1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Pisau Daging Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Pisau Daging Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Pisau Daging Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Pisau Daging Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Pisau Daging Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Pisau Daging Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Pisau Daging Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Saat memotong atau mencacah daging, Anda membutuhkan pisau daging yang tajam supaya lebih mudah. Selain itu, sebaiknya gagang pisau daging harus kuat dan ergonomis. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir pisau akan memeleset ketika sedang digunakan. 


Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pisau daging terbaik. Deretan merek pisau daging yang bagus, seperti Tramotona, Victorinox, atau Bolde juga akan kami ulas. Silakan simak terus artikel ini hingga tuntas untuk mendapatkan pisau daging super tajam yang akan memudahkan pekerjaan Anda.

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih pisau daging

Hidangan dari daging memang lezat. Namun, proses persiapannya cukup memakan waktu. Salah satu penyebabnya adalah daging yang kerap sulit dipotong karena liat dan keras. Solusi dari masalah ini tentu saja pisau daging yang bagus. Untuk mendapatkan pisau daging terbaik, berikut ini tips yang perlu Anda perhatikan saat hendak membelinya.

① Sesuaikan dengan aktivitas yang akan Anda lakukan

Saat menyebut pisau daging, tahukah Anda bahwa ada banyak sekali jenisnya? Tiap pisau memiliki kegunaan yang beragam. Pada bagian ini kami akan menjelaskan jenis dan kegunaan tiap pisau daging supaya Anda mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan.

Pisau sembelih, cocok digunakan saat Idul Adha

Pisau sembelih, cocok digunakan saat Idul Adha

Menyembelih hewan harus dilakukan dengan cepat agar hewan tidak merasa tersiksa. Pisaunya pun harus benar-benar tajam. Jika Anda termasuk pemula, sebaiknya gunakan pisau sembelih berukuran 25 cm atau 31 cm. Panjangnya akan memudahkan Anda dalam bekerja. Bagi Anda yang berpengalaman, pisau ukuran 20 cm atau 23 cm lebih disarankan karena Anda menjadi lebih bertenaga.

Pisau skinning, untuk melepaskan kulit dari daging

Pisau skinning, untuk melepaskan kulit dari daging

Daging dan kulit memiliki tekstur yang benar-benar berbeda. Untuk memisahkan daging dari kulitnya, dibutuhkan pisau yang memungkinkan Anda bekerja dengan leluasa. Biasanya digunakan pisau yang ujungnya melengkung dengan ujung bilah yang tajam. Lengkungannya menjadi semacam kait yang menembus kulit. Anda tinggal menariknya dari pangkal sampai ke ujung, dan kulit pun akan terlepas.

Pisau sticking, membantu menusuk dan mengiris daging

Pisau sticking, membantu menusuk dan mengiris daging

Bilah pisau sticking berujung runcing karena difungsikan untuk menusuk daging. Bilahnya sendiri lurus dan panjang untuk memudahkan Anda mengiris daging. Anda bisa memotong daging bentuk dadu atau membuat irisan tipis dengan pisau jenis ini. Pisau sticking termasuk multifungsi. Selain menusuk dan mengiris, terkadang juga digunakan untuk menguliti dan menyembelih! 

Pisau boning, memisahkan daging dari tulangnya

Pisau boning, memisahkan daging dari tulangnya

Bilah pisau boning kecil dan ramping. Bilah macam ini cocok untuk memisahkan daging dari tulangnya. Ketajamannya memudahkan daging lepas. Sementara itu, bentuknya yang ramping memberi kelincahan untuk bergerak menyusup di sela-sela daging dan tulang. Misalnya Anda ingin memasak sayur asam dengan tetelan, pisau ini bisa digunakan untuk memisahkan daging dari tulang.

Pisau golok, untuk mencacah tulang

Pisau golok, untuk mencacah tulang

Untuk memotong tulang, gunakanlah pisau golok atau buthcer's knife. Pisau jenis ini memiliki bilah yang lebar dan tebal, dengan satu sisi bilahnya miring dan tajam. Panjangnya berkisar antara 15-30 cm. Bentuknya yang lebar dan kokoh benar-benar dapat memotong tulang dan daging liat hingga putus. Dengan pisau jenis ini, Anda bisa memotong daging dan tulang sesuai ukuran yang Anda inginkan.

② Ketahui bahan pisau yang bagus

Ketajaman sebuah pisau akan dipengaruhi oleh bahan pembuatnya. Untuk itu, ketahui lebih dulu beragam bahan pisau daging yang bagus sebelum membelinya.

Stainless steel, baja tahan karat yang aman untuk memotong daging

Stainless steel, baja tahan karat yang aman untuk memotong daging

Stainless steel adalah bahan logam yang terdiri atas kromium, nikel, dan besi. Kehadiran kromium yang cukup banyak, yaitu di atas 10% membuat logam ini tahan karat. Kromium ini akan melapisi permukaan baja sehingga menimbulkan sifat antikorosif


Pisau dari bahan stainless steel sangat cocok untuk memotong daging dan bahan makanan lainnya. Kelemahannya adalah ketajamannya yang bisa menurun. Untuk itu, Anda harus rajin-rajin mengasahnya supaya bisa digunakan secara optimal.

Baja karbon, membuat pisau jadi supertajam

Baja karbon, membuat pisau jadi supertajam

Pisau baja karbon merupakan logam yang mengandung karbon hingga 2%. Logam ini terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu baja karbon tinggi, sedang, dan rendah. Untuk pisau, sering kali digunakan logam baja karbon tinggi. Pisau berbahan dasar baja karbon terkenal akan ketajamannya dan kekuatannya.


Kelemahannya justru ditimbulkan oleh kandungan karbon yang cukup tinggi, yaitu tidak tahan karat. Meskipun demikian, pisau ini kerap digunakan dalam pekerjaan berdurasi tinggi. Contohnya adalah pekerjaan di penjagalan atau koki dapur. Dalam situasi tersebut, mereka tidak punya banyak waktu untuk berhenti dan mengasah pisau. Jadi, pisau daging baja karbon merupakan pilihan terbaik. 


Untuk mengatasi karat, Anda harus sering-sering membersihkannya. Begitu selesai digunakan, segera bersihkan dan seka dengan lap atau tisu hingga benar-benar kering. Hindari menyimpan pisau daging baja di tempat yang lembap. Dengan demikian, pisau baja Anda akan terjaga keawetannya.

Titanium, bahannya ringan dan tahan karat

Titanium, bahannya ringan dan tahan karat

Pisau titanium terkenal karena bobotnya yang ringan. Meskipun ringan, kekuatannya tak kalah dari baja. Bobot macam ini akan membantu tangan Anda bekerja lebih tahan lama. Anda tidak akan mudah lelah saat menghadapi potongan daging dalam jumlah besar. 


Pisau ini juga sangat tahan karat. Bila Anda perlu memotong daging yang diawetkan dengan cara pengasinan, pisau titanium akan menjadi sahabat terbaik Anda. Kelemahan pisau daging titanium hanya satu, yakni bisa tumpul setelah dipakai berulang kali. Oleh karena itu, selalu siapkan batu asah atau honing yang dapat mempertajam pisau Anda. 

③ Pilih gagang pisau yang ergonomis dan kokoh

Pilih gagang pisau yang ergonomis dan kokoh

Salah satu kunci kenyamanan dalam menggunakan pisau daging adalah gagang yang ergonomis. Saat memotong daging dibutuhkan lebih banyak tekanan agar bilah pisau bisa menancap sempurna. Bekerja dengan pisau yang tidak ergonomis dalam waktu lama berpotensi menyebabkan cedera pada pergelangan tangan. 


Gagang pisau yang ergonomis akan mudah digenggam dan sesuai dengan lekuk tangan pemakainya. Jari-jari Anda akan menempel dan berada pada posisi yang tepat. Sesuaikan juga panjang gagang dengan tangan. Jika gagang lebih pendek dari genggaman tangan Anda, pastilah Anda akan kesulitan menggenggam erat. Kenyamanan bekerja pun jadi terganggu. 


Gagang pisau juga harus kokoh. Gagang pisau dibuat dengan dua cara, yaitu ditempa dan ditempel. Gagang pisau yang ditempa relatif lebih kokoh karena menyatu dengan bilah pisau. Sementara itu, gagang pisau yang ditempel mudah lepas jika pemasangannya kurang tepat. Demi kenyamanan Anda, pastikan untuk memperhatikan hal ini sebelum membelinya.

10 Rekomendasi pisau dapur terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pisau daging terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Bolde

Super Knives Titanium Chop Knife

Bolde Super Knives Titanium Chop Knife 1枚目

Pisau bermata dua yang tipis dan tajam

2

Neoflam

Santoku Knife 5"

Neoflam Santoku Knife 5" 1枚目

Menawarkan keseimbangan yang membuat tangan Anda nyaman dalam bekerja

3

OXONE

Classic Carving Knife 7"

OXONE Classic Carving Knife 7" 1枚目

Terbuat dari 100% logam, dijamin bebas karat!

4

Waldemar

Waldemar Skinning Knife 8"

Waldemar Waldemar Skinning Knife 8" 1枚目

Gagang themoplastic rubber yang memudahkan saat digenggam, antilicin!

5

Freemir

Pisau Pemotong Daging

Freemir Pisau Pemotong Daging 1枚目

Desain bilah yang bergelombang agar daging tidak menempel

6

Xituo

Xintoku Santoku Knife

Xituo Xintoku Santoku Knife 1枚目

Ditempa dengan teknik Damaskus menjadikan bilahnya terlihat estetis

7

Tramontina

Premium Boning Knive 6"

Tramontina Premium Boning Knive 6" 1枚目

Gagangnya ergonomis, nyaman untuk digenggam dalam waktu lama

8

CASA ROYALE

Rosewood Series Chopper 8"

CASA ROYALE Rosewood Series Chopper 8" 1枚目

Kadar kromiumnya tinggi, bikin pisau tahan korosi!

9

Yoshikawa

Gogi Chinese Bone Cleaver 175mm

Yoshikawa Gogi Chinese Bone Cleaver 175mm 1枚目

Pisau buatan Jepang yang sempurna untuk mencincang daging

10

Victorinox

Cimeter Fibrox 25 cm

Victorinox Cimeter Fibrox 25 cm 1枚目

Ideal untuk menyembelih hewan kurban

Perincian produk
Close
No.1

BoldeSuper Knives Titanium Chop Knife

Mulai dari Rp169.000,00

Pisau bermata dua yang tipis dan tajam

Pisau golok bermata dua dan sangat tajam ini cocok untuk mencincang daging atau membuat irisan tipis. Berbahan baja karbon tinggi Aus-8 yang banyak dipakai pada pisau Jepang kelas atas, pisau ini cukup ringan. Anda bisa menggunakannya dalam waktu lama tanpa merasa lelah. Jika Anda berencana membuat makanan yang membutuhkan daging slice, pisau ini bisa menjadi pilihan. 

No.2

NeoflamSantoku Knife 5"

Mulai dari Rp99.000,00

Menawarkan keseimbangan yang membuat tangan Anda nyaman dalam bekerja

Anda yang membutuhkan pisau daging serbaguna bisa menjatuhkan pilihan pada produk ini. Pisau santoku ini bisa digunakan untuk memotong, mengiris, juga mencincang daging. 


Produk ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Panjang bilah dan gagang yang terpaut sedikit menjanjikan keseimbangan bagi tangan Anda. Pergelangan tangan Anda tidak perlu bekerja terlalu keras menahan bobot bilah. Anda pun bisa sepenuhnya mengendalikan pisau di tangan.

No.3

OXONEClassic Carving Knife 7"OX-62D

Mulai dari Rp120.000,00

Terbuat dari 100% logam, dijamin bebas karat!

Berbeda dari pisau lainnya, pisau ini terbuat dari 100% logam, baik bilah maupun gagangnya. Meski fungsi utamanya adalah untuk carving, pisau ini juga bisa menjadi pisau sticking. Dengan bilah yang tipis dan panjang, pisau ini bisa difungsikan untuk menusuk daging. Anda pun bisa menggunakannya untuk memotong daging yang sudah matah. Bagi Anda yang mencari pisau antikarat dengan banyak kegunaan serta harganya terjangkau, pisau ini bisa dijadikan pilihan.

No.4

WaldemarWaldemar Skinning Knife 8"

Mulai dari Rp117.000,00

Gagang themoplastic rubber yang memudahkan saat digenggam, antilicin!

Memisahkan daging dari kulit tidak mudah sama sekali. Bagi Anda yang berencana menguliti hewan, memiliki pisau yang tepat adalah syarat mutlak. Selain berbilah tajam, gagang pun patut diperhatikan untuk kenyamanan tangan.


Gagang pisau buatan Waldemar ini benar-benar antilicin. Hal ini berkat bahan thermoplastic rubber yang digunakannya. Kualitas gagang ini mengimbangi kekuatan bilahnya. Anda pun bisa menguliti hewan tanpa khawatir.

No.5

FreemirPisau Pemotong Daging

Mulai dari Rp150.000,00

Desain bilah yang bergelombang agar daging tidak menempel

Pisau ini hadir dalam satu set yang terdiri dari pisau golok, pisau pemotong, pisau paring, dan pengupas buah. Keunggulan dari pisau ini adalah desain bilahnya yang bergelombang. Dengan begitu, daging yang Anda potong tidak akan menempel di pisau. 


Menariknya lagi, produk ini memiliki teknologi antibakteri sehingga makanan yang Anda potong tetao higienis. Anda yang tidak bolak-balik membeli pisau, set produk ini adalah pilihan yang tepat dan praktis.

No.6

XituoXintoku Santoku Knife

Mulai dari Rp70.900,00

Ditempa dengan teknik Damaskus menjadikan bilahnya terlihat estetis

Terbuat dari baja tahan karat, pisau produksi Xituo ini ditempa dengan teknik Damaskus. Memanfaatkan cairan asam, terbentuklah pola-pola yang unik di bilah pisau. Tak hanya mempercantik bilah, teknik ini juga makin mempertajam mata pisau. 


Gagangnya terbuat dari kayu pakka dengan pola yang tak kalah cantik. Kayu pakka sangat padat sehingga pisau Anda jadi lebih awet. Pisau ini cocok bagi Anda yang ingin memiliki pisau daging dengan harga ekonomis sekaligus terlihat indah.

No.7

TramontinaPremium Boning Knive 6"

Mulai dari Rp127.000,00

Gagangnya ergonomis, nyaman untuk digenggam dalam waktu lama

Gagang pisau ini terbuat dari polypropylene yang menyatu dengan bilah. Desainnya ergonomis sehingga membuat tangan Anda tidak akan memeleset saat memisahkan daging dari tulang. Anda bisa menggunakannya dalam waktu lama dengan nyaman.


Ukurannya yang relatif kecil cocok untuk penggunaan di dapur rumah tangga. Pisau ini juga aman dicuci dalam mesin pencuci piring. Sediakan pisau boning ini di rumah Anda. Kapan pun Anda hendak memasak daging, pisau ini akan benar-benar membantu.

No.8

CASA ROYALERosewood Series Chopper 8"CR-CK98

Mulai dari Rp155.000,00

Kadar kromiumnya tinggi, bikin pisau tahan korosi!

Pisau golok Casaroyale menggunakan baja dengan kandungan kromium hingga 13%. Tingginya kadar kromium membuat golok ini makin tahan terhadap korosi. Karat tidak bakal singgah ke pisau Anda. Meski dipakai terus-terusan, kualitas pisau tetap terjaga.


Keunggulan lain dari pisau ini terletak pada gagangnya yang terbuat dari kayu keras rosewood. Perpaduan besi berkilat dan gagang kayu menciptakan tampilan yang elegan. Gagang pisau pun terasa kesat dan nyaman digenggam, serta tidak mudah tergelincir dari tangan.

No.9

YoshikawaGogi Chinese Bone Cleaver 175mmYJ-3274

Mulai dari Rp598.600,00

Pisau buatan Jepang yang sempurna untuk mencincang daging

Pisau golok produksi Yoshikawa ini mengadopsi pisau golok ala China yang besar dan berat. Para chef di China banyak memanfaatkannya untuk mencincang daging dan juga menggeprek bumbunya. Ketebalan bilah yang mencapai 15 mm menunjukkan kekokohannya. 


Pembuatan pisau ini tidak sepenuhnya buah karya mesin. Proses finishing pisau melibatkan jasa pandai besi. Perpaduan kerja mesin dan tangan manusia ini menghasilkan pisau yang tajam dan berkualitas. Anda bisa menggunakannya sebagai pisau dapur andalan.

No.10

VictorinoxCimeter Fibrox 25 cm

Mulai dari Rp790.000,00

Ideal untuk menyembelih hewan kurban

Menyembelih sapi atau kambing haruslah menggunakan pisau yang benar-benar tajam. Pisau produksi Victorinox ini merupakan andalan para tukang jagal. Dengan ujung bilah melengkung, penjagal dapat meletakkan pisau tanpa membenturkan ujung bilah ke lantai. 


Jika Anda yang berencana membantu proses penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha, pisau ini bisa dipertimbangkan. Pekerjaan Anda akan berjalan lebih lancar berkat ketajamannya.

Baca juga rekomendasi pisau lainnya di sini

Pisau menjadi peralatan penting yang wajib ada di dapur. Selain pisau daging, ada banyak jenis pisau lain. Berikut ini kami memiliki rekomendasi aneka pisau lainnya untuk Anda.

Kesimpulan

Aktivitas mengolah daging menjadi lebih ringan jika dibantu pisau daging yang tepat. Gunakan pisau dengan bilah tajam dan gagang yang ergonomis. Sesuaikan juga jenis pisau dengan aktivitas Anda. Perhatikan bahan pisau agar Anda tahu cara merawatnya. Tak ketinggalan. pilih gagang pisau yang nyaman. Semoga Anda segera menemukan produk yang cocok. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer