• 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022)

Pasir kucing yang wangi merupakan must have item jika Anda memutuskan memelihara kucing. Pasir jenis ini akan menyerap bau menyengat yang disebabkan oleh kotoran atau kencing kucing. Area sekitar litter box pun jadi beraroma lebih segar. Dengan demikian, rumah akan terasa nyaman tak hanya bagi kucing, tetapi juga bagi Anda. 


Kong Irae, Maxi, Markotops, juga Kit Cat merupakan contoh merek pasir kucing wangi yang bagus di pasaran. Dalam artikel ini kami telah menyiapkan tips cara memilih pasir kucing terbaik. Kami juga sudah mencantumkan beragam rekomendasi produk terbaiknya. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 03 November 2022
Daftar isi

Cara memilih pasir kucing yang wangi

Pasir kucing yang wangi terbuat dari berbagai jenis bahan dan memiliki beragam aroma. Pasir kucing wangi seperti apakah yang cocok untuk kebutuhan Anda? Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih pasir kucing yang wangi. 

Perhatikan bahannya

Pasir kucing wangi yang tidak hanya terbuat dari bahan seperti zeolit. Ada juga pasir kucing yang terbuat dari kayu bahkan ampas kedelai. Setiap jenis bahan pasir kucing wangi ini memiliki keunggulan masing-masing. Oleh karena itu, kenali karakteristik berbagai jenis bahan pasir kucing sebelum Anda membelinya.

Zeolit, mampu mengikat sumber bau tak sedap

Zeolit, mampu mengikat sumber bau tak sedap

Pasir kucing jenis ini terbuat dari batuan zeolit yang dihancurkan. Biasanya pasir zeolit tersedia dalam beberapa ukuran pasir, mulai dari kasar sampai lembut. Pasir zeolit memiliki keunggulan dapat mengikat zat amonia yang menjadi sumber bau tak sedap. Pasir zeolit juga mudah didapatkan dan harganya relatif terjangkau

Bentonit, mudah menggumpal dengan daya serap tinggi

Bentonit, mudah menggumpal dengan daya serap tinggi

Pasir bentonit merupakan jenis bahan yang banyak digunakan untuk pasir kucing wangi. Pasir bentonit mudah menggumpal jika terkena kencing kucing. Selain itu, pasir jenis ini memiliki daya serap yang baik. Bentonit umumnya berupa butiran pasir berukuran kecil yang terasa nyaman di kaki kucing

Kayu (wood pellet), alami dan ramah lingkungan

Kayu (wood pellet), alami dan ramah lingkungan

Pasir kucing jenis ini terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, yaitu serat kayu (wood pellet). Pasir ini cocok bagi Anda yang mengkhawatirkan dampak lingkungan dari penggunaan pasir kucing biasa. Meski dari bahan alami, daya serap bahan ini tak kalah dengan bahan pasir lainnya

Ampas kedelai, bebas debu dan bau

Ampas kedelai, bebas debu dan bau

Pasir kucing jenis ini dibuat dari ampas kedelai yang sudah tidak terpakai. Penggunaan kembali bahan seperti ampas kedelai untuk pasir kucing sebenarnya cukup banyak dilakukan. Pasir dari ampas kedelai ini diklaim ramah lingkungan karena terbuat dari bahan daur ulang. Pasirnya pun dapat terurai secara alami. Keunggulan lainnya, pasir kucing wangi dari ampas kedelai ini tidak menimbulkan debu. 

Pertimbangkan pasir bebas debu agar makin higienis

Pertimbangkan pasir bebas debu agar makin higienis

Kucing memiliki kebiasaan untuk mengubur kotorannya, hal ini dapat menyebabkan pasir berhamburan dan menimbulkan debu. Tak hanya dapat mengotori rumah, debu dari pasir ini berbahaya untuk pernapasan kucing dan manusia. 


Oleh karena itu, pertimbangkanlah pasir yang bebas debu agar tempat tinggal Anda makin bersih. Kebanyakan produk pasir kucing wangi sudah mencantumkan keterangan bebas debu pada kemasannya.

Sesuaikan ukuran pasir dengan usia kucing

Sesuaikan ukuran pasir dengan usia kucing

Kucing memiliki sifat dan kebiasaan alami saat mengubur kotorannya. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan pasir kucing yang tepat untuk anabul kesayangan. Di bawah ini, kami akan menjelaskan pasir yang bagus untuk kucing dewasa dan kitten


  • Anak kucing atau kitten masih belajar dalam hal membuang kotorannya. Tidak jarang, kitten mencium dan memakan kotorannya sendiri. Terlebih lagi, pasir yang cepat menggumpal akan menarik perhatian anak kucing untuk memasukkannya ke dalam mulut. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan pasir yang terbuat dari pelet kayu atau ampas kedelai. 

  • Jenis pasir kucing yang bagus untuk kucing dewasa lebih beragam. Anda dapat menggunakan pasir bentuk bulir kecil, besar, wood pellet, ataupun material lainnya. Namun, kucing lebih menyukai pasir yang berpartikel halus. Jika Anda menemukan kucing tidak nyaman dengan pasirnya, coba campurkan pasir tersebut dengan pasir yang biasa digunakan.

Periksa jenis pasirnya

Periksa jenis pasirnya
Pasir kucing wangi memiliki dua hasil yang berbeda setelah terkena air atau kencing kucing. Ada yang sifatnya menggumpal dan tidak menggumpal. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti akan kami jelaskan berikut ini.

  • Jenis pasir clumping atau menggumpal banyak dicari oleh para pencinta kucing. Hal ini karena pasir lebih mudah dibersihkan dan diserok. Alhasil, litter box pun terjaga kebersihannya. Pasir yang sudah menggumpal keras juga tidak akan hancur sehingga kotoran pun tidak berantakan. Pasir gumpal wangi terbaik dilihat dari seberapa cepat pasir tersebut menggumpal setelah terkena kencing kucing. 

  • Jenis pasir non-clumping atau tidak menggumpal ditemukan pada pasir dengan material pelet kayu. Pasir ini akan hancur saat terkena kencing kucing. Anda dapat menggunakan litter box yang memiliki saringan di bawahnya. Dengan begitu, pelet yang sudah hancur akan jatuh ke bawah dan tersisa pelet yang masih utuh.

Ketahui aroma yang ditawarkan

Ketahui aroma yang ditawarkan

Kucing memiliki indra penciuman yang lebih tajam dari manusia. Jika mencium aroma yang terlalu menyengat dari pasir, bisa jadi kucing tidak mau membuang kotoran pada tempatnya. Saat memilih pasir kucing yang wangi, pilihlah aroma pasir yang tidak terlalu menyengat. Ada beragam pilihan aroma pasir kucing yang wangi. 


  • Aroma buah-buahan seperti apel dan lemon. Aroma buah-buahan cenderung lebih segar dan tidak terlalu menyengat. Jenis aroma ini yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih pasir kucing.

  • Aroma bunga, seperti bunga mawar, melati, dan lavender. Berhati-hatilah saat memilih pasir beraroma bunga karena karakteristik aromanya yang cenderung lebih menyengat.

  • Aroma alami, misalnya aroma kayu pinus pada produk dari bahan wood pellet. Aroma alami cenderung tidak terlalu menyengat dan tetap dapat menahan bau.

  • Aroma pasir unik lainnya, pasir kucing wangi juga tersedia dalam berbagai aroma unik. Aroma unik ini contohnya green tea, mocha, candy, atau kopi. Beragam pilihan aroma unik ini dapat menjadi pilihan jika Anda bosan dengan aroma yang itu-itu saja.

10 Rekomendasi pasir kucing terbaik yang wangi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pasir kucing terbaik yang wangi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk ini kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 

Update 31 Oktober 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Vetsand Zeolite Cat Litter memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Cub n Kit Scented Cat Litter yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 2 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Vetsand Zeolite Cat Litter 1

Vetsand

2
Cub n Kit Scented Cat Litter 1

Cub n Kit

3
TOP  Cat Litter 1

TOP

4
Arthacat Tofu Clumping Cat Litter 1

Arthacat

5
Markotops Tofu Soya Clump 1

Markotops

6
Kawan  Pasir Kucing 1

Kawan

7
Best in Show Maxi Cat Sand 1

Best in Show

8
Kit Cat Soya Clump 1

Kit Cat

9
Kong Irae  100% Tofu Cat Litter 1

Kong Irae

10
Easy Lite  The Natural Pet Litter 1

Easy Lite

Nama produk

Zeolite Cat Litter

Scented Cat Litter

Cat Litter

Tofu Clumping Cat Litter

Tofu Soya Clump

Pasir Kucing

Maxi Cat Sand

Soya Clump

100% Tofu Cat Litter

The Natural Pet Litter

Keunggulan

Terbuat dari zeolit, ampuh mengikat amonia penyebab bau

Kualitas premium dengan harga terjangkau

Wanginya semerbak, aroma ruangan jadi lebih segar

Organik dan bisa langsung dibuang di toilet

Pasir kucing wangi kopi, permen, atau stroberi hindarkan bau tak sedap

Kemasannya dilengkapi ziplock agar lebih mudah disimpan

Gumpalannya tidak mudah hancur, jadi lebih mudah dibersihkan, deh!

Terbuat dari kedelai food grade, aman jika tertelan

Butirannya kecil, nyaman di kaki kucing

Alami 100%, bebas limbah dan lebih bersih

Harga mulai dariRp 46.900,00Rp 32.500,00Rp 35.000,00Rp 77.000,00Rp 31.000,00Rp 35.000,00Rp 115.000,00Rp 56.999,00Rp 75.000,00Rp 49.999,00
Bahan ZeolitBentonitBentonitAmpas kedelaiAmpas kedelaiBentonitBentonitAmpas kedelai Ampas kedelaiWood pellet
Berat bersih20 kg5liter, 10 liter, dan 20 liter5 liter, 10 liter, dan 25 liter7 liter7 liter5 liter, 10 liter, dan 20 liter30 liter7 liter8 liter7 kg
Aroma Lavender, Lemon, Coffee, AppleLavender, Lemon, Coffee, AppleLemon, Lavender, Coffee, AppleGreen Tea, Milk, Coffee, Peach, Charcoal, AppleLavendel, charcoal, green tea, strawberry, coffee, candyApel, Lavender, Lemon, Kopi, Baby Powder, dan sebagainyaApel, Lavender, Rose, Lemon, Mocca, dan sebagainyaKopi, Peach, Baby Powder, Green Tea, dan sebagainyaOriginal, Charcoal, Coffee, Green Tea, dan sebagainyaAlami (kayu)
MenggumpalX
Tautan produk
10
Bahan Wood pellet
Berat bersih7 kg
Aroma Alami (kayu)
MenggumpalX
9
Bahan Ampas kedelai
Berat bersih8 liter
Aroma Original, Charcoal, Coffee, Green Tea, dan sebagainya
Menggumpal
8
Bahan Ampas kedelai
Berat bersih7 liter
Aroma Kopi, Peach, Baby Powder, Green Tea, dan sebagainya
Menggumpal
7
Bahan Bentonit
Berat bersih30 liter
Aroma Apel, Lavender, Rose, Lemon, Mocca, dan sebagainya
Menggumpal
6
Bahan Bentonit
Berat bersih5 liter, 10 liter, dan 20 liter
Aroma Apel, Lavender, Lemon, Kopi, Baby Powder, dan sebagainya
Menggumpal
5
Bahan Ampas kedelai
Berat bersih7 liter
Aroma Lavendel, charcoal, green tea, strawberry, coffee, candy
Menggumpal
4
Bahan Ampas kedelai
Berat bersih7 liter
Aroma Green Tea, Milk, Coffee, Peach, Charcoal, Apple
Menggumpal
3
Bahan Bentonit
Berat bersih5 liter, 10 liter, dan 25 liter
Aroma Lemon, Lavender, Coffee, Apple
Menggumpal
2
Bahan Bentonit
Berat bersih5liter, 10 liter, dan 20 liter
Aroma Lavender, Lemon, Coffee, Apple
Menggumpal
1
Bahan Zeolit
Berat bersih20 kg
Aroma Lavender, Lemon, Coffee, Apple
Menggumpal

Baca juga rekomendasi produk perawatan kucing lainnya di sini

Memanjakan kucing kesayangan merupakan salah satu sumber kebahagiaan bagi pemilik kucing. Ada banyak produk yang dapat Anda pilih untuk kucing kesayangan Anda. Apa saja produk-produk tersebut? Kami telah memilih beberapa artikel produk untuk kucing kesayangan Anda. Yuk, baca link-nya di bawah ini!

Kesimpulan

Produk pasir kucing yang wangi memang banyak pilihannya. Saat memilih, pertimbangkan bahan, ukuran butiran, dan aroma saat memilihnya. 


Dengan pilihan produk pasir wangi yang tepat, memelihara kucing akan jadi makin menyenangkan dan mudah. Kucing pun akan merasa nyaman dan makin sayang kepada Anda. Selamat memilih produk yang paling cocok untuk Anda dan kucing Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Vitamin kucing diperlukan untuk menjaga kesehatan peliharaan Anda. Jenisnya bermacam-macam, dari vitamin untuk kucing sakit, menggemukkan badan, memperindah bulu, hingga menambah nafsu makan. Vitamin kucing ini tersedia dalam kemasan botol dan sachet. Di antara semua jenis ini, Anda perlu tahu merek dan harga vitamin yang bagus untuk kucing.Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan vitamin kucing terbaik merek Maxcat, Olive Care, hingga Nutri-plus Gel. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Shampo kucing adalah produk perawatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kesayangan Anda. Ada berbagai macam shampo kucing, baik untuk kucing Persia, Anggora, maupun ras lainnya. Shampo kucing diformulasi sesuai kebutuhan dan permasalahan anabul. Ada shampo antikutu, antijamur, antikusut, dan antirontok. Bahkan, ada juga shampo untuk kucing bulu putih dan kucing long hair. Kami akan memberikan tips agar Anda dapat memilih shampo kucing yang bagus. Simak juga review shampo kucing dari merek populer, seperti Bio-Groom, Raid-All, dan I’m Organic. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat pawrents dirundung dilema. Pasalnya, memilih pasir kucing tentunya membutuhkan perhatian khusus. Anda perlu menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan dan wangi.Harga dan jenis pasir kucing atau cat litter sangatlah beragam. Tidak hanya itu, merek pasir kucing juga cukup banyak, seperti Arthacat, Catsan, Cature, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih cat litter yang sesuai dengan kebutuhan anabul? Bacalah artikel ini untuk mengetahui step by step memilih pasir kucing yang bagus!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    Diare merupakan masalah umum yang rentan terjadi pada kucing. Masalah ini dapat diketahui melalui kotoran yang dikeluarkannya. Normalnya, kotoran kucing berwarna cokelat tua, tidak terlalu keras atau lembek, dan tidak terlalu bau. Apabila kotoran kucing Anda lebih encer dan sangat bau, ada kemungkinan kucing mengalami diare.Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memberi kucing Anda obat diare kucing paling ampuh. Kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan merek obat diare kucing yang bagus, seperti Primacat dan Olive Care. Agar Anda mendapatkan obat diare kucing terbaik, simak artikel sampai habis, ya!
    Perawatan kucing
  • 10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Parfum kucing sangat bermanfaat untuk mengusir bau tidak sedap dari tubuh hewan menggemaskan ini. Ada banyak merek parfum kucing yang bagus di pasaran, seperti parfum kucing Molly, Petglow, dan Tropiclean. Setiap merek menawarkan keunggulan tersendiri, seperti wangi tahan lama, antijamur dan antikutu, serta aman bagi kucing.Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memilih parfum kucing dan menjelaskan cara tepat memakaikan parfum ke tubuh kucing. Kami juga memberikan rekomendasi parfum kucing terbaik. Agar Anda makin yakin, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Catnip Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Catnip Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tidak hanya manusia, kucing pun memiliki "obat penenang" yang disebut catnip. Jika kucing agresif, Anda dapat mengandalkan catnip. Catnip juga diyakini mampu menjaga mood kucing sehingga ia merasa lebih bahagia. Bagi para cat lovers, catnip adalah barang yang harus ada di rumah!Untuk memilih catnip, kami akan membagikan tips memilih catnip terbaik, misalnya catnip spray dan catnip serbuk atau bubuk. Kami juga memberikan rekomendasi merek catnip yang bagus, baik dari kualitas maupun harga catnip. Misalnya, terdapat catnip merek Pawsitive, Hahole, dan CindMill. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!
    Perawatan kucing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori