• 10 Rekomendasi Senar Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Senar Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Senar Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Senar Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Senar Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Senar Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Senar raket badminton adalah salah satu komponen penting yang dapat meningkatkan performa permainan bulu tangkis Anda. Keberadaan senar yang dijual secara terpisah tentu sangat menguntungkan, terlebih bila senar bawaan raket telah rusak. Jadi, Anda tak perlu membuang raket begitu saja.


Di pasaran, Anda dapat menemukan beragam merek senar raket badminton yang bagus, seperti Yonex, Kizuna, hingga Adidas. Nah, kali ini kami akan membahas cara memilih senar raket badminton sekaligus memberikan rekomendasi produk-produk terbaik dan original. Ada yang harganya murah, ditujukan untuk pemula, hingga yang awet. Yuk, disimak!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih senar raket badminton

Banyaknya merek dan jenis senar raket badminton yang beredar di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan membagikan beberapa tips yang bisa Anda jadikan acuan sebelum membeli senar raket badminton. Mari perhatikan dengan saksama!

Pilih berdasarkan tipenya

Secara umum, senar raket badminton dibagi menjadi tiga tipe, yakni power string, control string, dan durability string. Tiap-tiap tipe senar raket badminton tersebut memiliki plus dan minusnya tersendiri. Untuk lebih jelasnya, kami akan menjabarkan perbedaannya di bawah ini.

Power string: Memiliki perpaduan apik antara daya tahan dan kontrol

Power string: Memiliki perpaduan apik antara daya tahan dan kontrol

Sesuai namanya, senar raket badminton dengan tipe power dapat menghasilkan pantulan yang maksimal saat digunakan. Senar raket badminton jenis ini juga memiliki perpaduan yang bagus antara daya tahan (durability) dan kontrol (control).


Tak heran jika power string biasanya dijadikan pilihan oleh pemain tunggal penyerang atau pemain ganda bagian belakang. Ciri khas power string terletak pada ukuran diameter senar yang lebih tipis dari 0,68 mm.

Control string: Tali senarnya paling tipis, mudah untuk mengontrol pukulan kok

Control string: Tali senarnya paling tipis, mudah untuk mengontrol pukulan kok

Senar raket badminton dengan tipe control mempunyai ketebalan yang sangat tipis, biasanya di bawah 0,60 mm. Oleh sebab itu, control string lebih mudah putus ketika digunakan dalam jangka panjang.


Meski begitu, tipe senar seperti ini akan memudahkan Anda dalam mengontrol pukulan. Hal tersebut sangat berguna bagi pemain tunggal yang berfokus pada kontrol, serta pemain ganda posisi depan.

Durability string: Lebih awet dan kaku karena ketebalannya

Durability string: Lebih awet dan kaku karena ketebalannya

Durability string mempunyai diameter senar yang tebal, sekitar 0,70 mm atau di atasnya. Berkat ketebalannya, senar raket badminton jenis ini memiliki masa pakai yang lebih panjang, serta tidak mudah rusak.


Jika frekuensi permainan badminton Anda tinggi, kami sangat menyarankan untuk menggunakan tipe senar ini. Durability string juga pas digunakan oleh pemula yang masih sering melakukan kesalahan saat memukul shuttlecock.

Perhatikan tarikan senarnya, sesuaikan dengan level dan gaya permainan

Untuk dapat menghasilkan pukulan yang kuat pada shuttlecock, Anda perlu memperhatikan tarikan atau tingkat kekencangan senar raket badminton. Tarikan senar juga berkaitan erat dengan keterampilan sekaligus kenyamanan Anda dalam bermain bulu tangkis. Tarikan senar umumnya ditunjukkan dalam satuan lbs atau pounds.

Untuk pemula, senar dengan tarikan rendah tidak akan menguras tenaga Anda

Untuk pemula, senar dengan tarikan rendah tidak akan menguras tenaga Anda

Makin tinggi tarikan senar raket badminton, maka makin banyak tenaga yang dibutuhkan untuk memukul kok. Tarikan yang tinggi membuat senar makin keras sehingga pantulan yang dihasilkan kurang kuat. Begitu juga sebaliknya.


Karena itu, bagi Anda yang baru belajar memainkan bulu tangkis, kami menyarankan pemakaian senar dengan tarikan 16–22 lbs. Dengan tarikan senar seperti ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menghasilkan pukulan yang kuat. Namun, kekurangan dari rentang tarikan senar ini terletak pada kemampuan kontrol bola dan keakuratan yang rendah.

Untuk level menengah, senar dengan tarikan menengah akan meningkatkan keakuratan

Untuk level menengah, senar dengan tarikan menengah akan meningkatkan keakuratan

Jika Anda sudah mulai terbiasa bermain bulu tangkis, penggunaan senar raket dengan tarikan 23–26 lbs lebih disarankan. Meski Anda membutuhkan tenaga yang lebih banyak, kemampuan kontrol bola dan keakuratannya makin meningkat.


Jenis tarikan senar seperti ini juga sangat pas digunakan oleh pemain dengan gaya offense (menyerang). Dengan menggunakan tarikan senar yang mendukung pukulan-pukulan keras, Anda dapat mematikan lawan dengan smash dan dropshot.

Untuk pemain profesional, senar dengan tarikan tinggi akan memberi Anda kontrol yang tinggi

Untuk pemain profesional, senar dengan tarikan tinggi akan memberi Anda kontrol yang tinggi

Jika Anda sudah benar-benar mahir dalam olahraga bulu tangkis, gunakanlah senar raket dengan tarikan di atas 27 lbs. Pada level ini, kekuatan pergelangan tangan Anda sudah makin kuat sehingga dapat mengatur pantulan kok dengan mudah. Selain itu, tarikan senar ini memberi Anda kontrol serta keakuratan yang tinggi.


Tarikan senar yang tinggi juga sangat cocok dengan gaya bermain defense (bertahan). Gaya bermain ini bertujuan untuk menguras energi lawan terlebih dahulu. Ketika pukulan smash lawan sudah berkurang frekuensinya, lakukanlah serangan balik dengan pengembalian tajam.

10 Rekomendasi senar raket badminton terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk senar raket badminton terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

AdidasStilistin Badminton String

W70

Mulai dari Rp 95.000,00

TipeDurability string
UkuranDiameter: 0, 70 mm・Panjang: 10 m
Tarikan senarTidak disebutkan
9

DecathlonPerfly Badminton String

BST 930

Mulai dari Rp 90.000,00

TipePower string
Ukuran0,69 mm
Tarikan senarTidak disebutkan
8
TipePower string
UkuranDiameter: 0,68 mm・Panjang: 10 m
Tarikan senar26–27 lbs
7
TipePower string
UkuranDiameter: 0,68 mm・Panjang: 10 m
Tarikan senar26–28 lbs
6
TipeControl string
UkuranDiameter: 0,58 mm・Panjang 10 m
Tarikan senar20–23 lbs
5
TipePower string
UkuranDiameter: 0,66 mm・Panjang: 10 m
Tarikan senar26–30 lbs
4

Li-NingNo. 1 Boost Badminton String

Mulai dari Rp 63.000,00

TipePower string
UkuranDiameter: 0,66 mm・Panjang: 10 m
Tarikan senar25–27 lbs
3
TipePower string
UkuranDiameter: 0,65 mm・Panjang: 10 m
Tarikan senarTidak disebutkan
2
TipePower string
UkuranDiameter: 0,65 mm・Panjang: 10 m
Tarikan senar25–28 lbs
1
TipePower string
UkuranDiameter: 0,68 mm・Panjang: 10 m
Tarikan senarMaksimal 36 lbs

Tabel perbandingan produk senar raket badminton terbaik

Gambar produk
1
HiQua Senar Super Micro 66 1

HiQua

2
Yonex BG66 Ultimax 1

Yonex

3
Toalson Ion 65 1

Toalson

4
Li-Ning No. 1 Boost Badminton String 1

Li-Ning

5
Reinforce Speed RS Spectrum 66 1

Reinforce Speed

6
Kizuna Premium Gauge 1

Kizuna

7
Victor Badminton String 1

Victor

8
Apacs Elite III 1

Apacs

9
Decathlon Perfly Badminton String 1

Decathlon

10
Adidas Stilistin Badminton String 1

Adidas

Nama produk

Senar Super Micro 66

BG66 Ultimax

Ion 65

No. 1 Boost Badminton String

RS Spectrum 66

Premium Gauge

Badminton String

Elite III

Perfly Badminton String

Stilistin Badminton String

Keunggulan

Tarikan senar tertinggi untuk memberi kendali penuh pada pemain

Tingkatkan kepercayaan diri dengan senar raket badminton ini

Hasilkan pantulan yang luar biasa

Lebih awet, serta memiliki pantulan lebih tinggi

Tali senarnya berwarna-warni seperti pelangi

Senar raket badminton tertipis! Cocok untuk anak-anak

Meski tebal, tetap lembut saat digunakan bermain

Power string dengan harga termurah!

Tawarkan keseimbangan daya tahan, kekuatan, dan kontrol

Senar raket badminton yang awet berkat ketebalannya

Harga mulai dariRp 16.500,00Rp 115.000,00Rp 47.000,00Rp 63.000,00Rp 25.000,00Rp 62.000,00Rp 108.000,00Rp 15.500,00Rp 90.000,00Rp 95.000,00
TipePower stringPower stringPower stringPower stringPower stringControl stringPower stringPower stringPower stringDurability string
UkuranDiameter: 0,68 mm・Panjang: 10 mDiameter: 0,65 mm・Panjang: 10 mDiameter: 0,65 mm・Panjang: 10 mDiameter: 0,66 mm・Panjang: 10 mDiameter: 0,66 mm・Panjang: 10 mDiameter: 0,58 mm・Panjang 10 mDiameter: 0,68 mm・Panjang: 10 mDiameter: 0,68 mm・Panjang: 10 m0,69 mmDiameter: 0, 70 mm・Panjang: 10 m
Tarikan senarMaksimal 36 lbs25–28 lbsTidak disebutkan25–27 lbs26–30 lbs20–23 lbs26–28 lbs26–27 lbsTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan badminton lainnya di sini

Untuk meningkatkan performa permainan badminton Anda, tentu tidak bisa hanya mengandalkan senar yang bagus saja. Kualitas raket, grip raket, hingga shuttlecock pun perlu diperhatikan. Jika Anda masih mencari rekomendasi terbaik untuk produk-produk tersebut, silakan kunjungi artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Penggunaan senar raket badminton yang sesuai kekuatan tangan dan level permainan ternyata sangat penting, ya! Dengan memperhatikan komponen ini, Anda pasti dapat bermain bulu tangkis dengan lebih maksimal.


Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel senar raket badminton kami kali ini? Semoga penjelasan kami dapat membantu Anda menemukan senar raket badminton yang bagus sekaligus awet. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Raket Bulu Tangkis Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022)
    10 Raket Bulu Tangkis Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022)
    Bulu tangkis atau badminton adalah olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, semua memainkannya. Raket menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini kami akan menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih raket bulu tangkis, baik untuk pemula maupun profesional. Kami juga akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis terbaik, seperti Yonex, Adidas, dan Li-Ning. Tak ketinggalan, mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto dan Liliyana Natsir juga ikut memberikan rekomendasinya dalam artikel ini.
    Badminton
  • 10 Rekomendasi Raket Li-Ning Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Raket Li-Ning Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sejak menjadi sponsor banyak atlet bulu tangkis Indonesia, popularitas raket Li-Ning mulai meledak di tanah air. Merek ini menyediakan raket yang bagus untuk pemula hingga atlet profesional. Variasi serinya mampu memenuhi kebutuhan berbagai gaya permainan.Tergantung pada kebutuhan, Anda bisa memilih raket Li-Ning SS 2020, Windstorm 72, Windstorm 75, atau lainnya. Tenang saja, kami akan memandu Anda memilih produk original demi mendapat performa terbaik. Rekomendasi dan ulasan produknya pun sudah kami siapkan khusus untuk Anda. Silakan disimak pembahasan selengkapnya dari kami berikut ini!
    Badminton
  • 10 Rekomendasi Sepatu Badminton Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Badminton Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda menggemari olahraga badminton? Anda tentu membutuhkan sepatu badminton supaya dapat bergerak dengan nyaman di lapangan. Sepatu yang bagus akan mendukung Anda untuk berkonsentrasi saat bermain. Di pasaran, sepatu badminton hadir dengan spesifikasi yang bervariasi. Dengan munculnya berbagai produk, Anda mungkin kebingungan saat ingin memilih produk yang tepat. Untuk itu, kami akan mengulas rekomendasi sepatu badminton yang bagus untuk pria beserta cara memilihnya. Produk dari merk Yonex, Victor, dan Mizuno akan Anda jumpai dalam daftar pilihan kami. Selamat membaca!
    Badminton
  • 10 Shuttlecock Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shuttlecock Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk menikmati permainan bulu tangkis, Anda perlu memilih shuttlecock yang tepat. Kenyamanan shuttlecock saat dipukul bisa dinilai dari bahan yang digunakan serta bobotnya. Beberapa merek, seperti Yonex, Samurai, dan Victor sudah banyak memproduksi shuttlecock. Performa dan harganya pun bervariasi, mulai dari yang terjangkau hingga yang cukup tinggi untuk pertandingan resmi.Agar Anda tidak kebingungan, di artikel ini kami akan membahas rekomendasi produknya berserta cara memilih shuttlecock berdasarkan material sampai harganya. Mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto, juga ikut memberikan komentar mengenai cara memilihnya, lho. Jadi, jangan sampai dilewatkan!
    Badminton
  • 10 Rekomendasi Raket VICTOR Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Raket VICTOR Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang gemar dengan olahraga bulu tangkis pasti sudah tidak asing dengan merek VICTOR. Brand asal Taiwan ini memproduksi berbagai perlengkapan bulu tangkis, mulai dari pakaian, sepatu, kok, hingga raket. Bahkan, para atlet kebanggaan Indonesia juga banyak yang menggunakan raket VICTOR saat bertanding, lho!Bila tertarik untuk memilikinya, pastikan Anda membaca artikel ini hingga tuntas. Kami akan berikan beberapa tips dan rekomendasi raket merek VICTOR yang bagus untuk Anda. Thruster F, DriveX-9X B, dan JETSPEED S 12TD adalah beberapa tipe raket VICTOR yang jadi favorit. Silakan pilih yang Anda suka!
    Badminton
  • 10 Rekomendasi Kaos Badminton Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kaos Badminton Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Badminton atau bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang mengharuskan pemainnya bergerak cepat. Hal tersebut akan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Supaya tidak mengganggu performa di lapangan, Anda sebaiknya menggunakan kaos badminton. Bahan kaos badminton memiliki desain khusus agar bisa menyerap keringat dan menjaga pergerakan tetap maksimal.Untuk membantu Anda memilih kaos badminton, kami telah menyiapkan pembahasan cara memilih kaos badminton yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi kaos badminton dari beberapa merek terbaik, seperti Lining, Marvell, Victor, dan Yonex. Apabila Anda berencana membeli baju badminton, bacalah artikel ini terlebih dahulu!
    Badminton
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori