1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Sepak bola & futsal
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)

Futsal merupakan jenis olahraga yang bisa dimainkan baik oleh pria maupun wanita. Olahraga ini dapat dilakukan secara serius ataupun sekadar untuk tujuan berekreasi saja. Agar permainan lebih aman dan nyaman, Anda tentu perlu menggunakan peralatan yang sesuai, termasuk sepatu futsal. Terdapat banyak merek sepatu futsal untuk wanita yang bagus, seperti adidas, Nike, Specs, Mizuno, dan lainnya. 


Melalui artikel ini, kami akan jelaskan secara rinci cara memilih sepatu futsal wanita yang bisa Anda ikuti. Secara selektif, kami juga telah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih sepatu futsal untuk wanita

Kurangnya pengecekan pada produk sebelum membeli sering kali membuat Anda kecewa dengan hasil yang didapat. Untuk itu, memilih produk tentu harus dilakukan dengan cermat. Terdapat beberapa poin penting yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memilih sepatu futsal terbaik untuk wanita. Berikut ini kami paparkan secara lebih detail terkait poin cara memilih tersebut.

① Pilih tipe sepatu sesuai dengan posisi dalam permainan

Sama halnya dengan olahraga beregu lainnya, para pemain futsal untuk wanita juga memiliki posisi masing-masing. Posisi pemain yang berbeda tentu membutuhkan skill berbeda. Untuk itu, penggunaan sepatu juga perlu disesuaikan agar mendukung performa permainan.

Sepatu dengan fleksibilitas tinggi serta upper bertekstur untuk posisi anchor

Sepatu dengan fleksibilitas tinggi serta upper bertekstur untuk posisi anchor

Sepatu dengan upper bertekstur cocok bagi pemain di posisi anchor. Pemain di posisi ini biasanya banyak mengontrol bola sebab bertugas mengatur permainan. Sepatu dengan fleksibilitas tinggi sangat dibutuhkan agar operan jarak pendek dan panjang akuratAnchor juga menjadi benteng pertahanan saat lawan mulai menyerang. Oleh karena itu, disarankan Anda juga memilih sepatu dengan sol yang kuat agar pijakan tetap stabil saat bertahan.

Sepatu ringan dengan outsole tipis untuk posisi flank

Sepatu ringan dengan outsole tipis untuk posisi flank

Posisi flank sering juga disebut sebagai pemain sayap. Posisi ini membutuhkan kombinasi kecepatan, trik memainkan bola, serta kemampuan memecah pertahanan lawan. Untuk mendukung posisi flank, pilihlah sepatu yang ringan saat digunakan. Selain itu, outsole tipis juga dapat membantu saat Anda melakukan trik menggocek atau sekadar menggiring bola dalam jarak pendek.

Sepatu dilengkapi dengan toe protector dan outsole kuat untuk posisi pivot

Sepatu dilengkapi dengan toe protector dan outsole kuat untuk posisi pivot

Sepatu dengan toe protector yang baik menjadi pertimbangan utama para pemain posisi pivot. Alasannya, posisi ini akan sering melakukan tendangan, baik itu mengoper kepada teman maupun berusaha mencetak gol. Power tendangan akan bertambah dengan sepatu yang tepat. Outsole kuat juga dibutuhkan sebab pivot sering melakukan manuver putaran di lapangan.

Sepatu dengan outsole tebal dan upper kuat untuk posisi kiper

Sepatu dengan outsole tebal dan upper kuat untuk posisi kiper

Kiper merupakan posisi pemain futsal yang memiliki fungsi untuk menjaga gawang. Teknik untuk mencegah gawang kebobolan gol adalah menangkap dengan tangan, menyundul dengan kepala, atau menendang. Untuk itu, kiper membutuhkan sepatu khusus agar bisa menghasilkan tendangan yang kencang dan melambung jauh. Jadi, pilih sepatu dengan outsole tebal dan upper kuat, ya!

② Gunakan tipe sol yang sesuai dengan jenis lapangan

Olahraga futsal memiliki dua tipe lapangan. Tekstur keduanya berbeda sehingga sepatu yang digunakan pun perlu disesuaikan, khususnya pada bagian sol. Jika kurang tepat, bisa jadi performa permainan Anda malah menurun.

Bermain di lapangan rumput sintetis, gunakan sepatu dengan sol TF

Bermain di lapangan rumput sintetis, gunakan sepatu dengan sol TF

Sol turf atau TF kami sarankan untuk Anda gunakan jika permainan dilakukan di lapangan indoor rumput sintetis. Sol TF memiliki ciri berupa sol yang bergerigi, tidak rata, dan memiliki banyak pul kecil. Tujuannya adalah menambah daya cengkeram sepatu saat menginjak lapangan rumput sintetis. Umumnya, sol TF menggunakan material rubber.

Bermain di lapangan indoor halus, gunakan sepatu dengan sol IC

Bermain di lapangan indoor halus, gunakan sepatu dengan sol IC

Lapangan indoor halus juga sering dijadikan pilihan tempat bermain futsal wanita. Material yang biasa digunakan untuk lapangan ini, yaitu vinil, plastik, semen, taraflex, dan parquette. Untuk lapangan jenis ini, pilih sepatu futsal dengan sol inner court (IC). Ciri sol IC adalah permukaan luarnya mulus tidak bergerigi. Penggunaan sol IC di lapangan halus akan membuat Anda tidak akan mudah terpeleset. Anda pun bisa mengontrol bola dengan lebih baik.

③ Cek bahan sepatu dan sesuaikan dengan kebutuhan

Cek bahan sepatu dan sesuaikan dengan kebutuhan

Bahan yang digunakan dalam pembuatan sepatu futsal untuk wanita cukup beragam. Beberapa yang paling populer dan direkomendasikan, yaitu bahan kulit asli, kulit sintetis, poliuretan (PU leather), mesh, dan suede. Kami akan merincinyakannya satu persatu agar Anda tidak bingung.


  • Kulit asli

Dulu, penggunaan kulit hewan asli hanyalah satu-satunya pilihan untuk membuat sepatu olahraga, termasuk futsal. Meski kini telah muncul beragam pilihan material, kulit asli masih cukup populer penggunaannya untuk upper sepatu futsal. Salah satunya, yaitu dari kulit kangguru (k-leather). Jenis kulit ini termasuk premium sehingga harganya pun tinggi.


Sayangnya, kulit kangguru mudah menyerap air sehingga perawatannya tergolong sulit. Namun, Anda tetap bisa mempertimbangkannya karena sepatu kulit memiliki keunggulan tersendiri. Sebut saja, kelenturan yang 10 kali lebih baik dibandingkan kulit sapi dan 50% lebih kuat dibandingkan kulit kambing. Selain itu, kulit kangguru membuat sepatu futsal terasa lebih lembut dan nyaman.


  • Kulit sintetis

Kulit sintetis (faux leather) terbuat dari campuran bahan-bahan sintetis dan sering kali ditambahkan sedikit kulit binatang. Permukaannya lebih halus dan tekstur keseluruhannya dibuat semirip mungkin dengan kulit asli. Bahan ini juga cukup sering ditemui sebagai upper pada sepatu futsal terbaik untuk wanita. Kulit sintetis sering dijadikan pilihan dibandingkan kulit asli sebab kualitasnya baik tetapi harganya lebih terjangkau. 


  • Poliuretan

Poliuretan (PU leather) sebenarnya merupakan salah satu jenis kulit sintetis. Tidak seperti jenis kulit sintetis lainnya, poliuretan terdiri dari 100% bahan sintetis tanpa campuran kulit binatang. Sebagai informasi, dibandingkan kulit sintetis lainnya, poliuretan termasuk paling populer penggunaannya sebagai material sepatu futsal untuk wanita. 


Alasannya karena poliuretan menawarkan berbagai kelebihan, seperti mudah beradaptasi pada suhu berbeda, lentur, dan tahan terhadap gesekan. Bukan hanya itu, bahan ini juga tersedia dalam beragam pilihan warna, lho. Tentunya hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi penyuka warna-warna cerah.


  • Mesh

Bahan lain yang sering dipakai pada sepatu futsal untuk wanita adalah mesh. Bentuknya seperti jaring-jaring dengan permukaan lembut dan terbuat dari serat sintetis atau serat katun yang dianyam. Material ini dapat meningkatkan rasa nyaman saat digunakan. Mengapa demikian? 


Hal tersebut tidak lain karena mesh membuat sirkulasi udara di kaki menjadi lebih lancar. Dengan demikian, kaki Anda akan terhindar dari keringat saat sedang bermain intens di lapangan. Selain itu, bahan ini termasuk ringan dan mengikuti bentuk kaki ketika digunakan.


  • Suede

Material berupa suede juga sering ditambahkan pada bahan upper sepatu futsal untuk wanita. Suede sendiri jarang digunakan sebagai material tunggal dalam pembuatan sepatu futsal. Alasannya karena bahan suede cukup sulit didapatkan dan tergolong tipis sehingga jahitan mudah lepas saat terkena gesekan. 


Untuk itu, produk sepatu futsal umumnya hanya menambahkan bahan suede sebagai pelengkap saja. Meski begitu, hasil akhirnya cukup signifikan, lho. Bahan suede memang sudah dikenal luas karena mampu memberi kesan elegan dan mahal pada sepatu.

④ Periksa faktor-faktor penunjang lainnya

Periksa faktor-faktor penunjang lainnya

Selain hal-hal di atas, ada faktor-faktor penunjang lain yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli sepatu futsal untuk wanita. Apa sajakah itu? Mari disimak!


  • Ukuran sepatu

Menggunakan sepatu dengan ukuran yang tepat bukan hanya sekadar untuk kenyamanan saja, melainkan juga keamanan. Sepatu yang terlalu longgar atau terlalu sempit memperbesar risiko Anda mendapatkan cedera kaki saat permainan berlangsungKarena itu, saat akan memilih sepatu, Anda perlu memberi jarak 11,5cm antara jari kaki dengan ujung sepatu. 


Sepatu futsal untuk wanita biasanya memiliki ukuran untuk kaki kecil. Nah, agar mendapatkan ukuran yang benar-benar akurat, Anda sebaiknya mencoba sepatu sambil menggunakan kaos kaki. Jika pembelian dilakukan secara online, periksa ulang kesesuaian ukuran sepatu dengan ukuran kaki sebelum melakukan pemesanan.


  • Warna sepatu

Tentu banyak yang merasa bahwa warna dari sepatu futsal menjadi pertimbangan nomor sekian dibanding kenyamanan penggunaannya. Padahal, secara psikologis warna turut berperan dalam memberikan energi positif. Lalu apakah Anda harus memakai suatu warna tertentu?


Pada dasarnya, warna cerah bisa membantu menaikkan mood dan semangat Anda. Namun, setiap orang memiliki selera masing-masing, bukan? Tipsnya adalah dengan memilih warna sepatu yang membuat Anda merasa percaya diri saat memakainya bermain futsal.

10 Rekomendasi sepatu futsal terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu futsal terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Ortuseight

HORIZON IN

Ortuseight HORIZON IN 1枚目

Bergerak dinamis dan kecoh lawan berkat teknologi Ort-Curve

2

Capilari

Sepatu Futsal Synthetic Leather

Capilari Sepatu Futsal Synthetic Leather 1枚目

Buatan lokal, terjangkau, dan berkualitas. Wajib dimiliki!

3

Calci

Sepatu Futsal Bomsala Anchor

Calci Sepatu Futsal Bomsala Anchor 1枚目

Manuver lebih lincah dengan teknologi X-LITE

4

Specs

Hyperspeed FG

Specs Hyperspeed FG 1枚目

Tingkatkan akselerasi dan kecepatan pemain posisi flank

5

Lotto

Meteora

Lotto Meteora  1枚目

Siap tampil beda dengan warna orange yang cerah

6

Diadora

Bomber IDR

Diadora Bomber IDR 1枚目

Dilengkapi teknologi Flex Rotax yang menyempurnakan stabilitas pijakan

7

Decathlon

IMVISO Eskudo 500

Decathlon IMVISO Eskudo 500 1枚目

Dirancang khusus untuk tendangan dahsyat tanpa melukai kaki

8

adidas

Gamemode Knit Indoor Boots

adidas Gamemode Knit Indoor Boots 1枚目

Para penggemar Arsenal wajib punya, nih!

9

Nike

Nike Phantom GT2 Academy TF

Nike Nike Phantom GT2 Academy TF 1枚目

Desainnya khusus, tendangan pun makin akurat

10

Mizuno

Morelia Indoor

Mizuno Morelia Indoor  1枚目

Lebih ringan dan kuat dengan upper k-leather

Perincian produk
Close
No.1

Bergerak dinamis dan kecoh lawan berkat teknologi Ort-Curve

Rekomendasi sepatu futsal terbaik untuk wanita selanjutnya adalah Ortuseight HORIZON IN. Sepatu ini memiliki tekonologi tambahan yang menguntungkan, yakni QuickFit dan Ort-Curve. QuickFit adalah bahan pelapis di bagian upper sepatu. Material tersebut sangat lembut sehingga fitting sepatu pas dan langsung mengikuti bentuk kaki. 


Sementara Ort-Curve merupakan desain lekukan yang berada di outsole sepatu. Manuver dinamis dan fleksibel mungkin dilakukan dengan bantuan teknologi Ort-Curve tersebut sehingga Anda pun bisa mencegah serangan lawan. Jadi, pilihlah produk ini dan kecoh lawan Anda!

No.2

CapilariSepatu Futsal Synthetic LeatherXMN 006

Mulai dari Rp129.000,00

Buatan lokal, terjangkau, dan berkualitas. Wajib dimiliki!

Sepatu futsal buatan lokal kini mulai mampu bersaing dengan produk internasional, salah satunya merek Capilari. Meski buatan lokal, produk ini menawarkan kualitas yang jempolan. Lapisan kulit sintetis pada upper-nya tidak mudah menyerap air dan tahan lama.


Sepatu ini juga hadir dengan warna hitam bercorak merah dan putih sehingga membuat tampilannya makin menawan. Produk ini layak dijadikan alternatif jika Anda sedang ingin mencari sepatu murah yang berkualitas baik.

No.3

CalciSepatu Futsal Bomsala Anchor

Mulai dari Rp439.800,00

Manuver lebih lincah dengan teknologi X-LITE

Jika Anda menyukai warna sepatu bernuansa gelap, pilih saja sepatu futsal Calci Bomsala Anchor. Dengan warna Black Out, sepatu ini terkesan lebih maskulin. Selain itu, teknologi X-LITE-nya membuat sepatu terasa ringan saat melakukan gerakan manuver tinggi. Insole soft phylon-nya pun terasa empuk serta mampu menopang beban tubuh selama permainan berlangsung.

No.4

Tingkatkan akselerasi dan kecepatan pemain posisi flank

Pemain di posisi flank dapat memilih sepatu futsal Specs Hyperspeed FG. Sepatu buatan Indonesia ini dirancang khusus untuk meningkatkan akselerasi dan kecepatan permainan Anda. Hal itu didukung kepadatan ganda outsole berbahan injeksi TPU dengan traksi yang lebih cepat. 


Bagian insole dirancang sedemikian rupa agar menghasilkan sensasi kering dan pas di kaki Anda. Meski sepatu ini dirancang untuk lapangan rumput sintetis, Anda tetap bisa menggunakannya di lantai halus.

No.5

Siap tampil beda dengan warna orange yang cerah

Apakah Anda suka sepatu dengan warna-warna yang bold? Jangan lewatkan sepatu futsal dari Lotto Meteora karena warnanya yang terlihat cerah dan mencolok. Meski sedang bermain futsal, Anda pun tetap dapat tampil trendi


Di samping itu, tali sepatunya yang berwarna hitam berikan kesan netral sehingga tampilan Anda menjadi lebih seimbang. Selain desainnya, kualitas sepatu ini tidak perlu diragukan lagi. Outsole berjenis IC mampu mendukung permainan lincah Anda di lapangan halus.

No.6

Dilengkapi teknologi Flex Rotax yang menyempurnakan stabilitas pijakan

Sepatu yang kurang tepat bisa membuat pijakan Anda kurang stabil saat bermain futsal. Diadora Bomber IDR telah dilengkapi teknologi Flex Rotax yang mampu menyempurnakan stabilitas pijakan Anda. Teknologi ini merupakan sistem pengaturan stud inovatif.


Rancangan khusus dari sistem tersebut memberikan stabilitas traksi dan pelepasan maksimum kaki depan dari tanah. Tidak hanya itu, tumit Anda akan mendapatkan stabilitas pijakan sempurna. Sementara itu, pengaturan stud di area metatarsal (area bawah jari-jari kaki) memastikan kelenturan sepatu saat digunakan.

No.7

DecathlonIMVISO Eskudo 5008497867

Mulai dari Rp600.000,00

Dirancang khusus untuk tendangan dahsyat tanpa melukai kaki

Posisi kiper sering kali kesulitan mencari sepatu yang pas. Lebih banyak sepatu dirancang untuk pemain menyerang atau bertahan. Salah satu rekomendasi sepatu terbaik untuk kiper futsal wanita ialah sepatu ini. Bagian upper-nya berbahan PU dan poliester mampu melindungi kaki saat menendang bola. 


Solnya lebar dan tebal dikombinasikan dengan bantalan tumit sistem sirkular untuk mengurangi gelombang kejut akibat benturan di lapangan. Selain itu, di bagian samping sepatu juga didesain agar sepatu tahan terhadap abrasi.

No.8

adidasGamemode Knit Indoor BootsGY7564

Mulai dari Rp1.200.000,00

Para penggemar Arsenal wajib punya, nih!

Arsenal merupakan salah satu klub sepak bola terkenal dari Inggris. Penggemar Arsenal tersebar luas di seluruh dunia dan barangkali Anda salah satunya. Sepatu adidas Gamemode hadir bagi para penggemar Arsenal. Desain sepatu futsal ini memiliki sentuhan logo Arsenal di bagian luarnya. Warnanya pun dibuat sama dengan klub sepak bola tersebut. 


Tidak hanya itu, dari segi penggunaan pun sepatu ini menawarkan kenyamanan. Bagian upper menggunakan rajutan mesh sehingga terasa lembut di kaki. Dukungan sol berbahan grippy rubber juga mampu membuat permainan futsal makin seimbang di lapangan indoor halus.

No.9

NikeNike Phantom GT2 Academy TFDC0803-570

Mulai dari Rp1.279.000,00

Desainnya khusus, tendangan pun makin akurat

Nike merupakan merek populer dengan kualitas produk sepatu yang tidak perlu diragukan lagi. Sepatu futsal Nike Phantom GT2 Academy TF bisa Anda jadikan pilihan. Hal ini karena desain dan polanya dirancang khusus agar tendangan Anda makin akurat. 


Selain itu, bagian upper-nya menggunakan kulit sintetis yang tahan lama serta mudah dibersihkan. Sepatu ini juga memiliki berbagai keunggulan yang sangat cocok untuk pemain posisi flank juga anchor. Jadi, sepatu ini akan memudahkan Anda saat menggiring bola, mengoper, dan mencetak gol dengan presisi.

No.10

MizunoMorelia Indoor Q1GA2101

Mulai dari Rp1.799.800,00

Lebih ringan dan kuat dengan upper k-leather

Kulit kangguru telah dikenal sebagai salah satu bahan sepatu yang berkualitas tinggi. Meski harganya cukup tinggi, Anda tidak akan rugi memiliki sepatu futsal dengan material ini. Sepatu ini merupakan sepatu futsal terbaik untuk wanita dengan upper K-leather penuh. Saat digunakan menendang bola, kaki Anda akan tetap terasa nyaman.


Bagian outsole sepatu ini cukup tipis serta terasa empuk di bagian belakang. Meski demikian, outsole-nya kuat dan dapat memberikan cengkeraman serta traksi yang luar biasa. Sepatu ini tentunya melengkapi para pemain dengan teknik dan kecepatan yang hebat di lapangan.

Baca juga rekomendasi sepatu futsal lainnya di sini

Kami memahami bahwa menentukan satu produk saja tentu perlu pertimbangan yang matang. Siapa yang tidak ingin punya sepatu futsal nyaman, terjangkau, sekaligus awet? Untuk itu, kami juga telah menyediakan beberapa rekomendasi sepatu futsal lainnya. Anda bisa membacanya melalui tautan berikut ini.

Kesimpulan

Menggunakan sepatu futsal untuk wanita dengan tepat akan membantu meningkatkan performa permainan. Bayangkan saja jika Anda menggunakan sepatu dengan ukuran yang salah atau bahan yang kurang nyaman? Tentu hal tersebut bisa mempengaruhi permainan.


Untuk itu, Anda bisa mengurangi kebingungan dengan mengikuti cara memilih dari kami. Rekomendasi produk yang disajikan juga bisa Anda jadikan pertimbangkan. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menemukan sepatu futsal terbaik, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer