mybest
Motor

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Otomotif
  3. Mobil & motor
  4. 10 Rekomendasi Motor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Motor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Motor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Motor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Motor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Motor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Motor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Kendaraan listrik kian marak diminati di Indonesia, termasuk sepeda motor listrik. Menggunakan kendaraan listrik dianggap lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan asap. Harga bahan bakar yang makin melonjak juga menjadi alasan untuk beralih ke motor listrik. Armada ojek online seperti Grab pun sudah mulai menggunakan motor listrik.


Apakah Anda tertarik untuk memilih motor listrik yang bagus? Nah, kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara memilih motor listrik. Kami juga akan mengulas berbagai merek motor listrik terbaik yang ada di Indonesia, seperti Uwinfly, Smoot, dan Polytron. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Diperbaharui 18/01/2024
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Alasan untuk beralih ke motor listrik

Alasan untuk beralih ke motor listrik
Sumber: smoot.id

Sekarang mulai ada banyak merek motor listrik di Indonesia. Honda dan Yamaha juga mulai membuat motor listrik untuk pasaran Indonesia. Pajak motor listrik pun lebih murah dibandingkan motor biasa. Nah, berikut ini adalah beberapa keunggulan dan alasan untuk Anda beralih dari motor biasa ke motor listrik.


  • Lebih ramah lingkungan

Motor listrik lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi udara. Karena menggunakan tenaga listrik, motor listrik tidak memiliki knalpot untuk mengeluarkan emisi gas


  • Tidak menghasilkan suara bising

Motor listrik juga tidak menghasilkan suara berisik seperti motor biasa. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, motor listrik tidak memiliki knalpot. Suaranya lebih lembut sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar. 


  • Biaya perawatannya lebih irit

Makin lama harga bahan bakar makin tinggi. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih motor listrik yang pengisian dayanya lebih murah dibandingkan motor biasa. Untuk sekali pengisian daya baterai, Anda membutuhkan sekitar Rp5.000,00 saja.


Selain biaya daya, biaya perawatannya pun lebih murah. Komponen motor listrik lebih sedikit dibandingkan motor biasa. Motor listrik pun tidak menggunakan oli. Namun, Anda tetap harus melakukan servis serta penggantian baterai secara rutin untuk menjaga performa motor listrik.


  • Motor listrik lebih mudah dikendarai

Mengendarai motor listrik juga lebih mudah dibandingkan motor konvensional. Motor listrik hanya menggunakan tombol saja untuk mengoperasikannya.


Meski memiliki sejumlah kelebihan, motor listrik juga memiliki kekurangan

  • Motor listrik tidak sanggup membawa beban yang terlalu berat. Makin berat bebannya, makin cepat habis juga dayanya. 
  • Tempat untuk pengisian baterai kendaraan listrik masih terbatas. Tempat pengisian baterai di tempat umum disebut SPLU atau stasiun penyedia listrik umum.

Cara memilih Motor Listrik

Anda mungkin belum familier dengan motor listrik. Namun, tak perlu khawatir karena kami akan berbagi tips memilih motor listrik, terutama untuk pemula. Simaklah poin-poin di bawah ini untuk menemukan motor listrik terbaik.

1

Kenali jenis baterai untuk motor listrik

Sampai saat ini ada dua jenis baterai yang digunakan untuk motor listrik, yaitu SLA dan lithium ion. Kami akan menjelaskan perbedaan kedua jenis baterai tersebut untuk Anda..

SLA (selead lead acid): Baterai isi ulang dengan harga murah

SLA (selead lead acid): Baterai isi ulang dengan harga murah

Baterai SLA atau lead-acid (asam timbal) adalah baterai isi ulang tertua yang dikenal murah serta mudah didaur ulang. Baterai ini disebut juga dengan nama aki. Tak heran jika motor listrik yang menggunakan baterai SLA dijual dengan harga yang lebih terjangkau.


Bobot baterai SLA tiga kali lipat baterai litium. Meski begitu, kapasitasnya tidak sebesar baterai litium. Baterai SLA juga tergolong lebih sensitif dan membutuhkan perawatan ekstra. 

Lithium ion: Lebih tahan lama dan menghasilkan tenaga lebih

Lithium ion: Lebih tahan lama dan menghasilkan tenaga lebih

Baterai lithium ion atau Li-ion merupakan jenis baterai yang umum digunakan untuk kendaraan listrik. Efisiensi energi baterai Li-ion tergolong cukup besar. Selain itu, baterai Li-ion memiliki rasio energi yang lebih besar per berat. Bobotnya pun lebih ringan dibandingkan SLA.


Meski demikian, baterai Li-ion tidak bisa diisi ulang secara berlebih atau dibiarkan sampai kosong. Harga baterai Li-ion juga tergolong lebih mahal.

2

Cari tahu cara pengisian baterai motor

Cari tahu cara pengisian baterai motor
Sumber: smoot.id

Selain jenis baterainya, cari tahu juga cara pengisian baterai motor. Anda bisa menemukan baterai motor yang bisa dilepaskan untuk diisi ulang. Jenis baterai yang bisa dilepas memudahkan Anda mengisi ulang baterai di mana saja, baik di rumah maupun di luar rumah.


Sekarang pun sudah tersedia motor dengan battery replacement system. Jadi, Anda tak perlu repot melakukan isi ulang baterai sendiri. Anda cukup mengambil baterai baru dengan menggunakan aplikasi. Ada dua penyewaan baterai motor, seperti dari Oyika dan Swap


Di sisi lain, ada juga baterai motor yang tidak bisa dilepaskan. Oleh karena itu, Anda harus menempatkan motor di dekat colokan listrik untuk mengisi dayanya. Model baterai ini memang cukup merepotkan jika Anda tidak memiliki garasi yang dilengkapi dengan colokan listrik.

3

Pahami spesifikasi motor listrik

Spesifikasi motor juga menjadi pertimbangan penting saat memilih motor listrik. Spesifikasi seperti apa yang perlu Anda perhatikan?

Daya motor, untuk menentukan performa motor

Daya motor, untuk menentukan performa motor
Sumber: selis.co.id

Daya motor dinilai dengan satuan watt. Daya motor akan menentukan performa motor listrik. Makin besar dayanya, makin besar kecepatan motor listrik tersebut. Tenaga motor listrik juga lebih besar dengan daya yang besar.

Jarak tempuh, jarak maksimal yang bisa ditempuh motor sampai baterai habis

Jarak tempuh yang dimaksud adalah jarak maksimal yang bisa ditempuh motor listrik sampai baterainya habis. Anda bisa menyesuaikan jarak tempuh motor listrik dengan kebutuhan Anda sehari-hari.


Namun, jarak tempuh motor juga dipengaruhi oleh berat penumpang dan kecepatan yang Anda gunakan. Informasi yang diberikan hanya perkiraan saja.

Daya angkut, bobot maksimal yang bisa dibawa motor listrik

Daya angkut, bobot maksimal yang bisa dibawa motor listrik
Sumber: smoot.id

Performa motor listrik juga dipengaruhi oleh bobot penumpangnya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencari informasi tentang daya angkut motor listrik. Biasanya motor listrik dapat mengangkut sampai 150 kg. Jika Anda mengangkut lebih dari daya angkutnya, kemungkinan motor akan lebih cepat rusak atau tidak akan jalan.

Kecepatan maksimum, kecepatan tercepat yang bisa Anda gunakan

Sama seperti motor biasa, motor listrik juga memiliki persneling atau gigi. Pilihan kecepatan tersebut diatur hanya dengan satu tombol saja. Anda umumnya akan mendapatkan 2–3 pilihan kecepatan.


Kecepatan maksimum akan membantu Anda menempuh jarak dengan lebih cepat. Perlu Anda ketahui, makin cepat kecepatan yang digunakan, makin cepat panas pula baterai motor. Jadi, pilihlah kecepatan yang memang Anda butuhkan saja, ya.

4

Pertimbangkan merek motor listrik yang memiliki toko fisik

Pertimbangkan merek motor listrik yang memiliki toko fisik

Anda memang bisa membeli motor listrik secara online. Meski begitu, pastikan juga Anda membeli merek motor yang memiliki toko fisik. Sama seperti alat elektronik dan kendaraan umumnya, motor listrik juga dapat mengalami kerusakan. Adanya toko fisik akan memudahkan Anda untuk mengeklaim garansi.


Toko fisik juga menyediakan spare part resmi untuk motor listrik Anda. Jadi, Anda tak perlu repot mencari spare part motor listrik saat dibutuhkan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Motor Listrik Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Motor Listrik terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 18 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Power
Jenis baterai
Baterai
Pengisian daya penuh
Kecepatan maksimum
Jarak tempuh
Daya angkut
Pilihan warna
1

Uwinfly

Motor ListrikT3

Uwinfly Motor Listrik 1

Rp9.000.000

Agak Murah

Motor listrik viral, harganya terjangkau!

800 watt

Tidak diketahui

60V - 20 Ah

6-7 jam

75 km/jam

60-70 km

200 kg

Navy, abu, hijau

2

Smoot

Tempur New Facelift

Smoot Tempur New Facelift 1

Rp18.500.000

Menengah

Sudah bekerja sama dengan Swap, tak perlu isi ulang baterai

1500 watt

Lithium ion

64V - 21,5 Ah

Tidak diketahui

60 km/jam

60 km

150 kg

Silver, biru tua, biru muda, putih, hitam, merah

3

Polytron

Fox R Electric

Polytron  Fox R Electric  1

Rp20.500.000

Menengah

Melaju makin cepat dengan power yang cukup besar

3000 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5 jam

95 km/jam

130 km

Tidak diketahui

Pearl white, midnight black, bumblebee yellow, cherry red gloss, dan sebagainya

4

United Motor

T1800

United Motor T1800 1

Rp30.500.000

Agak Mahal

Pengisian baterainya lebih cepat, memiliki bagasi yang luas pula!

1300 watt

Lithium ion

60V - 28 Ah

1,5 jam

70 km/jam

65 km

150 kg

Milano red, black saphire, blue electric, white pearl, grey matte

5

VOXA

Eiffel Fantasy

VOXA  Eiffel Fantasy 1

Rp4.999.000

Lebih Murah

Parkir jadi lebih aman berkat fitur remote alarm-nya

500 watt

Tidak diketahui

48V - 12 Ah

Tidak diketahui

40 km

40 km/jam

100 kg

Pink, tosca, yellow, dark grey, white, black

6

Viar

Motor Listrik New Q1 L Long Seat

Viar Motor Listrik New Q1 L Long Seat 1

Rp15.400.000

Menengah

Motor listrik yang bekerja sama dengan Grab Indonesia

800 watt

Lithium ion

60V - 23 Ah

4-5 jam

60 km/jam

60 km

Tidak diketahui

Hijau muda, biru, kuning, putih, hitam, dan sebagainya

7

OFERO

Starrer Max

OFERO  Starrer Max 1

Rp15.998.000

Menengah

Kombinasi sepeda sekaligus motor listrik yang kece dipakai jalan sore

600 watt

SLA

48V - 20 Ah

6-8 jam

43 km/jam

80 km

180 kg

Obsidian green, aurora brown

8

ZUZU

Sepeda Motor Listrik Smoot

ZUZU Sepeda Motor Listrik Smoot 1

Rp14.300.000

Menengah

Skuter listrik keren dengan finishing cat matte

1500 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

60 km/jam

60-70 km

160 kg

Mint, lemon, bubble gum, vanila, boba

9

SELIS

Motor Listrik New Balis

SELIS Motor Listrik New Balis 1

Rp48.000.000

Lebih Mahal

Dilengkapi atap, berkendara jadi bebas dari hujan dan panas

520 watt

SLA

60V - 45 Ah

Tidak diketahui

45 km/jam

50 km

300 kg

Merah, putih

10

Selis

Motor Listrik E-Max

Selis Motor Listrik E-Max 1

Rp15.500.000

Menengah

Nyaman digunakan untuk ke pasar sampai mengantar anak sekolah

1200 watt

SLA

60V - 20 Ah

7 jam

50 km/jam

40 km

200 kg

Hitam, putih, merah

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

UwinflyMotor ListrikT3

Motor Listrik 1
Sumber: shopee.co.id
Motor Listrik 2
Sumber: shopee.co.id
Motor Listrik 3
Sumber: shopee.co.id
Motor Listrik 4
Sumber: shopee.co.id
Motor Listrik 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp9.000.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp9.000.000
Agak Murah

Motor listrik viral, harganya terjangkau!

Motor listrik Uwinfly seri T3 adalah motor listrik yang viral di TikTok dan Instagram. Modelnya yang mirip Vespa S tampak groovy untuk anak muda. Uwinfly T3 hadir dalam berbagai pilihan warna terkini. Menariknya lagi, Uwinfly T3 bisa Anda bawa ke medan menanjak. Selain itu, Uwinfly T3 dijual dengan harga yang cukup murah di antara merek pesaingnya.

Power800 watt
Jenis bateraiTidak diketahui
Baterai60V - 20 Ah
Pengisian daya penuh6-7 jam
Kecepatan maksimum75 km/jam
Jarak tempuh60-70 km
Daya angkut200 kg
Pilihan warnaNavy, abu, hijau
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SmootTempur New Facelift

Tempur New Facelift 1
Sumber: smoot.id
Tempur New Facelift 2
Sumber: smoot.id
Tempur New Facelift 3
Sumber: smoot.id
Tempur New Facelift 4
Sumber: smoot.id
Tempur New Facelift 5
Sumber: smoot.id
Harga referensi
Rp18.500.000
Menengah

Sudah bekerja sama dengan Swap, tak perlu isi ulang baterai

Smoot Tempur New Facelift sudah mengalami perbaikan teknologi dari versi sebelumnya. Motornya lebih responsif saat Anda menggunakan gas. Cukup Anda gas sedikit saja, motor ini sudah bisa melaju. Motornya pun terasa lebih enteng dan stabil.


Smoot Tempur sudah menggunakan battery replacement system yang bekerja sama dengan Swap. Jadi, baterainya bisa langsung Anda ganti melalui aplikasi dengan baterai baru. Motor ini sangat cocok dan praktis untuk Anda yang tinggal di rumah kos.

Power1500 watt
Jenis bateraiLithium ion
Baterai64V - 21,5 Ah
Pengisian daya penuhTidak diketahui
Kecepatan maksimum60 km/jam
Jarak tempuh60 km
Daya angkut150 kg
Pilihan warnaSilver, biru tua, biru muda, putih, hitam, merah
View all
No.3

Polytron Fox R Electric

Harga referensi
Rp20.500.000
Menengah

Melaju makin cepat dengan power yang cukup besar

Motor listrik dari Polytron ini cocok untuk Anda yang mencari motor listrik kencang. Alasannya, Polytron Fox R Electric ini bisa melaju dengan kecepatan maksimum sampai 95 km/jam. 


Hal itu berkat daya baterai yang cukup besar. Hasilnya, Anda bisa melaju makin cepat di jalanan serta tidak kalah dari motor manual berkecepatan tinggi. Dari pilihan desain finishing cat, Anda juga bisa memilih sesuai selera, mau glossy atau matte. 

Power3000 watt
Jenis bateraiTidak diketahui
BateraiTidak diketahui
Pengisian daya penuh5 jam
Kecepatan maksimum95 km/jam
Jarak tempuh130 km
Daya angkutTidak diketahui
Pilihan warnaPearl white, midnight black, bumblebee yellow, cherry red gloss, dan sebagainya
View all
No.4

United MotorT1800

Harga referensi
Rp30.500.000
Agak Mahal

Pengisian baterainya lebih cepat, memiliki bagasi yang luas pula!

United T1800 hadir dengan desain seperti scooter maxi sehingga cocok untuk Anda yang berbadan besar. Lampu depan dan belakangnya pun sudah menggunakan lampu LED. Salah satu fitur menarik dari United T1800 adalah turbo mode sehingga motor ini bisa melaju sampai 70 km per jam.


Menariknya lagi, pengisian daya baterainya sangat cepat, bahkan kurang dari 4 jam. Selain itu, motor juga memiliki bagasi yang luas, tidak seperti motor listrik lainnya.

Power1300 watt
Jenis bateraiLithium ion
Baterai60V - 28 Ah
Pengisian daya penuh1,5 jam
Kecepatan maksimum70 km/jam
Jarak tempuh65 km
Daya angkut150 kg
Pilihan warnaMilano red, black saphire, blue electric, white pearl, grey matte
View all
No.5

VOXA Eiffel Fantasy

Harga referensi
Rp4.999.000
Lebih Murah

Parkir jadi lebih aman berkat fitur remote alarm-nya

Anda khawatir keamanan motor saat parkir di area umum? Tenang, sepeda motor listrik lucu satu ini dilengkapi sistem keamanan yang bagus. Motor listrik ini memiliki remote alarm yang dapat memberikan sinyal saat motor disentuh orang lain. Jadi, parkir lebih aman dan tenang, bukan?


Ditambah lagi, desainnya ramping dengan balutan warna menggemaskan, cocok untuk Anda yang tinggal di perkotaan. Anda jadi lebih terlihat kece saat memakai sepeda motor listrik ini untuk antar jemput si kecil ke sekolah.

Power500 watt
Jenis bateraiTidak diketahui
Baterai48V - 12 Ah
Pengisian daya penuhTidak diketahui
Kecepatan maksimum40 km
Jarak tempuh40 km/jam
Daya angkut100 kg
Pilihan warnaPink, tosca, yellow, dark grey, white, black
View all
No.6

ViarMotor Listrik New Q1 L Long Seat

Harga referensi
Rp15.400.000
Menengah

Motor listrik yang bekerja sama dengan Grab Indonesia

Viar Q1 L adalah motor listrik yang banyak digunakan armada Grab. Oleh karena itu, kualitasnya tak perlu Anda ragukan lagi. Ukuran Viar Q1 L tergolong kecil sehingga lebih nyaman digunakan untuk berkendara sendiri.


Soal keamanannya pun tak perlu Anda ragukan. Saat alarm menyala, roda belakangnya akan otomatis terkunci untuk keamanan. Jadi, tak perlu khawatir kendaraan listrik kesayangan Anda hilang dibawa maling.

Power800 watt
Jenis bateraiLithium ion
Baterai60V - 23 Ah
Pengisian daya penuh4-5 jam
Kecepatan maksimum60 km/jam
Jarak tempuh60 km
Daya angkutTidak diketahui
Pilihan warnaHijau muda, biru, kuning, putih, hitam, dan sebagainya
View all
No.7

OFERO Starrer Max

Harga referensi
Rp15.998.000
Menengah

Kombinasi sepeda sekaligus motor listrik yang kece dipakai jalan sore

Desain kece dari sepeda motor listrik satu ini patutnya tidak dilewatkan oleh Anda yang tinggal di perkotaan. Bodinya yang ramping enak dipakai berkeliling melepas penat saat pagi atau sore hari bersama si kecil. Anda bisa menikmati pemandangan dengan nyaman karena seat-nya terbuat dari bahan lembut.


Ditambah lagi, material sepeda motor listrik ini water resistance sehingga Anda tidak perlu risau ketika di jalan tiba-tiba hujan. Rangkanya juga kuat karena mampu menahan bobot maksimal sampai 180 kg. Menarik bukan?

Power600 watt
Jenis bateraiSLA
Baterai48V - 20 Ah
Pengisian daya penuh6-8 jam
Kecepatan maksimum43 km/jam
Jarak tempuh80 km
Daya angkut180 kg
Pilihan warnaObsidian green, aurora brown
View all
No.8

ZUZUSepeda Motor Listrik Smoot

Harga referensi
Rp14.300.000
Menengah

Skuter listrik keren dengan finishing cat matte

Bila Anda mencari vespa atau skuter listrik yang kece, pilihlah Smoot ZUZU. Skuter listrik ini memiliki finishing cat matte. Varian warnanya juga cukup banyak. Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan preferensi, mulai dari warna mint, lemon, hingga bubble gum. 


Selain kece, rem motor listrik ZUZU ini sudah dilengkapi rem cakram yang apik. Jadi, Anda tidak perlu takut tergelincir saat berhenti mendadak berkat cengkeraman rem yang optimal. 

Power1500 watt
Jenis bateraiTidak diketahui
BateraiTidak diketahui
Pengisian daya penuhTidak diketahui
Kecepatan maksimum60 km/jam
Jarak tempuh60-70 km
Daya angkut160 kg
Pilihan warnaMint, lemon, bubble gum, vanila, boba
View all
No.9

SELISMotor Listrik New Balis

Harga referensi
Rp48.000.000
Lebih Mahal

Dilengkapi atap, berkendara jadi bebas dari hujan dan panas

Jika Anda ingin naik motor dengan taste mobil, pertimbangkan motor listrik SELIS satu ini. Motor listrik ini dilengkapi atap yang dapat melindungi Anda dari panas dan hujan. Jadi, Anda tidak akan kebasahan dan kepanasan saat berkendara.


Terlebih, motor listrik ini diklaim hemat baterai dengan konsumsi charge listrik hanya Rp5460,-/50 km. Hasilnya, Anda bisa tetap berhemat meski kerap memakai motor listrik saat berkegiatan harian.

Power520 watt
Jenis bateraiSLA
Baterai60V - 45 Ah
Pengisian daya penuhTidak diketahui
Kecepatan maksimum45 km/jam
Jarak tempuh50 km
Daya angkut300 kg
Pilihan warnaMerah, putih
View all
No.10

SelisMotor Listrik E-Max

Motor Listrik E-Max 1
Sumber: selis.co.id
Motor Listrik E-Max 2
Sumber: selis.co.id
Motor Listrik E-Max 3
Sumber: selis.co.id
Motor Listrik E-Max 4
Sumber: shopee.co.id
Motor Listrik E-Max 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp15.500.000
Menengah
Harga referensi
Rp15.500.000
Menengah

Nyaman digunakan untuk ke pasar sampai mengantar anak sekolah

Selis E-Max rasanya lebih cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari karena jarak tempuhnya hanya 40 km saja. Motor listrik ini pasti menjadi idola para ibu rumah tangga, baik untuk ke pasar maupun antar jemput anak sekolah. Desainnya juga makin nyaman dengan sandaran di bagian belakang.


Selain itu, E-Max menggunakan sistem keyless. Motornya hanya dapat dioperasikan jika sensornya mendeteksi kunci. Demi keamanan, E-Max dilengkapi dengan alarm antimaling, immobilizer, dan GPS tracking.

Power1200 watt
Jenis bateraiSLA
Baterai60V - 20 Ah
Pengisian daya penuh7 jam
Kecepatan maksimum50 km/jam
Jarak tempuh40 km
Daya angkut200 kg
Pilihan warnaHitam, putih, merah
View all

Pertanyaan umum seputar motor listrik

Kami sudah membahas tentang cara memilih motor listrik dan merekomendasikan produk terbaiknya. Namun, masih ada beberapa informasi yang perlu Anda perhatikan saat memilih motor listrik. Simaklah jawaban dari pertanyaan umum seputar motor listrik ini, ya!

Apa sepeda motor listrik butuh STNK?

Berdasarkan PP 55 tahun 2012 tentang Kendaraan, motor listrik membutuhkan STNK. Anda dapat mengurus STNK motor listrik di SAMSAT seperti mengurus STNK motor biasa.

Cara merawat motor listrik agar lebih awet

Penggunaan motor listrik masih tergolong baru di Indonesia. Anda pun mungkin masih bingung cara merawat motor listrik dengan benar. Kami akan memberikan tips merawat motor listrik agar lebih awet digunakan.


  • Hindari menerjang banjir dengan motor listrik. Meski motor listrik sudah dirancang agar lebih tahan air, menerjang banjir sangat tidak disarankan. Pasalnya, air bisa masuk ke lubang soket sehingga terjadi korsleting pada motor listrik.

  • Matikan MCB saat motor tidak digunakan. Baterai pada motor listrik bisa mengalami self discharge. Untuk itu, Anda perlu mematikan MCB yang tersedia agar baterainya lebih awet.

  • Selalu periksa sistem pengereman motor listrik tiap 2–3 bulan sekali demi keamanan berkendara. Anda bisa mengunjungi bengkel resmi khusus motor listrik untuk memeriksa pengeremannya.

  • Gantilah van belt tiap menempuh jarak 3.000 km untuk mencegah van belt putus. Van belt adalah bagian dari motor listrik yang berfungsi untuk menyalurkan daya dari mesin ke sistem penggerak.

5 Rekomendasi Motor Listrik terbaik

No. 1: UwinflyMotor ListrikT3

No. 2: SmootTempur New Facelift

No. 3: Polytron Fox R Electric

No. 4: United MotorT1800

No. 5: VOXA Eiffel Fantasy

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Otomotif
  3. Mobil & motor
  4. 10 Rekomendasi Motor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.