mybest
AC

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Penyejuk & pembersih udara
  4. 10 Rekomendasi AC 1 PK Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC]
  • 10 Rekomendasi AC 1 PK  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC] 1
  • 10 Rekomendasi AC 1 PK  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC] 2
  • 10 Rekomendasi AC 1 PK  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC] 3
  • 10 Rekomendasi AC 1 PK  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC] 4
  • 10 Rekomendasi AC 1 PK  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC] 5

10 Rekomendasi AC 1 PK Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC]

AC 1 PK adalah pendingin yang cocok untuk ruangan seluas 15–18 meter persegi. Karena AC ini biasa digunakan untuk ruangan luas, daya yang dibutuhkannya juga besar. Meskipun demikian, AC 1 PK low watt juga tersedia di pasaran.

Supaya Anda menemukan AC 1 PK terbaik, ikutilah tips memilihnya dari kami. Berbagai produk dari merek AC 1 PK yang bagus juga akan kami ulas, seperti Polytron, Midea, dan Hisense. Artikel ini sudah ditinjau oleh asesor BNSP bidang AC kami, Robert Johan. Mari temukan produk dengan harga dan fitur yang tepat untuk Anda!

Diperbaharui 27/03/2024
Robert Johan
Pakar
Teknisi dan Asesor BNSP Bidang AC
Robert Johan

Robert Johan adalah insinyur dengan latar belakang bidang elektronika. Beliau menjadi praktisi bidang AC split sejak 2004 sampai 2018. Beliau juga menjadi instruktur pelatihan di berbagai lembaga, salah satunya instruktur refrigeran hidrokarbon yang diproduksi oleh Pertamina (Musicool MC-22). Selain itu, beliau juga menjadi instruktur kompetensi hidrokarbon Musicool untuk beberapa universitas dalam negeri. Selain menjadi instruktur pelatihan, Robert juga memiliki pengalaman kerja yang meliputi instalasi, maintenance, dan repair AC split residential. Beliau juga menjadi asesor uji kompetensi sertifikasi BNSP bidang teknisi AC residential sejak 2015 hingga sekarang.

Profil Robert Johan
Lanjut membaca
Ovia Ery Rahayu
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Ovia Ery Rahayu

Ovia Ery Rahayu, akrab dipanggil Ovia, adalah lulusan Sastra Jepang, Universitas Brawijaya. Setelah lulus, ia bekerja selama 3,5 tahun sebagai translator di sebuah perusahaan Jepang di bidang manufaktur alat pertanian. Selama bekerja, Ovia sempat beberapa kali melakukan kunjungan ke cabang perusahaan di prefecture Kochi, Jepang. Selain menjadi Japanese speaker di perusahaan, Ovia mulai bergabung dengan mybest sebagai penulis yang menerjemahkan artikel bahasa Jepang ke dalam bahasa Indonesia. Kini, ibu rumah tangga dan pencinta anak-anak ini sudah berhenti dari perusahaan dan lebih nyaman menjadi penulis di mybest.

Profil Ovia Ery Rahayu
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

AC 1 PK berapa watt?

AC 1 PK berapa watt?

Daya AC 1 PK tentu menjadi pertimbangan banyak orang karena ingin disesuaikan dengan tagihan listrik. Sebenarnya, daya listrik AC 1 PK berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Anda bisa memilih AC standard, low watt, ataupun inverter. Berikut perkiraan tegangan listrik yang dibutuhkan AC 1 PK berdasarkan jenisnya.


  • AC 1 PK standard: 750–840 watt
  • AC 1 PK low watt: sekitar 660 watt
  • AC 1 PK inverter: 225–950 watt


Namun, perlu Anda ingat bahwa daya AC berbanding lurus dengan kapasitas pendinginan. Jadi, makin besar daya listrik yang dibutuhkan akan makin tinggi pula kapasitas pendinginan dan sebaliknya. Setelah mengetahui konsumsi daya listrik AC 1 PK berdasarkan jenisnya, kini Anda bisa membaca tips memilihnya.

Robert Johan
Teknisi dan Asesor BNSP Bidang AC
Robert Johan

Kebanyakan orang berpikir bahwa nilai Paard Kracht (PK) merupakan kapasitas pendinginan AC. Namun, kapasitas pendinginan AC sebetulnya dinyatakan dengan BTU/h. AC 1 PK umumnya memiliki kapasitas pendinginan 9.000 BTU/h. Kapasitas pendinginan AC juga bisa dinyatakan dalam satuan kW atau kJ. Informasi cooling capacity ini tertera pada katalog AC, apa pun mereknya.

AC 1 PK untuk kamar ukuran berapa?

AC 1 PK untuk kamar ukuran berapa?

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, AC 1 PK direkomendasikan untuk ruangan dengan luas 15–18 meter persegi. Ruangan dengan luas tersebut biasanya adalah ruang tengah atau ruang makan yang terhubung dengan ruang tamu.


AC ini memang ditujukan untuk ruangan yang cukup luas. Jadi, AC 1 PK cocok digunakan jika kamar Anda memiliki range luas di atas. Namun, acuan tersebut berlaku untuk AC tipe standar. Jika Anda memakai AC 1 PK tipe low watt, acuan luas ruangannya lebih kecil lagi.


Pertimbangkanlah AC 1/2 PK bila Anda ingin memasang AC untuk ruangan yang lebih kecil. Ulasan mengenai produknya bisa Anda baca pada artikel berikut!

Robert Johan
Teknisi dan Asesor BNSP Bidang AC
Robert Johan

Acuan luas ruangan di atas berlaku untuk tinggi plafon tidak lebih dari 3 m dan suhu rata-rata udara luar 33 ℃ (daerah tropis). Acuan ini juga merupakan standar untuk ruangan kosong. Kapasitas pendinginan perlu ditambah apabila di dalam ruangan ada penghuni, peralatan, dan sebagainya.

Cara memilih AC 1 PK

Ada beberapa poin yang dapat diperhatikan dalam memilih AC 1 PK terbaik. Anda perlu menyesuaikan tipe AC dengan luas ruangan serta memeriksa tingkat keamanan dan fiturnya. Simak dengan saksama tips berikut agar Anda menemukan AC yang tepat.

1

Untuk ruangan yang lebih sering ditutup, pilih AC dengan teknologi inverter

Untuk ruangan yang lebih sering ditutup, pilih AC dengan teknologi inverter

AC inverter bisa dipilih untuk ruangan yang lebih sering ditutup, misalnya kamar. AC ini dilengkapi teknologi yang akan mengatur putaran kompresor. Produknya merupakan pendingin ruangan yang paling pintar di antara tipe yang lain.


AC inverter bekerja dengan cara memaksimalkan putaran kompresor di awal. Ketika suhu ruangan sudah mencapai suhu yang Anda inginkan, putaran kompresor akan turun. Cara kerja inilah yang membuat AC inverter bisa menghemat listrik.


Sayangnya teknologi ini tidak akan berfungsi dengan baik di ruangan dengan pintu yang sering dibuka tutup. Ketika ruangan dibuka tutup, suhu ruangan akan berubah-ubah. Hal ini menyebabkan mesin inverter kesulitan mendinginkan suhu sesuai dengan keinginan pengguna. Kompresor akan terus bekerja dengan putaran tinggi sehingga lebih boros daya.

2

Gunakan AC standar untuk ruangan yang sering dibuka tutup

Gunakan AC standar untuk ruangan yang sering dibuka tutup

AC standar merupakan pilihan tepat untuk ruangan terbuka, seperti ruang yang terhubung dengan teras. AC 1 PK standar memiliki kemampuan mendinginkan ruangan dengan cepat. Hal ini karena produknya bekerja sesuai dengan kapasitas kompresornya yang besar.

3

Jika luas ruangan di bawah 13 m², pertimbangkan AC tipe low watt

Jika luas ruangan di bawah 13 m², pertimbangkan AC tipe low watt

AC low watt bekerja dengan menggunakan kompresor yang lebih kecil dari AC standar. Kompresor AC low watt di pasaran rata-rata lebih kecil 11–15% daripada AC standar. Dengan daya kompresor tersebut, konsumsi listriknya lebih kecil. Jadi, Anda bisa menghemat tagihan listrik.


Perbedaan kapasitas kompresor membuat AC standar terasa lebih dingin daripada AC low watt. Performanya di ruangan dengan luas yang sama akan berbeda meskipun memiliki nilai PK yang sama. AC standar 1 PK umumnya disarankan untuk ruangan seluas 15 m². Karena itu, Anda sebaiknya memasang AC low watt 1 PK untuk ruangan dengan luas di bawah 13 m².


Jika Anda lebih mengutamakan AC low watt, jangan lewatkan ulasannya dari kami. Klik tautan di bawah ini untuk membaca artikelnya!

4

Utamakan AC dengan refrigeran R32 yang ramah lingkungan

Utamakan AC dengan refrigeran R32 yang ramah lingkungan

Pada awalnya, AC menggunakan bahan pendingin yang dikenal dengan refrigeran R22. Bahan ini ternyata bisa melubangi ozon yang berisiko memperparah pemanasan global. Oleh karena itu, belakangan ini AC menggunakan refrigeran R410a atau R32.


Refrigeran R410a merupakan bahan pendingin AC yang mampu memproses udara dingin lebih cepat. Indeks pemanasan globalnya termasuk tinggi, tetapi tidak akan merusak lapisan ozon.


Sementara itu, refrigeran R32 merupakan bahan pendingin dengan teknologi baru yang diklaim lebih ramah lingkungan. Refrigeran ini juga memiliki indeks pemanasan global rendah serta dapat menghasilkan udara dingin yang lebih baik daripada refrigerant R22. Oleh karena itu, usahakan memilih AC dengan refrigeran R32 jika Anda ingin turut menjaga kelestarian bumi, ya.

5

Agar hemat energi, cari AC bintang empat atau nilai EER 10,41

Agar hemat energi, cari AC bintang empat atau nilai EER 10,41
Harus Anda pahami bahwa AC hemat energi bukanlah AC tipe low watt atau AC dengan watt paling rendah. AC dengan watt rendah biasanya membutuhkan waktu lama untuk mendinginkan ruangan. Pada daerah yang panas, AC low watt justru berpotensi boros listrik.

Salah satu cara untuk memastikan produk AC hemat energi adalah dengan mengetahui nilai energy efficiency ratio (EER). Makin tinggi nilai EER, maka makin efisien atau hemat energi yang digunakan. Pastikan Anda memilih AC dengan nilai EER setidaknya 10,41 atau bintang empat.
6

Demi penggunaan yang lebih nyaman, pastikan AC dilengkapi fitur timer dan self-diagnosis

Demi penggunaan yang lebih nyaman, pastikan AC dilengkapi fitur timer dan self-diagnosis

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan fitur-fitur unggulan AC 1 PK. Anda tidak harus memilih AC dengan fitur yang paling canggih. Pastikan saja AC 1 PK yang Anda beli memiliki fitur timer dan self-diagnose. Berikut fungsi dua fitur tersebut.


  • Timer

Fitur ini berfungsi untuk mengatur waktu penggunaan AC secara otomatis. Dengan begitu, konsumsi daya dari AC bisa Anda batasi sehingga biaya listrik menjadi lebih hemat.


  • Self-diagnosis

Self-diagnosis akan memberikan informasi pada Anda bila AC mengalami gangguan atau kerusakan. Sebagian besar AC kini sudah memiliki fitur ini. Informasi kerusakan biasanya ditampilkan melalui LCD display, alarm, atau lampu indikator pada panel unit indoor.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat AC 1 PK Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi AC 1 PK terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 20 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Nilai PK
Kapasitas pendinginan
Kapasitas pendinginan
Kapasitas pendinginan
Jenis AC
Refrigerant
Bintang
Nilai EER
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik
Tegangan listrik
Dimensi indoor unit
Dimensi outdoor unit
Luas ruangan yang disarankan
Dimensi ruangan yang disarankan
Tingkat kebisingan
1

Polytron

AC Deluxe2 1 PKPAC 09VH

Polytron AC Deluxe2 1 PK 1

Rp3.219.000

Lebih Murah

Lebih canggih dengan i-Feel technology, suhu terus terasa sesuai dengan keinginan Anda

1 PK

9.000 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar

R32

4 bintang

10,25

880 watt

155-240 V

780 mm x 208 mm x 270 mm

660 mm x 240 mm x 482 mm

15 m²

Tidak diketahui

32-38 dB

2

Midea

AC Standar 1 PK - MSAF SeriesMSAF-09CRN2

Midea AC Standar 1 PK - MSAF Series 1

Rp4.299.000

Menengah

AC yang cepat dingin, cocok untuk daerah tropis dan pesisir

1 PK

9.000 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar

R32

4 bintang

11,25

800 watt

160-240 V

805 mm x 194 mm x 285 mm

681 mm x 285 mm x 434 mm

12 m²

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

Hisense

AC StandardAN09CEG

Hisense AC Standard 1

Rp3.999.000

Menengah

Peduli kesehatan dengan fitur yang dapat mencegah tumbuhnya jamur di ruangan

1 PK

9.000 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar

R32

4 bintang

Tidak diketahui

Tidak diketahui

810 watt

220-240 V

790 mm x 255 mm x 203 mm

660 mm x 482 mm x 240 mm

15 m²

Tidak diketahui

32-38 dB

4

LG

AC Standard 1 PK New HerculesH09TN4

LG AC Standard 1 PK New Hercules 1

Rp3.752.000

Agak Murah

Pilihan tepat nan efisien untuk dipasang di ruang tamu atau ruang keluarga

1 PK

8.530 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar

R32

Tidak diketahui

10,94

780 watt

220-240 V

811 mm x 292 mm x 203 mm

777 mm x 498 mm x 290 mm

15 m²

Tidak diketahui

28/33/36/39/49 dB

5

Gree

MOO5s Standard SeriesGWC- 09MOO5(S)

Gree MOO5s Standard Series 1

Rp3.719.000

Agak Murah

Dengan fitur louver ganda, ruangan jadi cepat dingin dan hemat listrik

1 PK

9.000 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar

R32

Tidak diketahui

Tidak diketahui

735 watt

220-240 V

704 mm x 185 mm x 260 mm

710 mm x 293 mm x 450 mm

12-18 m²

Tidak diketahui

19 dB (kecepatan udara terendah)

6

Changhong

AC 1 PK StandardCSC-09NVB4

Changhong AC 1 PK Standard 1

Rp3.299.000

Agak Murah

Meningkatkan pertukaran udara panas hingga 30% dengan evaporator bentuk C

1 PK

9.000 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar

R32

2 bintang

Tidak diketahui

Tidak diketahui

810 watt

220-240 V

805 mm x 332 mm x 265 mm

660 mm x 530 mm x 250 mm

10-18 m²

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

Panasonic

Standard Non-InverterCS/CU-LN9WKJ

Panasonic Standard Non-Inverter 1

Rp4.463.000

Menengah

AC tangguh yang dapat bekerja pada tegangan rendah

1 PK

9.000 BTU/h

2,64 kW

Tidak diketahui

Standar

R32

4 bintang

11,28

Tidak diketahui

760 watt

160-220 V

290 mm x 799 mm x 209 mm

490 mm x 650 mm x 230 mm

15 m²

Tidak diketahui

Tidak diketahui

8

LG

DUALCOOL with Watt Control-New EcoT09EV5

LG DUALCOOL with Watt Control-New Eco 1

Rp5.229.000

Agak Mahal

Dilengkapi 4 opsi pengaturan konsumsi listrik, bisa hemat energi hingga 70%!

1 PK

8.800 (1.400-9.200) BTU/h)

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Inverter

R32

4 bintang

Tidak diketahui

920 (250-1.000) watt

187-253 V

756 mm x 265 mm x 184 mm

717 mm x 495 mm x 230 mm

15 m²

Tidak diketahui

Tidak diketahui

9

Samsung

1 PK Wall-mounted Air ConditionerAR09AYHLAWKNSE

Samsung 1 PK Wall-mounted Air Conditioner 1

Rp4.920.000

Agak Mahal

Mampu menjaga suhu yang Anda inginkan tanpa harus menyalakan ulang AC

1 PK

9.000 BTU/h

2,638 kW

Tidak diketahui

Inverter

R32

4 bintang

10,4

845 watt

220-240 V

698 mm x 258 mm x 200 mm

777 mm x 290 mm x 498 mm

15 m²

Tidak diketahui

33-45 dBA

10

Gree

F5S Inverter SeriesGWC09F5(S)

Gree F5S Inverter Series 1

Rp6.899.000

Lebih Mahal

Memiliki fitur istimewa yang dapat menghemat konsumsi listrik hingga 50%

1 PK

9.000 (1.706-10.918) BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Inverter

R32

Tidak diketahui

Tidak diketahui

655 (330-950) watt

220-240 V

704 mm x 185 mm x 260 mm

710 mm x 293 mm x 450 mm

12-18 m²

Tidak diketahui

19 dB

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

PolytronAC Deluxe2 1 PKPAC 09VH

AC Deluxe2 1 PK 1
Sumber: polytron.co.id
AC Deluxe2 1 PK 2
Sumber: shopee.co.id
AC Deluxe2 1 PK 3
Sumber: shopee.co.id
AC Deluxe2 1 PK 4
Sumber: shopee.co.id
AC Deluxe2 1 PK 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp3.219.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp3.219.000
Lebih Murah

Lebih canggih dengan i-Feel technology, suhu terus terasa sesuai dengan keinginan Anda

Salah satu poin unggul dari AC yang bagus merek Polytron ini adalah keberadaan i-Feel technology yang disematkannya. i-Feel technology merupakan teknologi sensor arah angin yang mampu mengikuti posisi keberadaan remot AC. Hal tersebut menjadikan pendinginan lebih terarah dan lebih tepat sasaran untuk mencapai udara sejuk yang Anda harapkan. 


Produk ini tepat dipilih jika Anda menginginkan AC dengan kesejukan lebih terasa di mana pun posisi Anda dalam ruangan. Tak perlu lagi berada di dekat AC untuk mendapatkan kesejukan yang Anda dambakan. Menariknya lagi, fitur Auto Cleaning-nya dapat membuat Anda hemat biaya pencucian AC hingga 2 kali dalam 1 tahun.

Nilai PK1 PK
Kapasitas pendinginan9.000 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar
RefrigerantR32
Bintang4 bintang
Nilai EER10,25
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik880 watt
Tegangan listrik155-240 V
Dimensi indoor unit780 mm x 208 mm x 270 mm
Dimensi outdoor unit660 mm x 240 mm x 482 mm
Luas ruangan yang disarankan15 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisingan32-38 dB
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

MideaAC Standar 1 PK - MSAF SeriesMSAF-09CRN2

Harga referensi
Rp4.299.000
Menengah

AC yang cepat dingin, cocok untuk daerah tropis dan pesisir

AC Standar 1 PK dari seri MSAF adalah solusi pintar untuk pendinginan yang cepat dan awet. Pasalnya, AC ini dibekali fitur Super Cool yang dapat mendinginkan ruangan tanpa perlu menunggu lama. Penyejuk ruangan ini pun memiliki lapisan antikarat Gold Fin pada evaporator dan kondensor yang membuatnya tahan lama.


Produk ini cocok untuk pemilik rumah ataupun bisnis kecil yang menginginkan kenyamanan dan pendinginan yang gesit. Anda bisa menggunakannya untuk ruangan dengan ukuran sedang, toko kecil, atau kamar hotel. Terlebih untuk Anda yang tinggal di wilayah pesisir, AC Midea satu ini bisa diandalkan performanya.

Nilai PK1 PK
Kapasitas pendinginan9.000 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar
RefrigerantR32
Bintang4 bintang
Nilai EER11,25
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik800 watt
Tegangan listrik160-240 V
Dimensi indoor unit805 mm x 194 mm x 285 mm
Dimensi outdoor unit681 mm x 285 mm x 434 mm
Luas ruangan yang disarankan12 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisinganTidak diketahui
View all
No.3

HisenseAC StandardAN09CEG

Harga referensi
Rp3.999.000
Menengah

Peduli kesehatan dengan fitur yang dapat mencegah tumbuhnya jamur di ruangan

Kesejukan, udara bebas jamur, dan kesehatan yang terjaga bisa Anda rasakan dengan memasang AC Hisense AN09CEG di hunian Anda. Karena selain memiliki teknologi Fast Cooling dan Self-Clean, produk ini juga diperhebat dengan fitur Anti Mildew Running. Saat Anda mematikan AC, fitur ini bekerja dengan membuat kipas terus berputar selama 30 detik untuk mencegah tumbuhnya jamur. Anda pun dapat menikmati udara sejuk tanpa mengorbankan kesehatan.

Nilai PK1 PK
Kapasitas pendinginan9.000 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar
RefrigerantR32
Bintang4 bintang
Nilai EERTidak diketahui
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo coolingTidak diketahui
Daya listrik810 watt
Tegangan listrik220-240 V
Dimensi indoor unit790 mm x 255 mm x 203 mm
Dimensi outdoor unit660 mm x 482 mm x 240 mm
Luas ruangan yang disarankan15 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisingan32-38 dB
View all
No.4

LGAC Standard 1 PK New HerculesH09TN4

AC Standard 1 PK New Hercules 1
Sumber: lg.com
AC Standard 1 PK New Hercules 2
Sumber: lg.com
AC Standard 1 PK New Hercules 3
Sumber: lg.com
AC Standard 1 PK New Hercules 4
Sumber: lg.com
AC Standard 1 PK New Hercules 5
Sumber: lg.com
Harga referensi
Rp3.752.000
Agak Murah

Pilihan tepat nan efisien untuk dipasang di ruang tamu atau ruang keluarga

Untuk diletakkan di ruang yang lebih luas seperti ruang tamu dan ruang tengah, AC LG 1 PK yang bagus ini patut Anda lirik. Fitur Turbo Cooling yang disematkan akan membuat ruangan yang cukup luas lebih cepat dingin dengan sekali klik. Untuk ukuran 1 PK dari merek ternama, AC standar ini pun hanya butuh daya 780 watt.


Anda juga tak perlu berlama-lama mengurus AC yang eror karena pendingin ruangan ini sudah dibekali dengan fitur smart diagnosis. Saat panel LED memunculkan kode error, Anda tinggal menyampaikannya saja melalui saluran bantuan layanan pelanggan LG untuk mendapatkan solusi. Begitu efektif dan efisien!

Nilai PK1 PK
Kapasitas pendinginan8.530 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar
RefrigerantR32
BintangTidak diketahui
Nilai EER10,94
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik780 watt
Tegangan listrik220-240 V
Dimensi indoor unit811 mm x 292 mm x 203 mm
Dimensi outdoor unit777 mm x 498 mm x 290 mm
Luas ruangan yang disarankan15 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisingan28/33/36/39/49 dB
View all
No.5

GreeMOO5s Standard SeriesGWC- 09MOO5(S)

Harga referensi
Rp3.719.000
Agak Murah

Dengan fitur louver ganda, ruangan jadi cepat dingin dan hemat listrik

Volume udara AC Anda kecil dan tidak maksimal? Beralihlah ke AC ini. AC Gree memiliki desain louver ganda yang bisa meningkatkan volume udara hingga 16,7%. Dengan begitu, sensasi sejuknya lebih terasa nyaman. Louver ini juga mudah dibongkar sehingga Anda bisa dengan mudah membersihkannya. Menariknya lagi, AC ini juga tidak berisik. Pada kecepatan terendahnya, AC ini hanya menghasilkan kebisingan 19 dB. Cocok sekali ditempatkan di kamar Anda!
Nilai PK1 PK
Kapasitas pendinginan9.000 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar
RefrigerantR32
BintangTidak diketahui
Nilai EERTidak diketahui
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik735 watt
Tegangan listrik220-240 V
Dimensi indoor unit704 mm x 185 mm x 260 mm
Dimensi outdoor unit710 mm x 293 mm x 450 mm
Luas ruangan yang disarankan12-18 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisingan19 dB (kecepatan udara terendah)
View all
No.6

ChanghongAC 1 PK StandardCSC-09NVB4

Harga referensi
Rp3.299.000
Agak Murah

Meningkatkan pertukaran udara panas hingga 30% dengan evaporator bentuk C

Selain karena harganya yang tergolong murah, AC Changhong unggul karena evaporator tipe C-nya. Bentuk evaporator ini meningkatkan efisiensi penukaran udara panas sehingga meningkat sebesar 15-30%. Dengan begitu, AC ini bisa mendinginkan ruangan dengan cepat. Selain itu, AC ini juga menggunakan evaporator dan kondensor alumunium foil hidrofilik emas sehingga masa pakainya lebih tahan lama dan lebih hemat energi.

Nilai PK1 PK
Kapasitas pendinginan9.000 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar
RefrigerantR32
Bintang2 bintang
Nilai EERTidak diketahui
Fitur self-timer
Fitur self-diagnoseTidak diketahui
Turbo cooling
Daya listrik810 watt
Tegangan listrik220-240 V
Dimensi indoor unit805 mm x 332 mm x 265 mm
Dimensi outdoor unit660 mm x 530 mm x 250 mm
Luas ruangan yang disarankan10-18 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisinganTidak diketahui
View all
No.7

PanasonicStandard Non-InverterCS/CU-LN9WKJ

Harga referensi
Rp4.463.000
Menengah

AC tangguh yang dapat bekerja pada tegangan rendah

Penurunan tegangan listrik bisa saja terjadi sewaktu-waktu tanpa disadari. Hal itu dapat mengurangi performa, bahkan umur pakai, AC. Nah, kini Anda bisa tetap tenang bila memiliki AC Panasonic yang satu ini. Alasannya, pendingin ruangan ini mampu bekerja dengan tegangan rendah hingga 160 volt. 


Dengan AC ini, Anda bisa menikmati kesejukan meskipun tegangan listrik rumah Anda rendah. Selain itu, AC ini juga memiliki kemampuan yang powerful karena proses pendinginannya 18% lebih cepat sejak pertama kali dinyalakan. Anda tak perlu menunggu lama untuk menikmati kesejukan yang melegakan.

Nilai PK1 PK
Kapasitas pendinginan9.000 BTU/h
Kapasitas pendinginan2,64 kW
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar
RefrigerantR32
Bintang4 bintang
Nilai EER11,28
Fitur self-timer
Fitur self-diagnoseTidak diketahui
Turbo cooling
Daya listrik760 watt
Tegangan listrik160-220 V
Dimensi indoor unit290 mm x 799 mm x 209 mm
Dimensi outdoor unit490 mm x 650 mm x 230 mm
Luas ruangan yang disarankan15 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisinganTidak diketahui
View all
No.8

LGDUALCOOL with Watt Control-New EcoT09EV5

DUALCOOL with Watt Control-New Eco 1
Sumber: lg.com
DUALCOOL with Watt Control-New Eco 2
Sumber: lg.com
DUALCOOL with Watt Control-New Eco 3
Sumber: lg.com
DUALCOOL with Watt Control-New Eco 4
Sumber: lg.com
DUALCOOL with Watt Control-New Eco 5
Sumber: lg.com
Harga referensi
Rp5.229.000
Agak Mahal

Dilengkapi 4 opsi pengaturan konsumsi listrik, bisa hemat energi hingga 70%!

Banyak orang tidak bisa tidur tanpa AC karena faktor suhu yang membuat badan gerah. Namun, tagihan listrik bulanan yang membengkak tak jarang menjadi masalahnya. Jika Anda terjebak dalam situasi demikian, AC inverter LG ini bisa menjadi solusinya.

 
Ada empat opsi tingkat pendinginan yang bisa dipilih sesuai dengan kehendak dan perhitungan tagihan listrik bulanan. Anda bisa memilih level 100%, 80%, 60%, atau 40%. Sebagai gambaran, level 60% membutuhkan daya sekitar 300 watt dan level 40% memerlukan daya sekitar 200 watt. Anda dapat memilih di antara keduanya bila tingkat kesejukannya sudah dirasa cukup serta ingin menekan biaya listrik bulanan. 

Nilai PK1 PK
Kapasitas pendinginan8.800 (1.400-9.200) BTU/h)
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACInverter
RefrigerantR32
Bintang4 bintang
Nilai EERTidak diketahui
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik920 (250-1.000) watt
Tegangan listrik187-253 V
Dimensi indoor unit756 mm x 265 mm x 184 mm
Dimensi outdoor unit717 mm x 495 mm x 230 mm
Luas ruangan yang disarankan15 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisinganTidak diketahui
View all
No.9

Samsung1 PK Wall-mounted Air ConditionerAR09AYHLAWKNSE

Harga referensi
Rp4.920.000
Agak Mahal

Mampu menjaga suhu yang Anda inginkan tanpa harus menyalakan ulang AC

Teknologi Alpha Inverter pada AC pabrikan Samsung ini menjadikan Anda lebih hemat energi dan biaya listrik. Karena dengan teknologi tersebut, AC dapat menjaga suhu ruangan yang dikehendaki tanpa Anda perlu menyalakan AC dari awal lagi. Sangat cocok bagi Anda yang memedulikan efisiensi waktu dan energi, bukan? Dipertangguh dengan teknologi Smart Air Flow, suhu dingin pada ruangan Anda pun bisa terdistribusi secara merata.

Nilai PK1 PK
Kapasitas pendinginan9.000 BTU/h
Kapasitas pendinginan2,638 kW
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACInverter
RefrigerantR32
Bintang4 bintang
Nilai EER10,4
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik845 watt
Tegangan listrik220-240 V
Dimensi indoor unit698 mm x 258 mm x 200 mm
Dimensi outdoor unit777 mm x 290 mm x 498 mm
Luas ruangan yang disarankan15 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisingan33-45 dBA
View all
No.10

GreeF5S Inverter SeriesGWC09F5(S)

F5S Inverter Series 1
Sumber: gree.id
F5S Inverter Series 2
Sumber: gree.id
F5S Inverter Series 3
Sumber: gree.id
F5S Inverter Series 4
Sumber: shopee.co.id
F5S Inverter Series 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp6.899.000
Lebih Mahal

Memiliki fitur istimewa yang dapat menghemat konsumsi listrik hingga 50%

Dibanding dua produk AC inverter sebelumnya, F5S Inverter Series dari Gree ini memiliki daya masukan yang lebih rendah. Anda dapat menjadikan produk ini pilihan untuk AC inverter 1 PK yang lebih ramah daya. Soal fungsi hemat listrik, pendingin ruangan ini sudah dipersenjatai dengan fitur Power Drop. Saat Anda mengaktifkannya, AC akan bekerja dengan menghemat listrik Anda hingga 50%. Bagaimana, tertarik untuk segera memilikinya?

Nilai PK1 PK
Kapasitas pendinginan9.000 (1.706-10.918) BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACInverter
RefrigerantR32
BintangTidak diketahui
Nilai EERTidak diketahui
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik655 (330-950) watt
Tegangan listrik220-240 V
Dimensi indoor unit704 mm x 185 mm x 260 mm
Dimensi outdoor unit710 mm x 293 mm x 450 mm
Luas ruangan yang disarankan12-18 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisingan19 dB
View all

Berapa sering sebaiknya membersihkan AC?

Berapa sering sebaiknya membersihkan AC?

AC perlu dibersihkan secara berkala dalam jangka waktu 1–3 bulan sekali tergantung tingkat kotornya. Selain itu, AC perlu dibongkar penuh untuk service besar dalam jangka waktu 1–2 tahun sekali. Tidak hanya unit indoor, unit outdoor juga perlu dibongkar untuk diperiksa kondisi kompresornya.


Jangka waktu pembersihan AC disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. Pasanglah exhaust fan untuk daerah yang berseberangan dengan sungai yang berbau serta airnya berwarna hitam dan tidak mengalir. Exhaust fan berfungsi untuk mengeluarkan udara polutan yang masuk ke dalam rumah demi mencegah terjadinya kebocoran pada pipa AC.

Apakah AC perlu diganti freonnya setiap kali dibersihkan?

Apakah AC perlu diganti freonnya setiap kali dibersihkan?

Freon atau refrigeran tidak perlu diganti setiap kali dibersihkan. Freon tidak memiliki masa kedaluwarsa sehingga tidak membutuhkan penggantian.

Kenapa AC tidak dingin?

Kenapa AC tidak dingin?

Kebocoran gas refrigeran dapat menyebabkan AC tidak dingin. Hal ini bisa memunculkan bunga es pada evaporator indoor. Sementara itu, AC yang kurang dingin bisa disebabkan oleh embusan udara yang keluar dari AC indoor tidak merata. Kondisi tersebut mungkin terjadi karena kotoran yang terhambat di belakang evaporator. Filter yang kotor karena kurangnya perawatan rutin juga dapat menjadi penyebab AC kurang dingin.

Tips membersihkan AC yang mengeluarkan bau tidak sedap

Tips membersihkan AC yang mengeluarkan bau tidak sedap

Bau tidak sedap dari AC kemungkinan disebabkan oleh jamur atau mikroorganisme. Ruangan yang lembap dengan kondisi AC jarang dinyalakan menjadi tempat berkembang biaknya jamur. Ketika AC mulai mengeluarkan bau tidak sedap, sebaiknya segera Anda bersihkan. Perawatan rutin harus dilakukan untuk menghambat perkembangan jamur dan mikroorganisme.


Penggunaan deterjen dan bahan kimia pembersih lain memungkinkan selama tidak bersifat korosif (cek buku panduan AC). Sebelum melakukan pembersihan unit indoor, bagian apa saja yang dicuci harus diperiksa oleh teknisi.

Tips merawat AC agar awet

Tips merawat AC agar awet

Anda pasti ingin peralatan elektronik yang Anda beli awet selama bertahun-tahun, bukan? Oleh karena itu, pastikan Anda merawat AC dengan benar agar awet digunakan. Simaklah tips merawat AC dari kami di bawah ini.


  • Pastikan tegangan listrik AC berada di angka 220 V/50 Hz. Untuk menjaganya tetap stabil, Anda perlu menambahkan voltage stabilizer. Penambahan ini berlaku untuk semua tipe AC.

  • Anda perlu membersihkan unit AC indoor ataupun outdoor secara rutin. Jangka waktunya tergantung dari tingkat pencemaran di tiap daerah.

  • Apabila terlihat ada bagian yang membeku pada unit indoor, segera hubungi tenaga ahli untuk memeriksanya. Unit indoor yang membeku tidak boleh dihidupkan terus-menerus karena dapat menyebabkan overheat sehingga kompresor rusak.

Baca juga rekomendasi elektronik rumah tangga lainnya di sini

Setelah ruangan Anda dingin karena AC, Anda dapat menambahkan aroma diffuser atau dehumidifier supaya lebih nyaman. Selain itu, Anda bisa menambahkan air purifier agar udara di rumah makin bersih. Klik tautan-tautan di bawah ini untuk menemukan rekomendasi produk terbaiknya dari kami!

Kesimpulan

AC dengan besaran 1 PK dibutuhkan untuk ruangan yang luas. Apakah Anda sudah menemukan AC 1 PK yang pas? Produknya akan membantu Anda beraktivitas dengan lebih nyaman tanpa merasa gerah.


Sebelum memilih, pertimbangkanlah jenis AC dan fitur unggulan yang ditawarkan. AC yang hemat energi serta ramah lingkungan pun layak dilirik. Selamat memilih dan menikmati hawa ruangan yang lebih sejuk dengan AC 1 PK terbaik!

5 Rekomendasi AC 1 PK terbaik

No. 1: PolytronAC Deluxe2 1 PKPAC 09VH

No. 2: MideaAC Standar 1 PK - MSAF SeriesMSAF-09CRN2

No. 3: HisenseAC StandardAN09CEG

No. 4: LGAC Standard 1 PK New HerculesH09TN4

No. 5: GreeMOO5s Standard SeriesGWC- 09MOO5(S)

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Penyejuk & pembersih udara
  4. 10 Rekomendasi AC 1 PK Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC]

Produk populer

Emily and Bear Air Fryer 3L
Paninti Hub | EAF-17201Emily and Bear Air Fryer 3L

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.