• 10 Rekomendasi Software Recording Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Software Recording Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Software Recording Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Software Recording Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Software Recording Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Software Recording Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kini merekam audio merupakan aktivitas yang banyak dilakoni, terutama oleh para content creator. Untuk menunjang aktivitas tersebut, software recording menjadi peranti penting yang wajib ada. Berbagai software recording untuk PC ataupun laptop dapat Anda jumpai dan unduh dengan mudah. Namun, banyaknya software yang tersedia mungkin membuat Anda kebingungan untuk memilih yang terbaik.

Untuk itulah kami akan memberikan tips memilih software recording yang bagus dan sesuai kebutuhan. Tak lupa, rekomendasi software recording terbaik juga akan kami bagikan. Mulai dari Fruity Loops, Audacity, hingga Nuendo akan kami ulas. Simak artikel selengkapnya, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih software recording

Software recording adalah bagian penting dari Digital Audio Workstation (DAW). Aktivitas merekam suara dari peralatan musik ataupun suara langsung pasti membutuhkan suatu program komputer untuk mengolahnya. Software recording diciptakan untuk mengolah sumber suara analog ke digital. Nah, software recording apa yang cocok untuk kebutuhan Anda? Yuk cari tahu melalui serangkaian tips berikut ini!

Periksalah fitur-fitur yang ditawarkan software recording

Software recording merupakan alat pengolah file suara atau rekaman untuk dibuat menjadi sebuah karya audio. Software recording bisa menghasilkan podcast, dubbing suara, siaran langsung, lagu, dan banyak lagi. Untuk mentukan software recording yang tepat, ada sejumlah hal dasar yang perlu Anda ketahui, khususnya bagi pemula. Apa sajakah itu?

Pahami fungsi dasar software recording

Sebuah software recording tentunya harus memiliki kemampuan dasar pengolahan file audio. Recording, editing, mixing, hingga mastering adalah sederet fungsi-fungsi dasar yang dimiliki software recording. Simak penjelasan singkatnya berikut ini, ya!


  • Recording. Fitur inilah yang Anda gunakan untuk merekam suara secara langsung dari berbagai medium penghasil suara. Anda bisa merekamnya dari mikrofon, gitar, piano, dan lain sebagainya.

  • Editing. Dengan fungsi ini, Anda dapat membersihkan, mengubah, atau menambahkan hasil recording.

  • Mixing. Merupakan proses penggabungan hasil rekaman menjadi produk suara mono, stereo, atau surround. Fungsi ini juga digunakan untuk memastikan semua suara yang direkam sudah seimbang, baik dari sisi dinamika, frekuensi, maupun levelnya.

  • Mastering. Pada tahap ini, Anda sudah selesai me-mixing audio rekaman dan hasilnya sudah bisa dipindahkan ke perangkat penyimpanan data. File hasil mastering inilah yang didistribusikan kepada khalayak umum dalam berbagai platform audio atau musik.

Periksalah ketersediaan plugin pada software recording

Plugin merupakan kode software untuk menjalankan fitur tambahan. Biasanya plugin software recording menawarkan berbagai efek suara, efek distorsi, reverb, auto-tune, dan lainnya. Selain sudah terpasang pada tiap software recording, plugin juga bisa ditambahkan sendiri. Anda tinggal memperhatikan format plugin apa yang kompatibel dengan software recording dan sistem operasi yang sedang dipakai.


Apabila Anda menggunakan Windows sebagai sistem operasi PC atau laptop, format plugin yang kompatibel adalah VST/VST3, dan AAX/RTAS. Sementara itu, pengguna Mac dapat memilih plugin dengan format Audio Unit (AU), VST/VST3 dan AAX/RTAS. AU sendiri merupakan format plugin yang dikembangkan oleh Apple dan hanya untuk software recording pada platform Apple.

Ketahuilah dukungan format audio yang tersedia

Setiap software recording memiliki beragam dukungan format audio, misalnya FLAC, MP3, AIFF, WAV, WMA, AAC dan banyak lagi. Setiap format audio memiliki keunggulannya masing-masing. Berikutnya akan kami jelaskan karakteristik masing-masing format audio tersebut.


  • WAV merupakan format audio yang dikembangkan oleh Microsoft. Keunggulannya terletak pada detail suara yang tidak hilang ketika audio analog diubah ke bentuk digital.

  • FLAC memiliki resolusi tinggi yang menjamin kualitas suara minim kompresi. Namun, ukuran file audio cenderung menjadi besar sehingga membutuhkan ruang penyimpanan yang besar pula.

  • MP3 menjadi format audio paling populer karena kualitas suaranya setara CD stereo. Audio berupa lagu banyak yang diedarkan dalam format ini.

  • AIFF merupakan format audio standar untuk Mac dan dikembangan sendiri oleh Apple.

  • WMA juga dikembangkan Microsoft untuk menyaingi MP3. WMA memiliki sistem Digital Rights Management untuk melindungi file dari upaya penggandaan, serta membatasi pemutaran pada peranti tertentu.

  • AAC adalah format audio berbasis MPEG2 dan MPEG4. AAC menyempurnakan MP3 dalam hal medium dan high bit rates.

Sesuaikan fitur pada software dengan level skill Anda

Hampir semua software recording memiliki tampilan yang mengandung banyak tombol-tombol perintah dan fitur. Karena itu, Anda perlu memilih software yang sesuai dengan level skill Anda. Poin berikutnya akan membantu Anda memilih software recording yang pas untuk pemula, juga bagi Anda yang sudah mahir. Check these out!

Untuk pemula, pilih yang tampilannya ramah pengguna

Software recording dengan tampilan sederhana dan tidak terlalu banyak menampilkan menu yang rumit akan sangat cocok untuk Anda yang pemula.Tampilan ramah pengguna akan memudahkan Anda mengenali fitur-fitur dasar sebelum memahami berbagai fitur atau tombol software recording yang lebih rumit. 


Biasanya, software recording ramah pemula akan cocok untuk mengolah audio secara ringan, seperti memotong atau menggabungkan file audio rekaman, mengkompresi, mengubah format, dan lainnya.

Untuk yang mahir, pilih software recording profesional

Pengguna mahir biasanya akan memilih software recording profesional yang menawarkan banyak fitur. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan produksi suara yang menuntut hasil maksimal, misalnya kebutuhan produksi musik, komposer, atau audio film. Beberapa berpendapat menggunakan software recording profesional yang rumit juga tetap cocok bagi para pemula agar cepat menjadi mahir. 

Sesuaikanlah kompatibilitas software recording dengan laptop ataupun PC

Setiap software recording selalu mencantumkan spesifikasi minimum perangkat dan sistem operasi komputer. Dari informasi tersebut, Anda dapat mengetahui apakah PC atau laptop Anda sudah kompatibel menjalankan software recording atau belum. Umumnya software recording dapat bekerja di pc ataupun komputer dengan spesifikasi ringan. Lalu, apa saja yang Anda butuhkan? Yuk, disimak!


  • Kapasitas minimum RAM yang dibutuhkan untuk menjalankan software recording rata-rata adalah 8GB. Memori inilah yang memungkinkan Anda menjalankan banyak instrumen dan efek virtual yang berbeda dengan lancar.

  • Prosesor untuk menjalankan software recording setidaknya setara dengan Intel i3 atau Dual Core. Sementara itu, prosesor AMD yang disarankan minimal adalah AMD Athlon 64. Kekuatan prosesor merupakan faktor penting dalam menjalakan software recording. Makin cepat prosesor, makin banyak operasi yang dapat Anda lakukan.

  • Rata-rata software recording mendukung sistem operasi Windows dan Mac. Meski tidak jarang hanya bisa berjalan di salah satu OS saja. Kami sarankan komputer Anda minimal menggunakan Windows 8 atau Mac OS 10.10.

Cobalah edisi free trial sebelum membeli

Cobalah edisi free trial sebelum membeli

Software recording umumnya berbayar. Sebelum memutuskan untuk membeli software recording yang harganya mencapai ratusan ribu hingga jutaan, cobalah edisi trial atau gratis. Edisi trial membuat Anda dapat menentukan apakah tampilan antarmuka dan penggunaannya sudah sesuai atau belum


Edisi trial umumnya memiliki fitur-fitur yang aktif dalam jangka waktu tertentu. Apabila Anda sudah merasa cocok, maka dapat diputuskan untuk membeli versi penuhnya.

10 Rekomendasi software recording terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk software recording terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Deretan software ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas, review pengguna, dan tingkat kepercayaan terhadap developer.

10

NCH SoftwareWavePad Audio Editing Software

Mulai dari Rp 718.231,00

FiturAuto-trim, compression, cut, copy, paste
Sistem operasiWindows, Mac, iOS, Android
ProsesorDual core
Free trial✔︎
9

AcousticaMixcraft 9 Pro Studio

Mulai dari Rp 1.408.000,00

FiturCrop, crossfade sounds, mix dan mastering
Sistem operasiWindows
ProsesorDual core
Free trial✔︎
8

AdobeAudition

Mulai dari Rp 704.008,00

FiturEdit, mix, record, and restore audio
Sistem operasiWindows
ProsesorDual core
Free trial✔︎
7

MagixSound Forge Pro 15

Mulai dari Rp 3.593.509,00

FiturRecording, editing, mastering & cleaning, visualization, scripting
Sistem operasiWindows
ProsesorDual core
Free trial✔︎
6
FiturLive audio recording, batching, multiple editing
Sistem operasiWindows, Mac, Android
ProsesorDual core
Free trial✔︎
5

ZynewaveZynewave Podium

Mulai dari Rp 721.437,00

FiturAudio bounce tracks, recording and editing, mixer busses
Sistem operasiWindows
ProsesorDual core
Free trial✔︎
4

Image-LineFruity Loops

Mulai dari Rp 1.428.090,00

FiturPerekam suara, editing, audio maker
Sistem operasiWindows, iOS, Android
ProsesorDual core
Free trial✔︎
3

Steinberg Cubase

Mulai dari Rp 1.428.090,00

FiturAudio wrap quantis, channel strip, chord pads, MixConsole
Sistem operasiWindows, Mac
ProsesorDual core
Free trial✔︎
2

AbletonLive 11

Mulai dari Rp 1.419.173,00

FiturComping, linked track editing, tempo following, improved clip editing
Sistem operasiWindows, Mac
ProsesorDual core
Free trial✔︎
1

PreSonusStudio One 5

Mulai dari Rp 1.425.335,00

FiturMastering, comping, editing, tone correction,
Sistem operasiWindows, Mac
ProsesorDual core
Free trial✔︎

Tabel perbandingan produk software recording terbaik

Gambar produk
1
PreSonus Studio One 5 1

PreSonus

2
Ableton Live 11 1

Ableton

3
Steinberg  Cubase 1

Steinberg

4
Image-Line Fruity Loops 1

Image-Line

5
Zynewave Zynewave Podium 1

Zynewave

6
Audacityteam Audacity 1

Audacityteam

7
Magix Sound Forge Pro 15 1

Magix

8
Adobe Audition 1

Adobe

9
Acoustica Mixcraft 9 Pro Studio 1

Acoustica

10
NCH Software WavePad Audio Editing Software 1

NCH Software

Nama produk

Studio One 5

Live 11

Cubase

Fruity Loops

Zynewave Podium

Audacity

Sound Forge Pro 15

Audition

Mixcraft 9 Pro Studio

WavePad Audio Editing Software

Keunggulan

Dilengkapi template khusus untuk podcast dan voiceover

Tanpa delay, mixing saat live performance pun oke

Salah satu software recording andalan musisi profesional!

Bukan sekadar software recording, membuat musik pun bisa!

Memanjakan pengguna berkat instrumen VST dan berbagai plugin efek

Software recording gratis dengan fitur profesional

Fiturnya berlimpah, canggih pula

Keluarga Adobe yang terkenal ramah pengguna

Hasilkan karya musik yang luar biasa dengan software ini!

Desain antarmukanya sederhana dan mudah dipahami

Harga mulai dariRp 1.425.335,00Rp 1.419.173,00Rp 1.428.090,00Rp 1.428.090,00Rp 721.437,00Rp 3.593.509,00Rp 704.008,00Rp 1.408.000,00Rp 718.231,00
FiturMastering, comping, editing, tone correction, Comping, linked track editing, tempo following, improved clip editingAudio wrap quantis, channel strip, chord pads, MixConsolePerekam suara, editing, audio makerAudio bounce tracks, recording and editing, mixer bussesLive audio recording, batching, multiple editingRecording, editing, mastering & cleaning, visualization, scriptingEdit, mix, record, and restore audioCrop, crossfade sounds, mix dan masteringAuto-trim, compression, cut, copy, paste
Sistem operasiWindows, MacWindows, MacWindows, MacWindows, iOS, AndroidWindowsWindows, Mac, AndroidWindowsWindowsWindowsWindows, Mac, iOS, Android
ProsesorDual coreDual coreDual coreDual coreDual coreDual coreDual coreDual coreDual coreDual core
Free trial✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan recording lainnya di sini

Setelah menemukan software recording yang tepat, Anda mungkin membutuhkan peralatan recording penunjang DAW lainnya, mulai dari alat musik hingga perlengkapan hardware lainnya. Anda dapat menyimaknya dalam sejumlah artikel berikut ini.

Kesimpulan

Memilih software recording yang tepat sangat bergantung pada kebutuhan dan keahlian Anda. Masing-masing software recording memiliki keunggulan dan tingkat kesulitannya sendiri. Jika Anda pemula, kami sarankan untuk memilih tampilan antarmuka yang paling mudah dipahami.


Kami telah memberikan rekomendasi software recording dari pemula sampai mahir yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Semoga ulasan yang kami buat benar-benar membantu Anda dalam menentukan software recording terbaik. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Game Android selalu bisa menjadi hiburan untuk melepas penat. Beberapa judulnya yang populer adalah Roblox, Worms Zone, Minecraft, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa dengan mudah menemukan game Android terbaru di Google Play. Jadi, manakah yang bagus dan paling tepat untuk Anda?Khusus bagi Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi game Android terbaik. Dari yang offline sampai yang online multiplayer, semuanya ada. Ulasan setiap game-nya pun sudah tersedia. Namun, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu kepada Anda. Yuk, disimak bersama-sama!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2022)
    Musim baru liga-liga besar di Eropa dan Indonesia mulai bergulir. Apakah Anda sudah punya aplikasi live streaming bola untuk menonton klub favorit Anda? Lewat aplikasi streaming, Anda bisa menonton bola lewat laptop, PC, atau handphone. Selain jadi lebih praktis, Anda juga tidak perlu rebutan siaran TV dengan anggota keluarga lainnya.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih aplikasi yang bagus untuk live streaming bola. Beberapa rekomendasi aplikasi terbaik, seperti Mola, beIN SPORTS, dan Vidio juga akan kami review untuk Anda. Beberapa aplikasi bahkan ada yang gratis, lho! Simak selengkapnya, yuk!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terkenal akan performa yang cepat, ada begitu banyak game yang bisa Anda nikmati dengan puas di iPhone. Beberapa game iPhone yang bagus dan menyenangkan untuk dimainkan, di antaranya Crossy Road Castle, Real Racing 3, dan lain-lain. Kira-kira, manakah game iPhone yang paling seru untuk Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih game iPhone sekaligus merekomendasikan sepuluh game yang populer dan asyik dimainkan. Ada juga game yang bisa Anda mainkan tanpa akses internet dan support AirPlay. Dengan demikian, Anda dapat mencerminkannya dari iPhone ke smart TV atau Apple TV.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pemesanan hotel kini makin mudah dan fleksibel lewat aplikasi booking hotel di ponsel Anda. Dengan aplikasi booking hotel, Anda bisa menyortir hotel sesuai bujet, fasilitas, dan lokasi yang diinginkan. Aplikasi booking hotel juga menawarkan promo menarik berupa diskon atau potongan harga hotel yang paling murah.Ada beberapa aplikasi booking hotel terbaik dan termurah yang akan kami review untuk Anda. Anda akan temukan beberapa aplikasi yang bagus dan tepercaya, seperti Pegipegi, Traveloka, Agoda, RedDoorz, Tiket.com, dan Booking.com. Mari simak tips memilih dan rekomendasi aplikasi pemesanan hotel berikut ini!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Musik sejatinya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Saat mengalami momen sedih atau bahagia, alunan musik selalu menemani. Dengan hadirnya aplikasi pemutar musik, Anda dapat mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja. Saat ini aplikasi pemutar musik, seperti Spotify dan JOOX, bisa didapatkan di platform penyedia aplikasi.Setiap aplikasi pemutar musik memiliki keunggulan masing-masing. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi pemutar musik terbaik. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih aplikasi pemutar musik yang bagus terlebih dahulu. Pastikan Anda membacanya sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Arab Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Arab Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai salah satu bahasa dengan penutur terbanyak dan digunakan pada Al-Qur'an, bahasa Arab sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Namun, beberapa dari Anda mungkin kurang fasih berbahasa Arab atau bahkan tidak bisa sama sekali. Jika demikian, gunakanlah aplikasi penerjemah bahasa Arab yang bisa diunduh melalui smartphone.Aplikasi ini cukup beragam, misalnya penerjemah bahasa Arab ke Indonesia dan penerjemah dengan cara difoto. Guna memudahkan Anda, kami akan berbagi tips memilih aplikasi penerjemah bahasa Arab terbaik. Cek juga rekomendasi aplikasi penerjemah bahasa Arab yang bagus, seperti Dict Box, Reverso, dan iTranslate.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak cara untuk belajar bahasa Korea. Jika Anda menginginkan metode belajar yang praktis, mudah, dan gratis, aplikasi belajar bahasa Korea adalah solusinya. Aplikasi ini bisa Anda download melalui ponsel Android dan iOS. Beberapa aplikasi bahasa Korea bahkan memungkinkan Anda untuk mengaksesnya secara offline atau tanpa koneksi internet.Pada kesempatan ini, kami akan menyajikan tips memilih aplikasi belajar bahasa Korea terbaik untuk Anda. Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea yang bagus, seperti Eggbun, Drops, LingoDeer, dan Duolingo juga telah kami siapkan. Bagi Anda yang membutuhkan, jangan sampai melewatkan ulasan lengkapnya, ya!
    Aplikasi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori