mybest
Parfum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Parfum & fragrance
  4. 10 Rekomendasi Parfum Musk Terbaik
  • 10 Rekomendasi Parfum Musk Terbaik  1
  • 10 Rekomendasi Parfum Musk Terbaik  2
  • 10 Rekomendasi Parfum Musk Terbaik  3
  • 10 Rekomendasi Parfum Musk Terbaik  4
  • 10 Rekomendasi Parfum Musk Terbaik  5

10 Rekomendasi Parfum Musk Terbaik

Musk merupakan nada aroma yang umum dipakai dalam sebuah parfum. Jika membaca deskripsi dari sebuah parfum, aroma musk biasanya muncul sebagai aroma dasar (base note). Aroma ini dikategorikan sebagai aroma yang lembut, hangat, powdery, huggable, atau bahkan woody

Berikut ini, kami akan menjelaskan apa itu parfum musk dan seperti apa aroma musk yang cocok untuk Anda. Kami juga akan menjabarkan tips memilih parfum musk yang wanginya enak dan tahan lama. Lebih lanjut, ada rekomendasi parfum musk yang bagus dari berbagai merek, seperti The Body Shop, Mykonos, Bvlgari, dan lainnya.

Diperbaharui 26/10/2023
Ulil Maulida
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ulil Maulida

Ulil Maulida merupakan seorang culinary enthusiast. Menurutnya, makanan yang enak akan membuat orang bahagia secara instan. Hobi kulineran dan eksplorasi rasa membawanya untuk membangun brand roti dengan ragi alami bersama suaminya yang diberi nama “Rotibati”. Selain itu, dirinya juga memiliki ketertarikan terhadap fragrance atau dunia wewangian. Sama halnya seperti makanan, wewangian juga dapat membangkitkan mood lewat aroma yang dihirup indra penciuman.

Profil Ulil Maulida
Lanjut membaca

Daftar isi

Sekilas tentang parfum aroma musk

Sebelum memasuki tips memilih parfum musky, mari kita berkenalan lebih dalam mengenai parfum dengan aroma musk ini. Apa itu parfum musk? Dari mana asalnya? Kami telah membagi penjabarannya dalam beberapa poin agar Anda mudah membacanya.

Wangi musk itu seperti apa?

Wangi musk itu seperti apa?

Musk merupakan wangi animalic yang cukup complicated. Ada yang menggambarkannya sebagai aroma yang huggable, hangat, sensual, powdery, atau bahkan woody dan leathery.


Dalam susunan piramida aroma, parfum tersusun atas top notes (aroma teratas), middle notes (aroma tengah), dan base notes (aroma dasar). Nah, musk biasanya diandalkan sebagai fondasi alias aroma dasar dari sebuah parfum. Wangi musky biasanya bertahan lama di kulit dan makin lama aromanya akan makin enak.

Dari mana wangi musk berasal?

Dari mana wangi musk berasal?

Kata musk berasal dari moschus yang merujuk pada kelenjar di perut musk deer (rusa jantan tidak bertanduk). Musk deer hidup di pegunungan Himalaya, Tibet, Pakistan, Mongolia, dan pegunungan India. Kelenjar ini berfungsi sebagai feromon yang dapat menarik perhatian rusa betina. Tak heran jika wangi musky sering dikaitkan sebagai aroma yang seductive.


Singkatnya, musk deer harus diburu untuk diambil kelenjarnya demi mendapatkan aroma musk dalam pembuatan parfum. Namun, sejak 1979, perburuan musk deer dilarang karena dapat mengancam populasi hewan tersebut.


Berikutnya, muncul alternatif wangi musk yang berasal dari tumbuhan dan juga musk sintetik. Hal tersebut tentu lebih melegakan karena pembuatan parfum musk tidak melibatkan adanya perburuan binatang alias cruelty-free.

Cara memilih parfum musk

Sebelum memasuki review parfum musk yang wanginya enak, mari simak tips memilih di bawah ini. Tips ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan wangi musk yang sesuai selera Anda.

1

Ketahui tipe aroma yang cocok dengan wangi musk

Musky note biasanya dipadukan dengan "nada wangi" lainnya sehingga memunculkan aroma yang lebih kompleks dan unik. Berikut ini kami jabarkan beberapa aroma yang enak dikombinasikan dengan wangi musky.

Clean scent, menghadirkan kesan fresh dan bersih

Clean scent, menghadirkan kesan fresh dan bersih

Sesuai namanya, clean scent merupakan wangi yang menggambarkan nuansa bersih atau segar seperti habis mandi. Aroma ini biasanya didapat dari perpaduan aroma musk dengan aldehydes, citrus, aqua, pinus, mentimun,cotton, atau yang lainnya. 


Tergantung susunan aromanya, Anda dapat merasakan sensasi aroma sabun mandi atau nuansa powdery yang terkesan seperti bedak bayi. Ada juga parfum clean scent yang wanginya bak angin berempus maupun seperti bed linen yang habis di-laundry. Aroma ini perfect untuk berkegiatan sehari-hari, termasuk saat harus panas-panasan di siang hari.

Floral scent, wangi kalem dan mass pleasing

Floral scent, wangi kalem dan mass pleasing

Salah satu aroma yang paling mudah dipadukan dengan musk adalah aroma bunga. Wangi musk cocok dipadukan dengan aroma bunga berkelopak putih, seperti melati, lili, dan tuberose untuk menghadirkan nuansa elegan.


Selain itu, musk juga biasa dipadukan dengan aroma mawar, iris, violet, lavender, dan bunga berkarakter lembut lainnya. Perpaduan musky floral ini merupakan tipikal aroma parfum yang mudah disukai, terlebih di kalangan wanita.

Sweet scent, wangi manis yang sophisticated

Sweet scent, wangi manis yang sophisticated

Vanila, cokelat, dan karamel merupakan notes yang memiliki aroma manis. Notes tersebut juga biasa dipadukan dengan base note musk. Selain itu, amber, coconut, almond, dan tonka bean juga memiliki hint aroma manis sekaligus creamy yang sophisticatedKarakter aroma tersebut cocok untuk Anda "si cewek kue" alias penyuka parfum beraroma manis.

Spicy scent, wangi rempah yang hangat

Spicy scent, wangi rempah yang hangat

Golongan aroma rempah di antaranya adalah cardamom, cinnamon, star anis, cengkih, dan lainnya. Perpaduan spicy notes dan musk dapat menghadirkan nuansa wangi yang terkesan hangat.


Vanila juga sebetulnya termasuk dalam golongan rempah yang kental dengan aroma oriental. Aroma ini sangat pas dengan musky notes untuk menciptakan nuansa aroma yang lebih smooth.

Woody scent, berkesan dewasa dan misterius

Woody scent, berkesan dewasa dan misterius

Sandalwood, cedarwood, vetiver, oud, guaiac, dan patchouli termasuk dalam kelompok aroma kayu atau woody notesMusk dan woody notes kerap disandingkan sebagai base notes (aroma dasar) dari sebuah parfum. 


Parfum dengan aroma musky woody kerap di-market-kan sebagai parfum pria karena aromanya yang intens dan maskulin. Selain itu, parfum dengan aroma woody juga cocok untuk Anda yang ingin menonjolkan karakter dewasa, misterius, dan mahal.

2

Ketahui jenis parfum berdasarkan kandungan fragrance oil-nya

Ketahui jenis parfum berdasarkan kandungan fragrance oil-nya

Jenis parfum biasa dibedakan berdasarkan kandungan fragrance oil dalamnya. Kandungan tersebut turut memengaruhi ketahanan aroma parfum ketika disemprotkan. Berikut kami jabarkan beberapa jenis parfum berdasarkan kandungan fragrance oil-nya.


  • Extrait de parfum

Parfum ini memiliki kadar fragrance oil tertinggi, yakni mencapai 30%. Berkat kadar oil yang tinggi tersebut, extrait de parfum punya aroma yang lebih pekat dan teksturnya lebih oily di kulit. Longevity-nya pun cenderung lebih lama dibandingkan tipe parfum lainnya.


  •  Eau de parfum

EDP alias eau de parfum adalah tipe parfum yang setingkat di bawah extrait de parfum. Parfum ini memiliki konsentrasi oil 15–20% dan longevity-nya bisa bertahan 3 jam hingga seharian (tergantung merek). 


  • Eau de toilette

EDT atau eau de toilette memiliki konsentrasi fragrance oil di bawah EDP, yakni 5–15%. Aromanya pun lebih ringan sehingga cocok dipakai sehari-hari. 


  • Cologne dan body mist
Cologne dan body mist memiliki konsentrasi fragrance oil yang lebih sedikit dibanding EDT. Wanginya pun cepat pudar sehingga Anda perlu mengaplikasikannya kembali setelah beberapa saat. Tergantung mereknya, cologne dan body mist (terutama merek lokal) memiliki harga yang terjangkau dan isinya banyak.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Parfum Musk Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Parfum Musk terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 26 Oktober 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe
Top notes
Middle notes
Base notes
Pilihan ukuran
Acara/occassion yang disarankan
Gender yang disarankan
Usia yang disarankan
1

Griff Prima Abadi

Evangeline Eau de Parfum White Musk

Griff Prima Abadi Evangeline Eau de Parfum White Musk 1

Rp30.000

Lebih Murah

EDP terjangkau dengan aroma musky yang kalem, feminin, dan elegan

Eau de parfum

Pear, violet, almond

Rose, carnation, lily of the valley

Patchouli, vanilla, musky, moss

100 ml

Formal, semiformal, kasual

Wanita

Remaja, 20 tahunan

2

SAFF & Co.

OMNIA

SAFF & Co. OMNIA 1

Rp199.000

Menengah

Tonjolkan sisi lembut dan seksi saat kencan dengan pasangan

Extrait de parfum

Grapefruit, green notes

Rose, floral, iris

Woody, heliotrope, musk

30 ml

Formal, semi-formal, kasual

Wanita, unisex

20 tahunan, 30 tahunan, 40 tahunan, 50 tahunan

3

The Body Shop®

White Musk L'eau Fragrance Mist

The Body Shop® White Musk L'eau Fragrance Mist 1

Rp249.000

Menengah

Body mist yang wanginya lembut dan timeless

Body mist

White musk

Tidak diketahui

Tidak diketahui

100 ml

Formal, semiformal, kasual

Wanita

Remaja, 20 tahunan

4

The Body Shop®

Black Musk Fragrance Mist

The Body Shop® Black Musk Fragrance Mist 1

Rp249.000

Menengah

Body mist untuk Anda yang misterius

Body mist

Black musk, pear, bergamot, ylang-ylang, patchouli

Tidak diketahui

Tidak diketahui

100 ml

Formal, semi-formal

Uniseks

20-50 tahunan

5

Alchemist Fragrance

Pink Laundry

Alchemist Fragrance Pink Laundry 1

Rp229.000

Menengah

Wangi calming rose yang mengingatkan akan aroma bed linen hotel mahal

Eau de parfum

Clean aldehydes, chamomile, green notes

Jasmine, lily of the valley, rose

Musky notes, patchouli, sandalwood, powdery notes

50 ml

Formal, semi-formal, kasual

Wanita

Remaja, 20-30 tahunan

6

W.Dressroom

Dress Perfume No.97 April Cotton

W.Dressroom Dress Perfume No.97 April Cotton 1

Rp45.000

Agak Murah

Wangi lembut, soapy, dan powdery! Kembaran dengan parfumnya Jungkook BTS

Eau de cologne

Lime, bergamot, pear, anise, clove

Rose, violet, lily of the valley

Musk, amber, vanilla, honey

30 ml, 70 ml, 150 ml

Semiformal, kasual

Uniseks

Remaja, 20 tahunan

7

Mykonos

Baby Love

Mykonos  Baby Love 1

Rp129.000

Menengah

Wangi baby cologne yang lembut dan soapy

Eau de parfum

Violet, musk, rose

Violet, rose, peony

Violet, musk

50 ml, 100 ml

Semiformal, kasual

Uniseks

8

Bvlgari

Omnia Amethyste Eau de Toilette

Bvlgari Omnia Amethyste Eau de Toilette 1

Rp1.670.000

Lebih Mahal

Wangi lembut, anggun, dan powdery, kecintaan banyak wanita!

Eau de toilette

Pink grapefruit accord, green sap accord

Iris accord, rose absolute

Heliotrope accord, solar wood accord

65 ml, 100 ml

Formal, semiformal, kasual

Wanita

20 tahunan, 30 tahunan

9

Unke Naru

For Me

Unke Naru  For Me 1

Rp589.000

Agak Mahal

Parfum Nicholas Saputra yang aromanya kalem dan huggable

Eau de parfum

Apple blossom, cinnamon flower, styrax gum

Rose, cedarwood, Sambac jasmine

White musk, sandalwood, cashmere wood

100 ml

Formal, semiformal, kasual

Uniseks

20 tahunan, 30 tahunan

10

Carl & Claire

Dancing with My Shadow EDP

Carl & Claire  Dancing with My Shadow EDP 1

Rp279.000

Menengah

Aroma parfum wanita yang lembut, vintage, powdery, dan musky

Eau de parfum

Floral, fresh, herbaceous

Floral, oriental, rose

Ambery, balsamic, musky

30 ml

Formal, semiformal, kasual

Wanita

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Griff Prima AbadiEvangeline Eau de Parfum White Musk

Evangeline Eau de Parfum White Musk 1
Sumber: shopee.co.id
Evangeline Eau de Parfum White Musk 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp30.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp30.000
Lebih Murah

EDP terjangkau dengan aroma musky yang kalem, feminin, dan elegan

Jika Anda adalah penggemar parfum, tetapi ingin tetap hemat, Anda harus mencoba parfum yang satu ini. Parfum Evangeline dipatok dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan. Meski murah, parfum lokal ini punya kualitas yang baik dari segi ketahanan dan pilihan yang beragam.


Anda bisa memilih salah satu variannya, yaitu White Musk. Parfum ini memiliki aroma layaknya bedak yang segar dan kalem. Aromanya menggambarkan karakter wanita yang feminin dan elegan yang cocok dipakai untuk sekolah, bekerja, maupun santai di rumah. Parfum ini bisa dipakai oleh remaja hingga dewasa.

TipeEau de parfum
Top notesPear, violet, almond
Middle notesRose, carnation, lily of the valley
Base notesPatchouli, vanilla, musky, moss
Pilihan ukuran100 ml
Acara/occassion yang disarankanFormal, semiformal, kasual
Gender yang disarankanWanita
Usia yang disarankanRemaja, 20 tahunan
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SAFF & Co.OMNIA

Harga referensi
Rp199.000
Menengah

Tonjolkan sisi lembut dan seksi saat kencan dengan pasangan

Pencinta parfum wanita yang wanginya lembut dengan kesan feminin wajib mencoba parfum ini. OMNIA menghasilkan aroma yang feminin dari rose, iris, dan heliotrope. Selain itu, ada sedikit sensasi sensual dari musk dan segar dari grapefruitOMNIA adalah parfum yang cocok untuk dipakai sehari-hari atau saat dating dengan pasangan Anda.

TipeExtrait de parfum
Top notesGrapefruit, green notes
Middle notesRose, floral, iris
Base notesWoody, heliotrope, musk
Pilihan ukuran30 ml
Acara/occassion yang disarankanFormal, semi-formal, kasual
Gender yang disarankanWanita, unisex
Usia yang disarankan20 tahunan, 30 tahunan, 40 tahunan, 50 tahunan
View all
No.3

The Body Shop®White Musk L'eau Fragrance Mist

Harga referensi
Rp249.000
Menengah

Body mist yang wanginya lembut dan timeless

Varian White Musk dari The Body Shop memang sangat ikonis dan best seller. Selain White Musk original version, White Musk L'eau juga termasuk yang wanginya mass pleasing alias banyak digemari. White Musk L'eau Fragrance Mist memiliki perpaduan aroma musky, powdery, lembut, dan timelessHadir dalam kemasan 100 ml, body mist ini memberikan kesegaran sepanjang hari sehingga Anda tetap percaya diri seharian.

TipeBody mist
Top notesWhite musk
Middle notesTidak diketahui
Base notesTidak diketahui
Pilihan ukuran100 ml
Acara/occassion yang disarankanFormal, semiformal, kasual
Gender yang disarankanWanita
Usia yang disarankanRemaja, 20 tahunan
View all
No.4

The Body Shop®Black Musk Fragrance Mist

Harga referensi
Rp249.000
Menengah

Body mist untuk Anda yang misterius

Black Musk Fragrance Mist menghadirkan aroma dengan sentuhan modern dan elegan. Aroma musky parfum ini terkesan mewah, hangat, dan memikat. Aroma yang unik ini akan meningkatkan percaya diri dan memberikan kesan berkelas bagi penggunanya.


Body mist ini disarankan bagi Anda yang menyukai aroma spicy, tetapi tidak berlebihan. Dengan penyemprotan ringan, harumnya tetap tahan lama, menciptakan kesan menggoda dan elegan dalam berbagai kesempatan. Parfum ini cocok digunakan pada malam hari atau acara resmi.

TipeBody mist
Top notesBlack musk, pear, bergamot, ylang-ylang, patchouli
Middle notesTidak diketahui
Base notesTidak diketahui
Pilihan ukuran100 ml
Acara/occassion yang disarankanFormal, semi-formal
Gender yang disarankanUniseks
Usia yang disarankan20-50 tahunan
View all
No.5

Alchemist FragrancePink Laundry

Harga referensi
Rp229.000
Menengah

Wangi calming rose yang mengingatkan akan aroma bed linen hotel mahal

Alchemist Fragrance merupakan sister brand dari beauty brand lokal, Rollover Reaction. Salah satu parfum terlarisnya adalah Pink Laundry ini. Wangi parfum ini disebut-sebut mirip dengan Maison Martin Margiela Replica Lazy Sunday Morning oleh para fragrance enthusiast. Aromanya calming, fresh, dan feminin dengan sentuhan rosy dan musky.


Alchemist Fragrance mendeskripsikan wangi parfum ini sebagai wangi clean yang mewah sekaligus cozy. Bayangkan saja Anda sedang berbaring di bed linen sebuah boutique hotel berkelas. Parfum lokal ini juga sempat menyabet Best Local Fragrance pada ajang Female Daily Best of Beauty Awards 2022, lho!

TipeEau de parfum
Top notesClean aldehydes, chamomile, green notes
Middle notesJasmine, lily of the valley, rose
Base notesMusky notes, patchouli, sandalwood, powdery notes
Pilihan ukuran50 ml
Acara/occassion yang disarankanFormal, semi-formal, kasual
Gender yang disarankanWanita
Usia yang disarankanRemaja, 20-30 tahunan
View all
No.6

W.DressroomDress Perfume No.97 April Cotton

Harga referensi
Rp45.000
Agak Murah

Wangi lembut, soapy, dan powdery! Kembaran dengan parfumnya Jungkook BTS

Parfum ini sempat menghebohkan penggemar BTS karena Jungkook BTS pernah terlihat membawanya. Memang, karakter wangi parfum yang disukai Jungkook adalah yang wanginya lembut, soapy, powdery, atau seperti wangi bayi. Jika ingin merasakan seperti apa wangi parfum yang dipakai Jungkook, silakan check out parfum ini dari keranjang belanja Anda.

TipeEau de cologne
Top notesLime, bergamot, pear, anise, clove
Middle notesRose, violet, lily of the valley
Base notesMusk, amber, vanilla, honey
Pilihan ukuran30 ml, 70 ml, 150 ml
Acara/occassion yang disarankanSemiformal, kasual
Gender yang disarankanUniseks
Usia yang disarankanRemaja, 20 tahunan
View all
No.7

Mykonos Baby Love

Harga referensi
Rp129.000
Menengah

Wangi baby cologne yang lembut dan soapy

Aroma parfum yang terlalu loud bisa jadi membuat Anda pusing dan kurang nyaman untuk dipakai ke sekolah. Jika demikian, pertimbangkan parfum lokal Mykonos Baby Love. Didominasi note bunga violet dan musk, parfum ini punya wangi kalem khas baby cologne. Beberapa pencinta parfum ini ada juga yang mengatakan wanginya mirip sabun mandi yang lembut dan segar.

TipeEau de parfum
Top notesViolet, musk, rose
Middle notesViolet, rose, peony
Base notesViolet, musk
Pilihan ukuran50 ml, 100 ml
Acara/occassion yang disarankanSemiformal, kasual
Gender yang disarankanUniseks
Usia yang disarankan
View all
No.8

BvlgariOmnia Amethyste Eau de Toilette

Harga referensi
Rp1.670.000
Lebih Mahal

Wangi lembut, anggun, dan powdery, kecintaan banyak wanita!

Parfum elegan ini termasuk dalam jajaran parfum terlaris di seri Omnia. Beauty influencer Rachel Goddard merupakan salah satu pencinta parfum yang memfavoritkan parfum ini. Saking lembutnya, wangi parfum ini diibaratkan sebagai wangi perempuan baik-baik. 


Jika Anda menyukai parfum floral yang lembut, powdery, musky, elegan, dan wanginya enak untuk segala aktivitas, parfum inilah jawabannya. Sudah terbayang wanginya seperti apa?

TipeEau de toilette
Top notesPink grapefruit accord, green sap accord
Middle notesIris accord, rose absolute
Base notesHeliotrope accord, solar wood accord
Pilihan ukuran65 ml, 100 ml
Acara/occassion yang disarankanFormal, semiformal, kasual
Gender yang disarankanWanita
Usia yang disarankan20 tahunan, 30 tahunan
View all
No.9

Unke Naru For Me

Harga referensi
Rp589.000
Agak Mahal

Parfum Nicholas Saputra yang aromanya kalem dan huggable

Pasar parfum lokal makin riuh dengan hadirnya parfum besutan Nicholas Saputra, Unke Naru. For Me merupakan salah satu dari empat varian wangi yang dikeluarkan brand parfum lokal Unke Naru. For Me memiliki aroma woody yang lembut, vintage, serta berkesan clean dan powdery


Bayangkan Anda berada di sebuah rumah kayu, sedang selimutan sambil membaca buku. Sementara itu, di luar rumah tersebut terdapat ilalang menguning yang tertiup angin. Rasanya sangat calming, comforting, dan cocooning, bukan?

TipeEau de parfum
Top notesApple blossom, cinnamon flower, styrax gum
Middle notesRose, cedarwood, Sambac jasmine
Base notesWhite musk, sandalwood, cashmere wood
Pilihan ukuran100 ml
Acara/occassion yang disarankanFormal, semiformal, kasual
Gender yang disarankanUniseks
Usia yang disarankan20 tahunan, 30 tahunan
View all
No.10

Carl & Claire Dancing with My Shadow EDP

Harga referensi
Rp279.000
Menengah

Aroma parfum wanita yang lembut, vintage, powdery, dan musky

Jika Anda adalah penyuka parfum floral yang vintage, powdery, musky, dan aromanya "tidak berisik", cobalah Dancing with My Shadow. Varian ini merupakan hasil reformulasi dari varian sebelumnya, yakni Musk. Pada varian teranyar ini, formulasinya dikatakan lebih smooth dan tahan lama. 


Beberapa reviewer mengatakan bahwa aromanya mengingatkan pada The Body Shop White Musk. Bagi para fans berat parfum beraroma musk, cek parfum lokal untuk wanita yang satu ini!

TipeEau de parfum
Top notesFloral, fresh, herbaceous
Middle notesFloral, oriental, rose
Base notesAmbery, balsamic, musky
Pilihan ukuran30 ml
Acara/occassion yang disarankanFormal, semiformal, kasual
Gender yang disarankanWanita
Usia yang disarankan
View all

5 Rekomendasi Parfum Musk terbaik

No. 1: Griff Prima AbadiEvangeline Eau de Parfum White Musk

No. 2: SAFF & Co.OMNIA

No. 3: The Body Shop®White Musk L'eau Fragrance Mist

No. 4: The Body Shop®Black Musk Fragrance Mist

No. 5: Alchemist FragrancePink Laundry

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Parfum & fragrance
  4. 10 Rekomendasi Parfum Musk Terbaik

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.