• 10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Pewarna pakaian alias wantex atau wenter tidak hanya untuk pakaian baru. Namun, pewarna pakaian juga bisa digunakan untuk pakaian lama karena warna pakaian tidaklah permanen. Pakaian lama terkadang terlihat usang dan pudar, terutama warna putih atau hitam. Pewarnaan ulang dapat menjadikannya tampak seperti baru.

Anda dapat menemukan produk pewarna pakaian dengan beragam merek. Merek wantex terbaik yang bisa Anda temukan, antara lain, adalah Dylon, Nilon, dan Bulan Sabit. Maka dari itu, kami membahas cara memilih dan rekomendasi pewarna pakaian yang bagus. Anda bisa langsung membacanya pada artikel berikut.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih pewarna pakaian

Untuk menghasilkan warna yang baik, Anda harus memilih wantek atau pewarna pakaian yang baik juga. Ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih pewarna pakaian. Anda bisa menyimak cara memilih pewarna pakaian pada penjelasan berikut.

Kenali bentuknya terlebih dahulu

Kenali bentuknya terlebih dahulu

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam memilih pewarna pakaian adalah mengenali bentuknya. Dengan begitu, Anda akan memiliki gambaran terkait cara mengaplikasikan pewarna tersebut dan juga mengetahui karakteristiknya. Namun, meski dibedakan berdasarkan pada bentuk, hal tersebut tidak memengaruhi hasil warnanya.


  • Bubuk: Pewarna pakaian bubuk sangat pekat. Karena itu, Anda membutuhkan zat cair dalam volume yang cukup banyak sebagai campuran sebelum pewarna digunakan ke pakaian. Pewarna pakaian bubuk ini juga biasa disebut wenter.


  • Cair: Berbeda dengan bentuk bubuk, pewarna pakaian cair tidaklah begitu pekat. Hal ini menjadikannya tidak perlu dicampur dengan banyak zat cair saat digunakan.

Ketahui jenis pewarna pakaian

Pewarna pakaian atau wantek tidak hanya dibedakan berdasarkan bentuknya, tetapi dapat juga dibedakan berdasarkan jenisnya. Jenis pewarna pakaian muncul karena perbedaan bahan dasar pembuatnya. Tanpa berlama-lama lagi Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Pewarna pakaian sintetis, terbuat dari bahan kimia

Pewarna pakaian sintetis, terbuat dari bahan kimia

Pewarna pakaian sintetis adalah pewarna pakaian yang terbuat dari perpaduan zat kimia. Karena dibuat dari zat kimia, proses pembuatannya pun melalui reaksi kimia. Hal ini menjadikan pewarna pakaian sintetis bersifat lebih stabil. 


Tidak hanya itu, pewarna sintetis juga mudah diserap oleh bahan tekstil. Sayangnya, tidak semua pewarna pakaian sintetis aman untuk makhluk hidup dan lingkungan. Berikut ini adalah beberapa contoh pewarna sintetis.


  • Zat warna direk: Zat warna direk disebut juga zat warna substansial. Hal ini karena zat warna ini dapat terserap dengan baik oleh selulosa saat proses pencelupan kain. Akan tetapi, hasil dari pewarna ini umumnya kurang maksimal

  • Zat warna belerang: Karakteristik zat warna belerang adalah tidak larut dalam air. Namun, zat warna ini dapat larut dalam larutan natrium sulfida. Pewarna ini biasa digunakan untuk mewarnai katun agar tampak gelap.

  • Zat warna indigosol: Warna dari pewarna pakaian yang satu ini kebanyakan berupa warna pastel. Meski demikian, warnanya tidak mudah pudar. Sayangnya, pengolahan limbah yang dihasilkan cukup rumit.

  • Zat warna napthol: Zat warna napthol bisa digunakan untuk mewarnai kain batik. Proses pewarnaan dengan zat warna ini dilakukan secara berulang. Tujuannya adalah untuk mendapatkan warna yang lebih mantap.

  • Zat warna remasol: Ciri utama dari zat pewarna ini adalah mudah larut dalam air. Zat warna remasol dapat digunakan untuk pewarnaan batik. Warna kain batik yang diwarnai menggunakan zat pewarna ini tidak mudah luntur. 

Pewarna pakaian alami, berasal dari tumbuh-tumbuhan

Pewarna pakaian alami, berasal dari tumbuh-tumbuhan

Pewarna pakaian alami adalah pewarna yang terbuat dari bahan alami. Kebanyakan pewarna pakaian alami berasal dari ekstrak tumbuh-tumbuhan. Bagian tumbuh-tumbuhan yang bisa diekstraksi menjadi pewarna pakaian adalah daun, buah, kulit kayu, bunga, biji, dan akar


Contoh pewarna pakaian alami adalah kunyit yang menghasilkan warna kuning. Selain itu, ada kayu secang yang menghasilkan warna merah. Pewarna pakaian alami tentunya lebih terjamin keamanannya bagi makhluk hidup. Limbah yang dihasilkannya pun cenderung tidak berbahaya sehingga aman bagi lingkungan


Hanya saja, produk pewarna pakaian alami masih jarang ditemukan di marketplace. Hal ini karena kebanyakan pewarna pakaian alami dibuat hanya ketika dibutuhkan. Selain itu, produk alami juga lebih mudah rusak dan kedaluwarsa.

Sesuaikan dengan jenis kain

Sesuaikan dengan jenis kain

Setiap jenis kain tentu perlu diberlakukan berbeda, termasuk yang berkaitan dengan pewarnaan. Karena itulah, pewarna pakaian untuk satu jenis kain berbeda dengan jenis kain lainnya. Namun, pewarna pakaian pada umumnya memang bisa digunakan untuk berbagai jenis kain.


  • Katun: Kain katun paling cocok menggunakan pewarna pakaian yang reaktif terhadap serat. Hal ini karena katun memiliki serat yang dapat mengikat warna. Jika pewarnaan tepat, warna tersebut tidak akan mudah luntur.


  • Wol dan sutra: Kain wol dapat diwarnai menggunakan pewarna asam. Pewarna asam memiliki pH rendah sehingga tidak bersifat kaustik. Hal ini menjadikan pewarna asam aman digunakan untuk jenis kain wol dan sutra.


  • Nilon: Kain nilon sebagai bahan pakaian mungkin tidak banyak disukai karena panas. Namun, nilon umumnya memiliki warna yang menarik. Jenis pewarna pakaian yang cocok untuk kain nilon adalah pewarna yang tidak larut dalam air.

Pilih berdasarkan teknik pewarnaan

Pilih berdasarkan teknik pewarnaan

Pemilihan pewarna pakaian juga bisa disesuaikan dengan teknik pewarnaan. Namun sebenarnya, bentuk dan jenis pewarna pakaian bisa diterapkan dalam berbagai macam teknik pewarnaan pakaian. Berikut ini adalah beberapa teknik pewarnaan pakaian yang sudah tidak asing bagi masyarakat.


  • Teknik celup: Pewarnaan pakaian dengan teknik celup biasanya digunakan untuk pewarnaan dasar. Pakaian hanya perlu dicelupkan ke dalam zat pewarna. Setelah itu, kain diangin-anginkan agar pewarna meresap.


  • Teknik jumputan: Teknik pewarnaan ini digunakan untuk membuat pola tertentu pada kain. Kain diikat dengan bentuk tertentu. Setelah itu, kain dicelupkan ke dalam pewarna pakaian mengikuti ikatan tersebut.


  • Teknik semprot: Teknik pewarnaan semprot atau spray menggunakan botol khusus. Zat pewarna pakaian dimasukkan ke botol tersebut. Pewarnaannya dilakukan dengan menyemprotkan ke bagian pakaian yang ingin diberi warna.


  • Teknik ikat: Teknik ikat hampir sama dengan teknik jumputan. Kain diikat sedemikian rupa untuk menghasilkan pola tertentu. Setelah itu, kain ditetesi dengan zat pewarna sesuai dengan ikatan yang telah dibuat.


  • Teknik batik: Teknik pewarnaan untuk kain batik sebenarnya perpaduan beberapa teknik. Awalnya, kain dilukis atau dicap menggunakan cairan malam. Kemudian, batik akan mengalami proses pencelupan ke zat pewarna.

Cari yang tidak mudah luntur dan pudar

Cari yang tidak mudah luntur dan pudar

Dalam memilih pewarna pakaian, Anda juga harus memilih yang tidak mudah luntur. Jika pewarna pakaian mudah luntur, tentu akan berdampak buruk ketika Anda mencucinya bersama pakaian lain. Namun, memang ketika awal pewarnaan biasanya warna pakaian masih luntur. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencuci pakaian yang baru diwarnai secara terpisah.


Selain mencari yang tidak mudah luntur, Anda juga harus mencari yang tidak mudah pudar. Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa semua warna pakaian tidaklah permanen. Selain dari pemilihan pewarna pakaian, Anda juga harus memperhatikan penjemuran pakaian. Pakaian sebaiknya dibalik saat dijemur. Hindari juga menyetrika pakaian dengan suhu yang terlalu panas.

10 Rekomendasi pewarna pakaian yang bagus

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pewarna pakaian yang bagus yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

NakomaRit DyeMore for Synthetics

Mulai dari Rp 190.000,00

BentukCair
KemasanBotol
9
BentukBubuk
KemasanSaset
8
BentukBubuk
KemasanSaset (pak)
7
BentukBubuk
KemasanKaleng
6
BentukBubuk
KemasanSaset
5
BentukBubuk
KemasanSaset
4
BentukBubuk
KemasanSaset
3
BentukBubuk
KemasanSaset
2
BentukBubuk
KemasanSaset
1
BentukBubuk
KemasanSaset

Tabel perbandingan produk pewarna pakaian yang bagus

Gambar produk
1
Padi Gunting Wantex Wenter Pakaian 1

Padi Gunting

2
Dylon Fabric Dye 1

Dylon

3
Nilon Warna Textile 1

Nilon

4
Kresno Raja Wenter 1

Kresno

5
Bulan Sabit Warna Textile 1

Bulan Sabit

6
Super USA Pewarna Kain 1

Super USA

7
Iretsu Multipurpose Dye 1

Iretsu

8
Sumber Warna Cap Kodok 1

Sumber Warna

9
Mbangun-Trisno Wenter Cap Kalkun 1

Mbangun-Trisno

10
Nakoma Rit DyeMore for Synthetics 1

Nakoma

Nama produk

Wantex Wenter Pakaian

Fabric Dye

Warna Textile

Raja Wenter

Warna Textile

Pewarna Kain

Multipurpose Dye

Cap Kodok

Wenter Cap Kalkun

Rit DyeMore for Synthetics

Keunggulan

Tersedia dalam berbagai warna wantex yang mendetail

Dapat digunakan untuk berbagai teknik pewarnaan

Wantex andalan untuk pembuatan kaos tie dye

Ampuh menjadikan warna pakaian berbahan jeans tampak baru lagi

Jadikan pakaian kusam kembali seperti baru

Bisa digunakan untuk mengembalikan warna tas yang pudar

Bisa digunakan untuk menyepuh renda dan kancing

Dijual per pak, cocok dijadikan stok pewarna pakaian di rumah

Dengan satu saset saja bisa untuk 300 gram kain

Tidak beracun dan aman bagi lingkungan

Harga mulai dariRp 2.400,00Rp 17.000,00Rp 945,00Rp 1.600,00Rp 1.450,00Rp 2.400,00Rp 19.000,00Rp 17.544,00Rp 2.500,00Rp 190.000,00
BentukBubukBubukBubukBubukBubukBubukBubukBubukBubukCair
KemasanSasetSasetSasetSasetSasetSasetKalengSaset (pak)SasetBotol
Tautan produk

Pertanyaaan umum seputar pewarna pakaian

Pertanyaaan umum seputar pewarna pakaian

Sebelumnya, kami telah membahas cara memilih dan rekomendasi produk pewarna pakaian. Kami sekarang akan membahas pertanyaan umum seputar pewarna pakaian. Perhatikan beberapa pertanyaan terkait pewarna pakaian beserta jawabannya berikut.

Apa nama bahan pewarna pakaian?

Bahan pewarna pakaian sering kali disebut dengan wantek atau wantex. Selain itu, bahan pewarna pakaian terkadang juga disebut dengan wenter. Dalam bahasa Inggris, bahan pewarna pakaian disebut sebagai fabric dye

Berapa lama mendiamkan tie dye?

Lama mendiamkan tie dye bergantung pada warna yang ingin dihasilkan. Jika warna ingin terlihat terang, tie dye bisa didiamkan dalam waktu yang sebentar, yaitu sekitar 2 jam. Namun, jika ingin mendapatkan warna yang tahan lama, tie dye bisa didiamkan paling lama 24 jam.

Pewarna alam manakah yang dapat digunakan sebagai pewarna pakaian?

Pewarna alam yang biasanya digunakan untuk pewarna pakaian berasal dari tumbuh-tumbuhan. Salah satunya adalah daun suji yang memberikan warna hijau. Selain itu, ada kunyit yang menghasilkan warna kuning. Ada juga kulit kayu secang yang memberikan warna merah kecokelatan. Selain ketiga bahan tersebut, tentunya masih banyak pewarna pakaian alami lainnya.

Tips mewarnai baju dengan wantex pakaian

Tips mewarnai baju dengan wantex pakaian

Mewarnai baju dapat dilakukan pada baju putih polos untuk menghasilkan baju dengan warna berbeda. Selain itu, mewarnai baju juga dapat bertujuan untuk mengembalikan warna yang telah pudar. Dengan begitu, baju akan terlihat seperti baru lagi.


Dalam mewarnai baju dengan pewarna pakaian, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah lama waktu perendaman. Waktu rendam yang sebentar akan menghasilkan warna yang lebih terang. Sementara itu, waktu rendam yang lebih lama akan mendapatkan warna yang lebih awet.


Tidak hanya waktu rendam, cara mewarnai baju juga memengaruhi hasilnya. Cara mewarnai baju yang biasa digunakan, antara lain, adalah teknik celup dan teknik ikat. Teknik celup digunakan untuk menghasilkan satu warna. Sementara itu, teknik ikat atau tie dye bisa digunakan untuk mewarnai dengan pola tertentu.

Baca juga produk perawatan pakaian lainnya di sini

Menjaga warna pakaian menjadi salah satu bentuk perawatan terhadap pakaian. Selain menjaga warna, Anda bisa merawat pakaian dengan mencucinya dengan bersih. Anda juga bisa menambahkan pelembut hingga pewangi pakaian. Untuk itu, Anda memerlukan produk perawatan pakaian lainnya. Anda bisa mendapatkannya dengan membaca artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Pewarna pakaian menjadikan pakaian terlihat lebih menarik. Untuk itu, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa mengikuti cara memilih yang telah kami bahas sebelumnya. Jika berkenan, Anda bisa memilih produk yang kami rekomendasikan.


Dengan memilih pewarna pakaian yang tepat, tentunya dapat menunjang penampilan. Selain itu, pakaian Anda juga akan lebih awet. Semoga Anda bisa menemukan pewarna pakaian yang tepat serta mendapatkan hasil pewarnaan yang memuaskan dan sesuai keinginan. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilihan cat tembok untuk kamar berbeda dengan area luar. Anda membutuhkan cat interior untuk area indoor, sedangkan untuk outdoor Anda membutuhkan cat exterior. Keunggulan cat tembok pun beragam. Ada cat yang mudah dibersihkan, antijamur, hingga tahan cuaca ekstrem.Kami akan berbagi tips agar Anda mendapatkan cat dinding dengan kualitas warna yang bagus. Kami juga merekomendasikan berbagai merek cat tembok terbaik, seperti Dulux, Nippon Paint, Jotun, Danapaint, dan No Drop. Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar. Yuk, temukan cat tembok yang tahan lama dan pas untuk Anda!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Bata Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bata Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Material bangunan mengalami banyak perubahan seiring dengan perkembangan zaman, contohnya bata ringan atau hebel. Bata ringan adalah bahan bangunan yang kini banyak dipakai untuk dinding, menggantikan bata merah dan batako. Karakteristiknya yang ringan, tahan air, tahan api, serta tahan gempa membuat hebel kian diminati oleh banyak kalangan.Kali ini kami akan membahas cara memilih bata ringan terbaik dengan membandingkan harga dan spesifikasinya. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek bata ringan yang bagus, seperti CITICON, BRICON, dan BLESSCON. Simak ulasan selengkapnya dari kami agar Anda menemukan hebel terbaik!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Plamir tembok adalah cairan putih campuran kalsium, lem, dan air yang digunakan untuk melapisi tembok. Material ini merupakan bahan penting dalam proses pengecatan dinding. Beberapa produk bahkan memiliki komposisi yang antiair sehingga dapat membuat cat tembok tidak mudah mengelupas. Meski memiliki fungsi yang penting, sebagian dari Anda mungkin belum mengenal produk yang satu ini. Oleh sebab itu, kami akan membagikan tips agar Anda mendapatkan plamir tembok yang bagus. Simak juga berbagai merek plamir tembok populer, seperti Dulux, Avian, Nippon Paint, dan lainnya. 
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terminal listrik atau power strip biasa digunakan untuk memperbanyak stopkontak (colokan) di rumah Anda. Alat ini sangat membantu ketika Anda ingin menggunakan banyak peralatan elektronik sekaligus. Terminal listrik kini hadir dengan berbagai fitur, seperti terminal listrik dengan USB port, kabel roll, dan banyak lagi.Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi terminal listrik yang telah kami pilih dengan saksama. Terminal listrik merek YUNIOR, Broco, ECLE, BARDI, hingga Xiaomi ada di sini. Simak sampai akhir, ya!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Keramik Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keramik Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Keramik lantai biasanya terbuat dari tanah liat dan dibentuk menjadi berbagai ukuran. Keramik lantai dapat digunakan untuk melapisi lantai dapur, kamar mandi, teras, hingga ruang tamu. Ada banyak motif dan warna keramik yang sesuai untuk rumah bergaya klasik hingga minimalis.Nah, kami akan mengulas tips memilih keramik lantai yang bagus. Setelahnya, kami akan merekomendasikan keramik lantai dari KIA Ceramics, Mulia Ceramics, dan Wisma Sehati. Ada keramik lantai motif batu alam yang cocok untuk lantai garasi hingga keramik lantai motif kayu, lho. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian.
    Cat & perlengkapan
  • 8 Palet Cat Air Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    8 Palet Cat Air Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    Palet cat air adalah salah satu alat bantu yang diperlukan ketika melukis. Ada berbagai macam produk yang dijual di pasaran, ada yang berbahan aluminium, plastik, dan lainnya. Untuk kemudahan dalam pencampuran cat air, Anda dianjurkan memilih palet terbaik yang bisa digunakan dengan aman dan nyaman.Kali ini kami akan memberi rekomendasi produk palet cat air yang tergolong populer dan menjadi favorit, seperti palet dari Etchr Lab dan V-Tec. Watercolorist dan illustrator, Karina Doniho, juga ikut memberi komentarnya di artikel ini. Jadi, langsung saja simak informasinya, yuk!
    Cat & perlengkapan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori