1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Alat medis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Corong Gelas Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Corong Gelas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Corong Gelas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Corong Gelas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Corong Gelas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Corong Gelas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Corong Gelas Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Anda yang bekerja di laboratorium tentu tidak asing dengan alat bernama corong gelas. Corong gelas adalah alat laboratorium yang umumnya terdiri dari bagian mulut berbentuk kerucut dan batang berbentuk silinder. Corong gelas memiliki beberapa fungsi, utamanya untuk memindah cairan dan sebagai alat bantu penyaringan.


Jika Anda sedang mencari produk corong gelas yang bagus, bacalah poin-poin yang penting dalam cara memilih. Pada artikel rekomendasi kali ini, kami akan memberikan produk rekomendasi corong gelas terbaik. Terdapat corong gelas merek Pyrex, HERMA, XUEBEI, dan yang lainnya. Silakan baca dan jangan di-skip ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Fungsi corong gelas

Fungsi corong gelas

Kebanyakan orang mengira fungsi corong gelas hanyalah untuk menuangkan cairan dari satu wadah ke wadah lainnya. Padahal, untuk kegiatan yang menggunakan corong gelas di laboratorium, alat ini memiliki beberapa fungsi lain, lho! Simak penjelasannya berikut ini.


  • Alat bantu memindahkan: Fungsi utama corong adalah untuk membantu memindahkan cairan maupun zat solid ke dalam wadah yang bagian mulutnya lebih kecil.

  • Alat bantu proses penyaringan: Ketika ingin menyaring larutan untuk memisahkan residu, Anda dapat terlebih dahulu melapisi bagian atas corong gelas dengan kertas saring.

  • Alat bantu proses ekstraksi: Ada jenis corong yang memang digunakan untuk memisahkan larutan menjadi dua cairan yang memiliki massa jenis berbeda.

Cara memilih corong gelas

Setelah mengetahui fungsi corong gelas, Anda sudah tahu bahwa corong gelas memiliki beberapa karakteristik yang berbeda. Sekarang, silakan baca poin-poin dibawah ini untuk mendapatkan corong gelas yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

① Pilih berdasarkan ukurannya

Pilih berdasarkan ukurannya

Corong gelas memiliki ukuran yang beragam, mulai dari yang terkecil hingga terbesar. Ukuran diameter corong gelas umumnya 40 mm–200 mm. Batang corong gelas jenis ini dibagi lagi menjadi tiga tipe. Ada tipe short stem yang berbatang pendek dan long stem dengan batang panjang. Ada juga tipe wide stem yang lebar, biasanya digunakan untuk menuang powder atau zat solid lainnya.


Sedangkan untuk jenis corong pemisah, variasi ukuran menyebabkan volumenya pun beragam, mulai dari 50 ml sampai dengan 2.000 ml. Ukurannya bahkan bisa lebih besar lagi bila digunakan untuk kepentingan industri. Banyaknya perbedaan volume ini adalah untuk memudahkan memindahkan jenis cairan atau larutan yang berbeda. Selain itu, keragaman volume memudahkan corong gelas dipasangkan dengan alat lain atau untuk menguji larutan dengan jumlah volume berbeda.

② Periksa isi setnya/ ketersediaan variasi ukuran

Periksa isi setnya/ ketersediaan variasi ukuran

Mayoritas corong gelas dijual secara satuan. Produk yang dijual satuan memungkinkan Anda memilih berdasarkan jumlah dan ukuran corong yang diinginkan. Produk seperti ini adalah pilihan terbaik untuk Anda yang hanya membutuhkan produk tertentu dengan kriteria khusus.

Namun, Anda juga dapat membeli di tempat yang menyediakan produk ini dalam beragam ukuran. Dibandingkan dengan hanya membeli satuan, membeli produk dengan beberapa ukuran berbeda cenderung lebih ekonomis. Hal tersebut karena biasanya penjual akan memberikan diskon bila Anda membeli produk lebih dari satu. Maka, pertimbangkan poin ini baik-baik sebelum memilih corong gelas.

③ Ketahui bentuk corong

Anda sudah mengetahui bahwa corong gelas memiliki ukuran yang beragam. Tidak hanya itu, bentuk corong gelas pun berbeda-beda. Adanya perbedaan bentuk tersebut karena corong gelas memiliki fungsi dan tujuan penggunaan yang berbeda pula.

Conical funnel, berfungsi seperti corong pada umumnya

Conical funnel, berfungsi seperti corong pada umumnya

Tipe ini adalah corong gelas yang diketahui oleh orang kebanyakan. Mulut corongnya terbuka dan berbentuk seperti cone. Sementara itu, pada bagian bawahnya terdapat batang corong untuk mengaliri cairan.


Conical funnel inilah yang digunakan sebagai alat bantu pemindahan dan penyaringan cairan di laboratorium. Conical funnel memiliki tiga tipe batang corong yaitu short stem, long stem, dan wide stem.

Separatory funnel, terdapat katup di bagian bawahnya

Separatory funnel, terdapat katup di bagian bawahnya

Berbeda dengan jenis conical, separatory funnel atau corong pemisah merupakan jenis corong yang memiliki bentuk dan fungsi yang spesifik. Corong pemisah digunakan untuk proses ekstraksi cairan. Ekstraksi dilakukan untuk memisahkan suatu larutan yang tidak bisa bercampur karena berbeda massa jenis, misalnya air dan minyak. 


Di bagian atas, terdapat mulut corong untuk lubang pengisian yang dilengkapi dengan penyumbat. Kemudian, bagian tengahnya berupa labu takar yang akan menampung cairan ketika proses ekstraksi berlangsung. Terakhir, area bawahnya dilengkapi katup yang dapat dibuka dan ditutup dengan keran untuk mengalirkan cairan hasil ekstraksi.

10 Rekomendasi corong gelas terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk corong gelas terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

HERMA

Corong Kaca

HERMA Corong Kaca 1枚目

Banyak pilihan ukuran, sangat lengkap!

2

RRC Corong Kaca 100 mm

 RRC Corong Kaca 100 mm  1枚目

Diameter mulut corong lebar, efisien

3

XUEBEI

Funnel Glass Short Stem 60 mm

XUEBEI Funnel Glass Short Stem 60 mm 1枚目

Pilihan terbaik untuk proses penyaringan

4

PYREX

Separatory Funnel 250 mL

PYREX Separatory Funnel 250 mL 1枚目

Keran teflonnya begitu mudah dibersihkan

5

PYREX

Separatory Funnel 500 mL

PYREX Separatory Funnel 500 mL 1枚目

Kian awet dengan material borocilicate glass

6

DURAN

Separating Funnel with Glass Key 1000 mL

DURAN Separating Funnel with Glass Key 1000 mL 1枚目

Solid glass key-nya fungsional dan estetik

7

XUEBEI

Funnel Glass Long Stem 75 mm

XUEBEI Funnel Glass Long Stem 75 mm 1枚目

Lehernya panjang, makin mudah kendalikan jumlah tetesan

8

BINFUL

Corong Kaca 47–50 mm

BINFUL Corong Kaca 47–50 mm 1枚目

Model transparan dan tahan panas

9

ISOLAB

FUNNELS - Separating Conical Graduated

ISOLAB FUNNELS - Separating Conical Graduated 1枚目

Kapasitas besar, lapisan kaca lebih tebal

10

DURAN

Powder Funnel

DURAN Powder Funnel 1枚目

Bisa transfer larutan dan benda solid, multifungsi!

Perincian produk
Close
No.1

Banyak pilihan ukuran, sangat lengkap!

Anda ingin memperoleh corong gelas beragam ukuran dalam sekali pembelian? Jangan khawatir! Ada produk corong kaca dari HERMA ini yang bisa Anda pilih. Tersedia beberapa variasi ukuran, mulai dari 50 mm sampai 120 mm, produk ini siap menemani Anda mengetes berbagai cairan.


Tenang saja, Anda tidak akan salah mengambil produk saat hendak menggunakannya di lab, kok! Ada angka ukuran yang dicetak pada corong dengan tinta putih, Anda bisa mengambil corong yang dibutuhkan dalam sekali lirik.

No.2

Diameter mulut corong lebar, efisien

Anda pasti ingin waktu yang digunakan saat praktikum di laboratorium menjadi lebih efisien. Maka, cobalah membeli dan menggunakan produk ini. Diameter mulut corong mencapai 100 mm, produk ini dapat membantu Anda memindahkan cairan lebih banyak dan cepat. Dengan begitu, efisiensi waktu akan Anda dapatkan dari produk ini.

No.3

XUEBEIFunnel Glass Short Stem 60 mm

Mulai dari Rp13.860,00

Pilihan terbaik untuk proses penyaringan

Bila Anda sedang mencari corong gelas terbaik untuk melakukan percobaan proses penyaringan, produk ini jawabannya. Diameter mulut corong kecil dan batang yang pendek membuatnya tepat digunakan untuk melakukan percobaan dengan kertas saring. Diameter yang kecil juga memudahkan Anda untuk menyesuaikan kertas saring. Jadi makin hemat, deh!

No.4

PYREXSeparatory Funnel 250 mL

Mulai dari Rp209.000,00

Keran teflonnya begitu mudah dibersihkan

Produk ini menggunakan kombinasi kaca dan teflon untuk stopcock. Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir plug akan sulit dibersihkan. Model terbaru ini akan jadi jawaban untuk Anda yang ingin membersihkan corong gelas secepat mungkin. Tahan terhadap suhu tinggi, produk ini siap menemani Anda bereksperimen dengan berbagai cairan panas.

No.5

PYREXSeparatory Funnel 500 mL

Mulai dari Rp200.000,00

Kian awet dengan material borocilicate glass

Separatory Funnel buatan PYREX ini dibuat dari material borocilicate glass berkualitas tinggi yang terkenal tahan terhadap segala kondisi. Gelas jenis ini memiliki angka muai yang kecil sehingga bisa dipanaskan pada suhu tinggi atau direndam pada suhu rendah.

Produk ini juga tidak akan rusak bila harus disterilisasi dengan alat bertekanan tinggi tersebut. Karena itu, produk ini sangat direkomendasikan bila Anda membutuhkan produk yang tahan digunakan untuk berbagai bahan kimia.

No.6

DURANSeparating Funnel with Glass Key 1000 mL

Mulai dari Rp400.000,00

Solid glass key-nya fungsional dan estetik

Apakah Anda menginginkan corong pisah yang terlihat estetik? Coba pertimbangkan produk Separating Funnel with Glass Key dari DURAN ini. Sesuai dengan namanya, produk ini dilengkapi dengan stopcock berbahan solid glass yang membuat tampilannya menjadi lebih cantik. Tidak hanya itu, volumenya juga pas untuk Anda yang mencari corong gelas berkapasitas medium.

No.7

XUEBEIFunnel Glass Long Stem 75 mm

Mulai dari Rp29.260,00

Lehernya panjang, makin mudah kendalikan jumlah tetesan

Produk ini berfungsi untuk mengalirkan cairan dengan metode kerja yang umum. Akan tetapi, produk ini memiliki batang corong yang lebih panjang, mencapai 15 cm sehingga cairan dapat turun dengan lebih pelan.  


Selain itu, produk ini juga cocok untuk dijadikan sebagai alat peraga karena bentuknya cukup besar dan mudah dipegang. Jika Anda ingin menuangkan cairan dengan lebih lambat dan terkendali, tidak ada salahnya mempertimbangkan produk ini.

No.8

BINFULCorong Kaca 47–50 mmGG-23

Mulai dari Rp19.656,00

Model transparan dan tahan panas

Modelnya yang transparan akan memudahkan Anda menggunakannya untuk menuangkan cairan. Karena Anda bisa melihat secara langsung dari kaca yang transparan, jumlah cairan yang dituangkan diklaim menjadi lebih akurat. Anda akan cocok dengan produk ini bila selalu mengutamakan akurasi dalam setiap percobaan. Terlebih lagi, produk ini tahan panas, lho!

No.9

ISOLABFUNNELS - Separating Conical Graduated031.04.902

Mulai dari Rp1.800.000,00

Kapasitas besar, lapisan kaca lebih tebal

Produk dari ISOLAB ini adalah separatory funnel dengan volume labu ukur 2.000 ml, sangat besar! Jika Anda sedang mencari produk corong pisah dengan kapasitas lebih besar dari yang umum dijual, cobalah produk ini. Kegiatan praktikum akan jadi lebih seru!

Terbuat dari bahan kaca yang tebal membuat risiko produk ini pecah saat pengiriman atau dicuci kian kecil. Permukaan bagian dalam dan leher produk pun dibuat begitu halus agar memenuhi standar 12242 DIN. Jadi, Anda tidak perlu ragu soal kelayakan produk ini.

No.10

Bisa transfer larutan dan benda solid, multifungsi!

Bila Anda sedang mencari corong gelas yang multifungsi, jangan lewatkan produk yang satu ini. Bukan hanya cairan, Powder Funnel dari DURAN ini juga memungkinkan Anda untuk mentransfer powder, granules, bahkan zat solid. Hal itu karena produk ini memiliki diameter batang corong yang lebar dan dapat mentransfer zat apapun tanpa terhambat. 

Tips merawat corong gelas dan laboratory glassware lainnya

Tips merawat corong gelas dan laboratory glassware lainnya

Agar tetap terjaga kualitasnya dan nyaman digunakan, Anda wajib memperhatikan perawatan corong gelas maupun laboratory glassware lainnya. Mencuci dengan air sabun merupakan perawatan yang paling umum, tetapi tidak bisa diberlakukan untuk semua jenis bahan kimia. Sebagai contoh, kalium permanganat, larutan besi, dan larutan yang mengandung bakteri dapat meninggalkan noda pada glassware. Dibutuhkan bahan kimia lain atau alat khusus untuk membersihkannya.


Selain itu, ada beberapa tips juga yang bisa Anda lakukan untuk merawat corong gelas agar lebih tahan lama.


  • Usahakan agar corong tidak bersentuhan dengan mulut wadah saat menuangkan larutan.


  • Pastikan stopper sudah tertutup dan stopcock sudah terkunci serta tidak bocor.


  • Ketika mengocok corong pisah, pegang bagian tutupnya dengan tangan kanan dan tangan kiri memegang tangkai corong plus stopcock.


  • Saat mengocok cairan, lakukan secara perlahan. Jangan terlalu kencang dan sesekali buka stopcock untuk mengeluarkan gas yang dihasilkan.

Baca juga rekomendasi perlengkapan laboratorium lainnya di sini

Di laboratorium, terdapat banyak zat yang mungkin akan melukai Anda secara tidak sengaja saat bekerja. Maka dari itu, jangan lupakan untuk selalu menyiapkan perlengkapan penunjang lain agar pekerjaan dapat berjalan dengan aman. Barangkali Anda sedang mencari produk-produk tersebut, pastikan untuk terlebih dahulu membaca artikel kami berikut ini, ya!

Kesimpulan

Corong gelas memang terlihat sederhana. Namun, peranannya penting dan akan memengaruhi kegiatan percobaan Anda di laboratorium. Jadi, Anda sebaiknya memperhatikan secara saksama poin-poin yang kami jelaskan dalam cara memilih corong gelas.


Tipe corong gelas pun ada bermacam-macam dan setiap tipe memiliki fungsi masing-masing. Maka dari itu, pilihlah produk sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu, ya. Selamat memilih dan selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer