1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Tenis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Net Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Net Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Net Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Net Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Net Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Net Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Net Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tenis meja merupakan olahraga yang memerlukan net untuk bermain. Net pada olahraga tenis meja berguna sebagai pemisah area tiap-tiap pemain. Selain itu, net tenis meja juga berfungsi mengatur batas minimal tinggi pantulan bola saat bermain. Melihat pentingnya fungsi net pada olahraga tenis meja, Anda sebaiknya tidak salah pilih.


Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips memilih net tenis meja terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek net tenis meja yang bagus, seperti Butterfly, DHS, dan speeds. Simak artikel ini sampai selesai agar Anda bisa mendapatkan net tenis meja terbaik!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Kenali net tenis meja dan fungsinya

Kenali net tenis meja dan fungsinya

Tenis meja atau pingpong dapat dijadikan pilihan olahraga berpasangan yang asyik. Peralatan yang dibutuhkan untuk memainkannya adalah bet, bola, meja tenis, dan tentu saja net. Meski terlihat paling sepele, permainan tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya net tenis meja yang terpasang dengan benar. Net tenis meja sendiri memiliki beberapa fungsi dalam permainan, yaitu sebagai berikut:


  • Sebagai ukuran minimal ketinggian bola dalam permainan. Standar tinggi net tenis meja adalah 15 cm. Hal ini berarti pemain harus memukul bola dengan tinggi minimal 15 cm agar bola pingpong tersebut bisa menuju area lawan.
  • Sebagai pembatas area untuk setiap pemain yang berdiri berlawanan. Permainan pingpong bisa dilakukan secara tunggal atau ganda. Permainan tunggal berarti satu lawan satu sedangkan ganda berbentuk tim (dua lawan dua). 
  • Sebagai salah satu tolak ukur penghitungan poin. Saat bola yang dipukul tidak berhasil melewati net, poin akan ditambahkan pada lawan. Saat bola menyentuh net dan berhasil pindah ke area lawan tanpa bisa dikembalikan, poin akan menjadi milik pemukul.

Sesuai standar International Table Tennis Federation (ITTF), net tenis meja harus terdiri dari jaring, suspensi, dan pendukungnya. Ukuran net tenis meja dalam pertandingan resmi juga telah diatur ITTF. Panjang net tenis meja adalah 183 cm dan tinggi net tenis meja 15,25 cm

Cara memilih net tenis meja

Penting memahami seluk-beluk net tenis meja sebelum menentukan satu yang terbaik. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat hendak memilih, mulai dari cara pemasangannya, ukuran meja, hingga ada tidaknya tiang net. Berikut ini penjelasan selengkapnya!

① Pahami jenis net tenis meja berdasarkan cara pemasangannya

Net tenis meja umumnya berbahan nilon yang dianyam sehingga cukup kuat dan tahan lama. Dari segi pemasangannya, net tenis meja terbagi menjadi dua jenis, yakni clamp and screw dan clip on. Apa perbedaan keduanya?

Clamp and screw, cocok untuk permainan profesional

Clamp and screw, cocok untuk permainan profesional

Net tenis meja jenis clamp and screw memiliki cara pemasangan yang sedikit rumit. Pada tiang net akan ada sekrup untuk membantu memperkuat tarikan net saat dibentangkan. Anda bisa mengatur tingkat ketegangan net tenis meja dan menyesuaikan dengan tipe permainan. 


Jenis net tenis meja clamp and screw biasanya digunakan untuk permainan profesional, seperti untuk turnamen atau latihan di klub. Meski Anda bermain tenis meja sebagai ajang rekreasi, Anda juga bisa menggunakan net jenis ini, lho! Dengan ketegangan dan kekencangan net yang bisa disesuaikan, Anda akan mendapatkan pengalaman bermain yang lebih seru.

Clip on, lebih mudah dan cepat saat pemasangan

Clip on, lebih mudah dan cepat saat pemasangan

Bagi Anda yang bermain tenis hanya untuk seru-seruan, mungkin pemasangan net clamp and screw cukup merepotkan. Untuk itu, Anda bisa memilih net jenis clip onPada bagian tiangnya, tidak ada sekrup. Anda hanya perlu menjepitnya pada sisi meja ketika memasang net. 


Pemasangan net clip on lebih mudah dan cepat dilakukan. Akan tetapi, jenis net ini kurang disarankan untuk Anda yang ingin berlatih secara serius. Tegangan yang dihasilkan dari pemasangan bisa menurun jika smash kencang bola pingpong sering mengenai net. Namun, jika hanya untuk rekreasi, net ini sudah cukup mumpuni.

② Sesuaikan dengan ukuran meja

Sesuaikan dengan ukuran meja

Meja pingpong untuk pertandingan resmi memiliki ukuran yang juga telah diatur oleh ITTF. Berikut ini ukurannya:

  • Panjang: 274 cm
  • Lebar: 152,5 cm
  • Tinggi: 76 cm dari permukaan tanah

Meja dengan ukuran tersebut digunakan untuk latian serius atau kejuaraan secara nasional maupun internasional. Untuk itu, net yang digunakan harus sesuai degan standar ukuran yang telah ditetapkan ITTF. Ukuran net standar ini sudah kami sebutkan di atas.


Meski demikian, ada pula meja pingpong mini dengan ukuran yang tidak sesuai standar ITTF. Meja mini dihadirkan untuk tujuan rekreasi. Keuntungan penggunaan meja mini yaitu cocok diletakkan di ruangan sempit serta bisa digunakan anak-anak sebab tidak terlalu lebar. Untuk meja jenis ini, net yang digunakan bisa menyesuaikan saja.


Kami juga telah mengulas tentang meja pingpong secara khusus. Anda bisa membaca artikel tersebut untuk mengetahui detailnya! 

③ Pilih paket net tenis meja dengan tiangnya

Pilih paket net tenis meja dengan tiangnya

Net tenis meja tidak akan bisa terbentang tanpa bantuan tiang. Tiang inilah yangi berfungsi untuk sebagai tempat pengikat net di kedua ujungnya. Saat Anda memutuskan membeli net tenis meja, sebaiknya pilih yang sepaket dengan tiangnya supaya lebih efisien dan memudahkan pemasangan


Jika Anda membeli tiang net secara terpisah, bisa saja ukurannya tidak sesuai. Selain itu, Anda akan repot karena harus melakukan pembelian sendiri-sendiri. Namun, jika Anda masih memiliki tiang yang bagus dan netnya sudah rusak, Anda bisa membeli net terpisah. Hanya saja pastikan bahwa ukurannya sesuai, ya!

10 Rekomendasi net tenis meja terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk net tenis meja yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

speeds

Net Tenis Meja Portable

speeds Net Tenis Meja Portable 1枚目

Pemasangannya praktis, populer di marketplace, harganya juga terjangkau!

2

Table Tenis Post Suit

 Table Tenis Post Suit 1枚目

Clip on kokoh, net tidak mudah lepas atau kendur

3

Double Happiness Table Tennis Net

 Double Happiness Table Tennis Net 1枚目

Solusi jaring net rusak, bisa beli tanpa tiang

4

SONIC

Table Tennis Grid

SONIC Table Tennis Grid  1枚目

Kuat dan kokoh, bisa dipakai untuk jangka panjang

5

Butterfly

Net Tenis Meja B101

Butterfly Net Tenis Meja B101 1枚目

Tiang dapat disesuaikan dengan ketebalan meja

6

DONIC

Netz Stress

DONIC Netz Stress 1枚目

Net standar turnamen resmi yang disetujui ITTF

7

NEXIST

Table Tennis Post and Net

NEXIST Table Tennis Post and Net 1枚目

Stabilitas tegangan net dijamin baik

8

DHS

Table Tennis Net & Post

DHS Table Tennis Net & Post  1枚目

Rasakan sensasi bermain ala pro player dengan net berkualitas tinggi

9

Katana

Table Tennis Portable

Katana Table Tennis Portable 1枚目

Cukup tarik dan jepit, net sudah terpasang sempurna!

10

POWERSPIN

Table Tennis Post and Net for Tournament

POWERSPIN Table Tennis Post and Net for Tournament 1枚目

Dilengkapi dengan tiang net yang tebal dan kuat

Perincian produk
Close
No.1

speedsNet Tenis Meja PortableLX 015-2

Mulai dari Rp47.500,00

Pemasangannya praktis, populer di marketplace, harganya juga terjangkau!

Anda yang masih pemula dalam olahraga tenis meja dan bingung memilih, jatuhkan saja pilihan pada produk ini. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan net tenis meja berkualitas bagus produksi speeds. Jenis net pingpong ini sangat mudah dipasang, bahkan oleh pemula sekalipun. Anda tinggal menariknya kemudian menjepitkannya di bagian ujung meja. 


Bahan jaring menggunakan nilon dan tiang net dari plastik, ringan sekaligus kokoh. Desainnya juga terkesan lebih modern dan elegan. Net yang ukurannya bisa diatur fleksibel sesuai ukuran meja pingpong ini sangat populer di marketplace. Anda tak akan menyesal membelinya.

No.2

Table Tenis Post SuitZH-B6

Mulai dari Rp55.000,00

Clip on kokoh, net tidak mudah lepas atau kendur

Kekurangan dari net tenis meja yang dipasang menggunakan tiang clip on yaitu tidak terlalu kuat. Hal tersebut berpengaruh pada permainan Anda. Jika Anda suka bermain dengan tempo cepat dan hantaman kuat, net menjadi mudah kendur.


Namun, hal itu tidak berlaku pada net yang satu ini. Meski tipe pemasangannya bertipe clip on, produk ini terbukti cukup kuat. Bahan tiang dan jepitannya menggunakan besi dan tidak mudah lepas. Selain itu, tegangan net juga stabil tidak mudah kendur. Anda yang suka bermain cepat dan mencari net clip on, ini dia pilihannya.

No.3

Double Happiness Table Tennis Net

Mulai dari Rp19.500,00

Solusi jaring net rusak, bisa beli tanpa tiang

Tidak bisa dipungkiri bahwa tiang net pingpong jauh lebih awet dibandingkan jaringnya. Oleh karena itu, seringkali bagian net yang perlu diganti hanya jaringnya saja. Jika hal itu juga terjadi pada Anda, kami menyarankan Anda untuk memilih produk ini. Double Happiness Table Tennis Net hanya menawarkan jaring net tenis meja saja tanpa tiangnya. Berbahan nilon membuat net ini tidak perlu diragukan lagi soal kekuatannya.

No.4

SONICTable Tennis Grid P-104

Mulai dari Rp150.000,00

Kuat dan kokoh, bisa dipakai untuk jangka panjang

Ingin memiliki net tenis meja yang kuat, kokoh, dan awet? Net Pingpong Sonic 104 bisa jadi pilihan tepat untuk Anda. Terdapat sekrup yang membantu pemasangan tiang net sehingga lebih mencengkeram meja dan tidak mudah roboh


Net tenis meja ini dapat dipakai baik untuk latihan serius maupun sekadar permainan santai. Mudahnya pengaturan ketegangan tentunya menjadi nilai plus yang tidak boleh Anda lewatkan. Segera miliki!

No.5

ButterflyNet Tenis Meja B101

Mulai dari Rp70.000,00

Tiang dapat disesuaikan dengan ketebalan meja

Butterfly menjadi salah satu merek net tenis meja yang cukup populer di kalangan pemain amatir. Keunggulan dari produk ini adalah tiangnya yang fleksibel. Berhubung cara pemasangannya menggunakan metode putar atau claw and screw, produk ini mudah diatur sesuai ketebalan meja tenis. Meski Anda bermain tenis menggunakan meja yang tidak sesuai standar, net ini tetap bisa digunakan.

No.6

Net standar turnamen resmi yang disetujui ITTF

Kami merekomendasikan DONIC Netz Stress untuk para pemain profesional. Selain sudah sesuai standar ITTF, net tenis meja buatan Jerman ini memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk permainan. 


Jaring net terbuat dari nilon yang tidak mudah robek dan bisa diatur ketegangannya. Sementara itu, tiangnya terbuat dari besi dengan coating plastik yang tangguh. Meski harganya cukup pricey, kualitas dan keawetannya sangat sebanding.

No.7

NEXISTTable Tennis Post and Net122

Mulai dari Rp250.000,00

Stabilitas tegangan net dijamin baik

Untuk permainan tenis meja dengan tempo cepat, net bertipe clamp & screw adalah pilihan terbaik. Hal ini karena Anda bisa mengatur tingkat ketegangan netnya. Oleh karena itu, net tenis NEXTSIST hadir untuk Anda. 


Saat net mengendur setelah permainan yang sengit, Anda bisa memutar ulirnya dan membuatnya kencang kembali seperti yang diinginkan. Tiangnya pun kuat, Anda tak perlu khawatir net ambruk di tengah permainan.

No.8

DHSTable Tennis Net & Post P 104

Mulai dari Rp320.000,00

Rasakan sensasi bermain ala pro player dengan net berkualitas tinggi

Anda yang ingin berlatih tenis meja secara serius tentu membutuhkan net berkualitas baik seperti yang digunakan para atlet. Nah, net keluaran DHS ini bisa dijadikan pilihan. Net ini memiliki semua syarat yang dibutuhkan, yakni jaring berkualitas, suspensi, serta tiang kokoh. Dengan menggunakan net ini, Anda bisa merasakan sensasi bermain ala pro player.

No.9

KatanaTable Tennis Portable101

Mulai dari Rp85.000,00

Cukup tarik dan jepit, net sudah terpasang sempurna!

Dari cara memilih, sudah diketahui bahwa net jenis clip on memang lebih mudah pemasangannya. Salah satu produk yang kami rekomendasikan adalah net tenis meja Katana. Cara pemasangan produk ini sangat praktis, yakni hanya ditarik dan dijepitkan di meja, lantas bisa digunakan.


Anda yang gemar bermain tenis meja untuk mengisi waktu luang sebaiknya memiliki produk ini. Ukurannya yang ringan dan desainnya compact membuatnya bisa dibawa kemana saja dengan mudah alias portabel. Anda juga bisa memasangnya di sembarang meja asal ketebalannya tidak lebih dari 5 cm.

No.10

POWERSPINTable Tennis Post and Net for Tournament720

Mulai dari Rp235.000,00

Dilengkapi dengan tiang net yang tebal dan kuat

Net tenis meja yang sering digunakan oleh banyak orang pasti akan lebih cepat rusak. Untuk itu, Anda membutuhkan net berkualitas bagus lengkap dengan tiang yang tebal dan kuat supaya tidak mudah patah. Produk ini hadir untuk menjawab kebutuhan Anda.


Meski dipakai setiap hari, net ini tetap kuat dan tidak mudah kendur maupun rusak. Tiangnya pun mampu mencengkeram meja dengan kuat. Produk ini cocok digunakan untuk meja tenis yang digunakan beramai-ramai, misalnya yang ada di balai desa.

Baca juga rekomendasi peralatan tenis meja lainnya di sini

Supaya Anda bisa bermain tenis meja dengan lebih seru, tentunya Anda juga membutuhkan perlengkapan lainnya. Oleh karena itu, kami sudah menyediakan deretan rekomendasi bagi Anda. Mulai dari sepatu tenis meja, bola pingpong, hingga case bet, semuanya telah kami ulas dengan terperinci. Jika Anda tertarik memilikinya, silakan baca rekomendasi kami di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah memahami cara memilih net tenis meja, semoga Anda dapat menentukan produk terbaik. Pastikan bahwa jenis net tersebut sudah sesuai dengan kegunaannya. Meski hanya bermain pingpong untuk kesenangan, tentu dukungan peralatan terbaik tetap diperlukan. 


Bayangkan jika saat bermain, net yang digunakan uatau bahkan mudah lepas karena tidak sesuai. Olahraga pingpong yang asyik tentu jadi terganggu. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan net tenis meja yang sesuai dan terbaik, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer