• 10 Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2022)

Anda pengguna ponsel Android? Sudahkah Anda memasang antivirus untuk Android Anda? Antivirus dapat melindungi data-data yang tersimpan di smartphone Android. Antivirus tersebut tersedia di Google Play dalam bentuk aplikasi. Anda bisa memilih aplikasi antivirus yang free atau berbayar. Contoh aplikasi antivirus adalah Norton, Kaspersky, dan McAfee


Anda harus memilih antivirus yang bagus, aman, dan paling ampuh. Untuk membantu Anda, kami akan membahas tips memilih dan memberikan rekomendasi antivirus terbaik untuk Android. Silakan baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi lengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Perlukah memasang antivirus pada Android?

Pembicaraan tentang antivirus memang lebih familier dengan komputer atau laptop. Namun, antivirus juga ada yang dibuat khusus untuk ponsel Android. Sama halnya dengan yang ada di komputer atau laptop, antivirus untuk Android berfungsi untuk melindungi gawai dari serangan virus. Lantas seberapa perlukah memasang antivirus pada Android?

Ponsel Android memang memiliki sistem keamanan yang cenderung rendah. Selain itu, jika terkena virus, pengguna smartphone Android harus membersihkannya secara manual. Maka dari itu, memasang antivirus pada Android adalah hal yang penting. Antivirus pada Android dapat melindungi data pribadi yang tersimpan di Android, baik dari peretasan maupun penipuan.

Meskipun penting, Anda tidak wajib memasang antivirus pada Android. Jika Anda tidak memasang antivirus untuk Android, Anda harus menghindari memasang aplikasi yang diunduh di luar Google Play. Hal ini untuk meminimalkan Android terinfeksi virus. Jika memang harus memasang aplikasi yang tidak terdaftar di Google Play, pastikan aplikasi tersebut dari sumber tepercaya.

Cara memilih antivirus untuk Android

Setelah mengetahui pentingnya antivirus untuk Android, Anda pasti tidak ragu lagi untuk memasangnya di smartphone milik Anda. Sebelum mengunduh, ikuti cara memilih yang akan kami bahas berikut ini.

Utamakan proteksi yang diberikan

Utamakan proteksi yang diberikan

Hal utama yang harus Anda perhatikan dalam memilih antivirus adalah proteksi yang diberikan. Pastikan bahwa antivirus untuk Android yang Anda pasang memberikan real-time protection. Jika antivirus dapat memberikan perlindungan real-time, Android akan dilindungi dari serangan berbagai virus secara otomatis. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan scanning secara manual setiap saat.


Anda juga harus memilih antivirus untuk Android yang paling ampuh dalam menumpas virus. Pilihlah antivirus yang dapat menangkal malware. Malware atau malicious software merupakan perangkat lunak yang berbahaya bagi sistem Android karena dapat digunakan untuk meretas data pribadi. Malware dapat berupa virus trojan, worm, spyware, ransomeware, adware, dan botnet.

Kenali perusahaan pembuatnya

Dalam memilih antivirus untuk Android, jangan terkecoh dengan popularitasnya. Anda harus memperhatikan track record perusahaan pembuat antivirus. Pastikan Anda mengunduh antivirus yang dibuat oleh perusahaan yang memang berfokus pada pembuatan antivirus.


  • Avast: Avast sudah mendedikasikan diri sebagai pengembang antivirus selama puluhan tahun. Avast berupaya melindungi data pribadi dan memblokir ancaman online. Tidak mengherankan jika hingga saat ini pengguna aktif antivirus Avast sudah mencapai ratusan juta.

  • Bitdefender: Sejak tahun 2001 Bitdefender menjadi pengembang antivirus. Bitdefender berkomitmen untuk melindungi data, baik milik personal maupun organisasi. Bitdefender pun selalu berinovasi dalam membuat antivirus yang dapat mendeteksi malware dan mencegah ancaman virus baru.

  • KasperskyKaspersky sudah berdiri sejak tahun 1997 sebagai perusahaan yang berfokus pada antivirus. Kaspersky selalu bertransformasi dan berinovasi dalam memberikan layanan keamanan digital. Hingga saat ini pengguna antivirus Kaspersky versi Android telah mencapai puluhan juta.

  • McAfee: McAfee mengklaim diri sebagai perusahaan pelopor di bidang antivirus. McAfee berfokus untuk melindungi orang, terutama dalam kehidupan di dunia maya. Sampai saat ini sudah lebih dari lima puluh juta orang memasang antivirus McAfee untuk Android mereka.

  • Norton: Antivirus dari Norton telah dipercaya oleh jutaan orang di seluruh dunia. Hal ini karena Norton menawarkan keamanan perangkat yang dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh. Dengan memanfaatkan antivirus dari Norton, data pribadi akan terjamin keamanannya.

Periksa fitur utamanya

Sebelum memasang antivirus untuk Android, Anda harus memeriksa fitur utamanya. Fitur utama tersebut berkaitan dengan perlindungan yang diberikan dari antivirus. Berikut ini adalah beberapa fitur utama yang bisa Anda jadikan pertimbangan dalam memilih antivirus untuk Android.


  • Perlindungan: Antivirus untuk Android haruslah memberikan perlindungan yang maksimal dari virus dan malware. Perlindungan dari antivirus haruslah real-time atau sesuai waktu yang sebenarnya. Dengan begitu, Android yang Anda miliki akan terjaga dari ancaman.

  • Pemindaian: Pemindaian antivirus dapat dilakukan secara manual atau otomatis. Anda yang kurang telaten bisa memilih antivirus yang bisa melakukan pemindaian secara otomatis. Sebaliknya, Anda yang telaten bisa memilih antivirus dengan pemindaian manual. Pastikan juga antivirus dapat memindai sekaligus membersihkan file sampah yang menghambat sistem.

  • Pemblokiran: Antivirus yang Anda pilih seharusnya juga dapat memblokir situs berbahaya. Pasalnya, situs berbahaya terkadang membawa virus terselubung yang dapat merusak sistem. Selain itu, pertimbangkan juga antivirus yang dapat melakukan pemblokiran terhadap iklan yang mengganggu.

  • Pembaharuan: Sebaiknya, Anda memilih antivirus yang dapat melakukan pembaharuan otomatis. Hal ini karena virus dan malware senantiasa berkembang. Dengan antivirus yang dapat melakukan pembaharuan otomatis, berbagai ancaman tersebut dapat ditangkal dengan lebih efektif.

Sesuaikan dengan kompatibilitas ponsel Android

Sebelum memasang antivirus, pastikan versi Android yang Anda miliki. Anda bisa mengeceknya melalui menu Pengaturan, kemudian Sistem. Setelah mengetahui versinya, Anda bisa mencocokkan dengan antivirus yang ingin Anda instal. Anda bisa mengecek di bagian keterangan aplikasi.


Sebagai contoh, antivirus Avast kompatibel atau sesuai untuk Android 6.0 ke atas. Sementara itu, untuk antivirus dari Bitdefender dapat digunakan pada Android 5.0 ke atas. Anda harus memilih antivirus yang kompatibel dengan Android supaya antivirus dapat diinstal dan berfungsi dengan maksimal.

10 Rekomendasi antivirus terbaik untuk Android

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh antivirus terbaik untuk Android terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play.

10

AviraAvira Security Antivirus & VPN

Fitur utamaSuper-light virus scanner & cleaner, system optimizer, identity protection, phone locator & tracker, privacy advisor, app lock
BerbayarTersedia gratis dan berbayar
Kompatibel untuk versiAndroid 6.0 ke atas
Rating di Google Play4,5 dari 5
9

Lookout Mobile Security Mobile Security - Lookout

Fitur utamaMobile security, virus scanner, system advisor, locate & alert, signal flare
BerbayarTersedia gratis dan berbayar
Kompatibel untuk versiAndroid 5.0 ke atas
Rating di Google Play4,5 dari 5
8

McAfeeMcAfee Security: VPN Antivirus

Fitur utamaVirus scanner and cleaner, dark web monitoring, identity protection, safe browsing, Wi-Fi scan, secure VPN
BerbayarTersedia gratis dan berbayar
Kompatibel untuk versiAndroid 7.0 ke atas
Rating di Google Play4,6 dari 5
7

Norton MobileNorton 360: Mobile Security

Fitur utamaMobile security, secure VPN, Wi-Fi security alert, web protection, app advisor, dark web monitoring, SMS security
BerbayarTersedia gratis dan berbayar
Kompatibel untuk versiAndroid 8.0 ke atas
Rating di Google Play4,6 dari 5
6

ESETESET Mobile Security & Antivirus

Fitur utamaReal-time scanning, security report, activity log
BerbayarTersedia gratis dan berbayar
Kompatibel untuk versiAndroid 5.0 ke atas
Rating di Google Play4,7 dari 5
5

Avast SoftwareAvast Antivirus & Security

Fitur utamaAntivirus engine, virus cleaner, anti-thef, hack check, photo vault, privacy permissions, junk cleaner, web shield, Wi-Fi security
BerbayarTersedia gratis dan berbayar
Kompatibel untuk versiAndroid 6.0 ke atas
Rating di Google Play4,7 dari 5
4

AVG MobileAVG AntiVirus & Security

Fitur utamaProtection, anti-theft, hack alerts, app insight, photo vault, Wi-Fi security scan
BerbayarAndroid 6.0 ke atas
Kompatibel untuk versiTersedia gratis dan berbayar
Rating di Google Play4,7 dari 5
3

BitdefenderBitdefender Mobile Security & Antivirus

Fitur utamaAntivirus protection, virus & malware scanner, web protection, autopilot, anti-theft, security reports, app lock, reports
BerbayarAndroid 5.0 ke atas
Kompatibel untuk versiTersedia gratis dan berbayar
Rating di Google Play4,8 dari 5
2

MalwarebytesMalwarebytes Security: Virus Cleaner, Anti-Malware

Fitur utamaReal-time protection, anti-ransomware protection, PUP/PUM protection, scheduled scan, power saving scan, web protection
BerbayarTersedia gratis dan berbayar
Kompatibel untuk versiAndroid 7.0 ke atas
Rating di Google Play4,8 dari 5
1

Kaspersky Lab SwitzerlandKaspersky Security & VPN

Fitur utamaSecurity, manual scan, anti-theft, call filter, anti-stalkerware, automatic scan, anti-phishing, app lock
BerbayarTersedia gratis dan berbayar
Kompatibel untuk versiAndroid di bawah 11
Rating di Google Play4,8 dari 5

Tabel perbandingan antivirus terbaik untuk Android

Gambar produk
1
Kaspersky Lab Switzerland Kaspersky Security & VPN 1

Kaspersky Lab Switzerland

2
Malwarebytes Malwarebytes Security: Virus Cleaner, Anti-Malware 1

Malwarebytes

3
Bitdefender Bitdefender Mobile Security & Antivirus 1

Bitdefender

4
AVG Mobile AVG AntiVirus & Security 1

AVG Mobile

5
Avast Software Avast Antivirus & Security 1

Avast Software

6
ESET ESET Mobile Security & Antivirus 1

ESET

7
Norton Mobile Norton 360: Mobile Security 1

Norton Mobile

8
McAfee McAfee Security: VPN Antivirus 1

McAfee

9
Lookout Mobile Security	 Mobile Security - Lookout 1

Lookout Mobile Security

10
Avira Avira Security Antivirus & VPN 1

Avira

Nama produk

Kaspersky Security & VPN

Malwarebytes Security: Virus Cleaner, Anti-Malware

Bitdefender Mobile Security & Antivirus

AVG AntiVirus & Security

Avast Antivirus & Security

ESET Mobile Security & Antivirus

Norton 360: Mobile Security

McAfee Security: VPN Antivirus

Mobile Security - Lookout

Avira Security Antivirus & VPN

Keunggulan

Mengunci secara otomatis ketika ponsel hilang

Mendeteksi dan menangkal 4 juta ancaman yang menghadang Android

Menyabet gelar antivirus terbaik selama empat kali

Solusi perlindungan Android bagi Anda yang gemar memanfaatkan Wi-Fi

Sembunyikan foto pribadi agar tidak dibuka oleh sembarang orang

Memeriksa ancaman dari perangkat lain yang terhubung ke Android

Memfilter SMS yang berisi tautan menuju situs berbahaya

Adanya perlindungan tingkat lanjut untuk identitas dan privasi

Memberikan proteksi premium terhadap data pribadi

Menggabungkan fungsi perlindungan dengan pembersih dan penguat ponsel

Fitur utamaSecurity, manual scan, anti-theft, call filter, anti-stalkerware, automatic scan, anti-phishing, app lockReal-time protection, anti-ransomware protection, PUP/PUM protection, scheduled scan, power saving scan, web protectionAntivirus protection, virus & malware scanner, web protection, autopilot, anti-theft, security reports, app lock, reportsProtection, anti-theft, hack alerts, app insight, photo vault, Wi-Fi security scanAntivirus engine, virus cleaner, anti-thef, hack check, photo vault, privacy permissions, junk cleaner, web shield, Wi-Fi securityReal-time scanning, security report, activity logMobile security, secure VPN, Wi-Fi security alert, web protection, app advisor, dark web monitoring, SMS securityVirus scanner and cleaner, dark web monitoring, identity protection, safe browsing, Wi-Fi scan, secure VPNMobile security, virus scanner, system advisor, locate & alert, signal flareSuper-light virus scanner & cleaner, system optimizer, identity protection, phone locator & tracker, privacy advisor, app lock
BerbayarTersedia gratis dan berbayarTersedia gratis dan berbayarAndroid 5.0 ke atasAndroid 6.0 ke atasTersedia gratis dan berbayarTersedia gratis dan berbayarTersedia gratis dan berbayarTersedia gratis dan berbayarTersedia gratis dan berbayarTersedia gratis dan berbayar
Kompatibel untuk versiAndroid di bawah 11Android 7.0 ke atasTersedia gratis dan berbayarTersedia gratis dan berbayarAndroid 6.0 ke atasAndroid 5.0 ke atasAndroid 8.0 ke atasAndroid 7.0 ke atasAndroid 5.0 ke atasAndroid 6.0 ke atas
Rating di Google Play4,8 dari 54,8 dari 54,8 dari 54,7 dari 54,7 dari 54,7 dari 54,6 dari 54,6 dari 54,5 dari 54,5 dari 5
Tautan produk

Baca juga rekomendasi aplikasi lainnya di sini

Aplikasi antivirus untuk Android memang sebaiknya dipasang untuk menjaga keamanan data. Selain antivirus, Anda bisa memasang berbagai aplikasi menarik lainnya. Anda bisa mencari tahu aplikasi menarik lainnya dengan mengeklik tautan berikut.

Kesimpulan

Anda sebaiknya memasang aplikasi antivirus untuk Android untuk melindungi data dari virus dan malware. Sebelum memasangnya, pastikan antivirus memberikan proteksi yang maksimal. Selain itu, cek juga fitur utama serta kompabilitasnya dengan ponsel Android Anda. 


Rekomendasi aplikasi antivirus yang kami sampaikan dapat menjadi pilihan. Lindungi ponsel Android dari ancaman yang tidak terduga dengan antivirus yang sesuai.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Membaca Berita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Membaca Berita (Terbaru Tahun 2022)
    Akses berita kini sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan smartphone Anda untuk mendapatkan informasi tentang peristiwa yang sedang terjadi. Koran, program berita, bahkan saluran TV pun kini menyediakan portal berita online yang dapat diakses melalui aplikasi. Dengan menginstal aplikasi untuk membaca berita, Anda bisa update berita terkini langsung dalam genggaman Anda.Dari banyaknya aplikasi yang beredar, Anda mungkin bingung memilih aplikasi berita yang bagus. Kami akan menunjukkan cara memilih aplikasi terbaik untuk membaca berita. Aplikasi populer, seperti detikcom dan Kompas.com ada dalam rekomendasi kami. Pastikan Anda menyimak artikel ini sampai habis.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terkenal akan performa yang cepat, ada begitu banyak game yang bisa Anda nikmati dengan puas di iPhone. Beberapa game iPhone yang bagus dan menyenangkan untuk dimainkan, di antaranya Crossy Road Castle, Real Racing 3, dan lain-lain. Kira-kira, manakah game iPhone yang paling seru untuk Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih game iPhone sekaligus merekomendasikan sepuluh game yang populer dan asyik dimainkan. Ada juga game yang bisa Anda mainkan tanpa akses internet dan support AirPlay. Dengan demikian, Anda dapat mencerminkannya dari iPhone ke smart TV atau Apple TV.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sepatutnya dikuasai pada era globalisasi ini. Untuk membantu Anda menguasi bahasa Inggris, tempat kursus bahasa Inggris bisa diandalkan. Di tempat kursus, Anda akan difasilitasi tenaga profesional yang membantu Anda memahami materi. Namun, apakah setiap tempat kursus bahasa Inggris sama? Manakah tempat kursus bahasa Inggris yang bagus untuk menjembatani tujuan belajar Anda? Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, silakan baca artikel ini sampai habis. Kami akan membahas cara memilih tempat les bahasa Inggris terbaik dan sepuluh rekomendasinya. British Council, EF, dan English Today juga masuk dalam review kami!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Game Android selalu bisa menjadi hiburan untuk melepas penat. Beberapa judulnya yang populer adalah Roblox, Worms Zone, Minecraft, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa dengan mudah menemukan game Android terbaru di Google Play. Jadi, manakah yang bagus dan paling tepat untuk Anda?Khusus bagi Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi game Android terbaik. Dari yang offline sampai yang online multiplayer, semuanya ada. Ulasan setiap game-nya pun sudah tersedia. Namun, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu kepada Anda. Yuk, disimak bersama-sama!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Arab Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Arab Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai salah satu bahasa dengan penutur terbanyak dan digunakan pada Al-Qur'an, bahasa Arab sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Namun, beberapa dari Anda mungkin kurang fasih berbahasa Arab atau bahkan tidak bisa sama sekali. Jika demikian, gunakanlah aplikasi penerjemah bahasa Arab yang bisa diunduh melalui smartphone.Aplikasi ini cukup beragam, misalnya penerjemah bahasa Arab ke Indonesia dan penerjemah dengan cara difoto. Guna memudahkan Anda, kami akan berbagi tips memilih aplikasi penerjemah bahasa Arab terbaik. Cek juga rekomendasi aplikasi penerjemah bahasa Arab yang bagus, seperti Dict Box, Reverso, dan iTranslate.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Simulator Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Simulator Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain genre RPG, game simulator juga memiliki banyak penggemar. Ada berbagai game simulator bagus yang bisa Anda download untuk Android ataupun iOS. Bus Simulator Indonesia, Truck Simulator : Ultimate, Simcity BuildIt, The Sims FreePlay, dan Disney Magic Kingdom adalah sederet game simulator yang seru untuk dimainkan.Game simulator bus dan truck serta simulator kehidupan memang banyak dimainkan. Pada artikel kali ini kami merekomendasikan berbagai permainan simulasi terbaik lainnya. Anda bisa memainkannya secara offline ataupun online. Kenali keunikan tiap-tiap game simulator dan pastikan smartphone Anda mendukung, ya. Selamat membaca!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Mencari Teman dari Luar Negeri (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Mencari Teman dari Luar Negeri (Terbaru Tahun 2022)
    Mencari teman dari luar negeri pasti sangat sulit. Selain keterbatasan jarak, ada juga kendala perbedaan bahasa. Namun, jangan khawatir karena di Google Play dan App Store sudah tersedia aplikasi yang dapat membantu Anda. Anda bisa belajar bahasa asing atau kencan dengan orang asing melalui aplikasi tersebut.Banyaknya aplikasi yang beredar tentu akan menyulitkan Anda dalam memilih aplikasi yang cocok. Kami akan menunjukkan cara memilih aplikasi untuk mencari teman dari luar negeri yang bagus. Aplikasi-aplikasi terbaik, seperti Tandem, HelloTalk, dan Ablo ada dalam rekomendasi kami. Pastikan Anda menyimak artikel ini sampai habis.
    Aplikasi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori