mybest
Jasa

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Program & aplikasi
  3. Aplikasi
  4. 10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024)

Asuransi mobil di Indonesia belum menjadi opsi wajib bagi pemilik mobil di Indonesia. Meski demikian,  banyak negara yang mewajibkan memiliki asuransi mobil ketika membeli mobil. Dengan memiliki asuransi mobil yang bagus, Anda dapat terhindar dari kerugian finansial yang diakibatkan oleh berbagai risiko. Tabrakan, pencurian, dan banjir adalah beberapa contohnya.

Manfaat asuransi mobil lainnya adalah Anda akan merasa tenang saat berkendaraan. Jika terjadi kondisi darurat dan hal-hal yang tidak diinginkan, asuransi mobil akan menanggung biaya sesuai dengan polis yang berlaku. Pembuatan artikel ini bekerja sama dengan praktisi keuangan, Yayu Novianti, ME.
Diperbaharui 14/07/2023
Yayu Noviyanti, ME
Pakar
Praktisi Keuangan
Yayu Noviyanti, ME

Yayu Noviyanti, ME merupakan praktisi industri keuangan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Parahyangan dan Magister Ekonomi Universitas Padjadjaran Bandung. Selain berpengalaman sebagai analyst di Pasar Modal Indonesia serta Financial Teknologi, Yayu Noviyanti memiliki beberapa sertifikasi industri keuangan, seperti APERD, WPPE dan AAJI. Ia juga pernah mengikuti berbagai pelatihan di industri keuangan, salah satunya adalah Perencanaan Keuangan Syariah. Anda dapat menyapanya di Instagram untuk mengetahui lebih banyak mengenai dunia keuangan dan investasi.

Profil Yayu Noviyanti, ME
Lanjut membaca
Ervina Sari
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ervina Sari

Ervina Sari, biasa dipanggil Vina, menyukai berbagai hal mengenai makeup dan skincare semenjak SMA. Menurutnya, makeup sama seperti menggoreskan karya seni di wajah. Ketika kuliah, ia juga mengisi waktu luangnya dengan menjadi English interpreter dan student tutor. Ia pun hobi bereksperimen dengan berbagai masakan. Makanan lezat adalah bahan bakar terbaik untuk otak, bukan? Kini, Vina bekerja sebagai editor mybest sembari menikmati waktu bersama keluarganya tercinta. Sebagai lulusan fakultas ekonomi di bidang pemasaran, ia mampu merekomendasikan produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut juga ditunjang dengan pengalaman bekerja bertahun-tahun sebagai professional marketer.

Profil Ervina Sari
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Cara memilih asuransi mobil

Memilih asuransi mobil tidak boleh sembarangan agar proteksi mobil Anda optimal dan proses klaimnya mudah. Oleh karena itu, kami akan menjabarkan hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan berikut ini.

1

Pilih asuransi mobil dari perusahaan yang tepercaya

Pilih asuransi mobil dari perusahaan yang tepercaya
Sumber: gardaoto.com

Banyak cara untuk melihat kredibilitas perusahaan, salah satunya dengan memastikan legalitas perusahaan asuransi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan yang memiliki kredibilitas baik akan mempermudah nasabahnya mulai dari proses pengajuan hingga klaim nantinya. Dengan begitu, Anda akan merasa nyaman dalam mempercayakan proteksi mobil pada perusahaan tersebut.


Indikator lainnya untuk menilai kredibilitas perusahaan dengan melihat ulasan perusahaan tersebut. Penilaian pelanggan dapat menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Biasanya, perusahaan yang baik memiliki banyak nasabah, platformnya mudah digunakan, customer service yang responsif, serta memberikan kemudahan klaim.


Perusahaan asuransi saat ini juga banyak memberikan layanan online. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba platform online-nya dahulu sebelum memutuskan membeli asuransi mobil. Jangan ragu juga untuk bertanya kepada rekan atau kerabat yang menggunakan asuransi mobil.

2

Sesuaikan antara kebutuhan dengan kemampuan

Sesuaikan antara kebutuhan dengan kemampuan
Ada dua jenis pertanggungan untuk asuransi mobil, yaitu Total Loss Only (TLO) serta comprehensive (all risk). Berikut penjelasan singkatnya.

  • Asuransi TLO memberikan jaminan penggantian bila mobil hilang atau mengalami kerusakan yang nilainya lebih dari 75% dari nilai kendaraan.
  • Asuransi all risk memberikan jaminan perlindungan bagi mobil secara menyeluruh dari mulai kerusakan kecil hingga kehilangan kendaraan.

Perusahaan asuransi biasanya menetapkan syarat tertentu berdasarkan usia mobil untuk kedua jenis pertanggungan tersebut. Umumnya, untuk asuransi all risk, perusahaan asuransi menetapkan batas usia mobil 10 tahun, sementara untuk TLO sampai 15 tahun.

Ada banyak pilihan asuransi mobil, Anda tentu harus memilih premi yang sesuai dengan kemampuan. Karena itu, Anda harus membandingkan antara premi dengan manfaat dan layanan yang didapatkan. Premi asuransi all risk umumnya lebih mahal daripada asuransi TLO karena biaya pertanggungannya pun lebih besar.


Jangan mudah tergiur dengan asuransi yang preminya murah tanpa mengerti isi polisnya secara menyeluruh. Bisa jadi ketika dihadapkan pada kondisi darurat, Anda masih harus mengeluarkan biaya karena nilai pertanggungan yang tidak menyeluruh.

3

Pertimbangkan jaringan bengkel dan fasilitas layanan

Pertimbangkan jaringan bengkel dan fasilitas layanan
Perusahaan asuransi yang memiliki jaringan bengkel luas dapat menjadi  poin pertimbangan dalam memilih asuransi mobil. Jika terjadi kecelakaan dan mobil mengalami kerusakan, jaringan bengkel yang luas akan mempermudah proses klaim serta perbaikan mobil.

Selain itu, Anda juga akan mempunyai banyak pilihan untuk menentukan bengkel tempat memperbaiki mobil. Sebaiknya pilih yang lokasinya mudah dijangkau, merupakan bengkel resmi berlisensi, memiliki standar perawatan tinggi, serta menyediakan suku cadang asli.


Asuransi mobil yang dipilih sebaiknya memiliki fasilitas layanan lengkap. Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki layanan call center 24 jam. Dengan begitu, Anda bisa menghubungi dengan mudah dan cepat saat dihadapkan pada kondisi darurat. Pertimbangkan juga perusahaan asuransi yang mempunyai fasilitas mobil pengganti. Jadi, aktivitas Anda tidak akan terhambat akibat tidak adanya kendaraan.
4

Cek kemudahan dalam melakukan klaim

Cek kemudahan dalam melakukan klaim

Pada era digital seperti sekarang, ada banyak perusahaan asuransi mobil yang menawarkan kemudahan melakukan proses klaim. Anda dapat melakukan klaim melalui aplikasi yang disediakan. Anda cukup mengirimkan foto kendaraan serta kronologis kejadian. Kemudian, lakukan pengisian data dan pilih jadwal untuk melakukan perbaikan di bengkel pilihan Anda.


Sering kali agen asuransi juga tidak memberikan penjelasan secara rinci mengenai polis yang dipilih. Oleh karena itu, jangan ragu untuk banyak bertanya mengenai isi perjanjian polis agar Anda dapat memahami isinya dengan baik. Hal ini demi menghindari penolakan saat melakukan pengajuan klaim.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi asuransi mobil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh asuransi mobil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play Store dan App Store. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yayu Noviyanti, ME.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Zurich Asuransi Indonesia

Autocillin Asuransi Mobil

Zurich Asuransi Indonesia Autocillin Asuransi Mobil 1

Comprehensive Plus bantu lindungi mobil dari risiko lebih luas

2

Garda Oto

null Garda Oto 1

Manfaatkan layanan home survey agar klaim bisa lebih mudah

3

Asuransi Tugu Pratama Indonesia

Tdrive Car Insurance

Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tdrive Car Insurance 1

Manfaatkan kemudahan klaim Tdrive melalui banyak channel

4

Asuransi Sinar Mas

Simas Mobil Exclusive

Asuransi Sinar Mas Simas Mobil Exclusive 1

Melindungi pengemudi dan penumpangnya sekaligus

5

Mandiri AXA General Insurance

Asuransi Smart Drive

Mandiri AXA General Insurance Asuransi Smart Drive 1

Pilihan perluasan jaminan yang lengkap, berikan kenyamanan lebih

6

Asuransi Central Asia

Otomate

Asuransi Central Asia Otomate 1

Mobil sedang di bengkel? Tak masalah, manfaatkan saja fasilitas mobil pengganti!

7

Asuransi Allianz Utama Indonesia

Allianz Mobilku

Asuransi Allianz Utama Indonesia Allianz Mobilku 1

Kurangi kekhawatiran berkendara dengan Allianz Mobilku

8

Sompo Insurance Indonesia

Asuransi Kendaraan Bermotor Syariah

Sompo Insurance Indonesia Asuransi Kendaraan Bermotor Syariah 1

Asuransi kendaraan sesuai prinsip syariah

9

Asuransi Bina Dana Arta

ABDA Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi Bina Dana Arta ABDA Asuransi Kendaraan Bermotor 1

Lebih nyaman dan tenang dengan adanya Road Side Assistance

10

Tokio Marine

Asuransi Kendaraan Bermotor

Tokio Marine Asuransi Kendaraan Bermotor 1

Perlindungan dasar untuk kendaraan, bikin tenang di jalan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Zurich Asuransi IndonesiaAutocillin Asuransi Mobil

Autocillin Asuransi Mobil 1

Comprehensive Plus bantu lindungi mobil dari risiko lebih luas

Kelebihan:

  • Memiliki fitur New for Old, yakni mengganti dengan mobil baru jika terjadi kecelakaan dalam 6 bulan pertama masa pertanggungan

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan user experience yang kurang optimal saat menggunakan aplikasi


Asuransi mobil Autocilin merupakan produk asuransi mobil keluaran perusahaan asuransi Zurich. Asuransi ini menawarkan tiga pilihan perlindungan, yaitu TLO, Comprehensive, dan Comprehensive Plus. Hal yang berbeda adalah Comprehensive Plus yang memberikan tambahan perlindungan akibat bencana alam dan kerusuhan. Anda yang ingin perlindungan lebih luas patut mempertimbangkannya.


Asuransi ini juga menawarkan fasilitas klaim melalui aplikasi Autocilin Mobile Claim. Ada juga fitur tambahan, yaitu New for Old. Anda akan diberikan mobil baru jika Anda mengalami kecelakaan dalam 6 bulan pertama sejak dimulainya masa pertanggungan.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Garda Oto

Manfaatkan layanan home survey agar klaim bisa lebih mudah

Kelebihan:

  • Proses klaim bisa lebih mudah dilakukan dengan adanya home survey
  • Laporan klaim polis bisa dilakukan secara online

Kekurangan:

  • Layanan home care baru tersedia di beberapa kota saja, yakni Jakarta, Bogor, Bandung, dan Surabaya

Asuransi Garda Oto mengeluarkan dua jenis pertanggungan. Pertama adalah TLO yang memberikan biaya penggantian untuk kerusakan dan kehilangan mobil untuk biaya perbaikan lebih dari 75%. Pertanggungan lain adalah comprehensive yang menjamin partial loss dan total loss. Jadi, baik kerusakan ringan maupun kehilangan akibat pencurian akan mendapat jaminan kerugian.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan layanan home survey yang memungkinkan melakukan klaim di lokasi dan waktu sesuai permintaan Anda. Layanan ini baru tersedia di Jakarta, Bogor, Bandung, dan Surabaya. Fasilitas lain yang dapat dimanfaatkan adalah laporan klaim polis secara online melalui Garda Mobile Otocare.

No.3

Asuransi Tugu Pratama IndonesiaTdrive Car Insurance

Manfaatkan kemudahan klaim Tdrive melalui banyak channel

Kelebihan:

  • Proses klaim dapat dilakukan melalui banyak opsi yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan Anda


Kekurangan:

  • Pengguna masih mendapati beberapa bug dan error pada aplikasi


Asuransi Tdrive merupakan produk asuransi dari PT Tugu Insurance. Asuransi ini menawarkan perlindungan mobil dengan jaminan comprehensive ataupun total loss. Anda dapat pula melengkapinya dengan layanan perluasan atau fitur menarik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan premi mulai dari 33 ribu rupiah per bulan, Anda dapat menikmati layanan klaim asuransi secara mudah dan cepat melalui berbagai channel yang tersedia. Proses klaim dapat Anda pilih melalui Tdrive Apps yang dapat di-download melalui App Store dan Google Play. Ada juga Call TIA, call center 24 jam, atau klaim online melalui website.

No.4

Asuransi Sinar MasSimas Mobil Exclusive

Melindungi pengemudi dan penumpangnya sekaligus

Kelebihan:

  • Bebas biaya derek untuk wilayah Jabodetabek jika terjadi kecelakaan
  • Memberikan perlindungan kepada pengemudi dan penumpang hingga 4 orang

Kekurangan:

  • UI dan UX dari aplikasi dikeluhkan sebagian pengguna karena banyak error


Asuransi yang dikeluarkan oleh Asuransi Sinar Mas ini memberikan perlindungan secara lengkap. Jaminan yang diberikan mencakup kerugian karena kecelakaan hingga kebakaran. Asuransi ini juga memberikan perlindungan kepada pengemudi dan penumpang hingga empat orang. Anda yang sering bepergian dengan anggota keluarga jadi bisa lebih tenang.

Fasilitas lainnya adalah penggantian biaya transportasi sebesar Rp200.000,00 per hari dari hari ke-7 hingga ke-11 dihitung sejak hari pertama mobil masuk bengkel. Untuk wilayah Jabodetabek, Anda juga dapat menikmati bebas fasilitas derek jika terjadi kecelakaan. Untuk mempermudah proses klaim, Anda juga dapat menggunakan layanan aplikasi Asuransi Sinar Mas Online.

No.5

Mandiri AXA General InsuranceAsuransi Smart Drive

Pilihan perluasan jaminan yang lengkap, berikan kenyamanan lebih

Kelebihan:

  • Rider yang ditawarkan cukup lengkap untuk memberi kenyamanan lebih bagi pemegang polis


Kekurangan:

  • Belum tersedia aplikasi di Google Play dan App Store

Asuransi Smart Drive merupakan produk asuransi mobil yang dikeluarkan oleh PT Mandiri AXA General Insurance. Perluasan jaminan atau rider yang ditawarkan asuransi ini cukup lengkap. Biaya derek, kehilangan kunci mobil, penggantian biaya ambulans, serta penggantian biaya taksi selama mobil dalam masa perbaikan adalah beberapa contohnya. Asuransi ini bisa jadi partner terbaik Anda di jalanan!

No.6

Asuransi Central AsiaOtomate

Mobil sedang di bengkel? Tak masalah, manfaatkan saja fasilitas mobil pengganti!

Kelebihan:

  • Mobil pengganti diberikan hingga maksimal 5 hari jika mobil yang rusak belum selesai diperbaiki dalam 2 hari

Kekurangan:

  • Belum tersedia aplikasi di Google Play dan App Store untuk memudahkan proses klaim

Otomate merupakan salah satu produk asuransi dari asuransi ACA yang menawarkan berbagai fasilitas pelengkap. Salah satu layanan yang diberikan adalah fasilitas mobil pengganti. Fasilitas ini akan diberikan jika mobil nasabah mengalami kerusakan dan harus diperbaiki selama lebih dari 48 jam. Mobil pengganti akan diberikan hingga perbaikan selesai atau maksimum selama 5 x 24 jam.

Selain fasilitas mobil pengganti, ada juga layanan derek, perbaikan darurat, ambulans, dan lainnya. Asuransi ini juga mempermudah nasabah dengan layanan mobile claim yang melayani proses klaim langsung ke tempat nasabah selama hari kerja.

No.7

Asuransi Allianz Utama IndonesiaAllianz Mobilku

Kurangi kekhawatiran berkendara dengan Allianz Mobilku

Kelebihan:

  • Pengecekan progress perbaikan bisa melalui SMS, bahkan orang tua pun akan mudah mengeceknya


Kekurangan:

  • Area layanan masih terbatas, yakni seluruh pulau Jawa dan beberapa kota besar di Indonesia saja


Asuransi Allianz Mobilku merupakan produk asuransi yang dimiliki PT Asuransi Allianz Utama Indonesia. Terdapat tiga pilihan produk dalam Allianz Mobilku, yaitu Mobilku Eco, Mobilku Grand, serta Mobilku Non Package. Ketiga pilihan produk tersebut tersedia dalam pilihan jaminan dasar baik comprehensive maupun TLO. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Sementara itu, untuk proses klaim dapat diajukan melalui Allianz Care atau layanan service claim online. Anda juga dapat melakukan pengecekan untuk progress perbaikan kendaraan melalui layanan SMS ataupun website kapan saja.

No.8

Sompo Insurance IndonesiaAsuransi Kendaraan Bermotor Syariah

Asuransi kendaraan sesuai prinsip syariah

Kelebihan:

  • Klaim dapat dilakukan melalui layanan e-mail, telepon, Whatsapp, atau webchat selama 24 jam.


Kekurangan:

  • Proses klaim belum bisa dijangkau melalui aplikasi Google Play ataupun App Store

Produk asuransi syariah dari Sompo Insurance ini melindungi mobil Anda dari berbagai kerusakan dan kerugian. Kejadian kecelakaan, pencurian, ataupun tindakan kriminal lainnya akan diproses sesuai dengan prinsip syariah. Dalam asuransi syariah, dana yang digunakan untuk membayar klaim adalah dana tabarru dari hasil infaq seluruh peserta.

 
Asuransi Sompo ini memiliki beberapa keunggulan seperti dukungan. Ia memiliki lebih dari 600 bengkel mitra resmi di seluruh Indonesia serta memberikan bantuan darurat di Jabodetabek. Selain itu, ada tunjangan transportasi sebesar Rp150.000,00 selama maksimal 5 hari jika kendaraan Anda diperbaiki lebih dari 7 hari.

No.9

Asuransi Bina Dana ArtaABDA Asuransi Kendaraan Bermotor

Lebih nyaman dan tenang dengan adanya Road Side Assistance

Kelebihan:

  • Memiliki fasilitas lain yang helpful, misalnya layanan mobil derek, montir, pengisian atau penggantian aki, hingga layanan pengantaran BBM

Kekurangan:

  • Proses dan pengecekan progress klaim belum bisa dilakukan melalui Google Play dan App Store


Produk asuransi dari asuransi ABDA ini memiliki fasilitas Road Side Assistance. Fasilitas tersebut akan memberikan layanan bantuan 24 jam dengan lebih dari 250 rekanan bengkel di seluruh Indonesia.


Fasilitas lain yang diberikan adalah layanan mobil derek, montir, pengisian atau penggantian aki, hingga layanan pengantaran BBM. Anda yang mencari opsi asuransi mobil yang perlindungannya lebih lengkap bisa memilih produk ini.

No.10

Tokio MarineAsuransi Kendaraan Bermotor

Perlindungan dasar untuk kendaraan, bikin tenang di jalan

Kelebihan:

  • Penghitungan premi asuransi transparan sesuai tahun mobil dan rate premi


Kekurangan:

  • Tidak banyak manfaat tambahan yang tersedia

Asuransi mobil ini memberikan jaminan risiko kerugian dan kerusakan pada kendaraan akibat pencurian, kecelakaan, hingga tanggung jawab pihak ketiga. Terdapat dua pilihan perlindungan yang bisa dipilih, yaitu komprehensif dan kerugian total. Dengan adanya perlindungan dasar tersebut, Anda bisa merasa lebih tenang saat berada di jalan raya.

Baca juga rekomendasi produk perawatan eksterior mobil di sini

Setelah memberikan perlindungan terhadap risiko kehilangan atau kerusakan pada mobil, Anda juga harus merawat mobil secara tepat. Berikut kami sudah merangkum berbagai produk yang dapat Anda gunakan untuk membuat tampilan mobil tetap optimal. Simak, ya!

Kesimpulan

Sudahkah Anda mempunyai bayangan mengenai asuransi yang akan dipilih? Ingatlah untuk selalu mengecek legalitas perusahaan asuransi tersebut. Pahami juga bahwa asuransi mobil adalah proteksi yang memberikan jaminan perlindungan terhadap mobil Anda.


Asuransi bukan produk investasi, jadi jangan sampai Anda mengharapkan keuntungan dari pembayaran asuransi. Jaminan perlindungan akan diberikan jika pembayaran premi sesuai dengan perjanjian polis. Jadi, pastikan Anda selalu memahami polis asuransi demi kemudahan pengajuan klaim.

5 Rekomendasi Asuransi Mobil terbaik

No. 1: Zurich Asuransi IndonesiaAutocillin Asuransi Mobil

No. 2: Garda Oto

No. 3: Asuransi Tugu Pratama IndonesiaTdrive Car Insurance

No. 4: Asuransi Sinar MasSimas Mobil Exclusive

No. 5: Mandiri AXA General InsuranceAsuransi Smart Drive

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Program & aplikasi
  3. Aplikasi
  4. 10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.