mybest
AC

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Penyejuk & pembersih udara
  4. 10 Rekomendasi AC Low Watt Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC]
  • 10 Rekomendasi AC Low Watt  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC] 1
  • 10 Rekomendasi AC Low Watt  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC] 2
  • 10 Rekomendasi AC Low Watt  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC] 3
  • 10 Rekomendasi AC Low Watt  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC] 4
  • 10 Rekomendasi AC Low Watt  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC] 5

10 Rekomendasi AC Low Watt Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC]

Akhir-akhir ini cuaca makin panas. Akan tetapi, penggunaan AC bisa membebani tagihan listrik Anda. Karena itu, AC low watt dengan daya rendah hadir sebagai solusinya. Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih AC low watt terbaik dan berbagi rekomendasi produknya. 


Simak ulasan AC low watt yang bagus, seperti LG, Midea, dan TCL. Anda dapat menemukan AC low watt 1 PK, 1/2 PK, atau 3/4 PK. Artikel ini sudah ditinjau oleh asesor BNSP bidang AC kami, Robert Johan. Selamat membaca!

Diperbaharui 27/03/2024
Robert Johan
Pakar
Teknisi dan Asesor BNSP Bidang AC
Robert Johan

Robert Johan adalah insinyur dengan latar belakang bidang elektronika. Beliau menjadi praktisi bidang AC split sejak 2004 sampai 2018. Beliau juga menjadi instruktur pelatihan di berbagai lembaga, salah satunya instruktur refrigeran hidrokarbon yang diproduksi oleh Pertamina (Musicool MC-22). Selain itu, beliau juga menjadi instruktur kompetensi hidrokarbon Musicool untuk beberapa universitas dalam negeri. Selain menjadi instruktur pelatihan, Robert juga memiliki pengalaman kerja yang meliputi instalasi, maintenance, dan repair AC split residential. Beliau juga menjadi asesor uji kompetensi sertifikasi BNSP bidang teknisi AC residential sejak 2015 hingga sekarang.

Profil Robert Johan
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa bedanya AC low watt dengan AC inverter?

Apa bedanya AC low watt dengan AC inverter?

AC low watt dan AC inverter memiliki prinsip kerja yang berbeda untuk menghemat daya listrik. AC low watt menggunakan kompresor dengan putaran tetap, tetapi dengan kapasitas pendinginan yang sedikit lebih kecil dari AC standar. Sementara itu, AC inverter menggunakan teknologi yang dapat mengatur putaran kompresor dari lambat hingga maksimum dan sebaliknya. Daya listrik yang dibutuhkan sama dengan tingkat putaran kompresornya.


Dari segi teknologi, AC inverter lebih canggih dari AC low watt. AC inverter dapat menurunkan kinerja kompresornya secara otomatis setelah ruangan mencapai suhu yang diinginkan. Teknologi itulah yang membuat AC inverter bisa menghemat daya listrik. Namun, AC inverter kurang cocok untuk ruangan yang sering dibuka dan ditutup. Dalam kondisi tersebut, mesin AC inverter akan terus bekerja dengan putaran tinggi sehingga lebih boros daya.


Di sisi lain, AC low watt menggunakan kompresor yang lebih kecil. Jadi, konsumsi daya listriknya konsisten rendah. Dari segi harga, AC low watt juga lebih terjangkau. Jika Anda tertarik dengan AC low watt, simaklah artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan tips memilih serta mengulas rekomendasi produk terbaiknya.

Cara memilih AC low watt

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih AC low watt. Anda harus memperhatikan kapasitas pendinginan, refrigeran, hingga fitur-fiturnya. Simak dengan saksama tips berikut agar Anda bisa menemukan AC yang dibutuhkan!

1

Utamakan AC dengan fitur turbo cooling

Utamakan AC dengan fitur turbo cooling

Banyak orang yang ragu dengan AC low watt karena proses pendinginannya cukup lambat. Oleh karena itu, beberapa produsen menawarkan AC low watt dengan teknologi turbo cooling. Teknologi ini membuat AC mampu mendinginkan seluruh ruangan lebih cepat daripada AC low watt biasa.


Blower dari AC dengan teknologi turbo cooling dibuat lebih besar dan panjang. Dengan begitu, frekuensi motor menjadi tinggi sehingga AC lebih cepat mendinginkan ruangan. Hanya lewat satu tombol pada remote control, ruangan Anda akan terasa sejuk dengan kilat. Namun, ingatlah bahwa daya yang dibutuhkan akan makin tinggi dalam prosesnya.

2

Untuk ruangan dengan luas sekitar 13 m², pilih AC 1 PK

Untuk ruangan dengan luas sekitar 13 m², pilih AC 1 PK

Penting untuk menyesuaikan kapasitas pendinginan AC dengan ruangannya. AC yang kapasitas pendinginannya kecil akan lama mendinginkan jika dipasang di ruangan besar. Sebaliknya, AC dengan kapasitas pendinginan besar yang diletakkan di ruangan kecil membuat tagihan listrik jadi lebih besar.


Anda mungkin sudah mengetahui bahwa kapasitas pendinginan AC bisa dilihat dari angka Paard Kracht (PK). Namun, kapasitas pendinginan AC yang lebih tepat sebenarnya dinyatakan dalam satuan BTU/hAC 1 PK umumnya memiliki kapasitas pendinginan 9.000 BTU/h. Nilai tersebut cukup untuk mendinginkan ruangan seluas 15 m². Namun, angka ini adalah patokan untuk AC standar.


AC low watt menggunakan kompresor yang lebih kecil dari AC standar. Karena itu, acuan ruangan untuk AC low watt sedikit lebih kecil dari AC standar. Gunakanlah AC low watt 1 PK untuk ruangan dengan luas 13 m². Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kinerja AC low watt yang lebih optimal.

Robert Johan
Teknisi dan Asesor BNSP Bidang AC
Robert Johan
Selain BTU/h, kapasitas pendinginan AC juga bisa dinyatakan dalam satuan kW atau kJ. Teknisi umumnya menggunakan acuan AC standar 1 PK (9.000 BTU/h) untuk ruangan dengan luas 15 m². Hal ini dengan catatan tinggi plafon tidak melebihi 3 meter dan suhu udara luar rata-rata 33 ℃ (daerah tropis). Perlu dicatat pula bahwa acuan tersebut adalah standar untuk ruangan kosong. Apabila terdapat peralatan, penghuni, kaca, dan sebagainya, perlu ada tambahan kapasitas pendinginan AC yang akan dipasang.
3

Jika luas ruang di bawah 10 m², pertimbangkan AC 1/2 PK atau 3/4 PK

Jika luas ruang di bawah 10 m², pertimbangkan AC 1/2 PK atau 3/4 PK

Untuk ruangan dengan luas di bawah 10 m², Anda bisa memilih AC dengan kapasitas pendinginan yang lebih kecil juga. Ada dua jenis AC di bawah 1 PK, yakni AC 1/2 PK dan AC 3/4 PK. Selain memiliki harga yang lebih terjangkau, pengeluaran listrik bulanan Anda juga bisa lebih hemat.


AC low watt 3/4 PK disarankan untuk ruangan seluas 7–10 m², seperti ruang tamu atau ruang tengah. Sementara itu, AC 1/2 PK tipe low watt cocok dipasang di ruangan dengan luas 7 m² ke bawah, seperti kamar tidur.

4

Utamakan AC dengan refrigeran R32 yang ramah lingkungan

Utamakan AC dengan refrigeran R32 yang ramah lingkungan

Sebagai bahan pendingin, AC menggunakan refrigeran atau yang dikenal dengan sebutan freon. Anda perlu memperhatikan hal ini karena ada refrigeran AC yang dapat merusak lapisan ozon. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah AC dengan refrigeran R32 atau R410a.


Refrigeran R32 tidak merusak ozon dan indeks pemanasan globalnya rendah. Selain itu, refrigeran ini memiliki harga yang terjangkau. Beban kerja kompresornya juga rendah.


Refrigeran R410a juga tidak merusak ozon, tetapi indeks pemanasan globalnya tinggi. Keunggulan dari refrigeran ini adalah proses pendinginan yang cepat. Maka dari itu, refrigeran R410a biasa digunakan pada produk AC splitPerlu diingat bahwa refrigeran AC tidak bisa saling ditukarkan apabila berbeda jenis.

5

Supaya makin menghemat energi, pastikan untuk memilih AC bintang empat atau nilai EER 10,41

Supaya makin menghemat energi, pastikan untuk memilih AC bintang empat atau nilai EER 10,41

Pilihlah AC yang hemat energi agar biaya listrik Anda jadi lebih hemat. Indikator efisiensi AC dalam menghemat energi ditunjukkan oleh nilai coefficient of performance (COP). Makin tinggi nilai COP, makin efisien juga penggunaan energinya. Namun, perhitungan COP jarang dipakai di Indonesia. Anda bisa mengetahui kemampuan AC dalam menghemat energi dari nilai energy efficiency ratio (EER).


Nilai EER merupakan perbandingan antara kapasitas pendinginan dalam BTU/h dengan konsumsi daya dalam satuan watt. AC dengan nilai EER yang tinggi berarti mempunyai kemampuan menghemat energi yang baik juga. Oleh karena itu, kami merekomendasikan AC dengan nilai EER 10,41 ke atas. AC dengan nilai EER 10,41 lebih juga dikategorikan sebagai produk dengan bintang empat.

6

Demi penggunaan yang lebih nyaman, pastikan AC dilengkapi fitur timer dan self-diagnosis

Demi penggunaan yang lebih nyaman, pastikan AC dilengkapi fitur timer dan self-diagnosis

AC low watt dengan fitur timer dan self-diagnosis akan banyak membantu Anda. Fitur timer berguna untuk mengatur durasi penggunaan AC. Hal ini demi meningkatkan efisiensinya. Anda dapat menikmati ruangan yang dingin tanpa tagihan listrik yang membengkak.


Fitur self-diagnosis akan memudahkan Anda dalam menangani AC yang mengalami problem. AC dengan fitur ini akan menampilkan kode error lewat display, lampu indikator, atau suara alarm. Setelah itu, Anda bisa menghubungi costumer service atau teknisi untuk meminta arahan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat AC Low Watt Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi AC Low Watt terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 02 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Nilai PK
Kapasitas pendinginan
Kapasitas pendinginan
Kapasitas pendinginan
Jenis AC
Refrigerant
Bintang
Nilai EER
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik
Tegangan listrik
Dimensi indoor unit
Dimensi outdoor unit
Luas ruangan yang disarankan
Dimensi ruangan yang disarankan
Tingkat kebisingan
1

LG

AC Standard 1/2 PKH05TN4

LG AC Standard 1/2 PK 1

Rp4.799.000

Lebih Mahal

Menawarkan banyak kemudahan dengan fitur-fitur esensial

1/2 PK

5.000 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar, low watt

R32

4 bintang

13,167

370 watt

220-240 V

698 mm x 255 mm x 190 mm

600 mm x 500 mm x 232 mm

7-9 m²

Tidak diketahui

28/31/36/42/43 dB

2

Midea

AC Standar 0.5 PK - MSAF SeriesMSAF-05CRN2

Midea AC Standar 0.5 PK - MSAF Series 1

Rp2.999.000

Agak Murah

Menghasilkan udara yang lebih bersih berkat tiga lapisan filter

1/2 PK

4.500 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar, low watt

R32

4 bintang

12,86

350 watt

160-240 V

715 mm x 194 mm x 285 mm

681 mm x 285 mm x 434 mm

≤7 m²

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

Gree

MOO5s Standard Series - AC Standard 0,5 PK GWC-05MOO5S

Gree MOO5s Standard Series - AC Standard 0,5 PK  1

Rp3.139.000

Agak Murah

Lebih nyaman plus aman dengan sistem louver ganda dan 4 protection

1/2 PK

5.000 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar, low watt

R32

4 bintang

12,34

370 watt

220-240 V

704 mm x 260 mm x 185 mm

710 mm x 450 mm x 293 mm

7-12 m²

Tidak diketahui

19 dB (kecepatan udara terendah)

4

TCL

AC Standard Low Watt 1/2 PK - Low Watt Fast Cooling ACTAC 05 CSD/XA

TCL AC Standard Low Watt 1/2 PK - Low Watt Fast Cooling AC 1

Rp3.499.000

Menengah

Canggih nan komplet, ada fitur vertical and horizontal swing juga

1/2 PK

5.000 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar, low watt

R32

3 bintang

3,45

355 watt

220-240 V

762 mm x 323 mm x 269 mm

705 mm x 550 mm x 300 mm

5-9 m²

Tidak diketahui

22 dB

5

Polytron

AC Deluxe2 1/2 PKPAC 05VH

Polytron AC Deluxe2 1/2 PK 1

Rp2.929.000

Agak Murah

Produk lokal dengan fungsi leakage detector, kebocoran terdeteksi lebih dini

1/2 PK

5.000 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar, low watt

R32

4 bintang

11.95

390 watt

180-220 V

850 mm x 320 mm x 260 mm

780 mm x 530 mm x 315 mm

≤7 m²

Tidak diketahui

Tidak diketahui

6

Hisense

AC Split 0,5 PKAN05CEG

Hisense AC Split 0,5 PK 1

Rp2.849.000

Agak Murah

Terapkan mode senyap agar istirahat lebih nyenyak

1/2 PK

5.300 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar, low watt

R32

4 bintang

10,85

393 watt

220-240 V

790 mm x 255 mm x 203 mm

660 mm x 482 mm x 240 mm

≤7 m²

Tidak diketahui

22 dB

7

AQUA

AC 0,5 PK StandardAQA-KCR5AHQ1

AQUA AC 0,5 PK Standard 1

Rp3.899.000

Agak Mahal

Kinerja tetap stabil pada rentang voltase yang lebar

1/2 PK

5.000 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar, low watt

R32

2 bintang

3,49 (CSPF)

360 watt

160-242 V

810 mm x 200 mm x 280 mm

700 mm x 260 mm x 430 mm

9 m²

3 m x 3 m

Tidak diketahui

8

Gree

C3ES Low Watt Series 0,5 PKGWC-05C3ES

Gree C3ES Low Watt Series 0,5 PK 1

Rp3.729.000

Agak Mahal

Ekstra hemat, hanya butuh daya 325 watt!

1/2 PK

5.000 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Low watt

R32

4 bintang

11,52

325 watt

220-240 V

698 mm x 250 mm x 185 mm

710 mm x 450 mm x 293 mm

7-12 m²

Tidak diketahui

Tidak diketahui

9

Changhong

AC 1 PK StandardCSC-09NVB4

Changhong AC 1 PK Standard 1

Rp3.299.000

Menengah

AC 1 PK dengan konsumsi daya tak sampai 900 watt

1 PK

9.000 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar

R32

2 bintang

13.2

Tidak diketahui

810 watt

220-240 V

805 mm x 332 mm x 265 mm

660 mm x 530 mm x 250 mm

10 m²

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10

Midea

AC Standar 0.75 PK - MSAF SeriesMSAF-07CRN2

Midea AC Standar 0.75 PK - MSAF Series 1

Rp3.999.000

Agak Mahal

AC hemat listrik yang cocok untuk daerah tropis dan pesisir pantai

0,75 PK

7.000 BTU/h

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Standar, low watt

R32

4 bintang

10,94

640 watt

160-240 V

715 mm x 194 mm x 285 mm

681 mm x 285 mm x 434 mm

10 m²

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

LGAC Standard 1/2 PKH05TN4

AC Standard 1/2 PK 1
Sumber: lg.com
AC Standard 1/2 PK 2
Sumber: lg.com
AC Standard 1/2 PK 5
Sumber: lg.com
Harga referensi
Rp4.799.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp4.799.000
Lebih Mahal

Menawarkan banyak kemudahan dengan fitur-fitur esensial

Anda mencari rekomendasi AC 1/2 PK low watt dari merek ternama yang mempunyai fitur-fitur esensial? Silakan merapat ke produk ini. Dengan harganya yang masih terjangkau, AC ini memberikan beragam kemudahan. Salah satunya adalah fungsi turbo cooling beserta auto-swing untuk pendinginan cepat merata dengan hanya sekali klik.

Anda juga tak perlu berlama-lama mengurus AC yang eror karena pendingin ruangan ini sudah dibekali dengan fitur smart diagnosis. Saat panel LED memunculkan kode error, Anda tinggal menyampaikannya saja melalui saluran bantuan layanan pelanggan LG untuk mendapatkan solusi.

Nilai PK1/2 PK
Kapasitas pendinginan5.000 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar, low watt
RefrigerantR32
Bintang4 bintang
Nilai EER13,167
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik370 watt
Tegangan listrik 220-240 V
Dimensi indoor unit698 mm x 255 mm x 190 mm
Dimensi outdoor unit600 mm x 500 mm x 232 mm
Luas ruangan yang disarankan7-9 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisingan28/31/36/42/43 dB
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

MideaAC Standar 0.5 PK - MSAF SeriesMSAF-05CRN2

Harga referensi
Rp2.999.000
Agak Murah

Menghasilkan udara yang lebih bersih berkat tiga lapisan filter

AC tidak sekadar menjadi pendingin ruangan, tetapi juga bisa menyaring udara kotor. Apabila Anda menghendaki AC yang juga bisa menyaring udara, AC Midea tipe ini adalah pilihan yang tepat. Midea MSAF Series ini dilengkapi dengan tiga lapisan filter sehingga udara yang diembuskan terjaga kejernihannya.


Lapisan pertama dan ketiganya berupa high density filter yang dapat menyaring partikel-partikel debu halus. Sementara itu, lapisan kedua yang berada di tengah berupa cold catalyst filter. Filter ini berfungsi untuk menguraikan gas-gas yang berbahaya bagi tubuh yang ada di udara. Dengan menggunakan AC ini, Anda secara tidak langsung turut menjaga kesehatan sistem pernapasan. 

Nilai PK1/2 PK
Kapasitas pendinginan4.500 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar, low watt
RefrigerantR32
Bintang4 bintang
Nilai EER12,86
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik350 watt
Tegangan listrik160-240 V
Dimensi indoor unit715 mm x 194 mm x 285 mm
Dimensi outdoor unit681 mm x 285 mm x 434 mm
Luas ruangan yang disarankan≤7 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisinganTidak diketahui
View all
No.3

GreeMOO5s Standard Series - AC Standard 0,5 PK GWC-05MOO5S

Harga referensi
Rp3.139.000
Agak Murah

Lebih nyaman plus aman dengan sistem louver ganda dan 4 protection

Selain memberikan kenyamanan, AC juga harus aman bagi Anda sekeluarga. Keduanya bisa didapatkan dengan memasang AC Gree GWC-05MOO5S di kamar tidur Anda. Dibuat dengan desain louver ganda, penyejuk udara ini akan menghasilkan aliran udara yang memberikan kenyamanan pada tubuh Anda. 


Lalu, sistem mass air supply-nya dapat meningkatkan volume udara hingga 16,7% pada kecepatan terendahnya. Perkara keamanan, AC ini dirancang dengan teknologi antiapi, antibocor, antitegangan tinggi, dan antikorsleting. Tidur pun menjadi lebih lelap dan bebas khawatir!   

Nilai PK1/2 PK
Kapasitas pendinginan5.000 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar, low watt
RefrigerantR32
Bintang4 bintang
Nilai EER12,34
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik370 watt
Tegangan listrik220-240 V
Dimensi indoor unit704 mm x 260 mm x 185 mm
Dimensi outdoor unit710 mm x 450 mm x 293 mm
Luas ruangan yang disarankan7-12 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisingan19 dB (kecepatan udara terendah)
View all
No.4

TCLAC Standard Low Watt 1/2 PK - Low Watt Fast Cooling ACTAC 05 CSD/XA

Harga referensi
Rp3.499.000
Menengah

Canggih nan komplet, ada fitur vertical and horizontal swing juga

Karena dayanya tidak sampai 400 watt, produk ini termasuk low watt di kelas AC 1/2 PK. Meskipun begitu fiturnya yang canggih dan lengkap. Sudah ada fitur turbo mode, eco mode, self-diagnosis, reminding cleaning filter, leakage detection, hingga low noise pada AC ini.


Pendingin ruangan yang bagus ini pun memiliki fitur ayunan otomatis secara vertikal dan horizontal. Dengan begitu, produk ini dapat memberikan jangkauan udara dingin yang lebih luas dan nyaman. Tentunya produk ini patut dipertimbangkan bila Anda menginginkan AC berdaya irit dengan fitur yang tidak pelit.

Nilai PK1/2 PK
Kapasitas pendinginan5.000 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar, low watt
RefrigerantR32
Bintang3 bintang
Nilai EER3,45
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik355 watt
Tegangan listrik220-240 V
Dimensi indoor unit762 mm x 323 mm x 269 mm
Dimensi outdoor unit705 mm x 550 mm x 300 mm
Luas ruangan yang disarankan5-9 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisingan22 dB
View all
No.5

PolytronAC Deluxe2 1/2 PKPAC 05VH

Harga referensi
Rp2.929.000
Agak Murah

Produk lokal dengan fungsi leakage detector, kebocoran terdeteksi lebih dini

AC yang tiba-tiba bocor tentu terasa menjengkelkan. Anda perlu menyediakan tandon air hingga mengelap air yang bocor. Untuk itulah, sebaiknya Anda memasang AC Deluxe2 Series dari Polytron ini. Produk pendingin ruangan ini dilengkapi dengan leakage detector yang dapat mendeteksi kebocoran AC lebih dini. 

Dengan daya 390 watt, AC ini diklaim lebih hemat energi 15% daripada generasi sebelumnya. Untuk ukuran merek lokal, produk ini adalah pilihan andal bagi Anda yang memprioritaskan AC dalam negeri. 

Nilai PK1/2 PK
Kapasitas pendinginan5.000 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar, low watt
RefrigerantR32
Bintang4 bintang
Nilai EER11.95
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik390 watt
Tegangan listrik180-220 V
Dimensi indoor unit850 mm x 320 mm x 260 mm
Dimensi outdoor unit780 mm x 530 mm x 315 mm
Luas ruangan yang disarankan≤7 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisinganTidak diketahui
View all
No.6

HisenseAC Split 0,5 PKAN05CEG

Harga referensi
Rp2.849.000
Agak Murah

Terapkan mode senyap agar istirahat lebih nyenyak

Banyak orang memilih memasang AC di kamar agar tidur terasa lebih sejuk. Namun, terkadang AC justru mengganggu karena bersuara bising. Untuk menghindari masalah tersebut, gunakan AC Split dari Hisense ini. Alasannya tak lain berkat fitur Quite Mode pada AC yang bagus ini.


Saluran udaranya dirancang khusus dengan dikontrol teknologi canggih. Dengan mode senyap, kinerja AC tidak akan terdengar bising. Tingkat kebisingan yang dihasilkannya pun begitu rendah, hanya mencapai 22 dB.

Nilai PK1/2 PK
Kapasitas pendinginan5.300 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar, low watt
RefrigerantR32
Bintang4 bintang
Nilai EER10,85
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik393 watt
Tegangan listrik220-240 V
Dimensi indoor unit790 mm x 255 mm x 203 mm
Dimensi outdoor unit660 mm x 482 mm x 240 mm
Luas ruangan yang disarankan≤7 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisingan22 dB
View all
No.7

AQUAAC 0,5 PK StandardAQA-KCR5AHQ1

Harga referensi
Rp3.899.000
Agak Mahal

Kinerja tetap stabil pada rentang voltase yang lebar

AC keluaran baru AQUA ini dapat menjadi jawaban bila tegangan listrik di rumah Anda terkadang tidak stabil. Karena dapat bekerja dengan optimal pada rentang voltase 160-242 V, Anda senantiasa mendapatkan kesejukan yang didambakan. 


Dibekali dengan teknologi Triple Air Flow, penyejuk ruangan ini dapat mengalirkan udara lebih jauh, lebih cepat, dan lebih kuat. Di mana pun posisi Anda dalam ruangan, kegerahan tidak akan Anda rasakan. 

Nilai PK1/2 PK
Kapasitas pendinginan5.000 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar, low watt
RefrigerantR32
Bintang2 bintang
Nilai EER3,49 (CSPF)
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik360 watt
Tegangan listrik160-242 V
Dimensi indoor unit810 mm x 200 mm x 280 mm
Dimensi outdoor unit700 mm x 260 mm x 430 mm
Luas ruangan yang disarankan9 m²
Dimensi ruangan yang disarankan3 m x 3 m
Tingkat kebisinganTidak diketahui
View all
No.8

GreeC3ES Low Watt Series 0,5 PKGWC-05C3ES

Harga referensi
Rp3.729.000
Agak Mahal

Ekstra hemat, hanya butuh daya 325 watt!

Dibandingkan AC low watt lainnya, produk keluaran Gree ini paling hemat listrik. Tidak masalah bila rumah Anda memiliki banyak alat elektronik karena AC ini hanya memakan daya 325 watt. Anda dapat memasang penyejuk ruangan ini di kamar tidur tanpa perlu takut tagihan listrik melonjak. Meskipun hemat daya, AC ini sudah dilengkapi filter antibakteri dan antibau. 


Anda bahkan bisa mengatur filter AC ini sesuai dengan kebutuhan. Dengan produk ini, Anda dapat mengaktifkan mode filter antitungau, antiseptik dan antibakteri, ataupun penghilang bau tidak sedap. Apa pun masalah udara yang ada di rumah Anda, penyejuk ruangan low watt ini akan mengatasinya untuk Anda. 

Nilai PK1/2 PK
Kapasitas pendinginan5.000 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACLow watt
RefrigerantR32
Bintang4 bintang
Nilai EER11,52
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik325 watt
Tegangan listrik220-240 V
Dimensi indoor unit698 mm x 250 mm x 185 mm
Dimensi outdoor unit710 mm x 450 mm x 293 mm
Luas ruangan yang disarankan7-12 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisinganTidak diketahui
View all
No.9

ChanghongAC 1 PK StandardCSC-09NVB4

Harga referensi
Rp3.299.000
Menengah

AC 1 PK dengan konsumsi daya tak sampai 900 watt

Bila Anda mencari AC untuk diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga, produk ini layak dipertimbangkan. Dengan daya 810 watt saja, AC 1 PK ini dapat menyejukkan udara dengan perkiraan waktu 3 menit. Hal ini karena pendingin ruangan ini menggunakan evaporator tipe C yang canggih. Penukaran panas menjadi lebih efisien dan meningkat sebesar 15-30%. 


Soal ketahanan, penyejuk ruangan ini dibuat dengan suku cadang yang tidak mudah berkarat dan antibocor. Anda pun tak perlu khawatir bila AC rusak. Pasalnya, produk ini memiliki garansi kompresor 10 tahun dan jasa spare part 5 tahun. 

Nilai PK1 PK
Kapasitas pendinginan9.000 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar
RefrigerantR32
Bintang2 bintang
Nilai EER13.2
Fitur self-timer
Fitur self-diagnoseTidak diketahui
Turbo cooling
Daya listrik810 watt
Tegangan listrik220-240 V
Dimensi indoor unit805 mm x 332 mm x 265 mm
Dimensi outdoor unit660 mm x 530 mm x 250 mm
Luas ruangan yang disarankan10 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisinganTidak diketahui
View all
No.10

MideaAC Standar 0.75 PK - MSAF SeriesMSAF-07CRN2

Harga referensi
Rp3.999.000
Agak Mahal

AC hemat listrik yang cocok untuk daerah tropis dan pesisir pantai

Anda ingin memasang AC di kamar atau ruangan seluas sekitar 10 m²? Produk AC Midea 0,75 PK ini merupakan pilihan yang tepat. Karena selain hemat listrik, AC Midea ini pun dapat mendinginkan ruangan dengan cepat.


AC 3/4 PK ini bisa mendinginkan ruangan menjadi 17 °C secara cepat hanya dengan menekan satu tombol. Makin istimewa lagi karena produk ini cocok untuk daerah tropis dan pesisir pantai. Tak hanya itu, lapisan antikarat Gold Fin pada evaporator dan kondensor membuat AC ini aman dan tahan lama.

Nilai PK0,75 PK
Kapasitas pendinginan7.000 BTU/h
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Kapasitas pendinginanTidak diketahui
Jenis ACStandar, low watt
RefrigerantR32
Bintang4 bintang
Nilai EER10,94
Fitur self-timer
Fitur self-diagnose
Turbo cooling
Daya listrik640 watt
Tegangan listrik160-240 V
Dimensi indoor unit715 mm x 194 mm x 285 mm
Dimensi outdoor unit681 mm x 285 mm x 434 mm
Luas ruangan yang disarankan10 m²
Dimensi ruangan yang disarankanTidak diketahui
Tingkat kebisinganTidak diketahui
View all

Berapa sering sebaiknya membersihkan AC?

Berapa sering sebaiknya membersihkan AC?
Bersihkanlah AC setiap 1–3 bulan sekali, tergantung seberapa kotor AC-nya. Apabila AC Anda dirasa cepat kotor, bersihkan 1 bulan sekali. Hal ini bisa dipengaruhi kondisi tempat tinggal Anda.

Jika rumah Anda berseberangan dengan sungai yang berbau dan airnya hitam, pasanglah exhaust fan. Alat ini berfungsi untuk mengeluarkan udara polutan yang masuk ke dalam rumah agar kebocoran pipa AC dapat dicegah.


Anda juga perlu melakukan service besar setiap 1–2 tahun sekali. Unit outdoor perlu dibongkar, dibersihkan, dan dicek kondisi kompresornya. Anda pun perlu mengecek oli kompresor bila memungkinkan, terlebih jika posisi unit outdoor lebih tinggi dari unit indoor.

Apakah AC perlu diganti freonnya setiap kali dibersihkan?

Apakah AC perlu diganti freonnya setiap kali dibersihkan?
Penting untuk diketahui jika freon atau refrigeran tidak memiliki masa kedaluwarsa sehingga tidak perlu diganti. Anda tidak perlu mengganti freon saat membersihkan unit AC.

Kenapa AC tidak dingin?

Kenapa AC tidak dingin?

AC yang tidak dingin bisa disebabkan oleh kebocoran pada gas refrigeran. Hal ini akan membuat evaporator unit indoor membeku. Selain itu, AC yang tidak dingin bisa disebabkan oleh unit outdoor yang tidak bekerja.


Jika AC Anda dirasa kurang dingin, penyebabnya bisa karena embusan udara dari unit indoor yang tidak merata. Hal ini terjadi karena aliran udara masuk terhambat kotoran lendir atau ada kotoran basah yang tertahan di belakang evaporator. Jika hal ini terjadi, unit indoor harus dibongkar serta bagian depan dan belakang AC harus dicuci total.


Penting untuk membersihkan AC secara berkala setiap 1–3 bulan sekali. Hal ini harus dilakukan agar AC Anda awet dan embusan udara dinginnya dapat menyebar secara merata.

Tips membersihkan AC yang mengeluarkan bau tidak sedap

Tips membersihkan AC yang mengeluarkan bau tidak sedap
Bau yang tidak sedap bisa disebabkan oleh jamur atau mikroorganisme di unit indoor AC. Tumbuhnya jamur dan mikroorganisme dapat diakibatkan oleh ruangan yang lembap serta AC yang jarang dihidupkan.

Saat AC mulai mengeluarkan bau tidak sedap, segera bersihkan unit indoor AC. Bagian apa saja yang dicuci harus diperiksa oleh teknisi sebelum melakukan pembersihan unit indoor.


Perawatan rutin penting untuk dilakukan agar perkembangan jamur dan mikroorganisme dapat dicegahDeterjen atau bahan kimia pembersih bisa digunakan selama tidak ada kandungan yang bersifat korosif di dalamnya (cek buku panduan AC). 

Tips merawat AC agar awet

Tips merawat AC agar awet

Agar AC awet dan dapat bekerja dengan baik untuk waktu yang lama, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama, gunakanlah stabilizer agar tegangan listrik AC stabil di 220 V/50 Hz. Aturan ini berlaku untuk AC standar, AC low watt, ataupun AC inverter.


Unit indoor dan outdoor AC juga perlu dibersihkan secara rutin, terlebih jika sering dihidupkan. Pencucian unit AC dilakukan secara berkala tergantung tingkat pencemaran di daerah Anda.

Selain itu, jangan terus-terusan menyalakan AC bila ada pipa/unit outdoor yang membeku atau masalah lain. Kondisi ini dapat menyebabkan kompresor pada unit outdoor mengalami overheat hingga rusak. Segera hubungi teknisi jika Anda melihat ada bagian unit indoor yang membeku, ya.

Baca juga rekomendasi produk hemat listrik lainnya di sini

Terdapat pula peralatan elektronik yang hemat listrik selain AC. Kami telah merangkum beberapa produknya untuk Anda, di antaranya kulkas, setrika, dan microwave. Yuk, klik link di bawah ini untuk mengetahui tips memilih dan rekomendasi produknya dari kami!

Kesimpulan

Anda tak perlu ragu untuk beralih ke AC low watt. Agar pemakaiannya optimal, pilihlah AC low watt dengan fitur yang esensial. Besaran PK yang sesuai dengan luas ruangan Anda pun perlu ditentukan.


Selain itu, jangan lupa untuk memilih produk yang ramah lingkungan. Sesuaikan juga anggaran Anda dengan AC yang akan dipilih, ya. Semoga Anda mendapatkan AC low watt terbaik setelah membaca artikel ini!

5 Rekomendasi AC Low Watt terbaik

No. 1: LGAC Standard 1/2 PKH05TN4

No. 2: MideaAC Standar 0.5 PK - MSAF SeriesMSAF-05CRN2

No. 3: GreeMOO5s Standard Series - AC Standard 0,5 PK GWC-05MOO5S

No. 4: TCLAC Standard Low Watt 1/2 PK - Low Watt Fast Cooling ACTAC 05 CSD/XA

No. 5: PolytronAC Deluxe2 1/2 PKPAC 05VH

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Penyejuk & pembersih udara
  4. 10 Rekomendasi AC Low Watt Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Teknisi AC]

Produk populer

Emily and Bear Air Fryer 3L
Paninti Hub | EAF-17201Emily and Bear Air Fryer 3L

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.