanya, kulit akan terasa lebih kering...
    Serum
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    Di usia 40-an kulit cenderung bermasalah dengan tanda penuaan, seperti garis halus, flek hitam, dan kulit kering. Untuk mengatasinya, Anda dapat me...
    Serum
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Treatment Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Treatment Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    Salah satu masalah kulit yang sering dialami adalah pori-pori besar dan komedo. Untuk membantu mengatasinya, Anda perlu menggunakan skincare sepert...
    Serum
  • 10 Serum Hyaluronic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Serum Hyaluronic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    Secara alami, hyaluronic acid dapat ditemukan pada tubuh manusia. Meski begitu, penting untuk tetap menambahkan serum hyaluronic acid dalam rutinit...
    Serum
  • 10 Rekomendasi Serum LANEIGE Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Serum LANEIGE Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Serum adalah produk perawatan kulit dalam bentuk cair yang diperkaya dengan bahan-bahan aktif. Tren penggunaan serum sebagai skincare datang dari K...
    Serum
  • 10 Serum Niacinamide Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)
    10 Serum Niacinamide Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)
    Kandungan niacinamide menjadi salah satu primadona yang banyak dipakai dalam produk skincare. Berbagai permasalahan kulit, seperti hiperpigmentasi,...
    Serum
  • 10 Serum Salicylic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Serum Salicylic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    Salicylic acid merupakan salah satu kandungan serum yang cocok untuk kulit berjerawat dan berminyak. Serum yang mengandung salicylic acid dipercaya...
    Serum
  • 10 Serum Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Serum Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    Saat beranjak remaja, beberapa masalah kulit bisa muncul, mulai dari jerawat, komedo, hingga kulit kering atau berminyak. Masalah ini bisa memengar...
    Serum
  • 10 Rekomendasi Serum SOMETHINC Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Serum SOMETHINC Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Menyandang julukan sebagai brand yang tak pernah tidur, SOMETHINC rajin me-launching produk baru setiap bulan! Bahkan, beberapa waktu yang lalu, SO...
    Serum
  • 10 Rekomendasi Serum Alpha Arbutin (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Serum Alpha Arbutin (Terbaru Tahun 2023)
    Tak kalah dari vitamin C dan niacinamide, alpha arbutin juga bisa mencerahkan kulit, lho! Alpha arbutin efektif dalam mencerahkan dan mengatasi war...
    Serum
  • 人気の記事

  • 10 Serum yang Mengandung Niacinamide Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Serum yang Mengandung Niacinamide Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    Serum dengan kandungan niacinamide memiliki daya pikat tersendiri. Niacinamide dianggap sebagai super ingredients yang mampu mengatasi berbagai mas...
    Serum
  • 10 Serum Salicylic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Serum Salicylic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    Salicylic acid merupakan salah satu kandungan serum yang cocok untuk kulit berjerawat dan berminyak. Serum yang mengandung salicylic acid dipercaya...
    Serum
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    Memilih serum yang cocok untuk kulit sensitif memang cukup tricky. Beberapa kandungan iritan perlu dihindari oleh pemilik kulit sensitif. Anda juga...
    Serum
  • 10 Rekomendasi Serum SOMETHINC Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Serum SOMETHINC Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Menyandang julukan sebagai brand yang tak pernah tidur, SOMETHINC rajin me-launching produk baru setiap bulan! Bahkan, beberapa waktu yang lalu, SO...
    Serum
  • 10 Rekomendasi Serum Alpha Arbutin (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Serum Alpha Arbutin (Terbaru Tahun 2023)
    Tak kalah dari vitamin C dan niacinamide, alpha arbutin juga bisa mencerahkan kulit, lho! Alpha arbutin efektif dalam mencerahkan dan mengatasi war...
    Serum
  • 10 Serum Centella Asiatica Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Serum Centella Asiatica Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    Centella asiatica dikenal dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan seperti jerawat dan penuaan dini. Salah satu produk skincare yang sering m...
    Serum
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Usia 20-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Usia 20-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    Usia 20-an merupakan saat yang tepat untuk merawat kulit, tidak hanya dengan toner dan lotion saja. Sangatlah penting melakukan perawatan kulit den...
    Serum
  • 10 Serum Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Serum Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    Saat beranjak remaja, beberapa masalah kulit bisa muncul, mulai dari jerawat, komedo, hingga kulit kering atau berminyak. Masalah ini bisa memengar...
    Serum
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
    Sebagian orang memiliki wajah dengan kulit kering. Kulit kering membutuhkan waktu dan perawatan yang lebih intens supaya kondisinya tetap sehat. Un...
    Serum
  • 10 Rekomendasi Serum LANEIGE Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Serum LANEIGE Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Serum adalah produk perawatan kulit dalam bentuk cair yang diperkaya dengan bahan-bahan aktif. Tren penggunaan serum sebagai skincare datang dari K...
    Serum
  • 人気のfavlist

    カテゴリから探す