mybest
Akuntansi

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Program & aplikasi
  3. Aplikasi
  4. 10 Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024)

Saat ini memiliki kartu kredit sudah menjadi hal umum. Penggunaan kartu kredit akan memudahkan berbagai transaksi keuangan, terutama di zaman cashless dan serbadigital seperti sekarang. Anda bisa berbelanja tanpa perlu menarik tunai. Jika sering berlibur ke luar negeri, penggunaan kartu kredit juga sangat praktis. Pasalnya, Anda tidak perlu repot menukarkan uang ke money changer.


Ada banyak pilihan kartu kredit yang tersedia dengan berbagai fasilitas dan keuntungannya. Jadi, sebelum memilih kartu kredit terbaik, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Pembuatan artikel ini bekerja sama dengan praktisi keuangan, Yayu Novianti, ME.

Diperbaharui 14/07/2023
Yayu Noviyanti, ME
Pakar
Praktisi Keuangan
Yayu Noviyanti, ME

Yayu Noviyanti, ME merupakan praktisi industri keuangan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Parahyangan dan Magister Ekonomi Universitas Padjadjaran Bandung. Selain berpengalaman sebagai analyst di Pasar Modal Indonesia serta Financial Teknologi, Yayu Noviyanti memiliki beberapa sertifikasi industri keuangan, seperti APERD, WPPE dan AAJI. Ia juga pernah mengikuti berbagai pelatihan di industri keuangan, salah satunya adalah Perencanaan Keuangan Syariah. Anda dapat menyapanya di Instagram untuk mengetahui lebih banyak mengenai dunia keuangan dan investasi.

Profil Yayu Noviyanti, ME
Lanjut membaca
Ervina Sari
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ervina Sari

Ervina Sari, biasa dipanggil Vina, menyukai berbagai hal mengenai makeup dan skincare semenjak SMA. Menurutnya, makeup sama seperti menggoreskan karya seni di wajah. Ketika kuliah, ia juga mengisi waktu luangnya dengan menjadi English interpreter dan student tutor. Ia pun hobi bereksperimen dengan berbagai masakan. Makanan lezat adalah bahan bakar terbaik untuk otak, bukan? Kini, Vina bekerja sebagai editor mybest sembari menikmati waktu bersama keluarganya tercinta. Sebagai lulusan fakultas ekonomi di bidang pemasaran, ia mampu merekomendasikan produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut juga ditunjang dengan pengalaman bekerja bertahun-tahun sebagai professional marketer.

Profil Ervina Sari
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Bekerja sama dengan pakar: Cara memilih kartu kredit

Kartu kredit adalah sistem pembayaran nontunai yang membuat Anda bisa melakukan pembelanjaan dengan memanfaatkan kredit dari bank penerbit. Kredit ini diberikan dalam jangka waktu dan limit tertentu yang harus dibayar saat jatuh tempo. Nah, untuk membantu Anda memilih, berikut poin-poin yang harus Anda perhatikan.

1

Carilah yang limitnya sesuai dengan kebutuhan

Mempertimbangkan limit kartu kredit adalah langkah bijaksana pertama yang harus Anda ambil saat memutuskan untuk menggunakan kartu kredit. Berikut beberapa poin yang harus Anda perhatikan terkait limit kartu kredit.

Limit kredit, sebaiknya hindari menggunakan limit di luar kemampuan Anda

Limit kredit, sebaiknya hindari menggunakan limit di luar kemampuan Anda

Sesuaikan limit kartu kredit Anda dengan pengeluaran bulanan. Biasanya bank memberikan limit sesuai dengan profil penghasilan Anda. Namun, bukan berarti Anda harus menggunakan limit yang diberikan secara maksimal. Sebaiknya hindari juga penggunaan kartu kredit yang melebihi limit karena bank akan mengenakan biaya over limit.

Sering kali kartu kredit dianggap sebagai alat untuk berutang sehingga banyak orang menggunakannya untuk berbelanja di luar kemampuan membayar. Jika ini terjadi, jangan heran banyak yang terlilit utang kartu kredit. Oleh karena itu, tetaplah bijak menggunakan kartu kredit sebagai alat bantu pembayaran untuk menghindari Anda dari jebakan utang.

Pembayaran tagihan, membayar tepat waktu akan menghindarkan Anda dari denda keterlambatan

Pembayaran tagihan, membayar tepat waktu akan menghindarkan Anda dari denda keterlambatan

Selalu upayakan untuk membayar tepat waktu untuk menghindari denda keterlambatan. Ketika Anda menggunakan kartu kredit di luar kemampuan, tagihan juga akan membengkak. Jika tidak mampu membayarnya, Anda akan dikenakan denda keterlambatan yang tinggi dan terjebak dalam tumpukan utang.

Mungkin Anda bisa membayar tagihan yang menumpuk dengan cara mencicilnya. Namun, perlu diingat, jika membayar tagihan dengan cara dicicil, Anda perlu juga membayar bunga cicilannya.

2

Ketahui berbagai biaya yang dikenakan

Kartu kredit memang memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Namun, ada pula biaya-biaya yang dibebankan oleh kartu kredit kepada penggunanya. Mari simak beberapa jenis biaya yang lazim dijumpai di bawah ini.

Biaya tahunan: Biaya yang dibebankan untuk penggunaan kartu kredit setiap tahun

Biaya tahunan: Biaya yang dibebankan untuk penggunaan kartu kredit setiap tahun

Pengguna kartu kredit biasanya dikenakan biaya tahunan yang beragam. Bank akan mengenakan biaya yang berbeda untuk setiap jenis kartu kredit. Biaya tahunan kartu kredit platinum tentu akan lebih mahal dari kartu kredit gold. Makin banyak fasilitas yang didapat pengguna kartu kredit, maka biaya tahunan biasanya juga akan kian besar.

Terkadang ada bank penerbit kartu kredit yang membebaskan biaya tahunan, tetapi tentu saja fasilitasnya juga akan makin sedikit. Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas kartu kredit yang bebas biaya tahunan pada tahun pertama. Namun, tidak semua bank menawarkan fasilitas tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan kartu tambahan untuk anggota keluarga lain, kartu tambahan ini pun akan dibebankan biaya tahunan. Biasanya besaran biaya tahunan kartu tambahan lebih kecil dari pada kartu utama. Ada pula beberapa bank yang membebaskan biaya tahunan untuk kartu utama dan kartu tambahan. Misalnya saja, Bank Sinarmas dan Bank CIMB Niaga.

Biaya keterlambatan dan biaya lainnya: Biaya yang muncul seiring dengan pemakaian kartu kredit

Biaya keterlambatan dan biaya lainnya: Biaya yang muncul seiring dengan pemakaian kartu kredit

Biaya keterlambatan akan dibebankan jika Anda terlambat membayar sesuai tanggal jatuh tempo. Biasanya bank mengenakan denda keterlambatan hingga 3% dan maksimal 150 ribu rupiah. Namun, hingga akhir 2022, Bank Indonesia memberikan relaksasi denda dan pembayaran minimal kartu kredit. Saat ini, denda keterlambatan menjadi 1% dari total tagihan dan maksimal 100 ribu rupiah.

Selain biaya keterlambatan, ada pula biaya lainnya yang dibebankan, seperti biaya bunga, biaya tarik tunai, hingga biaya cetak tagihan. Anda dapat menyiasati biaya-biaya tersebut dengan menguranginya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja, alih-alih mencetak tagihan dalam bentuk kertas, Anda bisa memilih pengiriman tagihan melalui e-mail. Dengan begitu, Anda tidak perlu membayar biaya cetak tagihan.

3

Pastikan Anda memanfaatkan berbagai fasilitas promo dan reward

Kartu kredit memiliki banyak fasilitas promo yang bisa memaksimalkan kepuasan Anda dalam berbelanja. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Cashback, untuk mendapat manfaat optimal dari penggunaan kartu kredit

Cashback, untuk mendapat manfaat optimal dari penggunaan kartu kredit

Banyak kartu kredit yang menawarkan program cashback untuk transaksi di merchant online ataupun offline. Carilah program cashback yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, jika Anda sering berbelanja di salah satu supermarket, pilihlah kartu kredit yang menawarkan cashback di supermarket tersebut. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan manfaat dari penggunaan kartu kredit.

Ada banyak program cashback yang ditawarkan, Anda tentu perlu jeli untuk memilih program cashback yang cocok. Terkadang ada program cashback yang hanya dapat digunakan untuk produk tertentu yang tidak Anda butuhkan.

Promo dan reward, bisa disesuaikan dengan profil dan kebutuhan Anda

Promo dan reward, bisa disesuaikan dengan profil dan kebutuhan Anda

Bank penerbit kartu kredit biasanya sering mengadakan promo. Ada banyak promo yang menguntungkan sesuai dengan kebutuhan dan profil Anda. Jika Anda sering melakukan perjalanan bisnis, pilihlah kartu kredit yang menawarkan fasilitas semisal lounge gratis dan promo tiket pesawat. Ada pula poin reward yang dapat dimanfaatkan untuk berbelanja.

Untuk Anda yang ingin mencicil pembelian barang dengan kartu kredit, pilihlah kartu kredit yang menawarkan cicilan bunga 0%. Dengan fasilitas cicilan bunga 0% ini, Anda dapat melunasi pembelian barang dalam beberapa bulan. Tidak semua bank menawarkan fasilitas bunga 0%. Beberapa bank yang mengeluarkan fasilitas tersebut di antaranya adalah BRI, BNI, BCA, CIMB Niaga, dan Mandiri.

4

Pilih kartu kredit yang menjamin keamanan penggunanya

Pilih kartu kredit yang menjamin keamanan penggunanya

Sebagai pengguna kartu kredit, Anda perlu melakukan pemantauan pada setiap transaksi. Aktifkan notifikasi baik melalui email maupun SMS untuk memantau aktivitas transaksi. Jika ada transaksi yang mencurigakan, segera laporkan ke bank penerbit kartu untuk meminta pembatalannya. Bank biasanya memberikan waktu untuk melakukan sanggahan atas transaksi tersebut.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi kartu kredit terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kartu kredit terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan popularitas bank penerbit, jenis kartu kredit sesuai gaya hidup, dan promo yang ditawarkan.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

  1

Belanja di Shopee makin hemat dengan kartu kredit Mandiri Shopee

2

  1

Nikmati berbagai keuntungan cashback dalam pembelanjaan harian Anda

3

  1

Beli bahan bakar dapat cashback hingga 5%!

4

  1

Pakai kartu kredit mendapat perlindungan asuransi

5

  1

Transaksi nyaman dengan kartu kredit syariah

6

  1

Approval-nya hanya butuh waktu 60 detik, lho!

7

  1

Kumpulkan poin Air Asia dengan lebih cepat

8

  1

Sahabat tepat untuk Anda yang sering memakai Traveloka

9

  1

Rutin isi BBM? Pakai kartu ini, isi BBM selalu dapat cashback

10

  1

Dapatkan potongan harga di berbagai jaringan CT Corp

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

 1
Sumber: mandirikartukredit.com

Belanja di Shopee makin hemat dengan kartu kredit Mandiri Shopee

Kelebihan:

  • Program cashback koin Shopee sangat menguntungkan untuk Anda yang rutin berbelanja melalui Shopee

Kekurangan:

  • Penggunaan kartu kredit hanya bisa optimal jika digunakan bersamaan dengan Shopee, tidak dengan marketplace lainnya

Anda sering berbelanja di Shopee? Kalau begitu, kartu kredit yang merupakan kerja sama antara Bank Mandiri dan marketplace Shopee dapat menjadi pilihan. Anda akan mendapatkan welcome bonus sebanyak 100.000 koin Shopee.

Selain itu, setiap belanja Rp1.000,00 akan mendapat satu koin Shopee. Lalu, untuk produk food and beverage Anda akan mendapat lima koin Shopee. Kartu Mandiri Shopee ini gratis biaya tahunan untuk satu tahun pertama. Dengan penghasilan minimal sebesar tiga juta rupiah, Anda sudah dapat mengajukan kartu kredit.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Nikmati berbagai keuntungan cashback dalam pembelanjaan harian Anda

Kelebihan:

  • Menawarkan program cashback dengan besaran bervariasi

Kekurangan:

  • Limit kartu tergolong kecil, tidak bisa digunakan untuk pembelian dalam jumlah besar

Kartu kredit terbitan Bank BRI ini ditujukan untuk memudahkan transaksi Anda sehari-hari. Kartu Easy Card memberikan limit awal sebesar tiga juta rupiah. Berbagai cashback dapat Anda nikmati ketika menggunakan kartu ini. Ada cashback 1% untuk penarikan tunai di ATM dan cashback 2% untuk pembelanjaan di swalayan. Untuk Anda yang mengisi bensin di SPBU, ada juga cashback sebesar 3%.

Melalui aplikasi milik BRI, yaitu BRIMO, pembayaran dengan QR code juga menjadi kian mudah. Anda dapat menggunakan limit kartu kredit BRI Anda sebagai sumber dana.

No.3

Beli bahan bakar dapat cashback hingga 5%!

Kelebihan:

  • Kepemilikan kartu kredit BCA sudah mendapat asuransi kecelakaan perjalanan secara otomatis
  • Bekerja sama dengan banyak merchant yang memberikan diskon menarik

Kekurangan:

  • Kartu hilang atau rusak dikenakan biaya penggantian sebesar Rp50.000,00

BCA Everyday Card membebaskan biaya tahunan untuk tahun pertama. Kartu ini memberikan kemudahan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Merupakan kartu kredit entry level dari Bank BCA sehingga syarat pengajuannya pun mudah. Melalui fitur autopay BCA, Anda dapat merangkum semua tagihan ke dalam satu pembayaran kartu ini.

BCA Everyday juga memberikan cashback hingga 5% di supermarket yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari hari. Tidak hanya belanja di supermarket, setiap pembelian bahan bakar kendaraan di SPBU pun mendapat cashback 5%.

No.4

Pakai kartu kredit mendapat perlindungan asuransi

Kelebihan:

  • Memberikan asuransi perjalanan dan fasilitas airport lounge yang membuat perjalanan makin nyaman
  • Semua pembelanjaan retail senilai minimum Rp500.000,00 dapat diubah menjadi skema cicilan 0% selama 3 bulan

Kekurangan:

  • Anda harus memiliki penghasilan minimum Rp7.500.000,00 per bulan agar bisa apply

Jika Anda membutuhkan kartu kredit untuk mewujudkan rencana travelling, kartu CIMB Travel Card dapat menjadi pilihan. Berbagai fitur menarik dapat Anda nikmati, misalnya bebas biaya tahunan untuk kartu utama pada tahun pertama. Bahkan, jika Anda mendaftar credit protector, biaya tahunan pada tahun kedua dan seterusnya pun bisa bebas.

Bertransaksi menggunakan kartu kredit ini akan membuat Anda mendapatkan poin Xtra. Poin Xtra Visa Travel Card dapat ditukarkan ke mileage airlines baik Garuda Miles maupun Air Asia Miles. Dengan menggunakan kartu ini, Anda juga akan otomatis mendapatkan perlindungan asuransi sehingga travelling pun menjadi nyaman.

Transaksi nyaman dengan kartu kredit syariah

Kelebihan:

  • Nilai tukar kompetitif untuk mata asing, terutama untuk perjalanan umroh atau haji

Kekurangan:

  • Program reward dan promo yang ditawarkan tidak sekompetitif kartu kredit dari bank lain

Kartu kredit CIMB Niaga Syariah Gold dapat menjadi pilihan untuk Anda yang menginginkan kartu kredit syariah. Seluruh transaksi dilakukan sesuai dengan akad-akad syariah, yaitu akad kafalah, ijarah, dan qardh. Kartu ini memberikan fasilitas bebas biaya tahunan dengan mengikuti credit protector, yaitu asuransi untuk melindungi kartu kredit Anda.

Berbagai fasilitas dapat Anda nikmati melalui kartu ini. Salah satunya adalah nilai tukar yang kompetitif ketika bertransaksi dengan mata uang asing. Selain itu, ada pula fasilitas quick pay, oto pay, hingga fasilitas tarik tunai yang akan memudahkan Anda dalam bertransaksi.

Approval-nya hanya butuh waktu 60 detik, lho!

Kelebihan:

  • Pembelian tiket BOGOF di The Premier dan Cinema XXI setiap hari Kamis
  • Bisa mendapat hingga lima kali poin rewards untuk pembelian groceries dan bensin

Kekurangan:

  • Biaya tahunan kartu tergolong tinggi, mencapai Rp700.000,00

Kartu kredit ini merupakan kartu kredit digital dengan approval hanya 60 detik. Setelah verifikasi berhasil, kartu kredit dalam bentuk digitalnya dapat langsung digunakan, sementara kartu fisik akan dikirimkan dalam 2 minggu. Anda juga akan mendapat cashback hingga Rp250.000,00 jika memenuhi ketentuan.

Fasilitas pay later 3 bulan dengan cicilan 0% juga dapat dinikmati oleh Anda yang menggunakan kartu ini. Selain itu, untuk Anda yang hobi nonton, ada program Buy 1 Get 1 tiket nonton di The Premier dan Cinema XXI. Nonton sama pasangan jadi lebih hemat, bukan?

Kumpulkan poin Air Asia dengan lebih cepat

Kelebihan:

  • Pengumpulan poin Air Asia jadi lebih cepat dan mudah menggunakan kartu kredit ini
  • Mendapat prioritas dalam check in, boarding, dan Xpress baggage

Kekurangan:

  • Biaya tahunan yang dibebankan cukup besar

Jika Anda sering bepergian menggunakan Air Asia, Anda dapat mengumpulkan point lebih cepat hingga tujuh kali dengan kartu ini. Anda juga dapat menikmati 3.000 welcome point jika pengajuan kartu disetujui. Poin yang dikumpulkan juga dapat ditukarkan menjadi tiket penerbangan, hotel, Air Asia food, hingga Air Asia beauty.

Kartu ini juga bebas biaya tahunan pada tahun pertama baik untuk kartu utama maupun kartu tambahan. Anda juga dapat menikmati fasilitas priority check in hingga program cicilan 0% sampai 3 bulan.

Sahabat tepat untuk Anda yang sering memakai Traveloka

Kelebihan:

  • Memberikan berbagai program diskon dan pengumpulan poin Traveloka yang menarik

Kekurangan:

  • Minimum pendapatan harus mencapai lima juta rupiah agar bisa apply kartu kredit ini

Untuk Anda yang sering traveling menggunakan Traveloka, Bank Mandiri mengeluarkan kartu kredit Mandiri Traveloka. Welcome bonus sebanyak satu juta poin Traveloka senilai satu juta rupiah akan diberikan untuk pengguna baru yang memenuhi persyaratan. Keuntungan tambahan seperti asuransi perjalanan serta berbagai diskon untuk setiap transaksi melalui aplikasi Traveloka pun tersedia.

Mandiri Traveloka juga bekerja sama dengan travel agent seperti Dwi Daya Tour untuk paket wisata tujuan domestik atau internasional. Pengguna kartu ini akan mendapat kemudahan untuk mencicil paket wisata tersebut dengan biaya yang kompetitif.

Rutin isi BBM? Pakai kartu ini, isi BBM selalu dapat cashback

Kelebihan:

  • Cashback yang diberikan untuk pembelian BBM di SPBU Pertamina tergolong tinggi

Kekurangan:

  • Cashback maksimal dari pembelian bensin dibatasi, yakni sebesar satu juta rupiah per bulan atau 3% dari kredit limit

Produk ini ditujukan untuk nasabah umum, karyawan Pertamina, ataupun karyawan anak perusahaan Pertamina. Jika menjadi nasabah kartu ini, Anda bisa mendapat cashback sebesar satu juta rupiah untuk transaksi pembelian BBM di Pertamina. Namun, ada syarat untuk cashback ini, yakni akumulasi cashback tidak lebih dari satu juta rupiah atau 3% dari limit.

Khusus untuk pemegang kartu kredit BNI Pertamina Platinum, Anda dapat menggunakan Airport Lounge di Bandara Soekarno Hatta saat bepergian. Untuk mengajukan kartu Platinum, Anda harus memiliki penghasilan minimal 84 juta per tahun.

Dapatkan potongan harga di berbagai jaringan CT Corp

Kelebihan:

  • Pemberian diskon yang menarik di berbagai jaringan CT Corp

Kekurangan:

  • Biaya penggantian kartu rusak/hilang tergolong mahal dibandingkan kartu kredit lainnya, mencapai Rp200.000,00
  • Biaya over limit yang dibebankan lebih besar daripada kartu kredit bank lainnya, senilai Rp250.000,00

Kartu Mega Gold Card memberi kemudahan dalam bertransaksi sehari-hari. Sebagai jaringan dari CT Corp, Anda dapat menikmati diskon 10% di Metro Department Store tanpa minimum transaksi. Untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, pemilik kartu ini dapat memanfaatkan diskon di Transmart sebesar 10%.

Jika Anda suka menginap di jaringan hotel Trans, kartu Mega Gold Card juga memberikan diskon hingga 50%. Selain hotel, kartu ini juga memberikan diskon di Baskin Robbins, The Coffee Bean & Tea Leaf, dan Wendy’s.

Tips dari praktisi keuangan kami, Yayu Noviyanti, ME

Tips dari praktisi keuangan kami, Yayu Noviyanti, ME

Jangan pernah memberitahukan nomor kartu, PIN, dan Card Verification Value (CVV) kepada siapa pun. Nomor kartu kredit dan CCV biasanya diperlukan untuk melakukan transaksi online. Ketika melakukan transaksi online, tetaplah waspada dan jangan pernah menggunakan fasilitas Wi-Fi publik.

Tetap berhati-hati ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit. Jangan sampai kartu kredit hilang ataupun dicuri orang. Segera hubungi bank penerbit kartu kredit jika kartu Anda hilang.

Baca juga rekomendasi berbagai aplikasi keuangan di sini

Dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, Anda juga akan kian dimudahkan dengan berbagai aplikasi keuangan yang tersedia. Di bawah ini kami sudah merangkum berbagai aplikasi yang mungkin Anda butuhkan. Jika tertarik, silakan klik langsung tautan berikut!

Kesimpulan

Setelah membaca rekomendasi di atas, Anda mungkin sudah mendapatkan gambaran kartu yang akan dipilih. Penggunaan kartu kredit sangat praktis untuk berbagai transaksi, baik bisnis maupun pribadi. Berbagai fasilitas dan keuntungan berupa cashback, reward, dan diskon produk sangatlah menguntungkan.

Meski demikian, Anda tetap harus bijak dalam menggunakan kartu kredit. Alih-alih mempermudah transaksi, jika terlena justru malah dapat merugikan. Ingatlah bahwa kartu kredit adalah alat bantu pembayaran, bukan kartu utang.

5 Rekomendasi Kartu Kredit terbaik

No. 1:

No. 2:

No. 3:

No. 4:

No. 5:

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Program & aplikasi
  3. Aplikasi
  4. 10 Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik - Bekerja Sama dengan Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.