1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Komponen komputer & laptop
  6. >
  7. 10 Motherboard ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Motherboard ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Motherboard ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Motherboard ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Motherboard ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Motherboard ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Motherboard ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023)

Sebagai salah satu brand komputer ternama di dunia, ASUS memiliki keunikan sendiri di setiap produk yang diciptakannya. Kualitas merek ASUS memang sudah tidak diragukan lagi sehingga tidak heran bila merek ini memiliki banyak pelanggan setia.

Nah, kali ini kami akan memberikan tips memilih motherboard yang bagus untuk Anda para customer ASUS. Kami juga akan mengulas rekomendasi motherboard ASUS, mulai dari seri ROG, TUF Gaming, hingga ProArt. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla. Jadi, simak dan ikuti pembahasan artikel ini sampai akhir, ya! Selamat membaca!

Diperbaharui 08-26-2022
Pakar
Gaming content creator
Faynilla

Fay adalah seorang content creator di bidang gaming gear. Ia gemar me-review produk gaming gear kemudian mengunggahnya pada TikTok “Faynillaa” dan YouTube channel “Low Tech”. Ia mulai terjun menjadi content creator di YouTube tahun 2019 dan TikTok tahun 2020. Fay pernah memenangkan lomba review yang diadakan oleh brand “Digital Alliance” sebanyak dua kali. Selain itu, Fay juga menjuarai lomba modding keyboard yang diadakan oleh brand “Fantech” dan lomba pamer setup oleh “Enter Computer”.

Profil Faynilla
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 27 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Mengapa memilih motherboard ASUS?

Mengapa memilih motherboard ASUS?
Sumber: asus.com

ASUS adalah salah satu brand teknologi terkemuka di dunia. Kerap kali kita menemukan merek ASUS di setiap list rekomendasi barang teknologi. Hal ini secara langsung membuktikan bahwa ASUS adalah brand yang tidak diragukan lagi kualitas produknya. Lantas, kualitas seperti apa yang ditawarkan oleh ASUS dalam motherboard-nya?


ASUS memiliki berbagai macam fitur unik pada produknya. Salah satu fiturnya adalah ASUS Q-Design (Q-Code, Q-DIMM, Q-LED, Q-Connector, dan Q-Slot). Fitur Q-Design ini ditujukan untuk memudahkan Anda bongkar pasang komponen supaya tidak terjadi kerusakan. Terdapat juga fitur AI yang secara otomatis menyesuaikan kondisi komponen PC Anda dalam keadaan tertentu seperti AI overclocking.


Selain fitur, ASUS juga memiliki desain produk yang bagus. Hal ini didukung dengan RGB yang membuat mobo Anda makin indah. Selain itu, banyak juga motherboard ASUS yang sudah terpasang Thunderbolt 3 dan Thunderbolt 4. Komponen ini memiliki kecepatan transfer data melebihi USB type-C. Bahan yang digunakan oleh ASUS pada produknya juga berkualitas baik dan tahan lama.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih motherboard ASUS

Setelah memahami beberapa keunggulan motherboard keluaran ASUS, kini kami akan menjelaskan beberapa tips dalam memilihnya. Kami akan mengulasnya dalam beberapa poin berikut. Simak poin-poinnya dengan baik, ya!

① Kenali berbagai seri motherboard milik ASUS

ASUS memiliki berbagai macam seri motherboard berdasarkan tujuan kegunaannya. Kali ini kami mengulas tiga seri yang populer di pasaran. Yuk disimak!

ROG dan TUF: Diciptakan untuk para gamer

ROG dan TUF: Diciptakan untuk para gamer
Sumber: rog.asus.com

Seri ROG (Republic of Gamers) dan TUF (The Ultimate Force) Gaming adalah seri yang ditujukan untuk para gamers. Biasanya motherboard seri ini berspesifikasi tinggi sehingga performanya optimal untuk bermain game.


Fitur yang wajib dimiliki oleh seri gaming ini adalah overclocking. Fitur ini mendukung komponen PC bekerja melebihi kapasitas maksimalnya agar gaming lebih memuaskan. Seri ini juga dilengkapi dengan AI overclocking yang secara otomatis mengatur performa overclocking sistem Anda.

ProArt: Untuk Anda para konten kreator

ProArt: Untuk Anda para konten kreator
Sumber: asus.com

Jika Anda adalah seorang konten kreator, ASUS memberikan seri khusus untuk Anda. Seri ProArt diciptakan untuk para profesional agar waktu bekerja Anda jadi lebih efisien. ASUS juga menonjolkan keunggulannya dalam hal konektivitas yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas.


Motherboard ASUS seri ProArt memiliki berbagai keunggulan. Beberapa di antaranya adalah menghasilkan performa yang optimal untuk rendering, 3D modelling, produksi media, dan animasi.

PRIME: Memaksimalkan potensi komponen Anda

PRIME: Memaksimalkan potensi komponen Anda
Sumber: asus.com

Seri yang kompatibel untuk semua kalangan adalah seri PRIME. ASUS memberi perhatian khusus bagi para all-round builders dengan membuat motherboard ini.


Spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan seri TUF Gaming, tetapi fiturnya disesuaikan untuk daily users saja. Meski begitu, ASUS tetap berkomitmen untuk memberikan mobo yang dapat memaksimalkan kemampuan komponen AMD atau Intel melalui seri PRIME.

② Perhatikan jenis chipset dan bentuk soket komponen Anda

Motherboard memiliki bentuk soket yang berbeda-beda. Bentuk soket ini harus dicocokkan dengan jenis prosesor yang akan Anda gunakan. Bentuk soket terbaru pada AMD saat ini adalah AM4, sedangkan untuk Intel adalah LGA 1200.


Perbedaan motherboard AMD dan Intel hanya terletak pada bentuk soketnya. Faktor pembeda utama adalah prosesor yang digunakan. Oleh sebab itu, kami mengulas sedikit perbedaan prosesor AMD dan Intel. Simak poin-poinnya, ya!

Intel: Efisien, tetapi kurang terjangkau

Intel: Efisien, tetapi kurang terjangkau

Prosesor buatan Intel (Integrated Electronics) memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.

  • Efisien saat melakukan overclocking. Intel memiliki keunggulan dalam melakukan overclocking. Hal ini dibuktikan dengan performa yang didapatkan lebih besar dibandingkan pesaingnya. Dengan demikian, mode overclocking menjadi lebih maksimal.
  • CPU driver dan software yang selalu update. Reputasi yang dimiliki Intel terkait driver dan software-nya memang tidak diragukan lagi. Intel selalu responsif terhadap software update yang baru. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang kompatibilitas prosesor.


Meski begitu, Intel tetap memiliki satu kekurangan. Harga produk-produk Intel cenderung lebih mahal dibandingkan pesaingnya. Hal ini terbukti dari performa overclocking-nya. Anda harus merogoh kocek Anda untuk membeli sistem pendingin agar suhu di dalam komponen tetap terjaga.

AMD: Lebih produktif, tetapi tidak mudah overclocking

AMD: Lebih produktif, tetapi tidak mudah overclocking
Sumber: amd.com

AMD (Advanced Micro Devices) memiliki berbagai kelebihan dalam produknya yang kami ulas sebagai berikut.

  • Lebih produktif. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya core, thread, dan cache yang membuat AMD mampu membagi beban kerja dengan mudah. Dengan begitu, suatu pekerjaan bisa diselesaikan dengan ringan dan dapat dilakukan bersamaan dengan pekerjaan lainnya.
  • Harga lebih affordable. Harga produk AMD lebih terjangkau dibandingkan pesaingnya sehingga dapat dijadikan pilihan on budget. Meskipun terjangkau, AMD tetap menjamin kualitas produk-produknya.


Salah satu kekurangannya yang dapat kami rangkum adalah performa overclocking-nya. Motherboard AMD umumnya dapat melakukan overclocking, tetapi performanya tidak sebaik pesaingnya. AMD tetap cocok sebagai entry-level PC karena sistemnya tidak begitu kompleks, tetapi kinerjanya tidak menyentuh maksimal.

③ Usahakan memilih ukuran yang besar agar makin banyak fitur

Usahakan memilih ukuran yang besar agar makin banyak fitur

Umumnya ada empat tipe ukuran motherboard, yaitu mini ITX, micro ATX, ATX, dan Extended ATX. Hal yang membedakan satu ukuran dengan yang lainnya adalah kapasitasnya. Makin besar ukuran mobo, makin besar juga kapasitasnya untuk menampung komponen.


Ukuran motherboard juga memengaruhi besarnya casing yang dapat digunakan. Sah-sah saja bila memasang mobo kecil di dalam casing besar. Namun, hal tersebut akan menjadi pemborosan karena banyak ruang yang tak terpakai.

④ Pertimbangkan slot ekspansi

Pertimbangkan slot ekspansi

Slot ekspansi berfungsi sebagai slot tambahan yang dapat diisi dengan kartu ekspansi. Slot ekspansi yang paling umum adalah PCIe (peripheral component interconnect express). PCIe berfungsi untuk menambah kartu grafis, modem, network card, dan sound card.


PCIe dapat dibedakan menurut kapasitasnya, yaitu PCIe x16 hingga PCIe x1. Angka kelipatan menunjukkan banyaknya jalur pada slot. Makin banyak jalur, makin cepat juga transfer datanya.

⑤ RAM dan SATA juga penting untuk diketahui

RAM dan SATA juga penting untuk diketahui

Anda juga perlu mempertimbangkan RAM (random access memory) saat memilih motherboard. Biasanya kinerja motherboard dipengaruhi oleh kapasitas dan kecepatan RAM. Angka dalam satuan MHz pada RAM speed menunjukkan kecepatan read dan write data dalam satu siklus.


Sementara itu, kapasitas RAM dalam satuan GB menunjukkan banyaknya temporary data yang dapat ditampung. Oleh karena itu, pilihlah mobo yang support dengan kapasitas dan kecepatan RAM Anda.


SATA (serial advanced technology attachment) adalah slot yang berguna sebagai tempat instalasi storage dan optical drive. Menyimpan data, media, ataupun game membutuhkan kapasitas storage yang besar. Karena itu, jika Anda berencana untuk memasang banyak hard drive, sebaiknya Anda memilih motherboard dengan SATA slot yang banyak.

⑥ Pertimbangkan juga kualitas VRM

Pertimbangkan juga kualitas VRM

Jika Anda adalah gamer yang menginginkan motherboard dengan kualitas overclocking yang baik, Anda perlu juga mempertimbangkan kualitas VRM. VRM (voltage regulator module) adalah komponen yang berkuasa mengatur daya voltase CPU.


Ketika overclocking, sistem akan membutuhkan pasokan daya yang lebih besar sehingga VRM harus bekerja ekstra untuk memberikan daya tersebut. VRM yang baik akan menjaga kelistrikan sistem Anda tetap stabil agar terhindar dari kerusakan.

Peringkat Motherboard ASUS Terbaik

Berikut ini adalah Motherboard ASUS terpopuler. Produk atau layanan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

ASUS

PRIME A320M-K

ASUS PRIME A320M-K 1枚目

Dengan ukuran micro ATX, harganya sangat terjangkau!

2

ASUS

TUF GAMING B550M-Plus

ASUS TUF GAMING B550M-Plus 1枚目

Motherboard dengan chipset yang ter-update

3

ASUS

PRIME H510M-A

ASUS PRIME H510M-A 1枚目

Seri PRIME murah dan berkualitas untuk Intel!

4

ASUS

ROG Crosshair VIII Dark Hero

ASUS ROG Crosshair VIII Dark Hero 1枚目

Didesain dengan 90A VRM, sistem AMD jadi lebih powerful!

5

ASUS

ROG MAXIMUS XII Extreme

ASUS ROG MAXIMUS XII Extreme 1枚目

Kualitas high-end untuk Intel

6

ASUS

ProArt B550-Creator

ASUS ProArt B550-Creator 1枚目

Motherboard sempurna untuk para kreator

7

ASUS

ROG STRIX B550-E GAMING

ASUS ROG STRIX B550-E GAMING 1枚目

Pilihan on budget untuk motherboard AMD

8

ASUS

ProArt Z490 CREATOR 10G

ASUS ProArt Z490 CREATOR 10G 1枚目

Desainnya yang kalem sangat berbeda dengan performanya yang luar biasa

9

ASUS

ROG STRIX Z590-I GAMING WIFI

ASUS ROG STRIX Z590-I GAMING WIFI 1枚目

Ukurannya mini, cocok untuk sistem yang sederhana

10

ASUS

PRIME Z490-A

ASUS PRIME Z490-A 1枚目

Sangat versatile, dapat dipakai oleh semua kalangan

Perincian produk
Close
No.1

Dengan ukuran micro ATX, harganya sangat terjangkau!

Bila Anda mencari mobo micro ATX dengan harga miring, mobo inilah jawabannya. Harganya tidak sampai satu juta rupiah! Kualitasnya sudah cukup untuk sistem gaming yang standar. Kualitas VRM mobo ini juga sangat baik untuk overclocking


Tambahan pula, produk ini dilengkapi fitur overvoltage protection yang sangat berguna bila tegangan listrik di rumah Anda tidak stabil. Namun, beberapa komponen produk ini tidak semaksimal mobo gaming pada umumnya. Hal ini terbukti pada RAM-nya yang hanya mampu dipasang hingga 64 GB.

No.2

ASUSTUF GAMING B550M-Plus

Mulai dari Rp2.909.000,00

Motherboard dengan chipset yang ter-update

Motherboard dengan chipset yang tergolong baru ini sudah kompatibel dengan Ryzen Zen 3. Kualitas chipset ini hampir menyaingi X570 dengan harga yang lebih murah. Bila dipasangkan dengan seri Ryzen 5000, motherboard ini dapat mendukung pemasangan PCIe 4.0. 


Kualitas VRM motherboard ini baik, yaitu Digi+. Digi+ mendukung kenyamanan sistem Anda untuk melakukan overclocking. Selain itu, terdapat fitur AI noise cancelling microphone yang membuat suara hasil rekaman Anda lebih jernih dan halus.

No.3

Seri PRIME murah dan berkualitas untuk Intel!

Mobo micro ATX seri PRIME ini memiliki harga yang sangat murah. Meskipun murah, mobo keluaran ASUS ini sudah menyediakan kebutuhan basic untuk para gamer. Terdapat 2 slot DIMM RAM dan VRM yang solid guna menjamin performa overclocking sistem. Terdapat juga AURA RGB headers yang membuat sistem Anda makin indah.

No.4

ASUSROG Crosshair VIII Dark Hero

Mulai dari Rp6.499.000,00

Didesain dengan 90A VRM, sistem AMD jadi lebih powerful!

Jika Anda berencana untuk membangun sistem dengan basis AMD, sebaiknya Anda pertimbangkan mobo dari ASUS ROG ini. Mobo ini memiliki 8 SATA slot dengan kecepatan 6 GB/s. Ditambah dengan performa 16 phases VRM-nya yang mencapai 90A, mode overclocking pun menjadi lebih terkendali.


Produk ASUS ini juga memiliki BIOS Flashback button. Selain itu, konektivitas produk ini baik karena dilengkapi Wi-Fi dan Bluetooth. Sebagai kontrol, ASUS pun menyediakan voltage monitoring yang terhubung langsung dengan sistem. Jadi, notifikasi akan langsung muncul secara aktual di layar monitor Anda. Performanya setimpal dengan harga yang ditetapkan, bukan?

No.5

ASUSROG MAXIMUS XII Extreme

Mulai dari Rp12.745.000,00

Kualitas high-end untuk Intel

Dalam kategori mobo terbaik untuk Intel, kami merekomendasikan produk ROG ini. Mobo ini memiliki VRM yang berkualitas yang dilengkapi dengan fitur AI. Cooling system-nya juga dilengkapi dengan AI sehingga menjamin tingkat suhu di dalam sistem. Mobo ini juga memiliki konektivitas yang lengkap, yaitu Wi-Fi 6 (Gig+), Bluetooth v5.1, dan Thunderbolt.

No.6

ASUSProArt B550-Creator

Mulai dari Rp5.950.000,00

Motherboard sempurna untuk para kreator

Jika Anda adalah seorang creative professionals, ini adalah motherboard terbaik untuk Anda! Motherboard ini menawarkan fitur Two-Way AI Noise Cancelation yang berfungsi menghaluskan kualitas audio ketika berkomunikasi online. Terdapat juga ProArt Creator Hub sebagai sistem kontrol.


Mobo ini telah dilengkapi dengan I/O yang powerful, salah satunya adalah dual Thunderbolt 4 Type-C ports. Fitur-fitur yang ditawarkan tentu dapat membantu Anda dalam membuat konten.

No.7

ASUSROG STRIX B550-E GAMING

Mulai dari Rp4.739.000,00

Pilihan on budget untuk motherboard AMD

Anda tidak perlu khawatir bila memiliki budget terbatas untuk membeli motherboard canggih sebab ASUS memberikan solusi bagi Anda. Produk ASUS ROG STRIX B550-E GAMING ini dipatok dengan harga miring, yaitu mulai dari 4,7 jutaan saja! Dengan harga tersebut, Anda sudah dapat memiliki chipset terbaru dalam mobo yang kaya fitur. Menarik sekali, bukan?

No.8

ASUSProArt Z490 CREATOR 10G

Mulai dari Rp6.359.000,00

Desainnya yang kalem sangat berbeda dengan performanya yang luar biasa

ASUS ProArt yang ditujukan untuk para kreator ini memiliki desain yang kalem dengan warna mayoritas gelap. Namun, jangan tertipu dengan desainnya! Biarpun tampak kalem, mobo ini tetap menunjukkan performa yang powerful. Salah satu fitur andalannya adalah AI Overclocking yang secara otomatis mengatur sistem Anda saat overclocking. Performanya sangat tidak kalem, ya?


Produk ini juga dibekali fitur Crystal Sound 3 yang dapat mengurangi kebisingan. Selain itu, fitur tersebut bisa menggerakkan headphone dengan daya tinggi tanpa memengaruhi kualitas suara. Fitur ini berguna buat content creator yang membutuhkan kualitas suara detail untuk mengelola konten audionya. 

No.9

ASUSROG STRIX Z590-I GAMING WIFI

Mulai dari Rp5.958.000,00

Ukurannya mini, cocok untuk sistem yang sederhana

Simple dan to the point adalah karakteristik yang cocok untuk menggambarkan motherboard mini ITX ini. Slot ekspansi produk ini hanya ada satu buah yang menjadikan mobo ini sangat menghemat ruang. Slot pada RAM-nya pun hanya 2 buah slot DIMM. Walaupun kecil dan sederhana, produk ini telah dilengkapi dengan Wi-Fi dan Bluetooth


Kelengkapan konektivitasnya juga didukung dengan instalasi Thunderbolt 4 pada I/O ports di belakang. Tak hanya itu, produk ini juga dilengkapi AI cooling serta AI networking yang membuat pekerjaan jadi lebih efisien. Terdapat pula aplikasi AIDA64 dengan paket langganan 60 hari yang bisa Anda gunakan untuk test hardware PC. 

No.10

ASUSPRIME Z490-A

Mulai dari Rp4.530.000,00

Sangat versatile, dapat dipakai oleh semua kalangan

Produk seri PRIME ini memang ditujukan untuk semua kalangan. Gamer, content creator, dan profesional dapat menggunakan produk ini. Performanya baik untuk produksi media, tetapi tak buruk juga untuk bermain game. Ukurannya yang besar membuat mobo ini dapat di-upgrade sesuai keinginan Anda. Jadi, bagi para all-rounders, produk ini cocok untuk Anda!

Baca juga rekomendasi produk ASUS lainnya di sini

Kesimpulan

Motherboard ASUS dengan segala keunikannya memberikan pengalaman yang berbeda dari brand lain. Maksimalkan pengalaman tersebut dengan memilih motherboard dengan tepat dan sesuai minat Anda.


Pastikan mobo yang dipilih cocok dengan komponen dalam list Anda, ya! Pertimbangkan juga fitur dan ukurannya. Hal yang paling penting adalah mencocokkan motherboard dengan prosesor Anda. Selamat memilih motherboard!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer