mybest
Serum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Alpha Arbutin Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Serum Alpha Arbutin Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Serum Alpha Arbutin Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Serum Alpha Arbutin Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Serum Alpha Arbutin Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Serum Alpha Arbutin Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Serum Alpha Arbutin Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Tidak kalah dari vitamin C dan niacinamide, alpha arbutin juga dikenal bisa mencerahkan kulit. Alpha arbutin efektif dalam mencerahkan dan mengatasi warna kulit tidak merata sehingga terlihat lebih sehat dan cerah. Kandungan ini bisa ditemui di banyak produk skincare, salah satunya adalah serum. Namun, sebenarnya berapa kadar alpha arbutin yang disarankan?


Jika Anda penasaran dengan jawabannya, kali ini, kami akan mengulas cara memilih serum alpha arbutin bersama dengan dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi. Selain kadarnya, ketahui juga kandungan tambahan apa saja yang bisa memaksimalkan efeknya. Tidak lupa, kami juga menyediakan rekomendasi merek serum populernya, seperti Avoskin, SOMETHINC, dan The Ordinary.

Diperbaharui 23/08/2023
dr. Dian Pratiwi
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik. Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil dr. Dian Pratiwi
Lanjut membaca
Erlinda Dwi Yulianti
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Erlinda Dwi Yulianti

Erlinda Dwi Yulianti, biasa dipanggil Ling, adalah lulusan Universitas Gadjah Mada jurusan Bahasa Jepang. 2 tahun setelah lulus kuliah, ia mendapatkan beasiswa untuk belajar di Asahikawa Welfare Special School, Hokkaido. Setelah itu, ia bekerja sebagai staf di salah satu perusahaan di Osaka. Saat masih di Osaka, wanita berkacamata ini sering mengelilingi drugstore untuk melepas penat. Di sanalah ketertarikannya terhadap produk makeup dan skincare muncul. Setiap minggu, Ling rajin berbelanja untuk mencoba produk yang sedang hype. Tahun 2016, kosmetik dan skincare dari Negeri Ginseng sedang digandrungi di Jepang. Ia pun memutuskan untuk traveling ke Korea hanya untuk berbelanja makeup dan skincare.

Profil Erlinda Dwi Yulianti
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa manfaat menggunakan serum alpha arbutin?

Apa manfaat menggunakan serum alpha arbutin?

Alpha arbutin adalah sebuah bahan aktif yang fungsi utamanya adalah untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat kehitaman. Beberapa dari Anda mungkin menganggap arbutin dan alpha arbutin sama saja. Namun, kedua bahan ini sebenarnya sedikit berbeda.


  • Arbutin didapatkan secara alami (naturally derived) dari tanaman yang memproduksi arbutin. 
  • Di sisi lain, alpha arbutin merupakan bahan buatan yang lebih efektif dan stabil dibandingkan arbutin.


Fungsi serum alpha arbutin pada dasarnya mirip dengan vitamin C. Namun, alpha arbutin lebih bagus untuk mencerahkan wajah karena fungsinya memang lebih fokus untuk mencerahkan saja. Sementara itu, vitamin C memiliki beragam fungsi lain, seperti antiaging dan antioksidan. Efek atau manfaat dari serum alpha arbutin bisa terlihat signifikan setelah 8-12 minggu pemakaian secara rutin.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Alpha arbutin bersifat gentle sehingga bisa digunakan di seluruh wajah. Namun, jika kulit Anda sensitif, Anda dapat menghindari pemakaian di area bawah mata yang lebih rentan iritasi. Meski gentle, serum alpha arbutin tetap memiliki risiko iritasi jika digunakan pada konsentrasi yang tinggi.

Cara memilih serum alpha arbutin

Berikutnya, kami akan memberikan tips memilih serum alpha arbutin yang tepat untuk Anda. Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya Anda mengerti kadar yang tepat, jenis kulit, dan tambahan kandungan lainnya.

1

Utamakan serum dengan konsentrasi alpha arbutin antara 1-2% yang efektif mencerahkan; hindari yang kadarnya terlalu tinggi agar minim risiko iritasi

Utamakan serum dengan konsentrasi alpha arbutin antara 1-2% yang efektif mencerahkan; hindari yang kadarnya terlalu tinggi agar minim risiko iritasi

Serupa dengan bahan aktif lainnya, alpha arbutin juga memiliki anjuran konsentrasi yang ideal untuk memperoleh manfaat maksimal tanpa iritasi. Hindari menggunakan serum dengan alpha arbutin 4% atau 5% karena memiliki risiko iritasi yang tinggi.


  • Untuk pengguna yang memiliki kulit berminyak atau normal, Anda bisa menggunakan serum dengan konsentrasi alpha arbutin sekitar 1-2%. 
  • Untuk pengguna pemula atau pemilik kulit kering sebaiknya memilih serum yang konsentrasi alpha arbutin-nya di bawah 1%. 
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Tidak dianjurkan untuk memakai serum alpha arbutin lebih dari 2-3%. Makin tinggi konsentrasinya, makin besar juga risiko kulit mengalami iritasi. Di sisi lain, penggunaan alpha arbutin dengan dosis terlalu rendah membuat efeknya tidak akan terasa oleh kulit Anda.


Jika Anda memiliki kulit sensitif, lakukan patch test sebelum memakai serum. Anda juga bisa memakai serum dengan konsentrasi yang rendah terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi alergi atau iritasi.

2

Pertimbangkan kombinasi alpha arbutin dan vitamin C untuk hasil cerah yang lebih cepat dan optimal

Pertimbangkan kombinasi alpha arbutin dan vitamin C untuk hasil cerah yang lebih cepat dan optimal

Alpha arbutin dan vitamin C memiliki manfaat yang dapat saling melengkapi dalam perawatan kulit. Keduanya adalah bahan yang sering digunakan untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi, mencerahkan kulit, dan menjaga tampilan kulit yang lebih merata.


Kombinasi serum alpha arbutin dan vitamin C dapat memberikan efek maksimal agar kulit menjadi cerah lebih cepat. Vitamin C juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan tekstur atau kekenyalan kulit.

3

Untuk pemilik kulit kering, pilih serum dengan tekstur kental yang mengandung pelembap seperti hyaluronic acid atau ceramide

Meski sama-sama menggunakan serum alpha arbutin, kebutuhan tiap jenis kulit tentu berbeda. Apabila Anda memiliki kulit kering, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan saat memilih. Beberapa di antaranya adalah tekstur dan bahan pelembap di dalam serum.

Tekstur kental, untuk melembapkan kulit kering secara maksimal

Tekstur kental, untuk melembapkan kulit kering secara maksimal

Serum alpha arbutin hadir dalam berbagai jenis tekstur. Bentuk gel, sedikit cair, agak kental, dan kental adalah beberapa tekstur serum yang sering ada di pasaran. Akan tetapi, untuk kulit kering, pilihlah serum yang teksturnya kental seperti krim. Tekstur ini merupakan kombinasi antara minyak dan air sehingga dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulit kering.

Bahan pelembap, untuk melembapkan sekaligus meredam risiko iritasi

Bahan pelembap, untuk melembapkan sekaligus meredam risiko iritasi
Kandungan tambahan di dalam serum alpha arbutin juga perlu Anda perhatikan. Bahan pelembap merupakan kandungan yang wajib ada di dalam produk skincare untuk kulit kering. Selain bisa menghidrasi kulit, kandungan pelembap diperlukan untuk meredam risiko iritasi dari bahan aktif yang mungkin timbul. Berikut ini adalah beberapa bahan yang dipercaya dapat melembapkan kulit.

  • Hyaluronic acid
  • Glycerin
  • Allantoin
  • Ceramide
  • Panthenol
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Saat memakai skincare, sangat direkomendasikan untuk memakai produk yang kandungannya beragam. Silakan eksplorasi berbagai bahan aktif lainnya supaya manfaatnya lebih banyak.

4

Untuk kulit berminyak, pilih serum dengan tekstur cair yang mengandung niacinamide atau Centella asiatica untuk mengontrol minyak

Jika kulit kering perlu memilih tekstur kental untuk serum, kulit berminyak berbeda. Tidak hanya teksturnya yang berlainan, kandungan yang dibutuhkan pun tidak sama.

Tekstur gel, cepat diserap dan memberikan rasa segar pada kulit berminyak

Tekstur gel, cepat diserap dan memberikan rasa segar pada kulit berminyak

Kulit berminyak biasanya terasa lengket. Karena itu, pilihlah serum alpha arbutin yang teksturnya cair, tidak lengket, dan terasa menyegarkan. Anda bisa memilih serum water-based, misalnya gel yang mudah diserap oleh kulit. Tekstur gel dikenal dapat menghidrasi kulit tanpa meninggalkan rasa greasy. Selain dapat diserap dengan cepat, serum bertekstur gel juga dapat memberikan sensasi segar di wajah.

Niacinamide dan Centella asiatica, mencegah produksi sebum berlebih dan beruntusan

Niacinamide dan Centella asiatica, mencegah produksi sebum berlebih dan beruntusan
Bukan hanya kulit kering yang membutuhkan kandungan tambahan bermanfaat di dalam serum, kulit berminyak juga demikian. Kulit berminyak biasanya bermasalah dengan kadar sebum yang berlebih dan beruntusan yang kerap muncul. Untuk mencegahnya, pilih serum alpha arbutin yang mengandung niacinamide dan Centella asiatica. Kedua bahan tersebut mampu mencegah beruntusan dan mengontrol produksi sebum.

Namun, alpha arbutin tidak termasuk dalam kandungan bahan aktif yang membantu pemulihan kulit dari jerawat. Alpha arbutin hanya akan membantu memperbaiki bekas jerawat setelah sembuh. Jadi, jika Anda mengalami masalah jerawat, tetap gunakan skincare lain untuk mengatasi jerawat Anda.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Serum alpha arbutin bisa Anda gunakan bersamaan dengan produk perawatan kulit lain, seperti toner, moisturizer, dan eye cream. Karena itu, jika kandungan yang disebutkan di atas tidak ada dalam satu produk, Anda bisa mengombinasikannya dengan skincare lain yang mengandung bahan lainnya tersebut. Untuk urutannya, gunakan skincare dari yang teksturnya paling cair, lalu naik ke yang lebih kental (thinest to thickest).

5

Untuk meminimalkan risiko iritasi, kenali bahan yang boleh dikombinasikan dan tidak boleh dikombinasikan bersamaan dengan alpha arbutin

Untuk meminimalkan risiko iritasi, kenali bahan yang boleh dikombinasikan dan tidak boleh dikombinasikan bersamaan dengan alpha arbutin
Alpha arbutin adalah kandungan yang gentle sehingga aman dipakai tiap hari. Serum yang mengandung alpha arbutin dapat dipakai pada pagi ataupun malam hari. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan skincare lain. Namun, tidak semua bahan skincare bisa dipakai bersamaan dengan alpha arbutin


  • Kandungan yang boleh dikombinasikan dengan alpha arbutin

Alpha arbutin boleh dicampur dan dipakai bersamaan dengan hyaluronic acid, peptide, glycolic acid, witch hazel, dan green tea extract. Namun, apabila kulit Anda sensitif atau alergi terhadap suatu bahan, pastikan untuk menghindari bahan tersebut.


  • Kandungan yang tidak boleh dikombinasikan dengan alpha arbutin

Terdapat beberapa bahan yang sebaiknya tidak dicampurkan dengan alpha arbutin, yaitu retinol, AHA, BHA, dan benzoyl peroxide. Penggunaan bahan-bahan ini secara bersamaan dapat menyebabkan iritasi, terutama pada kulit sensitif. Gunakanlah bahan-bahan ini pada waktu yang berbeda.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Untuk mencerahkan atau menghilangkan kehitaman di kulit, serum alpha arbutin boleh digunakan oleh siapa saja, bahkan remaja sekalipun. Namun, beberapa ahli memiliki perbedaan pendapat terkait pemakaian alpha arbutin pada ibu hamil.


Beberapa ahli yang melarang menyebutkan bahwa alpha arbutin dapat berubah menjadi hydroquinone di dalam kulit yang berisiko untuk ibu dan janin. Sementara itu, para ahli lain mengatakan bahwa perubahan tersebut sangatlah kecil dan minim risiko. Jika Anda tetap ingin memakainya saat hamil, hindari penggunaan serum alpha arbutin pada trimester pertama kehamilan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi serum alpha arbutin terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Serum Alpha Arbutin terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset dari berbagai sumber (diperbarui tanggal 23 Agustus 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
BPOM
Nomor BPOM
Isi/varian isi
Bahan aktif
Bentuk kemasan
Rekomendasi jenis kulit
Fungsi/manfaat
Kandungan pencerah
Kandungan pelembap
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan antiaging
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaian
Alkohol
Pewangi
1

Avoskin

Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed

Avoskin  Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed 1

Rp139.000

Agak Mahal

Tinggi kandungan antioksidan untuk kulit yang lebih sehat

NA18212000457

30 ml

3% alpha arbutin, grape seed extract

Botol pipet

Semua jenis kulit

Menyamarkan noda bekas jerawat (PIH) dan menyamarkan tampilan pori-pori

Alpha arbutin

Glycerin

Tidak diketahui

Alpha arbutin, grape seed extract

Pagi hari dan malam hari

2

DECIEM

The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA

DECIEM The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA 1

Rp270.000

Lebih Mahal

Miliki wajah bersih berseri dengan warna kulit yang merata

NE11191905000

30 ml, 60 ml

Alpha arbutin

Botol pipet

Semua jenis kulit

Meratakan warna kulit

Alpha arbutin

Hyaluronic acid

Tidak diketahui

Pagi hari dan malam hari

3

Wardah

Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

Wardah Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum 1

Rp92.500

Menengah

Perpaduan alpha arbutin dan tranexamic acid dapat mencegah hiperpigmentasi kulit

NA18211900126

20 ml

Alpha arbutin、3% tranexamic acid

Pump

Semua jenis kulit

Mencerahkan noda hitam dan bekas jerawat, meratakan warna kulit, mengurangi tampilan kulit kusam

Alpha arbutin, niacinamide, tranexamic acid

Glycerin

Niacinamide, tranexamic acid, bisabolol, ekstrak bunga edelweiss

Alpha arbutin, niacinamide

Pagi dan malam hari

4

SOMETHINC

Revive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol

SOMETHINC Revive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol 1

Rp109.000

Menengah

Samarkan kerutan dan garis halus, wajah tampak lebih muda

NA18210106168

20 ml

3% Alpha arbutin, bakuchiol, SabiWhite®, rice bran water

Botol pump

Semua jenis kulit

Mencerahkan, meratakan warna kulit, menyamarkan hiperpigmentasi, mengurangi beruntusan, menghambat penuaan dini, memperkuat skin barrier

Alpha arbutin

Ethylhexylglycerin

Bakuchiol

Alpha arbutin, bakuchiol, tetrahydrocurcumin

Pagi dan malam hari

5

Azarine®

Radiant Luminous Serum

Azarine® Radiant Luminous Serum 1

Rp49.000

Agak Murah

Kulit lebih plumpy dan glowing dalam waktu 7 hari

NA18211902733

20 ml

2% Alpha arbutin, Chromabright, ekstrak sakura, fermented honey

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan kulit kusam, meratakan warna kulit, menangkal radikal bebas, melembapkan dan mengenyalkan kulit

Alpha arbutin, Chromabright

Glycerin, propanediol, panthenol

Portulaca oleracea extract, allantoin, panthenol

Alpha arbutin, Portulaca oleracea extract

Pagi dan malam hari

6

REAL WHITE

Alpha Arbutin Serum

REAL WHITE Alpha Arbutin Serum 1

Rp33.000

Lebih Murah

Serum berukuran mini, pas menjadi teman bepergian Anda

NA18210106586

20 ml

Alpha arbutin

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan kulit, memudarkan flek hitam

Alpha arbutin

Butylene glycol

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Pagi hari dan malam hari

7

BHUMI

C+ Brightening Booster

BHUMI C+ Brightening Booster 1

Rp189.000

Agak Mahal

Beri manfaat lebih pada wajah dengan kemurnian vitamin C

NA182119000855

18 ml

3% Alpha arbutin, 10% vitamin C, 2% madu

Botol pump

Semua jenis kulit

Menekan produksi melanin, mengurangi bekas jerawat dan flek hitam akibat penuaan dini, meratakan warna kulit, melembutkan kulit dengan detoksifikasi ringan

Alpha arbutin, vitamin C

Propylene glycol, hyaluronic acid

Honey, Aloe vera extract, allantoin, Cucumis sativus fruit extract

Alpha arbutin, honey, Aloe vera extract

Pagi dan malam hari

8

Ella Skincare

Translucent White Serum with Alpha Arbutin, Vitamin C, Niacinamide

Ella Skincare  Translucent White Serum with Alpha Arbutin, Vitamin C, Niacinamide 1

Rp117.000

Menengah

Bantu atasi hiperpigmentasi, noda hitam, dan kusam sekaligus dalam satu produk

NA18211900572

12,5 ml

Alpha arbutin, vitamin C

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan wajah

Alpha arbutin, vitamin C, niacinamide, glutathione

Hyaluronic acid

Hyaluronic acid

Hyaluronic acid

Tidak diketahui

Pagi hari dan malam hari

9

White Story

Arbutin Glow Serum

White Story Arbutin Glow Serum 1

Rp52.700

Agak Murah

Elastisitas kulit meningkat berkat adanya marine collagen

NA18221901478

20 ml

Alpha arbutin, niacinamide, licorice extract, marine collagen, hyaluronate

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan kulit kusam, menyamarkan noda hitam, meningkatkan antioksidan, memperbaiki kulit dari efek buruk sinar matahari

Alpha arbutin, niacinamide, licorice extract

Hyaluronic acid, glycerin, propylene glycol

Niacinamide, allantoin

Alpha arbutin, marine collagen

Pagi hari dan malam hari

10

Precious Skin Thailand

Alpha Arbutin 3Plus Glow & Shine Collagen Face Serum

Precious Skin Thailand Alpha Arbutin 3Plus Glow & Shine Collagen Face Serum 1

Rp95.000

Menengah

Dipadukan dengan kolagen untuk wajah lebih berseri dan kenyal

NA49211900006

50 ml

Alpha arbutin

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan wajah, membantu meningkatkan elastisitas kulit wajah

Alpha arbutin, niacinamide, tranexamic acid

Glycerin

Tranexamic acid

Collagen

Tidak diketahui

Pagi hari dan malam hari

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed

Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed 1
Sumber: avoskinbeauty.com
Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Tinggi kandungan antioksidan untuk kulit yang lebih sehat

Kulit yang sehat tidak hanya cerah, tetapi juga terawat. Anda bisa menggunakan serum Avoskin yang diperkaya dengan alpha arbutin dan ekstrak grapeseed. Kaya dengan kandungan antioksidan, serum ini bisa melindungi kulit dari polusi lingkungan sehingga kulit terasa sehat terawat. 


Tidak hanya itu saja, kemampuannya untuk menyamarkan pori-pori membuat wajah Anda akan terlihat lebih halus dan poreless.

BPOM
Nomor BPOMNA18212000457
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktif3% alpha arbutin, grape seed extract
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenyamarkan noda bekas jerawat (PIH) dan menyamarkan tampilan pori-pori
Kandungan pencerahAlpha arbutin
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan anti-inflamasiTidak diketahui
Kandungan antiagingAlpha arbutin, grape seed extract
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi hari dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

DECIEMThe Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA

Harga referensi
Rp270.000
Lebih Mahal

Miliki wajah bersih berseri dengan warna kulit yang merata

Kelebihan:

  • Teksturnya cepat menyerap ke kulit
  • Mampu membuat warna kulit lebih merata
  • Membantu menyamarkan bekas jerawat

Kekurangan:

  • Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunjukkan hasil pemakaian

Apakah Anda sudah lelah mencoba meratakan warna kulit? Jangan menyerah dahulu! Cobalah The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA yang memiliki manfaat membantu meratakan warna kulit sekaligus menyamarkan bekas jerawat membandel.


Produk ini mengandung alpha arbutin dengan konsentrasi cukup tinggi yang mampu membuat warna kulit lebih merata. Kandungan serum alpha arbutin ini diformulasikan bersama dengan hyaluronic acid agar lebih mudah meresap ke dalam lapisan kulit. Alhasil, serum ini juga diklaim efektif menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

BPOM
Nomor BPOMNE11191905000
Isi/varian isi30 ml, 60 ml
Bahan aktifAlpha arbutin
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMeratakan warna kulit
Kandungan pencerahAlpha arbutin
Kandungan pelembapHyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiTidak diketahui
Kandungan antiaging
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi hari dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.3

WardahCrystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

Harga referensi
Rp92.500
Menengah

Perpaduan alpha arbutin dan tranexamic acid dapat mencegah hiperpigmentasi kulit

Untuk Anda yang struggling dengan warna kulit tidak rata, flek hitam, kulit kusam, dan noda bekas jerawat, pertimbangkan serum ini. Diperkaya brightening agent, seperti niacinamide, alpha arbutin, dan tranexamic acid, serum ini bekerja maksimal membuat kulit cerah dan flawless


Bahkan, kandungan edelweiss extract di dalamnya juga bisa membantu mencerahkan kulit secara menyeluruh. Layaknya vitamin C, kandungan tersebut diklaim dapat mengatasi hiperpigmentasi. Kulit cerah sebening kristal bukan lagi sekadar impian bila Anda menggunakan serum Wardah satu ini.

BPOM
Nomor BPOMNA18211900126
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifAlpha arbutin、3% tranexamic acid
Bentuk kemasanPump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan noda hitam dan bekas jerawat, meratakan warna kulit, mengurangi tampilan kulit kusam
Kandungan pencerahAlpha arbutin, niacinamide, tranexamic acid
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, tranexamic acid, bisabolol, ekstrak bunga edelweiss
Kandungan antiagingAlpha arbutin, niacinamide
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.4

SOMETHINCRevive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol

Harga referensi
Rp109.000
Menengah

Samarkan kerutan dan garis halus, wajah tampak lebih muda

Apabila Anda mencari serum yang bisa mencerahkan sekaligus membantu mengatasi penuaan dini, cobalah produk ini. Serum SOMETHINC ini mengombinasikan dua bahan utama, yaitu arbutin dan bakuchiol

Perpaduan keduanya dapat membantu mencerahkan dan menjaga kekencangan kulit. Alpha arbutin sebagai agen pencerah dapat mencerahkan kulit dan mengatasi kulit kusam atau warna kulit tidak rata. Sementara itu, bakuchiol membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kerutan serta garis halus di wajah. 

BPOM
Nomor BPOMNA18210106168
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktif3% Alpha arbutin, bakuchiol, SabiWhite®, rice bran water
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan, meratakan warna kulit, menyamarkan hiperpigmentasi, mengurangi beruntusan, menghambat penuaan dini, memperkuat skin barrier
Kandungan pencerahAlpha arbutin
Kandungan pelembapEthylhexylglycerin
Kandungan anti-inflamasiBakuchiol
Kandungan antiagingAlpha arbutin, bakuchiol, tetrahydrocurcumin
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.5

Azarine®Radiant Luminous Serum

Harga referensi
Rp49.000
Agak Murah

Kulit lebih plumpy dan glowing dalam waktu 7 hari

Anda sedang mempersiapkan diri menghadapi hari penting, tetapi kulit wajah terlihat kusam dan mengurangi rasa percaya diri? Serum Azarine yang diperkaya dari sumber-sumber natural ini diklaim bisa mencerahkan kulit dalam waktu 7 hari. 

Alpha arbutin, Chromabright, dan ekstrak bunga sakura bisa bantu membuat kulit lebih glowing. Sementara itu, fermented honey yang berfungsi sebagai peeling dapat membuat kulit Anda terasa bersih, lembap, dan plumpy.

BPOM
Nomor BPOMNA18211902733
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktif2% Alpha arbutin, Chromabright, ekstrak sakura, fermented honey
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit kusam, meratakan warna kulit, menangkal radikal bebas, melembapkan dan mengenyalkan kulit
Kandungan pencerahAlpha arbutin, Chromabright
Kandungan pelembapGlycerin, propanediol, panthenol
Kandungan anti-inflamasiPortulaca oleracea extract, allantoin, panthenol
Kandungan antiagingAlpha arbutin, Portulaca oleracea extract
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.6

REAL WHITEAlpha Arbutin Serum

Harga referensi
Rp33.000
Lebih Murah

Serum berukuran mini, pas menjadi teman bepergian Anda

Kelebihan:

  • Kemasannya kecil dan mudah di bawa-bawa
  • Dengan pemakaian rutin dapat mencegah kulit menghitam
  • Diklaim dapat membuat kulit lebih glowing

Kekurangan:

  • Botol pipet mungkin kurang cocok bagi beberapa orang yang tidak terampil menggunakan alat tersebut.

Untuk Anda yang hobi jalan-jalan dan berwisata, produk ini cocok dipilih sebagai skincare bepergian Anda. Dengan kemasannya yang travel-friendly, serum alpha arbutin ini mudah dibawa ke mana-mana tanpa memenuhi barang bawaan Anda. Dengan begitu, ke mana pun Anda pergi, Anda tetap bisa merawat kulit wajah dengan mudah. 

BPOM
Nomor BPOMNA18210106586
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifAlpha arbutin
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit, memudarkan flek hitam
Kandungan pencerahAlpha arbutin
Kandungan pelembapButylene glycol
Kandungan anti-inflamasiTidak diketahui
Kandungan antiagingTidak diketahui
Kemasan percobaanTidak diketahui
Saran waktu pemakaianPagi hari dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.7

BHUMIC+ Brightening Booster

Harga referensi
Rp189.000
Agak Mahal

Beri manfaat lebih pada wajah dengan kemurnian vitamin C

Untuk pengguna skincare level advance, serum BHUMI ini layak Anda coba. Kandungan pencerahnya cukup tinggi, yaitu 10% vitamin C dan 3% alpha arbutin. Bahkan, tingkat kemurnian vitamin C di dalam serum ini mencapai 99% yang menyerupai pH kulit tubuh. 


Dengan demikian, serum ini bisa mencerahkan wajah Anda secara maksimal dan menekan produksi melanin pada kulit. Tak hanya itu saja, kulit Anda pun akan terlindungi dari sinar UVA, UVB, radikal bebas, dan polusi lingkungan.

BPOM
Nomor BPOMNA182119000855
Isi/varian isi18 ml
Bahan aktif3% Alpha arbutin, 10% vitamin C, 2% madu
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenekan produksi melanin, mengurangi bekas jerawat dan flek hitam akibat penuaan dini, meratakan warna kulit, melembutkan kulit dengan detoksifikasi ringan
Kandungan pencerahAlpha arbutin, vitamin C
Kandungan pelembapPropylene glycol, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiHoney, Aloe vera extract, allantoin, Cucumis sativus fruit extract
Kandungan antiagingAlpha arbutin, honey, Aloe vera extract
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.8

Ella Skincare Translucent White Serum with Alpha Arbutin, Vitamin C, Niacinamide

Harga referensi
Rp117.000
Menengah

Bantu atasi hiperpigmentasi, noda hitam, dan kusam sekaligus dalam satu produk

Kelebihan:

  • Terdapat tiga bahan aktif sekaligus, yakni alpha arbutin, vitamin C, dan niacinamide
  • Formulanya ringan dan mudah meresap
  • Tidak terasa lengket 

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang bertipe kulit kering, merasa kulitnya makin kering setelah menggunakan produk ini

Diperkaya dengan alpha arbutin, vitamin C, dan niacinamide, serum ini menawarkan solusi bagi kulit kusam dan tidak merata. Kombinasi bahan-bahan unggul ini bekerja sinergis untuk mengurangi hiperpigmentasi, memberikan efek cerah secara alami, serta meratakan tekstur kulit. 


Serum Ella Skincare ini cocok untuk Anda yang bermasalah dengan warna kulit tak merata, noda hitam, atau kulit kusam. Dengan penggunaan teratur, kulit akan tampak lebih cerah, segar, dan merona alami.

BPOM
Nomor BPOMNA18211900572
Isi/varian isi12,5 ml
Bahan aktifAlpha arbutin, vitamin C
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan wajah
Kandungan pencerahAlpha arbutin, vitamin C, niacinamide, glutathione
Kandungan pelembapHyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiHyaluronic acid
Kandungan antiagingHyaluronic acid
Kemasan percobaanTidak diketahui
Saran waktu pemakaianPagi hari dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.9

White StoryArbutin Glow Serum

Harga referensi
Rp52.700
Agak Murah

Elastisitas kulit meningkat berkat adanya marine collagen

Selain menghadirkan kecerahan alami, White Story Arbutin Glow Serum merupakan pilihan ideal bagi Anda yang menginginkan kulit wajah kenyal. Diperkaya dengan marine collagen, serum ini dapat meningkatkan elastisitas kulit Anda. Marine collagen akan membantu meregenerasi sel sehingga kulit terasa kenyal, halus, dan memperlambat penuaan dini. 


Sifanya sebagai antioksidan pun dapat merawat kulit serta memberikan tampilan segar dan sehat. Teksturnya yang ringan dan mudah meresap, cocok untuk Anda yang tidak suka kesan lengket yang biasa ditimbulkan serum.

BPOM
Nomor BPOMNA18221901478
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifAlpha arbutin, niacinamide, licorice extract, marine collagen, hyaluronate
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit kusam, menyamarkan noda hitam, meningkatkan antioksidan, memperbaiki kulit dari efek buruk sinar matahari
Kandungan pencerahAlpha arbutin, niacinamide, licorice extract
Kandungan pelembapHyaluronic acid, glycerin, propylene glycol
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, allantoin
Kandungan antiagingAlpha arbutin, marine collagen
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi hari dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.10

Precious Skin ThailandAlpha Arbutin 3Plus Glow & Shine Collagen Face Serum

Harga referensi
Rp95.000
Menengah

Dipadukan dengan kolagen untuk wajah lebih berseri dan kenyal

Kelebihan:

  • Kandungan alpha arbutin dan kolagen membantu mencerahkan sekaligus membuat kulit kenyal
  • Isi termasuk cukup banyak dibanding serum sejenis
  • Beberapa pengguna merasa serum ini tidak memicu jerawat di kulit sensitif

Kekurangan:
  • Teksturnya agak kental sehingga butuh waktu untuk serum meresap

Dengan inovasi terbaru dari Thailand, Precious Skin menggabungkan kekuatan alpha arbutin dan kolagen untuk kilau dan kekenyalan kulit Anda. Formula uniknya membantu meratakan warna kulit, mengurangi noda, dan memberikan kulit lebih cerah. Serum ini cocok untuk Anda yang ingin mengatasi kulit kusam, flek-flek, dan noda bekas jerawat. Rasakan perubahan positif pada tampilan kulit Anda dengan penggunaan teratur. 

BPOM
Nomor BPOMNA49211900006
Isi/varian isi50 ml
Bahan aktifAlpha arbutin
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan wajah, membantu meningkatkan elastisitas kulit wajah
Kandungan pencerahAlpha arbutin, niacinamide, tranexamic acid
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan anti-inflamasiTranexamic acid
Kandungan antiagingCollagen
Kemasan percobaanTidak diketahui
Saran waktu pemakaianPagi hari dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all

5 Rekomendasi Serum Alpha Arbutin terbaik

No. 1: Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed

No. 2: DECIEMThe Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA

No. 3: WardahCrystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

No. 4: SOMETHINCRevive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol

No. 5: Azarine®Radiant Luminous Serum

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Alpha Arbutin Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.