1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Sepeda
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Velg Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Velg Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Velg Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Velg Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Velg Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Velg Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Velg Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Velg (pelek) merupakan lingkar atau frame roda tempat memasangkan ban pada kendaraan. Dalam bahasa Inggris, velg disebut rim. Sebagai salah satu komponen utama kendaraan, termasuk sepeda, pemilihan velg yang tepat penting diperhatikan. 


Pada sepeda, ada beberapa macam velg sepeda, seperti clincher velg, tubeless velg, dan asymetric velg. Kali ini, kami akan menginformasikan cara memilih velg sepeda yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak lupa, merek velg sepeda yang bagus, seperti Haro, Shimano, Araya, dan DT SWISS juga ada dalam rekomendasi kami.

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih velg sepeda

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih velg sepeda. Berikut ini kami informasikan poin-poin penting yang perlu Anda cermati sebelum membeli velg sepeda.

① Ketahui macam-macam velg sepeda

Ada tiga macam velg yang umum digunakan pada sepeda, seperti clincher velg, tubeless velg, dan asymetric velg. Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang macam-macam velg sepeda tersebut.

Clincher velg: Harganya lebih terjangkau dan mudah dirawat

Clincher velg: Harganya lebih terjangkau dan mudah dirawat

Velg ini juga disebut sebagai velg biasa. Di antara velg lainnya, velg ini paling sering ditemui pada banyak sepeda. Sepeda dengan clincher velg membutuhkan ban dalam. Fungsi ban dalam ini adalah sebagai dinding untuk menahan ban luar agar ban dapat melaju dengan stabil. Dibanding dengan velg lainnya, velg ini paling mudah dipasang dan dirawat. Selain itu, harganya juga lebih ramah di kantong. 


Namun, velg ini lebih berat dan lebih mudah membuat ban bocor. Karena menggunakan ban dalam, rolling resistance (hambatan daya gelinding) pun lebih besar dibandingkan velg lainnya. Oleh sebab itu, velg ini jarang dipakai pada sepeda balap yang memerlukan keringanan, kecepatan, stabilitas tinggi, dan keamanan.

Tubeless velg: Bobot ringan untuk mendukung sepeda melaju kencang

Tubeless velg: Bobot ringan untuk mendukung sepeda melaju kencang

Desain tubeless velg umumnya memiliki dinding yang lebih pendek daripada clincher velg. Bagian velg ini memiliki desain sedikit menjorok ke dalam yang berfungsi untuk menekan ban menjadi lebih kuat saat dipompa. Karena ban langsung terkait ke velg, pemasangan tubeless velg memerlukan rim tape (pelindung velg). Fungsinya ialah untuk menutup lubang ruji-ruji agar udara tidak keluar. 


Supaya ban kedap sempurna, air lock sealent (cairan khusus ban tubeless) juga diperlukan saat pemasangan. Dengan begitu, kebocoran halus pun dapat dicegah dengan baik. Tubeless velg lebih ringan dibandingkan clincher velg


Saat terjadi kebocoran kecil pada ban, sepeda dengan velg ini juga masih dapat melaju dengan baik. Hal ini karena sifat ban yang kedap udara. Oleh karena itu, velg ini banyak digunakan pada sepeda balap yang mengutamakan performa yang mumpuni.

Asymetric velg: Pas dipasang untuk roda sepeda dengan multigir

Asymetric velg: Pas dipasang untuk roda sepeda dengan multigir

Velg asimetris bisa dijumpai pada roda belakang sepeda yang menggunakan multigir. Karena memerlukan ruang untuk memasang gir (lingkaran logam bergerigi), diperlukan velg yang tidak simetris. Secara struktur, velg ini lebih lemah karena adanya perbedaan sudut, tegangan, dan panjang ruji-ruji sisi kanan dan kiri roda. Akan tetapi, keberadaan velg asimetris inilah yang membuat bentuk roda menjadi lebih simetris.

② Cermati spesifikasi detail velg sepeda

Untuk memilih velg sepeda yang tepat, Anda tidak boleh mengabaikan spesifikasi detail velg sepeda. Diameter, lebar, dan tinggi velg sepeda adalah tiga di antaranya yang penting untuk dicermati.

Periksa diameter velg sepeda yang Anda miliki

Periksa diameter velg sepeda yang Anda miliki

Diameter velg merupakan ukuran yang paling krusial diketahui saat Anda hendak membeli velg sepeda. Ukuran ini dapat diketahui dari label pada velg atau ban yang terpasang. Angka diameter velg dan ban harus sama agar bisa dipasang


Jika tidak, ban bisa terlepas karena bead ban (lingkar ban yang bersentuhan dengan velg) tidak terkait kuat dengan velg. Tentu ini sangat berbahaya, bukan? Ada tiga standar ukuran yang digunakan pada penulisan ukuran diameter velg ataupun ban sepeda. Salah satu yang paling umum digunakan adalah inci, yang disimbolkan dengan tanda petik dua (“).

Perhatikan lebar velg untuk menentukan performa bersepeda yang Anda inginkan

Perhatikan lebar velg untuk menentukan performa bersepeda yang Anda inginkan

Selanjutnya, lebar velg diukur berdasarkan ukuran lebar inner velg yang langsung bersentuhan dengan ban. Lebar velg akan menentukan ukuran lebar ban yang dapat dipasang pada velg ini. Lebar velg memiliki peran dalam menentukan performa sepeda. 


  • Velg dengan lebar kecil akan membuat laju sepeda lebih ringan dan cepat. 
  • Velg yang lebih lebar menjadikan laju sepeda lebih nyaman dan traksi yang lebih baik terhadap jalan.

Lebar velg sepeda tidak harus selalu sama dengan lebar ban. Akan tetapi, ada batas aman yang harus diperhatikan agar tidak terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Sebagai panduan amannya, velg sepeda dapat memuat ban dengan lebar 1,5 kali sampai 2,2 kali lebar velg.

Pastikan tinggi velg sepeda telah sesuai dengan jenis sepeda Anda

Pastikan tinggi velg sepeda telah sesuai dengan jenis sepeda Anda

Tinggi velg juga menjadi spesifikasi yang tak kalah penting untuk diketahui. Jarak ukur tinggi atau kedalaman velg adalah dari dasar velg hingga ruji-ruji yang keluar dari velg. Ada tiga jenis velg menurut tingginya, yaitu pendek (low profile), tinggi (high profile), dan disc rim (piringan tanpa ruji-ruji). 


  • Pertama, velg pendek memiliki kedalaman kurang dari 35 mm. Velg jenis ini banyak digunakan pada sepeda gunung karena memiliki rasio berat dan kekuatan yang seimbang.

  • Kedua, velg tinggi memiliki kedalaman lebih dari 50 mm. Dalam hal aerodinamis sepeda, velg jenis ini menghasilkan laju yang lebih cepat. Selain itu, velg ini juga memberikan kontrol yang lebih baik dan efisiensi tenaga yang lebih tinggi. Velg tinggi sesuai untuk digunakan pada kondisi jalan yang datar.

  • Selanjutnya, disc rim memiliki kemampuan aerodinamis yang paling baik dibandingkan kedua jenis velg sebelumnya. Akan tetapi, velg tertutup ini juga amat sensitif terhadap angin karena tidak memiliki ruji-ruji. Disc rim sangat cocok digunakan untuk time trial di velodrom.

③ Pilih berdasarkan material velg sepeda

Pilih berdasarkan material velg sepeda

Selain macam-macam velg dan spesifikasi detailnya, material velg sepeda juga menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Ada dua material velg sepeda yang populer di pasaran, yaitu aluminium (alloy) dan karbon.


  • Kebanyakan velg sepeda di pasaran saat ini terbuat dari bahan aluminium (alloy). Velg bermaterial alloy menjadi pengganti velg sepeda zaman dahulu yang menggunakan material besi. Velg berbahan alloy memiliki sederet kelebihan, seperti ringan, kokoh, dan harga terjangkau. Untuk memberikan kekuatan performa yang lebih optimal, banyak velg yang kini diproduksi dengan bahan double alloy.

  • Velg sepeda dengan material karbon lebih mendominasi pada sepeda tingkat menengah ke atas. Bobotnya yang jauh lebih ringan dan kuat menjadi keunggulan velg karbon. Velg jenis ini tidak bisa bengkok, tetapi velg akan langsung patah jika muatan beban sudah melebihi kapasitas. Namun, hal itu tentu kembali pada kualitas pabrikan produsennya masing-masing. Makin mahal harga velg karbon, makin sebanding pula dengan kualitasnya.

④ Sesuaikan dengan jenis sepeda yang Anda miliki

Sesuaikan dengan jenis sepeda yang Anda miliki

Cara memilih velg yang tidak kalah penting adalah dengan menyesuaikan jenis velg sepeda dengan jenis sepeda yang Anda miliki. Sebagai contoh, velg antara sepeda gunung tentu berbeda dengan sepeda lipat, bukan?


Ada banyak jenis sepeda yang umum saat ini. Beberapa di antaranya ialah sepeda urban, sepeda gunung, sepeda balap, sepeda BMX, sepeda lipat, sepeda fixie, dan sepeda ontel. Setelah Anda menyesuaikannya dengan jenis sepeda yang Anda miliki, Anda dapat mencermati lebih lanjut spesifikasi detailnya. Ukuran diameter, lebar, dan tinggi velg dapat Anda perhatikan dengan baik di uraian sebelumnya tadi.

10 Rekomendasi velg sepeda terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk velg sepeda terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

DT Swiss

XC 303 Disc Brake 32 Hole

DT Swiss XC 303 Disc Brake 32 Hole 1枚目

Velg untuk sepeda gunung andalan Anda

2

Mavic

Double Wall 32 Hole XM 319

Mavic Double Wall 32 Hole XM 319 1枚目

Velg andalan untuk menopang performa MTB Anda

3

Shimano

MTB Yokota Double Wall

Shimano MTB Yokota Double Wall  1枚目

Velg tangguh untuk ketahanan laju MTB Anda

4

Araya

GR-72

Araya GR-72 1枚目

Velg berkualitas dari double alloy yang layak dipertimbangkan

5

SunRace

Velg 26 Inch Doublewall 36 H

SunRace Velg 26 Inch Doublewall 36 H 1枚目

Clincher velg pilihan dengan harga yang ramah di kantong

6

Zipp

Velg 700 c Alloy

Zipp Velg 700 c Alloy 1枚目

Velg pilihan untuk sepeda fixie dengan tiga pilihan warna

7

Alexrims

Rim 27.5

Alexrims Rim 27.5 1枚目

Pilihan tepat untuk MTB Anda

8

Haro Bikes

Rim 20 Inch Haro

Haro Bikes Rim 20 Inch Haro 1枚目

Velg dengan presisi bagus dan bobot yang ringan

9

Roda Maju Bahagia

Element Wheelset Carbon 451 Disk Brake

Roda Maju Bahagia Element Wheelset Carbon 451 Disk Brake 1枚目

Velg dengan material karbon yang ringan nan kuat untuk sepeda lipat

10

Trek

Bontrager Ranger S-6000

Trek Bontrager Ranger S-6000 1枚目

Velg sepeda balap yang nyaman dan tangguh

Perincian produk
Close
No.1

DT SwissXC 303 Disc Brake 32 Hole

Mulai dari Rp452.000,00

Velg untuk sepeda gunung andalan Anda

Velg DT Swiss satu ini cocok untuk Anda gunakan pada sepeda gunung ukuran 26". Dengan material double alloy yang kokoh, velg ini akan menghasilkan kecepatan sekaligus kontrol bersepeda yang baik. Kualitas DT Swiss tak perlu diragukan lagi karena merek ini memang menjadi satu merek velg yang teruji keandalannya.

No.2

MavicDouble Wall 32 Hole XM 319

Mulai dari Rp160.000,00

Velg andalan untuk menopang performa MTB Anda

Sebagai salah satu merek velg populer, Mavic bisa Anda jadikan pilihan untuk menenagai laju sepeda Anda. Ada beberapa variasi ukuran velg yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Ukuran tersebut adalah 26”, 27,5”, dan 29”. Dengan bahan double wall alloy, velg ini kuat sekaligus ringan digunakan.

No.3

ShimanoMTB Yokota Double Wall

Mulai dari Rp210.000,00

Velg tangguh untuk ketahanan laju MTB Anda

Bagi Anda yang memprioritaskan ketahanan pada sepeda MTB Anda, velg MTB Shimano tipe ini patut Anda pertimbangkan. Velg ini cocok digunakan pada sepeda MTB dengan lebar ban 2 cm dan tinggi samping velg 3 cm. Dengan bahan double wall alloy, ketangguhan laju sepeda akan terasa makin nyata.

No.4

Velg berkualitas dari double alloy yang layak dipertimbangkan

Sebagai salah satu merek velg favorit, Anda dapat mempertimbangkan Araya GR-72 ini. Dengan material double alloy, Anda tak perlu meragukan daya tahan velg buatan Jepang ini. Velg tipe ini khusus diperuntukkan bagi sepeda 700c. Namun, Anda dapat memilih tipe velg Araya lainnya yang juga sesuai kebutuhan.

No.5

SunRaceVelg 26 Inch Doublewall 36 H

Mulai dari Rp100.000,00

Clincher velg pilihan dengan harga yang ramah di kantong

Bagi Anda pemilik sepeda yang masih memakai ban dalam, velg SunRace ini bisa Anda jadikan pilihan. Velg dengan bobot sekitar 600–800 gram ini cocok digunakan pada sepeda ukuran 26” dengan lebar ban 1,5 cm. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan clincher velg dengan kualitas bagus.

No.6

ZippVelg 700 c Alloy

Mulai dari Rp400.000,00

Velg pilihan untuk sepeda fixie dengan tiga pilihan warna

Bagi Anda pemilik sepeda fixie 700c, velg merek Zipp ini bisa Anda pertimbangkan untuk mengganti velg lama sepeda Anda. Ada tiga warna yang bisa Anda pilih, yaitu karbon, hitam, dan putih. Velg ini memiliki 36 lubang ruji-ruji yang tentunya akan memperkuat kestabilan laju sepeda Anda.

No.7

Pilihan tepat untuk MTB Anda

Dengan 32 lubang ruji-ruji, velg merek Alexrims ini sesuai digunakan untuk sepeda dengan ukuran 27,5”. Velg ini terbuat dari bahan alloy yang kokoh. Bagi Anda pemilik sepeda gunung atau MTB, velg satu ini layak Anda jadikan pilihan. Anda dapat membelinya satuan atau sepasang sekaligus di e-commerce favorit Anda.

No.8

Haro BikesRim 20 Inch Haro

Mulai dari Rp199.000,00

Velg dengan presisi bagus dan bobot yang ringan

Nah, velg satu ini diperuntukkan bagi Anda pemilik sepeda BMX, sepeda lipat, sepeda trek, dan sepeda minion ukuran 20”. Velg ini juga menunjang pemasangan rem tipe v brake dan u brake. Dengan bahan alloy yang kuat, velg ini memiliki presisi yang bagus dan bobot ringan.

No.9

Roda Maju BahagiaElement Wheelset Carbon 451 Disk Brake

Mulai dari Rp6.250.000,00

Velg dengan material karbon yang ringan nan kuat untuk sepeda lipat

Velg buatan dalam negeri ini bisa Anda pilih untuk mengganti velg lama sepeda lipat 20 inch Anda. Dengan material karbon yang teruji ketangguhannya, Anda tak perlu lagi meragukan velg dengan tampilan elegan satu ini. 


Bobotnya pun ringan, sekitar 700 gram saja, yang pastinya tak akan mengganggu kenyamanan bersepeda Anda. Mengenai kualitas, velg di bawah bendera merek Element ini pastinya tidak kalah dari velg-velg buatan luar negeri.

No.10

TrekBontrager Ranger S-6000

Mulai dari Rp725.000,00

Velg sepeda balap yang nyaman dan tangguh

Velg Bontrager ini diperuntukkan bagi sepeda balap ukuran 700c, termasuk fixie. Dengan 32 lubang ruji-ruji, velg ini juga bisa Anda pilih untuk memperkuat laju dan kenyamanan Anda dalam bersepeda. Sebagai salah satu merek andalan, Bontrager tentunya dapat Anda percaya untuk menemani aktivitas bersepeda Anda.

Baca juga rekomendasi perlengkapan bersepeda lainnya di sini

Selain velg, masih banyak komponen utama sepeda dan perlengkapan yang mendukung performa bersepeda Anda. Berikut kami sampaikan rekomendasi artikel-artikel yang terkait dengan perlengkapan bersepeda.

Kesimpulan

Velg (pelek) merupakan salah satu komponen utama sepeda yang penting diperhatikan. Oleh karena itu, kami membagikan tip seputar cara memilih velg sepeda dan hal-hal yang perlu Anda cermati seputar velg sepeda. Selain itu, kami juga merekomendasikan velg sepeda yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Semoga sekarang Anda tak lagi bingung memilih velg sepeda sesuai kebutuhan.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer