1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Alat masak khusus
  6. >
  7. 10 Milk Frother Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Milk Frother Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Milk Frother Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Milk Frother Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Milk Frother Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Milk Frother Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Milk Frother Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023)

Milk frother adalah alat yang digunakan untuk membuat busa susu. Busa susu sendiri biasanya digunakan untuk membuat minuman kopi jenis cappuccino dan caffè latteProses pembuatannya pun tidak bisa sembarangan, lho. Anda perlu memperhatikan kepadatan busa susu itu sendiri.


Kami akan berbagi tips dan rekomendasi produk milk frother. Anda bisa pilih milk frother manual atau milk frother elektrik. Beberapa merek milk frother yang bagus, seperti Ace Hardware, DeLonghi, dan Kaikki bisa Anda temukan di marketplace. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 08-30-2022
Pakar
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop. Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Profil Lalu Ahmad Alpian
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa fungsi milk frother?

Apa fungsi milk frother?

Milk frother mungkin terdengar cukup asing bagi orang awam. Namun, bagi para penikmat kopi, alat pembuat busa susu ini pasti cukup familier. Milk frother berfungsi untuk membuat busa susu. Busa susu sendiri biasa dipakai untuk membuat minuman, seperti cappuccino, mochaccino, dan caffè latte


Busa susu tidak dapat dibuat secara sembarangan. Anda membutuhkan bantuan milk frother dengan kecepatan kocokan yang cukup agar busa bisa dihasilkan oleh susu. Selain itu, kecepatan pengocokan juga sangat memengaruhi tekstur serta kepadatan busa susu itu sendiri. Oleh karena itu, penggunaan milk frother cukuplah penting terutama untuk penikmat kopi susu.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih milk frother

Setelah tahu fungsi milk frother, selanjutnya kami akan memberikan beberapa tips memilih saat Anda hendak membelinya. Dengan begitu, semoga Anda bisa lebih mudah menemukan produk yang cocok.

① Pilih jenis milk frother berdasarkan cara kerjanya

Pertama, Anda bisa pilih jenis milk frother bedasarkan cara kerjanya. Setidaknya ada dua jenis milk frother yang bisa Anda temukan di pasaran, yakni manual dan elektrik.

Milk frother manual: Tidak membutuhkan daya listrik

Milk frother manual: Tidak membutuhkan daya listrik

Milk frother manual bisanya berbentuk seperti jug yang dilengkapi penyaring. Penyaring tersebut dapat dinaik-turunkan atau dipompa untuk menghasilkan busa. Salah satu kelebihan utama milk frother jenis ini adalah tidak membutuhkan daya listrik ataupun baterai. Dengan demikian, Anda bisa lebih hemat. 


Selain itu, Anda juga tidak membutuhkan gelas lagi sebab susu bisa langsung dituangkan ke dalam milk frother. Kelemahannya, Anda butuh waktu dan tenaga ekstra untuk melakukan proses frothing, apalagi bila susu dalam jumlah yang banyak. 


Dengan teknik yang benar, penggunaan frother model manual juga dapat membuat foam susu selembut menggunakan mesin espreso industri. Banyak warung kopi manual yang menjual caffè latte menggunakan frother manual. Bahkan, foam yang dihasilkan dapat digunakan untuk latte art.

Milk frother elektrik: Pemakaiannya lebih mudah dan cepat

Milk frother elektrik: Pemakaiannya lebih mudah dan cepat

Bila Anda tidak ingin repot dan capai, milk frother elektrik adalah pilihan yang bagus. Anda hanya perlu menekan tombol on-off saja sebab alat ini digerakkan oleh tenaga baterai atau listrik. Selain itu, biasanya milk frother dilengkapi juga pilihan pengaturan kecepatan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 


Milk frother elektrik sendiri ada yang berbentuk stik dan ada pula yang berbentuk jug. Beberapa produk jenis ini juga dilengkapi elemen pemanas. Elemen pemanas ini berfungsi untuk menghangatkan susu sehingga dapat menciptakan tekstur busa yang diinginkan.

② Pertimbangkan bentuk milk frother favorit Anda

Pertimbangkan bentuk milk frother favorit Anda

Selanjutnya, pertimbangkan pula bentuk milk frother yang hendak Anda beli. Setidaknya, ada dua bentuk milk frother yang bisa Anda temukan di pasaran. Kami menyebutnya dengan bentuk stik dan jug. Mari kita cermati karakteristik dari setiap bentuk tersebut!


  • Stik

Bentuk stik hanya terdiri dari gagang dan kepala pengocok. Tombol pengaturan berada di bagian gagang, sedangkan kepala pengocok bisa Anda lepas-pasang sesuai kebutuhan. Kelebihan milk frother bentuk stik adalah lebih ringkas sehingga lebih mudah untuk disimpan dan dibawa. Akan tetapi, Anda masih membutuhkan gelas saat hendak melakukan frothing


  • Jug

Sementara itu, Anda tidak membutuhkan gelas lagi untuk milk frother berbentuk jug. Anda bisa langsung memasukkan susu di dalamnya dan melakukan frothing. Milk frother berbentuk jug hadir dalam jenis manual dan elektrik

③ Perhatikan material milk frother yang digunakan

Perhatikan material milk frother yang digunakan

Tidak ada salahnya juga Anda pertimbankan material milk frother. Selain memengaruhi harga jual milk frother, material juga berkaitan dengan daya tahan dan keawetan produk. Anda mungkin bisa menemukan milk frother berbahan plastik atau kaca yang lebih terjangkau


Namun, material ini juga cukup ringkih. Untuk penggunaan dalam waktu yang lama, kami menyarankan Anda untuk memilih milk frother berbahan stainless steel. Selain lebih awet, bahan ini juga mudah dibersihkan dan antikarat. Dengan demikian, susu terhindar dari risiko kontaminasi.

10 Rekomendasi milk frother terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk milk frother terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kaikki

Milk Frother USB

Kaikki  Milk Frother USB 1枚目

Dilengkapi dua tipe pengocok dan tiga pilihan kecepatan

2

Latina

Milk Frother

Latina Milk Frother  1枚目

Desainnya simpel, harganya pun ekonomis!

3

MILK FROTHER WIRELESS WITH GLASS JUG

 MILK FROTHER WIRELESS WITH GLASS JUG 1枚目

Terbuat dari kaca borosilkat yang tahan panas

4

French Press Coffee Plunger 350 ml

 French Press Coffee Plunger 350 ml 1枚目

Selain frothing susu, bisa juga untuk menyaring teh dan kopi

5

Swivco

Milk Frother Manual Black 400ml

Swivco  Milk Frother Manual Black 400ml 1枚目

Memiliki fungsi french press dengan double layer

6

Hario

Milk Frother Brown

Hario  Milk Frother Brown  1枚目

Dilengkapi penyangga, tidak perlu repot memeganginya

7

SUBRON

Double Mesh Milk Frother 400ml 800ml

SUBRON  Double Mesh Milk Frother 400ml 800ml 1枚目

Tersedia dua ukuran jug dengan kapasitas besar

8

Otten

Milk Frother Micro Foam (Black)

Otten  Milk Frother Micro Foam (Black) 1枚目

Susu lembut dan padat dengan teknologi putaran magnetis

9

De'Longhi

EMF2.W Alicia Latte Milk Frother

De'Longhi  EMF2.W Alicia Latte Milk Frother  1枚目

Memiliki desain yang cantik dan elegan

10

Ace Hardware

Acepresso 300 Ml Milk Frother 500 W - Hitam

Ace Hardware Acepresso 300 Ml Milk Frother 500 W - Hitam 1枚目

Dapatkan empat fungsi sekaligus dalam satu produk!

Perincian produk
Close
No.1

Kaikki Milk Frother USB

Mulai dari Rp129.900,00

Dilengkapi dua tipe pengocok dan tiga pilihan kecepatan

Daya milk frother elektrik ini bisa diisi ulang dengan menggunakan USB. Jadi, Anda tidak perlu mengganti baterai saat kehabisan daya. Produk ini juga memiliki tiga pilihan kecepatan yang bisa Anda atur. Selain itu, disediakan pula dua jenis mata pengocok yang bisa digunakan untuk frothing susu dan mengocok telur. Produk yang pas untuk Anda yang gemar minum kopi sekaligus baking.

No.2

LatinaMilk Frother STA-3323

Mulai dari Rp36.300,00

Desainnya simpel, harganya pun ekonomis!

Beberapa waktu lalu sempat viral tren membuat dalgona coffee. Seperti yang sudah diketahui, untuk membuatnya Anda harus mengocok kopi hingga berbusa. Nah, bila Anda masih penasaran untuk membuatnya, milk frother ini bisa Anda pakai untuk mewujudkannya. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang sebab produk ini dijual dengan harga yang sangat ekonomis.

No.3

MILK FROTHER WIRELESS WITH GLASS JUG

Mulai dari Rp139.000,00

Terbuat dari kaca borosilkat yang tahan panas

Milk frother satu ini terbuat dari bahan kaca borosilkat yang tahan panas. Bahkan, dimasukkan ke dalam microwave bersuhu 80–90 derajat pun akan tetap aman. Wajar saja sebab ketebalan gelas milk frother ini mencapai 2,5 mm. Jadi, untuk Anda yang gemar minum kopi hangat, milk frother tahan pemanasan ini dapat menjadi andalan.


Selain itu, kaca bening juga membuat Anda lebih mudah memantau busa yang dihasilkan dari proses frothing. Istimewanya lagi, milk frother ini menggunakan double spiring whisk yang membuat proses frothing lebih cepat dan merata. Anda juga tidak perlu memegangnya saat proses frothing sebab prouduk ini menggunakan one key operation.

No.4

French Press Coffee Plunger 350 ml

Mulai dari Rp45.000,00

Selain frothing susu, bisa juga untuk menyaring teh dan kopi

Milk frother atau teko teh, nih? Jawabannya adalah keduanya. Produk satu ini memang cukup serbaguna. Tidak hanya untuk frothing susu saja, tetapi juga Anda bisa menggunakannya untuk menyeduh teh atau kopi. 


Dijamin, ampas teh atau kopi dapat tersaring dengan cukup baik. Produk ini akan sangat pas Anda gunakan saat acara keluarga. Ingin membuat minuman kopi atau teh, Anda bebas mengekspresikannya. 

No.5

Swivco Milk Frother Manual Black 400mlMF-SW3003

Mulai dari Rp185.000,00

Memiliki fungsi french press dengan double layer

Ini dia milk frother manual yang tidak kalah menarik untuk Anda lirik. Produk ini memiliki kapasitas 400 ml dan terbuat dari bahan stainless steel yang mudah dibersihkan. Selain itu, milk frother ini juga memiliki fungsi french press dengan double layer


Dengan demikian, kemampuan saringnya pun lebih baik ketimbang french press biasa. Anda yang hobi eksperimen membuat kopi sendiri di rumah, wajib untuk memilikinya.

No.6

Hario Milk Frother Brown CZ-1BR

Mulai dari Rp420.000,00

Dilengkapi penyangga, tidak perlu repot memeganginya

Untuk menggunakan milk frother bentuk stik, Anda harus memeganginya agar bisa bekerja sesuai yang diharapkan. Namun, beberapa orang mungkin merasa repot untuk melakukannya. Oleh karena itu, produk ini bisa Anda pertimbangkan. 


Milk frother ini sudah dilengkapi penyangga yang memudahkan Anda saat menggunakannya. Anda hanya perlu meletakkan gelas atau jug yang berisikan susu di bawahnya. Busa susu pun bisa Anda dapatkan secara sempurna tanpa harus memeganginya. 

No.7

SUBRON Double Mesh Milk Frother 400ml 800ml

Mulai dari Rp115.200,00

Tersedia dua ukuran jug dengan kapasitas besar

Acara kumpul-kumpul, enaknya sambil minum kopi. Namun, rasanya cukup repot jika Anda harus mengocok susu satu per satu. Milk frother ini sangat cocok digunakan untuk porsi yang banyak. Ada dua ukuran yang bisa Anda pilih, yakni kapasitas 400 ml dan 800 ml. Dengan demikian, Anda bisa membuat busa susu dalam jumlah banyak secara manual tanpa frothing berulang-ulang.

No.8

Otten Milk Frother Micro Foam (Black)

Mulai dari Rp785.000,00

Susu lembut dan padat dengan teknologi putaran magnetis

Milk frother dari Otten ini memiliki teknologi putaran magnetis. Teknologi tersebut memungkinkan Anda mendapatkan hasil frothing susu yang lebih lembut dan padat. 


Jadi, untuk Anda yang menginginkan foam sempurna untuk sajian cappuccino ala coffee shop di rumah, pilihlah produk ini. Materialnya pun sudah food grade sehingga sangat kuat dan aman sebagai wadah minuman.

No.9

De'Longhi EMF2.W Alicia Latte Milk Frother

Mulai dari Rp1.450.000,00

Memiliki desain yang cantik dan elegan

DeLonghi adalah salah satu brand alat kopi yang cukup populer. Anda yang suka dengan produk-produknya wajib menambahkan produk ini ke dalam daftar koleksi Anda. Milk frother ini memiliki desain yang cantik dan elegan. Anda bisa menjadikannya sebagai koleksi pribadi atau hadiah untuk teman. 


Dengan tutup transparan yang memudahkan Anda melihat tahapan proses frothing dan dasar jug yang removable sehingga mudah dibersihkan. Penggunaannya pun sangat simpel, Anda hanya perlu menekan tombol on-off yang terletak di bagian samping.

No.10

Ace HardwareAcepresso 300 Ml Milk Frother 500 W - Hitam

Mulai dari Rp499.900,00

Dapatkan empat fungsi sekaligus dalam satu produk!

Ini adalah salah satu produk milk frother terbaik yang bisa Anda dapatkan dari Ace Hardware. Dalam satu produk ini, Anda bisa mendapatkan empat fungsi sekaligus. Anda bisa menggunakannya untuk membuat susu hangat, busa susu hangat padat, busa susu hangat ringan, dan busa susu dingin. 


Tidak tanggung-tanggung, buih susu bisa Anda buat dengan sempurna hanya dalam waktu 90 detik saja. Anda yang ingin membuat busa susu secara praktis dan cepat sangat cocok menggunakan produk ini. Terlebih lagi, milk frother ini dilengkapi lapisan antilengket yang membuatnya makin mudah dibersihkan.

Tips membersihkan frother dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Tips membersihkan frother dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Setelah digunakan, sebaiknya jangan mendiamkan milk frother lama-lama. Susu yang kering pada milk frother menjadi makin susah dibersihkan. Sisa susu yang mengeras pada milk frother bisa merusak rasa susu yang untuk frothing selanjutnya.


Setelah dipakai, sebaiknya rendam bagian besi milk frother dengan air jika hendak digunakan kembali. Apabila akan langsung disimpan, cucilah dengan sabun dan langsung keringkan.

Baca juga rekomendasi alat kopi lainnya di sini

Dari rekomendasi produk yang kami berikan, apakah ada yang Anda suka? Selain milk frother, Anda mungkin juga membutuhkan alat pembuat kopi lainnya. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mampir ke artikel kami yang lain berikut ini. Kami masih punya banyak rekomendasi produk yang bagus untuk Anda.

Kesimpulan

Bagi penikmat kopi terutama cappuccino dan caffè latte, busa susu cukuplah penting. Oleh sebab itu, untuk membuat busa susu sebaiknya gunakan milk frother yang terbaik. Dengan demikian, Anda bisa menikmati secangkir cappuccino dan caffè latte yang mantap.


Semoga artikel kami kali ini membantu Anda untuk menemukan milk frother yang cocok. Pasti akan sangat menyenangkan bisa membuat cappuccino atau caffè latte sendiri ala coffeeshop di rumah, ya. Selamat berkreasi!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer