1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Olahraga lainnya
  4. 10 Rekomendasi Skateboard Bearings Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Skateboard Bearings Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Skateboard Bearings Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Skateboard Bearings Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Skateboard Bearings Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Skateboard Bearings Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Skateboard Bearings Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Penyuka olahraga skateboard pasti tahu bearing merupakan komponen penting pada skateboard yang berfungsi sebagai pemutar roda. Tanpa bearing, roda tidak akan bisa berputar pada trucks. Namun, apakah Anda tahu seperti apa produk bearing yang bagus? Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang skateboard bearings yang bagus dalam berbagai range harga dan material.


Beberapa skateboard bearings merek populer seperti BONES, ETAKS, dan Independent ada dalam rekomendasi kami. Penasaran dengan merek bearing lainnya? Simak tips kami dalam memilih skateboard bearings terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Diperbaharui 04-04-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih skateboard bearings

Agar skateboard Anda dapat berfungsi dengan baik, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat akan memilih skateboard bearings. Lantas, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan bagaimana cara memilih skateboard bearings yang cocok untuk Anda? Simak penjelasannya di bawah ini.

① Pilih berdasarkan materialnya

Ada tiga material yang umum digunakan dalam produksi skateboard bearings. Masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk tahu lebih banyak, silakan baca poin-poin berikut ini!

Steel, material yang umum dan ekonomis

Steel, material yang umum dan ekonomis

Skateboard bearings berbahan stainless steel adalah varian yang paling umum dan banyak dijual di pasaran. Kelebihan material steel adalah tahan lama dan lebih ekonomis. Perlu diperhatikan juga bahwa material steel untuk membuat bearing ada beragam grade-nya. Makin bagus grade-nya, makin premium produk bearing yang dihasilkan.


Kekurangan bearings berbahan ini adalah lebih mudah memuai ketika panas dan menyebabkan lebih banyak friksi. Selain itu, material steel cenderung mudah berkarat bila terpapar oleh kelembapan. Jadi, hindari bermain skateboard saat hujan atau melewati kubangan saat sedang menggunakan steel bearings. Segera keringkan steel bearings yang basah dan lapisi dengan pelumas agar umur steel bearings Anda lebih panjang.

Titanium, ringan dan tahan lama

Titanium, ringan dan tahan lama

Material titanium terkenal karena lebih ringan dari material steel, tetapi lebih awet. Meskipun secara sekilas terlihat mirip dengan steel, ada cara untuk membedakan kedua material tersebut. Skateboard bearings berbahan titanium lebih tahan terhadap gempuran korosi sehingga tidak akan berkarat

Ceramic, tahan panas dan antikarat

Ceramic, tahan panas dan antikarat

Skateboard bearings berbahan ceramic memiliki performa yang sangat bagus untuk high speed skateboarding. Hal ini karena ceramic bearings memang didesain untuk berputar dalam kecepatan tinggi. Selain itu, ada banyak keunggulan lain dari bearing jenis ini antara lain:

  • Antikarat, antidebu, dan tidak mudah macet.


  • Lebih ringan dari steel bearing, tetapi lebih keras dari beberapa steel bearings dengan grade tertentu


  • Dapat bertahan di temperatur tinggi


  • Gaya gesek/friksi yang dihasilkan lebih kecil dari pada material lain

Namun demikian, ceramic bearings kurang populer karena harganya cenderung lebih mahal. Terlebih lagi, meskipun ceramic dikenal sangat keras dan memiliki kekuatan berskala 8,5 Mohs, sifat ceramic adalah brittle. Walaupun keras dan tidak mudah mengalami deformasi, ceramic dapat menjadi rapuh bila mengalami tekanan melebihi nilai critical. Bearing yang menggunakan hybrid ceramic juga dapat berkarat.

② Cari ukuran yang sesuai

Cari ukuran yang sesuai

Bagi Anda skateboarder pemula atau yang baru akan mulai bermain skateboard, poin ini penting untuk diketahui. Umumnya ukuran bearings yang digunakan untuk skateboard adalah bearing 608 yang berdimensi 22 mm × 8 mm × 7 mm. Ukuran tersebut untuk menunjukkan inner cimension, outer cimension, dan width B pada bearings. Dimensi ini adalah ukuran standar bearings yang akan muat dipasang untuk segala jenis skateboard wheels

③ Ketahui isi setnya

Ketahui isi setnya

Sebelum membeli skateboard bearings, pastikan terlebih dahulu jumlah bearings yang dibutuhkan dan perlu dibeli. Hal ini dikarenakan setiap produk dijual dengan jumlah yang berbeda. Ada yang dijual satuan dan ada yang dijual 4–8 bearings per setnya.


Biasanya dibutuhkan 2 bearings untuk setiap wheels. Dikarenakan terdapat 4 wheels pada skateboard, Anda akan membutuhkan 8 bearings agar skateboard Anda dapat berfungsi dengan baik. Untuk itu, pastikan sekali lagi kebutuhan skateboard bearings Anda agar tidak salah beli.

④ Periksa peringkat ABEC

Periksa peringkat ABEC
Apa itu peringkat ABEC? ABEC adalah singkatan dari Annular Bearings Engineers Committee yang dibuat oleh ABMA untuk menilai akurasi dan toleransi bearing. Dalam olahraga skateboard, bearing yang digunakan biasanya adalah ABEC 3, ABEC 5, ABEC 7, dan ABEC 9. Makin tinggi peringkatnya, makin bagus pula akurasi dan toleransi bearing.


Namun, tidak semua skateboard bearings menggungakan sistem rating ABEC. Ada juga yang dinilai dengan sistem Organisasi Standardisasi Internasional (ISO) dan sistem Organisasi Standar Nasional Jerman (DIN). Beberapa merek juga menggunakan skate rate untuk menilai skateboard bearings. Berikut ini adalah bagan perbandingan yang dapat membantu Anda.


  • ABEC 3 = ISO Kelas 6 = DIN P6


  • ABEC 5 = ISO Kelas 5 = DIN P5


  • ABEC 7 = ISO Kelas 4 = DIN P4


  • ABEC 9 = ISO Kelas 2 = DIN P2

10 Rekomendasi skateboard bearings terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skateboard bearings yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

CS Skateboard Wheels Bearing 608RS

 CS Skateboard Wheels Bearing 608RS 1枚目

Friksi rendah mudahkan Anda meluncur

2

NSK

Bearing 608 DW

NSK Bearing 608 DW 1枚目

Kuat dan multifungsi, tunggu apalagi?

3

ABC

BALL & ROLLER BEARINGS

ABC BALL & ROLLER BEARINGS 1枚目

Ekonomis dan ada metal shield-nya

4

Independent

Genuine Parts ABEC 7 Skateboard Bearings

Independent Genuine Parts ABEC 7 Skateboard Bearings 1枚目

Silent plus asyik untuk gaya permainan santai

5

ETAKS

Skate Bearings

ETAKS Skate Bearings 1枚目

Warna menarik, isinya delapan buah

6

BONES

REDS Skateboard Bearings 8 Pack

BONES REDS Skateboard Bearings 8 Pack 1枚目

Mudah dibersihkan dengan removable rubber shield

7

Independent

Genuine Parts GP-S 8 Bearings

Independent Genuine Parts GP-S 8 Bearings 1枚目

Antidebu berkat metal outer shield

8

Canariam

Ceramic–Titanium

Canariam Ceramic–Titanium 1枚目

Inner dan outer ring berlapis titanium, ringan dan kokoh

9

BONES

Big Balls REDS Skateboard Bearings 8 Pack

BONES Big Balls REDS Skateboard Bearings 8 Pack 1枚目

Tahan lama dan bergulir cepat

10

BONES

Swiss Ceramics Skateboard Bearings 8 Packs

BONES Swiss Ceramics Skateboard Bearings 8 Packs 1枚目

Ceramic balls yang keras dan waterproof!

Perincian produk
Close
No.1

CS Skateboard Wheels Bearing 608RS

Mulai dari Rp5.500,00

Friksi rendah mudahkan Anda meluncur

CS Skateboard Wheels Bearing 608RS ini cukup banyak dicari karena harganya yang terjangkau. Meski begitu, jangan ragukan kualitasnya. Memenuhi rating ABEC 9, perputaran produk ini sangatlah mulus sehingga memungkinkan Anda bermain dengan lebih lancar. Anda wajib mempertimbangkan produk ini jika ingin merasakan skateboard bearings dengan rating ABEC tinggi. 


Perlu diperhatikan bahwa produk ini terbuat dari material carbon steel yang tidak antikarat. Jadi, produk ini kurang cocok bagi Anda yang mencari produk yang bisa digunakan di berbagai kondisi. Kekurangan lainnya, produk 22 mm × 8 mm × 7 mm ini juga kurang kokoh untuk berbagai gerakan ekstrem.

No.2

Kuat dan multifungsi, tunggu apalagi?

Bukan saja bisa digunakan untuk skateboard, produk ini juga bisa digunakan untuk mendukung kinerja barang lain. Sebagai contoh, kipas angin, AC, dan benda lain yang menggunakan bearings dengan tipe yang sama dapat dipasangkan produk ini. Jika Anda membutuhkan skateboard bearings yang multifungsi, silakan coba produk berukuran 22 mm × 8 mm × 7 mm ini.

No.3

ABCBALL & ROLLER BEARINGS608ZZ

Mulai dari Rp1.100,00

Ekonomis dan ada metal shield-nya

ABC Ball & Roller Bearings 608ZZ adalah tipe unremovable metal shield. Maksudnya adalah Anda tidak akan bisa membuka bagian outer ring untuk membersihkan bagian dalam bearings ini. Jadi, apabila terjadi korosi pada produk ini, Anda harus mengganti dengan bearings yang baru. Tetapi Anda tidak perlu khawatir produk ini akan cepat berkarat atau rusak. 


Dengan harga yang sangat ekonomis, Anda sudah mendapatkan skateboard bearings ukuran 608 yang dilengkapi metal shield. Hal tersebut membuatnya cocok untuk Anda yang memiliki dana terbatas, tetapi menginginkan produk bearings yang tangguh.

No.4

IndependentGenuine Parts ABEC 7 Skateboard Bearings

Mulai dari Rp98.000,00

Silent plus asyik untuk gaya permainan santai

Apakah Anda seorang skateboarder pemula? Bearings ABEC 7 ini akan cocok bagi pemula atau pemain yang tidak terlalu suka kecepatan tinggi. Walau tidak secepat bearings ABEC 9, skateboard bearings ini masih terasa halus saat bergerak. Anda bisa merasakan perbedaannya ketika Anda melakukan gerakan meliuk. Selain itu, produk ini tidak akan menimbulkan suara ketika digunakan.

No.5

ETAKSSkate Bearings

Mulai dari Rp245.000,00

Warna menarik, isinya delapan buah

Bosan dengan warna skateboard bearings yang itu-itu saja? Cobalah produk Skate Bearings dari ETAKS ini. Produk dengan warna menarik ini pasti cocok untuk Anda yang nyentrik dan ingin mencoba bearings dengan tampilan unik. Produk ini memiliki isi delapan buah dalam setiap setnya, jumlah yang pas untuk digunakan pada skateboard Anda.

No.6

BONESREDS Skateboard Bearings 8 PackBSACBR88

Mulai dari Rp260.000,00

Mudah dibersihkan dengan removable rubber shield

BONES REDS ini adalah produk yang paling populer di antara produk BONES yang lain. Selain itu, adanya removable rubber shield akan memudahkan Anda dalam membersihkan bearings. Hal tersebut membuatnya cocok untuk Anda yang tidak ingin mengorbankan banyak waktu demi membersihkan skateboard bearings.


Bila mudah dibersihkan, tentu saja mudah juga untuk Anda melapisi ulang pelumas saat perawatan. Ditambah lagi, produk ini sudah pre-lubricated dengan speed cream sehingga bisa langsung digunakan.

No.7

IndependentGenuine Parts GP-S 8 Bearings

Mulai dari Rp195.000,00

Antidebu berkat metal outer shield

Debu memang bisa menjadi masalah untuk benda apa pun, termasuk skateboard bearings. Selain mengotori dan menghambat performa bearings, debu juga dapat memperpendek usia bearings Anda. Jadi, bila Anda termasuk orang yang sering lupa untuk membersihkan bearings, produk ini adalah partner tepat.


Produk ini dilengkapi dengan metal shield pada outer ring-nya sehingga dapat menghalagi debu dan kotoran masuk ke bagian dalam. Kelebihan lainnya, produk ini juga tahan terhadap oksidasi dan membantu bearings terlindungi dari korosi.

No.8

CanariamCeramic–Titanium

Mulai dari Rp3.750.000,00

Inner dan outer ring berlapis titanium, ringan dan kokoh

Bila Anda mencari skateboard bearings yang highly resistance terhadap karat, cobalah produk Canariam Ceramic-Titanium ini. Berukuran 22 mm × 8 mm × 7 mm, produk ini siap dipasang ke berbagai jenis skateboard.


Memiliki inner dan outer ring yang berlapis titanium, bearings akan lebih tahan terhadap karat dan ringan, tetapi tetap kokoh. Meski begitu, jangan mencucinya dengan produk sabun atau detergen agar tidak merusak bearings.

No.9

BONESBig Balls REDS Skateboard Bearings 8 PackBSACB688

Mulai dari Rp375.000,00

Tahan lama dan bergulir cepat

Big Balls REDS dari BONES ini adalah evolusi yang menarik dari produk skateboard bearings. Perbedaan sekaligus keunggulan produk ini dengan produk BONES yang lain adalah jumlah bolanya yang lebih sedikit tetapi lebih besar. Ini yang membuat bearings berputar lebih cepat dan putarannya tahan lebih lama.


Tak hanya itu, produk ini pun memungkinkan untuk menahan beban berat dan benturan yang terjadi saat bermain skateboard. Anda harus mencobanya bila menyukai permainan dengan kecepatan tinggi. 

No.10

BONESSwiss Ceramics Skateboard Bearings 8 PacksBSCWBX88

Mulai dari Rp2.130.000,00

Ceramic balls yang keras dan waterproof!

Anda suka bermain skateboard di saat hujan? Anda tidak perlu lagi khawatir skateboard bearings akan cepat rusak karena basah. Swiss Ceramics Skateboard Bearings dari BONES ini memiliki formula terbaru dengan ceramic balls yang waterproof.


Selain itu, produk ini juga keras dan kuat karena tahan terhadap tekanan dan panas. Terlebih lagi, produk ini waterproof sehingga memungkinkan Anda untuk dengan bebas bermain di bawah hujan atau melewati kubangan. So, jadikan permainan Anda makin seru!

Tips membersihkan skateboard bearings

Tips membersihkan skateboard bearings

Ketika skateboard bearings Anda kotor akibat debu, tanah, bahkan terkena air, bearings menjadi tidak maksimal saat dipakai. Bila dibiarkan, tentu saja bearings tidak akan lancar ketika berputar dan berpotensi cepat rusak karena korosi. Agar hal itu tidak perlu terjadi, yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan bearings dengan langkah-langkah berikut ini.


  • Keluarkan bearings dari wheel, buka shield untuk membersihkan bagian dalam bearings.
  • Gunakan cairan pembersih yang berformula ringan, jangan menggunakan sabun atau detergen berbahan kimia keras.
  • Semprotkan cairan pembersih dan gosok dengan kain lembut. Pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal di bagian balls retainer.
  • Keringkan dan olesi dengan cream khusus atau pelumas agar balls tidak terlalu kering dan menimbulkan noises.
  • Putar bearings dan pastikan tidak ada suara yang timbul.
  • Jangan lupa bersihkan sisa pelumas yang menempel di bagian outer ring agar tidak ada debu dan kotoran yang menempel.

Baca juga rekomendasi perlengkapan olahraga skateboard lainnya di sini

Setelah memahami lebih dalam lagi tentang skateboard bearings, barangkali Anda juga ingin mengetahui tentang komponen-komponen skateboard yang lainnya. Maka dari itu, berikut ini kami berikan beberapa link artikel lain tentang skateboard yang mungkin Anda sukai. Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi artikel di bawah ini. 

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengerti pentingnya skateboard bearings untuk kelancaran fungsi skateboard Anda. Pemilihan skateboard bearings yang tepat akan menunjang gaya permainan skateboard Anda dengan lebih baik. Jadi jangan sampai salah memilih, ya!


Setelah membaca artikel ini, Anda tentu sudah tahu hal yang perlu diperhatikan ketika memilih skateboard bearings. Semoga penjelasan kami bisa membantu Anda lebih memahami lagi tentang produk skateboard bearings. Selamat memilih dan mencoba!

5 Rekomendasi Skateboard Bearings terbaik

No. 1CS Skateboard Wheels Bearing 608RS

No. 2NSKBearing 608 DW

No. 3ABCBALL & ROLLER BEARINGS608ZZ

No. 4IndependentGenuine Parts ABEC 7 Skateboard Bearings

No. 5ETAKSSkate Bearings

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer