1. TOP
  2. >
  3. Perawatan hewan
  4. >
  5. Makanan hewan
  6. >
  7. 10 Rumput Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rumput Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rumput Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rumput Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rumput Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rumput Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rumput Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)

Apakah Anda pernah melihat kucing memakan rumput? Jangan heran, meski termasuk hewan karnivora, ternyata kucing juga memakan rumput. Jika Anda memelihara kucing, jangan berikan kucing Anda sembarang rumput. Berikan kucing kesayangan Anda rumput khusus untuk kucing, yaitu rumput gandum atau wheatgrass.


Rumput kucing kini dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran. Rumput ini dijual dalam bentuk benih dan juga rumput siap panen. Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan tips-tips memilih rumput kucing yang bagus. Terdapat juga rekomendasi rumput kucing terbaik, seperti merek Lazycat, Rumput Kucing Jogja, dan lainnya.

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

drh. Bella adalah seorang dokter hewan muda yang telah selesai menempuh profesi dokter hewan di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Ia merupakan founder dokterhewanku.com, situs untuk konsultasi online hewan kesayangan. drh. Bella berpengalaman dalam telemedicine selama satu tahun lebih dengan ratusan client setiap bulannya. Ia juga menerima konsultasi online melalui aplikasi khusus tentang hewan peliharaan. Selain itu, ia juga seorang dokter praktisi di klinik hewan kecil di Kota Ngawi, Jawa Timur.

Profil drh. Bella Fortuna
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu rumput kucing?

Apa itu rumput kucing?

Rumput kucing banyak jenisnya. Namun, jenis yang sering dipakai adalah jenis rumput gandum. Rumput gandum aman dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kucing. Rumput gandum sangat bermanfaat terutama untuk pencernaan kucing. Rumput kucing mengandung enzim yang dibutuhkan kucing yang tidak bisa disintetis sendiri oleh tubuhnya.


Kucing biasanya akan memakan rumput untuk membuatnya muntah. Dengan memakan rumput gandum tersebut, pencernaan kucing menjadi lebih sehat. Hal ini disebabkan oleh kucing yang mengeluarkan sesuatu yang beracun atau yang tidak dapat dicerna.


Rumput kucing atau rumput gandum sendiri mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh kucing. Selain itu, rumput gandum juga mengandung klorofil dan asam folat yang berfungsi untuk memproduksi oksigen dalam darah. Karena dapat Anda tanam sendiri, rumput gandum tentu lebih menyehatkan karena tidak mengandung pestisida dan bahan kimia lainnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih rumput kucing

Jangan sampai Anda memilih sembarangan produk untuk si meong di rumah. Anda harus memperhatikan beberapa poin berikut ini sebelum membelikannya rumput kucing. 

① Pilih berdasarkan bentuknya

Terdapat dua bentuk rumput kucing di pasaran, yaitu bentuk benih atau biji dan rumput siap panen. Kedua bentuk ini memiliki kelebihannya masing-masing. Anda bisa memilih bentuk sesuai preferensi dan kebutuhan Anda.

Biji atau benih, bisa ditanam sendiri untuk berkali-kali panen

Biji atau benih, bisa ditanam sendiri untuk berkali-kali panen

Jika Anda merasa lebih puas menanam sendiri, pilih rumput kucing berbentuk biji atau benih. Jenis ini memang tidak bisa langsung dikonsumsi oleh kucing, tetapi Anda bisa memanen rumputnya berkali-kali. Tidak perlu khawatir, benih akan mulai tumbuh dalam waktu tujuh sampai lima belas hari saja.


Anda juga tidak memerlukan lahan yang luas untuk menanam bibit rumput gandum ini. Anda hanya perlu menyediakan pot kecil untuk menanamnya. Namun, Anda harus menyesuaikan banyaknya biji dengan ukuran pot agar rumput tumbuh dengan baik. Tanam sebanyak mungkin untuk persediaan kucing Anda. Banyak tanaman tentu membuat taman atau rumah Anda tampak lebih segar.


Tanaman biji gandum tidak hanya bermanfaat untuk kucing, tetapi bisa juga dikonsumsi oleh manusia. Tanaman ini mengandung 70% klorofil yang bersifat antibakteri dan mengeluarkan racun di tubuh. Selain itu, tanaman dari biji gandum bisa digunakan untuk tanaman obat di rumah.

Rumput siap panen, praktis tidak perlu ditanam terlebih dahulu

Rumput siap panen, praktis tidak perlu ditanam terlebih dahulu

Nah, rumput siap panen ini cocok untuk Anda yang tidak ingin repot dan tidak mempunyai waktu untuk menanam sendiri. Selain itu, produk ini juga cocok untuk Anda yang takut gagal panen. Rumput siap panen ini sangat praktis. Anda tidak perlu menunggu rumput untuk tumbuh untuk diberikan kepada kucing Anda. 


Produk ini sudah dijual beserta pot, tanah, serta rumput yang sudah tumbuh subur. Panjang rumput ini bervariasi tergantung umurnya. Namun, Anda harus memperhatikan ukuran potnya. Karena ukuran potnya besar, tentu rumput yang tumbuh juga banyak.


Rumput siap panen sangat direkomendasikan untuk Anda yang memelihara kucing indoor dan memiliki lahan yang terbatas untuk menanam benih. Rumput siap panen juga lebih efektif karena tidak perlu menunggu lama untuk memanen rumput.

② Perhatikan beratnya jika membeli bentuk bibit

Perhatikan beratnya jika membeli bentuk bibit

Jika Anda memilih produk dalam bentuk bibit, jangan lupa untuk memperhatikan beratnya. Anda akan menemukan bibit rumput kucing dengan berat yang bermacam-macam, mulai dari 20 gram hingga 100 gram. Dalam 20 gram benih ini berisi sekitar 200–300 butir benih rumput gandum. 


Perlu Anda ingat bahwa berat benih ini harus menyesuaikan dengan ukuran pot. Benih rumput kucing dengan berat 20 gram sebaiknya ditanam pada media pot dengan diameter 10 cm. Jika ingin menanam lebih banyak benih, Anda perlu menyiapkan pot dengan ukuran yang lebih besar.

③ Supaya lebih praktis, cari produk yang sepaket dengan pot dan tanah

Supaya lebih praktis, cari produk yang sepaket dengan pot dan tanah

Kini, menanam rumput kucing bukanlah pekerjaan yang merepotkan lagi. Anda dapat membeli rumput gandum dalam bentuk satu set di marketplace. Kini sudah banyak produk yang dijual sepaket, mulai dari benih, pot, bahkan tanah untuk siap ditanami. Anda pun tidak perlu menyiapkan tanah dan juga potnya. Hal ini tentu lebih praktis dan menguntungkan, terutama untuk Anda yang tidak mahir dalam menanam tanaman.


Namun, ukuran pot, berat benih, dan juga tanahnya bermacam-macam. Karena itu, pastikan Anda memilih sesuai kebutuhan. Jika Anda sebagai pet owner tinggal di wilayah padat penduduk atau di apartemen, Anda bisa memilih rumput yang dijual beserta tanah dan potnya.


Beberapa produk juga menawarkan bibit dalam jumlah banyak untuk berkali-kali tanam. Jadi, yuk, tidak ada alasan lagi untuk Anda tidak bisa menanam rumput kucing sendiri.

10 Rekomendasi rumput kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rumput kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Bella Fortuna.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Biji Gandum Rumput Kucing 50GR

 Biji Gandum Rumput Kucing 50GR 1枚目

Ukurannya mini, pas untuk sekali tanam

2

Kekucingan

Paket Tanam Wheatgrass

Kekucingan Paket Tanam Wheatgrass 1枚目

Sudah sepaket dengan tanah subur, tidak perlu cari lagi

3

Rumput Kucing Jogja

Paket Rumput Kucing 2x Tanam

Rumput Kucing Jogja Paket Rumput Kucing 2x Tanam 1枚目

Warna-warni variasi potnya bikin kebun di rumah Anda lebih berwarna

4

Micro Seed

Benih Rumput Gandum 100 gr

Micro Seed Benih Rumput Gandum 100 gr 1枚目

Benih rumput kucing impor, bersih, dan bebas kutu

5

Lazycat

Cat Grass Cup

Lazycat Cat Grass Cup 1枚目

Cup kecil berisi benih dan tanah, cukup siram dengan air, tangan bebas kotor

6

Yaou Care

Cat Grass

Yaou Care Cat Grass 1枚目

Bisa juga dikonsumsi anjing, kelinci, dan kura-kura, lho!

7

Beby's Stuff

Rumput Kucing Siap Panen

Beby's Stuff Rumput Kucing Siap Panen 1枚目

Rumputnya sudah tumbuh tinggi, siap dimakan kucing Anda

8

Purie Garden

Cat Grass

Purie Garden  Cat Grass 1枚目

Kemasannya praktis dan ringkas, bisa jadi kado, nih!

9

Babah Cathouse

Biji Rumput Kucing Organik

Babah Cathouse Biji Rumput Kucing Organik 1枚目

Seratus persen organik untuk kesehatan kucing Anda

10

Nada Fast Benih Jaya

Bibit Benih Cat Grass (Rumput Kucing)

Nada Fast Benih Jaya Bibit Benih Cat Grass (Rumput Kucing) 1枚目

Harga yang terjangkau dengan kualitas premium

Perincian produk
Close
No.1

Biji Gandum Rumput Kucing 50GR

Mulai dari Rp5.000,00

Ukurannya mini, pas untuk sekali tanam

Produk ini pas untuk Anda yang sudah memiliki media tanam lengkap atau sudah biasa bercocok tanam. Anda bisa menanami ulang pot berisi tanah yang sudah Anda panen dengan produk ini. Produk ini merupakan benih rumput gandum yang dijual dengan harga sangat terjangkau yang pas untuk sekali tanam. Rumput ini juga memiliki persentase pertumbuhan yang cukup tinggi. 

No.2

KekucinganPaket Tanam Wheatgrass

Mulai dari Rp15.990,00

Sudah sepaket dengan tanah subur, tidak perlu cari lagi

Tidak seperti produk sebelumnya yang dalam satu paketnya berisi cocopeat, produk ini berisi tanah subur seberat 100 gram. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang tidak mengerti perbedaan tanah yang baik untuk menanam. Anda pun tidak perlu menyiapkan tanah sendiri. Tanah juga dianggap memiliki unsur hara yang lebih tinggi dibandingkan cocopeat

No.3

Rumput Kucing JogjaPaket Rumput Kucing 2x Tanam

Mulai dari Rp15.000,00

Warna-warni variasi potnya bikin kebun di rumah Anda lebih berwarna

Ada satu hal yang menarik dari produk ini. Paket benih rumput kucing ini ditawarkan dalam pilihan warna pot yang sangat menarik. Mulai dari warna biru, pink, oranya, hijau, merah, ungu, dan lainnya. 


Anda bisa memilih warna pot sesuai selera Anda untuk membuat kebun di rumah lebih berwarna. Selain itu, dalam paket ini berisi benih rumput kucing untuk dua kali tanam. Jadi, Anda bisa menggunakan ulang pot untuk menanam lagi.

No.4

Micro SeedBenih Rumput Gandum 100 gr

Mulai dari Rp12.000,00

Benih rumput kucing impor, bersih, dan bebas kutu

Benih rumput kucing yang satu ini merupakan benih impor. Produk ini dijamin bersih dan juga bebas kutu. Dengan begitu, rumput kucing akan tumbuh dengan baik, bahkan persentasenya hingga 85 persen. 


Produk ini juga diklaim memiliki kualitas yang premium. Dalam delapan hari saja, rumput kucing sudah siap untuk dipanen. Jadi, jika Anda lebih suka menanam sendiri, tetapi takut gagal tumbuh, produk ini akan membuktikan hasilnya kepada Anda.

No.5

LazycatCat Grass Cup

Mulai dari Rp15.000,00

Cup kecil berisi benih dan tanah, cukup siram dengan air, tangan bebas kotor

Siapa sangka cup kecil dengan kemasan menyerupai es krim ini adalah benih rumput kucing. Produk ini memang unik dan berbeda dari produk lain. Cat Grass Cup ini merupakan produk yang sudah berisi benih dan tanah siap tanam. 


Anda hanya perlu menyiram cup atau pot kecil ini dengan air untuk merawatnya. Jadi, tangan Anda tetap bersih tidak perlu repot menyiapkan tanah, benih, dan lainnya. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin menanam sendiri, tetapi belum terbiasa. 

No.6

Bisa juga dikonsumsi anjing, kelinci, dan kura-kura, lho!

Produk ini diklaim bisa diberikan kepada hewan peliharaan lain, seperti anjing, kelinci, dan kura-kura. Jadi, jika Anda memiliki hewan peliharaan tersebut, produk ini bisa Anda pilih. 


Hewan peliharaan Anda akan mendapatkan manfaat rumput kucing, di antaranya mengeluarkan bulu yang tertelan, menjaga sistem pencernaan, dan lain-lain. Ditambah lagi, produk ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau untuk produk rumput siap panen. Langsung konsumsi, tidak perlu repot menanam.

No.7

Beby's StuffRumput Kucing Siap Panen

Mulai dari Rp24.900,00

Rumputnya sudah tumbuh tinggi, siap dimakan kucing Anda

Kucing Anda ada banyak di rumah? Daripada membeli bibit, sebaiknya Anda memilih produk yang satu ini. Produk ini dijual berbentuk rumput siap panen yang sudah tumbuh tinggi. Rumput kucing ini merupakan rumput yang sudah berumur tujuh atau delapan hari. Dengan begitu, kucing-kucing Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengonsumsinya. Potnya juga berwarna ungu yang sangat menarik. 


Rumput ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi stress. Dengan begitu, risiko terkena penyakit kronis akan menurun. Rumput ini juga bisa dikonsumsi sebagai camilan. Namun, tetap kontrol pemberiannya karena pencernaan kucing tidak didesain untuk vegetarian.

No.8

Kemasannya praktis dan ringkas, bisa jadi kado, nih!

Apakah teman Anda yang berulang tahun suka bercocok tanam? Kami menyarankan Anda untuk memberinya produk ini. Berbeda dari produk lain, satu paket benih rumput kucing ini dikemas begitu rapi dengan kemasan yang menarik. Dalam satu kemasan ini sudah tersedia benih, kain flanel, serta media organik. Wadah produk ini juga bisa dijadikan tray untuk menanam rumput kucing. Praktis, bukan?

No.9

Babah CathouseBiji Rumput Kucing Organik

Mulai dari Rp25.000,00

Seratus persen organik untuk kesehatan kucing Anda

Jika ingin kucing Anda mulai mengubah gaya hidup dengan mengonsumsi makanan organik, pilih produk ini. Dengan mengonsumsi produk ini, kucing Anda akan lebih sehat karena rumput rumput kucing ini juga seratus persen organik.


Kandungan serat tinggi dari rumput ini cocok untuk kucing yang mengalami konstipasi dan memperbaiki sistem pencernaannya. Selain untuk kucing, produk ini diklaim baik untuk kesehatan anjing, lho! Dalam sekali pembelian, Anda akan mendapatkan 100 gram benih yang cukup banyak.

No.10

Nada Fast Benih JayaBibit Benih Cat Grass (Rumput Kucing)

Mulai dari Rp12.500,00

Harga yang terjangkau dengan kualitas premium

Jika Anda mencari benih yang berkualitas, kami merekomendasikan produk ini. Benih ini diklaim memiliki kualitas yang premium. Benih produk ini merupakan varietas unggulan yang akan menumbuhkan rumput gandum yang juga berkualitas. 


Ditambah lagi, produk ini juga sangat terjangkau. Dengan harga yang tidak sampai menguras kantong, Anda akan mendapatkan 400 benih untuk sekali tanam. Produk ini juga dikemas dalam aluminium foil yang membuat produk di dalam akan terjaga dengan baik.

Pertanyaan umum seputar rumput kucing

Pertanyaan umum seputar rumput kucing

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar rumput kucing. Jika Anda masih penasaran dengan rumput kucing, simak jawabannya di bawah ini!

Apa saja jenis rumput yang terlarang untuk dikonsumsi oleh kucing?

Tidak semua jenis tanaman bisa dikonsumsi kucing. Ada beberapa tanaman yang harus dijauhkan dari kucing. Beberapa di antaranya adalah kuping gajah, daun keladi, bunga lili, lidah buaya, dan tulip krisan.

Cara menanam dan merawat rumput kucing

Cara menanam dan merawat rumput kucing

Untuk Anda yang masih awam atau tidak pernah menanam tanaman bermanfaat ini, ikutilah tips menanam dari kami. Menanam rumput kucing atau rumput gandum tidaklah sulit. Setelah berhasil menanam, rumput kucing haruslah dirawat agar tumbuh subur. Karena itu, simak cara yang kami bagikan berikut ini.


  1. Siapkan biji atau benih rumput gandum. Pastikan berat benih dan ukuran pot sesuai.
  2. Rendam biji ke dalam air selama 10 jam. Setelah itu, buang dan ganti air rendaman, dan ulangi sampai tiga kali perendaman.
  3. Ketika akar sudah tumbuh setelah tiga kali perendaman, tanam biji di dalam pot yang sudah disiapkan.
  4. Lapisi pot dengan kertas terlebih dahulu sebelum menanam benih.
  5. Masukkan tanah ke dalam pot, kemudian sebar benih rumput gandum di atasnya.
  6. Tutup pot dengan koran, dan semprot benih dengan air setiap sore hari. Pada hari keempat, buka tutup koran, kemudian tetap semprot dengan air sehari sekali.
  7. Pada hari ke sembilan atau sepuluh rumput siap di panen. Biasanya rumput akan tumbuh sekitar 15 cm dengan ujung membelah.
  8. Letakkan di depan kucing Anda, dan rumput siap dikonsumsi!

Menanam rumput kucing tidak sulit, bukan? Anda memang harus sabar menunggu hingga rumput tumbuh subur. Namun, ketika hari memanen tiba, rasanya akan sangat memuaskan. 

Tips mengolah rumput kucing dari dokter hewan kami, Bella Fortuna

Tips mengolah rumput kucing dari dokter hewan kami, Bella Fortuna

Anda bisa memotong rumput kucing kecil-kecil lalu menambahkan wet food untuk kucing kesayangan Anda. Anda juga bisa mengolahnya seperti jus. Caranya, ambil beberapa helai lalu blender. Anda bisa memberikannya secara langsung atau dicampur dengan wet food.


Dengan menyajikan rumput kucing secara langsung dan utuh, secara insting kucing akan mendekat dan memakannya.

Baca juga rekomendasi produk perawatan lainnya untuk kucing di sini

Selain rumput kucing, kami juga mempunyai rekomendasi produk lainnya untuk kucing, seperti obat diare, vitamin, dan sampo. Beberapa produk tersebut mungkin sedang Anda butuhkan untuk kucing kesayangan Anda. Silakan simak tips memilih serta rekomendasi produk terbaiknya melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Meski termasuk hewan karnivora, rumput kucing ternyata baik dikonsumsi oleh kucing. Rumput kucing atau wheatgrass berfungsi untuk mengeluarkan materi yang beracun atau yang tidak bisa dicerna kucing. 


Anda bisa memilih rumput gandum yang berbentuk benih atau membeli rumput siap panen. Banyak penjual menawarkan rumput kucing sepaket dengan benih, pot, dan tanahnya. Hal ini praktis untuk Anda yang ingin menanam sendiri. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer