1. TOP
  2. >
  3. Program & aplikasi
  4. >
  5. Aplikasi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Logo Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Logo Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Logo Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Logo Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Logo Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Logo Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Logo Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Logo adalah bagian yang terpenting dalam branding produk ataupun jasa. Kini sudah ada banyak aplikasi pembuat logo yang bisa Anda gunakan secara online. Namun, kali ini kami akan membahas tentang aplikasi pembuat logo terbaik yang bisa Anda download di HP, baik Android maupun iOS.


Canva adalah salah satu aplikasi desain populer yang dapat digunakan oleh para pemula. Selain itu, Logo Maker, Hatchful, dan Graphic Design & Logo Maker juga merupakan aplikasi desain logo yang bagus. Beberapa aplikasi tersebut dapat digunakan di PC secara online. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih aplikasi pembuat logo

Sebelum mengunduh aplikasi pembuat logo, simaklah poin-poin berikut ini. Ikuti poin berikut agar Anda dapat menemukan aplikasi yang dapat membantu Anda membuat logo yang profesional.

① Pertimbangkan aplikasi yang sudah memiliki template

Pertimbangkan aplikasi yang sudah memiliki template
Sumber: canva.com

Pengguna aplikasi pembuat logo datang dari berbagai kalangan, termasuk orang awam, Orang awam mungkin kebingungan mendesain logo seperti apa yang cocok dengan kebutuhannya. Oleh karena itu, Anda dapat memilih aplikasi yang sudah memiliki template logo.


Template logo akan memudahkan Anda mencari ide logo. Dengan memilih template, Anda akan mendapatkan komposisi warna dan font yang sesuai. Anda juga dapat mengubah beberapa bagian agar lebih sesuai dengan filosofi produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. 

② Kenali berbagai fitur dalam aplikasi desain logo

Fitur dalam sebuah aplikasi menjadi poin yang tak boleh Anda lewatkan. Fitur-fitur tersebut akan membantu Anda mendapatkan aplikasi yang pas untuk menghasilkan desain logo terbaik.


  • Stickers membantu Anda memilih ikon yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Fonts membuat text Anda lebih menarik untuk dilihat.
  • Efek 3D akan menghasilkan desain yang lebih menonjol.
  • Fitur animasi membuat tampilan logo lebih menarik saat di-posting di media sosial.
  • Preset size berfungsi untuk menciptakan logo dengan ukuran yang pas.

③ Pilih aplikasi desain logo yang juga dapat digunakan di PC

Pilih aplikasi desain logo yang juga dapat digunakan di PC
Sumber: canva.com

Menggunakan aplikasi desain logo di HP memang lebih praktis. Namun, keterbatasan luas tampilan membuat beberapa orang merasa kesulitan. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan aplikasi yang juga dapat diunduh di PC. Salah satu aplikasi yang dapat diunduh di HP sekaligus PC adalah Canva. Bahkan, Anda dapat menggunakannya secara online tanpa perlu mengunduh aplikasi di PC.


Aplikasi yang dapat diunduh di PC ataupun laptop akan mempermudah pekerjaan Anda. Tampilan layar PC yang lebih luas dibandingkan HP memudahkan Anda melihat desain logo dengan lebih baik. Lalu, pastikan Anda menggunakan akun yang sama agar data Anda dapat tersinkronisasi.

④ Mendaftar akses premium untuk fitur-fitur yang lebih banyak

Mendaftar akses premium untuk fitur-fitur yang lebih banyak

Anda dapat menemukan banyak aplikasi desain logo yang dapat diunduh secara gratis. Aplikasi gratis sayangnya memiliki fitur yang terbatas. Beberapa aplikasi gratis juga memiliki watermark yang tidak dapat dihapus setelah hasil karya Anda diunduh.


Beralihlah ke akses premium agar Anda mendapatkan lebih banyak fitur-fitur untuk mendesain logo. Anda juga dapat menghilangkan watermark setelah desain Anda rampung.


Untuk mendapatkan akses premium, tentu saja Anda harus membayar. Biaya yang dibebankan bisa berupa sekali bayar untuk selamanya ataupun biaya per bulan dan per tahun. Pastikan terlebih dahulu soal biaya tersebut sebelum Anda membelinya, ya.

10 Rekomendasi aplikasi pembuat logo terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi pembuat logo terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Iris Studios and Services

Logo Maker

Iris Studios and Services Logo Maker 1枚目

Tampilan yang user friendly, mudah digunakan orang awam

2

Canva

Canva

Canva Canva 1枚目

Mengerjakan logo dengan kelompok jadi makin praktis

3

Shopify

Hatchful

Shopify Hatchful 1枚目

Bikin logo hanya dengan beberapa kali klik dengan Hatchful

4

Splendid

Logo Maker

Splendid Logo Maker 1枚目

Lebih dari 5.000 template yang siap Anda gunakan

5

Logopit

Logo Maker Plus Graphic Design

Logopit Logo Maker Plus Graphic Design 1枚目

Tampilkan text yang lebih kuat dengan banyak pilihan font

6

Mobi App & Thumbnail Maker

Logo Maker

Mobi App & Thumbnail Maker Logo Maker 1枚目

Crop foto sendiri dalam berbagai bentuk

7

Tap Flat Apps

Watercolor Logo Maker

Tap Flat Apps Watercolor Logo Maker 1枚目

Hasilkan desain logo yang tampak handmade

8

AZ Mobile Software

3D Logo Maker

AZ Mobile Software 3D Logo Maker 1枚目

Fiturnya membuat detail logo 3D Anda makin cetar!

9

Logician Studio

Graphic Design & Logo Maker

Logician Studio Graphic Design & Logo Maker 1枚目

Tersedia fonts dalam berbagai bahasa asing

10

App Holding

PixelLab

App Holding PixelLab 1枚目

Lengkap dengan fitur draw, bisa membuat kreasi sendiri

Perincian produk
Close
No.1

Tampilan yang user friendly, mudah digunakan orang awam

Logo Maker dari Iris Studios and Services menjadi salah satu aplikasi desain logo yang banyak direkomendasikan. User interface-nya dijamin sangat user friendly sehingga mudah digunakan, bahkan untuk orang awam. Lalu, di dalamnya terdapat banyak sekali ikon-ikon dengan elemen grafis menarik. Fitur-fitur tersebut dapat menghasilkan logo yang tampak profesional.

No.2

Mengerjakan logo dengan kelompok jadi makin praktis

Belakangan ini Canva memang sedang marak digunakan untuk membuat desain karena memiliki banyak template gratis. Jadi, Anda yang tidak memiliki pengalaman mendesain juga tetap dapat menghasilkan desain yang baik. Menariknya lagi, Anda dapat mengaksesnya dari PC secara online.


Canva juga merupakan aplikasi yang mudah digunakan bersama grup. Anda dapat berbagi serta menyunting hasil logo bersama anggota tim Anda. Dengan begitu, diskusi desain logo Anda akan lebih efisien dan praktis.

No.3

Bikin logo hanya dengan beberapa kali klik dengan Hatchful

Tal perlu kebingungan saat menggunakan Hatchful. Aplikasi ini menawarkan generator logo yang membuat pekerjaan Anda lebih praktis. Anda cukup memilih jenis industri yang digeluti dan pilih style yang diinginkan. Kemudian, masukkan nama brand beserta tagline. 


Berikutnya, Hatchful akan menampikan berbagai template logo yang cocok untuk kebutuhan Anda. Anda dapat mengubah warna, memilih font, dan layout dari template yang dipilih. Anda yang orang awam dalam hal desain pun dapat menggunakannya.

No.4

Lebih dari 5.000 template yang siap Anda gunakan

Aplikasi desain logo yang satu ini memiliki template yang sangat banyak. Anda dapat menemukan lebih dari lima ribu template yang menarik untuk kebutuhan Anda. Pilihlah aplikasi ini untuk mendesain berbagai logo, mulai dari logo bisnis sampai channel Youtube Anda.


Anda bisa membuat logo dengan tampilan biasa ataupun tampilan 3D. Menariknya, aplikasi ini menyediakan fitur autosave. Dengan begitu, tak ada lagi permasalahan lupa menyimpan data desain Anda.

No.5

LogopitLogo Maker Plus Graphic Design

Tampilkan text yang lebih kuat dengan banyak pilihan font

Ada lebih dari tujuh ratus fonts dalam aplikasi yang satu ini. Anda pun dapat memilih tipografi yang menarik untuk logo Anda. Tampilan text dapat Anda ubah sesuka hati, seperti text yang melengkung atau melingkar serta mengatur spasi. Jika Anda mengutamakan tampilan fonts dalam sebuah logo, cobalah aplikasi ini. 

No.6

Mobi App & Thumbnail MakerLogo Maker

Crop foto sendiri dalam berbagai bentuk

Anda akan menemukan berbagai tema logo dalam aplikasi ini. Tema logo tersebut dapat Anda tambahkan dengan nama brand Anda. Selain itu, aplikasi ini menawarkan beragam pilihan background yang keren. Di samping itu, Anda juga dapat memotong gambar dengan beragam bentuk. Jika Anda ingin memasukkan gambar produk ke dalam logo Anda, pertimbangkan aplikasi ini.

No.7

Tap Flat AppsWatercolor Logo Maker

Hasilkan desain logo yang tampak handmade

Kalau aplikasi yang satu ini memang khusus digunakan untuk membuat logo bertema watercolor. Tampilan logo Anda akan tampak lebih artsy layaknya buatan tangan. Anda dapat memilih tekstur, fonts, sampai karya seni untuk menghasilkan desain logo yang keren. Lalu, adanya 3D logo eraser membuat desain Anda lebih menonjol.

No.8

AZ Mobile Software3D Logo Maker

Fiturnya membuat detail logo 3D Anda makin cetar!

3D Logo Maker menawarkan lebih dari seribu template gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat logo. Ada juga tiga puluh kategori stiker 3D untuk melengkapi logo Anda. Tak hanya logonya saja, Anda juga dapat mengatur font agar tampilannya lebih menonjol.


Apabila Anda menyukai tampilan logo 3D, cobalah aplikasi ini. Anda akan mendapatkan berbagai fitur yang cocok untuk membuat desain logo makin keren. Tekstur, background, dan banyak fitur-fitur lainnya akan membuat detail logo Anda lebih menarik.

No.9

Logician StudioGraphic Design & Logo Maker

Tersedia fonts dalam berbagai bahasa asing

Graphic Design & Logo Maker dari Logician Studio merupakan aplikasi yang tergolong ringan. Jadi, HP Anda tidak akan nge-lag saat menjalankannya. Anda dapat melakukan banyak penyesuaian untuk desain logo dan menghasilkan gradien warna sesuai dengan brand Anda. Uniknya lagi, Anda dapat memilih bahasa untuk text, seperti huruf Arab.

No.10

Lengkap dengan fitur draw, bisa membuat kreasi sendiri

PixelLab menyediakan berbagai pilihan fonts, stiker, dan background. Anda juga dapat memberikan efek untuk fonts Anda sehingga menjadikannya lebih nyata. Jangan lupa menyimpan pekerjaan Anda agar Anda dapat mengerjakannya kemudian.


Selain itu, Anda juga dapat menggambar sendiri dengan fitur draw. Jadi, desain akan tampak lebih autentik. Perspektif gambar juga dapat diatur sehingga Anda dapat menghasilkan gambar 3D. PixelLab juga memiliki user interface yang simpel.

Tips membuat logo untuk brand Anda

Membuat logo bukanlah hal yang mudah. Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal untuk menghasilkan logo yang bagus sebagai bagian dari branding. Berikut ini tips singkat dari kami agar Anda dapat menciptakan logo sendiri.


  • Cari referensi logo untuk produk serupa. Hal ini bukanlah plagiat, melainkan bagian dari mencari ide untuk membuat logo.
  • Pilih ikon yang menggambarkan bisnis Anda. Ikon menjadi hal yang sangat penting karena paling mudah dilihat orang.
  • Gunakan warna yang mencerminkan karakter brand Anda. Pelajari teori warna untuk menggambarkan karakter bisnis Anda dengan lebih tepat.
  • Pilih font yang mudah dibaca. Font tak hanya menarik untuk dilihat, tetapi juga harus mudah untuk dibaca. Jika Anda ingin menggunakan tagline, pastikan memilih dua font yang berbeda.
  • Hasilkan komposisi logo yang pas. Jangan terlalu banyak menambahkan elemen dalam logo Anda karena akan tampak penuh dan sulit dimengerti.
  • Terakhir, siapkan berbagai versi logo. Hal ini sangat berguna saat Anda ingin menggunakan logo di berbagai platform, seperti website, media sosial, sampai untuk mencetak logo.

Apabila Anda ingin menghasilkan logo yang lebih profesional, Anda dapat menggunakan jasa desainer grafis. Jangan ragu untuk menggunakan jasa desainer grafis agar Anda memiliki logo yang spesial.

Baca juga rekomendasi aplikasi desain lainnya di sini

Kini mendesain jadi lebih mudah dengan berbagai aplikasi yang tersedia di HP. Selain desain logo, Anda dapat memilih aplikasi untuk desain grafis sampai desain rumah. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan aplikasi desain terbaik yang dapat Anda gunakan di Android ataupun iOS. Ada banyak aplikasi desain gratis yang dapat Anda download sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Jika dahulu Anda perlu membayar jasa desainer grafis untuk membuat logo, kini Anda dapat membuatnya sendiri melalui aplikasi. Anda dapat menghasilkan logo hanya dari genggaman tangan. Anda pun dapat membuat logo menggunakan template yang tersedia di aplikasi.


Saat membuat logo, pilihlah gambar, warna, dan fonts yang mewakili filosofi brand Anda. Logo yang eye catching dan mewakili brand akan lebih diingat oleh pelanggan. Selamat mendesain logo pilihan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer