mybest
Game

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Program & aplikasi
  3. Aplikasi
  4. 10 Game Otome Terbaik untuk Android (Terbaik Tahun 2024)
  • 10 Game Otome Terbaik untuk Android (Terbaik Tahun 2024) 1
  • 10 Game Otome Terbaik untuk Android (Terbaik Tahun 2024) 2
  • 10 Game Otome Terbaik untuk Android (Terbaik Tahun 2024) 3
  • 10 Game Otome Terbaik untuk Android (Terbaik Tahun 2024) 4
  • 10 Game Otome Terbaik untuk Android (Terbaik Tahun 2024) 5

10 Game Otome Terbaik untuk Android (Terbaik Tahun 2024)

Game otome atau otoge adalah salah satu genre game yang disukai oleh para wanita. Di dalam game otome, tujuan Anda adalah untuk mengembangkan hubungan romantis dengan satu atau lebih tokoh cogan alias pria tampan. Plot cerita dan grafis menjadi daya tarik dari game otome.


Ada game otome yang dibuat untuk PC, Nintendo, dan HP. Kali ini kami akan membahas rekomendasi game otome terbaik untuk Android. Game otome offline dalam bahasa Indonesia juga ada dalam rekomendasi kami. Simak artikelnya dan temukan game otome yang bagus untuk dimainkan!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu game otome?

Apa itu game otome?
Sumber: ideafintl.com

Game otome adalah story-based game yang dibuat untuk para wanita. Game otome memungkinkan player untuk menjalankan alur cerita, berinteraksi, serta menjalin hubungan asmara dengan tokoh-tokoh di dalamnya


Genre game ini berasal dari Jepang. Mayoritas alur cerita game otome adalah tentang mengembangkan hubungan romantis dengan tokoh pria di dalamnya. Namun, tidak semuanya berfokus dengan kisah romantis. Genre game ini populer di Jepang dan sebagian besar merupakan jenis novel visual. Selain itu, ada beberapa istilah dalam game otome yang perlu Anda ketahui.


  1. Otoge: Singkatan dari otome gemu dalam bahasa Jepang
  2. MC/Heroine: Main character atau tokoh utama yang biasanya adalah karakter wanita protagonis sehingga disebut juga sebagai heroine. Beberapa otoge memungkinkan Anda untuk mengatur tampilan MC. Anda juga bisa menemukan game yang menawarkan pilihan backstory tentang heroine.
  3. Love interests: Karakter yang tidak dapat Anda atur. Love interests adalah pria yang dapat Anda kejar dalam game. Anda juga dapat mengetahui karakter dan latar belakang love interests Anda.
  4. Routes: Routes adalah pilihan Anda tentang love interests yang akan menentukan rute cerita.
  5. Good end: Hasil happy ending akan didapatkan jika Anda sudah menyelesaikan kebutuhan di dalam game. Anda juga harus memilih respons yang tepat untuk mendapatkan happy ending.
  6. Bad end: Ini adalah hasil yang menyedihkan atau tragis. Bad ending akan terjadi jika Anda mengambil pilihan yang salah. 

 

Alur cerita dari game otome sering kali membuat orang ketahihan dan larut di dalamnya. Beberapa orang juga menjadikan game otome sebagai pelarian dari dunia nyata. Perlu Anda ingat bahwa game otome hanya sebuah permainan dan jangan sampai game ini mengganggu kehidupan Anda, ya.

Cara memilih game otome untuk Android

Ada berbagai game otome yang dapat Anda temukan di Google Play. Namun, game otome mana yang paling bagus untuk dimainkan? Yuk, simak poin berikut ini!

1

Ada berbagai jenis game otome sesuai gameplay-nya, seperti visual novels, kinetic novels, stats raiser, life simulator, dating simulator, dan eroge

Kebanyakan game otome merupakan jenis visual novels. Namun, masih ada beragam jenis game otome berdasarkan gameplay-nya. Kami akan menjelaskannya dalam poin berikut ini.

  1. Visual novels (VNs) adalah game otome yang menggambarkan cerita dari sebuah novel. Tipe visual novels biasanya memiliki tampilan visual yang menggambarkan beberapa adegan di dalam novel. Di dalam jenis game otome ini, pilihan Anda dalam memilih dialog akan menentukan routes.
  2. Kinetic novels bisa dibilang mirip dengan visual novels. Namun, jenis otoge ini tidak menawarkan fitur interaktif seperti visual novels. Anda juga tidak memiliki kemampuan untuk memilih jalan cerita. Storyline dari jenis game ini cenderung pendek dan tujuannya hanya untuk menyampaikan cerita saja.
  3. Stats raiser merupakan jenis otoge yang lebih kompleks. Di dalam jenis game ini, heroine harus melakukan berbagai task untuk meningkatkan statistik tertentu dari karakternya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Contohnya, heroine sedang mengejar karakter yang cerdas sehingga Anda perlu lebih rajin ke perpustakaan dan belajar.
  4. Life simulator lebih intens dibandingkan stats raiser. Anda diberikan kontrol penuh, mulai dari avatar sampai aspek kehidupan karakter. Salah satu contoh game simulasi romance yang populer adalah Mr Love: Queen's Choice.
  5. Berbeda dari life simulator, otoge tipe dating simulator membawa Anda ke dalam seluk beluk kencan. Anda akan dibawa ke dalam detail heroine dan love interest-nya.
  6. Eroge adalah jenis game otome dengan alur cerita yang lebih mature. Eroge sering kali memberikan tampilan atau situasi seksual sehingga lebih cocok untuk pemain dewasa. Situasi tersebut tentunya untuk meningkatkan gameplay.
2

Perhatikan age restriction karena beberapa game otome mengandung grafis yang vulgar

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, kebanyakan game otome memang bertujuan untuk mengembangkan hubungan romantis. Jadi, banyak game otome yang menunjukkan gambar karakter yang berpelukan ataupun berciuman. Namun, tidak semua pemain nyaman dengan tampilan seperti ini, bukan?


Oleh karena itu, perhatikan age restriction dari game tersebut. Jika Anda kurang nyaman dengan adegan mesra, carilah otome game dengan rating teen atau khusus remaja.

3

Ketahui garis besar plot ceritanya agar lebih menarik untuk dimainkan

Plot cerita adalah kunci utama game otome. Untuk itu, perhatikan plot cerita yang ditawarkan agar Anda lebih tertarik memainkannya. Bacalah terlebih dahulu informasi dari game developer untuk mencari gambaran ceritanya.


Cerita dalam game otome biasanya terbagi menjadi beberapa episode. Pada kebanyakan game otome untuk Android, Anda tidak perlu membayar untuk memainkan semua episode. Namun, terkadang Anda perlu menggunakan koin tertentu untuk meng-unlock episode. Beberapa game juga menawarkan pembelian di dalam permainan untuk membuka side stories atau item tambahan.

4

Isekai yang penuh fantasi atau genre yang realistis? Kenali setting game otome

Otome game dapat memberikan cerita fantasi romantis untuk para pemainnya. Game otome juga memiliki beberapa setting. Anda bisa menemukan game otome berlatar isekai ataupun kehidupan sehari-hari.


  1. Game otome banyak yang hadir dengan konsep isekai. Isekai adalah setting dunia lain atau dunia yang jauh dari bumi. Contoh game otome isekai adalah yang mengusung konsep vampir ataupun tokoh fantasi khayalan lainnya. Bisa jadi MC terlempar ke dunia lain atau melakukan misi time travel.
  2. Ada juga game otome dengan konsep kehidupan sehari-hari. Anda bisa saja memiliki profesi sebagai mahasiswi, lawyer, model, dan lainnya. Di dalam konsep ini tentunya tidak ada makhluk-makhluk fantasi. Latar seperti ini tentunya lebih dekat dengan kehidupan Anda.
5

Cek fitur-fitur tambahan dalam otome game: Dress up karakter, online interaction, dan mini games

Salah satu poin yang membuat otoge makin digemari adalah adanya fitur-fitur menarik di dalam game. Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa Anda temukan di dalam otoge.


  1. Dress up MC menjadi salah satu fitur yang menarik dari otoge. Selain mendandani karakter, beberapa otoge juga memungkinkan Anda mendekorasi ruangan.
  2. Fitur online interaction dengan love interests juga tak kalah menariknya. Anda bisa mengirim pesan ataupun melakukan panggilan suara dengan love interests Anda. Wah, fitur ini membuat otoge terasa lebih nyata, ya!
  3. Beberapa otoge juga menawarkan mini games yang membuat permainan tidak membosankan.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi game otome terbaik untuk Android

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh game otome terbaik untuk Android yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

NTT Solmare

Obey Me! Anime Otome Sim Game

NTT Solmare Obey Me! Anime Otome Sim Game 1

Otoge yang dipenuhi iblis ikemen, jalan ceritanya menarik dan banyak event spesial!

2

StoryTaco

Dangerous Fellows: Otome Game

StoryTaco Dangerous Fellows: Otome Game 1

Selamatkan diri dari zombie apocalypse bersama pria-pria tampan

3

Genius

Soul of Yokai

Genius Soul of Yokai 1

Dapatkah yokai berdampingan dengan manusia? Temukan jawabannya dalam game ini!

4

Buff Studio

Romantic HOLIC!

Buff Studio Romantic HOLIC! 1

Game otome simpel dengan cerita yang ringan dan menyentuh

5

Idea Factory

Amnesia: Memories

Idea Factory Amnesia: Memories 1

Temukan memori Anda yang hilang dengan bantuan Orion

6

Cheritz

Mystic Messenger

Cheritz Mystic Messenger 1

Nikmati kisah cintak dan konflik dalam otoge dengan tampilan chatting

7

Congnosphere

Tears of Themis

Congnosphere Tears of Themis 1

Ikuti kisah seru penuh misteri dari MC seorang lawyer cantik

8

Majamojo

Memories: My Story, My Choice

Majamojo Memories: My Story, My Choice 1

Menguak kisah masa lalu dengan game otome bahasa Indonesia

9

Com2Us

Wannabe Challenge

Com2Us Wannabe Challenge 1

K-fantasy romance yang membuat Anda terhanyut ke dalamnya

10

CYBIRD

Ikemen Vampire Otome Games

CYBIRD Ikemen Vampire Otome Games 1

Game otome dewasa dengan konsep abad ke-19 yang menegangkan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

NTT SolmareObey Me! Anime Otome Sim Game

Obey Me! Anime Otome Sim Game 1

Otoge yang dipenuhi iblis ikemen, jalan ceritanya menarik dan banyak event spesial!

Kelebihan:

  • Menawarkan banyak special event sehingga permainan lebih menarik
  • Ada banyak pilihan rute yang dapat Anda ambil untuk menentukan jalan cerita

Kekurangan:

  • Banyak yang mengeluhkan game loading yang lama

Game ini dimulai dengan MC yang terbangun di sebuah aula besar dan berhadapan dengan iblis yang mengesankan. Anda harus menandatangani kontrak dengan darah. Sekarang Anda berada dalam perjalanan pertukaran pelajar ke neraka di Devildorm! Anda akan dikelilingi tujuh iblis tampan bersaudara serta karakter lainnya yang tidak biasa.


Obey Me! menawarkan battle dance sebagai mini games. Game ini juga menawarkan gatcha dengan menu interaktif. Anda pun akan mendapatkan pesan teks dan panggilan telepon dari para love interests. Game ini tak melulu tentang cerita cinta, tetapi juga kisah unik tiap karakter di dalamnya.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

StoryTacoDangerous Fellows: Otome Game

Selamatkan diri dari zombie apocalypse bersama pria-pria tampan

Kelebihan:

  • Beberapa pemain memberikan ulasan positif mengenai grafis dan sound effect game yang sangat baik

Kekurangan:

  • Anda perlu membayar untuk beberapa pilihan dialog dan pakaian di dalam game

Game otome yang satu ini berlatar zombie apocalypse. Di tengah seramnya gempuran zombie, Anda akan bertemu dengan lima love interests tampan yang akan menyelamatkan Anda. Rasakan pengalaman menegangkan yang dibumbui dengan kisah cinta menarik. Pilihan love interest yang akan menjadi pasangan MC sangat penting agar Anda selamat dari zombie apocalypse.

No.3

GeniusSoul of Yokai

Dapatkah yokai berdampingan dengan manusia? Temukan jawabannya dalam game ini!

Kelebihan:
  • Alur ceritanya sangat menarik, bahkan sudah sampai season 2
  • Visual dan backsound dinilai menarik oleh banyak pemain

Kekurangan:

  • Anda harus membayar untuk beberapa dialog dalam game ini

Apa yang biasanya Anda lakukan saat mengalami putus cinta? Jalan-jalan ke Kyoto mungkin salah satu keputusan yang menarik, ya. Alih-alih menyembuhkan patah hati, tokoh dalam otoge ini malah bertemu dengan yokai atau iblis Jepang. Anda akan dibawa ke dunia yokai dan menemui tiga pemuda ganteng dari ras yokai.


Ketiga pemuda tersebut menginginkan Anda untuk menikah dengan mereka. Misi Anda adalah memperbaiki hubungan antara yokai dengan manusia serta mengatasi trauma pribadi ketiganya. Cari tahu juga berbagai plot twist menarik di dalam otoge ini!

No.4

Buff StudioRomantic HOLIC!

Game otome simpel dengan cerita yang ringan dan menyentuh

Kelebihan:
  • Alur ceritanya ringan dan mudah dipahami
  • Gameplay-nya juga mudah dipahami pemula

Kekurangan:

  • Beberapa pemain mengeluhkan iklan yang tidak bisa diputar untuk mendapatkan tiket

Apakah benar dunia nyata dan dunia mimpi itu berdampingan? Jaime sang heroine menemukan ponsel berwarna putih setelah mengalami putus cinta. Ponsel tersebut ternyata menghubungkan Jaime dengan dunia mimpinya. Jangan lewatkan detail-detail kecil dalam game ini agar Anda bisa mendapatkan pengalaman mengesankan.


Hubungan Jaime dengan karakter-karakter di dalam mimpi dapat memengaruhi masa depannya. Keputusan Anda juga akan menentukan rahasia penghubung mimpi ini. Nikmati alur cerita yang ringan sekaligus menyentuh dari game otome ini.

Temukan memori Anda yang hilang dengan bantuan Orion

Kelebihan:

  • Terdapat suara untuk tiap karakter pria
  • Kualitas grafisnya sebaik anime
  • Mimik wajah karakter dapat berubah sesuai dengan dialognya

Kekurangan:

  • Game otome ini berbayar untuk tiap chapter-nya

Jika Anda penggemar anime Amnesia, game otome ini akan menghibur Anda. Bahkan, banyak reviewers yang menyebutkan alur di game ini lebih menarik dibandingkan versi anime! Di game ini Anda terbangun pada tanggal 1 Agustus dengan kondisi amnesia. Orion, ruh yang melekat di pikiran Anda, akan membimbing Anda menemukan memori yang hilang. 


Tersedia empat dunia berbeda yang dapat Anda explore dalam game, yaitu Heart World, Spade World, Clover World, dan Diamond World. Ada beberapa parameter kesuksesan dalam game ini pada tiap rutenya, yaitu affection, trust, suspicion, dan doubt. Di luar main storymini games-nya juga seru untuk dimainkan.

Nikmati kisah cintak dan konflik dalam otoge dengan tampilan chatting

Kelebihan:

  • Game dengan tampilan chatting yang mudah dimainkan
  • Memiliki tiga pilihan cerita menarik

Kekurangan:

  • Sering terjadi eror saat pembelian untuk koin dalam game atau hourglass

Mystic Messenger atau MM adalah game otome asal Korea yang sangat populer. Game ini memiliki tampilan seperti aplikasi chatting dan dapat dimainkan dengan cepat. Di dalamnya terdapat empat pria tampan sebagai love interests serta satu wanita.


Game ini menawarkan tiga pilihan cerita, yaitu casual story, deep story, dan another story. Ketiganya punya karakter yang diutamakan. Kisah dari Mystic Messenger ini bisa dibilang cukup dark. Apakah Anda akan mendapatkan good end atau happy end?

Ikuti kisah seru penuh misteri dari MC seorang lawyer cantik

Kelebihan:

  • Ceritanya seru dan penuh misteri yang perlu dipecahkan
  • Grafis game ini sangat smooth

Kekurangan:

  • Menurut beberapa reviewers, game ini memiliki user interface yang cukup berat
  • Beberapa pemain merasa bahasa yang digunakan cukup sulit dipahami

Anda adalah seorang pengacara muda di Themis Law Firm. Sepanjang game Anda harus mencari bukti untuk dipakai di pengadilan. Selama perjalanan Anda menjadi detektif ini, Anda akan bertemu empat tokoh pria yang senantiasa menemani Anda dalam mengungkap kebenaran.


Alur ceritanya lebih kompleks dan penuh misteri dari yang Anda bayangkan. Anda dapat mengakses cerita tiap tokohnya melalui kartu yang didapatkan dengan sistem gacha. Anda pasti sudah menunggu-nunggu kisah romantis Anda dengan salah satu tokoh pria di dalamnya, bukan?

Menguak kisah masa lalu dengan game otome bahasa Indonesia

Kelebihan:

  • Tersedia dalam pilihan bahasa Indonesia
  • Terdapat cerita baru tiap minggu

Kekurangan:

  • Masih banyak bug untuk game ini yang membuat Anda tiba-tiba keluar dari permainan

Jika Anda mencari game otome dari developer Indonesia, inilah game yang tepat. Memories: My Story, My Choice adalah otoge yang menggabungkan cerita lokal dan modern. Game ini mengangkat cerita cinta dan patah hati yang terinspirasi dari kehidupan sehari-hari berbaur fantasi.


Di dalam game ini Anda akan menjadi model terbaik di dunia fashion. Anda juga harus menguak ingatan tentang orang tua Anda pada masa lalu. Di sisi lain, manjakan diri Anda dengan pesona lelaki tampan di alam isekai. Otome game bahasa Indonesia yang satu ini juga menawarkan cerita baru tiap minggu. 

K-fantasy romance yang membuat Anda terhanyut ke dalamnya

Kelebihan:

  • Memiliki fitur SMS, pesan, telepon, dan live stream untuk karakter utama
  • Terdapat suara untuk karakter pria di dalamnya

Kekurangan:

  • Challenge makin berat dengan meningkatnya level

Wannabe Challenge memberikan pengalaman K-fantasy romance. MC harus menyelesaikan berbagai misi bertema fashion untuk menjadi sosialita terbaik di media sosial. Di sini MC akan ditemani dengan empat pria menawan. 


Otome game Korea ini pun menawarkan SNS, pesan, telepon, sampai live stream bagi karakter utamanya. Game ini juga menawarkan hidden story bersama tokoh kesukaan Anda. Jangan sampai salah memilih routes Anda. Para K-lovers pasti sangat menyukai game otome ini!

Game otome dewasa dengan konsep abad ke-19 yang menegangkan

Kelebihan:

  • Ceritanya terstruktur dan memiliki dinamika yang menarik

Kekurangan:

  • Game ini membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar

Anda adalah wanita berusia 21 tahun yang mengikut pria tak dikenal di sebuah museum di Prancis. Pada akhirnya Anda akan terbawa ke sebuah mansion berisi vampir tampan pada abad ke-19.


Otome game ini menyuguhkan kisah yang romantis, tragis, sekaligus penuh drama. Meski begitu, di dalamnya terdapat unsur komedi yang membuat jalan ceritanya makin menarik. Di dalam game ini pun ada banyak unsur sensual dan dialog seksi sehingga tiap adegan terasa makin panas. Ikemen Vampire Otome Games direkomendasikan untuk pemain dewasa, ya!

Baca juga rekomendasi game lainnya di sini

Masih ada beragam genre game lainnya yang seru untuk dimainkan sendiri ataupun dengan teman-teman. Cari tahu beragam genre game HP yang menarik dalam tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Para wanita sangat menyukai otoge karena kisah cintanya yang asyik. Tokoh-tokohnya pun sangat tampan dan membuat pemain sulit berpaling. Memainkan otome game dengan karakter yang menarik dan jalan cerita yang seru pasti membuat Anda lupa waktu.


Pastikan otoge pilihan Anda bisa dimainkan offline agar bisa dimainkan kapan saja. Sebelum download, cek juga review otoge tersebut. Ingat juga untuk memilih routes yang tepat agar Anda mendapatkan good ending bersama cogan pilihan!

5 Rekomendasi Game Otome untuk Android terbaik

No. 1: NTT SolmareObey Me! Anime Otome Sim Game

No. 2: StoryTacoDangerous Fellows: Otome Game

No. 3: GeniusSoul of Yokai

No. 4: Buff StudioRomantic HOLIC!

No. 5: Idea FactoryAmnesia: Memories

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Program & aplikasi
  3. Aplikasi
  4. 10 Game Otome Terbaik untuk Android (Terbaik Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.