mybest
Motor

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Otomotif
  3. Mobil & motor
  4. 10 Rekomendasi Motor Listrik Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Motor Listrik Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Motor Listrik Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Motor Listrik Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Motor Listrik Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Motor Listrik Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Motor Listrik Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna sepeda motor terbanyak di dunia. Hal ini tentu saja menyebabkan angka polusi di Indonesia makin melonjak. Motor listrik menjadi salah satu alternatif kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Harga motor listrik pun beragam, mulai dari yang murah sampai mahal.


Kali ini kami membahas tentang sepeda motor listrik yang bagus dan harganya murah. Setelah itu, kami akan merekomendasikan beragam motor listrik murah di bawah 10 juta hingga 20 jutaan. Berbagai merek motor listrik terbaik ada dalam rekomendasi kami, seperti Uwinfly, Smoot, dan Viar. Selamat membaca!

Diperbaharui 15/01/2024
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Kelebihan dan kekurangan motor listrik

Kelebihan dan kekurangan motor listrik
Sumber: smoot.id

Produk motor listrik makin marak di Indonesia. Tentu saja ada beberapa alasan yang harus Anda pertimbangkan untuk beralih ke motor listrik.


  • Pajak yang rendah

Untuk mendukung masyarakat beralih ke motor listrik, pemerintah Indonesia menawarkan pajak yang lebih rendah untuk motor listrik. Tentu saja pajak motor listrik lebih murah dibandingkan motor biasanya.


  • Lebih ramah lingkungan

Tidak seperti motor biasa, motor listrik menggunakan baterai agar dapat berjalan. Penggunaan baterai ini dirasa lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi gas yang berbahaya.


  • Tidak menghasilkan suara yang bising

Motor biasa menggunakan knalpot sebagai pembuangan. Namun, tidak demikian dengan motor listrik. Alhasil, motor listrik tidak mengeluarkan suara knalpot yang bising.


  • Harga perawatannya lebih irit

Jika motor biasa menggunakan oli, tidak demikian dengan motor listrik. Dengan begitu, biaya perawatan motor listrik terbilang lebih irit. Pengisian daya untuk motor listrik pun lebih murah, hanya sekitar Rp5.000 saja per sekali pengisian daya. Hal ini tentu sangat berbeda jauh dengan harga bahan bakar minyak.


Meski memiliki beberapa kelebihan, motor listrik masih punya kekurangan. Nah, poin kekurangan ini juga perlu Anda ketahui sebelum membeli motor listrik.

  • Tempat pengisian daya motor listrik masih sangat terbatas. Baterai motor listrik sebetulnya bisa diisi di rumah. Namun, Anda bisa saja kehabisan daya saat dalam perjalanan. Tempat pengisian daya motor listrik disebut stasiun penyedia listrik umum (SPLU) ataupun battery swap. Tempat ini masih sangat terbatas dan hanya ada di kota tertentu saja.
  • Motor listrik yang nyaris tanpa suara dianggap kurang aman. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, motor listrik memang tidak bising dan tidak mengeluarkan suara. Hal ini dianggap kurang nyaman, apalagi di gang. Orang mungkin tidak bisa mengira ada motor di belokan yang tajam sehingga dapat terjadi kecelakaan.
  • Motor listrik tidak sanggup mengangkut bawaan yang terlalu berat. Makin berat bawaan Anda, makin cepat pula baterai motor habis.
  • Bengkel motor listrik masih sangat terbatas. Hal ini juga menjadi salah satu pertimbangan karena bengkelnya belum banyak tersedia.

Apakah Anda tertarik menggunakan motor listrik? Kami memiliki artikel yang membahas tentang berbagai pilihan motor listrik yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda penasaran dengan motor listrik lainnya, cek artikel kami dalam tautan ini, ya!

Cara memilih Motor Listrik Murah

Motor listrik tersedia dalam beragam pilihan harga, mulai dari belasan sampai puluhan juta rupiah. Kali ini kami akan berbagi tips untuk memilih motor listrik yang harganya di bawah 20 juta rupiah. Simak poin-poin berikut ini. ya!

1

Pilih motor dengan baterai SLA yang harganya lebih terjangkau

Pilih motor dengan baterai SLA yang harganya lebih terjangkau

Ada dua jenis baterai yang digunakan untuk motor listrik, yaitu baterai timbal dan lithium. Baterai timbal atau lead-acid (SLA) dikenal dengan nama aki. Jenis baterai SLA ini adalah jenis baterai isi ulang yang dikenal murah dan mudah didaur ulang. Jadi, motor listrik yang menggunakan baterai SLA bisa dijual dengan harga murah, sekitar belasan juta.


Meski harganya tergolong murah, kapasitas baterai SLA tidak sebesar baterai lithium. Bobot baterai SLA pun lebih berat dibandingkan lithium.

2

Kenali spesifikasi motor listrik

Kenali spesifikasi motor listrik
Sumber: smoot.id

Mencari tahu spesifikasi motor listrik menjadi poin penting. Meski harganya murah, sebisa mungkin pilihlah motor listrik dengan spesifikasi terbaik. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi motor listrik yang perlu Anda pertimbangkan.


  • Jarak tempuh maksimal yang bisa ditempuh motor sampai baterai habis. Jarak tempuh maksimal ini adalah perkiraan jarak yang bisa ditempuh motor listrik dengan pengendara saja. Adanya barang bawaan, penumpang, serta kecepatan akan memengaruhi jarak tempuh maksimal tersebut.
  • Pastikan kapasitas angkut motor listrik. Motor listrik dapat mengangkut beban sampai 150 kg. Makin berat beban yang diangkut, makin lamban pula kecepatannya.
  • Cari tahu kecepatan maksimal motor listrik. Motor listrik yang terbilang murah biasanya memiliki kecepatan maksimal sekitar 50 km/jam. Perlu Anda ketahui, makin cepat motor laju motor listrik, makin panas pula baterai di dalamnya. Usahakan untuk tidak memacu motor listrik terlalu cepat karena motor listrik tidak dirancang untuk melaju dengan sangat cepat.
  • Daya motor menentukan performa motor. Daya motor akan menentukan tenaga motor listrik. Satuan daya dinilai dengan watt.
3

Cari tahu performa motor listrik

Cari tahu performa motor listrik
Sumber: smoot.id

Anda mungkin tahu motor listrik dari media sosial ataupun iklan. Harga yang murah dan tampilan yang menarik bisa membuat Anda tergoda untuk membelinya. Namun, jangan sampai Anda mendapatkan motor listrik murah dan murahan.


Agar Anda dapat mengetahui performa motor listrik, Anda dapat melihat review di channel YouTube yang membahas tentang otomotif. Pastikan reviewers-nya membahas tentang kelebihan dan kekurangan motor tersebut sebagai pertimbangan untuk Anda.


Selain itu, Anda juga bisa melakukan test drive motor listrik terlebih dahulu. Carilah merek motor listrik yang memiliki toko fisik. Selain dapat melakukan test drive, Anda bisa mengeklaim asuransi dengan mudah. Adanya toko fisik juga membantu Anda mencari spare part resmi untuk motor Anda.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Motor Listrik Murah Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Motor Listrik Murah terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 15 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Power
Jenis baterai
Baterai
Pengisian daya penuh
Kecepatan maksimum
Jarak tempuh
Daya angkut
Pilihan warna
1

Uwinfly

Motor Listrik T3

Uwinfly  Motor Listrik T3 1

Rp9.900.000

Agak Murah

Motor listrik viral yang kekinian, favorit anak muda!

800 watt

Tidak diketahui

60 v 20 Ah

5-6 jam

60 km/jam

50-70 km

200 kg

Kuning, merah, putih, dan sebagainya

2

Smoot

Tempur New Facelift

Smoot  Tempur New Facelift 1

Rp18.500.000

Agak Mahal

Lebih stabil dengan feel seperti motor biasanya

1500 watt

Lithium ion

64V 21.5Ah

Tidak diketahui

60 km/jam

60 km

150 kg

Putih, hitam, merah, abu, biru

3

Viar

New Q1 L

Viar New Q1 L 1

Rp21.520.000

Lebih Mahal

Motor listrik 20 jutaan yang sudah memiliki sistem keamanan teruji

800 watt

Lithium ion

60 v 23,4 Ah

4-5 jam

60 km/jam

60 km

150 kg

Kuning, putih, hitam, hijau muda, biru, merah

4

OFERO

Starrer Max

OFERO  Starrer Max 1

Rp15.998.000

Agak Mahal

Kombinasi sepeda sekaligus motor listrik yang kece dipakai jalan sore

600 watt

SLA

48V - 20 Ah

6-8 jam

43 km/jam

80 km

180 kg

Obsidian green, aurora brown

5

Rakata Motor

Rakata S9

Rakata Motor Rakata S9 1

Rp17.000.000

Agak Mahal

Skuter listrik belasan juta untuk riding jarak dekat

800 watt

Lithium ion

60 v 23,4 Ah

Tidak diketahui

49 km/jam

50-60 km

Tidak diketahui

Putih, merah, abu-abu

6

PROSTREET

Kitkat

PROSTREET Kitkat  1

Rp3.200.000

Lebih Murah

Mungil, asyik dipakai berkeliling di sekitaran rumah

500 watt

SLA

48 v 20 Ah

Tidak diketahui

25 km/jam

60 km

150 kg

Sky blue, green, silver, navy, dan sebagainya

7

Pacific Bike

Exotic Sprinter Prime

Pacific Bike Exotic Sprinter Prime 1

Rp9.800.000

Agak Murah

Skuter listrik di bawah 10 juta yang bisa dibawa melaju jauh

1200 watt

SLA

60 v 20,2 Ah

Tidak diketahui

55 km/jam

55 km

150 kg

Mint green, graphite gray, lemonade yellow, olive green, garnet red

8

Uwinfly

Motor ListrikT5

Uwinfly Motor Listrik 1

Rp15.899.000

Menengah

Desain futuristis dengan speed cukup kencang

2000 watt

Lithium ion

72 v 20 Ah

5 jam

75 km/jam

65 km

150 kg

Hujai toska, hijau army, kuning, hitam

9

Selis

Neo Scootic

Selis Neo Scootic 1

Rp13.500.000

Menengah

Punya banyak tempat penyimpanan, nyaman dibawa mencari cuan!

1500 watt

SLA

60 v 20 Ah

7 jam

40 km/jam

40 km

150 kg

Merah, putih, hitam

10

VOXA

Eiffel Fantasy

VOXA  Eiffel Fantasy 1

Rp4.999.000

Agak Murah

Parkir jadi lebih aman berkat fitur remote alarm-nya

500 watt

Tidak diketahui

48V - 12 Ah

Tidak diketahui

40 km

40 km/jam

100 kg

Pink, tosca, yellow, dark grey, white, black

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Uwinfly Motor Listrik T3

Motor Listrik T3 1
Motor Listrik T3 2
Sumber: shopee.co.id
Motor Listrik T3 3
Sumber: shopee.co.id
Motor Listrik T3 4
Sumber: shopee.co.id
Motor Listrik T3 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp9.900.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp9.900.000
Agak Murah

Motor listrik viral yang kekinian, favorit anak muda!

Sepeda motor listrik Uwinfly ini sempat viral di media sosial TikTok dan Instagram. Pasalnya, motor listrik yang satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan Vespa S. Selain itu, Uwinfly T3 menawarkan pilihan warna yang menarik untuk anak muda. Uwinfly adalah salah satu pilihan motor listrik best seller dengan harga paling terjangkau.

Power800 watt
Jenis bateraiTidak diketahui
Baterai60 v 20 Ah
Pengisian daya penuh5-6 jam
Kecepatan maksimum60 km/jam
Jarak tempuh50-70 km
Daya angkut200 kg
Pilihan warnaKuning, merah, putih, dan sebagainya
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Smoot Tempur New Facelift

Harga referensi
Rp18.500.000
Agak Mahal

Lebih stabil dengan feel seperti motor biasanya

Smoot Tempur New Facelift memiliki desain seperti motor pada umumnya. Ukuran motor ini memang cukup tinggi dengan bobot yang mirip dengan motor biasanya. Meski begitu, motor ini terbilang lebih stabil dan enteng untuk dibawa berkendara. 


Anda pun cukup gas sedikit saja agar motor ini dapat melaju. Motor listrik Smoot Tempur cocok sekali untuk Anda yang baru beralih ke motor listrik karena feel-nya seperti motor biasa.

Power1500 watt
Jenis bateraiLithium ion
Baterai64V 21.5Ah
Pengisian daya penuhTidak diketahui
Kecepatan maksimum60 km/jam
Jarak tempuh60 km
Daya angkut150 kg
Pilihan warnaPutih, hitam, merah, abu, biru
View all
No.3

ViarNew Q1 L

Harga referensi
Rp21.520.000
Lebih Mahal

Motor listrik 20 jutaan yang sudah memiliki sistem keamanan teruji

Anda pasti sudah sering melihat motor yang satu ini atau bahkan pernah menjadi penumpangnya. Iya, motor yang satu ini adalah motor listrik yang sering digunakan oleh armada Grab Indonesia. Jika Anda masih bingung tentang motor listrik murah berkualitas, Viar Q1 L patut Anda pertimbangkan.


Viar Q1 L memiliki sistem keamanan yang baik. Saat alarmnya menyala, roda belakangnya langsung otomatis terkunci. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir motor listrik Anda dibawa maling.

Power800 watt
Jenis bateraiLithium ion
Baterai60 v 23,4 Ah
Pengisian daya penuh4-5 jam
Kecepatan maksimum60 km/jam
Jarak tempuh60 km
Daya angkut150 kg
Pilihan warnaKuning, putih, hitam, hijau muda, biru, merah
View all
No.4

OFERO Starrer Max

Harga referensi
Rp15.998.000
Agak Mahal

Kombinasi sepeda sekaligus motor listrik yang kece dipakai jalan sore

Desain kece dari sepeda motor listrik satu ini patutnya tidak dilewatkan oleh Anda yang tinggal di perkotaan. Bodinya yang ramping enak dipakai berkeliling melepas penat saat pagi atau sore hari bersama si kecil. Anda bisa menikmati pemandangan dengan nyaman karena seat-nya terbuat dari bahan lembut.


Ditambah lagi, material sepeda motor listrik ini water resistance sehingga Anda tidak perlu risau ketika di jalan tiba-tiba hujan. Rangkanya juga kuat karena mampu menahan bobot maksimal sampai 180 kg. Menarik bukan?

Power600 watt
Jenis bateraiSLA
Baterai48V - 20 Ah
Pengisian daya penuh6-8 jam
Kecepatan maksimum43 km/jam
Jarak tempuh80 km
Daya angkut180 kg
Pilihan warnaObsidian green, aurora brown
View all
No.5

Rakata MotorRakata S9

Harga referensi
Rp17.000.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp17.000.000
Agak Mahal

Skuter listrik belasan juta untuk riding jarak dekat

Rakata juga memiliki skuter listrik di bawah 20 jutaan. Motor Rakata S9 dengan body yang imut ini dijual dengan harga belasan juta. Desain skuter ini cocok sekali digunakan oleh para wanita karena tidak terlalu tinggi. Anda bisa memilih Rakata S9 untuk menempuh jarak yang dekat. Lalu, Rakata S9 juga diklaim dapat menempuh tanjakan dengan kemiringan 30 derajat.


Rakata S9 menggunakan disc brake dan suspensi ganda. Suspensi belakangnya sudah menggunakan dual shock. Menariknya, skuter ini memiliki sandaran kecil di bagian belakangnya. Model ini membuat skuter ini lebih nyaman digunakan untuk membawa penumpang.

Power800 watt
Jenis bateraiLithium ion
Baterai60 v 23,4 Ah
Pengisian daya penuhTidak diketahui
Kecepatan maksimum49 km/jam
Jarak tempuh50-60 km
Daya angkutTidak diketahui
Pilihan warnaPutih, merah, abu-abu
View all
No.6

PROSTREETKitkat

Harga referensi
Rp3.200.000
Lebih Murah

Mungil, asyik dipakai berkeliling di sekitaran rumah

Sepeda motor listrik Kitkat ini pas untuk Anda yang mencari kendaraan murah untuk dipakai berkeliling sekitaran rumah. Anda bisa memanfaatkannya ketika membeli sayur, pergi ke warung, atau membeli kebutuhan rumah.


Modelnya yang mungil dilengkapi dengan keranjang menyuguhkan looks menggemaskan. Berkat hal itu, Anda bisa menaruh belanjaan di keranjang tanpa perlu repot menenteng tas belanja.

Power500 watt
Jenis bateraiSLA
Baterai48 v 20 Ah
Pengisian daya penuhTidak diketahui
Kecepatan maksimum25 km/jam
Jarak tempuh60 km
Daya angkut150 kg
Pilihan warnaSky blue, green, silver, navy, dan sebagainya
View all
Harga referensi
Rp9.800.000
Agak Murah

Skuter listrik di bawah 10 juta yang bisa dibawa melaju jauh

Exotic Sprinter Prime adalah motor listrik yang mirip dengan Vespa matic. Desain bagian belakang, depan, jok, dan spionnya benar-benar mirip dengan Vespa matic. Dengan jarak tempuh sekitar 100 km, Anda tetap merasa nyaman berkendara. Tentu saja sepeda motor listrik ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki budget terbatas.

Power1200 watt
Jenis bateraiSLA
Baterai60 v 20,2 Ah
Pengisian daya penuhTidak diketahui
Kecepatan maksimum55 km/jam
Jarak tempuh55 km
Daya angkut150 kg
Pilihan warnaMint green, graphite gray, lemonade yellow, olive green, garnet red
View all
No.8

UwinflyMotor ListrikT5

Harga referensi
Rp15.899.000
Menengah
Harga referensi
Rp15.899.000
Menengah

Desain futuristis dengan speed cukup kencang

Jalan-jalan di perkotaan akan makin asyik dengan kendaraan yang ramah lingkungan, layaknya motor listrik satu ini. Desainnya keren plus futuristis bisa bikin si pemakai makin terlihat trendi. Terlebih, bahan bakarnya menggunakan daya baterai yang tidak menciptakan polusi udara.


Untuk masalah speed juga tidak perlu khawatir karena motor listrik ini bisa melaju hingga 75 km/jam. Hal itu berkat kapasitas power sebesar 2000 watt yang menyokong tenaga dari mesin motor, keren!

Power2000 watt
Jenis bateraiLithium ion
Baterai72 v 20 Ah
Pengisian daya penuh5 jam
Kecepatan maksimum75 km/jam
Jarak tempuh65 km
Daya angkut150 kg
Pilihan warnaHujai toska, hijau army, kuning, hitam
View all
No.9

SelisNeo Scootic

Harga referensi
Rp13.500.000
Menengah

Punya banyak tempat penyimpanan, nyaman dibawa mencari cuan!

Untuk motor listrik murah yang nyaman digunakan, Selis Neo Scootic bisa Anda pertimbangkan. Motor listrik model skuter ini memiliki suspensi yang mumpuni sehingga lebih nyaman dikendarai. 


Motor dari Selis ini memiliki bagasi plus satu kompartemen tambahan. Jadi, motor ini cocok sekali bagi Anda yang ingin mulai bergabung dengan aplikasi ojek online untuk pengantaran barang.

Power1500 watt
Jenis bateraiSLA
Baterai60 v 20 Ah
Pengisian daya penuh7 jam
Kecepatan maksimum40 km/jam
Jarak tempuh40 km
Daya angkut150 kg
Pilihan warnaMerah, putih, hitam
View all
No.10

VOXA Eiffel Fantasy

Harga referensi
Rp4.999.000
Agak Murah

Parkir jadi lebih aman berkat fitur remote alarm-nya

Anda khawatir keamanan motor saat parkir di area umum? Tenang, sepeda motor listrik lucu satu ini dilengkapi sistem keamanan yang bagus. Motor listrik ini memiliki remote alarm yang dapat memberikan sinyal saat motor disentuh orang lain. Jadi, parkir lebih aman dan tenang, bukan?


Ditambah lagi, desainnya ramping dengan balutan warna menggemaskan, cocok untuk Anda yang tinggal di perkotaan. Anda jadi lebih terlihat kece saat memakai sepeda motor listrik ini untuk antar jemput si kecil ke sekolah.

Power500 watt
Jenis bateraiTidak diketahui
Baterai48V - 12 Ah
Pengisian daya penuhTidak diketahui
Kecepatan maksimum40 km
Jarak tempuh40 km/jam
Daya angkut100 kg
Pilihan warnaPink, tosca, yellow, dark grey, white, black
View all

5 Rekomendasi Motor Listrik Murah terbaik

No. 1: Uwinfly Motor Listrik T3

No. 2: Smoot Tempur New Facelift

No. 3: ViarNew Q1 L

No. 4: OFERO Starrer Max

No. 5: Rakata MotorRakata S9

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Otomotif
  3. Mobil & motor
  4. 10 Rekomendasi Motor Listrik Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.