• 10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Makin maraknya pembayaran nontunai, makin marak pula perbankan yang menerapkan branchless banking. Hadirnya bank-bank digital membuat kantor cabang kurang dibutuhkan lagi. Anda tidak perlu repot-repot lagi mengatur jadwal atau antre lama di bank. Semua kegiatan perbankan bisa Anda lakukan secara online di HP Anda.


Akan tetapi, banyaknya bank digital di Indonesia mungkin membuat Anda bingung memilih mana yang tepat. Kami akan membagikan cara memilih bank digital yang bagus. Bank digital terbaik seperti Jago dan Jenius ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 Mei 2022
Daftar isi

Apa itu bank digital?

Apa itu bank digital?

Bank digital hadir sebagai upaya digitalisasi semua operasional bank konvensional. Semua transaksi yang biasanya dilakukan di kantor bank kini bisa dilakukan secara online dengan bank digital. Meski sepintas terlihat sama-sama memudahkan transaksi finansial, bank digital berbeda dengan online banking, lho.


Online banking merupakan bentuk transaksi finansial yang bertujuan memudahkan nasabah bank konvensional dalam melakukan transaksi. Transaksi ini bisa dilakukan jarak jauh dengan bantuan gadget seperti handphone dan tablet.


Sementara itu, bank digital memungkinkan Anda mengakses semua produk dan layanan bank konvensional melalui platform elektronik dan online. Layanan bank digital ini meliputi pembukaan dan penutupan rekening, pembayaran tagihan, bahkan pengajuan pinjaman.


Dengan perpindahan sistem ini, Anda bisa mengakses layanan finansial setiap hari selama 24 jam. Selain itu, bank digital juga mampu mengganti kehadiran kantor fisik. Jadi, kantor fisik bank sudah tidak diperlukan lagi.

Cara memilih bank digital

Sebelum memutuskan memilih bank digital, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Karena menabung di bank digital menyangkut uang, Anda perlu mempertimbangkan keamanan, fitur, dan fasilitasnya. Berikut kami jelaskan satu per satu agar Anda lebih bijak dalam memilih bank digital.

Pastikan keamanannya

Kemanan adalah faktor paling penting dalam memilih bank digital. Karena merupakan layanan online, Anda perlu mengetahui seluk-beluk bank digital tersebut. Berikut kami paparkan beberapa hal penting yang seharusnya ada di bank digital.

Bank terdaftar dan diawasi OJK, untuk jaminan keamanan bank

Bank terdaftar dan diawasi OJK, untuk jaminan keamanan bank

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah lembaga resmi pemerintah untuk mengatur dan mengawasi kegiatan jasa keuangan, salah satunya bank digital. Lembaga resmi ini sah secara hukum sehingga menabung di bank yang terdaftar di OJK akan lebih aman dan tepercaya.


Pengawasan yang dilakukan OJK meliputi rasio kecukupan modal minimum, pengujian kredit, kualitas aset, dan rasio pinjaman serta batas pemberian kredit. Jadi, pastikan bank digital yang Anda pilih terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga Anda bisa terhindar dari penipuan.

Bank peserta LPS, untuk penjaminan dana nasabah

Bank peserta LPS, untuk penjaminan dana nasabah

LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) merupakan lembaga independen yang bertujuan menjamin simpanan nasabah penyimpan. LPS berfungsi menjamin dana Anda tetap aman apabila bank mengalami likuid atau tutup permanen.


Simpanan dana Anda pada bank digital peserta LPS akan dijamin hingga dua miliar rupiah per bank. Sumber dana LPS berasal dari modal awal pemerintah, kontribusi kepesertaan, premi bank peserta, dana pihak ketiga, dan investasi.


Salah satu syarat agar dana Anda terjamin LPS adalah tingkat bunga simpanan bank Anda tidak melebihi tingkat penjaminan LPS. Pastikan bank digital Anda merupakan peserta LPS sehingga dana Anda dijamin aman, ya.

Otentikasi transaksi, untuk keamanan transaksi finansial

Otentikasi transaksi, untuk keamanan transaksi finansial

Sebuah aplikasi online bank dikatakan aman jika didahului autentikasi saat akan login dan melakukan transaksi. Proses autentikasi menjamin keamanan bank digital karena hanya Anda yang mengetahuinya. Berikut beberapa jenis autentikasi bank digital:


  • Face recognition. Proses autentikasi pengenalan wajah ini menggunakan gesture wajah selayaknya password. Aplikasi akan mendeteksi wajah Anda dan membandingkannya dengan citra wajah yang pernah dimasukkan sebelumnya.

  • Fingerprint. Langkah autentikasi ini membutuhkan sidik jari Anda untuk bisa masuk ke dalam aplikasi. Sidik jari setiap manusia tentunya berbeda satu sama lainnya sehingga hanya tangan Anda yang bisa membuka aplikasi tersebut.

  • PINPersonal Identification Number adalah sebuah kode yang menggunakan beberapa digit angka. Angka ini dapat Anda tentukan sendiri sehingga dipastikan hanya Anda yang mengetahuinya.

  • Password. Kata kunci yang satu ini merupakan sekumpulan karakter yang berupa angka, huruf, karakter spesial, dan tanda baca. 

  • OTP. One Time Password merupakan kode yang dikirimkan dengan waktu terbatas. Kode OTP biasanya berupa angka yang akan dikirimkan melalui SMS ke nomor HP Anda yang terdaftar. OTP ini tergolong aman karena hanya akan dikirimkan ke nomor yang terdaftar di mobile banking.

Selain itu, ada pula autentikasi menggunakan foto KTP atau data pribadi seperti nama ibu kandung dan transaksi terakhir. Transaksi di bank digital dijamin aman jika Anda bijak merahasiakan semua data-data tersebut, bahkan kepada karyawan bank. Pastikan hanya Anda sendiri yang mengetahuinya, ya!

Periksa fitur-fitur yang ditawarkan

Setelah memastikan keamanan bank digital, Anda perlu memeriksa fitur-fitur yang ditawarkan. Anda perlu memeriksa fitur-fitur berupa bebas biaya administrasi, gratis transfer, dan gratis tarik tunainya. Berikut penjelasannya satu per satu.

Bebas biaya administrasi, tabungan tidak dibebani biaya bulanan

Bebas biaya administrasi, tabungan tidak dibebani biaya bulanan

Salah satu keuntungan menabung di bank digital adalah bebas biaya administrasi rekening bulanan. Tak hanya itu, beberapa bank digital juga menerapkan bebas biaya untuk kartu ATM.


Karena bank sudah tidak membutuhkan kantor fisik dan buku tabungan, biaya administrasi yang biasanya diterapkan bank bisa ditekan. Anda juga bisa mengecek mutasi dan unduh rekening koran secara online langsung di HP Anda.

Gratis transfer, bebas transfer ke bank mana pun

Gratis transfer, bebas transfer ke bank mana pun

Keuntungan lain pengguna bank digital adalah gratis transfer ke bank lokal mana pun. Kebanyakan bank digital menerapkan gratis transfer tanpa batas. Namun, ada pula bank digital yang memiliki kuota terbatas dan bersyarat.


Salah satu syaratnya adalah saldo rata-rata nasabah harus memenuhi minimal yang ditetapkan bank digital. Selain itu, ada pula bank digital yang menerapkan gratis transfer ke bank luar negeri di beberapa negara pilihan.

Gratis tarik tunai, bisa tarik tunai di ATM bank mana saja

Gratis tarik tunai, bisa tarik tunai di ATM bank mana saja

Karena tidak memiliki ATM sendiri, kebanyakan bank digital "menumpang" di ATM bank lain untuk urusan tarik tunai. Biasanya bank digital menerapkan gratis tarik tunai dengan kuota tertentu. Anda bisa menarik uang tunai di ATM-ATM bank mana pun yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun, pastikan logo di kartu ATM Anda sesuai dengan logo ATM yang dituju.

Cek fasilitas yang diberikan

Selanjutnya, Anda perlu mengecek fasilitas-fasilitas yang diberikan bank digital. Fasilitas yang umum diberikan bank digital adalah mobile banking dan kartu ATM. Simak penjelasan kami berikut ini.

Mobile banking, untuk transaksi finansial langsung dari genggaman

Mobile banking, untuk transaksi finansial langsung dari genggaman

Mobile banking adalah fasilitas yang wajib diberikan bank digital. Semua transaksi finansial akan Anda lakukan di aplikasi ini. Pastikan Anda mengunduh aplikasi yang resmi, ya.


Anda bisa mengunduh aplikasinya melalui halaman resmi situs web bank tersebut atau mencarinya di Google Play Store atau App Store. Menu-menu yang seharusnya ada di mobile banking adalah cek saldo, mutasi, transfer, bayar, top up, dan blokir kartu.

Kartu ATM, untuk berbelanja di merchant-merchant favorit

Kartu ATM, untuk berbelanja di merchant-merchant favorit

Kartu ATM akan menjadi cara ampuh jika tiba-tiba HP Anda mati atau kehabisan kuota data internet. Dengan kartu ATM, Anda bisa melakukan transaksi finansial seperti berbelanja di supermarket. Anda juga bisa tarik tunai di ATM bank mana pun asalkan sesuai dengan logo di kartu ATM Anda.


Sebagai contoh, jika kartu Anda berlogo GPN, Anda bisa tarik tunai di ATM Link, ATM Bersama, Alto, atau Prima. Bahkan, jika kartu ATM Anda berlogo Visa atau Mastercard, Anda bisa menarik uang di ATM luar negeri. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai logo ATM yang sesuai, Anda bisa mengeceknya di bagian belakang kartu ATM.

Selain itu, kartu ATM, khususnya yang berlogo Visa atau Mastercard, bisa digunakan untuk berbelanja online layaknya kartu kredit. Anda bisa berbelanja di merchant-merchant online dalam dan luar negeri dengan kartu ATM tersebut. Namun, Anda perlu merahasiakan nomor kartu dan tiga angka di belakang kartu Anda karena bersifat rahasia.

10 Rekomendasi bank digital terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh bank digital terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play Store dan App Store.

10
Rating di Google Play4,2 dari 5
Rating di App Store4,2 dari 5
Bebas biaya administrasi
Gratis transfer
Gratis tarik tunai
Kartu ATM
9
Rating di Google Play3,9 dari 5
Rating di App Store3,3 dari 5
Bebas biaya administrasi
Gratis transfer
Gratis tarik tunai
Kartu ATM✓ (berlogo GPN atau Visa)
8
Rating di Google Play4,2 dari 5
Rating di App Store3,6 dari 5
Bebas biaya administrasi✓ (saldo rata-rata Rp5.000.000,-)
Gratis transfer✓ (minimal saldo bulan sebelumnya Ro1.000.000,-)
Gratis tarik tunai
Kartu ATM✓ (berlogo Visa)
7
Rating di Google Play4,1 dari 5
Rating di App Store3,8 dari 5
Bebas biaya administrasi
Gratis transfer
Gratis tarik tunai
Kartu ATMx
6
Rating di Google Play3,9 dari 5
Rating di App Store3,9 dari 5
Bebas biaya administrasi
Gratis transfer
Gratis tarik tunai
Kartu ATM✓ (berlogo Visa)
5

Bank Neo Commerceneobank: BNC digital bank, tabungan online

Rating di Google Play4,4 dari 5
Rating di App Store3,9 dari 5
Bebas biaya administrasi
Gratis transfer
Gratis tarik tunai
Kartu ATMx
4
Rating di Google Play3,9 dari 5
Rating di App Store4,4 dari 5
Bebas biaya administrasix (feesible Rp10.000/bulan)
Gratis transfer✓ (saldo rata-rata Rp1.000.000,-)
Gratis tarik tunai✓ (saldo rata-rata Rp1.000.000,-)
Kartu ATM✓ (berlogo Visa)
3
Rtaing di Play Store4,2 dari 5
Rating di App Store4,1 dari 5
Bebas biaya administrasi
Gratis transfer
Gratis tarik tunai
Kartu ATM✓ (berlogo GPN)
2
Rating di Google Play4,8 dari 5
Rating di App Store4,6 dari 5
Bebas biaya administrasi
Gratis transfer✓ (minimal saldo bulan sebelumnya Rp1.000.000,-)
Gratis tarik tunai✓ (hanya di ATM BCA)
Kartu ATMx
1
Rating di Google Play4,9 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 5
Bebas biaya administrasi
Gratis transfer
Gratis tarik tunai
Kartu ATMx

Tabel perbandingan bank digital terbaik

Gambar produk
1
Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Raya 1

Bank Rakyat Indonesia Agroniaga

2
BCA Digital blu by BCA Digital 1

BCA Digital

3
United Overseas Bank Limited Co. TMRWbyUOB ID 1

United Overseas Bank Limited Co.

4
Bank BTPN Jenius 1

Bank BTPN

5
Bank Neo Commerce neobank: BNC digital bank, tabungan online 1

Bank Neo Commerce

6
Bank Jago Jago 1

Bank Jago

7
Bank SeaBank Indonesia SeaBank 1

Bank SeaBank Indonesia

8
Bank DBS Indonesia digibank by DBS Indonesia 1

Bank DBS Indonesia

9
Bank KEB Hana Indonesia LINE Bank 1

Bank KEB Hana Indonesia

10
Bank Aladin Syariah Aladin Bank 1

Bank Aladin Syariah

Nama produk

Raya

blu by BCA Digital

TMRWbyUOB ID

Jenius

neobank: BNC digital bank, tabungan online

Jago

SeaBank

digibank by DBS Indonesia

LINE Bank

Aladin Bank

Keunggulan

Beragam transaksi dalam satu genggaman dengan bank digital dari BRI

Solusi patungan online atau nabung bersama hingga 25 orang!

Menabung jadi seperti bermain game! Makin banyak saldo, makin berkembang kotanya

Tak perlu menulis nomor rekening, kirim uang lebih mudah dengan fitur cashtag

Menawarkan bunga deposito tinggi dan transfer dana semudah kirim chat

Pantau tabungan, reksa dana, dan saldo e-wallet dalam satu aplikasi

Menawarkan keuntungan lebih bagi pengguna Shopee

Gratis transfer ke bank lokal dan bank di 20 negara pilihan

Satu-satunya bank digital dengan kartu debit berdesain karakter LINE Friends

Urusan menabung bisa lebih tenang dengan bank syariah digital

Rating di Google Play4,9 dari 54,8 dari 54,2 dari 53,9 dari 54,4 dari 53,9 dari 54,1 dari 54,2 dari 53,9 dari 54,2 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 54,6 dari 54,1 dari 54,4 dari 53,9 dari 53,9 dari 53,8 dari 53,6 dari 53,3 dari 54,2 dari 5
Bebas biaya administrasix (feesible Rp10.000/bulan)✓ (saldo rata-rata Rp5.000.000,-)
Gratis transfer✓ (minimal saldo bulan sebelumnya Rp1.000.000,-)✓ (saldo rata-rata Rp1.000.000,-)✓ (minimal saldo bulan sebelumnya Ro1.000.000,-)
Gratis tarik tunai✓ (hanya di ATM BCA)✓ (saldo rata-rata Rp1.000.000,-)
Kartu ATMxx✓ (berlogo GPN)✓ (berlogo Visa)x✓ (berlogo Visa)x✓ (berlogo Visa)✓ (berlogo GPN atau Visa)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi aplikasi keuangan lainnya di sini

Selain bank digital, kami memiliki artikel rekomendasi lain yang cocok untuk mengatur keuangan Anda. Ada dompet digital, aplikasi pengatur keuangan, dan aplikasi investasi terbaik yang bisa Anda baca. Silakan klik link-link berikut ini.

Kesimpulan

Dengan bank digital, hidup Anda akan menjadi lebih mudah. Menabung dan transaksi finansial bisa Anda lakukan dalam genggaman. Selama bank digital diawasi OJK dan peserta LPS, Anda tak perlu takut lagi menyimpan uang di bank digital.

Namun, Anda perlu merahasiakan semua data-data pribadi Anda, seperti password, PIN, dan kode OTP. Segera ganti password atau telepon call center jika ada transaksi yang mencurigakan. Semoga Anda makin terbantu dengan hadirnya bank digital.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sepatutnya dikuasai pada era globalisasi ini. Untuk membantu Anda menguasi bahasa Inggris, tempat kursus bahasa Inggris bisa diandalkan. Di tempat kursus, Anda akan difasilitasi tenaga profesional yang membantu Anda memahami materi. Namun, apakah setiap tempat kursus bahasa Inggris sama? Manakah tempat kursus bahasa Inggris yang bagus untuk menjembatani tujuan belajar Anda? Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, silakan baca artikel ini sampai habis. Kami akan membahas cara memilih tempat les bahasa Inggris terbaik dan sepuluh rekomendasinya. British Council, EF, dan English Today juga masuk dalam review kami!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Game Android selalu bisa menjadi hiburan untuk melepas penat. Beberapa judulnya yang populer adalah Roblox, Worms Zone, Minecraft, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa dengan mudah menemukan game Android terbaru di Google Play. Jadi, manakah yang bagus dan paling tepat untuk Anda?Khusus bagi Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi game Android terbaik. Dari yang offline sampai yang online multiplayer, semuanya ada. Ulasan setiap game-nya pun sudah tersedia. Namun, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu kepada Anda. Yuk, disimak bersama-sama!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Musik sejatinya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Saat mengalami momen sedih atau bahagia, alunan musik selalu menemani. Dengan hadirnya aplikasi pemutar musik, Anda dapat mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja. Saat ini aplikasi pemutar musik, seperti Spotify dan JOOX, bisa didapatkan di platform penyedia aplikasi.Setiap aplikasi pemutar musik memiliki keunggulan masing-masing. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi pemutar musik terbaik. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih aplikasi pemutar musik yang bagus terlebih dahulu. Pastikan Anda membacanya sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pemesanan hotel kini makin mudah dan fleksibel lewat aplikasi booking hotel di ponsel Anda. Dengan aplikasi booking hotel, Anda bisa menyortir hotel sesuai bujet, fasilitas, dan lokasi yang diinginkan. Aplikasi booking hotel juga menawarkan promo menarik berupa diskon atau potongan harga hotel yang paling murah.Ada beberapa aplikasi booking hotel terbaik dan termurah yang akan kami review untuk Anda. Anda akan temukan beberapa aplikasi yang bagus dan tepercaya, seperti Pegipegi, Traveloka, Agoda, RedDoorz, Tiket.com, dan Booking.com. Mari simak tips memilih dan rekomendasi aplikasi pemesanan hotel berikut ini!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terkenal akan performa yang cepat, ada begitu banyak game yang bisa Anda nikmati dengan puas di iPhone. Beberapa game iPhone yang bagus dan menyenangkan untuk dimainkan, di antaranya Crossy Road Castle, Real Racing 3, dan lain-lain. Kira-kira, manakah game iPhone yang paling seru untuk Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih game iPhone sekaligus merekomendasikan sepuluh game yang populer dan asyik dimainkan. Ada juga game yang bisa Anda mainkan tanpa akses internet dan support AirPlay. Dengan demikian, Anda dapat mencerminkannya dari iPhone ke smart TV atau Apple TV.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pencatatan pemasukan dan pengeluaran keuangan secara berkala merupakan sesuatu yang penting. Dengan cara ini Anda bisa lebih mudah dalam mengatur keuangan. Tenang! Anda tidak perlu pusing melakukan kegiatan tersebut secara manual karena sekarang sudah ada aplikasi pengatur keuangan.Tersedia banyak aplikasi pengatur keuangan dengan beragam tujuan mulai dari melacak pengeluaran hingga perencanaan pensiun. Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi pengatur keuangan yang bagus, seperti Mint atau PocketGuard. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa tips dalam menentukan aplikasi pengatur keuangan terbaik. Pastikan jangan salah pilih, ya!
    Aplikasi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori