mybest
Aksesori bersepeda

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Sepeda
  4. 10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024)

Wanita cenderung memiliki ukuran kaki dan tumit yang lebih ramping dibandingkan pria. Karenanya, sepatu bersepeda untuk wanita didesain dalam ukuran yang lebih kecil. Agar kegiatan bersepeda Anda menjadi lebih nyaman, gunakanlah cycling shoes yang pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.


Kali ini, kami menyiapkan tips memilih sepatu sepeda wanita terbaik, seperti sepatu untuk mountain bike (MTB), road bike, dan non-cleat. Sebelumnya, kami juga akan menjabarkan mengapa Anda sebaiknya menggunakan cycling shoes saat bersepeda. Terakhir, tersedia juga rekomendasi produk sepatu sepeda wanita yang bagus, seperti adidas, Shimano, dan Santic. Selamat membaca!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Kenapa harus menggunakan sepatu khusus saat bersepeda?

Kenapa harus menggunakan sepatu khusus saat bersepeda?

Pada dasarnya, Anda dapat bersepeda menggunakan sepatu apa pun. Namun, menggunakan sepatu sepeda atau cycling shoes akan membuat pengalaman bersepeda Anda jadi lebih baik. Sepatu bersepeda untuk wanita didesain secara khusus dengan bobot yang ringan dan outsole kaku. Desain tersebut berguna untuk mencegah Anda kehilangan energi lebih cepat saat bersepeda.


Sepatu ini memungkinkan transfer energi yang lebih baik antara kaki dan pedal sepeda sehingga performa Anda akan meningkatOutsole pada cycling shoes wanita juga didesain sedemikian rupa agar bisa dikaitkan pada pedal sepeda.


Desain tersebut akan meningkatkan stabilitas postur tubuh Anda serta efisiensi energi yang digunakan. Cycling shoes akan membuat aktivitas bersepeda terasa lebih aman dan nyaman, serta membuat kaki Anda tidak mudah terlepas dari pedal.

Cara memilih sepatu bersepeda untuk wanita

Secara umum, sepatu bersepeda wanita dan pria hampir sama. Perbedaan utamanya hanya terletak pada desain dan ukuran sepatu saja. Ukuran sepatu wanita relatif kecil, yakni berkisar dari size 36 sampai 40. Selain itu, sebagian wanita juga lebih mengutamakan tampilan atau desain sepatu dibandingkan fungsionalitasnya. Guna memperoleh sepatu sepeda wanita yang tepat, simaklah tips yang kami berikan di bawah ini!

1

Pilih berdasarkan jenisnya

Hal utama dalam memilih sepatu sepeda wanita adalah menyesuaikan jenisnya dengan pedal sepeda Anda. Outsole sepatu ini biasanya dilengkapi beberapa lubang cleat yang nantinya akan dikaitkan pada pedal sepeda. Berdasarkan hal tersebut, cycling shoes untuk wanita terbagi ke dalam dua jenis, yaitu SPD dan SPD-SL. Mari simak penjelasan tentang keduanya berikut ini!

SPD: Desain cleat tersembunyi yang nyaman dipakai berjalan

SPD: Desain cleat tersembunyi yang nyaman dipakai berjalan
Sumber: adidas.com

Shimano Pedalling Dynamics (SPD) dikenal juga dengan sebutan mountain bike shoes atau sepatu MTB. Jenis sepatu bersepeda untuk wanita ini memiliki cleat tersembunyi yang akan memudahkan Anda berjalan saat memakainya. Beberapa produsen sepatu juga mendesain produk mereka dengan outsole bergerigi yang dapat mencengkram permukaan tanah yang tidak rata. 


Berkat hal tersebut, sepatu SPD ini menjadi pilihan utama untuk digunakan bersama sepeda gunung atau melakukan off-road biking. Baiknya lagi, beberapa sepatu SPD didesain dengan tampilan yang kasual sehingga nyaman dipakai untuk sehari-hari. Sepatu sepeda wanita ini bisa Anda pakai untuk bekerja ataupun sebagai sepatu sekolah.

SPD-SL: Cleat menonjol yang memastikan sol sepatu terpasang kuat ke pedal sepeda

SPD-SL merupakan singkatan dari sepatu SPD SuperLight. Cleat pada sepatu sepeda untuk wanita ini agak menonjol ke luar sehingga kurang nyaman saat Anda pakai untuk berjalan. Kelebihannya, outsole sepatu dapat terpasang kuat ke pedal sepeda dan tidak mudah terlepas. Ciri lain dari sepatu SPD-SL adalah bobotnya yang ringan dan outsole atau sol sepatunya yang sangat kaku


Sepatu ini mampu meningkatkan performa kayuhan Anda. Oleh karena itu, jenis sepatu bersepeda untuk wanita ini banyak digunakan untuk keperluan balapan atau road bike. Anda pun bisa mengayuh sepeda dalam kecepatan tinggi tanpa khawatir kaki tergelincir dan menyebabkan kecelakaan. Meski begitu, harap diperhatikan bahwa harga sepatu SPD-SL jauh lebih tinggi dibandingkan sepatu sepeda wanita jenis SPD.


Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pedal sepeda, silakan baca ulasannya melalui tautan berikut ini.

2

Untuk pemula, pertimbangkanlah sepatu sepeda wanita jenis non-cleat

Untuk pemula, pertimbangkanlah sepatu sepeda wanita jenis non-cleat
Sumber: santic.com

Selain dua tipe di atas, Anda juga bisa menemukan sepatu bersepeda untuk wanita non-cleat atau tanpa cleat. Sekilas, jenis sepatu ini memiliki tampilan yang mirip dengan sepatu olahraga biasa. Sepatu sepeda wanita non-cleat ideal digunakan oleh para pemula yang belum terbiasa memakai sepatu yang dilengkapi cleat. Karena sol sepatunya tidak terikat ke pedal, kaki Anda bisa bergerak dengan lebih leluasa.

3

Cari sistem pengencang sepatu yang nyaman untuk kaki Anda

Cari sistem pengencang sepatu yang nyaman untuk kaki Anda

Poin penting selanjutnya yang perlu dipertimbangkan saat memilih sepatu sepeda wanita adalah sistem pengencang sepatu. Adapun sistem pengencang sepatu yang banyak ditemukan di pasaran adalah model tali, dial, dan strap atau hook and loop. Agar tak bingung saat memilihnya, berikut kami siapkan penjelasan singkat dari masing-masing model:


  • Tali
Sistem pengencang ini membuat sepatu sepeda wanita terlihat lebih fashionable dan memberikan kesan retro. Anda juga bisa mengatur kekencangan talinya sesuai kenyamanan kaki. Kelemahannya, Anda mungkin akan kesulitan memasangkannya kembali apabila tali sepatu tiba-tiba terlepas di tengah perjalanan.

  • Dial
Sepatu sepeda dengan sistem pengencangan dial biasanya digunakan pada sepatu sepeda SPD-SL. Tingkat kekencangan sepatu ini disesuaikan dengan cara memutar panel dial-nya. Namun, panel tersebut bisa rusak atau macet sehingga Anda mungkin perlu menggantinya. Meski begitu, tingkat kekencangan sepatu akan terkunci kuat dan tidak mudah terlepas atau mengendur.

  • Strap atau hook and loop
Model sepatu dengan sistem pengencangan strap adalah yang paling mudah dipasang dan disesuaikan, meski di tengah perjalanan sekalipun. Anda mungkin akan menemukan cycling shoes wanita yang mengombinasikan sistem pengencangan dial dan strap. Sebagai catatan, kekuatan perekat pada strap-nya dapat berkurang seiring lamanya pemakaian.
4

Periksa juga karakteristik dan keunggulannya

Periksa juga karakteristik dan keunggulannya

Sebelum checkout produk yang telah Anda pilih, pastikan juga untuk memeriksa karakteristik dan keunggulan yang dimilikinya. Karakteristik dan keunggulan tersebut bisa berupa kekakuan solnya, kenyamanan bantalan, desain yang presisi, dan lain-lain. Sebagai contoh, pilihlah sepatu yang sangat kaku dan ringan jika Anda akan menggunakan untuk balap sepeda. 


Jika Anda bermasalah dengan keringat dan bau kaki, carilah cycling shoes wanita dengan sirkulasi atau ventilasi udara yang baik. Selain dari deskripsi yang diberikan oleh produsen atau seller, Anda juga dapat mengecek review pembeli. Dari review tersebut, Anda bisa memperkirakan kenyamanan dan kualitas dari cycling shoes wanita yang hendak dibeli. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi produk sepatu bersepeda terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu bersepeda terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Aerostreet

Gowes V

Aerostreet Gowes V 1

Rp185.000

Lebih Murah

Kuat, terjangkau, dan warnanya bervariasi

2

SPEED

Sepatu Sepeda Roadbike MTB Multi Cleat 2BOA2060

SPEED Sepatu Sepeda Roadbike MTB Multi Cleat 2BOA 1

Rp629.000

Agak Murah

Bersepeda makin aman dengan sol antislip

3

Santic Cycling

Diana Women Road Lockless Cycling ShoesWLS20014

Santic Cycling Diana Women Road Lockless Cycling Shoes 1

Rp1.146.624

Agak Murah

Sepatu sepeda wanita non-cleat dengan kualitas yang mumpuni!

4

Shimano

S-PHYRE RC9 WomenSH-RC902

Shimano S-PHYRE RC9 Women 1

Rp4.000.000

Agak Mahal

Dirancang secara khusus sebagai sepatu untuk balap sepeda

5

Shimano

RC3 WomenSH-RC300

Shimano RC3 Women 1

Rp1.799.000

Menengah

Ramping dan praktis dengan dial yang dipasangkan di bagian tengah

6

Santic Cycling

Athena Women Road Lockless Cycling Shoes

Santic Cycling Athena Women Road Lockless Cycling Shoes 1

Rp1.653.873

Menengah

Desainnya yang unik membuat Anda jadi pusat perhatian

7

Specialized Bicycle Components

S-Works 7 Road Shoes

Specialized Bicycle Components S-Works 7 Road Shoes 1

Rp7.000.000

Lebih Mahal

Metatarsal Button untuk mencegah kaki kram setelah lama bersepeda

8

adidas

The Velosamba Cycling Shoes

adidas The Velosamba Cycling Shoes 1

Rp2.799.900

Menengah

Cycling shoes dengan tampilan layaknya sneakers biasa

9

Trek Bicycle Corporation

Bontrager Velocis Women's

Trek Bicycle Corporation Bontrager Velocis Women's 1

Rp3.200.000

Agak Mahal

Kombinasi sistem pengencangan dial dan strap untuk kenyamanan ekstra

10

Giro

Women's Empire ACC Shoes

Giro Women's Empire ACC Shoes 1

Rp3.066.000

Menengah

Kaki bebas keringat dan bau berkat sirkulasi udara yang baik

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

AerostreetGowes V

Gowes V 1
Sumber: shopee.co.id
Gowes V 2
Sumber: shopee.co.id
Gowes V 3
Sumber: shopee.co.id
Gowes V 4
Sumber: shopee.co.id
Gowes V 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp185.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp185.000
Lebih Murah

Kuat, terjangkau, dan warnanya bervariasi

Aerostreet Gowes V merupakan sepatu sepeda untuk wanita yang populer berkat harganya yang sangat terjangkau. Produk ini bisa jadi solusi untuk para cyclist pemula yang tidak memiliki dana untuk membeli sepatu kelas high-end


Meski harganya terjangkau, produk ini memiliki ketahanan yang cukup baik dan tidak akan rusak saat terkena hujan. Pasalnya, outsole sepatu sepeda lokal ini dibuat menggunakan teknologi Shoes Injection Mould tanpa lem, tetapi hasilnya sangat kuat. Produk ini juga tersedia dalam sepuluh varian warna yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SPEEDSepatu Sepeda Roadbike MTB Multi Cleat 2BOA2060

Harga referensi
Rp629.000
Agak Murah

Bersepeda makin aman dengan sol antislip

Jenis sepatu SPD-SL ditambah sol antislipnya membuat produk ini makin aman untuk Anda kenakan. Dengan karakteristik tersebut, Anda dapat terhindar dari kecelakaan dan potensi cidera saat bersepeda.


Menariknya lagi, upper sepatu ini terbuat dari material microfiber PU yang tahan terhadap penuaan dan aus. Jangan sampai kehabisan produk ini jika Anda menginginkan sepatu sepeda wanita yang bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

No.3

Santic CyclingDiana Women Road Lockless Cycling ShoesWLS20014

Harga referensi
Rp1.146.624
Agak Murah

Sepatu sepeda wanita non-cleat dengan kualitas yang mumpuni!

Jika Anda sedang mencari sepatu sepeda wanita non-cleat berkualitas unggul, jangan ragu memilih produk yang satu ini! Produk ini ideal digunakan untuk bersepeda santai di jalan raya ataupun saat Anda sedang touring


Bagian tumit cycling shoes ini didesain lebih tebal dan melengkung untuk memberikan dukungan dan stabilitas yang baik. Material outsole dan upper-nya yang breathable, serta sistem pengencangan model strap-nya juga menambah kenyamanan dan kepraktisan produk ini.

No.4

ShimanoS-PHYRE RC9 WomenSH-RC902

Harga referensi
Rp4.000.000
Agak Mahal

Dirancang secara khusus sebagai sepatu untuk balap sepeda

Series S-PHYRE dari Shimano berikut ini adalah sepatu yang dirancang khusus untuk keperluan balap sepeda. Sol sepatunya yang sangat kaku ditambah heel cup-nya yang presisi akan menjaga kaki Anda tetap berada di tempatnya. Dengan demikian, Anda bisa memfokuskan energi pada kayuhan sepeda untuk melaju secepat mungkin dan memenangkan pertandingan.


Bukan itu saja, produk ini juga dibekali berbagai keunggulan, seperti 360º surround wrapping upperanti-twist stabilization, dan seamless midsole.  Meski didesain sebagai road bike shoes, sepatu ini tetap terasa nyaman untuk dipakai berjalan, lho!

No.5

ShimanoRC3 WomenSH-RC300

Harga referensi
Rp1.799.000
Menengah

Ramping dan praktis dengan dial yang dipasangkan di bagian tengah

Tampil ramping dan stylish, Shimano R3 Women juga dilengkapi beberapa keunggulan yang membuat bersepeda jadi lebih cepat dan nyaman. Produk ini dirancang dengan konstruksi midsole mulus yang membuat kaki Anda lebih dekat ke pedal sepeda. Berkatnya, tenaga yang Anda keluarkan untuk mengayuh pedal sepeda pun dapat tersalurkan dengan lebih efisien.


Sistem pengencang dial-nya dipasangkan di bagian tengah untuk menciptakan tampilan yang lebih ramping dan mudah disesuaikan. Para wanita yang mengutamakan kepraktisan pasti akan menyukai cycling shoes dari Shimano ini.

No.6

Santic CyclingAthena Women Road Lockless Cycling Shoes

Harga referensi
Rp1.653.873
Menengah

Desainnya yang unik membuat Anda jadi pusat perhatian

Athena dari Santic Cycling ini memiliki desain yang unik dan berbeda dengan kebanyakan sepatu sepeda wanita lain. Produk ini hadir dalam dua pilihan warna yang merupakan perpaduan warna putih ungu dan putih abu-abu. Di bagian belakang juga terdapat motif geometri yang membuatnya terlihat tidak membosankan.


Produk ini adalah pilihan sempurna bagi wanita yang ingin menjadi pusat perhatian saat bersepeda. Keunggulan lainnya, produk ini juga dilengkapi bantalan samping (side support) agar nyaman dikenakan oleh berbagai bentuk telapak kaki.

No.7

Specialized Bicycle ComponentsS-Works 7 Road Shoes

Harga referensi
Rp7.000.000
Lebih Mahal

Metatarsal Button untuk mencegah kaki kram setelah lama bersepeda

Sepatu bersepeda untuk wanita buatan Specialized ini dirancang dengan desain yang ergonomis. Insole dan outsole sepatu ini diklaim telah teruji secara ilmiah mampu meningkatkan tenaga dan efisiensi, serta mengurangi kemungkinan cedera. Produk ini kami rekomendasikan untuk wanita yang sering bersepeda atau melakukan road bike jarak jauh.


Sepatu ini dilengkapi Metatarsal Button yang akan mengangkat dan memisahkan tulang forefoot untuk mencegah tekanan pada saraf di sekitarnya. Hal ini bermanfaat untuk mencegah masalah kaki, seperti kram, mati rasa, dan terasa panas setelah mengayuh sepeda. Dengan begitu, kaki Anda tetap nyaman meski bersepeda jauh dan lama.

No.8

adidasThe Velosamba Cycling Shoes

Harga referensi
Rp2.799.900
Menengah

Cycling shoes dengan tampilan layaknya sneakers biasa

The Velosamba Cycling Shoes merupakan sepatu sepakbola, adidas Samba, yang diberi fungsi khusus bersepeda. Berbeda dengan cycling shoes yang sering menimbulkan suara berisik saat dipakai berjalan, produk ini benar-benar senyap, layaknya sneakers biasa. Dibekali Reflective 3-Stripes, garis tersebut dapat bersinar saat gelap. 


Produk ini ideal untuk wanita yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi harian. Anda tak perlu bergonta-ganti sepatu saat bersepeda dan beraktivitas biasa. Karena desainnya unisex, produk ini kurang direkomendasikan untuk wanita dengan ukuran kaki yang relatif kecil.

No.9

Trek Bicycle CorporationBontrager Velocis Women's

Harga referensi
Rp3.200.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp3.200.000
Agak Mahal

Kombinasi sistem pengencangan dial dan strap untuk kenyamanan ekstra

Kombinasi dial dan strap pada produk ini memungkinkan Anda untuk mengatur kekencangan di tiap bagiannya secara lebih spesifik. Hal ini menjadikan sepatu makin terasa nyaman saat dikenakan karena melekat dengan sempurna di kaki.


Upper produk ini terbuat dari perpaduan polyurethane, nilon, dan poliester yang mudah dibersihkan. Bontrager Velocis Women's juga memiliki bobot yang ringan dan outsole yang tipis. Bagi Anda yang mencari sepatu sepeda wanita dengan perawatan yang mudah dan nyaman digunakan, produk ini jawabannya.

No.10

GiroWomen's Empire ACC Shoes

Women's Empire ACC Shoes 1
Sumber: giro.com
Women's Empire ACC Shoes 2
Sumber: giro.com
Women's Empire ACC Shoes 3
Sumber: giro.com
Harga referensi
Rp3.066.000
Menengah
Harga referensi
Rp3.066.000
Menengah

Kaki bebas keringat dan bau berkat sirkulasi udara yang baik

Upper Evofiber menjadikan sepatu sepeda wanita ini berbobot sangat ringan, yakni sekitar 210 gram saja. Produk ini juga memiliki sirkulasi udara yang bagus untuk mencegah kaki Anda lembap dan bau saat cuaca sedang panas. Karenanya, produk ini pas dimiliki oleh wanita yang sering bersepeda di siang hari. Demi kenyamanan Anda, pasangkan juga stopper pada tali sepatu agar tak mudah terlepas ketika dikenakan.

Baca juga rekomendasi perlengkapan untuk bersepeda lainnya di sini

Di samping cycling shoes, terdapat pula perlengkapan lain yang patut Anda miliki jika ingin menekuni olahraga bersepeda. Kunjungilah tautan di bawah ini untuk mendapatkan rekomendasi seputar cycling cap, jaket windbreaker untuk sepeda balap, serta helm sepeda!

Kesimpulan

Pada kesempatan ini, kami telah memberikan tips memilih beserta rekomendasi sepatu sepeda wanita yang bagus untuk Anda. Dari rekomendasi yang kami berikan, sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai?


Demi kenyamanan Anda, pilihlah sepatu sepeda wanita dengan bobot dan ukuran yang tepat. Memakai sepatu yang pas untuk kaki akan meningkatkan performa Anda saat bersepeda nantinya. Akhir kata, enjoy your ride!

5 Rekomendasi Sepatu Bersepeda untuk Wanita terbaik

No. 1: AerostreetGowes V

No. 2: SPEEDSepatu Sepeda Roadbike MTB Multi Cleat 2BOA2060

No. 3: Santic CyclingDiana Women Road Lockless Cycling ShoesWLS20014

No. 4: ShimanoS-PHYRE RC9 WomenSH-RC902

No. 5: ShimanoRC3 WomenSH-RC300

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Sepeda
  4. 10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.