mybest
Hotel kapsul

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Travelling
  3. Hotel & penginapan
  4. 10 Hotel Kapsul Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Hotel Kapsul Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Hotel Kapsul Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Hotel Kapsul Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Hotel Kapsul Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Hotel Kapsul Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Hotel Kapsul Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2024)

Jogja selalu menjadi destinasi menarik bagi siapa pun, termasuk backpacker. Jika budget liburan terbatas, menginap di hotel kapsul layak dipertimbangkan. Disebut hotel kapsul karena ukurannya selebar kasur ukuran single dan setiap bed disusun ke atas. Desain interior dan fasilitas hotel kapsul membuatnya makin kekinian.


Kali ini kami akan mengulas hotel kapsul terbaik di Jogja. Kami juga akan merekomendasikan beberapa hotel kapsul, seperti Bobobox Malioboro, The Capsule Malioboro, dan Rosalyne Sleepbox. Setiap hotel memiliki fasilitas yang bagus, mulai dari toiletries, TV, hingga kolam renang. Yuk, baca artikel ini sebelum liburan ke Jogja.

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih hotel kapsul di Jogja

Hotel kapsul seperti apa yang sedang Anda cari? Beberapa pilihan hotel kapsul yang ada di Jogja mungkin membuat Anda bingung. Berikut ini tips memilih hotel kapsul yang perlu Anda perhatikan sebelum booking.

1

Pilih berdasarkan lokasinya yang strategis

Lokasi memegang peranan penting dalam memilih sebuah penginapan. Jika lokasinya strategis, akses Anda ke tempat-tempat tujuan akan lebih mudah dan dekat. Jadi, Anda bisa lebih hemat biaya transportasi dan juga hemat waktu. Berikut adalah lokasi hotel kapsul di Jogja yang paling banyak dicari para wisatawan.

Dekat Malioboro, cocok untuk backpacker yang ingin berwisata

Dekat Malioboro, cocok untuk backpacker yang ingin berwisata

Malioboro adalah daya tarik bagi sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Anda dapat berwisata belanja, mengunjungi museum, dan lokasi Malioboro juga dekat dengan Keraton Yogyakarta. Jadi, tidak heran apabila banyak pelancong dan juga para backpacker yang mencari hotel kapsul dekat Malioboro.


Ada banyak hotel kapsul yang lokasinya dekat Malioboro. Beberapa hotel kapsul bahkan berada di pusat Jalan Malioboro, salah satunya adalah Bobobox Malioboro. Bila Anda mencari ketenangan, tetapi tetap dekat dengan Malioboro, kami sarankan hotel kapsul di daerah Sosromenduran atau Gondomanan.

Dekat stasiun, cocok untuk yang ingin melanjutkan perjalanan

Dekat stasiun, cocok untuk yang ingin melanjutkan perjalanan

Bila Anda akan melanjutkan perjalanan ke kota lain setelah mengunjungi Jogja, Anda bisa mencari hotel kapsul dekat stasiun. Lokasi stasiun besar di Jogja dekat dengan Malioboro. Jadi, akses Anda untuk berwisata sekaligus menuju stasiun akan lebih mudah. Salah satu hotel kapsul yang tidak jauh dari Stasiun Yogyakarta adalah WakeUp Homestay dan The Capsule Malioboro.


Namun, bagaimana bila perjalanan Anda selanjutnya menggunakan pesawat? Memang saat ini belum ada hotel kapsul di Jogja yang dekat bandara. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir! Stasiun Yogyakarta sudah menyediakan rute kereta menuju bandara. Jadi, memilih hotel kapsul dekat stasiun tetap bisa menjadi pilihan yang tepat.

2

Jangan lupa cek ukuran ruangan

Jangan lupa cek ukuran ruangan

Luas rata-rata hotel kapsul adalah selebar kasur ukuran single atau sekitar 2 meter persegi. Anda dapat duduk tegak di dalamnya, tetapi tidak bisa berdiri. Karena itu, hotel kapsul disarankan untuk orang-orang yang ingin beristirahat saja. Setiap satu unit kapsul hanya diperbolehkan diisi satu orang. Akan tetapi, saat ini ada beberapa hotel kapsul yang menyediakan ukuran double bed untuk dipakai berdua. 

3

Perhatikan fasilitas keamanannya

Perhatikan fasilitas keamanannya

Faktor keamanan adalah hal penting yang patut Anda pertimbangkan. Bila hotel memberikan fasilitas keamanan yang baik, Anda pun bisa beristirahat lebih tenang. Berikut ini beberapa faktor keamanan yang harus diperhatikan saat menginap di hotel kapsul.


  • Keamanan penyimpanan barang pribadi

Ukuran hotel kapsul terbilang sempit sehingga Anda sulit meletakkan ransel di dalam kapsul. Namun, saat ini kebanyakan hotel kapsul telah menyediakan fasilitas loker dengan ukuran yang berbeda-beda. Di dalam loker ini, Anda bisa meletakkan ransel, sepatu, dan barang berharga supaya tidak perlu dimasukkan ke dalam kapsul.


  • Keamanan akses ke dalam kapsul

Bila Anda melakukan solo traveling, kami sarankan carilah hotel kapsul yang setiap kapsulnya tertutup pintu rapat. Kunci pintu kapsul ini ada yang berupa cardlock atau QR code door lock. Sebaliknya, bila melakukan traveling bersama rombongan, memilih hotel kapsul yang tertutup oleh tirai tidak begitu masalah. Anda justru bisa berada dalam ruangan yang sama bersama teman-teman.


  • Keamanan area privasi

Terakhir, faktor keamanan privasi juga patut dipertimbangkan. Beberapa hotel kapsul sudah memisahkan area kapsul untuk pria dan wanita, tetapi beberapa belum terpisah. Bila Anda mencari kenyamanan saat beristirahat, memilih hotel kapsul dengan pemisahan ruangan pria dan wanita adalah pilihan tepat.

4

Ketahui fasilitas toilet dan amenities lainnya

Ketahui fasilitas toilet dan amenities lainnya

Fasilitas yang tersedia di dalam hotel kapsul adalah toilet bersama. Dalam hal ini, pihak hotel biasanya sudah membagi penggunaan toilet, misalnya satu toilet untuk empat atau sepuluh orang. Begitu pula dengan pembagian toilet berdasarkan jenis kelamin. Kebanyakan hotel kapsul di Jogja sudah membagi toiletnya menjadi area khusus wanita atau pria.


Di samping fasilitas toilet, Anda juga perlu memperhatikan amenities lain yang disediakan hotel. Standar amenities yang tersedia di hotel kapsul adalah handuk dan sandal. Sementara itu, untuk sabun dan sampo sudah tersedia di dalam toilet untuk dipakai bersama tamu lainnya. Jika Anda merasa kurang cocok, Anda bisa membawa sabun dan sampo pribadi.


Untuk memastikan semua ketersediaan fasilitas dan amenities ini, sebaiknya Anda memperhatikan keterangan lengkap setiap hotel. Anda juga bisa menghubungi pihak hotel bila ada hal lain yang perlu dikonfirmasi. Pasalnya setiap hotel kapsul di Jogja memiliki kebijakan dan fasilitas yang berbeda.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi hotel kapsul terbaik di Jogja

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh hotel kapsul terbaik di Jogja yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di situs Booking.com dan Traveloka.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Sini Sleepbox

 Sini Sleepbox 1

Rp85.000

Agak Murah

Keamanan terjaga dengan sistem QR code door lock

2

toeRu pod by the Amartya

 toeRu pod by the Amartya 1

Rp143.520

Agak Mahal

Beri pengalaman berbeda menginap di hotel berkonsep industrial unfinished

3

The Cubic

 The Cubic 1

Rp106.667

Menengah

Tersedia shared kitchen lengkap dengan peralatannya

4

The Packer Lodge

 The Packer Lodge 1

Rp133.636

Agak Mahal

Liburan di hotel serasa tinggal di rumah sendiri

5

Sleep Inn Box

 Sleep Inn Box 1

Rp103.000

Menengah

Ruangan terasa cukup lega untuk istirahat nyaman

6

Rosalyne Sleepbox

 Rosalyne Sleepbox 1

Rp80.000

Agak Murah

Hotel berdesain minimalis yang modern dan keren

7

The Capsule Malioboro

 The Capsule Malioboro 1

Rp168.675

Agak Mahal

Desain tampak futuristik, asyik untuk backpackeran

8

Tonitel Hotel Malioboro

 Tonitel Hotel Malioboro  1

Rp69.499

Lebih Murah

Dengan budget tipis, bisa dapat hotel strategis

9

WakeUp Homestay

 WakeUp Homestay 1

Rp80.102

Agak Murah

Tempat nongkrong seru bersama teman-teman

10

Bobobox Malioboro

 Bobobox Malioboro 1

Rp353.050

Lebih Mahal

Hotel kapsul berteknologi canggih yang kekinian

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Sini Sleepbox

Sini Sleepbox 1
Sumber: tiket.com
Sini Sleepbox 2
Sumber: tiket.com
Sini Sleepbox 3
Sumber: tiket.com
Sini Sleepbox 4
Sumber: tiket.com
Sini Sleepbox 5
Sumber: tiket.com
Harga referensi
Rp85.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp85.000
Agak Murah

Keamanan terjaga dengan sistem QR code door lock

Kelebihan:

  • Interior minimalis dan suasananya bersih serta rapi
  • Tersedia mini pantry dengan teh dan kopi gratis
  • Tersedia musala

Kekurangan:

  • Area kapsul pria dan wanita tidak terpisah

Hotel kapsul ini mengedepankan keamanan para tamunya. Setiap kapsul dilengkapi dengan QR code yang diberikan di setiap HP tamu. Jadi, Anda tak perlu ribet lagi membawa-bawa cardlock atau kunci. 


Bahkan, dengan QR code di HP Anda, keamanan kapsul lebih terjaga karena tidak mudah berpindah ke orang lain. Selain itu, dengan kasur yang tebal dan empuk, Anda dapat menikmati experience tidur dengan nyaman dan aman.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

toeRu pod by the Amartya

Harga referensi
Rp143.520
Agak Mahal

Beri pengalaman berbeda menginap di hotel berkonsep industrial unfinished

Kelebihan:

  • Tersedia fasilitas kolam renang untuk tamu
  • Interior di kamar dan area publik sangat instagrammable

Kekurangan:

  • Area kamar pria dan wanita tidak dipisah
  • Keamanan tiap kapsul hanya ditutup dengan tirai

Meski tidak berada di pusat kota Yogyakarta, hotel yang satu ini akan memberikan Anda pengalaman menginap yang menyenangkan. Konsep desainnya unik karena mengusung tema industrial unfinished


Setiap sudutnya terlihat sangat instagrammable dan kekinian. Anda bisa menginap di sini sambil membuat konten sosial media. Selain itu, hotel kapsul ini juga menyediakan kolam renang, lho. Jadi, makin merasa betah deh, menginap di sini.

No.3

The Cubic

Harga referensi
Rp106.667
Menengah

Tersedia shared kitchen lengkap dengan peralatannya

Kelebihan:

  • Tersedia mi instan, kopi, dan teh gratis yang bisa dimakan sepuasnya
  • Tersedia shared kitchen dengan layanan self service
  • Suasana tenang untuk istirahat

Kekurangan:

  • Tidak tersedia sabun dan sampo untuk mandi
  • Area kamar kapsul pria dan wanita tidak terpisah
  • Keamanan tiap kamar kapsul hanya ditutup dengan tirai

Tidak banyak hotel kapsul low budget yang menyediakan area dapur untuk memasak, tetapi The Cubic ini berbeda. Anda bisa memasak dengan peralatan masak yang tersedia, bahkan ada juga mi instan gratis yang bisa Anda masak sendiri. Dengan memasak sendiri makanan Anda, budget liburan jadi lebih hemat, deh! Namun, jangan lupa cuci sendiri piring dan peralatan dapurnya, ya.

No.4

The Packer Lodge

Harga referensi
Rp133.636
Agak Mahal

Liburan di hotel serasa tinggal di rumah sendiri

Kelebihan:

  • Terdapat pilihan ruangan dengan jendela sehingga sirkulasi udara terasa lebih nyaman
  • Fasilitas sharing dengan tamu lain cukup banyak, mulai dari teh, kopi, microwave, hingga setrika 

Kekurangan:

  • Kamar pria dan wanita tidak terpisah
  • Keamanan tiap kamar kapsul hanya ditutup dengan tirai

The Packer Lodge mengemas hotel kapsulnya lebih homey sehingga para tamu betah menginap di dalamnya. Hotel ini memiliki area publik outdoor dan indoor yang nyaman untuk bersantai bersama teman-teman ataupun tamu lainnya. 


Bahkan, fasilitas dengan layanan self service juga tersedia seperti pantry dan setrika. Liburan di Jogja jadi tidak membosankan karena suasananya menjadikan hotel kapsul ini serasa rumah sendiri.

No.5

Sleep Inn Box

Sleep Inn Box 2
Sumber: tiket.com
Sleep Inn Box 3
Sumber: tiket.com
Sleep Inn Box 4
Sumber: tiket.com
Harga referensi
Rp103.000
Menengah

Ruangan terasa cukup lega untuk istirahat nyaman

Kelebihan:

  • Ukuran ruangan cukup luas, cocok untuk menginap bersama rombongan
  • Area kamar pria dan wanita terpisah
  • Terdapat ruang musala

Kekurangan:

  • Keamanan kapsul hanya ditutup dengan tirai

Banyaknya kapsul yang berderet di satu tempat mungkin membuat suasana terkesan sempit. Namun, tidak demikian dengan kapsul Sleep Inn Box ini. Satu areanya hanya dipasang beberapa kapsul sehingga terasa lebih lega dan tidak begitu pengap. Istirahat pun jadi lebih nyaman.


Lokasi hotel kapsul ini berada di daerah utara kota Yogyakarta. Meskipun tidak berada di tengah kota, Anda tetap dapat merasakan kuliner Jogja yang nikmat di sekitarnya

Harga referensi
Rp80.000
Agak Murah

Hotel berdesain minimalis yang modern dan keren

Kelebihan:

  • Terdapat shared pantry
  • Kamar bersih dan pencahayaan bagus

Kekurangan:

  • Area kamar pria dan wanita tidak dipisah
  • Tidak tersedia musala

Interior yang minimalis dan desainnya yang keren menjadi daya tarik hotel kapsul ini. Anda tak hanya bisa beristirahat, tetapi juga menikmati setiap sudut hotelnya. Apabila Anda mencari hotel kapsul dengan konsep modern supaya solo traveling tidak terasa spooky, hotel ini bisa menjadi pilihan. 


Hal menarik lainnya dari hotel ini adalah setiap kapsul dilengkapi dengan pencahayaan yang baik. Dengan begitu, Anda dapat membaca buku atau bekerja di dalamnya.

No.7

The Capsule Malioboro

Harga referensi
Rp168.675
Agak Mahal

Desain tampak futuristik, asyik untuk backpackeran

Kelebihan:

  • Lokasi strategis di tengah Malioboro
  • Area kamar pria dan wanita dipisah, tetapi bisa juga memilih area campur
  • Bebas mengatur warna pencahayaan sesuai mood

Kekurangan:

  • AC terpusat di luar, tetapi di dalam kamar kapsul terdapat air fan untuk menyerap udara dingin di luar supaya tidak pengap

Begitu melihat desain kapsulnya, Anda serasa sedang menaiki roket luar angkasa. Desainnya sangat futuristik dan bisa memberi pengalaman liburan yang seru. Saat membuka pintunya, fasilitas yang tersedia di kamar bisa membuat Anda betah. Anda dapat istirahat sambil menonton TV dan mendengarkan suaranya melalui headphone supaya tidak mengganggu tamu lainnya. 


Anda juga bisa mengubah-ubah warna lampu sesuai mood dan tidur dengan nyaman. Sekalipun AC berada terpusat di luar kapsul, di dalam terdapat tombol air fan untuk menyedot udara dingin di luar. Jadi, Anda tidak akan merasa kegerahan atau pengap saat berada di dalam kapsul.

No.8

Tonitel Hotel Malioboro

Harga referensi
Rp69.499
Lebih Murah

Dengan budget tipis, bisa dapat hotel strategis

Kelebihan:

  • Lokasi strategis dekat Keraton Yogyakarta dan Malioboro
  • Tersedia mini bar atau area publik untuk nongkrong

Kekurangan:

  • Area kamar pria dan wanita tidak dipisah
  • Keamanan tiap kapsul hanya ditutup dengan tirai

Budget Anda tipis, tetapi ingin merasakan pengalaman liburan yang fantastis? Menginap saja di Tonitel Malioboro, hotel kapsul low budget yang tidak jauh dengan pusat wisata dan pusat belanja Yogyakarta. 


Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda bisa menghemat banyak biaya untuk menikmati destinasi lainnya. Terlebih lagi, hotel ini dekat dengan Keraton Yogyakarta dan Taman Sari. Anda bisa berwisata budaya sekaligus sejarah yang seru!

No.9

WakeUp Homestay

Harga referensi
Rp80.102
Agak Murah

Tempat nongkrong seru bersama teman-teman

Kelebihan:

  • Tersedia breakfast dengan layanan self service
  • Area publik tersedia di berbagai spot sehingga terasa nyaman tanpa mengganggu pengunjung lain yang sedang istirahat

Kekurangan:

  • Area kamar kapsul pria dan wanita tidak terpisah
  • Keamanan tiap kamar kapsul hanya ditutup dengan tirai

Anda berencana liburan ke Yogyakarta bersama teman-teman? WakeUp Homestay bisa menjadi pilihan tempat menginap yang seru untuk ditinggali. Ya, hotel ini menyediakan area publik yang terdapat di sudut-sudut hotel. 


Anda bisa nongkrong santai atau menerima tamu di area tersebut. Jika ingin melanjutkan perjalanan menggunakan kereta api, hotel kapsul ini lokasinya dekat dengan stasiun juga, lho. Cukup 10 menit berjalan kaki, sampai, deh!

No.10

Bobobox Malioboro

Harga referensi
Rp353.050
Lebih Mahal

Hotel kapsul berteknologi canggih yang kekinian

Kelebihan:

  • Lokasi strategis berada di tengah Malioboro
  • Terdapat pilihan kamar jika ingin menginap bersama pasangan
  • Bebas mengatur warna pencahayaan dan musik untuk mengiringi istirahat yang nyaman

Kekurangan:

  • Area kamar pria dan wanita tidak dipisah, tetapi kamar mandi dipisah untuk pria dan wanita

Hotel kapsul yang satu ini sempat begitu viral dan sekarang Bobobox sudah hadir di kota Yogyakarta. Lokasinya berada di tengah jalan Malioboro nan ramai pengunjung. Hal unik lain dari hotel ini adalah teknologi yang ada di setiap kapsulnya. 


Di dalam kapsul sudah terdapat B-pad untuk menyetel pencahayaan dan musik. Anda bisa mengubah warna lampu sesuai mood. Bahkan Anda juga bisa menghubungkan musik favorit dengan Bluetooth untuk mengiringi istirahat Anda. Nah, kalau Anda ke sini bersama pasangan, pilih saja kapsul Double Sky yang bisa dipakai oleh dua orang. Menarik, kan?

Tips menginap di hotel kapsul

Tips menginap di hotel kapsul

Apakah ini adalah kali pertama Anda ingin mencoba menginap di hotel kapsul? Jika iya, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini agar pengalaman bisa lebih menyenangkan dan Anda bisa beristirahat dengan nyaman.


  • Pastikan Anda tidak memiliki riwayat klaustrofobia atau fobia ruang sempit. Jadi, berada di dalam kotak kapsul yang ruang geraknya terbatas tidak membuat Anda stres atau mungkin ketakutan.

  • Miliki manajemen waktu yang baik. Hampir kebanyakan fasilitas yang ada di hotel kapsul adalah fasilitas bersama, seperti toilet, pantry, atau dapur. Pemakaiannya harus bergantian dengan tamu lainnya. Diperlukan manajemen waktu yang baik supaya kegiatan Anda saat menggunakannya tidak mengganggu tamu lain.

  • Jaga barang pribadi dengan memastikan bahwa loker sudah terkunci dan pintu kapsul tertutup rapat. Pasalnya, Anda akan menginap bersama tamu-tamu asing lain yang tidak Anda kenal sebelumnya. 

  • Beraktivitaslah dengan tenang dan tidak membuat keramaian. Bentuk kapsul yang berdempetan membuat aktivitas Anda di dalam kapsul bisa terdengar oleh tamu lainnya. Hargailah tamu lain dengan bersikap tenang dan tidak mengobrol atau bersuara terlalu keras. Bila ingin mengobrol, memanfaatkan ruang tamu atau area publik yang sudah disediakan pihak hotel.

Baca juga rekomendasi hotel dan tempat wisata menarik di Jogja lainnya di sini

Kalau Anda merencanakan liburan ke Jogja bersama keluarga, hotel dan resort adalah pilihan yang sempurna. Kami sudah mengulas beberapa rekomendasi hotel di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati resort di Gunung Kidul, sisi selatan kota Jogja. Silakan baca pembahasannya melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Hotel kapsul saat ini menjadi hotel pilihan untuk para backpacker. Rate-nya terbilang sangat terjangkau sehingga cocok untuk wisata low budget. Fasilitasnya juga makin beragam, kebersihan dan kenyamanannya terjaga, serta pelayanan hotel menjadi daya tariknya. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda mencari hotel kapsul terbaik di Jogja, ya. Selamat berwisata di Yogyakarta!

5 Rekomendasi Hotel Kapsul di Jogja terbaik

No. 1: Sini Sleepbox

No. 2: toeRu pod by the Amartya

No. 3: The Cubic

No. 4: The Packer Lodge

No. 5: Sleep Inn Box

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Travelling
  3. Hotel & penginapan
  4. 10 Hotel Kapsul Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.