1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Senar Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Senar Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Senar Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Senar Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Senar Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Senar Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Senar Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Senar bass yang tepat akan memberikan kenyamanan bagi seorang bass player. Baik itu untuk bass 4 senar, 5 senar, atau bahkan 6 senar, Anda membutuhkan senar bass terbaik. Senar bass yang bagus akan memberikan feel yang enak dan suara yang berkualitas.

 
Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih senar bass, kemudian membagikan rekomendasi produknya untuk Anda. Ada beberapa merek senar bass yang bisa dipilih, seperti Fender, D'addario, Orphee, dan Elixir. Tiap-tiap merek tersebut punya karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Maka dari itu, bacalah ulasan kami ini hingga akhir, ya!

Diperbaharui 04-26-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih senar bass

Kami akan menjelaskan beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum menentukan senar bass terbaik. Bacalah setiap poinnya berikut dengan saksama agar Anda dapat memilih senar bass yang sesuai kebutuhan.

① Sesuaikan jumlah senar dengan bass bridges

Sesuaikan jumlah senar dengan bass bridges

Berdasarkan jumlah senarnya (string), ada 3 jenis bass yang umum digunakan, yakni bass 4 string, 5 string, dan 6 string. Pilihlah produk dengan jumlah senar yang sama dengan yang akan dipasang pada bass Anda. Jika Anda menggunakan bass 4 string, pilihlah senar bass 4 string juga.

 
Senar bass 4 string bisa digunakan pada bass 6 string, tetapi ada bagian senar yang tidak bisa diganti. Hal ini tidak cocok untuk Anda yang akan mengganti senar bass secara keseluruhan. Di sisi lain, senar bass 6 string bisa saja digunakan untuk bass 4 string. Namun, hal itu akan menjadi pemborosan karena makin banyak senar dalam produk, harganya makin mahal.

② Pastikan scale length dari senar sesuai panjang bass

Pastikan scale length dari senar sesuai panjang bass

Bentuk bass yang berbeda-beda mengindikasikan bass mempunyai scale length yang bervariasi pula. Scale length adalah jarak dari nut ke bridge pada gitar bass. Scale length memengaruhi playability saat bass dimainkan. Scale length yang panjang berarti bass mempunyai fret yang lebih banyak juga.


Secara umum ada 4 macam scale length, yakni short (30 inci), medium (32 inci), long scale (34 inci), dan extra long scale (35 inci). Apabila Anda menggunakan produk dengan scale length yang tidak sesuai, bisa-bisa senarnya kurang panjang atau malah terlalu panjang. Jika sudah begitu, senar bass tidak bisa digunakan atau tampilan bass menjadi tidak rapi. Jadi, pilihlah senar dengan scale length yang sesuai, ya.

③ Periksa material yang digunakan senar bass

Periksa material yang digunakan senar bass
Terdapat 3 material senar yang bisa Anda temukan di pasaran, yakni nickel, stainless steel, dan nickel-plated steel. Tiap-tiap material ini memiliki karakteristik suaranya masing-masing. Mari simak uraiannya dari kami di bawah ini.


  • Nickel
Material ini memiliki daya tarik magnet yang lebih kecil dari baja. Karakteristik tersebut membuat senar dari nickel menghadirkan nada yang lebih warm. Senar bass ini cocok untuk memainkan musik genre pop, jaz, dan country.

  • Stainless steel

Senar dari stainless steel lebih tahan terhadap korosi sehingga tidak mudah berkarat. Senar bass ini menghasilkan nada yang jelas sehingga cocok untuk memainkan musik-musik keras, seperti rock dan metal.


  • Nickel-plated steel
Inilah material senar yang paling populer. Nickel-plated steel terbuat dari baja, kemudian dilapisi nickelSenar bass ini mampu menghasilkan tone yang clean sehingga cocok untuk memainkan beragam genre musik.

④ Perhatikan bentuk lilitan pada permukaan senar bass

Jenis lilitan yang mengelilingi kawat inti senar bass juga akan memengaruhi tone suara dan kenyamanan dalam bermain. Setidaknya ada 3 jenis lilitan yang umum digunakan, yaitu roundwound, flatwound, dan tapewound. Yuk, simak perinciannya di bawah ini.

Roundwound, suara lebih bright dan keras untuk memainkan banyak genre

Roundwound, suara lebih bright dan keras untuk memainkan banyak genre

Roundwound merupakan jenis lilitan yang ditemukan pada banyak senar bass. Senar bass ini terbuat dari nickel atau stainless steel dengan permukaan yang lebih bergerigi.


Suara yang dihasilkan senar ini lebih bright dan terasa keras. Tak heran jika senar ini populer di kalangan pemain bass genre rock dan funk. Seiring dengan berjalannya waktu, pemain bass genre jaz, country, dan blues, juga banyak menggunakan senar ini.

Flatwound, menghasilkan suara dengan karakter jazzy yang lembut dan bulat

Flatwound, menghasilkan suara dengan karakter jazzy yang lembut dan bulat
Flatwound adalah inti baja yang dibungkus kawat datar sehingga permukaannya lebih halus. Maka dari itu, senar ini mengeluarkan tone yang lebih lembut dan lebih bulat. Senar bass ini sering digunakan untuk memainkan musik jaz dan old-school soul. Permukaan halus flatwound membantu mengurangi keausan pada fretboard.

Tapewound, memberikan sentuhan lembut sehingga nyaman di tangan

Tapewound, memberikan sentuhan lembut sehingga nyaman di tangan
Tapewound adalah kawat logam yang dililit nilon. Salah satu ciri khas tapewound adalah senarnya yang berwarna hitam. Nada yang dihasilkan senar ini merupakan perpaduan antara dark dan soft. Senar bass ini sangat lembut saat dipetik. Karena itu, senar ini cocok untuk Anda yang bermain bass dengan teknik-teknik rumit.

⑤ Cek coating senar untuk penggunaan yang lebih awet

Cek coating senar untuk penggunaan yang lebih awet

Bagi Anda yang memprioritaskan daya tahan senar bass untuk penggunaan dalam waktu yang lama, periksalah keberadaan coating. Coating merupakan lapisan tipis yang berfungsi melindungi senar dari kotoran dan zat asam keringat tangan. Berkat adanya coating, penggunaan senar bass pun jadi lebih awet.


Meski demikian, senar dengan coating menghasilkan suara yang berbeda dari senar biasa. Maka dari itu, pilihlah senar bass dengan coating yang tipis. Anda bisa memilih coating dengan ketebalan nanometer saja. Selain memberikan perlindungan, suara yang dihasilkan produknya tidak berbeda jauh dari senar biasa.

⑥ Pilih tension senar bass berdasarkan gaya bermain

Pilih tension senar bass berdasarkan gaya bermain

Ada 3 jenis ukuran senar pada bass, yaitu light, medium, dan heavy. Ukuran ini akan memengaruhi tension senar bass saat dimainkan. Makin besar ukuran senar bass, tension-nya juga akan makin keras. Anda pun perlu mengeluarkan tenaga lebih besar saat memainkan senar ini.


Ukuran senar yang kecil lebih mudah dimainkan, tetapi power suaranya kurang. Senar dengan tension yang kecil cocok untuk pemula yang baru belajar bermain bass. Maka dari itu, pahamilah dahulu level permainan Anda. Selanjutnya, tentukan ukuran senar bass yang cocok untuk Anda.

10 Rekomendasi senar bass terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk senar bass terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Elixir

Electric Bass Nickel Plated Steel with Nanoweb Coating

Elixir Electric Bass Nickel Plated Steel with Nanoweb Coating 1枚目

Senar makin awet berkat adanya coating NANOWEB!

2

Orphee

QB Electric Bass Strings

Orphee  QB Electric Bass Strings  1枚目

Harga terjangkau untuk pemain bass pemula

3

Esper

EXB-57 Nickel Alloy

Esper  EXB-57 Nickel Alloy 1枚目

Tak ada masalah berarti saat detuning nada

4

Jim Dunlop

Super Bright Nickel Wound Bass Strings 40-120

Jim Dunlop Super Bright Nickel Wound Bass Strings 40-120  1枚目

Teknik rumit jadi lebih mudah dimainkan!

5

DR Strings

Fat-Beams

DR Strings Fat-Beams 1枚目

Buatan tangan yang menghadirkan kualitas super

6

La Bella

Black Nylon Tape Wound

La Bella Black Nylon Tape Wound 1枚目

Tension senar lebih lembut untuk pemain fretless bass

7

Ernie Ball

Super Slinky Flatwound Electric Bass Strings

Ernie Ball Super Slinky Flatwound Electric Bass Strings 1枚目

Desain flatwound mengeluarkan suara yang jazzy

8

GHS Strings

4-String Bass Boomers

GHS Strings 4-String Bass Boomers 1枚目

Frekuensi senar stabil untuk beragam kebutuhan bermusik

9

Fender

7250 Bass Strings (5-String)

Fender 7250 Bass Strings (5-String) 1枚目

Nada lebih punchy untuk memainkan musik rock dan blues

10

D'Addario

Regular Light Long Scale 6-String Bass Strings

D'Addario  Regular Light Long Scale 6-String Bass Strings 1枚目

Paket 6 string untuk profesional bass player!

Perincian produk
Close
No.1

ElixirElectric Bass Nickel Plated Steel with Nanoweb Coating14077

Mulai dari Rp99.000,00

Senar makin awet berkat adanya coating NANOWEB!

Bila Anda menginginkan senar bass yang tahan lama, kami merekomendasikan produk ini. Senar bass Elixir ini memiliki coating NANOWEB yang ekstra tipis. Coating ini membuat senar terhindar dari korosi sehingga bisa digunakan lebih lama. NANOWEB yang ekstra tipis juga membuat playability produk ini jadi makin baik.


Senar bass 4 string ini menghasilkan suara yang kaya dengan clarity yang sangat bagus. Anda bisa menggunakannya saat melakukan perform di panggung. Tone suara yang dikeluarkan produk ini sangat konsisten, lho. Kualitas suaranya pun tetap bagus meski sudah digunakan berkali-kali.

No.2

Orphee QB Electric Bass Strings QB295

Mulai dari Rp85.000,00

Harga terjangkau untuk pemain bass pemula

Senar bass Orphee ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari produk dengan harga terjangkau. Meski memiliki harga terjangkau, produk ini bisa awet, lho. Senar bass 5 string ini diberi nanocoating di permukaannya. Nanocoating berfungsi mencegah korosi yang merupakan penyebab senar berkarat. Lapisan tersebut juga menjaga feel bermain bass tetap nyaman.

No.3

Esper EXB-57 Nickel Alloy

Mulai dari Rp191.000,00

Tak ada masalah berarti saat detuning nada

Banyak pemain bass yang memainkan musik rock dan metal melakukan detuning senar E ke D. Nah, beberapa senar bass dengan tension rendah memiliki masalah saat detuning. Namun, tidak demikian dengan produk ini.


Esper EXB-57 Nickel Alloy memiliki tension yang tinggi sehingga tone suara senar tetap optimal saat detuning. Jika Anda sering bermain bass dengan nada drop D, senar bass 4 string ini adalah produk yang tepat.

No.4

Jim DunlopSuper Bright Nickel Wound Bass Strings 40-120 DBSBN40120

Mulai dari Rp400.000,00

Teknik rumit jadi lebih mudah dimainkan!

Jika Anda seorang bass performer, kami merekomendasikan senar bass Jim Dunlop ini. Produk ini memiliki tension yang kecil sehingga Anda dapat memainkan beragam teknik bermain bass dengan mudah. 


Anda dapat memainkan teknik yang rumit dengan senar bass 5 string ini, seperti tapping dan harmonic. Selain itu, permainan Anda jadi makin ekspresif tanpa harus mengeluarkan banyak power. Energi yang tersimpan pun jadi lebih banyak sehingga Anda tidak cepat lelah saat berada di atas panggung.

No.5

DR StringsFat-BeamsFB5-45

Mulai dari Rp444.000,00

Buatan tangan yang menghadirkan kualitas super

Produk ini merupakan senar handmade yang dibuat secara manual. Karena dibuat tanpa menggunakan mesin, kualitas dari senar bass DR Strings ini pun tetap terjaga.


Jika Anda mencari produk dengan kualitas juara, senar bass 4 string ini menjadi pilihan terbaik. Produk ini menghasilkan suara dengan mid yang gemuk dan lebih bright sehingga memberikan sensasi tersendiri untuk pemainnya.

No.6

La BellaBlack Nylon Tape Wound

Mulai dari Rp900.000,00

Tension senar lebih lembut untuk pemain fretless bass

Untuk Anda yang menggunakan bass tanpa fret (fretless), kami merekomendasikan produk ini. Lilitan senar bass La Bella ini berjenis tapewound dengan lapisan luar nilon hitam yang halus.


Tension produk ini pun lembut sehingga cocok dipasangkan ke fretless bass. Senar bass 5 string ini memiliki karakter tone vintage yang hangat dengan sustain suara yang lama. Produk ini juga dapat bekerja dengan baik pada gitar bass akustik.

No.7

Ernie BallSuper Slinky Flatwound Electric Bass StringsP02814

Mulai dari Rp513.000,00

Desain flatwound mengeluarkan suara yang jazzy

Ernie Ball memproduksi senar bass dengan lilitan berjenis flatwound, lho! Selain permukaannya yang halus, senar ini menghasilkan nada jazzy yang bulat dan lembut. Untuk Anda yang senang memainkan musik-musik jaz, pilihlah produk ini. 


Rasio core-to-wrap membuat playability dari produk ini jadi makin baik. Jari-jari Anda juga dapat dengan lincah memainkan kunci-kunci bass tanpa sakit. Anda pun bisa merasakan feel permainan yang lebih nyaman dengan senar bass 4 string ini.

No.8

GHS Strings4-String Bass BoomersL3045

Mulai dari Rp350.000,00

Frekuensi senar stabil untuk beragam kebutuhan bermusik

Senar bass GHS Strings ini memiliki suara low-mid yang stabil untuk menyeimbangkan suara high-end yang jernih dan lembut. Maka dari itu, produk ini cocok untuk Anda yang mencari senar bass untuk berbagai kebutuhan bermusik.


Dengan frekuensi suara yang seimbang, Anda dapat menggunakan produk ini untuk perform di atas panggung hingga rekaman di studio. Menggunakannya untuk sekadar latihan juga bisa. Senar bass 4 string yang praktis, bukan?

No.9

Fender7250 Bass Strings (5-String)0737250453

Mulai dari Rp435.000,00

Nada lebih punchy untuk memainkan musik rock dan blues

Senar bass Fender ini mengombinasikan suara steel yang dinamis dan nickel yang halus dengan lilitan roundwound. Senarnya mampu menghasilkan tone yang bright dan punchy. Jadi, produk ini bagus untuk Anda yang memainkan genre musik dengan bass yang nendang, seperti rock dan blues. Kualitas dari produk ini pun tidak perlu diragukan lagi. Senar bass 5 string ini diproduksi oleh perusahaan musik ternama.

No.10

D'Addario Regular Light Long Scale 6-String Bass StringsNYXL32130

Mulai dari Rp530.000,00

Paket 6 string untuk profesional bass player!

Apakah Anda menggunakan bass dengan 6 senar? Jika iya, produk D'Addario ini bisa Anda pertimbangkan. Senar bass 6 string memang cukup sulit ditemukan. Maka dari itu, tak ada salahnya Anda menggunakan produk ini. 


Karakter suara low-end dari senar bass D'Addario ini sangat kuat sehingga Anda bisa melakukan lebih banyak eksplorasi. Baik senar nada tinggi maupun nada rendahnya memberikan frekuensi suara yang konsisten. Dengan begitu, bermain di nada mana pun jadi lebih menyenangkan.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan bass lainnya di sini

Selain senar, kami telah mengulas perlengkapan lain yang dibutuhkan bass player, seperti tuner, stand gitar, dan amplifier. Anda juga bisa menemukan rekomendasi produknya dari kami. Yuk, kunjungi tautan-tautan berikut untuk melengkapi bass Anda!

Kesimpulan

Kami telah mengulas beberapa poin penting yang bisa Anda jadikan acuan dalam memilih senar bass terbaik. Tidak hanya itu, kami juga memberikan rekomendasi sepuluh produk yang dapat Anda pertimbangkan.


Sudahkah Anda menemukan senar bass yang sesuai kebutuhan? Ada banyak jenis senar bass yang bisa Anda temukan di pasaran. Maka dari itu, pilihlah produk yang sesuai dengan karakteristik bass dan gaya permainan Anda, ya. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer