• 10 Rekomendasi Lampu Kolam Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Lampu Kolam Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Lampu Kolam Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Lampu Kolam Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Lampu Kolam Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Lampu Kolam Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Lampu kolam renang memudahkan siapa pun yang ingin berenang pada malam hari. Lampu kolam renang juga bisa menjadi dekorasi yang memikat mata. Lampu kolam renang diletakkan di dalam area basah sehingga memerlukan desain khusus agar aman digunakan.


Hal tersebut mungkin menyebabkan proses memilih lampu kolam renang lebih tricky. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kami akan membantu memilih lampu kolam renang yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi lampu kolam renang dari merek Emaux, Natural, dan Hayward. Anda cukup membaca artikel ini sampai habis dan temukan produk yang tepat. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 30 Desember 2021
Daftar isi

Cara memilih lampu kolam renang

Entah Anda memasang lampu kolam renang untuk tujuan keamanan ataupun estetika, Anda tetap harus mengindahkan beberapa hal. Baca cara memilih ini dengan saksama agar Anda tidak salah pilih.

Ketahui material lampu kolam renang

Ketahui material lampu kolam renang

Air adalah konduktor atau penghantar listrik yang baik. Karena itu, faktor keamanan harus diperhatikan ketika memasang lampu kolam renang. Jangan sampai aktivitas berenang yang menyenangkan justru berujung bencana gara-gara lampu kolam renang. Salah satu cara untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan adalah memperhatikan material yang digunakan untuk membuat lampu kolam renang. 


Lampu kolam renang biasanya dibuat dari material yang bersifat isolator alias penghantar listrik yang buruk, contohnya plastik. Dengan demikian, komponen lampu, yang bisa jadi bersifat konduktor, akan terlindungi dengan aman. Anda dan keluarga pun bisa berenang di kolam dengan aman.

Kenali jenis lampu kolam renang

Bicara tentang lampu kolam renang, ada dua macam lampu yang beredar di pasaran, yaitu lampu halogen dan lampu LED. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Lampu halogen, memberikan penerangan yang sangat bagus

Lampu halogen, memberikan penerangan yang sangat bagus

Lampu halogen menggunakan filamen yang diisi gas lembam dan halogen. Ketika dilewati arus listrik, bohlam akan menghasilkan cahaya benderang. Warna lampu halogen biasanya putih sehingga sangat cocok bagi Anda yang menginginkan penerangan nan bagus. Dudukan lampu halogen berukuran lebih kecil sehingga kerap kali sulit digantikan dengan lampu LED.

Lampu LED, cocok untuk kebutuhan dekorasi

Lampu LED, cocok untuk kebutuhan dekorasi

Light-Emitting Diode (LED) akan mengeluarkan cahaya saat dilalui arus listrik. Lampu LED umumnya terdiri dari beberapa bohlam kecil, memiliki konsumsi daya yang rendah, dan cenderung lebih awet. Selain itu, lampu kolam renang LED mampu mengeluarkan cahaya yang lebih terang dibandingkan lampu kolam renang biasa.


Beberapa lampu kolam renang LED juga dapat mengeluarkan beraneka warna sehingga menimbulkan efek senada dengan tema kolam. Di pihak lain, Anda bisa mengatur lampu warna mana yang menyala dari jauh karena pihak produsen melengkapinya dengan remote. Tambahan lagi, Anda juga akan jumpai lensa khusus yang berguna untuk menyebarkan cahaya pada lampu LED.

Periksa daya lampu kolam renang

Periksa daya lampu kolam renang

Memasang lampu terlalu terang atau terlalu banyak sudah tentu akan mengganggu kenikmatan Anda saat berenang. Mata Anda akan silau dan Anda pun jadi kesulitan melihat pandangan ke depan. Karena itu, Anda harus menyesuaikan jumlah lampu dengan ukuran kolam.


Jika kolam Anda tidak terlalu luas, pertimbangkan untuk membeli lampu dengan daya kecil. Berbeda halnya dengan kolam yang besar, Anda perlu lebih banyak pencahayaan. Selain itu, Anda harus pula menilik warna lampu. Lampu warna biru tentu akan memberikan penerangan lebih redup dibanding dengan lampu berwarna putih. 


Di pihak lain, keterangan daya juga harus diperhatikan karena dapat membantu Anda memperkirakan beban listrik yang harus ditanggung. Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi tagihan listrik yang akan diterima setiap bulannya.

Perhitungkan diameter lampu

Perhitungkan diameter lampu

Ukuran fisik lampu juga memengaruhi tingkat terang, lho! Pada lampu LED, misalnya, dengan ukuran yang lebih luas, jumlah bohlam pada lampu LED juga lebih banyak. Kolam jadi lebih terang. Sebaliknya, jika Anda menginginkan suasana kolam yang temaram, pertimbangkan lampu ukuran mungil seperti di bawah 10 cm.

Omong-omong, mungkin Anda juga tertarik untuk mempercantik taman dengan lampu? Mari baca artikel kami tentang lampu hias di bawah ini.

10 Rekomendasi lampu kolam renang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lampu kolam renang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Jenis lampuLED
MaterialStainless steel
Daya18 watt
Diameter22 cm
9
Jenis lampuHalogen
MaterialABS
Daya100 watt
Diameter27 cm
8
Jenis lampuLED
MateralPlastik dan stainless steel
Daya12 watt
Diameter23 cm
7

Osram GMBHDisplay/Optic Lamp Par 56

PAR56 300W 12V WFL

Mulai dari Rp 215.000,00

Jenis lampuHalogen
MaterialAluminium
Daya300 watt
Diameter17,8 cm
6

EmauxLampu Bawah Air Tipe Flat

P-100

Mulai dari Rp 800.000,00

Jenis lampuLED
MaterialABS + UV stabilizer
Daya18 watt
Diameter29 cm
5
Jenis lampuLED
MaterialStainless steel
Daya12 watt
Diameter22 cm
4

OEMLampu Kolam Renang LED SMD 12 Watt

Mulai dari Rp 100.000,00

Jenis lampuLED
MaterialStainless steel
Daya12 watt
Diameter22 cm
3

LED Underwater Submersible Waterproof

Mulai dari Rp 34.000,00

Jenis lampuLED
MaterialPVC
Daya1 watt
Diameter7 cm
2

Lampu Kolam Renang LED Multicolor

Mulai dari Rp 475.000,00

Jenis lampuLED
MaterialPlastik PVC tebal
Daya12 watt
Diameter30 cm
1
Jenis lampuLED
MaterialTidak ada keterangan
Daya10 watt
DiameterTidak ada keterangan

Tabel perbandingan produk lampu kolam renang terbaik

Gambar produk
1
LED Color 1

2
Lampu Kolam Renang LED Multicolor 1

3
LED Underwater Submersible Waterproof 1

4
OEM Lampu Kolam Renang LED SMD 12 Watt 1

OEM

5
Monstaled Lampu Kolam Renang LED 1

Monstaled

6
Emaux Lampu Bawah Air Tipe Flat 1

Emaux

7
Osram GMBH Display/Optic Lamp Par 56 1

Osram GMBH

8
Natural Pool Lighting 1

Natural

9
Hayward Nicheless Underwater Light 1

Hayward

10
Primax Underwater LED 1

Primax

Nama produk

LED Color

Lampu Kolam Renang LED Multicolor

LED Underwater Submersible Waterproof

Lampu Kolam Renang LED SMD 12 Watt

Lampu Kolam Renang LED

Lampu Bawah Air Tipe Flat

Display/Optic Lamp Par 56

Pool Lighting

Nicheless Underwater Light

Underwater LED

Keunggulan

Desain yang elegan untuk sisi kolam renang

Cahayanya menghadirkan kenyamanan di dalam kolam

Si mini penghias kolam renang dengan kendali jarak jauh

Cahayanya terang dan menyebar, menjaga pandangan Anda di kolam

Lebih awet berkat housing stainless dan ring silikon

Berganti gradasi warna secara otomatis

Memancarkan cahay hingga 5.000 lumens, begitu benderang!

Kompatibel dengan trafo lama, tidak perlu sering ganti trafo

Pemasangan lebih mudah hanya dengan satu sekrup

Kabel mencapai 2 m! Leluasa pilih area pemasangan

Harga mulai dariRp 82.500,00Rp 475.000,00Rp 34.000,00Rp 100.000,00Rp 425.000,00Rp 800.000,00Rp 215.000,00Rp 1.025.000,00Rp 1.680.000,00Rp 750.000,00
Jenis lampuLEDLEDLEDLEDLEDLEDHalogenLEDHalogenLED
MaterialTidak ada keteranganPlastik PVC tebal PVCStainless steelStainless steelABS + UV stabilizerAluminiumPlastik dan stainless steelABSStainless steel
Daya10 watt12 watt1 watt12 watt12 watt18 watt300 watt12 watt100 watt18 watt
DiameterTidak ada keterangan30 cm7 cm22 cm22 cm29 cm17,8 cm23 cm27 cm22 cm
Tautan produk

Mengetahui jarak aman pemasangan lampu kolam renang

Mengetahui jarak aman pemasangan lampu kolam renang

Pastinya Anda bertanya-tanya berapa jarak yang tepat untuk pemasangan lampu kolam renang? Letak lampu kolam renang yang ideal adalah 50–75 cm dari permukaan air, bukan dari dasar kolam. Posisi tersebut membuat pencahayaan jadi optimal. Selain itu, pemeliharaan lampu juga lebih mudah.


Lampu kolam renang sebaiknya dipasang membelakangi rumah atau bangunan di dekat kolam renang. Dengan demikian, cahaya yang tersorot tak akan menyilaukan orang-orang yang ada di dalam rumah. Di samping itu, jika Anda melihatnya dari dalam rumah, efek cahaya yang memantul ke permukaan kolam jadi lebih cantik.

Baca juga rekomendasi perlengkapan renang lainnya di sini

Agar aktivitas berenang Anda dan keluarga makin seru, tidak ada salahnya melihat-lihat juga perlengkapan lainnya. Kami punya artikel yang dapat membantu Anda menemukan perlengkapan yang tepat. Selamat menyimak.

Kesimpulan

Keberadaan lampu di kolam renang mendatangkan rasa aman. Lampu kolam renang juga bisa mempercantik pemandangan bahkan sampai memantik keinginan untuk berpesta di tepi kolam renang.


Anda hanya perlu memperhatikan jenis lampu, material, daya, dan ukurannya. Lampu yang tepat akan memberikan vibes yang istimewa bagi kolam renang dan pada akhirnya kepada para pengguna. Semarakkan kolam renang Anda dengan warna-warni lampu. Pantulannya di air akan menambah keindahan malam. Selamat menghias kolam renang!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu benda yang sangat dibutuhkan saat Anda ingin mengeringkan pakaian adalah jepitan jemuran. Dengan menggunakan jepitan jemuran yang tepat, mengeringkan pakaian pun akan menjadi lebih praktis dan menyenangkan.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih jepitan jemuran serta merekomendasikan produk-produk terbaik. Di antaranya adalah keluaran Ikea, Lion Star, dan Maspion. Perhatikan masing-masing keunggulan produk, dan temukan jepitan jemuran yang cocok untuk Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun, seperti menanam bunga, kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Namun, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online, seperti merek GDM, Green World, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Sprayer Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sprayer Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, sekarang banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Kali ini kami akan memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang bagus. Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Artikel ini ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan! 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    Popularitas tanaman merambat terus meningkat saat hunian bergaya minimalis muncul. Selain dijadikan hiasan, tanaman merambat biasanya difungsikan sebagai penyaring udara dan penghalang sinar matahari. Beberapa jenis tanaman merambat bahkan dapat berfungsi sebagai apotek hidup, lho!Sirih, dolar rambat, dan Syngonium wendlandii merupakan beberapa contoh tanaman merambat yang disukai banyak orang. Jenisnya pun banyak, mulai dari tanaman rambat gantung, rambat dinding, dan rambat hias. Namun, sebelum memutuskan membeli tanaman rambat, ketahui cara memilih tanaman merambat yang bagus, yuk! Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora, untuk menambah wawasan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk memperindah rumah, Anda juga memerlukan tanaman. Bunga yang berwarna-warni tentu akan membuat rumah tampak cantik. Dibandingkan bunga imitasi, bagaimana jika menanam bunga asli saja? Selain memperindah, tanaman juga bisa membuat udara di rumah menjadi lebih segar.Kami akan membahas beberapa bibit bunga yang bisa Anda pilih untuk menghias rumah. Anda akan menemukan bibit yang bagus, seperti bunga mawar, lavender, sedap malam, dan sebagainya. Kami akan mengulasnya dan membantu Anda mencari bunga yang cantik. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Yuk, ketahui dahulu perbedaan bibit dan benih, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang suka berkebun, gunting tanaman merupakan alat yang wajib dimiliki. Gunting ini biasanya dipakai untuk memangkas dahan tanaman agar terlihat lebih rapi sekaligus untuk menjaga kesehatannya. Berbagai jenis gunting tanaman dijual di pasaran, dari yang kecil hingga yang besar.Jika Anda merasa bingung, simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara memilih gunting tanaman yang bagus. Kami juga akan menghadirkan sepuluh produk gunting tanaman dari Krisbow, Tekiro, Hasston Prohex, dan merek terkenal lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek lanskap kami, Setia Permana. Simak sampai akhir, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Saat mendekor kebun, Anda perlu memikirkan bentuk dan ukuran pot yang Anda butuhkan. Pot bunga memiliki jenis yang bermacam-macam. Ada pot simpel dengan harga murah dan ada juga pot artistik dengan harga tinggi. Bahan pot juga beragam, mulai dari plastik, kayu, hingga keramik. Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih pot bunga yang menarik. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk yang bagus, seperti dari merek IKEA dan Mendekor. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Simak selengkapnya di bawah ini!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selang air menjadi salah satu benda yang wajib ada di rumah Anda. Perannya cukup penting untuk membersihkan halaman rumah dari debu atau menyiram tanaman untuk berkebun. Jenis selang air bermacam-macam. Selain selang taman, ada juga selang untuk mengalirkan air panas. Fitur selang pun beragam, misalnya selang antitekuk, selang dengan penggulung otomatis, hingga selang yang dilengkapi fitur semprotan. Kali ini, kami akan membantu Anda memilih selang air di artikel ini. Beberapa merek yang bagus dan terkenal, seperti Krisbow, Kenmaster, dan Westpex juga ada dalam daftar rekomendasi kami. Simak artikelnya sampai selesai!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pupuk KCL Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk KCL Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pupuk KCl atau kalium klorida adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Pupuk KCl tersedia dalam bentuk serbuk kristal dan cair. Pupuk ini biasanya digunakan untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan sebagainya.Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Sebelum itu, Anda sebaiknya membaca tips memilih pupuk KCl yang terbaik terlebih dahulu. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Kangkung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Kangkung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kangkung adalah sayuran berwarna hijau yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin A dan C, zat besi, hingga fosfor. Kini, Anda bisa membudidayakan kangkung dengan membeli benihnya di toko online. Anda bisa menanam sayuran hijau ini di darat, air, ataupun menggunakan metode hidroponik.Guna memperoleh hasil panen yang melimpah dan berkualitas unggul, Anda perlu teliti saat memilih benih kangkung. Kali ini, kami telah menyiapkan cara memilih dan menanam benih kangkung untuk Anda. Lalu, tersedia juga rekomendasi merek benih kangkung yang bagus, seperti Cap Panah Merah, Infarm, dan Cap Kapal Terbang.
    Kebun & luar ruangan
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menyodorkan ke hadapan Anda cara memilih dan rekomendasi benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Informasi lebih jelas silakan Anda baca artikel ini sampai tuntas dan dapatkan benih jagung terbaik.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Indonesia meraih peringkat ketiga penghasil padi terbanyak di dunia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai penelitian yang dilakukan untuk menciptakan varietas padi berkualitas. Benih padi unggul ini diharapkan dapat memberikan peningkatan hasil panen yang signifikan. Namun, banyaknya varietas benih padi di pasaran mungkin dapat membuat Anda bingung menentukan merek benih yang bagus. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan benih padi terbaik, seperti jenis INPARA, INPARI, HIPA, dan lainnya. Simak sampai habis, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun, seperti menanam bunga, kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Namun, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online, seperti merek GDM, Green World, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    Popularitas tanaman merambat terus meningkat saat hunian bergaya minimalis muncul. Selain dijadikan hiasan, tanaman merambat biasanya difungsikan sebagai penyaring udara dan penghalang sinar matahari. Beberapa jenis tanaman merambat bahkan dapat berfungsi sebagai apotek hidup, lho!Sirih, dolar rambat, dan Syngonium wendlandii merupakan beberapa contoh tanaman merambat yang disukai banyak orang. Jenisnya pun banyak, mulai dari tanaman rambat gantung, rambat dinding, dan rambat hias. Namun, sebelum memutuskan membeli tanaman rambat, ketahui cara memilih tanaman merambat yang bagus, yuk! Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora, untuk menambah wawasan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori