1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Aksesori kamera
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Dry Box Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Dry Box Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Dry Box Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Dry Box Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Dry Box Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Dry Box Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Dry Box Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Dry box atau dry cabinet kamera adalah tempat terbaik untuk menyimpan peralatan fotografi. Kamera DSLR, kamera mirrorless, ataupun lensa sebaiknya disimpan di dalam dry box. Hal ini demi mencegah alat-alat tersebut berjamur dan rusak karena tingkat kelembapan yang tinggi.


Kali ini kami akan membahas tips memilih dry box kamera. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari merek dry box kamera terbaik, seperti Everbrait dan Andbon. Anda bisa menemukan produk dengan fitur menarik, misalnya humidity controller untuk mengatur kelembapan. Baca artikel ini sampai tuntas untuk menemukan dry box kamera yang bagus!

Diperbaharui 12-20-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Dry box kamera untuk apa?

Dry box kamera untuk apa?

Saat sedang tidak digunakan, ada risiko kamera dan lensa berjamur karena berada di tempat dengan kelembapan yang tinggi. Nah, dry box berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang mencegah hal tersebut terjadi. Dry box dapat digunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan fotografi, seperti kamera, lensa, dan flash.


Perlu diingat bahwa daerah tropis punya kelembapan yang tinggi, yakni di atas 70% RH (relative humidity). Makin lembap suatu tempat, jamur akan makin mudah tumbuh. Kelembapan di atas 60 RH menyediakan tempat subur untuk jamur. Sementara itu, tingkat kelembapan yang ideal untuk menyimpan perlengkapan fotografi sekitar 40–50% RH.


Karena didesain untuk menjaga kelembapan yang ideal, dry box diberi hygrometer. Alat tersebut berfungsi untuk menunjukkan kelembapan secara real time. Dengan mengetahui lebih cepat, Anda bisa memberikan pencegahan saat kelembapan di dalam dry box masih terlalu tinggi. Beberapa produk juga punya humidity controller yang memungkinkan Anda mengatur kelembapannya.

Cara memilih dry box kamera

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih dry box kamera, seperti tipe, kapasitas, hingga fiturnya. Jika Anda masih awam dan bingung mengenai hal tersebut, simak baik-baik pembahasannya di bawah ini.

① Pilih tipe dry box kamera sesuai dengan kebutuhan penggunaan

Ada dua jenis dry box kamera yang bisa Anda temukan, yakni tipe portabel dan elektrik. Kedua jenis dry box tersebut memiliki karakteristik dan tipe penggunaan yang berbeda.

Dry box portabel, bentuknya ringkas sehingga mudah dibawa

Dry box portabel, bentuknya ringkas sehingga mudah dibawa

Sesuai dengan namanya, dry box portabel didesain untuk dibawa bepergian. Tipe ini menjaga kamera tetap bersih dan bebas jamur saat Anda bawa ke tempat yang jauh. Keunggulan lain dry box ini adalah harga yang lebih terjangkau.


Dry box portabel diberi silica gel elektrik yang berfungsi menyerap kelembapan di dalamnya. Silica gel akan berubah warna karena menyerap air di dalam dry box. Karena harus menyerap air, masa pakai dan kemampuan silica gel jadi terbatas. Jika kapasitas silica gel sudah penuh, Anda harus memanaskannya dengan charger.

Dry box elektrik, mampu menjaga kelembapan dengan stabil

Dry box elektrik, mampu menjaga kelembapan dengan stabil

Berbeda dengan tipe portabel, dry box elektrik membutuhkan daya listrik agar dapat menjaga kelembapan di dalamnya. Dry box ini biasanya ditempatkan di rumah atau studio. Karena umumnya berbentuk seperti kabinet, tipe ini juga dikenal dengan dry cabinet kamera.


Pilihan kapasitas yang tersedia dari tipe ini beragam sehingga Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, dry box elektrik punya fitur yang lebih beragam dari tipe portabel.

② Sesuaikan kapasitas dry box dengan perlengkapan yang Anda miliki

Sesuaikan kapasitas dry box dengan perlengkapan yang Anda miliki

Dry box tersedia dalam kapasitas 10 liter, 30 liter, hingga 100 liter ke atas. Makin besar kapasitasnya, makin banyak pula kamera serta aksesoris yang dapat dimasukkan. Namun, harga dry box juga akan makin mahal.

 
Untuk efisiensi, pilihlah dry box dengan kapasitas yang cukup untuk perlengkapan Anda. Sebagai acuan, dry box 10 liter cukup untuk menyimpan 1 kamera dan 2 lensa. Sementara itu, dry box 30 liter bisa digunakan untuk menyimpan 2 kamera, 3–4 lensa, dan 1 flash.

③ Ketahui fitur yang dimiliki dry box kamera

Dry box kamera juga dilengkapi fitur agar dapat Anda gunakan dengan mudah. Dua fitur penting yang ada pada dry box adalah hygrometer dan humidity controller. Kami akan membahas keduanya pada poin berikut.

Hygrometer, mengetahui tingkat kelembapan di dalam dry box

Hygrometer, mengetahui tingkat kelembapan di dalam dry box

Hygrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kelembapan. Adanya hygrometer membuat Anda tahu apakah dry box sudah berada pada tingkat kelembapan yang ideal atau belum.


Ada dua jenis hygrometer pada dry box kamera, yakni hygrometer digital dan hygrometer analog. Hygrometer digital lebih modern dan mudah dibaca, tetapi hanya ada di dry box elektrik. Sementara itu, dry box portabel menggunakan hygrometer analog yang lebih tradisional.

Humidity controller, menyesuaikan kelembapan secara manual

Humidity controller, menyesuaikan kelembapan secara manual

Beberapa produk dry box kamera dilengkapi humidity controller atau pengatur kelembapan. Fitur ini penting jika rumah Anda berada di daerah dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Saat Anda mengetahui kelembapan dalam dry box masih tinggi, Anda bisa mengaturnya ke titik yang diinginkan.


Adanya pengatur kelembapan membuat barang yang tersimpan dalam dry box tetap kering dan tidak berjamur. Dengan begitu, kamera dan perangkat fotografi lainnya milik Anda jadi lebih awet serta dapat digunakan kapan pun.

④ Pastikan bentuk dry box sesuai dengan ruangan Anda

Pastikan bentuk dry box sesuai dengan ruangan Anda

Selain volume, perhatikanlah desain dari dry box untuk kemudahan penempatannya. Hal ini terlebih jika Anda mencari dry box elektrik yang khusus digunakan di rumah. Makin besar volume dry box, ukurannya juga makin besar. Karena itu, desainnya akan memengaruhi area peletakannya.

 
Dry box umumnya berbentuk persegi panjang, baik memanjang secara vertikal maupun horizontal. Dry box dengan desain horizontal biasanya hanya punya satu kompartemen sehingga tidak makan tempat. Sementara itu, dry box yang vertikal cenderung berkapasitas besar dan punya dua kompartemen atau lebih. Dengan begitu, desainnya efisien untuk area sempit.

10 Rekomendasi dry box kamera terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk dry box kamera terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Everbrait

Dry Cabinet

Everbrait  Dry Cabinet 1枚目

Desain elegan dengan display yang jelas dan mudah digunakan

2

Procore

Drybox With Dehumidifier Electric

Procore  Drybox With Dehumidifier Electric 1枚目

Sistem kunci ganda meminimalkan risiko kehilangan

3

Casell

Dry Cabinet

Casell  Dry Cabinet 1枚目

Menghadirkan indikator dengan akurasi tinggi

4

Andbon

Digital Drybox 21 Liter

Andbon Digital Drybox 21 Liter 1枚目

Budget-friendly untuk kelas dry box elektrik

5

Ailite

Dry Cabinet

Ailite  Dry Cabinet 1枚目

Maksimalkan penyimpanan dengan dry box tiga tingkat

6

Krisbow

Dry Box Portable

Krisbow  Dry Box Portable  1枚目

Harga terjangkau, praktis dibawa bepergian

7

Sirui

Electronic Auto-Control Dry Cabinet

Sirui Electronic Auto-Control Dry Cabinet 1枚目

Dry box yang menawarkan beragam kemudahan

8

Wonderful

Dry Cabinet

Wonderful  Dry Cabinet 1枚目

Sanggup menampung banyak kamera dan lensa

9

Samurai

Digital Wooden Metal Dry Cabinets

Samurai  Digital Wooden Metal Dry Cabinets 1枚目

Aksen kayunya memberikan kesan natural dan minimalis

10

Pinshe

Dry Box 9L With Electric Dry Card

Pinshe  Dry Box 9L With Electric Dry Card 1枚目

Cek peralatan lebih mudah berkat bodi yang transparan

Perincian produk
Close
No.1

Everbrait Dry CabinetMRD-30S

Mulai dari Rp1.090.000,00

Desain elegan dengan display yang jelas dan mudah digunakan

Kelebihan:

  • Hemat listrik dan stabil dengan daya 5 W

Kekurangan:

  • Raknya tidak bisa dilepas untuk ruang penyimpanan yang lebih lega

Produk ini merupakan salah satu dry box kamera terbaik untuk Anda yang mengutamakan kemudahan penggunaan. Everbrait MRD-30S hadir dengan desain yang user-friendly. Layar indikator serta pengaturannya berukuran besar sehingga jelas untuk dilihat dan mudah untuk digunakan.


Anda juga dapat mengatur suhu dan tingkat kelembapan dry cabinet kamera ini sesuai dengan kebutuhan. Mesinnya akan otomatis mati ketika kelembapannya sudah sesuai. Saat suhu berubah, mesin akan menyala kembali untuk mendapatkan suhu yang pas seperti pengaturan di awal.

No.2

Procore Drybox With Dehumidifier ElectricP-10

Mulai dari Rp620.000,00

Sistem kunci ganda meminimalkan risiko kehilangan

Kelebihan:

  • Bentuknya compact sehingga mudah dibawa
  • Ada kompartemen untuk merapikan alat

Kekurangan:

  • Perlu pengecekan berkala pada silica gel elektriknya

Apakah Anda mengkhawatirkan peralatan fotografi yang hilang? Ada baiknya Anda menggunakan dry box kamera dengan kunci ganda agar lebih aman, seperti produk ini. Di dekat kunci penutupnya, ada lubang kecil khusus untuk gembok. Dengan begitu, produk ini hanya dapat dibuka oleh Anda.


Keunggulan lain dari Procore P-10 adalah adanya organizer dengan busa yang empuk. Jadi, kamera dan peralatan yang lain akan terjaga dengan baik tanpa saling berbenturan. Organizer pada produk ini juga bisa dilepas, lho!

No.3

Menghadirkan indikator dengan akurasi tinggi

Kelebihan:

  • Rak dapat diatur posisinya
  • Busanya lembut untuk meminimalkan gesekan
  • Dilengkapi LED lighting di dalamnya


Kekurangan:

  • Display LCD kecil sehingga sulit dilihat untuk pengguna dengan mata minus

Produk ini dapat dipilih bila Anda membutuhkan rekomendasi dry box kamera dengan kinerja yang akurat. Casell Dry Cabinet CL-30C memiliki margin akurasi yang kecil, yakni 3%. Dengan begitu, selisih nilai antara display indikator dengan tingkat kelembapan yang sebenarnya kecil. Produk ini juga kukuh berkat penggunaan tempered glass sehingga aman dari benturan dan goresan.

No.4

AndbonDigital Drybox 21 LiterAB-21C

Mulai dari Rp929.000,00

Budget-friendly untuk kelas dry box elektrik

Kelebihan:

  • Menggunakan adapter sehingga aman dari risiko korsleting listrik
  • Bentuknya compact, tidak membutuhkan ruangan yang besar

Kekurangan:

  • Alas sponsnya tipis, Anda perlu berhati-hati saat meletakkan kamera

Bila Anda mencari rekomendasi dry box kamera elektrik untuk pemula, pertimbangkan produk ini. Dry box ini akan tetap menghemat dana Anda dengan fungsi dan performanya yang bagus.


Ukuran yang kecil membuat dry cabinet kamera ini tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang luas. Bobotnya juga ringan sehingga mudah untuk dipindahkan. Andbon AB-21C pun menggunakan adapter DC 5 V dan 2 A sehingga aman dari korsleting listrik.

No.5

Maksimalkan penyimpanan dengan dry box tiga tingkat

Kelebihan:

  • Tingkat sensitivitas tinggi untuk mendapatkan kelembapan yang akurat
  • Ada lighting di dalamnya untuk penerangan tambahan

Kekurangan:

  • Harga cukup tinggi untuk kapasitas 35 liter

Ailite Dry Cabinet GP5-35L menjadi pilihan untuk Anda yang mencari produk dengan sistem penyimpanan yang efisien. Meski berkapasitas 35 liter, ada tiga tingkat penyimpanan di dalamnya sehingga barang yang disimpan bisa lebih banyak. Dry box 30 liter umumnya digunakan untuk menyimpan 2 kamera dan 3–4 lensa. Sementara itu, produk ini dapat diisi hingga 4 kamera dan 4–5 lensa.

No.6

Krisbow Dry Box Portable

Mulai dari Rp399.000,00

Harga terjangkau, praktis dibawa bepergian

Kelebihan:

  • Busa protektornya lembut untuk melindungi kamera
  • Ada kompartemen untuk merapikan alat

Kekurangan:

  • Perlu pengecekan berkala pada silica gel elektriknya

Anda tak perlu menyiapkan bujet yang besar untuk memiliki dry box kamera. Produk Krisbow ini menjadi solusi bagi Anda yang mencari dry box dengan harga ekonomis.


Sebagai dry box portabel, produk ini menawarkan kemudahan saat dibawa. Anda bisa membawanya dengan ditenteng atau bahkan diselempangkan di lengan. Hal tersebut memungkinkan karena produk ini menyediakan tali strap. Fitur yang praktis, bukan?

No.7

SiruiElectronic Auto-Control Dry CabinetHC40X

Mulai dari Rp1.675.000,00

Dry box yang menawarkan beragam kemudahan

Kelebihan:

  • Raknya bisa dilepas
  • Kacanya terbuat dari tempered glass
  • Kerja mesinnya tenang


Kekurangan:
  • Harga cukup tinggi untuk kapasitas 40 liter

Sirui HC40X hadir dengan fitur yang membuat penggunaannya jadi lebih mudah dan praktis. Pertama, raknya bisa dilepas dan dipasang serta memiliki adjustment height. Fitur tersebut membuat ruang penyimpanan dry cabinet kamera ini jadi lebih fleksibel.


Kedua, terdapat intuitive operation dengan sistem sentuh yang modern dan display yang jelas. Kaca produk ini bahkan menggunakan tempered glass yang kukuh dan tahan lama. Mesinnya pun diklaim tenang, lho. Produk ini merupakan dry box kamera terbaik untuk dipilih jika Anda tak ingin melewatkan teknologi terkini.

No.8

Wonderful Dry CabinetAD-169CH

Mulai dari Rp4.660.000,00

Sanggup menampung banyak kamera dan lensa

Kelebihan:

  • Ada enam kompartemen untuk merapikan kamera dan perlengkapannya

Kekurangan:

  • High maintenance karena berukuran cukup besar

Kami merekomendasikan produk ini untuk para profesional atau orang yang memiliki banyak perlengkapan fotografi. Wonderful AD-169CH merupakan dry cabinet kamera dengan kapasitas yang besar, yakni 147 liter. Anda bisa menyimpan banyak perlengkapan fotografi di satu tempat saja. Meski kapasitas produk ini besar, bentuknya compact sehingga tidak membutuhkan ruang yang luas.

No.9

Samurai Digital Wooden Metal Dry CabinetsGP3-25LA

Mulai dari Rp820.000,00

Aksen kayunya memberikan kesan natural dan minimalis

Kelebihan:

  • Hemat listrik dan stabil dengan daya 5 W

Kekurangan:

  • Display LCD kecil sehingga sulit dilihat untuk pengguna dengan mata minus

Samurai GP3-25LA memiliki desain unik dengan laminasi kayu yang halus untuk menutupi bodi metalnya. Desain tersebut membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk ruangan dengan interior minimalis atau Scandinavian. Keunggulan lain dry cabinet kamera ini adalah memiliki konsumsi listrik yang hemat dan stabil dengan daya 5 watt.

No.10

Pinshe Dry Box 9L With Electric Dry Card2820

Mulai dari Rp425.000,00

Cek peralatan lebih mudah berkat bodi yang transparan

Kelebihan:

  • Multiguna, bisa digunakan untuk menyimpan obat-obatan

Kekurangan:

  • Kapasitasnya tidak sebesar dry box portabel yang lain

Produk ini adalah pilihan pas untuk Anda yang ingin lebih efisien saat bekerja di lapangan. Dry box kamera ini akan memudahkan Anda memeriksa isinya karena desain yang transparan. Saat memotret di luar, Anda tidak perlu bolak-balik membuka dry box untuk mengecek kelengkapan peralatan.


Desain transparan juga membuat Pinshe 2820 terlihat mewah. Jangan khawatir juga mengenai daya tahannya. Produk ini dibuat menggunakan plastik khusus yang tidak mudah pecah. Tutupnya pun dilengkapi knop pengatur tekanan sehingga bagian dalamnya lebih kedap.

Baca juga rekomendasi aksesori kamera lainnya di sini

Apakah Anda juga sedang mencari aksesori kamera yang lain? Beberapa aksesori kamera lainnya pun telah kami ulas, seperti dust blower, flash kamera, dan tripod. Anda dapat menemukan rekomendasi produknya dengan membuka tautan-tautan berikut.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dari kami, apakah Anda telah menemukan produk dry box kamera yang dibutuhkan? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, mulai dari tipe, kapasitas, fitur, hingga bentuknya.


Mengingat ada banyak produk yang tersedia di pasaran, penting untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan harga dry box dengan bujet yang Anda miliki, ya. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan dry box kamera terbaik!

5 Rekomendasi Dry Box Kamera terbaik

No. 1Everbrait Dry CabinetMRD-30S

No. 2Procore Drybox With Dehumidifier ElectricP-10

No. 3Casell Dry CabinetCL-30C

No. 4AndbonDigital Drybox 21 LiterAB-21C

No. 5Ailite Dry CabinetGP5-35L

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer