• 10 Subwoofer Kolong Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Subwoofer Kolong Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Subwoofer Kolong Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Subwoofer Kolong Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Subwoofer Kolong Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Subwoofer Kolong Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Menikmati musik di dalam mobil bisa membuat Anda relaks, terlebih saat terjebak kemacetan. Nah, ada aksesori tambahan pada mobil yang bisa Anda gunakan untuk menikmati musik dengan maksimal, yaitu subwoofer kolong. Subwoofer kolong yang bagus akan membuat suara musik dalam mobil lebih jernih dan berkualitas.


Terdapat banyak merek subwoofer kolong yang patut dipertimbangkan, seperti Pioneer, JBL, dan Venom. Kami akan merekomendasikan sepuluh produk unggulan untuk Anda. Tak lupa, kami juga menyiapkan panduan cara memilih subwoofer kolong terbaik. Yuk, disimak! Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ardanto Sigit
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.
Ardanto Sigit
Guru Teknik Otomotif
Ardanto Sigit

Ardanto Sigit, S.Pd, Gr. adalah guru teknik otomotif yang memiliki sertifikasi guru profesional dan sertifikasi bidang kompetensi teknik otomotif. Fokusnya yaitu pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.


Ardanto menekuni bidang otomotif selama sepuluh tahun. Ia memiliki pengalaman bekerja di salah satu dealer Mitsubishi di Yogyakarta. Setelah itu, ia memutuskan untuk melanjutkan studi pada bidang Pendidikan Teknik Otomotif.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih subwoofer kolong

Ada beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan membeli subwoofer kolong. Beberapa di antaranya adalah menyesuaikan dengan ukuran jok dan memilih jenis subwoofer-nya. Berikut kami jabarkan poin-poin pentingnya.

Pilih tipe subwoofer kolong

Hampir sama dengan subwoofer pada umumnya, subwoofer kolong juga terbagi dalam dua tipe. Ada subwoofer kolong pasif dan aktif. Dengan mengetahui karakteristik subwoofer aktif dan pasif, Anda bisa menentukan subwoofer kolong yang tepat untuk dipasang di mobil Anda.

Aktif, lebih ringkas tanpa perlu tambahan box

Aktif, lebih ringkas tanpa perlu tambahan box

Subwoofer kolong aktif merupakan subwoofer yang cukup mudah digunakan. Subwoofer ini sudah tertanam power atau amplifier di dalamnya dan dirancang untuk menghasilkan suara yang keras. Subwoofer kolong jenis ini tidak memerlukan power tambahan sehingga lebih hemat daya. Anda bisa langsung menghubungkannya dengan sumber listrik yang ada di mobil.


Selain praktis, subwoofer kolong aktif juga lebih ringkas. Adanya power amplifier di bodinya membuat ukuran subwoofer kolong aktif jadi lebih ringkas. Anda pun tidak perlu menambahkan box lagi. Cukup memasangnya di kolong jok mobil dan hubungkan dengan sumber listrik, Anda sudah bisa menikmati musik di mobil.


Namun, subwoofer kolong aktif umumnya tidak memungkinkan untuk dibuat full customized. Selain itu, perlu diingat, subwoofer kolong yang memiliki suara besar juga membutuhkan daya yang lebih besar. Jadi, cek dahulu spesifikasi produk pilihan Anda sebelum membelinya, ya!

Pasif, bisa di-custom sesuai ukuran dan bentuk kolong mobil

Pasif, bisa di-custom sesuai ukuran dan bentuk kolong mobil

Berbeda dengan subwoofer kolong aktif, subwoofer kolong pasif membutuhkan power amplifier tambahan. Dengan adanya tambahan power amplifier, subwoofer kolong ini membutuhkan box tambahan. Oleh karena itu, ukurannya pun sedikit lebih besar dibandingkan subwoofer kolong aktif.


Namun, Anda tidak perlu khawatir. Box tambahan pada subwoofer kolong pasif biasanya dapat di-custom atau disesuaikan dengan ukuran kolong jok mobil Anda. Anda hanya perlu memastikan dahulu ukuran subwoofer agar tidak terlalu pas atau lebih besar dari kolong jok mobil Anda. Agar bisa berfungsi maksimal. Anda juga dapat memasang subwoofer kolong pasif dan amplifier dalam satu box.


Hal penting lainnya adalah memilih subwoofer kolong yang sesuai dengan kapasitas output daya pada amplifier Anda. Jika tidak sesuai, Anda mungkin akan membutuhkan peralatan tambahan


Anda juga perlu mempertimbangkan selera musik Anda saat memilih subwoofer kolong karena spesifikasi setiap produk tidaklah sama. Ada subwoofer yang mengeluarkan suara mengentak, ada juga yang lembut, tetapi tetap keras. 

Sesuaikan ukuran dengan kolong jok mobil Anda

Subwoofer kolong yang beredar di pasaran biasanya berukuran mulai dari 8 inci hingga 12 inci. Simak penjelasan berikut untuk menentukan subwoofer kolong yang sesuai untuk Anda beli.

5–8 inci: Sempurna untuk mobil kecil seperti Ayla, Brio, dan Jazz

5–8 inci: Sempurna untuk mobil kecil seperti Ayla, Brio, dan Jazz

Mobil berjenis city car biasanya memiliki bodi dan interior yang tidak terlalu luas. Oleh karena itu, Anda membutuhkan subwoofer kolong berukuran kecil agar bisa muat dipasang di bawah jok mobil Anda.


Anda akan banyak menemukan subwoofer kolong berukuran 5–8 inci karena pas untuk city car yang banyak digunakan di Indonesia. Beberapa mobil yang dapat Anda pasang subwoofer kolong ini antara lain Ayla, Brio, dan Jazz. Anda hanya perlu menyediakan sumber listrik dan kabel yang pas agar subwoofer terpasang dengan sempurna.

10 inci: Pas di kolong mobil Avanza dan Xenia

10 inci: Pas di kolong mobil Avanza dan Xenia

Selain city car, mobil keluarga juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ukuran mobil biasanya lebih besar dan muat lebih banyak orang. Dengan ukuran mobil yang lebih besar, tentu Anda juga membutuhkan subwoofer kolong yang lebih besar. Anda tak perlu khawatir soal ukuran subwoofer karena biasanya ukuran kolong jok mobil pun lebih lebar dan luas.


Untuk menikmati pengalaman mendengarkan musik yang optimal, Anda bisa memilih subwoofer kolong berukuran 10 inci. Suara yang dihasilkan subwoofer ukuran ini tentunya mampu menjangkau seluruh interior mobil Anda. Anda pun dapat menikmati musik sepanjang perjalanan bersama keluarga tercinta.

12 inci: Cocok untuk mobil besar seperti Voxy dan Alphard

12 inci: Cocok untuk mobil besar seperti Voxy dan Alphard

Para pemilik mobil besar seperti Alphard atau mobil tipe SUV lainnya pasti menginginkan subwoofer yang mumpuni. Anda bisa memilih subwoofer kolong berukuran 12 inci atau lebih. Namun, biasanya subwoofer berukuran di atas 12 inci jarang ditemui di pasaran jika Anda tidak memesannya secara khusus.


Subwoofer kolong berukuran 12 inci sangat pas untuk mobil-mobil berukuran besar. Suara yang dihasilkan lebih keras, jangkauannya pun lebih luas. Dengan begitu, musik akan terdengar di bagian depan hingga belakang interior mobil Anda.

Pertimbangkan fitur tambahannya

Salah satu hal yang penting dipertimbangkan sebelum membeli subwoofer kolong adalah fitur tambahan. Subwoofer kolong sendiri berada di bawah jok mobil sehingga fitur tambahan seperti remote control dan thermal protection cukup penting.

Thermal protection, melindungi dari suhu panas berlebih

Thermal protection, melindungi dari suhu panas berlebih

Subwoofer kolong yang terletak di bawah jok mobil tentu memerlukan perawatan khusus agar tidak mudah panas dan cepat rusak. Salah satu fitur tambahan yang bisa Anda pertimbangkan adalah adanya thermal protection.


Thermal protection dapat melindungi subwoofer Anda dari overheat akibat terlalu lama menyala. Fitur ini juga melindungi subwoofer Anda saat suhu mobil meninggi karena cuaca sedang panas. Fitur ini akan menjaga suhu subwoofer tetap stabil sehingga komponen di dalamnya tidak cepat rusak.

Remote control, memudahkan penggunaan fitur-fitur subwoofer

Remote control, memudahkan penggunaan fitur-fitur subwoofer

Beberapa merek subwoofer kolong yang beredar di pasaran sudah dilengkapi remote control. Hal ini tentu menjadi nilai lebih karena memudahkan Anda untuk mengoperasikan subwoofer. Anda jadi tidak perlu bersusah payah menjangkau kolong jok mobil hanya untuk menambah atau mengurangi volume.

10 Rekomendasi produk subwoofer kolong terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk subwoofer kolong terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

10

CelloSubwoofer Kolong Pasif Tanpa Power

Mulai dari Rp 1.450.000,00

Tipe subwooferPasif
Dimensi31 cm x 27 cm x 8,7 cm
FrekuensiTidak ada keterangan
Output60 W
Thermal protectionx
Remote controlx
9
Tipe subwooferAktif
Dimensi34,4 cm x 25 cm x 7,1 cm (8 inci)
Frekuensi35–120 Hz
Output125 W
Thermal protectionx
Remote controlx
8
Tipe subwooferAktif
Dimensi20 cm x 13 cm
Frekuensi40–200 Hz
Output160 W
Thermal protectionx
Remote controlx
7

BoschmannSuper Flat Active Subwoofer

BM-10SW

Mulai dari Rp 975.000,00

Tipe subwooferAktif
Dimensi36,5 cm x 29 cm x 8 cm (10 inci)
Frekuensi20–150 Hz
Output150 W
Thermal protectionx
Remote control
6

Embassy10" Slim Active Subwoofer

EM-1018

Mulai dari Rp 1.027.500,00

Tipe subwooferAktif
DimensiTidak ada keterangan
Frekuensi20–150 Hz
OutputMax 400 W
Thermal protection
Remote controlx
5
Tipe subwooferAktif
Dimensi31 cm x 23,9 cm x 7,5 cm (8 inci)
Frekuensi20–150 Hz
Output200 W
Thermal protectionx
Remote controlx
4

Sansui10" Slim Active Subwoofer

SA-FA1100

Mulai dari Rp 1.150.000,00

Tipe subwooferAktif
DimensiTidak ada keterangan
Frekuensi20–150 Hz
OutputMax 800 W
Thermal protection
Remote control
3
Tipe subwooferAktif
Dimensi29 cm x 21 cm x 7,2 cm (7 inci)
Frekuensi20–150 Hz
OutputMaksimal 250 W
Thermal protection
Remote control
2

ADS10 Inch Enclosed Active Subwoofer

AD-1000N

Mulai dari Rp 825.000,00

Tipe subwooferAktif
DimensiTidak ada keterangan
Frekuensi20–150 Hz
OutputMax 400 W
Thermal protection
Remote controlx
1

LM AudioSubwoofer Active 8 inch

LM-80S

Mulai dari Rp 1.550.000,00

Tipe subwooferAktif
Dimensi29 cm x 19 cm x 7 cm (8 inci)
Frekuensi30–160 Hz
OutputMaksimal 200 W
Thermal protectionx
Remote control

Tabel perbandingan produk subwoofer kolong terbaik

Gambar produk
1
LM Audio Subwoofer Active 8 inch  1

LM Audio

2
ADS 10 Inch Enclosed Active Subwoofer 1

ADS

3
ORCA Underseat Subwoofer 7 Inch 1

ORCA

4
Sansui 10" Slim Active Subwoofer 1

Sansui

5
Venom Subwoofer 1

Venom

6
Embassy 10" Slim Active Subwoofer 1

Embassy

7
Boschmann Super Flat Active Subwoofer 1

Boschmann

8
Pioneer Subwoofer 1

Pioneer

9
JBL BassPro SL 1

JBL

10
Cello Subwoofer Kolong Pasif Tanpa Power 1

Cello

Nama produk

Subwoofer Active 8 inch

10 Inch Enclosed Active Subwoofer

Underseat Subwoofer 7 Inch

10" Slim Active Subwoofer

Subwoofer

10" Slim Active Subwoofer

Super Flat Active Subwoofer

Subwoofer

BassPro SL

Subwoofer Kolong Pasif Tanpa Power

Keunggulan

Desain ergonomis untuk upgrade audio mobil Anda

Kenyamanan mendengarkan musik dengan kapasitor ADS 9 Farad

Ada fitur pengaturan sensitivitas input untuk suara lebih berkualitas

Aman untuk mobil dengan fitur proteksi lengkap!

Subwoofer kolong slim dengan suara bas dinamis

Dilengkapi teknologi high-low level input untuk suara lebih jernih

Lengkap dengan bassboost untuk suara bas lebih nendang

Desain kokoh minimalis, cocok untuk mobil kecil

Teknologi asli USA dengan kualitas suara berstandar internasional

Bisa dipasang di pinggir atau bawah jok mobil

Harga mulai dariRp 1.550.000,00Rp 825.000,00Rp 1.000.000,00Rp 1.150.000,00Rp 3.250.000,00Rp 1.027.500,00Rp 975.000,00Rp 2.250.000,00Rp 2.758.000,00Rp 1.450.000,00
Tipe subwooferAktifAktifAktifAktifAktifAktifAktifAktifAktifPasif
Dimensi29 cm x 19 cm x 7 cm (8 inci)Tidak ada keterangan29 cm x 21 cm x 7,2 cm (7 inci)Tidak ada keterangan31 cm x 23,9 cm x 7,5 cm (8 inci)Tidak ada keterangan36,5 cm x 29 cm x 8 cm (10 inci)20 cm x 13 cm34,4 cm x 25 cm x 7,1 cm (8 inci)31 cm x 27 cm x 8,7 cm
Frekuensi30–160 Hz20–150 Hz20–150 Hz20–150 Hz20–150 Hz20–150 Hz20–150 Hz40–200 Hz35–120 HzTidak ada keterangan
OutputMaksimal 200 WMax 400 WMaksimal 250 WMax 800 W200 WMax 400 W150 W160 W125 W60 W
Thermal protectionxxxxxx
Remote controlxxxxxx
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk speaker lainnya di sini

Selain subwoofer, ada beragam jenis speaker untuk menunjang pengalaman mendengarkan musik Anda. Mulai dari monitor speaker hingga speaker outdoor bisa Anda temukan dengan mudah di marketplace. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi tautan di bawah ini untuk menemukan produk yang tepat.

Kesimpulan

Setiap produk subwoofer kolong memiliki kelebihannya masing-masing. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kondisi mobil Anda dan budget yang telah ditentukan. Pastikan juga untuk mengecek review pengguna lain yang tercantum di marketplace atau media sosial lainnya.


Semoga poin-poin di atas dapat membantu Anda alam menemukan subwoofer kolong yang tepat. Jika ada produk yang menarik hati, segera beli di marketplace kesayangan Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Kenaikan suhu dalam kabin mobil karena paparan sinar matahari dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Terlebih, sinar matahari yang menyilaukan mata dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Karena itu, penting untuk memasang kaca film yang bagus, baik di kaca depan, samping, maupun belakang. Kali ini, kami akan membahas cara memilih kaca film, mulai dari yang murah sampai premium. Kami juga akan mengulas beberapa pilihan kaca film mobil terbaik dari merek-merek ternama, seperti 3M, V-Kool, dan Solar Gard. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Selamat membaca!
    Aksesori mobil
  • 10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, dan Kenwood. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Mari temukan speaker mobil untuk menemani Anda berkendara!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Charger Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Charger Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Di masa seperti ini, kehabisan daya baterai gadget bisa menimbulkan masalah. Terlebih saat ada pembicaraan atau urusan penting, kehabisan daya baterai fatal akibatnya. Untuk mencegah terjadinya hal-hal demikian, charger mobil sangat tepat Anda miliki.Anda akan menemukan charger mobil berkualitas keluaran Baseus, Xiaomi, Aukey, dan sebagainya dalam artikel ini. Tenang saja, cara memilih charger mobil juga akan kami berikan untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa dengan cepat dan mudah menemukan produk terbaik. Silakan baca artikel ini sampai tuntas!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover jok mobil berguna untuk mencegah kotoran menempel, serta mempercantik interior mobil. Produknya juga dikenal sebagai sarung jok mobil. Anda bisa memilih tipe universal atau yang khusus untuk mobil Anda, misalnya Avanza atau Brio. Meskipun demikian, material dan fiturnya beragam. Jadi, produk seperti apa yang bagus untuk mobil Anda?Simak artikel ini agar Anda memahami cara memilih cover jok mobil terbaik. Rekomendasi beserta ulasan produknya juga sudah kami siapkan untuk Anda. Ada produk dari merk Nobleman, Sparco, dan lainnya. Baik untuk Xenia, Calya, atau Sigra, semuanya ada. Yuk, dimulai!
    Aksesori mobil
  • 10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Wiper mobil adalah alat yang memiliki peran penting bagi pengendara agar pandangan tetap maksimal kala hujan turun. Di gerai online, Anda dapat menemukan variasi wiper mobil dengan berbagai bentuk dan merek. Akan tetapi, di antara bermacam-macam wiper yang dijual di pasaran, produk manakah yang tepat untuk Anda?Kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wiper mobil yang bagus, seperti Bosch, DENSO, dan ASPIRA. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Simak informasinya sampai akhir, ya!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover mobil dapat melindungi mobil Anda dari berbagai kondisi. Misalnya paparan air hujan, debu, dan kotoran yang dapat menggores permukaan cat mobil. Selain itu, cover mobil juga mampu melindungi mobil dari sinar UV. Dengan demikian, cat mobil Anda lebih terlindungi dan tidak cepat kusam.Untuk mendapatkan cover mobil yang bagus, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek cover mobil terbaik. Anda akan menemukan cover mobil Krisbow, Durable, Urban dan sebagainya. Semoga Anda menemukan cover mobil yang tepat setelah membaca artikel ini, ya.
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Meja Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meja Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2022)
    Meja mobil adalah aksesori serbaguna untuk Anda yang sering bekerja atau makan di dalam mobil. Meja ini dapat Anda temukan dalam berbagai macam tipe, mulai dari yang dapat dilipat sampai yang memiliki pegangan minuman. Tidak heran, banyaknya tipe tersebut akan menyulitkan Anda untuk memilih mana yang cocok.Pada artikel kali ini, kami akan membagikan poin-poin yang harus diperhatikan dalam memilih meja mobil. Simak juga rekomendasi produk-produknya, mulai dari Hypersonic, G-Speed, Seikosangyo, dan lainnya. Mari temukan meja mobil yang pas untuk melengkapi interior mobil Anda di bawah ini!
    Aksesori mobil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori