1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Produk susu
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Bibit Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Bibit Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Bibit Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Bibit Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Bibit Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Bibit Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Bibit Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang sangat digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang enak, yoghurt juga memiliki banyak manfaat bagi pencernaan. Tetapi, yoghurt di pasaran banyak yang memiliki kandungan pengawet di dalamnya. Tidak usah khawatir, membuat yoghurt yang aman itu tidak sulit dan bisa dilakukan di rumah.


Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai yoghurt dan cara memilih bibit yoghurt yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk bibit yoghurt merek Biokul, dan Greenfields. Pilihlah bibit terbaik untuk hasil yoghurt yang menyehatkan bagi Anda!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Mengenal kebaikan yoghurt

Mengenal kebaikan yoghurt

Yoghurt adalah produk olahan susu yang terbuat dari fermentasi bakteri dalam susu. Bakteri yang digunakan dikenal sebagai kultur yoghurt. Kultur yoghurt dapat memfermentasi laktosa dalam susu sehingga menyebabkan susu tersebut menggumpal. Yoghurt dapat dibuat dari segala macam susu yang tersedia di pasaran.


Yoghurt memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Khasiat ini berkat banyaknya nutrisi yang terkandung dalam yoghurt yang bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan manusia. Keunggulan inilah yang membuat yoghurt sangat digemari oleh masyarakat.

Cara memilih bibit yoghurt

Setelah mengenal lebih dalam mengenai yoghurt, berikut kami paparkan cara memilih bibit yoghurt. Ingin tahu lebih lanjut, simak selengkapnya di sini!

① Ketahui tekstur yoghurt yang dihasilkan, halus atau kasar?

Ketahui tekstur yoghurt yang dihasilkan, halus atau kasar?

Tekstur yoghurt yang dihasilkan bisa berbeda tergantung pada bibitnya. Yoghurt tradisional memiliki tekstur yang lembut. Tekstur ini dihasilkan oleh bakteri yang menghasilkan gumpalan yang halus. Anda juga bisa menemui tekstur ini dalam yoghurt full fat ataupun low fat.


Ada pula concentrated yoghurt yang memiliki tekstur lebih kental. Yoghurt seperti ini dibuat dengan bibit yang mengandung bakteri khusus yang menghasilkan gumpalan yang lebih keras. Contoh concentrated yoghurt antara lain adalah Greek yoghurt dan yoghurt Bulgaria.

② Periksa panjang waktu fermentasi yang dibutuhkan

Periksa panjang waktu fermentasi yang dibutuhkan

Setiap jenis yoghurt memerlukan waktu fermentasi yang berbeda-beda. Yoghurt tradisional pada umumnya membutuhkan waktu 5–8 jam. Sementara itu, concentrated yoghurt seperti Greek yoghurt membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu 12–24 jam. Makin lama waktu fermentasi, tingkat keasaman akan naik dan tekstur yoghurt akan mengental.

③ Pilih bibit yang mengandung live culture

Pilih bibit yang mengandung live culture

Pembuatan yoghurt membutuhkan kultur bakteri atau probiotik sebagai starter. Kultur bakteri inilah yang akan mengaktivasi susu agar terfermentasi. Bibit yoghurt yang mengandung live culture lebih efektif dalam mengaktivasi susu karena bakteri yang terkandung di dalamnya masih aktif. Susu yang diberikan live culture sangat mungkin menjadi yoghurt.


Biasanya, bibit yang mengandung live culture yang dijual di pasaran mencantumkan nama bakteri yang digunakan di kemasan. Namun, jika Anda masih ragu untuk menggunakan live culture murni, yoghurt plain dapat menjadi alternatif. Yoghurt plain yang dijual di pasaran biasanya sudah mengandung live culture yang dapat membantu fermentasi.

④ Cek jumlah kultur bakteri yang ada dalam bibit yoghurt

Cek jumlah kultur bakteri yang ada dalam bibit yoghurt

Sesuaikan jumlah kultur bakteri atau probiotik yang dipakai untuk membuat yoghurt sesuai dengan keinginan Anda. Jumlah kultur bakteri yang terkandung dalam bibit yoghurt dapat menghasilkan waktu fermentasi yang berbeda


Selain itu, makin banyak probiotik yang terkandung dalam suatu yoghurt, makin berkhasiat yoghurt tersebut untuk tubuh. Probiotik yang sering digunakan dalam yoghurt adalah lactobacillus dan bifidobacterium.

10 Rekomendasi bibit yoghurt terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bibit yoghurt terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yoghurt Fermentation Agent

 Yoghurt Fermentation Agent 1枚目

Mengatur keasaman yoghurt lebih mudah dengan yoghurt ini!

2

Greenfields

Plain Yoghurt

Greenfields Plain Yoghurt  1枚目

Efisien dan mudah untuk digunakan dalam membuat yoghurt!

3

Lactobacillus Yoghurt Starter

 Lactobacillus Yoghurt Starter 1枚目

Satu sachet, cukup untuk susu 1 liter!

4

Shangchuan

Start For Yogurt Bibit Yoghurt Creamy 20 Prebiotik

Shangchuan Start For Yogurt Bibit Yoghurt Creamy 20 Prebiotik 1枚目

Kaya akan probiotik yang bermanfaat bagi pencernaan!

5

Bibit Yoghurt Bifidobacterium 7 Probiotik

 Bibit Yoghurt Bifidobacterium 7 Probiotik 1枚目

Terdiri dari bakteri bifidobacterium yang bermanfaat untuk meningkatkan imun!

6

Bibit Yoghurt dengan Kolagen

 Bibit Yoghurt dengan Kolagen 1枚目

Dilengkapi dengan kolagen untuk mengencangkan wajah!

7

Caspian Sea Bibit Yoghurt Probiotic

 Caspian Sea Bibit Yoghurt Probiotic 1枚目

Bibit Greek yoghurt manual yang mudah digunakan!

8

Matsoni Caspian Sea Yoghurt Greek 10 Probiotik

  Matsoni Caspian Sea Yoghurt Greek 10 Probiotik 1枚目

Membuat Greek yoghurt dengan mudah dan enak!

9

Shangchuan

Start for Yogurt

Shangchuan Start for Yogurt 1枚目

Memiliki sepuluh probiotik yang kaya akan manfaat!

10

Diamond Cold Storage

Biokul Natural Set Yoghurt Plain

Diamond Cold Storage Biokul Natural Set Yoghurt Plain 1枚目

Penggunaannya mudah, cocok untuk produsen yoghurt pemula!

Perincian produk
Close
No.1

Yoghurt Fermentation Agent

Mulai dari Rp8.500,00

Mengatur keasaman yoghurt lebih mudah dengan yoghurt ini!

Ingin membuat yoghurt dengan tingkat keasaman yang spesifik? Produk bibit ini dapat menjadi solusi yang tepat bagi Anda. Bibit yoghurt Bulgaria ini menghasilkan tekstur yang lembut dan padat dengan tingkat keasaman yang bisa diatur. Makin lama Anda memfermentasi yoghurt ini, akan makin asam rasa yoghurtnya. 


Jika Anda menyukai yoghurt yang memiliki keasaman sedang, cukup memfermentasi yoghurt ini selama 10 jam. Untuk rasa asam yang lebih kuat, Anda dapat memfermentasi yoghurt ini selama 12 jam. Namun, Anda perlu berhati-hati karena durasi fermentasi yang terlalu lama dapat membuat yoghurt menjadi basi.

No.2

GreenfieldsPlain Yoghurt

Mulai dari Rp39.500,00

Efisien dan mudah untuk digunakan dalam membuat yoghurt!

Mencari bibit yoghurt yang mudah digunakan dan memiliki rasa yang enak? Bibit ini bisa menjadi solusi utama Anda. Produk ini sudah dikenal menghasilkan yoghurt yang enak dengan tingkat keasaman yang rendah. 


Bibit ini juga menghasilkan produk yang lembut dan nyaman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Campurkan satu sendok makan yoghurt ini dengan susu, yoghurt home-made bisa Anda nikmati 8 jam kemudian!

No.3

Lactobacillus Yoghurt Starter

Mulai dari Rp8.000,00

Satu sachet, cukup untuk susu 1 liter!

Ingin membuat yoghurt untuk satu keluarga yang rutin mengonsumsi yoghurt setiap hari? Anda perlu mempertimbangkan bibit yoghurt ini. Satu sachet yang berisi 1 gram bibit yoghurt ini bisa digunakan untuk 1 liter susu.


Lactobacillus yang terkandung dalam yoghurt ini bermanfaat memperlancar kerja pencernaan dan mempertahankan kesehatan pencernaan. Rasa yoghurt yang dihasilkan bibit ini juga lembut, anak-anak sampai orang dewasa pasti suka.

No.4

ShangchuanStart For Yogurt Bibit Yoghurt Creamy 20 Prebiotik

Mulai dari Rp27.500,00

Kaya akan probiotik yang bermanfaat bagi pencernaan!

Bagi Anda yang ingin membuat yoghurt yang memiliki banyak manfaat bagi pencernaan Anda, pilihlah bibit ini. Dalam kemasan bibit yoghurt ini terdapat 20 probiotik yang bermanfaat bagi pencernaan. Anda bisa menggunakan bibit ini untuk membuat yoghurt tradisional yang creamy. Yoghurt ini cocok bila Anda menginginkan rasa yoghurt yang lembut. 

No.5

Bibit Yoghurt Bifidobacterium 7 Probiotik

Mulai dari Rp9.000,00

Terdiri dari bakteri bifidobacterium yang bermanfaat untuk meningkatkan imun!

Bibit yoghurt ini terdiri dari bakteri bifidobacterium yang sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan Anda. Hal ini karena bakteri bifidobacterium dapat membantu menghasilkan vitamin B. Vitamin B akan membantu memperkuat imun, mengatur sistem kekebalan tubuh, dan memperlancar pencernaan dalam tubuh Anda. Yuk, jaga kesehatan sistem pencernaan dengan yoghurt dari bibit ini!

No.6

Bibit Yoghurt dengan Kolagen

Mulai dari Rp28.000,00

Dilengkapi dengan kolagen untuk mengencangkan wajah!

Mungkin Anda sudah tahu bahwa kolagen sangat bermanfaat untuk mengencangkan wajah dan mencegah penuaan dini. Bagi Anda yang sedang memperhatikan kecantikan, bibit ini pas untuk Anda! 


Bibit yang menghasilkan yoghurt tradisional yang lembut dan tidak terlalu asam ini juga dilengkapi kolagen. Selain untuk dikonsumsi, yoghurt-nya juga pas untuk Anda jadikan masker untuk membuat wajah Anda tampak awet muda.

No.7

Caspian Sea Bibit Yoghurt Probiotic

Mulai dari Rp23.500,00

Bibit Greek yoghurt manual yang mudah digunakan!

Mau mencoba membuat yoghurt, tetapi tidak memiliki alat yoghurt maker? Bibit yoghurt ini dapat menjadi solusi bagi Anda! Bibit ini mengandung kultur bakteri mesophilic yang dapat terbentuk maksimal jika dibuat secara manual. Anda akan mendapatkan yoghurt yang sangat creamy dan lezat dengan tingkat keasaman yang rendah. 

No.8

Matsoni Caspian Sea Yoghurt Greek 10 Probiotik

Mulai dari Rp23.000,00

Membuat Greek yoghurt dengan mudah dan enak!

Apakah Anda ingin membuat Greek yoghurt dengan mudah dan enak? Bibit ini dapat menjadi pilihan utama Anda. Bibit ini memiliki sepuluh probiotik yang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. 


Selain itu, bibit ini dapat menghasilkan yoghurt yang lembut tetapi padat dengan tingkat keasaman yang seimbang. Langsung diimpor dari Georgia, bibit ini menghasilkan rasa yoghurt yang autentik.

No.9

ShangchuanStart for Yogurt

Mulai dari Rp18.000,00

Memiliki sepuluh probiotik yang kaya akan manfaat!

Ingin membuat yoghurt yang memiliki banyak khasiat, tetapi tidak membutuhkan waktu yang lama? Bibit ini solusi yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan yoghurt enak dengan mudah. 


Bibit ini mengandung sepuluh probiotik yang dapat bekerja sama untuk menyehatkan pencernaan Anda dan tubuh Anda. Rasa dari yoghurt yang dihasilkan asam karena mengandung banyak probiotik, tetapi tetap enak untuk dikonsumsi. 

No.10

Diamond Cold StorageBiokul Natural Set Yoghurt Plain

Mulai dari Rp41.400,00

Penggunaannya mudah, cocok untuk produsen yoghurt pemula!

Apabila Anda baru pertama kali ingin membuat yoghurt, bibit yoghurt ini merupakan solusi yang sangat tepat. Bibit yoghurt ini sangat populer di kalangan pelajar yang mempelajari pembuatan yoghurt.


Hal ini karena membuat yoghurt dengan bibit ini sangat mudah, cukup mencampurkan bibit ini ke susu pilihan Anda. Bibit ini dapat menghasilkan yoghurt yang creamy dan lembut seperti yang dijual di pasaran. 

Baca juga rekomendasi produk susu di sini

Selain bibit yoghurt, Anda juga membutuhkan susu untuk membuat yoghurt sendiri. Kami sudah mengulas cara memilih dan rekomendasi produk susu, lho. Ada susu full cream, susu skim, dan susu rendah lemak. Dibaca juga, ya.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah Anda makin tertarik untuk mencoba membuat yoghurt sendiri di rumah? Membuat sendiri yoghurt dengan tekstur dan tingkat keasaman yang disukai pasti akan memberikan rasa puas tersendiri. 


Terlebih lagi, mengonsumsi yoghurt akan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan bibit yoghurt yang tepat untuk membuat yoghurt yang sehat di rumah.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer