1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Condenser Microphone Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Condenser Microphone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Condenser Microphone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Condenser Microphone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Condenser Microphone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Condenser Microphone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Condenser Microphone Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Condenser microphone adalah alat pengolah suara yang sering digunakan untuk rekaman studio ataupun live streaming. Produknya dapat menangkap suara dengan baik sehingga memberi audio output yang enak didengar. Namun, mikrofon tipe ini tersedia dalam beragam spesifikasi. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang bagus.


Untuk itu, kali ini kami akan berbagi tips memilih condenser microphone terbaik. Kami juga akan merekomendasikan dan mengulas produk dari berbagai merek, seperti Maono, Audio-Technica dan Rode. Condenser Microphone BM 800 pun ada. Yuk, dilanjutkan membacanya!

Diperbaharui 05-24-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Sekilas tentang condenser microphone

Sekilas tentang condenser microphone

Condenser microphone adalah alat pengolah suara yang dikhususkan untuk menangkap sinyal suara vokal di ruangan tertutup. Alat ini bahkan bisa menangkap suara vokal yang samar. Berbeda dengan mikrofon dynamic, condenser microphone memiliki sensitivitas yang tinggi berkat adanya komponen membran atau diafragma.


Diafragma dalam condenser microphone bergetar ketika menangkap suara. Getaran tersebut dapat mengaktifkan sinyal listrik di dalam mikrofon ini. Selanjutnya, aliran listrik akan menyalakan pre-amplifier dan mengolah suara agar lebih jelas terdengar.


Karena hasil tangkapannya detail, condenser microphone sering digunakan sebagai perekam suara vokal untuk kebutuhan profesional. Akhir-akhir ini mikrofon condenser populer di kalangan streamer dan podcaster karena suaranya jernih dan sensitif.

Cara memilih condenser microphone

Setelah tahu lebih banyak tentang condenser microphone, pasti Anda sudah tak sabar untuk memilikinya. Namun, sebaiknya Anda membaca lebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih produknya. Simak penjabarannya dari kami di bawah ini, ya.

① Pahami pola tangkapan suara condenser microphone

Setiap condenser microphone memiliki pola tangkapan suara yang berbeda. Sebab itu, kenalilah karakteristik pola tangkapan suara yang cocok untuk Anda terlebih dahulu. Berikut kami akan mengurainya untuk Anda.

Cardioid, fokus menangkap suara dari depan

Cardioid, fokus menangkap suara dari depan

Cardioid merupakan pola tangkapan suara yang paling banyak digunakan condenser microphone. Produknya menangkap suara dari depan saja sehingga suara di belakang tidak terdengar.


Mikrofon dengan pola tangkapan suara ini memiliki diafragma yang dapat mengukur perbedaan tekanan suara yang diterima. Oleh sebabnya, mik tipe ini sensitif menangkap suara dari depan dan samping, tetapi tidak dengan suara dari belakang.


Apabila Anda mencari mikrofon condenser yang dapat mengurangi background noise, tipe cardioid dapat dipilih. Selain itu, mik tipe ini pas digunakan untuk rekaman vokal tunggal, podcast, atau streaming.

Omnidirectional, menangkap suara dengan lebih rata

Omnidirectional, menangkap suara dengan lebih rata

Condenser microphone yang omnidirectional biasanya disebut sebagai pressure microphones. Hal ini dikarenakan mikrofon tipe ini dapat menangkap suara secara merata di depan dan di belakangnya.


Diafragma dari mikrofon dengan pola tangkapan suara ini dapat mengukur tekanan suara hanya di satu titik. Oleh karenanya, mik tipe ini sangat sensitif menangkap suara dari berbagai sumber dalam waktu bersamaan.


Mikrofon yang omnidirectional biasanya digunakan untuk merekam suara yang datang dari sumber yang berbeda-beda. Maka dari itu, mik tipe ini cocok untuk merekam suara grup vokal atau orkes.

② Pilih tipe condenser microphone

Ada bermacam tipe diafragma dari condenser microphone. Tiap-tiap tipe tersebut memiliki karakteristik tersendiri. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memerincinya satu per satu di bawah ini untuk Anda.

Large diaphragm: Sensitivitasnya tinggi untuk merekam

Large diaphragm: Sensitivitasnya tinggi untuk merekam
Sumber: maono.com

Large diaphragm condenser microphone adalah mikrofon dengan diafragma hingga 1 inci. Karena itu, tangkapan suaranya sangat sensitif dan tajam. Umumnya condenser microphone yang dijual di pasaran adalah tipe large diaphragm.


Mikrofon dengan diafragma ini biasanya membutuhkan daya yang lebih besar sehingga memerlukan phantom power. Karena sangat sensitif, mikrofon tipe ini dilengkapi mounting yang dapat melindunginya dari getaran berlebihan. Pastinya condenser microphone tipe ini cocok untuk penggunaan studio rekaman.

Tube Condenser: Suara lebih hangat dan bulat

Tipe tube condenser banyak ditemukan pada condenser microphone jenis lama. Meski sudah jarang di pasaran, beberapa penggemar musik masih mencarinya karena suara yang dihasilkan lebih hangat dan bulat. Selain itu, instrumen akan terdengar sangat baik ketika Anda merekam dengan mikrofon tipe ini.

Dual Diaphragm: Merekam suara dengan lebih seimbang

Berbeda dengan mikrofon biasa, condenser microphone ini memiliki dua diafragma yang dapat menangkap suara dari arah yang berbeda. Tipe ini dapat menangkap suasana ruangan dan mempermudah balancing dua sumber suara yang berbeda. Oleh karenanya, dual diaphragm microphone sangat cocok digunakan untuk paduan suara dan grup vokal.

Small diaphragm: Untuk live dengan frekuensi suara yang tinggi

Dengan diafragma yang berukuran kurang dari setengah inci, small diaphragm condenser microphone cocok untuk digunakan saat live. Mikrofon berdiafragma kecil sangat bagus untuk menangkap suara dengan frekuensi tinggi yang berubah-ubah. Mik tipe ini juga cocok untuk menangkap suara yang keras dan cepat, seperti suara drum dan simbal.

③ Ketahui tipe koneksi yang digunakan

Ketahui tipe koneksi yang digunakan

Tergantung tipe koneksinya, condenser microphone cocok untuk keperluan tertentu. Sebelum membeli, ketahuilah terlebih dahulu tipe koneksi yang tepat untuk kegiatan Anda. Dua tipe koneksi yang sering digunakan condenser microphone adalah XLR dan USB. Kami akan memaparkan kedua tipe tersebut untuk Anda di bawah ini.


  • Koneksi XLR

Tipe ini merupakan koneksi standar dari condenser microphone yang dikhususkan untuk profesional. Dengan konektor 3 pin, Anda harus menghubungkan mikrofon ini ke mixer atau phantom power terlebih dahulu. Tentunya mikrofon dengan koneksi XLR akan menghasilkan suara yang lebih jelas. Alhasil, produknya cocok untuk Anda yang ingin merekam suara secara profesional. 


  • Koneksi USB

Jika Anda ingin kemudahan dalam mengatur mikrofon, pilih yang menggunakan koneksi USB. Tipe ini bisa langsung dipasang di komputer atau laptop Anda tanpa membutuhkan alat khusus. Jadi, condenser microphone dengan koneksi USB cocok Anda gunakan untuk online meeting atau bermain game bersama teman.

④ Pertimbangkan yang dilengkapi power supply

Pertimbangkan yang dilengkapi power supply

Agar bekerja dengan optimal, condenser microphone membutuhkan daya sekitar 48 V untuk menangkap suara. Daya tersebut bisa didapatkan dari pre-amplifier di dalamnya.


Terkadang daya yang dihasilkan pre-amplifier tidak cukup besar untuk menghidupkan mikrofon. Maka dari itu, dibutuhkan power supply tambahan dalam wujud phantom powerPhantom power adalah alat yang dapat menyalurkan listrik ke dalam condenser microphone agar berfungsi dengan semestinya.


Beberapa produk tidak dilengkapi phantom power sehingga Anda harus membelinya secara terpisah. Jika Anda ingin kenyamanan, pertimbangkan mikrofon yang sudah memiliki pengeras suara atau phantom power. Harganya tentu lebih mahal, tetapi lebih praktis dan efisien ketika dipakai.

⑤ Periksa respons frekuensi condenser microphone

Periksa respons frekuensi condenser microphone

Respons frekuensi adalah ukuran dari respons mikrofon terhadap rentang frekuensi tertentu. Dalam mikrofon condenser, tipe respons yang sering digunakan adalah flat frequency response. Artinya, mikrofon dapat merespons setiap frekuensi dengan sensitif dalam spektrum pendengaran. Maka dari itu, condenser microphone sangat sensitif digunakan untuk rekaman vokal.

⑥ Pastikan distorsinya minimal

Pastikan distorsinya minimal

Distorsi merupakan suara dengung dari hasil grounding elektronik yang digunakan. Dalam intensitas yang tinggi, tentunya hal ini akan mengganggu rekaman Anda. Maka dari itu, pilihlah condenser microphone dengan distorsi yang minimal.


Umumnya mikrofon condenser sudah dilengkapi mounting untuk mengurangi distorsi. Namun, ada juga produk yang dilengkapi fitur tambahan untuk mencegah distorsi dari bagian dalamnya.

10 Rekomendasi condenser microphone terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk condenser microphone terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Condenser Microphone BM 800 + V8 Sound Card

 Condenser Microphone BM 800 + V8 Sound Card 1枚目

Hemat dan lengkap untuk rekaman pemula

2

SOUNDTECH

2.1 USB Condenser Microphone

SOUNDTECH 2.1 USB Condenser Microphone  1枚目

Headphone jack-nya memudahkan audio monitoring

3

Audio-Technica

AT2020 Cardioid Condenser Microphone

Audio-Technica AT2020 Cardioid Condenser Microphone 1枚目

Suara yang dihasilkan seimbang, mikrofon favorit enthusiast!

4

RODE

NT1-A Large-diaphragm Cardioid Condenser Microphone

RODE NT1-A Large-diaphragm Cardioid Condenser Microphone 1枚目

Dapat menambahkan kehangatan suara agar nyaman didengar

5

Maono

AU-903 Desktop USB Microphone Cardioid Omnidirectional Mic

Maono AU-903 Desktop USB Microphone Cardioid Omnidirectional Mic 1枚目

Volume mudah disesuaikan untuk hasil rekaman yang clear

6

Behringer

C-3 Dual-Diaphragm Studio Condenser Microphone

Behringer C-3 Dual-Diaphragm Studio Condenser Microphone 1枚目

Studio-grade, cocok untuk merekam suara video

7

RODE

NT55 Versatile Small-diaphragm Condenser Microphone

RODE NT55 Versatile Small-diaphragm Condenser Microphone 1枚目

Output natural dan detail, cocok untuk suara instrumen akustik

8

PreSonus

Revelator USB Microphone

PreSonus Revelator USB Microphone 1枚目

Lengkap dengan berbagai fitur rekaman yang mantap

9

AKG

P170 High-Performance Instrument Microphone

AKG P170 High-Performance Instrument Microphone 1枚目

Bebas distorsi dengan peredam yang mudah diubah

10

Neumann Berlin

TLM 102 Studio Set

Neumann Berlin TLM 102 Studio Set 1枚目

Suara mid terang, tak perlu editing suara tambahan!

Perincian produk
Close
No.1

Condenser Microphone BM 800 + V8 Sound Card

Mulai dari Rp250.000,00

Hemat dan lengkap untuk rekaman pemula

Kelebihan:

  • Paketnya lengkap dari mikrofon, sound card, arm stand, dan lainnya


Kekurangan:

  • Ada pengguna yang mengeluhkan sound card tidak berfungsi saat disambungkan ke HP

Bila Anda mencari condenser microphone yang pas di kantong, produk ini dapat dipertimbangkan. Condenser Microphone BM 800 bahkan memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk rekaman amatir. 


Tentunya produk ini sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali membuat dapur rekaman. Lengkap dengan stand, kabel, sound card, dan pop filter, Anda bisa langsung rekaman dengan produk ini.

No.2

SOUNDTECH2.1 USB Condenser Microphone

Mulai dari Rp485.000,00

Headphone jack-nya memudahkan audio monitoring

Ketika sedang merekam suara sendiri, mungkin Anda tidak dapat mendengarnya secara langsung. Untuk mengatasi masalah itu, gunakanlah produk ini. Mikrofon ini memiliki fitur headphone jack yang dapat terhubung dengan earpiece Anda. Dengan begitu, Anda dapat memonitor suara sendiri ketika sedang merekam. 


Condenser microphone ini juga diberi fitur mute. Hal ini tentunya dapat memudahkan Anda ketika sedang melakukan virtual meeting. Anda juga dapat memberikan efek echo dengan tombol yang ada di badan mik ini. Maka dari itu, produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang sering menghadiri pertemuan virtual.

No.3

Audio-TechnicaAT2020 Cardioid Condenser Microphone

Mulai dari Rp1.410.000,00

Suara yang dihasilkan seimbang, mikrofon favorit enthusiast!

Sebagai audio enthusiast, pastinya Anda sudah tidak asing dengan merek Audio-Technica. Merek audio equipment dari Jepang ini menawarkan Audio-Technica AT2020, condenser microphone dengan kualitas yang prima. Suara yang dihasilkan produk ini jelas dan seimbang.


Dengan performanya, mikrofon ini sangat cocok untuk rekaman podcast, voice over, dan ASMR. Jadi, produk ini adalah teman rekaman yang pas untuk content creator. Agar suara yang dihasilkan lebih jernih, Anda dapat menambahkan pre-amplifier atau phantom power.

No.4

RODENT1-A Large-diaphragm Cardioid Condenser Microphone

Mulai dari Rp3.280.000,00

Dapat menambahkan kehangatan suara agar nyaman didengar

Rode merupakan merek mikrofon yang terkenal berkat kualitasnya yang bagus. Salah satu condenser microphone andalannya adalah Rode NT1-A. Condenser klasik ini telah dikenal dapat memberikan nada yang hangat dan nyaman didengar.


Meski cenderung hangat, suara produk ini masih terdengar jelas dan terang. Jangkauan suara dari mikrofon ini juga lebar dan dapat menangkap suara sekecil apa pun, bahkan hingga 5 dB. Karena itu, mik ini cocok untuk Anda yang ingin suara rekaman autonomous sensory meridian response (ASMR) terdengar nyaman.

No.5

MaonoAU-903 Desktop USB Microphone Cardioid Omnidirectional Mic

Mulai dari Rp875.000,00

Volume mudah disesuaikan untuk hasil rekaman yang clear

Maono AU-903 ini adalah condenser microphone yang sempurna untuk podcast dan voice over. Hal ini dikarenakan setup produk ini yang simpel dan volumenya yang mudah diutak-atik.


Pengaturan mik ini bisa langsung disesuaikan dengan suara Anda untuk menghasilkan rekaman yang lebih jernih. Selain itu, ukurannya sangat cocok dijadikan mikrofon untuk meja Anda. Alhasil, Anda tidak perlu lagi membeli stand tambahan.

No.6

BehringerC-3 Dual-Diaphragm Studio Condenser Microphone

Mulai dari Rp1.150.000,00

Studio-grade, cocok untuk merekam suara video

Behringer C-3 merupakan opsi terbaik jika Anda ingin membuat video dengan audio kelas profesional. Suara yang dihasilkan produk ini jelas dan tanpa distorsi berkat ultra high sound resolution, bahkan dalam frekuensi tinggi. Sistem amplifier mik ini juga dapat mengurangi noise yang akan mengganggu rekaman.


Dengan cold shoe mount yang sudah terintegrasi, Anda dapat membawa mikrofon ini ke mana saja. Pastinya produk ini merupakan salah satu condenser microphone terbaik untuk videografer. Anda yang tertarik membuat video dengan audio yang jernih akan dimanjakan produk ini.

No.7

RODENT55 Versatile Small-diaphragm Condenser Microphone

Mulai dari Rp4.530.000,00

Output natural dan detail, cocok untuk suara instrumen akustik

Jika Anda adalah seorang musisi akustik, condenser microphone ini akan menjadi produk favorit Anda. Rode NT55 memiliki nada output yang natural dan detail tanpa membuat suara terlalu bright. Mikrofon ini juga dapat membedakan suara vokal dan suara instrumen akustik yang mengiringinya.


Respons frekuensi mikrofon ini netral dan memudahkan Anda untuk merekam genre lagu yang berbeda-beda. Untuk hasil yang lebih optimal, gunakanlah produk ini untuk live performance yang membutuhkan ketelitian daripada rekaman biasa.

No.8

PreSonusRevelator USB Microphone

Mulai dari Rp3.248.000,00

Lengkap dengan berbagai fitur rekaman yang mantap

Meski memiliki banyak fitur, condenser microphone ini praktis digunakan. Fitur DSP Plugin menjadi unggulan dari PreSonus Revelator. Fitur tersebut membuat Anda tidak perlu membeli mixer untuk mengedit audio. Selain itu, terdapat fitur loopback yang dapat menggabungkan audio, seperti suara Anda dengan backing track.


Produk ini juga lengkap dengan fitur noise gate yang dapat melenyapkan gangguan di sekitar Anda. Tidak hanya itu, mikrofon ini pun memiliki digital signal processor chip dan voice changer yang dapat mengubah suara Anda. Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan, produk ini cocok untuk streamer atau virtual YouTuber.

No.9

AKGP170 High-Performance Instrument Microphone

Mulai dari Rp1.750.000,00

Bebas distorsi dengan peredam yang mudah diubah

Condenser microphone ini dilengkapi peredam suara yang dapat disesuaikan dengan kondisi instrumen yang ingin direkam. Mik ini juga dapat menahan suara hingga 155 dB. Karena itu, Anda bisa memanfaatkannya untuk kegiatan rekaman instrumen live.


Dengan bodi yang terbuat dari baja, mikrofon ini tahan banting dan kuat. Selain itu, AKG P170 dapat melawan gangguan sinyal dari handphone dan alat radio lainnya. Sebab itu, kualitas suara yang dihasilkan produk ini jernih dan presisi.

No.10

Neumann BerlinTLM 102 Studio Set

Mulai dari Rp14.865.000,00

Suara mid terang, tak perlu editing suara tambahan!

Bila Anda rutin mixing suara rekaman, Anda pasti sering memainkan equalizer di bagian mid. Namun, dengan Neumann Berlin TLM 102, Anda tidak perlu lagi mengedit suara. Kualitas rekamannya sangat jernih dan bagus. Hasil rekaman menggunakan produk ini sangat detail. Suara Anda pun akan terdengar lebih keras dan tajam.


Condenser microphone ini sangat low noise sehingga cocok untuk Anda yang ingin hasil podcast atau rekaman yang jernih. Produk ini juga sudah lengkap dengan setup-nya. Karena itu, Anda tidak perlu membeli peralatan pendukung lagi.

Baca juga rekomendasi produk microphone lainnya di sini

Anda membutuhkan produk selain condenser microphone untuk keperluan yang lain? Tenang saja, kami juga sudah mengulas mikrofon tipe lain, seperti mikrofon dynamic, mikrofon kamera, dan mikrofon karaoke. Yuk, baca artikelnya di tautan-tautan berikut!

Kesimpulan

Kami telah memaparkan tips memilih dan merekomendasikan condenser microphone terbaik untuk Anda. Sudahkah Anda menemukan produk yang diidamkan? Silakan gunakan poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan sebelum berbelanja, ya. 


Condenser microphone perlu dipilih berdasarkan pola tangkapan dan tipenya. Tidak lupa, Anda sebaiknya memilih produk yang rendah distorsi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan condenser microphone terbaik yang sesuai kebutuhan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer