1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Kamar mandi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Shower Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Shower Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Shower Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Shower Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Shower Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Shower Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Shower Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Di luar negeri, mayoritas orang menggunakan tisu atau toilet paper untuk membersihkan diri setelah buang air. Namun, masyarakat Indonesia biasa menggunakan air usai buang air sehingga shower toilet atau jet shower toilet lazim ditemukan. Namun, banyaknya produk shower toilet duduk di pasaran mungkin akan membuat Anda kebingungan memilihnya.


Di artikel ini, kami akan membantu Anda menemukan shower toilet yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh shower toilet terbaik dari sejumlah merek, seperti Toto, Paloma, Onda, dan American Standard. Jadi, simak pembahasannya sampai tuntas, ya!

Diperbaharui 06-08-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu shower toilet?

Apa itu shower toilet?

Shower toilet adalah alat yang memancarkan air untuk membersihkan area bawah tubuh setelah buang air. Sekilas, alat ini mirip shower yang biasa digunakan untuk mandi, tetapi memiliki ukuran kepala yang lebih kecil. 


Biasanya alat ini terletak tidak jauh dari kloset dan dihubungkan langsung dengan saluran air melalui selang. Cara menggunakannya adalah dengan disemprotkan langsung ke area yang ingin dibersihkan. Shower toilet dikenal juga sebagai jet shower, bidet spray, atau jet washer

Cara memilih shower toilet

Ada sejumlah poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli shower toilet. Dengan memilih produk yang tepat, Anda sekeluarga akan lebih nyaman menggunakannya. Simak tips memilihnya, yuk!

① Perhatikan cara penggunaan dan kekuatan semprotannya

Perhatikan cara penggunaan dan kekuatan semprotannya

Poin yang perlu Anda perhatikan adalah cara penggunaan produk shower toilet. Mayoritas alat shower toilet digunakan dengan cara ditekan untuk menyemprotkan air sesuai kebutuhan. Makin kuat tekanannya, makin kencang dan deras pula air yang keluar. Ada juga produk yang menawarkan sistem pengunci sehingga tidak perlu ditekan untuk memancarkan air


Selain penggunaannya, perhatikan pula kekuatan semprotannya. Usahakan memilih produk yang dapat langsung membersihkan dengan sedikit semprotan. Karena air yang keluar langsung bersentuhan dengan area sensitif, pastikan tidak terlalu kencang agar tidak melukai kulit. 

② Cek panjang dan fleksibilitas selang

Cek panjang dan fleksibilitas selang

Jangan lupa mengecek panjang dan fleksibilitas selang shower toilet. Rata-rata selang shower toilet memiliki panjang 120 cm meski ada juga yang panjangnya mencapai 150 cm. Selain itu, pilih selang yang menawarkan fleksibilitas untuk kegiatan membasuh setelah buang air. 


Pastikan ukuran dan rotasi selang dapat menjangkau area bawah tubuh dengan nyaman. Selain itu, selang yang terlalu pendek atau kurang fleksibel akan mudah menegang sehingga rentan bocor. 

③ Pilih berdasarkan material dan desainnya

Shower toilet dapat Anda temukan dalam desain dan material yang bervariasi. Tiap material memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Simak penjelasan kami berikut ini dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Utamakan material yang antikarat

Utamakan material yang antikarat

Sebagai alat yang sering terpapar air, shower toilet lebih rentan berkarat dan berjamur. Hal tersebut tentu akan mengganggu keindahan kamar mandi dan ketahanan alat. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan material yang digunakan untuk membuat shower toilet.


Material yang sering digunakan untuk membuat shower toilet adalah plastik ABS (acrylonitrile butadiene styrene). Bahan ini dikenal mudah dibentuk serta tingkat durabilitasnya yang tinggi. Sejumlah merek melapisinya dengan kromium (chrome) untuk menghasilkan tampilan mengilap. Ada juga yang menggunakan stainless steel yang dikenal tahan lama

Sesuaikan dengan desain kamar mandi Anda

Sesuaikan dengan desain kamar mandi Anda

Tidak hanya aspek fungsional, Anda juga perlu mempertimbangkan aspek estetika kamar mandi Anda. Shower toilet hadir dalam desain dan warna yang beragam. Karena itu, Anda dapat menyesuaikannya dengan desain kloset dan interior kamar mandi. 


Bila kamar mandi Anda bernuansa klasik, pilih shower toilet dengan tampilan glossy. Pertimbangkan desain yang futuristis bila kamar mandi Anda memiliki interior modern dan minimalis. Sementara itu, shower toilet dengan warna pastel cocok untuk kamar mandi bertema Scandinavian.

④ Periksa kelengkapan produknya

Periksa kelengkapan produknya

Anda juga sebaiknya tidak lupa memeriksa kelengkapan produk shower toilet sebelum membelinya. Umumnya, shower toilet berisikan kepala shower, selang, dan bracket sebagai penyangga. Di sisi lain, ada pula produk yang dilengkapi mur dan baut sehingga Anda tidak perlu repot mencari yang sesuai.


Jika perlu, cek ketersediaan garansi bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Beberapa produsen sanitary menawarkan garansi kebocoran hingga tiga tahun. Perhatikan juga petunjuk pemasangannya agar tidak salah saat instalasi. 

10 Rekomendasi shower toilet terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk shower toilet terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

GM Bear

Jet Shower Closet Toilet 1056

GM Bear  Jet Shower Closet Toilet 1056 1枚目

Selang ekstra panjang, nyaman untuk segala usia

2

Vone

Jet Shower

Vone Jet Shower 1枚目

Kepala shower mungil untuk Anda yang bertangan kecil

3

Paloma

Toilet Shower

Paloma Toilet Shower 1枚目

Kukuh dan memiliki dua mode penyemprotan

4

American Standard

TP404 Jet Washer

American Standard TP404 Jet Washer  1枚目

Selalu terlihat bersih seperti baru berkat HygieneClean System

5

Onda

Jet Shower

Onda Jet Shower 1枚目

Banyak pilihan warnanya, pas untuk kebanyakan toilet

6

Aer

Jet Shower

Aer Jet Shower 1枚目

Jet shower berdesain modern dan minimalis

7

Water+

Jet Shower Set Anti-Bacterial

Water+ Jet Shower Set Anti-Bacterial 1枚目

Tetap higienis dengan inovasi material antibakteri

8

Toto

Shower Spray with Stop Valve

Toto Shower Spray with Stop Valve 1枚目

Sudah sepaket dengan keran, lebih praktis

9

JOMOO

Bidet Nozzle

JOMOO Bidet Nozzle 1枚目

Lapisan chrome-nya berikan tampilan glossy dan kinclong

10

Roca

Be Fresh Health Faucet

Roca Be Fresh Health Faucet 1枚目

Desain premium, cocok untuk toilet bernuansa elegan

Perincian produk
Close
No.1

GM Bear Jet Shower Closet Toilet 1056

Mulai dari Rp179.000,00

Selang ekstra panjang, nyaman untuk segala usia

Produk ini merupakan solusi tepat bagi Anda yang membutuhkan shower toilet spray dengan selang lebih panjang. Berkat selang 150 cm-nya, Anda bisa membersihkan di jarak yang lebih jauh tanpa membungkuk. Dengan begitu, produk ini juga bisa digunakan oleh lansia.


Alat berbahan stainless steel berkualitas tinggi ini didesain kokoh, kuat, antiterbakar, antikarat, serta bebas berbelit. Tidak hanya itu saja, alat penyemprot ini juga diklaim dapat menyemburkan air lebih kencang, tetapi hemat penggunaan air.

No.2

Kepala shower mungil untuk Anda yang bertangan kecil

Bila tangan Anda cenderung kecil, tentu akan lebih mudah menggunakan jet shower yang tidak terlalu besar. Karena itu, Anda dapat mempertimbangkan produk ini. Jet Shower SS-111 hadir dengan kepala shower dan tuas lebih kecil sehingga lebih mudah ditekan. Namun, daya semburannya tidak kalah mantap dari produk lain. Produk dari Vone ini juga memiliki desain yang simpel sekaligus tampak mewah. 

No.3

PalomaToilet Shower TSP 3103

Mulai dari Rp350.000,00

Kukuh dan memiliki dua mode penyemprotan

Paloma menghadirkan toilet spray berbahan Power ABS yang diklaim antikeropos dengan struktur ekstra tebal, padat, dan keras. Selain kokoh, pembeli memperoleh garansi kebocoran untuk lima tahun. Anda pun bisa merasakan dua mode semburan air, yaitu Vibrate Jet dan Bubble Stream.


Produk ini dilengkapi Revoflex System sehingga kepala shower bebas berotasi. Selain itu, Anda dapat mengunci semprotan air dengan mengangkat tuasnya ke atas. Warna hitam matte-nya sendiri menampilkan kesan maskulin dan cool. Pas dijadikan opsi bila Anda mendesain toilet dengan interior bernuansa industrial, bukan?

No.4

American StandardTP404 Jet Washer FFTP404-CHFB0

Mulai dari Rp261.000,00

Selalu terlihat bersih seperti baru berkat HygieneClean System

Bagi Anda yang berjiwa resik, cobalah produk satu ini. Produk ini memiliki HygieneClean™ System, teknologi revolusioner yang secara efektif menghilangkan kotoran dan mencegah pertumbuhan bakteri. Dengan begitu, toilet Anda jadi senantiasa bersih dan terlihat seperti baru.


TP404 Jet Washer dilengkapi pula dengan teknologi pembunuh bakteri dan penghilang noda. American Standard juga mendukung sustainability karena produknya mengandung kadar timah yang sangat rendah.

No.5

Banyak pilihan warnanya, pas untuk kebanyakan toilet

Untuk Anda yang tergolong awam dalam memilih perlengkapan toilet, inilah produk yang tepat. Penyemprot dari Onda ini memiliki desain yang terbilang simpel dan fleksibel untuk berbagai tema toilet. Anda dapat memadukannya dengan interior bergaya minimalis, Scandinavian, modern, hingga vintage sekalipun.


Warna yang ditawarkan pun cukup beragam sehingga Anda lebih leluasa dalam memilihnya. Produk ini memiliki lubang keluaran air yang presisi sehingga air terasa halus dan tidak mudah mampet.

No.6

Jet shower berdesain modern dan minimalis

Produk ini akan menyempurnakan toilet Anda yang bernuansa modern dan minimalis. Jet Shower SC 09 C memiliki desain unik dan futuristis yang cocok untuk toilet minimalis. Tidak seperti penyemprot toilet lainnya, produk dari merek Aer ini berbentuk persegi panjang.

Produk ini dilengkapi seal filter yang berfungsi untuk menyaring kotoran dalam air. Material yang digunakan berupa plastik ABS berkualitas sehingga diklaim antipecah. 

No.7

Water+Jet Shower Set Anti-BacterialSJS-021

Mulai dari Rp129.900,00

Tetap higienis dengan inovasi material antibakteri

Jika Anda membutuhkan proteksi ekstra untuk kebutuhan sanitary, pertimbangkanlah produk ini. Water+ menghadirkan inovasi material antibakteri pada jet shower untuk perlindungan optimal. Produk ini juga dilapisi teknologi triple chroming yang lolos 200 jam tes air garam.


Bagian selangnya dapat bertahan pada tekanan tinggi sampai 10 bar sehingga tidak perlu takut bocor. Selain itu, merek ini juga menawarkan garansi kebocoran selama tiga tahun. Anda juga bisa beramal karena tiap penjualan produk akan disumbangkan dalam bentuk seliter air minum.

No.8

TotoShower Spray with Stop Valve TX403SB

Mulai dari Rp571.000,00

Sudah sepaket dengan keran, lebih praktis

Toto merupakan manufaktur perlengkapan kamar mandi dan toilet dari Jepang yang mungkin sudah tidak asing lagi untuk Anda. Toto menghadirkan shower spray untuk toilet yang sudah sepaket dengan keran. 


Anda yang tidak ingin repot mencari padanan keran untuk penyemprot toilet wajib mempertimbangkan produk ini. Alat ini dilengkapi tuas yang kuat dan tahan lama. Selain itu, pancaran airnya tergolong lembut dan nyaman untuk membilas tubuh bagian bawah. 

No.9

JOMOOBidet NozzleS27021-2B01-2

Mulai dari Rp320.000,00

Lapisan chrome-nya berikan tampilan glossy dan kinclong

Perlengkapan toilet dengan tampilan glossy akan memberikan nuansa bersih dan kinclong di ruangan. Produk ini dapat dipilih bila Anda menginginkan shower toilet yang tampak mengilap. Bidet Nozzle ini pun dilengkapi mesh filter untuk menyaring air agar lebih bersih. Di samping itu, semprotan ini diklaim dapat dibongkar pasang dengan mudah dan lebih ramah lingkungan.

No.10

RocaBe Fresh Health Faucet

Mulai dari Rp385.000,00

Desain premium, cocok untuk toilet bernuansa elegan

Produk ini merupakan jet shower model terbaru dari merek Roca. Desain yang ditawarkan terlihat premium sehingga cocok untuk toilet bernuansa elegan. Semprotannya pun lumayan kuat, tetapi masih terasa lembut di kulit.


Roca adalah merek asal Spanyol yang bergerak di bidang sanitary dan perlengkapan kamar mandi. Roca sendiri telah mendirikan pabrik di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu ragu akan jaminan kualitas produk dan pelayanan after sales-nya.

Baca juga rekomendasi perlengkapan kamar mandi lainnya di sini

Pada artikel ini kami memang fokus membahas shower toilet untuk melengkapi kamar mandi Anda. Apabila Anda memerlukan informasi mengenai perlengkapan kamar mandi lainnya, silakan Anda buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Melalui artikel ini, kami telah memberikan tips memilih dan review sejumlah produk shower toilet untuk Anda. Sudahkah Anda menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan?


Shower toilet merupakan alat sanitasi yang cukup esensial karena digunakan setiap hari. Karena itu, Anda perlu memilihnya dengan cermat, mulai dari desain, penggunaan, hingga kelengkapan produk. Nah, sekarang adalah giliran Anda untuk memilih. Happy shopping!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer