1. TOP
  2. >
  3. Program & aplikasi
  4. >
  5. Aplikasi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Anda perlu memiliki DJ controller untuk menjadi DJ profesional. Tentu saja harga perlengkapannya tidak bisa dibilang murah. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kini tersedia aplikasi DJ yang bisa Anda download di HP Android ataupun iOS. Kali ini kami akan berbagi tips memilih aplikasi DJ yang bagus.


Edjing Mix Cross DJ, DJ It!, dan djay adalah beberapa aplikasi DJ terbaik yang bisa Anda download secara gratis. Anda dapat menggunakannya untuk remix berbagai musik favorit. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak pembahasan kami dalam artikel kali ini, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu DJ?

Apa itu DJ?

DJ atau disc jockey atau disjoki menjadi profesi yang kian digemari belakangan ini. Namun, tahukah Anda tentang profesi DJ? Tugas DJ adalah meracik berbagai musik dan memberikan ritme yang membuat pendengarnya merasa terhibur.


Dahulu DJ adalah orang yang piawai memainkan piringan hitam sehingga dinamakan disc jockey. Kini sudah ada perlengkapan DJ yang lebih modern tanpa piringan hitam berupa DJ controller. Anda bahkan dapat meracik berbagai lagu dan ritme menggunakan aplikasi di HP.


Ada empat jenis DJ berdasarkan kebiasaan bermainnya sebagai berikut:


  • Club DJ merupakan DJ yang memainkan musik di club dan jenis DJ yang dikenal sekarang.
  • Radio DJ adalah orang yang memutar permintaan lagu di radio. Lagu-lagu yang diputarkan biasanya merupakan lagu permintaan pendengarnya.
  • Bedroom DJ adalah orang yang memiliki DJ controller, tetapi hanya memainkannya di tengah keluarga ataupun teman-teman.
  • Mobile DJ merupakan DJ yang bermain di berbagai tempat, seperti pesta

Cara memilih aplikasi DJ

Di antara berbagai aplikasi DJ yang tersedia di Google Play dan App Store, aplikasi mana yang cocok untuk Anda download? Nah, kami akan berbagi tips memilih aplikasi DJ yang cocok untuk Anda gunakan. Yuk, simak poin-poin berikut ini!

① Pilih aplikasi yang low latency

Latency atau latensi adalah waktu yang dibutuhkan suatu komponen untuk merespons aksi yang Anda berikan. Aplikasi yang low latency akan lebih mudah digunakan karena aksi yang Anda pilih akan cepat direspons aplikasi. Mixing lagu jadi makin lancar dengan aplikasi yang low latency.


Informasi tentang latency sebuah aplikasi dapat Anda ketahui dari keterangan aplikasi tersebut. Jangan lupa juga untuk membaca review penggunanya tentang aplikasi tersebut, ya.

② Kenali berbagai fitur dalam aplikasi DJ

Poin penting lainnya yang perlu untuk Anda pertimbangkan adalah fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi. Berikut ini adalah beberapa fitur yang dapat Anda pertimbangkan dari sebuah aplikasi DJ. Selain fitur-fitur yang kami sebutkan ini, masih ada banyak fitur-fitur menarik lainnya dalam sebuah aplikasi DJ.

Integrasi aplikasi dengan pemutar musik: Memudahkan Anda mengambil lagu

Integrasi aplikasi dengan pemutar musik:  Memudahkan Anda mengambil lagu

Pilihlah aplikasi DJ yang dapat terintegrasi dengan berbagai pemutar musik, seperti SoundCloud, TIDAL, Spotify, sampai folder musik di HP Anda. Anda akan lebih mudah untuk berbagai musik untuk diracik. Jadi, Anda tak perlu repot-repot memasukkan musik lagi ke HP Anda.

Automix: Mixing lagu tanpa perlu DJ

Automix adalah fitur yang canggih. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, aplikasi DJ akan secara otomatis memainkan semua lagu di dalam daftar track Anda. Anda cukup duduk santai saja tanpa perlu menekan berbagai tombol.


Fitur automix sangat cocok untuk tipe pendengar yang kasual. Automix sanggup melakukan mixing berbagai genre lagu dengan tempo yang berbeda-beda. Cukup duduk dan nikmati saja hasil automix tersebut.

FX: Mengubah suara dan frekuensi dari sebuah lagu

FX: Mengubah suara dan frekuensi dari sebuah lagu
Sumber: edjing.com

Kedua fitur ini adalah fitur wajib dalam sebuah aplikasi DJ terbaik. FX adalah fitur yang memudahkan Anda mengedit suara dari lagu pilihan Anda. FX sendiri terbagi lagi menjadi berbagai jenis fitur, seperti echo dan filter. Echo adalah jenis suara yang menggema, sedangkan filter mampu mengubah frekuensi suara.

HD recording: Menghasilkan suara berkualitas premium

Anda tentu saja ingin memutar hasil mixing Anda di tengah audience. Untuk itu, pastikan Anda merekam hasil mixing tersebut dengan kualitas suara terbaik. Pilihlah aplikasi yang menyediakan penyimpanan data dalam kualitas high definition.

Deteksi BPM: Membuat musik lebih selaras

Deteksi BPM: Membuat musik lebih selaras
Sumber: mixvibes.com

BPM adalah beats per minute. Jika Anda sering mengetukkan jari atau kaki saat mendengar musik, hal tersebut adalah BPM yang Anda rasakan. BPM akan membantu Anda mengetahui tempo sebuah musik, seperti 4/4, 3/4, dan lainnya.


Agar tiap lagu yang Anda mixing terdengar lebih selaras, Anda harus menyesuaikan BPM-nya. Fitur deteksi BPM akan sangat membantu Anda saat mixing lagu. Tiap genre lagu pun memiliki BPM yang berbeda. 


  • Genre chillout memiliki sekitar 50–80 BPM.
  • Genre house sekitar 115–180 BPM.
  • Genre techno 100–170BPM.
  • Genre hip hop 60–100 BPM.

③ Perhatikan kompatibilitas aplikasi DJ dengan DJ controller

Perhatikan kompatibilitas aplikasi DJ dengan DJ controller

Beberapa aplikasi DJ dapat Anda sambungkan dengan DJ controller. Menghubungkan aplikasi DJ dengan DJ controller akan mempermudah Anda untuk mixing lagu


Namun, tidak semua aplikasi kompatibel dengan berbagai merek DJ controller. Anda dapat memeriksa terlebih dahulu kompatibilitas aplikasi DJ dengan DJ controller dari informasi yang tersedia. Kemudian, Anda dapat memilih aplikasi mana yang cocok untuk Anda gunakan.

④ Pertimbangkan akses premium untuk mendapatkan fitur lebih komplet

Pertimbangkan akses premium untuk mendapatkan fitur lebih komplet
Sumber: mixvibes.com

Rata-rata aplikasi DJ dapat Anda download secara gratis. Namun, aplikasi DJ yang gratis memiliki fitur yang terbatas. Untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih komplet, Anda dapat membeli akses premium. 


Pembayaran akses premium dapat dilakukan sekali saja untuk akses seumur hidup. Ada juga akses premium yang harus dibayarkan secara berkala. Perhatikan sistem pembayaran yang ditawarkan sebagai pertimbangan Anda.

10 Rekomendasi aplikasi DJ terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi DJ terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

BandLab Technologies

BandLab

BandLab Technologies BandLab 1枚目

Fiturnya makin canggih dengan video mix

2

Loudly

Music Maker Jam

Loudly Music Maker Jam 1枚目

Berkreasi dengan fitur perekam suara dan alat musik

3

MWM

Edjing Mix

MWM Edjing Mix 1枚目

Aplikasi DJ yang terintegrasi dengan beragam pemutar musik

4

GameG

DiscDJ 3D

GameG DiscDJ 3D 1枚目

Tampilan virtualnya serasa memainkan DJ controller sungguhan

5

SuperStar Labs

Super Pads

SuperStar Labs Super Pads 1枚目

Bikin loop sendiri yang lebih asyik

6

Beatronik

DJ Studio 5

Beatronik DJ Studio 5 1枚目

Bisa digunakan untuk OS Android yang lebih rendah

7

Gismart

Dj It!

Gismart Dj It! 1枚目

Penuh dengan tutorial dan tips untuk para pemula

8

Algoriddim

djay

Algoriddim djay  1枚目

Kompatibel dengan berbagai hardware

9

Mixvibes

Cross DJ

Mixvibes Cross DJ 1枚目

Suara yang dihasilkan lebih real, permainan jadi makin menyenangkan

10

AlphaTheta

WeDJ

AlphaTheta WeDJ 1枚目

Aplikasi DJ dari Pioneer DJ yang tersohor

Perincian produk
Close
No.1

Fiturnya makin canggih dengan video mix

Virtual MIDI instruments menjadi fitur yang menarik dari aplikasi ini. Anda dapat menambahkan suara alat musik lainnya dalam mixing. Anda juga dapat menghasilkan musik berskala internasional dengan efek preset yang ditawarkan.


Menariknya lagi, BandLab juga memiliki fitur video mix. Jadi aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk menciptakan video musik yang keren. Jika Anda seorang musisi yang mencari aplikasi DJ komplet, cobalah aplikasi ini.

No.2

Berkreasi dengan fitur perekam suara dan alat musik

Aplikasi Music Maker Jam dari Loudly sangat cocok digunakan oleh para musisi dan produser musik. Aplikasi ini dilengkapi dengan audio recorder yang dapat digunakan untuk merekam suara ataupun alat musik. Anda dapat menciptakan beat sendiri serta menambahkan efek secara live. Salurkan kreativitas Anda dengan aplikasi keren ini!

No.3

Aplikasi DJ yang terintegrasi dengan beragam pemutar musik

Edjing Mix menjadi salah satu aplikasi DJ yang banyak diunduh. Aplikasi ini terintegrasi dengan SoundCloud, Beatport, dan beragam pemutar musik lainnya. Permainan musik Anda juga lebih menarik berkat dua puluh efek yang ditawarkannya.


Aplikasi DJ ini dapat mendeteksi BPM tiap lagunya. Lalu, fitur automix mode sangat memudahkan Anda untuk meracik musik. Perpindahan dari lagu ke lagu pun makin mulus dengan seamless transition. Menariknya lagi, Anda dapat menyambungkan aplikasi ini pada Mixfader.

No.4

Tampilan virtualnya serasa memainkan DJ controller sungguhan

Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah tampilan 3D. Anda akan merasa seperti memainkan DJ controller sesungguhnya dengan tampilan dan efek yang dihasilkan. Untuk menjalankan fungsinya, Anda tinggal menekan tombol pada DJ controller tersebut.


DiscDJ 3D adalah aplikasi DJ virtual dengan sepuluh band equalizer. Dengan demikian, hasil ritme yang Anda hasilkan lebih presisi dan akurat. Selain itu, terdapat tujuh belas presets, seperti club, classical, dance, ska, sampai full bass & treble.

No.5

Bikin loop sendiri yang lebih asyik

Untuk menciptakan loop yang keren, Anda dapat memilih aplikasi yang satu ini. Di dalamnya juga terdapat lebih dari seribu DJ kits. Tracks lagu baru akan Anda dapatkan tiap minggunya. Tak perlu bingung menggunakan aplikasi ini karena sudah terdapat tutorial di dalamnya. Ciptakan beat Anda sendiri untuk menghasilkan lagu yang lebih keren.

No.6

BeatronikDJ Studio 5

Bisa digunakan untuk OS Android yang lebih rendah

Kalau aplikasi yang satu ini dibuat agar kompatibel dengan iRigMIX dan dirancang untuk DJ controller Nexus. Tak masalah juga jika Anda menggunakan Android versi rendah karena aplikasi ini dapat dipakai dari Android 2.3.


Tampilan DJ Studio 5 dibuat agar lebih user friendly dan mudah dioperasikan. Untuk library, Anda dapat mengakses lagu yang Anda miliki dalam format mp3. Ada 8 sound effects, 3 bands equalizer, dan 10 sample pads yang siap Anda gunakan.

No.7

Penuh dengan tutorial dan tips untuk para pemula

Dj It! dapat menjadi pilihan aplikasi terbaik untuk Anda yang baru ingin mulai belajar menjadi DJ. Aplikasi ini menyediakan kamus untuk berbagai istilah DJ yang masih asing untuk Anda. Tutorial, tips, sampai quiz juga tersedia di dalamnya. Terapkan berbagai hal yang sudah Anda dapatkan dalam lagu hasil karya Anda, ya. 

No.8

Kompatibel dengan berbagai hardware

Apabila Anda mencari aplikasi DJ yang cocok untuk pemula sampai profesional, Anda bisa memilih djay. Bagi para pemula, aplikasi ini memiliki automix AI yang dapat mendeteksi ritme dan memberikan intro serta outro terbaik. Fitur ini membantu Anda menghasilkan musik yang mengalir


Nikmati racikan musik Anda menggunakan fitur Split Output. Jadi Anda bisa mendengarkan dari headphone sekaligus speaker. Aplikasi ini terintegrasi dengan My Music, TIDAL Premium, dan SoundCloud Go+. Selain itu, aplikasi ini juga dapat Anda sambungkan dengan perangkat dari Pioneer.

No.9

Suara yang dihasilkan lebih real, permainan jadi makin menyenangkan

Cross DJ dari Mixvibes menghasilkan suara yang lebih real. Anda juga dapat mengatur BPM tanpa mengubah nada lagu tersebut. Uniknya, aplikasi ini dapat mendeteksi kunci tangga nada sebuah lagu dan memberi informasi soal kecocokan sejumlah lagu. Poin pentingnya adalah aplikasi ini bersifat low latency sehingga merespons lebih cepat terhadap berbagai aksi Anda.

No.10

Aplikasi DJ dari Pioneer DJ yang tersohor

WeDJ dikembangkan oleh Pioneer DJ sehingga kualitas aplikasi ini tak perlu Anda ragukan lagi. Anda dapat memainkan dan mixing lagu dengan lebih fleksibel. Anda juga dapat menciptakan musik Anda dengan fitur efek FX.


Dengan WeDJ, Anda dapat memainkan dua lagu berbeda secara bersamaan. Anda juga dapat membuat sinkronisasi tempo berbagai lagu hanya dengan menekan tombol saja. Volume suara lagu juga dapat diseimbangkan.

Baca juga rekomendasi aplikasi musik lainnya di sini

Bermain musik kini menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi. Salah satu aplikasi musik yang dapat Anda download adalah aplikasi drum. Anda dapat bermain drum dengan lebih praktis tanpa mengganggu tetangga dengan menggunakan aplikasi. Untuk mengetahui beragam aplikasi drum, langsung saja klik tautan berikut ini!

Kesimpulan

Mixing lagu menjadi lebih praktis dengan aplikasi yang tersedia di HP. Anda dapat melakukan mixing lagu di mana saja dan kapan saja. Fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi juga memudahkan Anda untuk mixing lagu.


Kami sarankan agar Anda juga membaca review soal aplikasi DJ dari sumber tepercaya lainnya. Anda akan mendapatkan informasi yang lebih banyak dan komplet soal aplikasi tersebut. Selamat mixing lagu dalam aplikasi DJ!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer