• 10 Plester Mata Ikan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Plester Mata Ikan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Plester Mata Ikan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Plester Mata Ikan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Plester Mata Ikan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Plester Mata Ikan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Plester mata ikan menjadi sahabat bagi Anda yang sedang diserang mata ikan. Plester ini dibubuhi obat di bagian tengah yang bertujuan melunakkan mata ikan dan jaringan kulit di sekitarnya. Prosesnya bisa memakan waktu seminggu atau bahkan lebih. 


Kami akan memaparkan cara memilih plester mata ikan yang bagus dan merekomendasikan sejumlah merek. Anda akan menjumpai plester mata ikan populer dari Ji Yan Gao, Hansaplast, hingga Sumifun. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Lanjutkan membaca dan temukan produk yang tepat untuk masalah Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Annisa Anjani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta.

Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Apa itu mata ikan?

Apa itu mata ikan?

Mata ikan adalah gejala penebalan di kulit akibat gesekan dan tekanan yang berulang di satu permukaan kulit, biasanya telapak kaki. Virus juga bisa menjadi biangnya. Penebalan kulit ini disertai pertumbuhan epidermis secara terbalik (membentuk struktur tajam ke arah dermis yang menimbulkan rasa nyeri saat berjalan).


Penyebab umum mata ikan adalah memakai sepatu yang terlalu sempit. Penebalan tersebut membentuk benjolan yang muncul di kaki, tangan, dan permukaan kulit lainnya. Mata ikan bisa tumbuh hingga mendesak saraf dan menimbulkan nyeri yang sangat.


Kalaupun tidak terasa nyeri, mata ikan dapat mengganggu penampilan yang berujung pada turunnya kepercayaan diri. Sebetulnya, mata ikan tidaklah berbahaya, kecuali bagi orang-orang dengan penyakit diabetes. Mata ikan rentan menimbulkan infeksi, kondisi yang sangat dihindari oleh pengidap diabetes.


Proses penyembuhannya berbeda-beda. Dalam beberapa kasus, mata ikan akan hilang dalam waktu 1 hingga 2 tahun tanpa pengobatan sama sekali. Namun, ditemukan juga kasus mata ikan yang bertahan hingga puluhan tahun.


Apabila Anda mengalami mata ikan, konsultasikanlah ke dokter terdekat sebelum menanganinya dengan plester mata ikan. Terlebih lagi jika Anda membeli plester mata ikan tersebut secara online. Bacalah review pengguna dengan saksama dan belilah dari seller yang tepercaya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih plester mata ikan

Setelah memahami apa itu mata ikan, pastinya Anda sudah tak sabar membaca lebih jauh tentang plester mata ikan. Lantas plester mata ikan seperti apakah yang perlu Anda pilih? Baca penjelasan kami tentang cara memilih plester mata ikan di bawah ini.

Periksa kandungan obat dalam plester

Anda perlu tahu kandungan bahan dalam plester mata ikan untuk memahami efeknya pada tubuh. Dengan demikian, Anda tidak akan terkaget-kaget karena sudah mengantisipasi semua perubahan yang ditimbulkan kandungan zat dalam plester. 

Asam salisilat, melunakkan mata ikan dan jaringan kulit di sekitarnya

Asam salisilat, melunakkan mata ikan dan jaringan kulit di sekitarnya

Asam salisilat adalah zat kimia yang banyak digunakan untuk mengatasi penyakit kulit, seperti kutil, kapalan, dan tentu saja mata ikan. Zat ini berfungsi meningkatkan kelembapan kulit. Fungsi lainnya adalah mempercepat pengelupasan sel kulit yang berujung pada regenerasi sel kulit. 


Kandungan asam salisilat pada plester mata ikan berefek melunakkan mata ikan dan jaringan kulit di sekitarnya. Mata ikan yang semula keras akan memutih hingga akhirnya bisa terlepas dari kulit Anda.


Persentase kandungan asam salisilat penting dalam menentukan perannya melunakkan dan menipiskan kulit yang menebal karena mata ikan. Kandungan asam salisilat sebanyak 3% ke atas efektif dalam menipiskan penebalan kulit.

Fenol, antiseptik yang membantu pengelupasan kulit

Fenol, antiseptik yang membantu pengelupasan kulit

Fenol adalah senyawa organik yang mengeluarkan aroma tertentu. Nama lain senyawa ini adalah asam karbolat. Dalam dosis yang tepat, senyawa ini memberikan banyak manfaat kepada manusia.


Salah satu manfaatnya adalah membantu pengelupasan kulit. Fenol akan menembus permukaan kulit dan menyingkirkan sel kulit yang sudah mati. Itulah kenapa fenol banyak digunakan dalam produk perawatan kulit, termasuk plester mata ikan. 


Manfaat lainnya adalah antiseptik dan pereda nyeri. Plester yang mengandung fenol akan membantu meredakan nyeri yang ditimbulkan mata ikan. Antiseptiknya juga bisa berfungsi mencegah infeksi sembari menjaga kulit tetap bersih.


Namun, perlu diketahui juga bahwa fenol merupakan bahan pengelupas yang kuat sehingga dapat bersifat toksik bila tertelan. Sebaiknya, fenol tidak digunakan secara mandiri sebagai exfoliator kulit.


Di Amerika, fenol terkandung dalam produk disinfektan sebesar 1% dan antiseptik sebesar 2%. Sementara itu, produk fenol di Indonesia teregistrasi BPOM dalam bentuk larutan semprot untuk nyeri tenggorokan dan tetes telinga. Sebagai eksfoliator kulit, fenol jarang digunakan di Asia untuk kulit berwarna.


Sebaliknya, diketahui bahwa fenol sebesar 10-55% digunakan di Amerika/Eropa secara murni/campuran sebagai exfoliator dalam (deep peel). Kandungan tersebut mampu menghilangkan jaringan kulit hingga ke bagian tengah dermis. Penggunaannya menimbulkan rasa nyeri sehingga biasanya dilakukan disertai tindakan anestesi.

Keratin, protein yang melembutkan kulit

Keratin, protein yang melembutkan kulit

Keratin adalah protein penyusun dasar rambut dan kulit. Protein ini dapat ditemukan di berbagai organ dan kelenjar tubuh. Saat ini keratin dikenal luas dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Penambahan keratin dalam plester mata ikan akan mendukung asam salisilat untuk melunakkan kulit. Bukan itu saja, kesehatan kulit juga tetap terjamin.


Keratin merupakan protein berupa zat padat yang menumpuk di lapisan sel kulit mati. Makin tua sel kulit, makin banyak pula keratinnya. Sel yang hanya berisi keratin karena merupakan sel kulit mati disebut keratinosit.


Keratin berfungsi sebagai pelindung fisik kulit. Tekstur kulit yang penumpukkan keratinnya tebal cenderung kasar dan keras karena bersifat padat, seperti kulit area telapak kaki. Selain itu, keratin membentuk rambut dan kuku. 

Perhatikan durasi pemakaian plester

Perhatikan durasi pemakaian plester

Selama proses penyembuhan, plester harus dipakai tanpa henti hingga mata ikan siap terlepas. Lantas berapa kali Anda perlu mengganti plester? Setiap produk memiliki aturannya masing-masing. Namun, rata-rata produk mensyaratkan pemakaian selama 24 jam sampai akhirnya diganti.


Tidak mudah menjaga plester tetap menempel selama seharian meski ada juga yang bisa bertahan hingga 2 hari. Ada banyak hal yang mungkin terjadi hingga menyebabkan plester copot. Tiap produk mencantumkan berapa kali Anda bisa menggantinya


Jika Anda sangat sibuk, mungkin Anda bisa memilih plester yang tidak mengharuskan penggantian terlalu sering. Untuk anak-anak yang aktif dan sering berpindah-pindah tempat, Anda bisa mempertimbangkan plester yang bisa diganti cukup sering dengan aman. 

Hitunglah perkiraan kebutuhan jumlah plester

Hitunglah perkiraan kebutuhan jumlah plester

Jumlah plester dalam setiap kemasan berbeda-beda meskipun rata-rata adalah enam buah. Tentunya Anda perlu menentukan berapa plester yang dibutuhkan agar tidak perlu bolak-balik membeli.


Masa penyembuhan setiap orang berbeda-beda tergantung besar-kecilnya mata ikan dan tingkat keparahannya. Umumnya penyembuhan satu mata ikan membutuhkan lebih dari satu kemasan yang berisi enam plester.


Untuk mengetahui perkiraan jumlah yang tepat, Anda bisa membaca keterangan berapa lama produk tersebut bekerja menyingkirkan mata ikan. Namun, itu saja belum cukup. Baca juga ulasan pemakai untuk mendapatkan bayangan waktu atau bahkan jumlah plester yang dibutuhkan


Perhatikan pula frekuensi kemunculan mata ikan. Jika Anda tergolong sering menderita mata ikan, tidak ada salahnya untuk membeli plester dalam jumlah banyak sekaligus.

10 Rekomendasi plester mata ikan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk plester mata ikan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.


Disclaimer:

  1. Produk-produk yang ada di bawah ini belum terdaftar di BPOM. Berkonsultasilah ke dokter sebelum menangani mata ikan yang Anda alami dengan plester yang dijual secara online.
  2. Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.
Gambar produk
Shanghai Hygienic Supply Works Ji Yan Gao 1

Shanghai Hygienic Supply Works

Sumifun Foot Corn Removal Plaster 1

Sumifun

Salicylic Acid and Phenol Plasters 1

Shuiyangsuan Benfen Tiegao 1

Cuxson Gerrard Carnation Corn Caps 1

Cuxson Gerrard

Hansaplast Corn Plaster 1

Hansaplast

Yokoyama Seiyaku Ibokorori One Touch 1

Yokoyama Seiyaku

Gehwol Hühneraugenpflaster mit Salicylsäure 1

Gehwol

Nichiban SPEEL-KO One-touch EX 1

Nichiban

PKM Plester 1

Nama produk

Ji Yan Gao

Foot Corn Removal Plaster

Salicylic Acid and Phenol Plasters

Shuiyangsuan Benfen Tiegao

Carnation Corn Caps

Corn Plaster

Ibokorori One Touch

Hühneraugenpflaster mit Salicylsäure

SPEEL-KO One-touch EX

PKM Plester

Keunggulan

Bahannya tidak menimbulkan iritasi pada kulit kaki

Mengurangi gesekan dan tekanan pada mata ikan

Bahan plaster kuat, obat jadi lebih awet

Bekerja menghilangkan mata ikan tanpa meninggalkan bekas luka!

Plester kesukaan podiatris Inggris, tertarik mencobanya?

Plester transparan membuat mata ikan tidak tampak mencolok

Tersedia dalam berbagai ukuran untuk menyesuaikan dengan ukuran mata ikan

Bisa mengatasi mata ikan di sela-sela jari

Ada lapisan pelindung tambahan untuk menahan obat tetap pada tempatnya

Plester untuk mata ikan yang membandel

Harga mulai dariRp 14.500,00Rp 6.848,00Rp 18.500,00Rp 25.000,00Rp 47.300,00Rp 100.000,00Rp 115.000,00Rp 200.000,00Rp 200.000,00Rp 138.000,00
Jumlah plester66665 8 buah126126
Durasi pemakaian satu plester24 jam24 jam24 jam24 jam2 hari2 hari2–3 hari24 jam2–3 hari24 jam
BahanAsam salisilatAsam salisilat, fenol, petroleum jelly, lanolin, parafinAsam salisilat, fenolAsam salisilat dan fenolAsam salisilatAsam salisilatAsam salisilat, keratinAsam salisilatAsam salisilatTidak disebutkan
Sertifikasi BPOMTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak ada
Tautan produk
Jumlah plester6
Durasi pemakaian satu plester24 jam
BahanTidak disebutkan
Sertifikasi BPOMTidak ada
Jumlah plester12
Durasi pemakaian satu plester2–3 hari
BahanAsam salisilat
Sertifikasi BPOMTidak ada

GehwolHühneraugenpflaster mit Salicylsäure

Mulai dari Rp 200.000,00

Jumlah plester6
Durasi pemakaian satu plester24 jam
BahanAsam salisilat
Sertifikasi BPOMTidak ada

Yokoyama SeiyakuIbokorori One Touch

Mulai dari Rp 115.000,00

Jumlah plester12
Durasi pemakaian satu plester2–3 hari
BahanAsam salisilat, keratin
Sertifikasi BPOMTidak ada
Jumlah plester8 buah
Durasi pemakaian satu plester2 hari
BahanAsam salisilat
Sertifikasi BPOMTidak ada
Jumlah plester5
Durasi pemakaian satu plester2 hari
BahanAsam salisilat
Sertifikasi BPOMTidak ada
Jumlah plester6
Durasi pemakaian satu plester24 jam
BahanAsam salisilat dan fenol
Sertifikasi BPOMTidak ada

Salicylic Acid and Phenol Plasters

Mulai dari Rp 18.500,00

Jumlah plester6
Durasi pemakaian satu plester24 jam
BahanAsam salisilat, fenol
Sertifikasi BPOMTidak ada
Jumlah plester6
Durasi pemakaian satu plester24 jam
BahanAsam salisilat, fenol, petroleum jelly, lanolin, parafin
Sertifikasi BPOMTidak ada

Shanghai Hygienic Supply WorksJi Yan Gao

Mulai dari Rp 14.500,00

Jumlah plester6
Durasi pemakaian satu plester24 jam
BahanAsam salisilat
Sertifikasi BPOMTidak ada

Pertanyaan umum seputar plester mata ikan

Pertanyaan umum seputar plester mata ikan

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar plester mata ikan. Jika Anda masih penasaran dengan plester mata ikan, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah mata ikan perlu dipaksa dipecahkan atau dikopek?

Tindakan pengikisan dan pengangkatan mata ikan untuk menghentikan proses mekanik yang menyebabkan nyeri perlu dilakukan. Hal ini bila telah terbentuk "mata" yang terasa nyeri (pertumbuhan kulit ke arah dermis yang menusuk lapisan kulit di bawahnya). Sebaiknya, tindakan dilakukan oleh dokter umum/dokter kulit untuk menghindari komplikasi infeksi atau tindakan yang kurang memadai.

Kapan harus cek ke dokter?

Periksakanlah ke dokter ketika penggunaan terapi yang dijual bebas tidak membuat perbaikan pada mata ikan. Hal ini pun bisa dilakukan bila Anda tidak kuat menahan nyeri dalam waktu lama. Penderita mata ikan dengan diabetes juga sebaiknya segera ditangani dokter dan rutin minum obat diabetes.

Cara memakai plester mata ikan

Cara memakai plester mata ikan

Nyeri mata ikan tentu mengganggu. Banyak penderita memutuskan untuk mencari pertolongan ke dokter yang terkadang berakhir di meja operasi. Mereka yang enggan menjalani operasi biasanya memilih memakai obat-obatan yang dijual bebas. Salah satu pengobatan yang meredakan, bahkan menghilangkan, adalah plester mata ikan.


Cari tahu cara memakainya jika Anda masih asing dengan plester mata ikan, tetapi ingin mencobanya. Nah, berikut langkah-langkah yang perlu Anda pahami.


  1. Bersihkan area kulit yang menderita mata ikan. Jika perlu, seka dengan air hangat untuk menyingkirkan minyak pada permukaan kulit.
  2. Keringkan area kulit hingga tidak ada lagi air sedikit pun. Permukaan kulit yang kering akan memudahkan plester menempel dengan baik.
  3. Tempelkan plester mata ikan. Hindari air selama pemasangan plester.
  4. Ganti plester secara berkala sesuai petunjuk pemakaian.
  5. Biarkan hingga mata ikan mengelupas dengan sendirinya. Mata ikan dan area kulit di sekitarnya akan memutih.

Baca juga rekomendasi produk pengobatan kulit lainnya di sini

Masalah kulit memang sangat mengganggu. Jika Anda sedang resah akibat gangguan kulit, silakan klik tautan-tautan di bawah ini dan baca tuntas artikel rekomendasi kami.

Kesimpulan

Setelah membaca paparan kami mengenai cara memilih plester mata ikan, kami harap Anda dapat menemukan solusi bagi permasalahan Anda. Namun, tetap konsultasikan dengan dokter sebelum Anda memakai plester mata ikan yang dijual secara online.


Demi kenyamanan menjalani proses pengobatan, perhatikanlah jumlah plester dalam kemasan dan durasi penggantian. Kenali juga bahan-bahan dalam plester agar Anda tahu apa yang akan dialami kulit Anda. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun tidak berbahaya, adanya panu pasti membuat Anda kurang percaya diri. Ditambah lagi jika panunya terletak di bagian tubuh yang terlihat, seperti wajah atau leher. Stigma orang yang tidak memedulikan kebersihan bisa melekat pada Anda. Anda perlu obat panu yang bagus agar cepat sembuh dari panu.Kami akan membahas cara memilih dan review obat panu paling ampuh untuk menghilangkan panu. Merek obat panu terbaik yang dijamin membuat panu cepat hilang, yakni Kalpanax, Daktarin, dan Fungiderm ada dalam rekomendasi kami. Simak juga komentar dari dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah, SpKK.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah yang bagus sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Berbagai merek ternama, seperti Insto, Rohto, serta Cendo pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Kondisi lingkungan saat musim kemarau menjadi kering dan berdebu sehingga dapat memicu mata gatal dan berair. Jika Anda mengalaminya, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Selain kondisi lingkungan, ada bermacam-macam penyebab mata gatal. Oleh karena itu, produk obat tetes mata gatal juga beragam.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi cara memilih obat tetes mata yang bagus. Beberapa rekomendasi merek obat tetes mata gatal juga akan kami berikan. Misalnya saja, ada obat tetes mata merek Insto, Rohto, dan Braito. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan baca artikel ini.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Saat buah hati mengalami batuk, tentu Anda akan segera mencari obat batuk terbaik untuk meredakan batuknya. Di pasaran sendiri, banyak varian obat batuk anak yang dapat Anda temui, seperti merek Anakonidin, OBH Combi, serta Hufagripp BP.Saat memilih obat batuk, Anda pastinya tidak ingin si kecil mengalami efek samping. Untuk itu, kami akan memberikan rekomendasi merk obat batuk anak yang bagus dan dapat diberi secara online. Anda juga tak perlu khawatir karena artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba. 
    Obat-obatan
  • 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Saat beraktivitas, Anda bisa saja mengalami kecelakaan, seperti terkena setrika, tersiram air atau minyak panas, dan terkena knalpot. Karena itu, penting untuk menyediakan salep luka bakar yang aman di kotak obat. Namun, salep luka bakar apa yang sebaiknya Anda beli?Untuk mengetahui tentang salep luka bakar, bacalah artikel ini sampai habis. Anda akan mendapatkan tips memilih salep luka bakar yang bagus, serta rekomendasi produknya. Salep dari berbagai merek terkenal, seperti Bioplacenton, Burnazin, dan Mebo, juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. Selamat membaca!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sariawan yang Ampuh Mengatasi Sariawan - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sariawan yang Ampuh Mengatasi Sariawan - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa pun pasti merasa terganggu dengan stomatitis atau yang dikenal sebagai sariawan. Sariawan biasanya muncul di bibir, gusi, langit-langit mulut, bahkan tenggorokan. Tidak hanya orang dewasa, sariawan juga bisa menyerang anak kecil. Salah satu cara menyembuhkannya adalah dengan obat. Namun, banyaknya pilihan obat sariawan di apotik tentu membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat sariawan dan membagikan rekomendasi produk terbaik. Ada berbagai jenis obat sariawan dari merek yang bagus, seperti Kuldon, Enkasari, BETADINE, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima.
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori