• 10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Umumnya, bayi diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan padat mulai usia enam bulan. Sayuran dan buah dapat diberikan dengan jumlah terbatas sebagai pengenalan rasa. Salah satu peralatan makan yang dapat digunakan ialah empeng buah atau fruit feeder. Empeng buah memungkinkan bayi makan dengan mandiri sekaligus melatih otot-otot tangannya.


Artikel ini membahas rekomendasi empeng buah terbaik beserta cara memilihnya. Merek empeng buah yang bagus, seperti Lusty Bunny, Dodo, Baby Safe, dan lainnya akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi. Simak terus artikel ini sampai tuntas, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Kegunaan empeng buah untuk bayi

Kegunaan empeng buah untuk bayi

Empeng buah atau fruit feeder memiliki beberapa lubang kecil pada bagian nipple. Pangkal nipple diisi dengan potongan buah, lalu biarkan bayi mengisap sambil memegang empeng secara mandiri. Air beserta sari buah akan keluar melalui lubang-lubang kecil pada nipple dan tersedot oleh bayi.


Selain fungsi utama untuk pemberian buah pada bayi, manfaat empeng buah lainnya ialah sebagai berikut.


  • Empeng buah berfungsi sebagai teether saat si kecil sedang tumbuh gigi. Anda dapat memasukkan potongan buah dingin yang dapat membantu meredakan nyeri gusi pada bayi.

  • Bayi akan terlatih kemampuan motorik halus pada jari dan tangan melalui gerakan menggenggam, meremas, hingga memindahkan empeng buahnya.

  • Bayi dapat belajar makan secara mandiri dan mengendalikan kapasitas mulutnya sehingga tak tersedak.

  • Empeng buah juga berguna untuk membuat bayi betah duduk di high chair sehingga proses makan tetap tertib sesuai aturan.

Selain fruit feeder, terdapat pula food feeder yang memiliki fungsi serupa. Bagian atas food feeder berbentuk sendok dengan wadah penyimpanan yang lebih besar. Jika Anda mencari empeng buah Huki dan Pigeon, Anda dapat memilih food feeder dari kedua merek tersebut.

Cara memilih empeng buah

Selanjutnya, kami akan menguraikan poin-poin penting yang harus diperhatikan saat memilih empeng buah. Mari simak satu per satu agar tak salah dalam menentukan produk untuk si kecil.

Pilih berdasarkan cara penggunaannya

Secara umum, empeng buah bayi tersedia dalam dua bentuk. Perbedaannya terletak pada bagian bawah empeng buah, yaitu berupa pegangan dan kantong. Untuk mendapatkan gambaran cara pemakaian dan keunggulannya, silakan baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Untuk bayi yang baru memulai MPASI, pilih empeng buah yang digenggam

Empeng dot buah jenis ini ialah yang paling sering digunakan. Bentuknya menyerupai empeng biasa, tetapi memiliki ukuran nipple yang lebih besar sebagai wadah makanan. Bagian bawahnya merupakan pegangan atau gagang sehingga cara menggunakan empeng buah ini ialah digenggam. Bayi yang baru memulai fase MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) sebaiknya memilih empeng buah ini.

Dengan menggenggam empeng buah, kekuatan otot halus pada jemari dan pergelangan tangan bayi dapat terstimulasi. Bayi akan menggenggam dengan satu dan dua tangan, memindahkan empeng dari tangan kanan ke kiri, hingga melemparnya ke lantai. Selain itu, ukuran nipple-nya menyesuaikan dengan porsi bayi yang masih sedikit sehingga tak mudah tersedak saat mengisap sari buah.

Jika otot tangan bayi sudah lebih kuat, gunakan empeng buah yang dapat diremas

Untuk bayi dengan usia lebih besar dan sudah terlatih kekuatan tangannya, pilihlah empeng buah model squeeze. Bagian bawah empeng buah ini merupakan wadah yang menyerupai botol kecil sehingga makanan yang dimasukkan lebih banyak. Selain gerakan mengisap, bayi juga harus meremas bagian botolnya supaya makanan terdorong naik.


Untuk lebih memudahkan bayi dalam mendapatkan nutrisi, sebaiknya buah atau makanan lain disajikan dalam bentuk puree. Puree atau makanan semi padat dapat berupa buah ataupun sayuran yang dihaluskan. Jadi, bayi akan mulai terbiasa makan secara mandiri selain disuapi menggunakan sendok.

Ketahui material empeng buah

Ketahui material empeng buah

Peralatan MPASI, termasuk juga empeng buah, umumnya terbuat dari bahan silikon. Bahan silikon dipercaya lebih aman untuk bayi, terlebih lagi jika sudah mengantongi status food grade. Adapun keunggulan material silikon bagi bayi ialah sebagai berikut.


  • Bahan silikon memiliki karakteristik hypoallergenic atau tidak menimbulkan alergi. Bahan ini juga tidak beracun sehingga ramah lingkungan.

  • Alat MPASI berbahan silikon mudah dibersihkan karena antinoda dan antibau. Proses pencuciannya dapat dibilas air hangat ataupun dikukus agar lebih steril.

  • Empeng buah dengan bahan silikon ramah untuk gusi bayi karena memiliki permukaan yang halus.

Pilih ukuran empeng buah yang tepat agar sesuai dengan usia bayi

Pilih ukuran empeng buah yang tepat agar sesuai dengan usia bayi

Para orang tua baru mungkin akan bertanya-tanya, empeng buah cocok digunakan untuk bayi berusia berapa bulan? Pemberian MPASI yang sesuai dimulai dari usia enam bulan. Namun, ada kondisi tertentu yang mengharuskan bayi diberikan MPASI dini, yakni sejak berusia empat bulan. 


Kondisi tersebut ialah ketika bayi tidak mengalami kenaikan berat badan meskipun sudah mendapatkan cukup ASI. Oleh karena itu, beberapa produsen menyediakan empeng buah dengan beragam ukuran nipple yang disesuaikan dengan usia bayi.


  • Ukuran kecil (S), untuk bayi berusia 4 bulan ke atas.

  • Ukuran sedang (M), untuk bayi berusia 6 bulan ke atas.

  • Ukuran besar (L), untuk bayi berusia 12 bulan ke atas.

Perlu Anda ketahui, tidak semua merek empeng buah menyediakan ukuran nipple yang beragam. Kebanyakan empeng buah tersedia dalam satu ukuran saja, yaitu untuk bayi berusia enam bulan ke atas. Untuk produk dengan lebih dari satu ukuran biasanya dijual dalam bentuk bundle. Jadi, Anda juga dapat mengganti ukuran nipple empeng buah tanpa harus membelinya secara terpisah.

Pertimbangkan higienitasnya dengan kelengkapan tutup empeng buah

Kebersihan pada alat makan bayi merupakan hal yang teramat penting. Untuk itu, sebaiknya empeng buah pilihan Anda dilengkapi dengan penutup agar higienitasnya terjaga. Beberapa produk empeng buah dilengkapi penutup pada bagian nipple-nya saja. 


Sementara itu, beberapa produk lainnya memiliki penutup tambahan berupa case atau wadah untuk menyimpan empeng buah secara keseluruhan. Jadi, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Periksa standar keamanan empeng buah sebagai proteksi tambahan

Periksa standar keamanan empeng buah sebagai proteksi tambahan

Memilih perlengkapan bayi yang berlabel SNI tentu merupakan hal yang patut diperhatikan. Selain itu, penting juga untuk mengecek standar keamanan lain yang dimiliki sebagai proteksi tambahan. Untuk empeng buah sendiri, pastikanlah produk pilihan Anda memiliki keterangan BPA free.


BPA atau bisphenol-A merupakan zat kimia yang digunakan sebagai pelapis pada wadah-wadah plastik. Zat berbahaya tersebut dapat terurai dalam makanan dan menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dan waspada dalam memilih produk untuk si kecil.

10 Rekomendasi empeng buah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh empeng buah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Dr. Brown'sFresh Fruit Silicone Feeder

Mulai dari Rp 88.900,00

Cara penggunaanDigenggam
MaterialPure 100% silicone
UkuranTidak disebutkan
Rekomendasi usia4 bulan ke atas
Dilengkapi penutupYa
Standar keamananBPA free
9
Cara penggunaanDigenggam
MaterialPPSU food grade silicone
UkuranS: 3 cm x 3,5 cm・M: 3 cm x 4 cm・L: 3 cm x 4,2 cm
Rekomendasi usiaS: 4 bulan ke atas・M: 6 bulan ke atas・L: 12 bulan ke atas
Dilengkapi penutupYa
Standar keamananFood grade
8
Cara penggunaanDigenggam
MaterialSilicone
UkuranTidak disebutkan
Rekomendasi usiaTidak disebutkan
Dilengkapi penutupYa
Standar keamananBPA Free
7
Cara penggunaanDigenggam
MaterialSilicone
UkuranTidak disebutkan
Rekomendasi usia6 bulan ke atas
Dilengkapi penutupYa
Standar keamananBPA Free
6
Cara penggunaanDiremas
MaterialSilicone dan polypropylene
UkuranTidak disebutkan
Rekomendasi usia3 bulan ke atas
Dilengkapi penutupYa
Standar keamananBPA free
5
Cara penggunaanDigenggam
MaterialSoft premium silicone
UkuranM dan L
Rekomendasi usia6 bulan ke atas
Dilengkapi penutupYa
Standar keamananBPA Free
4
Cara penggunaanDigenggam
MaterialPP + Silicone
UkuranS: 2 cm・L: 3 cm
Rekomendasi usiaS: 4–6 bulan・L: 6 bulan ke atas
Dilengkapi penutupYa
Standar keamananBPA Free
3

Lusty BunnyDisney Empeng Buah Fresh Food

Mulai dari Rp 42.500,00

Cara penggunaanDigenggam
MaterialPolypropylene dan silicone
Ukuran14 cm x 5,5 cm
Rekomendasi usia3 bulan ke atas
Dilengkapi penutupYa
Standar keamananBPA free
2

BabysafeFood Feeder Lil Squeeze

JP030

Mulai dari Rp 44.400,00

Cara penggunaanDiremas
MaterialTutup dan ring: Polypropylene・Kantong dan cucupan: Food grade silicone
Ukuran16 cm x 6 cm x 3 cm
Rekomendasi usia6 bulan ke atas
Dilengkapi penutupYa
Standar keamananEuropean Standard for Child Safety and Feeding Utensil (EN14372), BPA Free
1
Cara penggunaanDigenggam
MaterialFood grade silicone dan polypropylene
UkuranS: 2,4 cm x 4 cm・M: 2,9 cm x 4,2 cm・L: 3,4 cm x 4,3 cm
Rekomendasi usiaS: 4 bulan ke atas・M: 6 bulan ke atas・L: 12 bulan ke atas
Dilengkapi penutupYa
Standar keamananBPA free

Tabel perbandingan produk empeng buah terbaik

Gambar produk
1
Kuru Baby Fruit Feeder 1

Kuru

2
Babysafe Food Feeder Lil Squeeze  1

Babysafe

3
Lusty Bunny Disney Empeng Buah Fresh Food 1

Lusty Bunny

4
Coconi Baby Twist Food Feeder 1

Coconi

5
Little Baby  Fruit Feeder 1

Little Baby

6
Nuby Kids Mini Squeeze Feeder 1

Nuby

7
DODO Silicone Fruit Feeder 1

DODO

8
Little Giant Fruit Feeder 1

Little Giant

9
PPSU Baby Fruit Bites 1

10
Dr. Brown's Fresh Fruit Silicone Feeder 1

Dr. Brown's

Nama produk

Baby Fruit Feeder

Food Feeder Lil Squeeze

Disney Empeng Buah Fresh Food

Baby Twist Food Feeder

Fruit Feeder

Kids Mini Squeeze Feeder

Silicone Fruit Feeder

Fruit Feeder

PPSU Baby Fruit Bites

Fresh Fruit Silicone Feeder

Keunggulan

Lengkap dengan tiga ukuran empeng

Higienitas terjaga meski dibawa bepergian

Edisi karakter Disney yang menggemaskan

Tak ada buah tersisa dalam empeng berkat sistem twist

Dilengkapi takaran, pemberian buah jadi lebih pas

Buat kegiatan makan jadi lebih menarik

Menarik minat makan bayi dengan empeng es loli

Bebas bahan berbahaya, proteksi maksimal bagi si kecil

Desain ergonomis untuk tangan mungil si kecil

Awet berkat material yang tahan robek

Harga mulai dariRp 35.000,00Rp 44.400,00Rp 42.500,00Rp 90.000,00Rp 49.000,00Rp 79.000,00Rp 45.750,00Rp 75.000,00Rp 65.000,00Rp 88.900,00
Cara penggunaanDigenggamDiremasDigenggamDigenggamDigenggamDiremasDigenggamDigenggamDigenggamDigenggam
MaterialFood grade silicone dan polypropyleneTutup dan ring: Polypropylene・Kantong dan cucupan: Food grade siliconePolypropylene dan siliconePP + SiliconeSoft premium siliconeSilicone dan polypropyleneSiliconeSiliconePPSU food grade siliconePure 100% silicone
UkuranS: 2,4 cm x 4 cm・M: 2,9 cm x 4,2 cm・L: 3,4 cm x 4,3 cm16 cm x 6 cm x 3 cm14 cm x 5,5 cmS: 2 cm・L: 3 cmM dan LTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanS: 3 cm x 3,5 cm・M: 3 cm x 4 cm・L: 3 cm x 4,2 cmTidak disebutkan
Rekomendasi usiaS: 4 bulan ke atas・M: 6 bulan ke atas・L: 12 bulan ke atas6 bulan ke atas3 bulan ke atasS: 4–6 bulan・L: 6 bulan ke atas6 bulan ke atas3 bulan ke atas6 bulan ke atasTidak disebutkanS: 4 bulan ke atas・M: 6 bulan ke atas・L: 12 bulan ke atas4 bulan ke atas
Dilengkapi penutupYaYaYaYaYaYaYaYaYaYa
Standar keamananBPA freeEuropean Standard for Child Safety and Feeding Utensil (EN14372), BPA FreeBPA freeBPA FreeBPA FreeBPA freeBPA FreeBPA FreeFood gradeBPA free
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk empeng bayi lainnya di sini

Selain empeng buah, kami juga telah menyiapkan artikel mengenai produk dengan empeng lainnya. Sebut saja botol susu merek Pigeon dan Avent. Untuk membaca selengkapnya, klik tautan di bawah ini, ya.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan rekomendasi produk empeng buah terbaik beserta uraian cara memilihnya. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah yang kami berikan agar tak salah dalam memilih produk.


Sebelum menentukan bentuk dan ukuran empeng buah yang akan dibeli, sesuaikanlah dengan usia bayi Anda. Periksa juga aspek kebersihan dan keamanannya demi memberikan yang terbaik untuk si kecil. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perawatan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah merawat rambut. Namun, merawat rambut bayi tidak cukup dengan keramas teratur saja. Untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambutnya, bayi perlu memakai hair lotion khusus bayi.Ada beberapa merek hair lotion bayi yang bisa Anda pilih, seperti Tropee Bebe, Beauty Barn, atau Zwitsal. Nah, agar mendapatkan hair lotion bayi yang bagus, simaklah rekomendasi dari kami dan tips memilihnya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Minyak Telon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Telon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak telon umumnya dipakaikan pada bayi. Namun, tidak sedikit juga orang dewasa yang memakainya karena wanginya enak. Biasanya, minyak telon dioleskan ke tubuh bayi setelah mandi untuk memberikan rasa hangat. Apakah Anda juga tertarik untuk membeli minyak telon? Ada banyak merek yang dijual, mulai dari Konicare, My Baby, Zwitsal, Tresno Joyo, hingga Cap Lang. Untuk membantu memilih minyak telon terbaik, kami akan memberikan tips memilihnya di artikel ini. Setelahnya, simak juga rekomendasi produk pilihan kami. Tetaplah membaca dan temukan produk minyak telon yang paling pas untuk si kecil dan Anda.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori