1. TOP
  2. >
  3. Gaming
  4. >
  5. CD game
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Game PS5 Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Game PS5 Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Game PS5 Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Game PS5 Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Game PS5 Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Game PS5 Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Game PS5 Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

PlayStation 5 merupakan konsol teranyar yang diluncurkan Sony dengan berbagai kecanggihan di dalamnya. Mulai dari game action, sport, adventure, dan genre lainnya dapat Anda temukan di PS5. Ratchet & Clank: Rift Apart, Demon's Souls, dan FIFA 22 adalah beberapa game PS5 yang amat diminati para gamers.


Jika Anda bingung menentukan game PS5 apa yang bagus untuk dimainkan, Anda bisa mengikuti cara memilihnya dalam artikel ini. Game PS5 keren buatan Rockstar Games, Bethesda Game Studios, dan studio game besar lainnya juga akan kami ulas untuk Anda. Selamat membaca!

Diperbaharui 04-19-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Keunggulan game PS5

Game yang ada di Sony PlayStation 5 memiliki peningkatan grafik dibandingkan generasi sebelumnya. Sony juga menggandeng sejumlah studio game besar untuk menghadirkan permainan yang mengundang penasaran publik. Tak hanya judul baru, game lama populer juga hadir kembali dengan resolusi lebih tinggi.


Game yang tersedia di PS5 juga sangat seru untuk dimainkan. Ditambah dengan grafis yang lebih hidup, permainan jadi lebih menyenangkan. Spider-Man: Miles Morales yang merupakan sekuel Spider-Man PS4 menjadi salah satu game PS5 dengan tampilan yang memukau. Pada permainan ini, Anda akan melihat penggambaran fiksi Kota New York yang lebih realistis.


Selain kualitas gambar yang ciamik, game pada PS5 juga memiliki alur cerita yang lebih berkembang. Jadi, jika Anda mencari game yang menghibur dengan fitur menarik, jangan ragu memainkan setiap game di PS5, ya.

Cara memilih game PS5

Banyak permainan dalam PlayStation 5 yang seru untuk dimainkan. Namun, memilih game PS5 terbaik tentunya cukup membingungkan. Agar Anda menemukan game PS5 yang sesuai dengan selera, simak poin-poin cara memilih yang kami ulas di bawah ini.

① Ketahui berbagai genre game PS5 yang tersedia

Game PS5 memiliki beragam genre yang asyik dan tidak membosankan. Sebelum menentukan game mana yang akan dimainkan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu karakteristik setiap genre. Dari berbagai jenis genre, kami merangkumnya dalam empat genre populer. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Action, hadirkan permainan dengan unsur aksi dan laga

Action merupakan salah satu genre yang populer. Permainan game dari genre ini penuh aksi dan laga dengan misi yang menantang. Anda harus punya ketangkasan dan refleks yang bagus agar bisa menang dalam permainan ini.


Ada beberapa judul game PS5 terbaik yang masuk dalam genre action. Watch Dogs: Legion, Ghost of Tsushima Director's Cut, hingga God of War: Ragnarok bisa dimainkan jika Anda senang dengan pertarungan. Ditambah grafis yang memanjakan mata, proses menyelesaikan misi pun akan makin menyenangkan.

RPG, membawa pemain menjelajah dunia game

RPG atau role-playing game merupakan genre yang membawa pemainnya memerankan karakter tertentu untuk mengembangkan permainan. Awalnya, game RPG hanya berupa text-based. Artinya, player cukup menjawab pertanyaan untuk menentukan jalan cerita sebuah permainan. Namun, kini game dengan genre RPG telah berkembang pesat dan menampilkan grafis yang menawan. 


Game RPG juga makin seru karena player bisa memilih custom characters sesuka hati. Anda bisa mengajak teman Anda untuk bermain bersama karena game ini biasanya menyediakan fitur single player ataupun multiplayer. Untuk PS5, Disco Elysium - The Final Cut merupakan salah satu game RPG populer yang bisa Anda mainkan.

Sports dan Racing, game bertema simulasi olahraga

Game bergenre sports adalah permainan yang menyimulasikan olahraga tertentu. Genre ini banyak disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tak aneh jika game bergenre olahraga menjadi salah satu permainan yang sangat dinantikan para gamers.


Game sports bisa dimainkan dalam mode duel yang mengadu dua pemain untuk memenangkan pertandingan. Di sisi lain, jika Anda senang dengan olahraga balap, Anda bisa coba memainkan game racing. FIFA 22 dan Gran Turismo 7 adalah dua game PS5 yang menjadi favorit para gamers dalam genre ini.

Simulation, permainan yang mencontoh aktivitas tertentu

Jika Anda mencari game yang santai dan tidak perlu berpikir keras, pilihlah game dengan genre simulation. Genre ini memainkan permainan yang menirukan aktivitas di dunia nyata dengan sentuhan fantasi dunia game. Meski mudah dimainkan, game bergenre simulation juga memiliki tantangan sendiri. Tantangan tersebut dipengaruhi oleh tema permainannya.


Dalam game bergenre simulation, Anda dapat memainkan berbagai peran dan mengembangkan game sesuka hati. Anda bisa menjadi petani, pegawai restoran, ataupun pemilik taman hiburan seperti pada game Planet Coaster. Dengan grafis yang sangat detail, Anda akan merasa seperti benar-benar hidup di dunia fiksi.

② Pilih berdasarkan jumlah player yang bisa memainkan game

Pilih berdasarkan jumlah player yang bisa memainkan game

Dalam memilih game, hal penting yang juga harus diperhatikan adalah jumlah player atau pemainnya. Jika Anda menyukai permainan tunggal, game dengan mode single player dapat Anda pilih. 


Meski hanya bermain sendiri, Sony telah menyediakan berbagai game PS5 single player yang fantastis untuk dimainkan. Beberapa di antaranya adalah Disco Elysium: The Final Cut, Judgment, Marvel's Guardians of the Galaxy, dan Final Fantasy VII Remake Intergrade.


Sementara itu, jika Anda lebih senang bermain bersama banyak teman, Anda bisa memilih game mode multiplayer. Tak hanya di-setting untuk saling mengalahkan, game multiplayer juga mendorong pemain lainnya untuk bekerja sama demi menyelesaikan misi. 


Beberapa game dalam PS5 juga tersedia dalam bentuk online sehingga Anda bisa bermain dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Namun, Anda harus memastikan perlu atau tidaknya keanggotaan PS Plus sebelum memainkan game secara online.

③ Cek rating game PS5 yang dipilih agar sesuai dengan usia pemainnya

Cek rating game PS5 yang dipilih agar sesuai dengan usia pemainnya

Rating merupakan kategori umur untuk menentukan cocok tidaknya seorang player memainkan suatu game. Seperti konsol lainnya, game pada PS5 juga memiliki rating tertentu yang harus Anda perhatikan. 


Sony mengandalkan penilaian ESRB (Entertainment Software Rating Board) untuk memberikan rating pada game. Berikut penjelasan singkat mengenai 7 tingkatan rating ESRB yang diberikan pada setiap game:


  • EC (Early Childhood): Cocok dimainkan oleh anak usia 3 tahun ke atas. Game dengan rating ini tidak mengandung unsur kekerasan ataupun konten lain yang berbahaya bagi anak.
  • E (Everyone) Bisa dimainkan oleh seluruh usia. Game pada rating ini tidak boleh terdapat suara ataupun gambar yang bisa menakuti anak-anak. Bahasa yang digunakan pun tidak kasar.
  • E 10+ (Everyone 10+): Game untuk orang berusia 10 tahun ke atas. Terdapat sedikit unsur kekerasan. Selain itu, beberapa adegan pada game ini bisa menakuti anak-anak.
  • T (Teen): Cocok dimainkan gamers yang berusia 13 tahun ke atas. Adegan kekerasan dalam bentuk yang lebih realistis bisa saja ditampilkan dalam game ini.
  • M (Mature): Game yang cocok untuk usia 17 tahun ke atas. Adegan kekerasan yang muncul juga lebih realistis dan bisa terjadi di kehidupan nyata. Bahasa kasar dan konten berbahaya lainnya mungkin juga ditampilkan dalam game ini.
  • AO (Adults Only): Game ini hanya boleh dimainkan oleh orang dewasa dengan usia 18 tahun ke atas. Rating ini digunakan apabila game memunculkan adegan kekerasan yang ekstrem, serta aktivitas seksual yang ditampilan secara vulgar.
  • RP (Rating Pending): Tanda ini diberikan jika game masih dalam proses penilaian ESRB.

④ Pertimbangkan game eksklusif PS5 yang keren untuk dimainkan

Pertimbangkan game eksklusif PS5 yang keren untuk dimainkan
Sumber: bethesda.net

PlayStation 5 memiliki sejumlah game eksklusif yang hanya bisa dimainkan di konsol PS5. Game yang tergolong dalam jenis ini memiliki keistimewaan tersendiri dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Anda akan mendapatkan pengalaman bermain yang berkesan dengan gameplay yang menyenangkan.


Genre game yang masuk dalam daftar game eksklusif PS5 sangat variatif dan punya grafis memukau. Bahkan beberapa game eksklusif PS5 ini mempunyai animasi yang levelnya setara film animasi Pixar. Jadi, Anda bisa memilih game dalam kategori ini jika ingin melihat kecanggihan teknologi PS5 yang outstanding.

10 Rekomendasi game PS5 terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk game PS5 terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

EA Swiss Sarl

EA SPORTS FIFA 22

EA Swiss Sarl EA SPORTS FIFA 22 1枚目

Berikan pengalaman bermain dengan animasi yang lebih nyata

2

Insomniac Games

Marvel's Spider-Man: Miles Morales

Insomniac Games Marvel's Spider-Man: Miles Morales 1枚目

Spider-Man dapat bergerak dan berayun dengan lebih luwes seperti versi filmnya

3

Polyphony Digital

Gran Turismo 7

Polyphony Digital Gran Turismo 7 1枚目

Mekanik gameplay-nya dibuat sangat realistis

4

Naughty Dog, Iron Galaxy

UNCHARTED: Legacy of Thieves Collection

Naughty Dog, Iron Galaxy UNCHARTED: Legacy of Thieves Collection 1枚目

Mode grafisnya mendukung hingga 120 FPS

5

SQUARE ENIX CO., LTD.

Final Fantasy VII Remake Intergrade

SQUARE ENIX CO., LTD. Final Fantasy VII Remake Intergrade 1枚目

Menonjolkan konten tambahan eksklusif yang luar biasa

6

Insomniac Games

Ratchet & Clank: Rift Apart

Insomniac Games Ratchet & Clank: Rift Apart 1枚目

Level grafisnya setara film animasi besutan Pixar

7

Sucker Punch Productions

Ghost of Tsushima Director's Cut

Sucker Punch Productions Ghost of Tsushima Director's Cut 1枚目

Jalan cerita lebih seru dan mendebarkan

8

Bluepoint Games

Demon's Souls

Bluepoint Games Demon's Souls 1枚目

Game istimewa dengan detail yang indah dan impresif

9

Frontier Developments PLC

Planet Coaster: Console Edition

Frontier Developments PLC Planet Coaster: Console Edition 1枚目

Tersedia 700 objek untuk merancang taman hiburan impian Anda

10

Bethesda Softworks

DEATHLOOP

Bethesda Softworks DEATHLOOP 1枚目

Gameplay modern dan futuristik dengan konsep cerita penuh konflik

Perincian produk
Close
No.1

EA Swiss SarlEA SPORTS FIFA 22

Mulai dari Rp1.009.000,00

Berikan pengalaman bermain dengan animasi yang lebih nyata

Teknologi HyperMotion menjadi andalan FIFA 22 yang hanya didapat saat memainkan game sports ini di PS5. Dengan adanya teknologi tersebut, game ini mampu mempelajari gerakan pemain dalam suatu pertandingan. Baik gerakan saat melakukan dribbling, tackling, menendang bola, maupun ketika bergaya usai mencetak gol, semuanya dipelajari.


EA kemudian akan menerapkan algoritma untuk memproses data menjadi animasi yang sebelumnya tidak ada. Jadi, Anda akan mendapatkan pengalaman bermain dengan animasi yang lebih hidup, nyata, dan tak terduga. Bagi Anda pencinta olahraga sepak bola, yuk, segera mainkan game ini!

No.2

Insomniac GamesMarvel's Spider-Man: Miles Morales

Mulai dari Rp729.000,00

Spider-Man dapat bergerak dan berayun dengan lebih luwes seperti versi filmnya

Game Spider-Man: Miles Morales merupakan sekuel dari game sebelumnya yang rilis pada 2018. Dalam versi kali ini, cerita berfokus pada anak remaja bernama Miles Morales yang menjadi generasi baru Spider-Man. Miles menjadi Spider-Man setelah mendapatkan kekuatan melalui gigitan laba-laba yang terpapar radiasi. 


Miles dituntut untuk bisa melindungi Kota New York dari ancaman Tinkerer, pemimpin Underground yang ingin menguasai Nuform. Dengan grafis PS5 yang cantik, Anda dapat berayun layaknya Spider-Man di versi film dengan gerakan yang lebih luwes. Jika Anda penggemar game superhero, jangan sampai melewatkan game ini ya!

No.3

Polyphony DigitalGran Turismo 7

Mulai dari Rp1.029.000,00

Mekanik gameplay-nya dibuat sangat realistis

Gran Turismo 7 merupakan salah satu seri game yang paling populer dari Sony. Game ini memiliki keunggulan pada mekanik gameplay-nya yang lebih modern dan nyata. Ada lebih dari 420 jenis mobil yang bisa Anda mainkan. Jumlahnya akan terus bertambah mengikuti pembaharuan yang ada.


Selain itu, terdapat 90-an lintasan dengan formasi awan yang di-setting sesuai lokasi. Anda bahkan dapat melihat wajah penonton yang ada di pinggiran lintasan, lho! Proses tuning mesin, akselerasi, dan hal yang berkaitan dengan teknis lainnya benar-benar ditampilkan secara realistis. Jika Anda menyukai dunia otomotif, Anda akan menyukai game ini.

No.4

Naughty Dog, Iron GalaxyUNCHARTED: Legacy of Thieves Collection

Mulai dari Rp729.000,00

Mode grafisnya mendukung hingga 120 FPS

UNCHARTED: Legacy of Thieves Collection merupakan game aksi yang mengandalkan ketangkasan dari pemainnya. Dalam game ini, Anda akan mengendalikan karakter Nathan Drake untuk bertarung dan memecahkan teka-teki.


Visual grafis dalam game ini sangat mulus. Game ini bahkan menyediakan mode grafis dan performa yang lengkap hingga mendukung 120 FPS. Bagi Anda yang mengincar kualitas grafis ataupun performa, UNCHARTED: Legacy of Thieves Collection bisa jadi pilihan terbaik.

No.5

SQUARE ENIX CO., LTD.Final Fantasy VII Remake Intergrade

Mulai dari Rp1.029.000,00

Menonjolkan konten tambahan eksklusif yang luar biasa

Game legendaris ini hadir kembali dengan banyak perubahan di dalamnya. Menonjolkan konten DLC eksklusif bertajuk EPISODE INTERmission, fokus permainan kali ini ditujukan pada Yuffie Kisaragi. Yuffie diberi misi untuk mencuri Materia terkuat milik Shinra Electric Power Company.


Kehadiran Yuffie juga memberikan sensasi baru pada gameplay. Karakter ini dikenal sangat fleksibel dan mudah beradaptasi dengan berbagai situasi. Untuk mengusir rasa bosan, Anda bisa memainkan konten sampingan, seperti menyelesaikan tantangan VR Mission atau mengoleksi poster Happy Turtle. Game versi definitive ini cocok untuk Anda yang baru mau mencoba berselancar di dunia Final Fantasy.

No.6

Insomniac GamesRatchet & Clank: Rift Apart

Mulai dari Rp1.029.000,00

Level grafisnya setara film animasi besutan Pixar

Game PS5 eksklusif lainnya yang bisa dimainkan adalah Ratchet & Clank: Rift Apart. Alur cerita game ini mengisahkan Clank yang terpisah dari sahabatnya, Ratchet, setelah alat dimensionator dicuri Dr. Nefarious. Petualangan dimulai saat Clank bertemu Lombax wanita bernama Rivet, lalu bersama-sama mencari Ratchet ke dimensi lain.


Keseruan petualangan Clank dan Rivet makin terasa dengan performa grafis yang canggih. Kualitas warna, detail, serta pencahayaan dalam game ini terlihat sangat baik. Tak salah bila game ini disebut-sebut sebagai game dengan cita rasa Pixar. Dengan animasinya yang lucu, serta minimnya unsur kekerasan, game ini cocok dimainkan anak usia 10 tahun ke atas.

No.7

Sucker Punch ProductionsGhost of Tsushima Director's Cut

Mulai dari Rp1.029.000,00

Jalan cerita lebih seru dan mendebarkan

Ingin mengisi waktu luang dengan game yang seru dan mendebarkan? Anda bisa mendapatkannya dalam game Ghost of Tsushima: Director's Cut. Pada game ini, Anda memainkan karakter Jin Sakai, protagonis utama yang menghadapi ancaman masif dari bangsa Mongolia. Anda akan dibekali pernak-pernik menarik selama bertualang di Pulau Iki yang dikuasai pasukan Mongolia.


Ghost of Tsushima: Director's Cut versi PS5 memiliki banyak peningkatan performa. Animasi yang diperlihatkan terasa lebih mulus dengan grafis yang lebih imersif. Belum lagi jika berbicara soal frame rate, tebasan pedang samurai pun menjadi lebih luwes saat digerakkan. Yuk, segera dimainkan!

No.8

Bluepoint GamesDemon's Souls

Mulai dari Rp1.029.000,00

Game istimewa dengan detail yang indah dan impresif

Jika Anda senang dengan fantasi petualangan yang mengejutkan dan penuh tantangan, game Demon's Souls patut Anda mainkan. Dalam permainan ini, Anda berperan sebagai kesatria yang memiliki misi untuk membersihkan Boletaria dari ancaman besar. Anda harus mengunjungi 5 area berbeda untuk merebut kembali Demon's Souls yang dikuasai para Demon. 


Dalam versi terbarunya, game ini memiliki detail yang indah dan impresif. Contohnya, saat Anda menebas musuh dengan pedang, cipratan darah terlihat sangat nyata. Selain itu, bos game-nya tampak lebih artistik dan elegan. Benar-benar game yang istimewa!

No.9

Frontier Developments PLCPlanet Coaster: Console Edition

Mulai dari Rp565.000,00

Tersedia 700 objek untuk merancang taman hiburan impian Anda

Planet Coaster: Console Edition merupakan game yang tepat jika Anda butuh healing. Dalam game ini, Anda akan menjadi seorang pengelola taman hiburan dengan memanfaatkan lebih dari 700 objek. Anda bisa berkreasi sebebas mungkin dalam merancang taman hiburan untuk menarik perhatian pengunjung.


Game simulasi ini benar-benar menampilkan visual yang nyata. Berbagai fitur, wahana, dan fasilitas menarik disajikan dalam bentuk yang mirip dengan aslinya. Tak hanya merancang, Anda juga harus melayani para pengunjung, menyiapkan atraksi baru, hingga menetapkan harga agar terus mendapat untung. Game ini cocok untuk Anda yang senang dengan permainan santai, tetapi tetap menghibur.

No.10

Bethesda SoftworksDEATHLOOP

Mulai dari Rp829.000,00

Gameplay modern dan futuristik dengan konsep cerita penuh konflik

Bagi Anda yang senang dengan cerita fiksi ilmiah, Anda bisa mencoba memainkan game ini. Game yang dikembangkan Bethesda Softworks ini mengajak pemain menyelidiki lingkaran waktu di Pulau Blackreef. Di tempat tersebut, waktu tidak bergerak normal, malah selalu berulang setiap hari. Anda akan memainkan karakter Colt dengan misi menghentikan segala kekacauan yang terjadi.


Gameplay yang dihadirkan dalam game ini terasa modern dan futuristik. Anda akan dibuat penasaran dengan akhir cerita dalam permainan karena konsepnya yang penuh konflik. Game Deathloop merupakan salah satu game PS5 eksklusif sehingga Anda hanya bisa memainkannya di konsol PS5.

Baca juga rekomendasi game lainnya di sini

Selain game PS5, masih ada jenis game lainnya yang tak kalah seru untuk dimainkan. Jika Anda ingin mencoba sensasi berbeda, kami telah menyiapkan beberapa artikel game dari konsol dan perangkat lain untuk Anda. Penasaran ada game apa saja yang masuk pilihan kami? Klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Game PlayStation 5 memiliki keunggulan dalam hal grafis yang lebih realistis. Namun, tentu tak hanya tampilan grafis yang dilihat. Anda juga perlu memeriksa genre, rating usia, serta jumlah pemain yang bisa memainkannya. 


Anda pun dapat mempertimbangkan game kategori eksklusif yang hanya bisa dimainkan di PS5. Selain itu, cek juga keberadaan fitur online pada game jika ingin bermain dengan orang lain. Yuk, segera mainkan game favorit Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer