1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Umumnya, bayi diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan padat mulai usia enam bulan. Sayuran dan buah dapat diberikan dengan jumlah terbatas sebagai pengenalan rasa. Salah satu peralatan makan yang dapat digunakan ialah empeng buah atau fruit feeder. Empeng buah memungkinkan bayi makan dengan mandiri sekaligus melatih otot-otot tangannya.


Artikel ini membahas rekomendasi empeng buah terbaik beserta cara memilihnya. Merek empeng buah yang bagus, seperti Lusty Bunny, Dodo, Baby Safe, dan lainnya akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi. Simak terus artikel ini sampai tuntas, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Kegunaan empeng buah untuk bayi

Kegunaan empeng buah untuk bayi

Empeng buah atau fruit feeder memiliki beberapa lubang kecil pada bagian nipple. Pangkal nipple diisi dengan potongan buah, lalu biarkan bayi mengisap sambil memegang empeng secara mandiri. Air beserta sari buah akan keluar melalui lubang-lubang kecil pada nipple dan tersedot oleh bayi.


Selain fungsi utama untuk pemberian buah pada bayi, manfaat empeng buah lainnya ialah sebagai berikut.


  • Empeng buah berfungsi sebagai teether saat si kecil sedang tumbuh gigi. Anda dapat memasukkan potongan buah dingin yang dapat membantu meredakan nyeri gusi pada bayi.

  • Bayi akan terlatih kemampuan motorik halus pada jari dan tangan melalui gerakan menggenggam, meremas, hingga memindahkan empeng buahnya.

  • Bayi dapat belajar makan secara mandiri dan mengendalikan kapasitas mulutnya sehingga tak tersedak.

  • Empeng buah juga berguna untuk membuat bayi betah duduk di high chair sehingga proses makan tetap tertib sesuai aturan.

Selain fruit feeder, terdapat pula food feeder yang memiliki fungsi serupa. Bagian atas food feeder berbentuk sendok dengan wadah penyimpanan yang lebih besar. Jika Anda mencari empeng buah Huki dan Pigeon, Anda dapat memilih food feeder dari kedua merek tersebut.

Cara memilih empeng buah

Selanjutnya, kami akan menguraikan poin-poin penting yang harus diperhatikan saat memilih empeng buah. Mari simak satu per satu agar tak salah dalam menentukan produk untuk si kecil.

① Pilih berdasarkan cara penggunaannya

Secara umum, empeng buah bayi tersedia dalam dua bentuk. Perbedaannya terletak pada bagian bawah empeng buah, yaitu berupa pegangan dan kantong. Untuk mendapatkan gambaran cara pemakaian dan keunggulannya, silakan baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Untuk bayi yang baru memulai MPASI, pilih empeng buah yang digenggam

Empeng dot buah jenis ini ialah yang paling sering digunakan. Bentuknya menyerupai empeng biasa, tetapi memiliki ukuran nipple yang lebih besar sebagai wadah makanan. Bagian bawahnya merupakan pegangan atau gagang sehingga cara menggunakan empeng buah ini ialah digenggam. Bayi yang baru memulai fase MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) sebaiknya memilih empeng buah ini.

Dengan menggenggam empeng buah, kekuatan otot halus pada jemari dan pergelangan tangan bayi dapat terstimulasi. Bayi akan menggenggam dengan satu dan dua tangan, memindahkan empeng dari tangan kanan ke kiri, hingga melemparnya ke lantai. Selain itu, ukuran nipple-nya menyesuaikan dengan porsi bayi yang masih sedikit sehingga tak mudah tersedak saat mengisap sari buah.

Jika otot tangan bayi sudah lebih kuat, gunakan empeng buah yang dapat diremas

Untuk bayi dengan usia lebih besar dan sudah terlatih kekuatan tangannya, pilihlah empeng buah model squeeze. Bagian bawah empeng buah ini merupakan wadah yang menyerupai botol kecil sehingga makanan yang dimasukkan lebih banyak. Selain gerakan mengisap, bayi juga harus meremas bagian botolnya supaya makanan terdorong naik.


Untuk lebih memudahkan bayi dalam mendapatkan nutrisi, sebaiknya buah atau makanan lain disajikan dalam bentuk puree. Puree atau makanan semi padat dapat berupa buah ataupun sayuran yang dihaluskan. Jadi, bayi akan mulai terbiasa makan secara mandiri selain disuapi menggunakan sendok.

② Ketahui material empeng buah

Ketahui material empeng buah

Peralatan MPASI, termasuk juga empeng buah, umumnya terbuat dari bahan silikon. Bahan silikon dipercaya lebih aman untuk bayi, terlebih lagi jika sudah mengantongi status food grade. Adapun keunggulan material silikon bagi bayi ialah sebagai berikut.


  • Bahan silikon memiliki karakteristik hypoallergenic atau tidak menimbulkan alergi. Bahan ini juga tidak beracun sehingga ramah lingkungan.

  • Alat MPASI berbahan silikon mudah dibersihkan karena antinoda dan antibau. Proses pencuciannya dapat dibilas air hangat ataupun dikukus agar lebih steril.

  • Empeng buah dengan bahan silikon ramah untuk gusi bayi karena memiliki permukaan yang halus.

③ Pilih ukuran empeng buah yang tepat agar sesuai dengan usia bayi

Pilih ukuran empeng buah yang tepat agar sesuai dengan usia bayi

Para orang tua baru mungkin akan bertanya-tanya, empeng buah cocok digunakan untuk bayi berusia berapa bulan? Pemberian MPASI yang sesuai dimulai dari usia enam bulan. Namun, ada kondisi tertentu yang mengharuskan bayi diberikan MPASI dini, yakni sejak berusia empat bulan. 


Kondisi tersebut ialah ketika bayi tidak mengalami kenaikan berat badan meskipun sudah mendapatkan cukup ASI. Oleh karena itu, beberapa produsen menyediakan empeng buah dengan beragam ukuran nipple yang disesuaikan dengan usia bayi.


  • Ukuran kecil (S), untuk bayi berusia 4 bulan ke atas.

  • Ukuran sedang (M), untuk bayi berusia 6 bulan ke atas.

  • Ukuran besar (L), untuk bayi berusia 12 bulan ke atas.

Perlu Anda ketahui, tidak semua merek empeng buah menyediakan ukuran nipple yang beragam. Kebanyakan empeng buah tersedia dalam satu ukuran saja, yaitu untuk bayi berusia enam bulan ke atas. Untuk produk dengan lebih dari satu ukuran biasanya dijual dalam bentuk bundle. Jadi, Anda juga dapat mengganti ukuran nipple empeng buah tanpa harus membelinya secara terpisah.

④ Pertimbangkan higienitasnya dengan kelengkapan tutup empeng buah

Kebersihan pada alat makan bayi merupakan hal yang teramat penting. Untuk itu, sebaiknya empeng buah pilihan Anda dilengkapi dengan penutup agar higienitasnya terjaga. Beberapa produk empeng buah dilengkapi penutup pada bagian nipple-nya saja. 


Sementara itu, beberapa produk lainnya memiliki penutup tambahan berupa case atau wadah untuk menyimpan empeng buah secara keseluruhan. Jadi, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

⑤ Periksa standar keamanan empeng buah sebagai proteksi tambahan

Periksa standar keamanan empeng buah sebagai proteksi tambahan

Memilih perlengkapan bayi yang berlabel SNI tentu merupakan hal yang patut diperhatikan. Selain itu, penting juga untuk mengecek standar keamanan lain yang dimiliki sebagai proteksi tambahan. Untuk empeng buah sendiri, pastikanlah produk pilihan Anda memiliki keterangan BPA free.


BPA atau bisphenol-A merupakan zat kimia yang digunakan sebagai pelapis pada wadah-wadah plastik. Zat berbahaya tersebut dapat terurai dalam makanan dan menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dan waspada dalam memilih produk untuk si kecil.

10 Rekomendasi empeng buah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh empeng buah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kuru

Baby Fruit Feeder

Kuru Baby Fruit Feeder 1枚目

Kenalkan rasa makanan selagi menenangkan bayi

2

Babysafe

Food Feeder Lil Squeeze

Babysafe Food Feeder Lil Squeeze  1枚目

Higienitas terjaga meski dibawa bepergian

3

Lusty Bunny

Disney Empeng Buah Fresh Food

Lusty Bunny Disney Empeng Buah Fresh Food 1枚目

Edisi karakter Disney yang menggemaskan

4

Coconi

Baby Twist Food Feeder

Coconi Baby Twist Food Feeder 1枚目

Tak ada buah tersisa dalam empeng berkat sistem twist

5

Little Baby

Fruit Feeder

Little Baby  Fruit Feeder 1枚目

Dilengkapi takaran, pemberian buah jadi lebih pas

6

Nuby

Kids Mini Squeeze Feeder

Nuby Kids Mini Squeeze Feeder 1枚目

Buat kegiatan makan jadi lebih menarik

7

DODO

Silicone Fruit Feeder

DODO Silicone Fruit Feeder 1枚目

Menarik minat makan bayi dengan empeng es loli

8

Little Giant

Fruit Feeder

Little Giant Fruit Feeder 1枚目

Bebas bahan berbahaya, proteksi maksimal bagi si kecil

9

PPSU Baby Fruit Bites

 PPSU Baby Fruit Bites 1枚目

Desain ergonomis untuk tangan mungil si kecil

10

Dr. Brown's

Fresh Fruit Silicone Feeder

Dr. Brown's Fresh Fruit Silicone Feeder 1枚目

Awet berkat material yang tahan robek

Perincian produk
Close
No.1

Kenalkan rasa makanan selagi menenangkan bayi

Kelebihan:

  • Gagang ergonomis, dapat digunakan sebagai mainan

Kekurangan:

  • Tidak memiliki perisai

Rekomendasi empeng bayi kali ini merupakan empeng buah. Fruit pacifier ini memiliki gagang ergonomis yang nyaman untuk digenggam bayi. Selain mampu memperkenalkan bayi pada makanan, empeng ini juga bisa jadi mainan yang dapat mendorong stimulasi motorik bayi untuk menggenggam. Jika Anda ingin memiliki produk empeng dan mainan sekaligus, produk ini adalah jawabannya!

No.2

BabysafeFood Feeder Lil Squeeze JP030

Mulai dari Rp44.400,00

Higienitas terjaga meski dibawa bepergian

Bagi Anda yang ingin mengajak si kecil bepergian, produk ini dapat dijadikan salah satu bawaan esensial. Selain dilengkapi tutup untuk nipple, produk ini juga dilengkapi dengan wadah penyimpanan. Jadi, kebersihan produk dapat terjaga dengan maksimal meskipun produk ini dibawa ke luar rumah.


Di bagian atas wadah penyimpanan empeng buah ini juga terdapat lubang untuk dipasang tali atau strap. Anda dapat menggantungnya pada tas diaper atau dikalungkan di leher. Empeng buah pun tak akan mudah tertinggal, terselip di antara barang bawaan, atau hilang.

No.3

Lusty BunnyDisney Empeng Buah Fresh Food

Mulai dari Rp42.500,00

Edisi karakter Disney yang menggemaskan

Dengan karakter Mickey Mouse dan Minnie Mouse, Anda dapat memilih sesuai dengan gender bayi. Bagi Anda penggemar kartun Disney, produk ini dapat dijadikan pilihan untuk si kecil. Dari segi kegunaannya, empeng buah ini memiliki bentuk pegangan stik untuk digenggam dengan satu ataupun dua tangan.


Bagian empengnya terbuat dari silikon lembut sehingga ramah bagi gusi bayi. Dengan menggunakan produk ini, bayi dapat terbantu dalam belajar mengisap, mengunyah, dan mengecap. Selain buah, Anda juga dapat memasukkan potongan sayuran hingga ikan yang bertekstur halus.

No.4

CoconiBaby Twist Food Feeder

Mulai dari Rp90.000,00

Tak ada buah tersisa dalam empeng berkat sistem twist

Saat potongan buah dalam nipple hampir habis terisap oleh mulut bayi, selalu ada yang tersisa di bagian dasar wadah. Namun, dengan menggunakan produk dari Coconi ini, potongan buah tak akan tertinggal lagi. Putarlah sistem twist yang terletak di bawah nipple untuk membuat makanan naik sehingga bayi dapat memakannya sampai habis.


Di samping itu, desain pegangannya sangat cute, yaitu berbentuk tapak kaki kucing. Pilihan warnanya sendiri terdiri dari Bamboo Cyan dan Coral Purple. Jika Anda mencari empeng buah yang mudah dibersihkan karena tidak banyak tertinggal sisa makanan, produk ini pilihannya.

No.5

Little Baby Fruit FeederBFT0421

Mulai dari Rp49.000,00

Dilengkapi takaran, pemberian buah jadi lebih pas

Pemberian buah sebagai menu selingan MPASI diberikan secara terbatas sebagai proses pengenalan rasa dan tekstur. Sebaiknya, Anda menghindari pemberian buah dalam takaran terlalu banyak. Hal tersebut dikarenakan buah mengandung banyak serat yang dapat menghambat penyerapan zat besi pada bayi.


Bagi Anda yang ingin memberikan buah dalam takaran yang pas untuk si kecil, gunakanlah produk ini. Pada bagian penutup nipple atau empengnya dilengkapi dengan keterangan ukuran dalam mililiter. Anda pun dapat mengetahui takaran makanan secara pasti dan tak perlu menggunakan perkiraan saja.

No.6

NubyKids Mini Squeeze Feeder

Mulai dari Rp79.000,00

Buat kegiatan makan jadi lebih menarik

Empeng buah dengan model wadah squeeze ini dapat diisi dengan bubur serta nasi yang bertekstur lembut. Saat menggunakannya, si kecil juga dapat belajar menggunakan kekuatan otot halus pada tangannya. Produk ini dilengkapi penutup nipple dan wadah squeeze agar higienitasnya tetap terjaga saat tidak digunakan. 


Untuk membersihkannya, gunakanlah sabun khusus perlengkapan anak yang berbahan food grade. Anda juga dapat mencucinya menggunakan mesin pencuci piring atau dishwasher. Untuk si kecil yang sedang susah makan, Anda dapat memberikan empeng buah ini sebagai salah satu alternatif.

No.7

DODOSilicone Fruit Feeder

Mulai dari Rp45.750,00

Menarik minat makan bayi dengan empeng es loli

Tumbuh gigi memang membuat gusi bayi menjadi tak nyaman dan menyebabkan hilangnya nafsu makan. Sebagai solusi, Anda dapat memberikan makanan dingin untuk meredakan nyeri gusi bayi. Untuk menarik minat makan bayi yang sedang tumbuh gigi, jangan ragu untuk memilih produk ini.


Bagian pegangan empeng buah merk Dodo ini didesain menyerupai stik es loli atau es lilin. Anda dapat mengisinya dengan potongan buah dingin dan biarkan si kecil makan secara mandiri. Pastikan Anda memutar pegangannya sampai terkunci agar tak ada makanan yang bocor ataupun tumpah.

No.8

Little GiantFruit Feeder

Mulai dari Rp75.000,00

Bebas bahan berbahaya, proteksi maksimal bagi si kecil

Untuk Anda yang sangat concern terhadap kesehatan si kecil, jangan ragu untuk segera check out produk ini. Selain terjamin BPA free, material silikon pada bagian empengnya juga terhindar dari bahan kimia berbahaya lainnya. Sebut saja PVC, phthalates, dan nitrosamine yang dapat menyebabkan masalah serius jika tertelan.


Bagian tutupnya terbuat dari material food grade sehingga aman untuk digigit oleh bayi. Tak hanya itu, tutup empeng buah ini juga antidebu dan antibakteri. Dibawa bepergian pun produk ini tak akan mudah terkontaminasi oleh kuman.

No.9

Desain ergonomis untuk tangan mungil si kecil

Untuk Anda yang sedang mencari empeng buah yang nyaman dalam genggaman bayi, pertimbangkanlah memilih produk ini. Biasanya, empeng buah memiliki pegangan berbentuk bulat, tetapi produk ini didesain berbeda. Pegangan empeng buah ini membentuk dua cabang untuk digenggam oleh kedua tangan bayi. 


Tidak hanya itu, gagang ergonomis tersebut juga berfungsi untuk membuat buah naik ke atas jika digerakkan ke arah dalam. Selain menggenggam, bayi juga dapat belajar menekan menggunakan kedua tangan atau dengan jari telunjuk dan jempolnya.

No.10

Dr. Brown'sFresh Fruit Silicone Feeder

Mulai dari Rp88.900,00

Awet berkat material yang tahan robek

Jika Anda ingin membeli fruit feeder yang awet, pilihlah produk dari Dr. Brown's. Bagian empeng sebagai wadah makanan terbuat dari bahan silicon bulb. Bahan tersebut diklaim tak mudah robek sehingga akan awet digunakan.


Bagian handle atau pegangannya juga ringan sehingga nyaman digunakan oleh bayi. Pada bagian ujung nipple terdapat 48 lubang kecil untuk mengalirkan sari-sari makanan. Selain mudah dibersihkan dengan cara dicuci, Anda juga dapat mensterilkan empeng buah ini dengan air hangat.

Baca juga rekomendasi produk empeng bayi lainnya di sini

Selain empeng buah, kami juga telah menyiapkan artikel mengenai produk dengan empeng lainnya. Sebut saja botol susu merek Pigeon dan Avent. Untuk membaca selengkapnya, klik tautan di bawah ini, ya.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan rekomendasi produk empeng buah terbaik beserta uraian cara memilihnya. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah yang kami berikan agar tak salah dalam memilih produk.


Sebelum menentukan bentuk dan ukuran empeng buah yang akan dibeli, sesuaikanlah dengan usia bayi Anda. Periksa juga aspek kebersihan dan keamanannya demi memberikan yang terbaik untuk si kecil. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer