• 10 Rekomendasi Kasur Latex Terbaik (terbaru tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kasur Latex Terbaik (terbaru tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kasur Latex Terbaik (terbaru tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kasur Latex Terbaik (terbaru tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kasur Latex Terbaik (terbaru tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kasur Latex Terbaik (terbaru tahun 2022)

Kasur latex adalah alas tidur yang dikenal tahan lama serta lebih bersahabat untuk badan penggunanya. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan karena ukuran kasur ini beragam. Ada produk dengan ukuran 120 x 200, 160 x 200, hingga 180 x 200.

In The Box dan Quantum adalah contoh merek kasur latex terbaik yang bisa dipilih. Harga kasur latex memang lebih tinggi. Karena itu, ikutilah tips memilihnya di sini agar Anda menemukan produk yang bagus. Kami juga akan membagikan rekomendasi produknya. Anda siap mendapatkan kasur yang nyaman di punggung? Mari tuntaskan membacanya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 14 November 2022
Daftar isi

Apa itu kasur latex?

Sebagian orang mungkin belum mengenal baik karakteristik dari kasur latex. Perlu diketahui bahwa kasur ini sudah banyak dicari, lho. Apa yang menjadi daya tariknya dan apa bedanya dengan spring bed? Kami akan mengulasnya secara singkat di bawah ini.

Kelebihan dan kekurangan kasur latex

Kelebihan dan kekurangan kasur latex

Salah satu kelebihan kasur latex adalah sifatnya yang bebas dari jamur, tungau, dan bakteri. Latex diambil dari bahan alami getah karet yang kemudian dikumpulkan dan dibentuk menjadi balok-balok kasur. Bahan tersebut tidak disukai mikroorganisme yang telah disebutkan. Karena itu, kasur latex lebih higienis dan menyehatkan.


Daya tahan kasur latex pun tidak perlu dipertanyakan. Bahan alami yang digunakan membuat kasur ini lebih tahan lama. Daya tahannya bahkan bisa mencapai belasan tahun. Hal ini disebabkan pembuatan kasur latex tidak membutuhkan bahan kimia sehingga aman dan tidak mudah sobek. Namun, pastikan produknya memiliki komposisi latex yang lebih banyak dari bahan sintetis jika Anda ingin yang benar-benar awet.


Selain itu, kasur latex memiliki kestabilan tinggi yang tidak akan berubah oleh gerakan tubuh. Tidak heran apabila kasur ini sangat disarankan untuk penderita nyeri punggung atau leher. 


Kekurangan kasur latex adalah harganya yang tergolong tinggi. Bahkan, ada produk yang harganya terpantau jauh dari kasur spring bed. Tidak hanya itu, bobotnya yang berat bisa menyulitkan Anda saat ingin membersihkan atau memindahkan kasur. Jadi, pertimbangkan hal tersebut baik-baik, ya.

Perbedaan kasur latex dan spring bed

Perbedaan kasur latex dan spring bed

Perbedaan kasur latex dengan spring bed terletak pada susunannya. Kasur latex memiliki tekstur yang empuk dan secara otomatis akan mengembang meski tanpa dukungan pegas. Karena menggunakan bahan alami yang bergantung pada ketersediaan stok di alam, harga kasur latex cenderung lebih tinggi.


Beberapa produsen ada yang melapisi bagian bawah kasur latex dengan material lain untuk menekan harga, salah satunya busa. Dengan begitu, susunan kasur latex menjadi bertambah. Kasur ini terdiri dari latex di bagian permukaan atas dan busa sebagai penyokong kasur.


Di sisi lain, susunan kasur spring bed terdiri dari lapisan busa di bagian atas serta penyangga dari pegas. Kasur spring bed cenderung lebih keras dengan karakteristik sedikit membal. Selain itu, kasur spring bed sensitif terhadap getaran.


Untuk Anda yang lebih menyukai rasa membal spring bed serta kelembutan latex, pilih kasur dari gabungan keduanya. Kasur tersebut terdiri dari latex sebagai pelapis di bagian atas dan pegas sebagai penyokongnya.

Cara memilih kasur latex

Terdapat empat poin yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli kasur latex. Anda perlu memeriksa ukuran, tingkat kekerasan, serta ketebalan kasur. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut.

Sesuaikan ukuran kasur dengan kebutuhan dan luas kamar

Sesuaikan ukuran kasur dengan kebutuhan dan luas kamar

Pertama-tama, tentu Anda wajib mengecek ukuran produk. Kasur latex ditawarkan dalam berbagai ukuran, sama seperti jenis kasur yang lain. Pemilihan ukuran kasur harus didasarkan pada kebutuhan dan luas kamar Anda. Berikut ragam ukuran kasur latex beserta panduan penggunaannya.


  • 90–100 cm x 200 cm: Cocok untuk satu orang dewasa atau untuk anak-anak
  • 120 cm x 200 cm: Kasur double size yang leluasa untuk satu orang
  • 160 cm x 200 cm: Kasur queen size yang standar untuk dua orang
  • 180 cm x 200 cm: Kasur king size yang pas untuk orang tua dan anak
  • 200 cm x 200 cm: Kasur super king size yang bisa dipakai tiga orang dewasa

Perhatikan tingkat kekerasan kasur

Tingkat kekerasan atau density dari kasur latex yang paling umum adalah medium dan firm. Pemilihan density yang tepat harus disesuaikan dengan preferensi Anda. Yuk, simak uraiannya di bawah ini supaya Anda tidak salah pilih.

Medium, tidak terlalu empuk ataupun terlalu keras

Medium, tidak terlalu empuk ataupun terlalu keras

Jika Anda masih bingung menentukan tingkat kekerasannya, kasur medium adalah pilihan yang aman. Kasur ini pun masih dibagi menjadi tiga density yang berbeda, yakni medium soft, medium, dan medium firm. Berikut perbedaan ketiganya.


  • Medium soft: Cukup empuk dan membuat tubuh seimbang, tetapi tidak terlalu terbenam seperti kasur soft
  • Medium: Tidak terlalu empuk dan juga tidak terlalu keras
  • Medium firm: Cenderung keras, tetapi cukup empuk untuk sedikit membenamkan tubuh di kasur

Dengan karakteristiknya, kasur medium cocok digunakan oleh pasangan yang preferensi tingkat kekerasannya berbeda. Selain itu, kasur ini cocok untuk berbagai posisi tidur.

Firm, mampu menjaga tulang punggung tetap lurus

Firm, mampu menjaga tulang punggung tetap lurus

Untuk Anda dengan tubuh yang besar, pilihlah kasur firm. Bobot tubuh Anda memberikan tekanan yang besar pada kasur sehingga membutuhkan dukungan besar dari kasur. Dengan tidur di kasur ini, tulang punggung Anda akan tetap lurus sehingga menjaga sirkulasi oksigen di dalam tubuh.


Kasur ini memiliki karakteristik yang lebih padat dan kokoh. Karena cukup keras, tentu kasur firm kurang cocok untuk Anda yang lebih menyukai kasur empuk. Preferensi orang akan tingkat kekerasan kasur memang berbeda-beda. Karena itu, Anda bisa mencobanya lebih dahulu jika membeli kasur latex secara langsung.

Pilih kasur yang ketebalannya sesuai dengan kebiasaan tidur Anda

Pilih kasur yang ketebalannya sesuai dengan kebiasaan tidur Anda

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa ketebalan kasur karena memengaruhi kenyamanan saat tidur. Ada baiknya Anda memilih ketebalan kasur yang sesuai dengan kebiasaan tidur. Untuk lebih jelasnya, simaklah poin-poin di bawah ini.


  • Bila Anda biasa tidur dengan posisi terlentang, kasur yang ketebalannya 20 cm pas untuk dipilih. Kasur latex ini termasuk tipis.

  • Kasur latex dengan ketebalan 20–30 cm termasuk sedang. Jika Anda suka tidur menyamping, pilihlah kasur dengan ketebalan 20–30 cm.

  • Untuk Anda dengan kebiasaan tidur tengkurap atau yang berbobot berat, pilih kasur dengan ketebalan di atas 30 cm. Kasur ini tergolong tebal.

Pertimbangkan juga kasur lipat atau topper

Material latex tidak hanya digunakan untuk membuat kasur matras, tetapi juga kasur lipat dan topper. Kasur lipat dan topper dari latex pun banyak peminatnya, lho. Apa saja keunggulan dari dua jenis kasur ini?

Kasur lipat, berbentuk compact dan tidak memakan tempat

Kasur lipat, berbentuk compact dan tidak memakan tempat

Kasur lipat cenderung lebih tipis dari kasur lainnya. Hal ini membuat kasur lipat lebih cepat kempis, terlebih jika terbuat dari busa berkualitas rendah. Maka dari itu, kasur lipat latex adalah solusinya. Kualitas produknya lebih baik, awet, dan tahan lama.


Meskipun tipis seperti kasur lipat pada umumnya, kasur lipat latex tidak mudah kempis. Kasur ini juga compact karena bisa Anda lipat sebanyak dua atau tiga kali. Produknya cocok dipilih bila Anda tinggal di tempat yang tak terlalu luas. Membawanya bepergian pun masih memungkinkan!

Topper, untuk Anda yang ingin tetap menggunakan kasur lama

Topper, untuk Anda yang ingin tetap menggunakan kasur lama

Anda tidak perlu membuang kasur lama jika ingin beralih ke kasur yang lebih empuk. Topper dari latex yang tak kalah berkualitas dari kasur latex bisa jadi solusi. Produknya berupa matras yang memang didesain untuk ditempatkan di atas kasur.


Membeli topper berbahan latex lebih hemat dari membeli kasur latex jika budget Anda terbatas. Anda hanya perlu memilih topper yang ukurannya sesuai dengan kasur. Dengan begitu, kenyamanan tidur di atas kasur latex dapat Anda rasakan!

10 Rekomendasi kasur latex terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kasur latex terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
IN THE BOX Organix Hybrid 1

IN THE BOX

2
Quantum Greentea Latex Topper DNA 12 1

Quantum

3
Domi Latex Maxi Eucalyptus Topper 1

Domi

4
Mimpi Sleep Original 1

Mimpi Sleep

5
Uniland Springbed Rivera Luxury Plushtop Latex Marylin  1

Uniland Springbed

6
Domi Latex Silkpur Mattress 1

Domi

7
Quantum Kasur Orthopedic Posture Master Greentea Latex Virase 1

Quantum

8
Dunlopillo Kasur Lipat 3 Full Latex 1

Dunlopillo

9
Willow Pillow Kasur Latex Lipat Gulung 1

Willow Pillow

10
Quantum Maxwell Latex Orthopedic Eleanor 1

Quantum

Nama produk

Organix Hybrid

Greentea Latex Topper DNA 12

Latex Maxi Eucalyptus Topper

Original

Rivera Luxury Plushtop Latex Marylin

Latex Silkpur Mattress

Kasur Orthopedic Posture Master Greentea Latex Virase

Kasur Lipat 3 Full Latex

Kasur Latex Lipat Gulung

Maxwell Latex Orthopedic Eleanor

Keunggulan

Kasur hybrid dengan tingkat keempukan berbeda di tiap bagiannya

Nyaman sebagai topper dan kasur lantai!

Cover-nya beraroma eucalyptus yang menyegarkan

Didukung dengan empat lapisan berkualitas tinggi

Lapisan busanya mencegah tubuh tergelincir dari pinggir kasur

Cover tetap sejuk dan kering dengan 3D Feran Ice Fabrics

Kasur latex yang bisa melawan virus!

Kasur lipat empuk dan tebal dengan tali pengikat

Dilengkapi tas yang memudahkan dibawa bepergian

Memberikan topangan optimal untuk Anda yang berbadan besar

Harga mulai dariRp 4.139.000,00Rp 1.720.000,00Rp 1.413.000,00Rp 7.800.000,00Rp 6.000.000,00Rp 3.570.000,00Rp 6.670.000,00Rp 7.500.000,00Rp 3.250.000,00Rp 8.750.000,00
Ukuran90–200 cm x 200 cm90–200 cm x 200 cm90–200 cm x 200 cm90–200 cm x 200 cm90–200 cm x 200 cm90–200 cm x 200 cm90–200 cm x 200cm90 cm x 200 cm95 cm x 195 cm120–200 cm x 200 cm
DensityMedium firmMediumMediumMediumTidak ada keteranganTidak ada keteranganFirmMedium softTidak ada keteranganExtra firm
Tebal28 cm12 cm8 cm25 cm32 cm20 cm28 cm7,5 cm 7,5 cm5 cm28 cm
TipeKasur latexTopperTopperKasur latexSpring bedKasur latexSpring bedKasur lipatKasur lipatKasur latex
Tautan produk
10

QuantumMaxwell Latex Orthopedic Eleanor

Mulai dari Rp 8.750.000,00

Ukuran120–200 cm x 200 cm
DensityExtra firm
Tebal28 cm
TipeKasur latex
9

Willow PillowKasur Latex Lipat Gulung

Mulai dari Rp 3.250.000,00

Ukuran95 cm x 195 cm
DensityTidak ada keterangan
Tebal5 cm
TipeKasur lipat
8

DunlopilloKasur Lipat 3 Full Latex

Mulai dari Rp 7.500.000,00

Ukuran90 cm x 200 cm
DensityMedium soft
Tebal7,5 cm 7,5 cm
TipeKasur lipat
7

QuantumKasur Orthopedic Posture Master Greentea Latex Virase

Mulai dari Rp 6.670.000,00

Ukuran90–200 cm x 200cm
DensityFirm
Tebal28 cm
TipeSpring bed
6
Ukuran90–200 cm x 200 cm
DensityTidak ada keterangan
Tebal20 cm
TipeKasur latex
5

Uniland SpringbedRivera Luxury Plushtop Latex Marylin

Mulai dari Rp 6.000.000,00

Ukuran90–200 cm x 200 cm
DensityTidak ada keterangan
Tebal32 cm
TipeSpring bed
4
Ukuran90–200 cm x 200 cm
DensityMedium
Tebal25 cm
TipeKasur latex
3

DomiLatex Maxi Eucalyptus Topper

Mulai dari Rp 1.413.000,00

Ukuran90–200 cm x 200 cm
DensityMedium
Tebal8 cm
TipeTopper
2
Ukuran90–200 cm x 200 cm
DensityMedium
Tebal12 cm
TipeTopper
1
Ukuran90–200 cm x 200 cm
DensityMedium firm
Tebal28 cm
TipeKasur latex

Baca juga rekomendasi bantal di sini

Untuk mendukung kenyamanan tidur, gunakanlah bantal yang tak kalah nyaman dari kasur latex. Bantal berbahan microfiber, silikon, dan bahkan latex tersedia di pasaran. Kami sudah menyiapkan ulasannya untuk Anda pada tautan berikut. Yuk, dikunjungi!

Kesimpulan

Demikian penjelasan kami mengenai cara memilih kasur latex beserta rekomendasi produk terbaiknya. Sudahkah Anda menemukan produk yang dicari? Agar Anda makin nyaman saat tidur, pilihlah produk dengan ukuran, density, dan ketebalan yang tepat.


Selain itu, kasur lipat dan topper dari latex bisa dipertimbangkan untuk menekan pengeluaran Anda. Namun, tetap utamakanlah kenyamanan dan kesehatan Anda. Selamat berbelanja kasur latex terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bantal tidur yang nyaman dan empuk akan membuat Anda serasa tidur di hotel berbintang. Dari segi kesehatan, pemilihan jenis bantal yang tepat juga dapat mengurangi ketegangan leher. Ada beragam model bantal yang bisa Anda pilih untuk tidur sehari-hari serta memiliki manfaat untuk kesehatan.Untuk membantu Anda memilih, kali ini kami akan membahas poin-poin penting saat mencari bantal tidur terbaik. Kami juga akan merekomendasikan merek bantal tidur yang bagus, seperti King Koil, Restking, Willow Pillow, dan Therapedic. Simak terus artikelnya untuk menemukan bantal tidur yang bagus dan empuk!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Kasur Spring Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Spring Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Supaya tidur Anda nyaman serta terhindar dari sakit punggung, Anda bisa menggunakan kasur spring bed. Sesuai namanya, kasur spring bed adalah kasur yang menggunakan lapisan per atau spring. Kini, kasur spring bed di pasaran makin inovatif dengan harga bervariasi, mulai dari 1 jutaan, 2 jutaan, hingga puluhan juta.Karena itu, agar Anda bisa menemukan produk yang bagus, ikutilah tips-tips memilihnya dalam artikel ini. Daftar rekomendasi berisi kasur spring bed terbaik juga akan Anda temukan. Ada kasur spring bed merek Central, Bigland, INTHEBOX, dan sebagainya. Yuk, disimak!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda merasa pegal dan lelah ketika bangun tidur? Beralihlah menggunakan kasur yang nyaman seperti kasur busa. Kasur busa tersedia dalam berbagai jenis, ukuran, dan ketebalan. Beberapa merek menyediakan kasur busa lipat yang dilengkapi tas penyimpanan, kasur busa besar, bahkan ada juga kasur busa antikempes.Banyaknya tipe, ketebalan, dan harga kasur busa ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips memilih kasur busa terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek kasur busa yang bagus, seperti Inoac, Royal Foam, dan Olympic. Yuk, disimak!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kasur yang Anda gunakan sangatlah memengaruhi kualitas tidur. Jika Anda merasa lelah dan pegal ketika bangun tidur, bisa jadi Anda salah memilih kasur. Saat ini tersedia banyak kasur matras dari berbagai merek, seperti Quantum, INTHEBOX, IKEA, dan sebagainya. Tipenya pun banyak, ada kasur orthopedic, kasur latex, atau kasur dengan mattress topper.Kali ini kami akan membantu Anda memilih kasur matras yang bagus sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga telah menyiapkan review beserta rekomendasi kasurnya. Nah, mari simak informasi di bawah ini dan tentukan pilihan Anda!
    Kamar tidur
  • 10 Merk Sprei Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sprei Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kasur dengan sprei yang nyaman bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Dengan sprei yang bahannya lembut serta motifnya serasi dengan interior kamar, kualitas tidur pun tentu meningkat. Jadi, saat bangun keesokan harinya, Anda akan makin semangat untuk beraktivitas.Ada banyak merek sprei yang bagus di pasaran, seperti My Love, Kintakun, hingga California. Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi dan review sprei terbaik, dari yang adem sampai yang waterproof. Sprei rekomendasi kami hadir dengan berbagai pilihan harga dari banyak merek lokal. Namun, sebelumnya, simak dahulu cara memilihnya berikut ini!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Kasur Orthopedic Terbaik (Terbaik Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Orthopedic Terbaik (Terbaik Tahun 2022)
    Kasur orthopedic adalah kasur dengan tingkat kekerasan firm yang dirancang khusus untuk mengatasi permasalahan pada tulang belakang. Seperti kasur pada umumnya, kasur tipe keras ini juga ditawarkan dalam beragam ukuran. Anda bisa menemukan produk ukuran 160 x 200, 180 x 200, dan lainnya.Elite, in.the.box, dan Florence adalah beberapa merek kasur orthopedic yang bagus. Supaya Anda tidak bingung, kami akan memberikan tips memilih serta berbagi rekomendasi kasur orthopedic terbaik. Kami juga akan mengulas produk berdasarkan review kasur orthopedic dari konsumen dan harga di pasaran. Mari simak ulasan selengkapnya!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Bantal Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bantal Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bantal merupakan alas kepala yang biasa digunakan untuk tidur. Namun, tahukah Anda bahwa untuk anak kecil tidak sembarangan bantal bisa digunakan? Membeli bantal yang terlalu kecil atau malah kebesaran untuk anak dapat membuat kenyamanan tidur mereka tidak optimal. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan panduan cara memilih bantal anak yang bagus. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk bantal anak dari beragam merek terbaik. Merek-merek bantal anak terkenal dari Istana Boneka, KUB, Dunlopillo, atau Kokoro pun dapat Anda temukan. Yuk, simak artikel ini sampai habis, ya!
    Kamar tidur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori