• 10 Blender Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Blender Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Blender Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Blender Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Blender Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Blender Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)

Blender bumbu adalah salah satu perangkat elektronik yang wajib dimiliki di dapur. Blender berfungsi menghaluskan beragam bumbu dapur, baik basah maupun kering. Di pasaran, Anda bisa dengan mudah menemukan beragam merek blender bumbu yang bagus, seperti Miisoo, Abeni, hingga Goto Hardware.


Namun, manakah yang tepat untuk Anda pilih? Nah, kali ini kami akan membahas cara memilih blender bumbu sekaligus memberi sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Ada yang harganya murah, ukurannya mini, hingga yang dapat mencincang daging. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari. Penasaran? Yuk, simak hingga selesai!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Laire Siwi Mentari
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari
Laire Siwi Mentari
Chef
Laire Siwi Mentari

Karirnya di dunia kuliner sejak 8 tahun yang lalu membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur.

Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih blender bumbu

Pemisahan antara blender bumbu dengan blender buah merupakan langkah terbaik untuk mencegah terjadinya perpindahan bau pada hasil cencangan. Dengan begitu, olahan bumbu atau jus akan terasa lebih fresh. Pada bagian ini, kami akan menjabarkan tiga poin utama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli blender bumbu. Mari perhatikan dengan saksama!

Perhatikan sumber daya blender bumbu

Secara umum, blender bumbu dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan sumber dayanya, yakni elektrik, manual, dan baterai. Tiap-tiap jenis blender bumbu memiliki karakteristik tersendiri. Kami akan membahasnya secara lebih lengkap di bawah ini.

Blender bumbu elektrik, lebih kuat untuk menghaluskan bumbu dan daging

Blender bumbu elektrik, lebih kuat untuk menghaluskan bumbu dan daging

Sesuai namanya, blender bumbu elektrik membutuhkan aliran energi listrik selama digunakan. Tak heran bila blender bumbu jenis ini mampu menghaluskan bumbu-bumbu dapur dan daging dengan lebih cepat. Hasil cencangannya pun lebih halus.


Ciri utama dari blender bumbu elektrik terletak pada ukurannya yang lebih besar, serta bobotnya yang berat. Blender bumbu jenis ini umumnya juga menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap.


Anda bisa menemukan pilihan mode penggilingan, pemutus daya otomatis saat overheat, hingga sakelar on-off. Namun, jangan lupa mengecek daya listrik yang dibutuhkan jika Anda berencana memilih blender bumbu elektrik.


Blender elektrik cocok digunakan untuk menghaluskan daging serta bumbu karena seratnya yang sulit dihaluskan dengan blender manual. Beberapa jenis bumbu, seperti laos, merica, dan ketumbar bahkan memiliki tekstur yang keras. Jika dipaksakan dengan blender manual tentunya tidak praktis, melelahkan dan blendernya rentan rusak.

Blender bumbu manual, dapat digunakan di mana saja dengan mudah

Blender bumbu manual, dapat digunakan di mana saja dengan mudah

Berbeda dengan jenis elektrik, blender bumbu manual memanfaatkan kekuatan tangan penggunanya supaya dapat dioperasikan. Meski begitu, pemakaiannya cukup mudah karena Anda hanya perlu menarik tuas tali yang disediakan pada tutupnya.


Blender bumbu manual juga memiliki ukuran yang lebih compact sehingga mudah disimpan tanpa memakan banyak tempat. Blender bumbu jenis ini bahkan dapat dibawa bepergian karena bisa digunakan tanpa mengkhawatirkan keberadaan daya listrik. 


Namun, blender manual tidak memiliki fungsi maksimal seperti blender elektrik. Blender manual lebih cocok dipakai untuk menghaluskan bahan-bahan lembut, seperti juice, smoothie, dan makanan bayi.

Blender bumbu bertenaga baterai, dapat dibawa bepergian dan hemat listrik

Blender bumbu bertenaga baterai, dapat dibawa bepergian dan hemat listrik

Blender bumbu bertenaga baterai merupakan perpaduan antara jenis elektrik dan manual. Blender bumbu jenis ini dapat dibawa bepergian dan digunakan asalkan daya baterainya masih terisi. Karena itu, Anda harus selalu memastikan daya baterainya telah terisi sebelum digunakan.


Tenaga baterai di dalam blender bumbu jenis ini dapat diisi ulang, biasanya menggunakan kabel USB. Jadi, Anda tak perlu berulang kali membeli baterai saat dayanya habis. Karena menggunakan daya baterai, blender bumbu ini mempunyai kekuatan cencang yang lebih kuat daripada jenis manual. Daya listrik yang dibutuhkan untuk isi ulang pun lebih hemat dibandingkan jenis elektrik.


Penggunaan USB sebagai pengisi daya memudahkan Anda saat membawa blender untuk bepergian. Blender jenis ini juga memiliki ukuran yang compact sehingga sangat cocok dibawa camping. Di sisi lain, blender ini biasanya memiliki harga yang cukup terjangkau.

Periksa jumlah mata pisaunya

Periksa jumlah mata pisaunya

Poin yang tidak kalah penting ketika memilih blender bumbu adalah memperhatikan jumlah mata pisaunya. Meski terkesan sepele, ternyata hal tersebut akan berpengaruh pada kinerja blender bumbu. Makin banyak bilah mata pisau pada blender bumbu, maka makin cepat produk tersebut bekerja menghaluskan bumbu


Tak hanya itu, olahan bumbu yang dihasilkan pun akan makin halus. Selain jumlah mata pisau, penting juga untuk memperhatikan material dari pisau itu sendiri dan kecepatan putarannya.


Sebaiknya Anda memilih material stainless steel agar lebih awet, lebih kokoh, antikarat, dan tidak mudah tumpul. Selain itu, pilih yang memiliki banyak variasi putaran. Makin banyak variasi putarannya, makin baik pula kualitas blendernya. Pilihlah blender dengan fitur multi speed supaya Anda bisa mudah menentukan kasar dan kehalusan hasil cencangan.

Pastikan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan

Pastikan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan

Blender bumbu yang beredar di pasaran mempunyai beragam kapasitas mangkuk penampungan, mulai dari yang terkecil hingga terbesar. Karena itu, Anda harus memahami seberapa banyak kebutuhan bumbu yang sering diolah dalam sekali waktu. Tujuannya supaya Anda dapat memperkirakan volume blender bumbu yang pas.


Jika Anda tinggal sendiri dan hanya menghaluskan bumbu dalam jumlah sedikit, kami sarankan memilih blender bumbu bervolume kecil. Umumnya, blender bumbu dengan volume di bawah 500 ml sudah cukup untuk Anda. Volume produk yang rendah otomatis membuat ukuran blender bumbu juga lebih kecil sehingga mudah disimpan atau dibawa bepergian.


Sebaliknya, bila Anda tinggal bersama keluarga dan sering menghaluskan bumbu dalam jumlah banyak, blender bumbu bervolume besar lebih disarankan. Anda bisa memilih produk bervolume di atas 500 ml.


Namun, saat ini beberapa merek blender telah mengeluarkan produk yang menyertakan dua jenis bowl. Selain bisa memanfaatkan bowl tersebut sesuai dengan kapasitas, Anda juga bisa menggunakannya sesuai dengan bahan yang akan diolah. Bowl kecil cocok untuk menghaluskan bumbu kering, sedangkan bowl besar cocok untuk bumbu basah dan buah-buahan.

10 Rekomendasi blender bumbu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk blender bumbu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.

10
Sumber dayaElektrik
Daya300 watt
Jumlah mata pisau4
Kapasitas1.200 ml
Ukuran19,3 cm × 16 cm × 24,8 cm
9
Sumber dayaElektrik
Daya400 watt
Jumlah mata pisau2
Kapasitas500 ml
Ukuran15 cm × 20 cm × 15 cm
8

AbeniUSB Multifungsi Blender Bumbu Dapur

Mulai dari Rp 218.000,00

Sumber dayaBaterai
Daya30 watt
Jumlah mata pisau2 dan 3
Kapasitas250 ml dan 100 ml
UkuranBesar: 13 cm × 8,5 cm × 8,5 cm・Kecil: 8,7 cm × 8,7 cm × 8,5 cm
7
Sumber dayaElektrik
Daya200 watt
Jumlah mata pisau2
Kapasitas500 ml
UkuranTidak disebutkan
6
Sumber dayaElektrik
Daya150 watt
Jumlah mata pisau2
Kapasitas300 ml
Ukuran17 cm × 10,5 cm
5

PadabanicBlender Bumbu Dapur Mini

Mulai dari Rp 142.000,00

Sumber dayaBaterai
Daya30 watt
Jumlah mata pisau3
Kapasitas250 ml
Ukuran11 cm × 11 cm × 17 cm
4

FreemirAlat Penggiling Mini Manual

Mulai dari Rp 99.000,00

Sumber dayaManual
DayaX
Jumlah mata pisau2
KapasitasTidak disebutkan
Ukuran9 cm × 9 cm × 7 cm
3
Sumber dayaElektrik
Daya220 watt
Jumlah mata pisau4
Kapasitas200 ml
Ukuran23,3 cm × 11,6 cm
2
Sumber dayaElektrik
Daya250 watt
Jumlah mata pisau4
Kapasitas2.000 ml
Ukuran23 cm × 27 cm
1

MiisooPortable Blender Bumbu dan Daging dengan USB

Mulai dari Rp 100.000,00

Sumber dayaBaterai
DayaTidak disebutkan
Jumlah mata pisau3
Kapasitas250 ml
UkuranTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk blender bumbu terbaik

Gambar produk
1
Miisoo Portable Blender Bumbu dan Daging dengan USB 1

Miisoo

2
Han River Blender 1

Han River

3
Goto Hardware Capsule Blender 1

Goto Hardware

4
Freemir Alat Penggiling Mini Manual 1

Freemir

5
Padabanic Blender Bumbu Dapur Mini 1

Padabanic

6
Vipoo Penggiling Bumbu dan Kopi 1

Vipoo

7
Russell Hobbs Horizon Mini Chopper 1

Russell Hobbs

8
Abeni USB Multifungsi Blender Bumbu Dapur 1

Abeni

9
Oxone Cute Chopper 1

Oxone

10
Arashi Chopper Machine 1

Arashi

Nama produk

Portable Blender Bumbu dan Daging dengan USB

Blender

Capsule Blender

Alat Penggiling Mini Manual

Blender Bumbu Dapur Mini

Penggiling Bumbu dan Kopi

Horizon Mini Chopper

USB Multifungsi Blender Bumbu Dapur

Cute Chopper

Chopper Machine

Keunggulan

Hasilkan cacahan bumbu yang kaya tekstur

Kapasitas lebih besar untuk mencincang banyak bumbu

Cepat mencincang bumbu, tetapi tetap hemat listrik

Serunya menarik tuas blender bumbu bersama si kecil

Kurangi kebisingan dalam ruangan dengan blender bumbu ini

Kemampuan maksimal dengan harga minimal!

Penggunaan mangkuk kaca untuk menjaga kualitas

Dilengkapi dua bilah pisau dan dua mangkuk

Blender bumbu dengan tampilan imut

Mata pisau lebih kuat dengan ketebalan 1 mm

Harga mulai dariRp 100.000,00Rp 580.000,00Rp 255.000,00Rp 99.000,00Rp 142.000,00Rp 72.990,00Rp 799.000,00Rp 218.000,00Rp 590.000,00Rp 469.400,00
Sumber dayaBateraiElektrikElektrikManualBateraiElektrikElektrikBateraiElektrikElektrik
DayaTidak disebutkan250 watt220 wattX30 watt150 watt200 watt30 watt400 watt300 watt
Jumlah mata pisau34423222 dan 324
Kapasitas250 ml2.000 ml200 mlTidak disebutkan250 ml300 ml500 ml250 ml dan 100 ml500 ml1.200 ml
UkuranTidak disebutkan23 cm × 27 cm23,3 cm × 11,6 cm9 cm × 9 cm × 7 cm11 cm × 11 cm × 17 cm17 cm × 10,5 cmTidak disebutkanBesar: 13 cm × 8,5 cm × 8,5 cm・Kecil: 8,7 cm × 8,7 cm × 8,5 cm15 cm × 20 cm × 15 cm19,3 cm × 16 cm × 24,8 cm
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar blender bumbu

Pertanyaan umum seputar blender bumbu

Setelah membahas cara memilih dan memberikan rekomendasi produk, sekarang kami akan menjawab satu pertanyaan populer tentang blender bumbu. Jadi, pastikan Anda tetap menyimak, ya!

Apakah blender portable bisa untuk bumbu?

Ya, pada dasarnya semua jenis blender dapat digunakan untuk menghaluskan bumbu, termasuk blender portable. Namun, kehalusan tekstur bumbu yang dihasilkan berbeda-beda, tergantung spesifikasinya.


Blender portable biasanya tidak sekuat blender elektrik. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam menakar jumlah dan memperhatikan jenis bumbu yang akan diolah. Hal ini untuk mencegah blender bekerja terlalu berat dan cepat rusak.

Baca juga rekomendasi jenis blender lainnya di sini

Tak hanya blender bumbu, di pasaran Anda juga dapat menemukan beragam jenis blender lainnya. Blender mini, blender tangan, hingga blender MPASI merupakan beberapa contohnya. Jika Anda membutuhkan alat-alat tersebut, silakan kunjungi artikel kami di bawah ini untuk mendapatkan rekomendasi produk-produknya!

Kesimpulan

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel blender bumbu kami kali ini? Semoga penjelasan kami bisa menjadi referensi bagi Anda sebelum membeli blender bumbu.


Meski ukurannya tergolong mini, ternyata keberadaan blender bumbu sangat dibutuhkan di dapur, ya! Dengan memisahkan antara blender khusus bumbu dengan buah-buahan, Anda bisa menghasilkan makanan yang lebih berkualitas. Bau bumbu dapur yang umumnya kuat pun tidak akan menempel pada buah atau sayuran.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Jadi, penggunaan listriknya perlu diperhitungkan. Anda tak perlu khawatir, sekarang sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan. Dengan menggunakan kulkas low watt, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas watt kecil, simaklah tips ini. Kami akan memberikan rekomendasi kulkas hemat listrik yang bagus dari beberapa merek, seperti LG, Toshiba, Sharp, dan lainnya. Anda pun akan menemukan kulkas terbaik dari berbagai model, baik kulkas hemat listrik 1 pintu maupun 2 pintu. Yuk, simak selengkapnya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak model kulkas, kulkas satu pintu tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Jangan salah, kulkas satu pintu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki model lain. Ukuran kecil serta daya listrik yang cenderung lebih rendah adalah beberapa contohnya. Ada banyak merek kulkas satu pintu yang bagus di pasaran, seperti Polytron, Sharp, LG, dan AQUA. Untuk Anda yang kini tengah mencari rekomendasi kulkas satu pintu, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan mengulas kulkas satu pintu terbaik yang hemat listrik dan tanpa bunga es. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dispenser adalah peralatan dapur yang sangat berguna untuk menyediakan air panas dan air dingin di rumah. Dengan adanya dispenser, Anda tak perlu repot-repot memasak air panas menggunakan kompor. Seiring perkembangan teknologi, dispenser galon bawah alias bottom loading dispenser yang lebih praktis pemasangan galon airnya pun ada di pasaran.Kami akan membahas tips memilih dispenser galon bawah beserta sepuluh rekomendasi terbaiknya. Temukanlah produk andalan dari berbagai merek terkenal, seperti Sanken, Denpoo, Miyako, Polytron, Arashi, dan SHARP. Jika Anda sedang mencari dispenser baru untuk di rumah, baca artikelnya sampai habis!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Diet low carbo atau rendah karbohidrat diperlukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Di lain sisi, nasi memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Padahal, nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Nah, sekarang sudah ada teknologi baru, yaitu rice cooker low carbo.Berkat rice cooker ini, Anda bisa menanak nasi rendah karbohidrat sehingga kesehatan senantiasa terjaga. Di artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi rice cooker low carbo yang bagus dari berbagai merek, seperti Signora, LocknLock, dan Ecohome. Bacalah hingga selesai dan dapatkan produk terbaik Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rice cooker wajib dimiliki orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi. Namun, benda yang sering dikenal sebagai magic com ini tidak hanya bisa digunakan untuk menanak. Rice cooker juga cocok untuk menghangatkan, mengukus, dan memasak beragam makanan.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk rice cooker terbaik dari berbagai merek, seperti Yong Ma dan Miyako. Sebelum itu, kami akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang bagus untuk kebutuhan Anda. Dari yang mini, low carbo, sampai yang pintar, seperti Philips HD4515, semuanya ada. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Membuat roti dan kue memang membutuhkan pengadonan. Anda dapat memilih stand mixer yang dapat membantu Anda mengadon tanpa repot memegang mixer. Produk stand mixer heavy duty berkapasitas 5 L atau jumbo ada di pasaran. Ditilik dari daya listriknya, ada pula stand mixer low watt yang murah dan berkualitas.Di artikel ini kami akan berbagi tips memilih stand mixer terbaik. Selain itu, ada juga rekomendasi stand mixer yang bagus dari merek Ecohome, Mito, Philips, Ravelle dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Simak sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia sehingga rice cooker kini sangat umum ditemukan di setiap rumah. Namun, jika Anda belum memilikinya, rice cooker merek Philips layak dijadikan pilihan karena produk-produk Philips sudah terbukti berkualitas. Sebelum membeli, tentu ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan, seperti daya, fitur, dan kapasitas.Yuk, simak pemaparan kami agar Anda mendapatkan produk yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Cek juga rekomendasi produk-produk terbaik yang telah kami siapkan untuk Anda. Anda bisa menemukan seri Daily Collection, Avance Collection, dan Viva Collection yang menarik untuk dipilih. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori