mybest
Handphone

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Handphone & tablet
  3. Handphone
  4. 10 Rekomendasi HP 5G Terbaik [Ditinjau oleh Tech Enthusiast]
  • 10 Rekomendasi HP 5G Terbaik  [Ditinjau oleh Tech Enthusiast] 1
  • 10 Rekomendasi HP 5G Terbaik  [Ditinjau oleh Tech Enthusiast] 2
  • 10 Rekomendasi HP 5G Terbaik  [Ditinjau oleh Tech Enthusiast] 3
  • 10 Rekomendasi HP 5G Terbaik  [Ditinjau oleh Tech Enthusiast] 4
  • 10 Rekomendasi HP 5G Terbaik  [Ditinjau oleh Tech Enthusiast] 5

10 Rekomendasi HP 5G Terbaik [Ditinjau oleh Tech Enthusiast]

Sejak tahun 2021, jaringan 5G sudah hadir di Indonesia. Oleh karena itu, sudah saatnya Anda beralih menggunakan handphone yang mendukung jaringan 5G. Dengan HP ini, Anda bisa menikmati berbagai keuntungan yang ditawarkan, seperti koneksi yang cepat dan bebas delay.

Apabila Anda sedang bingung memilih HP 5G yang bagus, kami dan tech enthusiast, Deddy Huang, telah menyiapkan tips memilihnya di sini. Tersedia juga rekomendasi merek HP 5G terbaik dan populer, seperti Xiaomi, vivo, Samsung, hingga iPhone. Yuk, baca dan temukan HP 5G yang paling pas untuk Anda!

Diperbaharui 29/08/2023
Deddy Huang
Pakar
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Deddy Huang adalah seorang spesialis digital marketing yang berpengalaman menangani content marketing lebih dari 10 tahun. Selain itu, ia juga seorang commercial food photographer untuk kebutuhan foto menu dan produk serta seorang travel blogger. Deddy juga menyukai hal-hal yang berkaitan dengan gadget sehingga membuatnya menjadi seorang tech enthusiast. Sebagai tech enthusiast, ia berbagi ulasan seputar gadget melalui blog dan Instagram-nya.

Profil Deddy Huang
Lanjut membaca
Dominiko Dhany
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dominiko Dhany

Sejak 2020, Dominiko menikmati berkarya di mybest sambil menyortir barang unik yang layak masuk keranjang belanjanya. Petualangan bersama mybest membawanya menjelajah bermacam kategori produk, dari komputer, olahraga, outdoor gear, otomotif, hingga elektronik rumah tangga. Pengalaman itu menjadi catatan manis dalam kariernya di bidang content creation selama 8 tahun. Ia bahkan tak mengira kalau berkontribusi di mybest memberinya pengetahuan soal skincare dan alat musik. Mungkin fashion atau bumbu masak akan menjadi pelabuhan berikutnya? Siapa tahu!

Profil Dominiko Dhany
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa kelebihan HP 5G?

Apa kelebihan HP 5G?

Dilansir dari Kominfo, jaringan seluler 5G di Indonesia sudah bisa digunakan mulai tanggal 24 Maret 2021. Sinyal 5G memiliki koneksi internet dengan kecepatan mencapai dua puluh kali lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya. Tak hanya itu, sinyal 5G memiliki berbagai macam kelebihan lainnya.


Berikut adalah beberapa keunggulan jaringan seluler 5G:

  • Koneksi internet supercepat hingga 10 Gbps dan koneksi unduh hingga 20 Gbps.
  • Kecepatan transmisi yang baik dengan delay sekitar 4-5 milidetik saja.
  • Jaringannya lebih luas dan bisa beradaptasi dengan berbagai perangkat.
  • Lebih hemat energi hingga 10%.
  • Kapasitas jaringannya lebih banyak dan lebih stabil.

Keunggulan di atas dapat dirasakan jika Anda berada di kota-kota besar di Indonesia atau sedang travelling ke luar negeri. Kota yang sudah ter-cover jaringan 5G antara lain Jabodetabek, Bandung, Surakarta, Surabaya, Padang, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan. Maka dari itu, jika daerah Anda belum terjangkau sinyal 5G, menggunakan teknologi 4G saja sudah cukup.

Cara memilih HP 5G

Setelah mengetahui keunggulan dari jaringan 5G, Anda jadi makin tertarik untuk memiliki HP 5G, bukan? Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan kami di bawah ini.

1

Tak perlu pusing dengan chipset, HP 5G umumnya menggunakan chipset yang mumpuni untuk penggunaan sehari-hari

Tak perlu pusing dengan chipset, HP 5G umumnya menggunakan chipset yang mumpuni untuk penggunaan sehari-hari
Sumber: i.mediatek.com

Biasanya salah satu cara untuk memilih handphone adalah dengan mempertimbangkan chipset yang digunakan. Namun, dalam memilih handphone 5G, Anda tidak perlu terlalu pusing dalam memilih chipset. Pasalnya, chipset yang digunakan untuk HP 5G biasanya sudah mumpuni untuk penggunaan sehari-hari, baik untuk membuat konten maupun gaming.


Bagi Anda yang biasa membuat konten menggunakan HP, Anda bisa memilih HP dengan chipset MediaTek Helio atau Snapdragon seri 6. Chipset dengan seri ini memiliki kemampuan yang mumpuni untuk editing. Untuk gaming, Anda bisa mempertimbangkan chipset MediaTek Dimensity. Dengan kualitasnya, MediaTek Dimensity mampu menjalankan game populer, seperti Mobile Legends: Bang Bang, PUBG, dan Genshin Impact.


Di sisi lain, Anda masih perlu memperhatikan kapasitas RAM-nya. Agar bisa bermain game ataupun multitasking dengan lebih lancar, pilihlah RAM berkapasitas 6 GB ke atas. Dengan begitu, HP Anda tidak akan sering mengalami lag.

2

Pertimbangkan baterai berkapasitas 5.000 mAh ke atas dan rating IP68 bila Anda aktif di luar

Ketika menggunakan HP 5G, pastinya Anda ingin memaksimalkan keunggulan jaringannya. Untuk itu, pastikan kapasitas baterainya besar dan memiliki ketahanan yang kuat.

Baterai 5.000 mAh, tahan digunakan seharian

Baterai 5.000 mAh, tahan digunakan seharian

Bila Anda biasa menggunakan handphone untuk kebutuhan sehari-hari, sebaiknya Anda pilih handphone dengan kapasitas baterai yang besar. Baterai dengan kapasitas 5.000 mAh umumnya bisa bertahan selama 16 jam. Hal ini tentu sangat penting bagi Anda terutama yang sering di lapangan dan jauh dari sumber listrik. Selain itu, pertimbangkan fitur fast charging agar tidak perlu menunggu lama saat mengisi ulang daya. Pilihlah charger dengan daya 33 watt ke atas.

Rating IP68, tahan air dan debu

Rating IP68, tahan air dan debu

Handphone dengan sertifikasi IP68 memiliki kualitas yang baik untuk menahan debu dan air. Angka 6 berarti handphone tersebut memiliki kualitas dust-proof yang sudah sangat baik tanpa cover ataupun casing tambahan. Sedangkan, angka 8 menunjukkan kualitas waterproof-nya, yaitu tahan di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. 


Dengan ketahanan yang kuat, Anda tidak perlu ragu membuat konten di tengah kota atau pun di tengah hujan. Namun, pastikan handphone Anda tidak serta merta dibawa ke air begitu saja, mengingat ada batasan kualitas waterproof-nya. Ingin tahu lebih banyak tentang HP tahan air? Artikel di bawah ini punya ulasan lengkapnya.

3

Agar memuaskan sebagai sarana hiburan, utamakan HP dengan layar Full HD ke atas dan speaker stereo

Dengan kualitas koneksi internet yang sangat cepat dan anti-buffering, menonton film atau series menjadi lebih nyaman. Untuk memaksimalkan kenyamanan Anda, pastikan handphone-nya memiliki kualitas layar Full HD ke atas dan speaker stereo.

Resolusi FHD, menampilkan warna yang memanjakan mata

Resolusi FHD, menampilkan warna yang memanjakan mata

Syarat utama untuk memaksimalkan kenyamanan kebutuhan entertainment Anda adalah kualitas layarnya. Pilihlah layar tipe IPS (In Plane Switching) dengan kualitas layar Full HD. Layar panel IPS memiliki kontras yang lebih baik untuk mempertajam tampilan warna. 

Deddy Huang
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Anda juga dapat mempertimbangkan layar AMOLED untuk tampilan lebih tajam. Namun, layar AMOLED membuat baterai cepat habis dan memiliki risiko dead pixel atau sub-pixel yang mati. Dead pixel kemungkinan muncul karena cacat produk ketika manufaktur atau akibat tekanan terlalu keras saat menyimpan HP di dalam celana. Hal ini juga dapat terjadi karena usia HP yang sudah lama.


Untuk meminimalkan risiko ini, hindari menekan layar terlalu kuat. Hindari pula paparan panas yang berlebihan, misalnya di bawah sinar matahari secara langsung. Gunakan tingkat kecerahan layar yang wajar. Selain itu, hindari menggosok layar dengan benda tajam. 

Speaker stereo, menghadirkan audio yang memanjakan telinga

Speaker stereo, menghadirkan audio yang memanjakan telinga

Untuk memaksimalkan kualitas audio gadget Anda, sebaiknya pilihlah handphone dengan speaker stereo. Berbeda dengan mono, speaker stereo memiliki dua saluran di bagian kiri dan kanan. Hal ini menyebabkan suara terdengar lebih detail dan jelas. Pembagian saluran ini dapat meningkatkan pengalaman gaming, menonton, dan mendengarkan musik.

4

Gunakan kamera dengan ragam fitur fotografi agar kualitas foto meningkat serta kapasitas ROM minimal 128 GB untuk penyimpanan lebih optimal

Terakhir, untuk memaksimalkan aktivitas berkonten Anda, sebaiknya pilih HP dengan ragam fitur kamera yang didukung dengan kapasitas penyimpanan besar. Simak penjelasannya berikut ini.

Kamera ultrawide dan OIS, hasil foto lebih cantik dan stabil

Kamera ultrawide dan OIS, hasil foto lebih cantik dan stabil

Utamakanlah fitur kamera ultrawide jika Anda gemar fotografi. Fitur ini membuat tangkapan kamera menjadi lebih luas sehingga lebih banyak objek yang bisa difoto. Dengan begini, foto landscape menjadi lebih indah. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan fitur OIS atau image stabilizer untuk hasil foto yang lebih stabil.


Anda juga bisa mengunjungi artikel berikut ini untuk mendapatkan rekomendasi HP dengan kamera terbaik.

Deddy Huang
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Setiap merek HP memiliki kamera dengan karakteristik tersendiri. Jika Anda ingin tone lebih halus, pertimbangkan HP Samsung. Kalau ingin kontras yang tajam, HP OPPO, vivo, dan realme dapat dipertimbangkan. Jika ingin hasil natural, pertimbangkan HP ASUS dan Google Pixel.

ROM 128 GB, cukup untuk Anda yang rajin backup data

ROM 128 GB, cukup untuk Anda yang rajin backup data

Kamera yang bagus perlu didukung dengan memori penyimpanan yang besar. Jika Anda sering mengambil foto atau video di setiap momen, pilihlah HP dengan storage 256 GB. Namun, jika Anda rajin untuk back-up data, 128 GB sudah cukup. Sebagai alternatif, Anda bisa mempertimbangkan HP dengan slot microSD. Namun, pastikan slotnya tidak menimpa slot kartu SIM agar Anda tidak harus memilih antara SIM card kedua atau microSD.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat HP 5G Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi HP 5G terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 16 Agustus 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Chipset
Sistem operasi (OS)
Fitur pengunci
Kapasitas baterai
Fitur fast charging
Jenis layar
Hi-res audio
RAM
ROM
Slot SD card
Resolusi layar
Refresh rate
Dimensi layar
Kamera utama
Kamera depan
Lubang jack earphone
Wireless charging
Dual SIM
Jenis kabel charger
Isi set
Fitur NFC
Fitur tethering
Resolusi rekaman video
Image stabilization
1

Samsung

Galaxy M23 5G

Samsung Galaxy M23 5G 1

Rp3.699.000

Agak Murah

Smartphone mid-end berperforma tinggi untuk anak kuliahan

Qualcomm Snapdragon® 750G

Android 12

PIN, pola, sidik jari, face recognition

5000 mAh

(25 W)

PLS TFT

6 GB

128 GB

1080 × 2408

120 Hz

6,6 inci

50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)

8 MP

USB Type-C 2.0

Smartphone, kabel USB Type-C, SIM tray ejector, paket dokumen

4K/30 fps, 1080p/30 fps, 720p/480 fps

2

Samsung

Galaxy A24 5G

Samsung  Galaxy A24 5G 1

Rp3.499.000

Agak Murah

Mata tidak mudah lelah berkat teknologi layar canggih

MediaTek Helio G99

Android 13

PIN, pola, sidik jari, face recognition

5000 mAh

SuperAMOLED

8 GB

128 GB

1080 x 2340 pixel

90 hz

6,5 inci

50 MP

13 MP

USB Type-C

Perangkat, kabel USB Type-C, SIM tray ejector, paket dokumen

FHD (1920 x 1080) @30 fps

3

vivo

Y36 5G

vivo Y36 5G 1

Rp3.999.000

Agak Murah

Ada extended RAM, cocok untuk digunakan multitasking

MediaTek Dimensity 6020

Android 13

PIN, pola, finger print

5.000 mAh

LCD

8 GB

256 GB

2388 × 1080

90 Hz

6,64 inci

50 MP, 2 MP Bokeh

16 MP

USB Type-C

Perangkat, kabel USB Type-C, pengisi daya, SIM ejector, case, dokumen

1080p@30fps

4

Xiaomi

Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G 1

Rp4.599.000

Menengah

Memiliki banyak fitur sehingga membuat konten jadi lebih mudah

MediaTek Dimensity 1080

Android

Sidik jari, face recognition, PIN, pola

5.000 mAh

P-OLED

8+5 GB

256 GB

2.400 x 1.080 piksel

120 Hz

6,67 inci

50 MP, 8 MP, 2 MP

16 MP

USB Type-C 2.0

Perangkat, adaptor, kabel USB Type-C, alat pembuka kartu, casing, panduan, kartu garansi

4K @30 fps, 1080p @30/60/120 fps, 720p @120/240/960 fps

5

vivo

iQOO 11

vivo iQOO 11 1

Rp10.999.000

Agak Mahal

Visualnya memukau, pas untuk konten kreator gaming

Snapdragon® 8 Gen 2

Android 13

PIN, pola, sidik jari, face recognition

5000 mAh

AMOLED

8-16 GB

128-512 GB

3200 × 1440

144 Hz

6,78 inci

50 MP (wide), 13 MP (telephoto), 8 MP

16 MP

USB Type-C

iQOO 11, dokumentasi, kabel USB, pengisi daya USB, adaptor colokan, earphone, pelepas SIM, case pelindung, lapisan film pelindung

8K @30 fps, 4K @30/60 fps, 1080p @30/60/120/240 fps

6

Xiaomi

POCO X5 Pro 5G

Xiaomi POCO X5 Pro 5G 1

Rp3.999.000

Agak Murah

HP tipis yang cocok digunakan untuk bermain game kelas menengah

Snapdragon 778G

Android

Fingerprint, face recognition

5.000 mAh

AMOLED

6 GB, 8 GB

128 GB, 256 GB

2400 x 1080 piksel

120 Hz

6,67 inci

108 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

16 MP

USB Type-C

Ponsel, kabel charger, kepala charger, earphone, case, buku panduan, kartu garansi

4K@30fps, 1080p@30/60fps, 720p@30fps

7

Apple

iPhone 14 Pro Max

Apple iPhone 14 Pro Max 1

Rp21.999.000

Lebih Mahal

Spesifikasi maksimal untuk para profesional!

Apple A16 Bionic

iOS 16

PIN, pola, sidik jari, Face ID

4323 mAh

LTPO Super Retina XDR OLED

6 GB

128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB

1290 x 2796 piksel

120Hz

6,7 inci

48 MP (wide camera), 12 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)

12 MP

(Nano dan e-SIM)

Lightning

iPhone, kabel, buku panduan, stiker

4K@24/25/30/60fps, 1080p@25/30/60/120fps, gyro-EIS

8

Oppo

Reno7 Z 5G

Oppo Reno7 Z 5G 1

Rp4.999.000

Menengah

Ciptakan foto dan video indah dengan Bokeh Flare Portrait serta DUAL-VIEW Video

Qualcomm Snapdragon™ 695

Android 11

Sidik jari, PIN, pola, face recognition

4500 mAh

(33 W)

AMOLED

8 GB

128 GB

FHD+ 2400 × 1080 piksel

60 Hz

6,43 inci

64 MP

16 MP

USB Type C

Smartphone, charger, kabel data, sim card ejector, soft case, buku panduan, kartu garansi

1080P@30 fps dan 720P@30 fps

9

Xiaomi

12T 5G

Xiaomi 12T 5G 1

Rp6.699.000

Agak Mahal

Spek dan performa flagship dengan harga mid-range

MediaTek Dimensity 8100-Ultra

Android 12

Sidik jari, face recognition

5000 mAh

AMOLED

8 GB

256 GB

6,67 inci

120 Hz

1220 x 2712 piksel

108 MP

20 MP

USB Type C

Smartphone, kabel USB, charger, soft case, SIM ejector, buku panduan

4K@30fps,1080p@30/60fps

10

ASUS

Zenfone 9

ASUS Zenfone 9 1

Rp7.999.000

Agak Mahal

Chipset teranyar untuk memainkan game berat

Qualcomm® Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform Qualcomm® Adreno™ 730

Android

Sidik jari, face recognition

4300 mAh

AMOLED

6 GB

128 GB

1080 x 2400 piksel

120 Hz

5,9 inch

50 MP

12 MP

USB Type-C 3.0

Smartphone, adapter charger, kabel USB tipe C ke tipe C, bumper case, SIM card ejector tool, earphone kabel, buku panduan

8K UHD (7680 x 4320), 4K UHD (3840 x 2160)

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SamsungGalaxy M23 5G

Galaxy M23 5G 1
Sumber: samsung.com
Galaxy M23 5G 2
Sumber: samsung.com
Galaxy M23 5G 3
Sumber: samsung.com
Galaxy M23 5G 4
Sumber: samsung.com
Galaxy M23 5G 5
Sumber: samsung.com
Harga referensi
Rp3.699.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp3.699.000
Agak Murah

Smartphone mid-end berperforma tinggi untuk anak kuliahan

Apakah Anda sedang mencari smartphone mid-end untuk anak kuliahan? Kami sarankan Samsung Galaxy M23 5G. Untuk kelas harga 3 jutaan, HP ini mempunyai spesifikasi dan fitur yang bagus. Chipset-nya juga sudah mumpuni untuk bermain game berat serta menjalankan aplikasi editing.


Ada beberapa pilihan resolusi dan frame rate rekaman video yang tersedia, seperti 4K/30 fps, 1080p/30 fps, dan 720p/480 fps. Anda bisa memilih resolusi video sesuai kebutuhan. Desainnya yang minimalis elegan dengan tepian yang halus membuat HP ini nyaman digenggam dalam waktu lama.

ChipsetQualcomm Snapdragon® 750G
Sistem operasi (OS)Android 12
Fitur pengunciPIN, pola, sidik jari, face recognition
Kapasitas baterai5000 mAh
Fitur fast charging(25 W)
Jenis layarPLS TFT
Hi-res audio
RAM6 GB
ROM128 GB
Slot SD card
Resolusi layar1080 × 2408
Refresh rate120 Hz
Dimensi layar6,6 inci
Kamera utama50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
Kamera depan8 MP
Lubang jack earphone
Wireless charging
Dual SIM
Jenis kabel chargerUSB Type-C 2.0
Isi setSmartphone, kabel USB Type-C, SIM tray ejector, paket dokumen
Fitur NFC
Fitur tethering
Resolusi rekaman video4K/30 fps, 1080p/30 fps, 720p/480 fps
Image stabilization
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Samsung Galaxy A24 5G

Harga referensi
Rp3.499.000
Agak Murah

Mata tidak mudah lelah berkat teknologi layar canggih

Kelebihan:

  • Desain HP stylish dan simpel
  • Layar sudah SuperAMOLED dengan perlindungan blue light yang membuat mata nyaman
  • Kamera utama 50 MP dengan image optical stabilization sehingga hasil gambar lebih tajam dan tidak blur

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan menyebut bobot HP cukup berat

Anda mendambakan HP simpel yang terlihat stylish? Nah, tidak ada salahnya mengecek seri 5G dari Samsung Galaxy A24. Edisi ini merupakan penyempurnaan seri sebelumnya karena telah dilengkapi jaringan 5G. Smartphone ini masih mengusung tampilan yang stylish dengan sentuhan glossy pada body-nya. Tidak hanya itu, layarnya yang canggih membuat Anda betah menonton serial Korea favorit tanpa takut mata cepat lelah.

ChipsetMediaTek Helio G99
Sistem operasi (OS)Android 13
Fitur pengunciPIN, pola, sidik jari, face recognition
Kapasitas baterai5000 mAh
Fitur fast charging
Jenis layarSuperAMOLED
Hi-res audio
RAM8 GB
ROM128 GB
Slot SD card
Resolusi layar1080 x 2340 pixel
Refresh rate90 hz
Dimensi layar6,5 inci
Kamera utama50 MP
Kamera depan13 MP
Lubang jack earphone
Wireless charging
Dual SIM
Jenis kabel chargerUSB Type-C
Isi setPerangkat, kabel USB Type-C, SIM tray ejector, paket dokumen
Fitur NFC
Fitur tethering
Resolusi rekaman videoFHD (1920 x 1080) @30 fps
Image stabilization
View all
No.3

vivoY36 5G

Y36 5G 1
Sumber: vivo.com
Y36 5G 2
Sumber: vivo.com
Y36 5G 3
Sumber: vivo.com
Y36 5G 4
Sumber: vivo.com
Y36 5G 5
Sumber: vivo.com
Harga referensi
Rp3.999.000
Agak Murah

Ada extended RAM, cocok untuk digunakan multitasking

Kelebihan:

  • Koneksi 5G yang cepat dan stabil, memungkinkan streaming lancar dan pengalaman online yang responsif
  • Layar berkualitas tinggi dengan tampilan jernih dan tajam, cocok untuk hiburan multimedia dan browsing
  • Desain elegan dan ergonomis memberikan kenyamanan saat digunakan dan mudah dibawa

Kekurangan:

  • Baterai cenderung cepat terkuras saat menggunakan jaringan 5G secara intensif
  • Beberapa pengguna melaporkan adanya sedikit keterlambatan dalam respons aplikasi pada situasi tertentu
  • Pengaturan kamera belakang bisa membingungkan bagi beberapa orang, memerlukan waktu untuk beradaptasi

Suka mengerjakan dua hal sekaligus di handphone? HP tahan air keluaran vivo ini dapat dipilih. HP vivo Y36 ini memiliki koneksi 5G yang cepat dan RAM yang besar. Bahkan RAM-nya dapat di-extend hingga 8GB tambahan, lho!  Layar berkualitas tinggi memberikan tampilan yang jernih dan tajam, ideal untuk hiburan multimedia dan browsing.


Selain itu, performa yang andal dihasilkan oleh prosesor canggih, memastikan responsivitas dalam menjalankan aplikasi dan tugas sehari-hari. Desain yang elegan dan ergonomis membuatnya nyaman dipegang dan mudah dibawa. Produk ini cocok untuk Anda yang produktif, serta ingin merasakan kecepatan jaringan 5G yang revolusioner.

ChipsetMediaTek Dimensity 6020
Sistem operasi (OS)Android 13
Fitur pengunciPIN, pola, finger print
Kapasitas baterai5.000 mAh
Fitur fast charging
Jenis layarLCD
Hi-res audio
RAM8 GB
ROM256 GB
Slot SD card
Resolusi layar2388 × 1080
Refresh rate90 Hz
Dimensi layar6,64 inci
Kamera utama50 MP, 2 MP Bokeh
Kamera depan16 MP
Lubang jack earphone
Wireless charging
Dual SIM
Jenis kabel chargerUSB Type-C
Isi setPerangkat, kabel USB Type-C, pengisi daya, SIM ejector, case, dokumen
Fitur NFC
Fitur tethering
Resolusi rekaman video1080p@30fps
Image stabilization
View all
No.4

XiaomiRedmi Note 12 Pro 5G

Harga referensi
Rp4.599.000
Menengah

Memiliki banyak fitur sehingga membuat konten jadi lebih mudah

Jika Anda seorang content creator pemula, produk yang satu ini akan menjadi andalan Anda. Xiaomi Redmi Note 12 Pro punya fitur dan spesifikasi yang memudahkan Anda membuat konten. Pertama, HP ini memiliki layar P-OLED 120 Hz yang mampu menampilkan gambar sebening kristal. HP ini menggunakan prosesor MediaTek Dimensity 1080 sehingga mampu menjalankan aplikasi editing yang berat.


Kemudian, kamera HP Xiaomi ini menggunakan sensor SONY IMX766 dengan OIS sehingga pengambilan gambarnya jadi lebih stabil. Kamera belakangnya mampu merekam di resolusi 4K @30 fps. Sementara itu, kamera depannya mampu merekam di resolusi 1080p @30 fps. Resolusi ini cukup untuk para kreator konten pemula.

ChipsetMediaTek Dimensity 1080
Sistem operasi (OS)Android
Fitur pengunciSidik jari, face recognition, PIN, pola
Kapasitas baterai5.000 mAh
Fitur fast charging
Jenis layarP-OLED
Hi-res audio
RAM8+5 GB
ROM256 GB
Slot SD card
Resolusi layar2.400 x 1.080 piksel
Refresh rate120 Hz
Dimensi layar6,67 inci
Kamera utama50 MP, 8 MP, 2 MP
Kamera depan16 MP
Lubang jack earphone
Wireless charging
Dual SIM
Jenis kabel chargerUSB Type-C 2.0
Isi setPerangkat, adaptor, kabel USB Type-C, alat pembuka kartu, casing, panduan, kartu garansi
Fitur NFC
Fitur tethering
Resolusi rekaman video4K @30 fps, 1080p @30/60/120 fps, 720p @120/240/960 fps
Image stabilization
View all
No.5

vivoiQOO 11

iQOO 11 1
Sumber: iqoo.com
iQOO 11 2
Sumber: iqoo.com
iQOO 11 3
Sumber: iqoo.com
iQOO 11 4
Sumber: iqoo.com
iQOO 11 5
Sumber: iqoo.com
Harga referensi
Rp10.999.000
Agak Mahal

Visualnya memukau, pas untuk konten kreator gaming

Kelebihan:

  • Dibekali chipset tertinggi dan terbaru Snapdragon 8 Gen 2
  • Multitasking cepat dengan RAM 16 GB LPDDR5X dan ROM UFS 4.0

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi dengan audio jack 3,5 mm
  • Terdapat iklan yang mengganggu pada user interface sistem operasi


Suka bermain game, tetapi juga ingin HP yang bagus kameranya untuk membuat konten? Vivo iQOO 11 ini pas untuk Anda. Ditenagai oleh chipset terbaru Snapdragon, handphone dengan kamera terbaik ini bisa digunakan untuk bermain game dengan lancar. Refresh rate-nya yang tinggi hingga 144Hz yang menghasilkan pengalaman gaming yang luar biasa. 


Selain itu, kamera yang dimiliki oleh HP yang kameranya bagus ini tidak main-main. Dengan triple camera system, Anda dapat mengambil gambar dan video dari berbagai gaya. Anda juga dapat memotret pemandangan indah dengan kamera ultrawide-nya. Ponsel ini cocok untuk individu yang mengutamakan kinerja tinggi dalam bermain game, multitasking lancar, dan fotografi berkualitas. 

ChipsetSnapdragon® 8 Gen 2
Sistem operasi (OS)Android 13
Fitur pengunciPIN, pola, sidik jari, face recognition
Kapasitas baterai5000 mAh
Fitur fast charging
Jenis layarAMOLED
Hi-res audio
RAM8-16 GB
ROM128-512 GB
Slot SD card
Resolusi layar3200 × 1440
Refresh rate144 Hz
Dimensi layar6,78 inci
Kamera utama50 MP (wide), 13 MP (telephoto), 8 MP
Kamera depan16 MP
Lubang jack earphone
Wireless charging
Dual SIM
Jenis kabel chargerUSB Type-C
Isi setiQOO 11, dokumentasi, kabel USB, pengisi daya USB, adaptor colokan, earphone, pelepas SIM, case pelindung, lapisan film pelindung
Fitur NFC
Fitur tethering
Resolusi rekaman video8K @30 fps, 4K @30/60 fps, 1080p @30/60/120/240 fps
Image stabilization
View all
No.6

XiaomiPOCO X5 Pro 5G

POCO X5 Pro 5G 1
Sumber: po.co.id
POCO X5 Pro 5G 2
Sumber: po.co.id
POCO X5 Pro 5G 3
Sumber: po.co.id
POCO X5 Pro 5G 4
Sumber: po.co.id
POCO X5 Pro 5G 5
Sumber: po.co.id
Harga referensi
Rp3.999.000
Agak Murah

HP tipis yang cocok digunakan untuk bermain game kelas menengah

Kelebihan:

  • Kapasitas baterai besar dan chipset andal, cocok digunakan untuk bermain game kelas menengah
  • Desain elegan dan berkelas
  • RAM bisa di-extend hingga 13 GB

Kekurangan:

  • Kualitas kamera makro tidak sebaik pesaingnya

Jika Anda sedang mencari ponsel game yang tipis, Xiaomi POCO X5 Pro 5G ini bisa dipertimbangkan. Ponsel ini memiliki ketebalan kurang dari 8 mm dan bobot yang ringan, yakni hanya 181 gram. Meski demikian, produk ini sudah dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 860. 


Dibarengi dengan RAM 8 GB, Anda bisa bermain game kelas menengah dengan leluasa. Beberapa game yang bisa Anda mainkan adalah PUBG, Call of Duty, atau Mobile Legend.

ChipsetSnapdragon 778G
Sistem operasi (OS)Android
Fitur pengunciFingerprint, face recognition
Kapasitas baterai5.000 mAh
Fitur fast charging
Jenis layarAMOLED
Hi-res audio
RAM6 GB, 8 GB
ROM128 GB, 256 GB
Slot SD card
Resolusi layar2400 x 1080 piksel
Refresh rate120 Hz
Dimensi layar6,67 inci
Kamera utama108 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
Kamera depan16 MP
Lubang jack earphone
Wireless charging
Dual SIM
Jenis kabel chargerUSB Type-C
Isi setPonsel, kabel charger, kepala charger, earphone, case, buku panduan, kartu garansi
Fitur NFC
Fitur tethering
Resolusi rekaman video4K@30fps, 1080p@30/60fps, 720p@30fps
Image stabilization
View all
No.7

AppleiPhone 14 Pro Max

Harga referensi
Rp21.999.000
Lebih Mahal

Spesifikasi maksimal untuk para profesional!

Jika Anda menginginkan smartphone dengan spesifikasi pro dan memiliki budget lebih, sebaiknya langsung saja pilih iPhone 14 Pro Max. Kualitas kamera HP ini lebih menonjol daripada seluruh seri iPhone lainnya. Tidak hanya itu, handphone ini kuat menahan air dalam kedalaman 6 meter selama 30 menit, lho! 


Resolusi kameranya empat kali lebih besar dengan dukungan format ProRaw yang membuat detail foto Anda akan serupa kamera digital. Anda juga bisa mengambil video berkualitas HDR 4K@24fps dengan kualitas standar industri film. Benar-benar iPhone untuk content creator!

ChipsetApple A16 Bionic
Sistem operasi (OS)iOS 16
Fitur pengunciPIN, pola, sidik jari, Face ID
Kapasitas baterai4323 mAh
Fitur fast charging
Jenis layarLTPO Super Retina XDR OLED
Hi-res audio
RAM6 GB
ROM128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Slot SD card
Resolusi layar1290 x 2796 piksel
Refresh rate120Hz
Dimensi layar6,7 inci
Kamera utama48 MP (wide camera), 12 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
Kamera depan12 MP
Lubang jack earphone
Wireless charging
Dual SIM(Nano dan e-SIM)
Jenis kabel chargerLightning
Isi setiPhone, kabel, buku panduan, stiker
Fitur NFC
Fitur tethering
Resolusi rekaman video4K@24/25/30/60fps, 1080p@25/30/60/120fps, gyro-EIS
Image stabilization
View all
No.8

OppoReno7 Z 5G

Reno7 Z 5G 1
Sumber: oppo.com
Reno7 Z 5G 2
Sumber: oppo.com
Reno7 Z 5G 3
Sumber: oppo.com
Reno7 Z 5G 4
Sumber: oppo.com
Reno7 Z 5G 5
Sumber: oppo.com
Harga referensi
Rp4.999.000
Menengah

Ciptakan foto dan video indah dengan Bokeh Flare Portrait serta DUAL-VIEW Video

Kelebihan:

  • Fitur Dual Orbit Lights mampu menambahkan estetika
  • Tahan percikan air dan debu berkat sertifikasi IPX4
  • Didukung chipset yang mumpuni sehingga performanya lebih cepat

Kekurangan:

  • Tidak memiliki lensa ultra wide, tidak bisa mengambil foto dengan objek yang luas
  • Refresh rate rendah, hanya 60 Hz

Oppo Reno7 Z 5G adalah sebuah ponsel pintar dengan desain tipis dan tampilan yang elegan. Tak hanya dari segi desain, HP ini juga memiliki kamera yang mumpuni. Adanya fitur Bokeh Flare Portrait memungkinkan Anda untuk memotret suatu objek dengan background yang buram. 


Selain itu, Anda dapat memanfaatkan fitur AI Color Portrait untuk membuat latar menjadi hitam-putih, sedangkan objeknya tetap full colorBukan hanya foto saja, Oppo Reno7 Z 5G juga memiliki fitur unik terkait dengan perekaman video. Pasalnya, HP ini dibekali fitur DUAL-VIEW Video yang memungkinkan Anda untuk merekam dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan. 

ChipsetQualcomm Snapdragon™ 695
Sistem operasi (OS)Android 11
Fitur pengunciSidik jari, PIN, pola, face recognition
Kapasitas baterai4500 mAh
Fitur fast charging(33 W)
Jenis layarAMOLED
Hi-res audio
RAM 8 GB
ROM128 GB
Slot SD card
Resolusi layar FHD+ 2400 × 1080 piksel
Refresh rate 60 Hz
Dimensi layar 6,43 inci
Kamera utama64 MP
Kamera depan16 MP
Lubang jack earphone
Wireless charging
Dual SIM
Jenis kabel chargerUSB Type C
Isi setSmartphone, charger, kabel data, sim card ejector, soft case, buku panduan, kartu garansi
Fitur NFC
Fitur tethering
Resolusi rekaman video 1080P@30 fps dan 720P@30 fps
Image stabilization
View all
No.9

Xiaomi12T 5G

12T 5G 1
Sumber: mi.co.id
12T 5G 2
Sumber: mi.co.id
12T 5G 3
Sumber: mi.co.id
12T 5G 4
Sumber: mi.co.id
Harga referensi
Rp6.699.000
Agak Mahal

Spek dan performa flagship dengan harga mid-range

Kelebihan:

  • Dengan layar AMOLED 120 Hz untuk menambah kenyamanan
  • Menggunakan speaker stereo kelas atas, membuat suara yang dikeluarkan terdengar lebih baik
  • Pengisian daya dapat berlangsung dengan supercepat

Kekurangan:

  • Harus menggunakan kipas pendingin agar performa game jauh lebih maksimal
  • Kualitas selfie-nya hanya standar saja

Xiaomi 12T 5G hadir dalam desain yang sederhana, tetapi berkelas. HP ini menggunakan kaca sebagai material back cover dengan finishing matte. Smartphone ini menawarkan beberapa fitur kelas atas, seperti chipset yang powerful, fast charging, layar AMOLED, dan kamera resolusi tinggi. Xiaomi bahkan mengeklaim HP ini hanya membutuhkan waktu 21 menit untuk mengisi daya dari 0% hingga 100%!


Hanya dengan 6 jutaan, Anda sudah mendapatkan HP berkamera 108 MP. Menggunakan chipset Mediatek Dimensity 8100 Ultra dengan RAM 8 GB, Xiaomi 6 jutaan ini layak dimiliki Anda yang menginginkan HP dengan performa flagship.

ChipsetMediaTek Dimensity 8100-Ultra
Sistem operasi (OS)Android 12
Fitur pengunciSidik jari, face recognition
Kapasitas baterai5000 mAh
Fitur fast charging
Jenis layarAMOLED
Hi-res audio
RAM8 GB
ROM256 GB
Slot SD card
Resolusi layar6,67 inci
Refresh rate120 Hz
Dimensi layar1220 x 2712 piksel
Kamera utama108 MP
Kamera depan20 MP
Lubang jack earphone
Wireless charging
Dual SIM
Jenis kabel chargerUSB Type C
Isi setSmartphone, kabel USB, charger, soft case, SIM ejector, buku panduan
Fitur NFC
Fitur tethering
Resolusi rekaman video4K@30fps,1080p@30/60fps
Image stabilization
View all
No.10

ASUSZenfone 9

Zenfone 9 1
Sumber: asus.com
Zenfone 9 2
Sumber: asus.com
Zenfone 9 3
Sumber: asus.com
Zenfone 9 4
Sumber: asus.com
Zenfone 9 5
Sumber: asus.com
Harga referensi
Rp7.999.000
Agak Mahal

Chipset teranyar untuk memainkan game berat

Kelebihan:

  • Tahan air dengan sertifikasi IP68 sehingga aman dibawa untuk kegiatan outdoor
  • Resolusi kamera tinggi, foto dan video jadi lebih jelas
  • Memiliki speaker stereo sehingga menghasilkan kualitas suara yang prima

Kekurangan:

  • Ukuran layarnya cukup kecil untuk standar terkini
  • Desainnya cenderung biasa dan tidak terkesan mewah

Produk ini merupakan HP gaming dengan spesifikasi yang tinggi. Jika Anda mencari salah satu HP full layar terbaik untuk gaming, inilah produk yang tepat untuk dipilih. ASUS Zenfone 9 dibekali chipset Snapdragon 8+ Gen 1.


Pilihan RAM dan memori internal HP full layar tanpa poni ini pun beragam. Anda bisa memilih kapasitas RAM 6 GB atau 8 GB, dengan memori internal 128 GB atau 256 GB. Dipadukan dengan layar AMOLED, memainkan jenis game apa pun di HP ini jadi lebih seru.

Chipset Qualcomm® Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform Qualcomm® Adreno™ 730
Sistem operasi (OS)Android
Fitur pengunciSidik jari, face recognition
Kapasitas baterai 4300 mAh
Fitur fast charging
Jenis layarAMOLED
Hi-res audio
RAM6 GB
ROM128 GB
Slot SD card
Resolusi layar1080 x 2400 piksel
Refresh rate120 Hz
Dimensi layar5,9 inch
Kamera utama50 MP
Kamera depan12 MP
Lubang jack earphone
Wireless charging
Dual SIM
Jenis kabel chargerUSB Type-C 3.0
Isi setSmartphone, adapter charger, kabel USB tipe C ke tipe C, bumper case, SIM card ejector tool, earphone kabel, buku panduan
Fitur NFC
Fitur tethering
Resolusi rekaman video8K UHD (7680 x 4320), 4K UHD (3840 x 2160)
Image stabilization
View all

5 Rekomendasi HP 5G terbaik

No. 1: SamsungGalaxy M23 5G

No. 2: Samsung Galaxy A24 5G

No. 3: vivoY36 5G

No. 4: XiaomiRedmi Note 12 Pro 5G

No. 5: vivoiQOO 11

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Handphone & tablet
  3. Handphone
  4. 10 Rekomendasi HP 5G Terbaik [Ditinjau oleh Tech Enthusiast]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.