1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Gym & fitness
  6. >
  7. 10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2023)

Fitness merupakan gaya hidup sehat dengan menjadikan olahraga sebagai salah satu faktor utamanya. Selain sebagai lifestyle, banyak wanita melakukannya untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Karena itu, kini banyak sekali sepatu fitness untuk wanita yang bisa Anda temukan di pasaran.


Kami akan memberikan tips memilih sepatu fitness yang bagus untuk wanita. Kami juga menyediakan sepuluh rekomendasi sepatu fitness terbaik dari sejumlah merek, seperti adidas, Nike, dan Reebok. Artikel ini sudah ditinjau oleh fitness coach kami, Akbar Kharisma. Jika Anda sedang mencari sepatu fitness yang tepat, bacalah dahulu ulasan dari kami!

Diperbaharui 01-31-2023
Pakar
Fitness coach
Akbar Kharisma

Akbar adalah fitness coach yang berdomisili di Jakarta dan sudah berprofesi lebih dari empat tahun di industri fitness Indonesia. Mendapat akreditas fitness coach dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI), Akbar juga memiliki sertifikasi sport nutritionist. Akbar berpengalaman menangani client yang mempunyai goal seperti fat loss, muscle building, dan general fitness health. Setelah satu tahun bekerja di salah satu mega gym di Jakarta, ia membangun bisnis personal training dan online coaching. Selain itu, ia juga bekerja sebagai fitness coach di Central Fitness cabang Rorotan Malaka, Jakarta.

Profil Akbar Kharisma
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sepatu fitness untuk wanita

Sebelum memilih sepatu fitness untuk wanita, simak dahulu tips dari kami. Kami akan memberikan beberapa poin yang dapat Anda pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan dan membeli produknya.

① Sesuaikan dengan jenis latihan yang dijalani

Sepatu yang dapat digunakan wanita untuk menjaga kebugaran atau fitness sangat beragam. Karena itu, Anda dapat memilihnya berdasarkan jenis latihan yang ingin Anda lakukan. Setiap sepatu memiliki karakteristik berbeda yang tentunya cocok untuk gerakan berbeda pula.

Sepatu lari, memiliki bobot yang ringan agar tidak membebani lutut

Sepatu lari, memiliki bobot yang ringan agar tidak membebani lutut

Sepatu lari biasanya memiliki bobot yang ringan dengan bantalan empuk. Hal ini ditujukan untuk mengurangi beban pada lutut dan digunakan untuk gerakan maju. Karena itu, sepatu lari merupakan pilihan tepat jika Anda menggunakan di treadmill setiap kali pergi ke gym.


Anda dapat mempertimbangkan sepatu berdasarkan cara penggunaan treadmill, misalnya jalan cepat atau berlari. Pastikan sepatu yang dipilih tidak terasa licin dan bersifat breathable. Dengan begitu, kaki akan terhindar dari bau dan gerah meskipun digunakan seharian.


Berlari termasuk olahraga aerobik kategori progresi dalam fitness. Hal tersebut bisa diartikan bahwa berlari ada pada level yang cukup sulit. Pastikan Anda terbiasa jalan cepat untuk memperkuat ketahanan lutut. Lakukanlah latihan beban paha depan dan belakang agar terhindar dari cedera. Hindari berlari dengan intensitas berat apabila belum terbiasa.

Sepatu weightlifting, maksimalkan tumpuan saat mengangkat beban

Sepatu weightlifting, maksimalkan tumpuan saat mengangkat beban

Jika angkat beban menjadi olahraga pilihan, usahakan Anda memilih sepatu khusus weightlifting. Sepatu untuk weightlifting umumnya didesain bersol datar agar posisi Anda tetap aman dan nyaman, terutama saat mengangkat beban.


Sepatu dengan sol datar dibutuhkan saat melakukan weightlifting (angkat besi). Hal ini disebabkan gerakan dasar squat dan deadlift memerlukan kestabilan yang tinggi pada telapak dan pergelangan kaki. Sedikit pergerakan pada pergelangan kaki dapat menyebabkan ketidakstabilan pada lutut dan pinggul, serta meningkatkan risiko cedera.


Anda sebaiknya memilih sepatu yang mampu mengoptimalkan tenaga Anda menjadi pijakan yang stabil. Hindari pemilihan sepatu bersol tebal karena dapat membuat pijakan menjadi kurang stabil dan berisiko cedera.

Sepatu kardio, sebaiknya fleksibel dengan ruang cukup lebar bagi kaki

Sepatu kardio, sebaiknya fleksibel dengan ruang cukup lebar bagi kaki

Jenis latihan yang dilakukan apabila Anda mengikuti kelas kardio biasanya merupakan gerakan berulang yang konstan. Gerakan tersebut dapat berupa lompatan, gerak menyamping, hingga gerakan naik-turun dengan cepat. Karena itu, Anda memerlukan sepatu berbahan fleksibel untuk mendukung tiap gerakan.


Selain fleksibel, cobalah untuk memilih sepatu dengan ruang yang cukup lebar untuk kaki. Dengan begitu, kaki Anda akan terbebas dari rasa sesak atau panas yang membuat tidak nyaman.

Kardio sendiri merupakan olahraga untuk melatih kesehatan jantung dan membakar kalori tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan pergerakan yang cukup cepat. Pastikan Anda melakukan warming up terlebih dahulu dan bergerak sesuai dengan level fitness. Perbanyak gerakan dasar yang memperkuat lutut, pinggul, bahu, dan pergelangan tangan.

Sepatu training, cocok untuk berbagai jenis latihan

Sepatu training, cocok untuk berbagai jenis latihan

Apabila Anda masih pemula dan belum mengetahui jenis latihan yang ingin dilakukan, pilih sepatu training. Sepatu training umumnya didesain multifungsi sehingga cocok untuk berbagai jenis latihan. Namun, kemampuannya dalam merespons berbagai gerakan tentu tidak sebaik sepatu yang memang didesain khusus untuk gerakan tertentu.


Meskipun sepatu training adalah pilihan yang tepat bagi pemula, sebaiknya tetap tentukan jenis latihannya. Gunakan sepatu training untuk latihan yang gerakannya Anda nikmati agar bisa konsisten dalam melakukannya. Alhasil, Anda akan nyaman dengan fitness level-nya dan fitness goal pun akan mudah tercapai.

② Pilih sesuai level Anda, pemula atau profesional dalam fitness

Pilih sesuai level Anda, pemula atau profesional dalam fitness

Poin lain yang dapat Anda perhatikan adalah memilih sepatu fitness sesuai level masing-masing. Jika sepatu yang digunakan tidak pas, gerakan yang dihasilkan jadi kurang maksimal, bahkan bisa membuat Anda cedera. Sebagai gambaran, simak poin penjelasan kami di bawah ini.


  • Sepatu bagi pemula biasanya dapat mendukung gerakan dasar yang tidak banyak memerlukan mobilitas. Tidak ada salahnya memulai dengan sepatu fitness berharga terjangkau.

  • Hasil yang kurang maksimal juga tidak dapat dihindari apabila Anda tidak melakukan warming up dan memperhatikan pola diet. Gerakan warming up dapat meningkatkan mobilitas sendi. Selain itu, selalu perhatikan pola diet agar sesuai dengan goal Anda.

  • Jika level fitness Anda sudah terhitung profesional, tidak ada salahnya berinvestasi ke sepatu yang lebih mutakhir. Anda yang sudah menguasai tekniknya tentu membutuhkan dukungan lebih di setiap gerakan.

Makin berpengalaman dalam berlatih, gerakan yang Anda lakukan menjadi makin kompleks. Sepatu yang lebih advanced akan mendukung ketika melakukan gerakan kompleks, terutama saat mengangkat beban berat.

③ Perhatikan ketebalan dan bobot sepatu

Perhatikan ketebalan dan bobot sepatu

Anda sebaiknya tidak melewatkan bobot dan ketebalan sepatu fitness yang akan dibeli. Perhatikan pula ukuran sepatu fitness, usahakan tidak terasa sesak atau terlalu longgar di kaki. Sepatu Anda harus terasa nyaman di kaki sejak pertama kali Anda memakainya. Nah, poin berikut ini dapat Anda jadikan sebagai acuan.


  • Sepatu fitness dengan bantalan setebal ±4 cm dapat menjadi pilihan bagi pemula. Dengan begitu, badan bagian bawah tidak akan terlalu terbebani. Sepatu bersol tipis akan membuat Anda seolah menyentuh tanah secara langsung sehingga memaksimalkan kekuatan. Jenis ini cocok untuk olahraga angkat beban.

  • Mayoritas bobot sepatu fitness wanita adalah sekitar 300–350 gram per kaki. Makin ringan bobot sepatu, gerakan Anda juga akan lebih luwes. Sebaliknya, sepatu yang lebih berat akan menghasilkan stabilitas dan meredam benturan lebih optimal.

Sol tebal dan tipis memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, keduanya akan saling melengkapi apabila olahraga yang Anda lakukan selalu dimulai dan diperkuat dengan latihan basic. Latihan basic tersebut di antaranya squat, lunge, push, pull, hinge, dan twist. Makin bagus tekniknya, makin efisien pula gerakan yang dihasilkan.

10 Rekomendasi sepatu fitness terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu fitness terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Akbar Kharisma.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

910Sportswear

Ryu Swift

910Sportswear Ryu Swift 1枚目

Desain sleek dan praktis dengan jenis slip-ons

2

SNEAKON

2in1 Prime RedWhite - Unisex

SNEAKON 2in1 Prime RedWhite - Unisex 1枚目

Satu sepatu, dua gaya! Mau?

3

SFIDN FITS

Sepatu Pro Springblade Series

SFIDN FITS  Sepatu Pro Springblade Series 1枚目

Harga lebih ekonomis, pas untuk para pemula

4

Puma

Mayze Mid Trainers Wanita

Puma Mayze Mid Trainers Wanita 1枚目

Tampil beda dan bergaya saat fitness? Why not!

5

SFIDN FITS

Pridelife Weightlifting Shoes

SFIDN FITS Pridelife Weightlifting Shoes 1枚目

Pijakan lebih stabil, performa lebih mantap

6

Skechers

Ultra Flex 3.0 Women's Fitness Shoes

Skechers Ultra Flex 3.0 Women's Fitness Shoes 1枚目

Teknologi Air Cooled Memory Foam berikan rasa nyaman saat melangkah

7

Reebok

Energen Plus 2 Women Running Shoes

Reebok Energen Plus 2 Women Running Shoes 1枚目

Tawarkan kenyamanan berlari di dalam atau di luar ruangan

8

adidas

Cloudfoam Pure 2.0 Shoes

adidas Cloudfoam Pure 2.0 Shoes 1枚目

Banyak varian warna, ramah lingkungan pula!

9

Nike

Nike City Rep TR

Nike Nike City Rep TR 1枚目

Simpel dan nyaman untuk berbagai gerakan di gym

10

League

Oxie Women

League Oxie Women 1枚目

Sirkulasi udaranya buat kaki tetap sejuk dan bebas bau

Perincian produk
Close
No.1

910SportswearRyu Swift

Mulai dari Rp419.900,00

Desain sleek dan praktis dengan jenis slip-ons

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan memory foam yang sangat lembut dan dapat mengikuti bentuk kaki Anda
  • Adanya teknologi Airflex Sole yang membuat sepatunya empuk dan ringan

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam ukuran besar

Berbeda dari sepatu bertali lainnya, Ryu Swift dilengkapi dengan Quick Laces System yang memudahkan Anda saat menggunakannya. Fungsi dari talinya hanya untuk mengencangkan sepatu saja. Caranya mudah, kok. Anda hanya perlu menarik bagian bagian ujung talinya. Jadi, Anda tak perlu repot-repot mengikatnya lagi!


Desainnya yang sleek pas bagi penggemar gaya minimalis. Tidak hanya praktis digunakan, bagian upper-nya pun sangat fleksibel dan memudahkan Anda bergerak. Selain itu, produk dari 910 Nineten ini juga nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

No.2

SNEAKON2in1 Prime RedWhite - Unisex

Mulai dari Rp449.000,00

Satu sepatu, dua gaya! Mau?

Kelebihan:

  • Dibuat dengan sole yang ringan dan empuk sehingga tidak membuat kaki mudah pegal

Kekurangan:

  • Kurang nyaman dipakai oleh pemilik kaki lebar karena bagian ujung sepatu cukup sempit menurut pembeli

Apabila Anda membutuhkan sepatu yang dapat digunakan untuk fitness ataupun aktivitas sehari-hari, pilihlah produk ini. Tidak hanya outfit olahraga, sepatu ini juga cocok dipadukan dengan jeans untuk tampilan urban dan kasual. Sepatu ini hadir dengan empat kombinasi warna yang tampak begitu stylish


Menariknya lagi, produk ini juga dapat dipakai dengan atau tanpa tali, lho. Anda bisa menjadikannya sebagai slip-ons ataupun sneakers. Miliki satu sepatu ini dan dapatkan dua gaya sekaligus! Pastinya, Anda akan selalu terlihat on-point di mana pun Anda berada saat memakai sepatu dari SNEAKON ini.

No.3

SFIDN FITS Sepatu Pro Springblade Series

Mulai dari Rp250.000,00

Harga lebih ekonomis, pas untuk para pemula

Kelebihan:

  • Diklaim tujuh kali lebih tahan suhu dengan standar bantalan EVA
  • Pembeli puas karena sepatunya empuk dan lemnya kuat

Kekurangan:

  • Menurut pembeli, bobotnya cukup berat sehingga membebani kaki jika dipakai lama

Untuk Anda yang baru ingin mulai serius menekuni fitness, mulailah dengan menggunakan produk ini. SFIDN FITS menawarkan kualitas dan fungsi yang dapat membantu Anda berlatih dengan harga yang tidak menguras kantong.


Produk ini terasa ringan dengan sol yang tidak licin sehingga Anda dapat leluasa bergerak. Sentuhan corak sol, seperti bercak-bercak pun membuatnya tampak unik sekaligus menarik.

No.4

PumaMayze Mid Trainers Wanita

Mulai dari Rp1.699.000,00

Tampil beda dan bergaya saat fitness? Why not!

Kelebihan:

  • Tampilannya trendi, cocok dipakai untuk hang out

Kekurangan:

  • Potongannya yang tinggi membuat sepatu ini kurang cocok dipakai oleh pemilik tubuh pendek

Anda ingin tampil antimainstream saat fitness? Jika iya, jangan ragu untuk memilih produk dari Puma ini, ya. Mayze Mid Trainers Wanita memiliki desain high-cut yang akan membuat look Anda tampak lebih fashionable.


Selain itu, potongannya yang tinggi juga mampu menjaga pergelangan kaki Anda dari luka atau cedera saat latihan. Ditambah lagi, outsole-nya yang tebal membuat sepatu ini lebih kokoh saat dipakai.

No.5

SFIDN FITSPridelife Weightlifting Shoes

Mulai dari Rp1.250.000,00

Pijakan lebih stabil, performa lebih mantap

Kelebihan:

  • Selain antiselip, sepatu ini water-friendly
  • Memiliki tali pengikat dan tali perekat untuk mengunci kaki dengan maksimal

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan warna

Anda hobi melakukan angkat beban di tempat fitness dan sedang mencari sepatu yang tepat? Jika iya, sepatu ini didesain khusus untuk olahraga weightlifting. Produk ini memiliki pijakan yang rata dan lebar sehingga Anda bisa lebih stabil saat mengangkat beban berat.


Sistem hook-and-loop yang dimilikinya juga akan mengunci kaki secara optimal selama lift terberat Anda. Bagian empuk di bagian tumit akan menyerap benturan sambil membiarkan kaki Anda bernapas.

No.6

SkechersUltra Flex 3.0 Women's Fitness Shoes

Mulai dari Rp899.000,00

Teknologi Air Cooled Memory Foam berikan rasa nyaman saat melangkah

Kelebihan:

  • Lebih praktis dipakai berkat model slip-ons
  • Sepatunya dapat dicuci dengan mesin

Kekurangan:

  • Tidak ada informasi mengenai bahan outsole-nya

Apabila Anda menginginkan sepatu fitness wanita yang ringan untuk berjalan, cobalah produk ini. Skechers memiliki sepatu dengan bantalan Air Cooled Memory Foam yang nyaman.


Selain terasa empuk, teknologi tersebut juga memberikan sensasi sejuk di kaki. Terlebih lagi, produk ini dibuat dari bahan mesh yang fleksibel dan breathable. Dengan begitu, workout di treadmill seharian pun tidak akan menjadi masalah, bukan?

No.7

ReebokEnergen Plus 2 Women Running Shoes

Mulai dari Rp899.000,00

Tawarkan kenyamanan berlari di dalam atau di luar ruangan

Kelebihan:

  • Memiliki desain yang breathable sehingga kaki tidak mudah terasa pengap
  • Pengguna merasa puas karena sepatunya ringan saat dipakai

Kekurangan:

  • Pilihan corak dan ukurannya terbatas

Reebok menghadirkan sepatu yang bisa digunakan untuk berlari di treadmill sekaligus di luar ruangan. Sepatu ini dirancang dengan FuelFoam sebagai midsole yang responsif. Energen Plus 2 Women Running Shoes juga dilengkapi dengan mesh serta rangka kaki depan agar langkah Anda tetap stabil. Karena itu, Anda yang hobi berlari sebaiknya tidak melewatkan produk ini!

No.8

adidasCloudfoam Pure 2.0 Shoes

Mulai dari Rp1.100.000,00

Banyak varian warna, ramah lingkungan pula!

Kelebihan:

  • Menawarkan desain timeless yang tak membuat Anda mati gaya
  • Menurut pembeli, sepatunya sangat ringan sehingga tak terasa sedang memakai sepatu

Kekurangan:

  • Terdapat ulasan yang mengatakan bahwa bagian depan sepatu cukup sempit sehingga kurang cocok dipakai oleh pemilik kaki lebar


Brand adidas memiliki opsi menarik untuk Anda yang menginginkan sepatu ramah lingkungan. Produk ini dibuat dari Primegreen, serangkaian bahan daur ulang yang diproses secara canggih.


Selain itu, sepatu ini dilengkapi bantalan Cloudfoam yang superlembut dan ringan, seolah Anda berjalan di atas awan. Varian warna yang ditawarkan pun cukup beragam sehingga Anda bisa memilih sepatu dengan warna favorit masing-masing.

No.9

Simpel dan nyaman untuk berbagai gerakan di gym

Kelebihan:

  • Tawarkan lima pilihan warna yang modis
  • Bantalan busanya empuk

Kekurangan:

  • Ada ulasan yang menyatakan bentuk sepatunya meruncing sehingga kurang nyaman dipakai terlalu lama

Sepatu ini dapat menjadi pilihan bagi para pemula dalam aktivitas fitnessNike City Rep TR merupakan sepatu serbaguna yang menghadirkan daya tahan dan fleksibilitas untuk gaya hidup aktif. Jadi, Anda yang masih bingung menemukan jenis olahraga yang tepat dapat menggunakannya untuk mengeksplorasi tempat gym.


Bantalan di bagian dalam sepatu akan memberikan kenyamanan sepanjang hari pada latihan bertempo cepat sekalipun. Lengkungan di sisi sepatu juga akan mendukung Anda untuk gerakan lateral seperti menari.

No.10

Sirkulasi udaranya buat kaki tetap sejuk dan bebas bau

Kelebihan:

  • Model slip-ons yang praktis dipakai
  • Tawarkan warna gradasi yang trendi

Kekurangan:

  • Outsole-nya warna putih sehingga akan terlihat cepat kotor jika terkena noda

Berolahraga dalam waktu lama dapat menyebabkan kaki berkeringat bahkan tak jarang terasa lembap dan berbau. Sepatu ini patut dipertimbangkan apabila Anda mencari sepatu fitness bagi pemilik kaki yang mudah berkeringat.


Merek lokal League menghadirkan sepatu fitness wanita dengan material yang memiliki sirkulasi udara baik. Dengan begitu, kaki Anda tetap terasa sejuk dan Anda bisa lebih fokus berolahraga. Bantalan serta fleksibilitas yang dimilikinya juga akan meningkatkan kenyamanan kaki Anda.

Tips menghilangkan bau sepatu fitness dari fitness coach kami, Akbar Kharisma

Tips menghilangkan bau sepatu fitness dari fitness coach kami, Akbar Kharisma

Umumnya yang dapat Anda lakukan agar sepatu fitness terhindar dari bau tak sedap adalah dengan meminimalkan bakteri. Caranya bisa dengan menggunakan kaus kaki antibakteri dan selalu menggantinya secara berkala.


Setelah pemakaian, letakkan sepatu di ruang terbuka dan terkena sedikit sinar matahari. Anda juga bisa menggunakan kamper atau silica gel agar bagian dalam sepatu tidak lembap.

Baca juga rekomendasi perlengkapan fitness lainnya di sini

Selain sepatu, Anda mungkin membutuhkan rekomendasi produk lain untuk fitness. Nah, kami memiliki beberapa artikel lain yang membahas perlengkapan fitness lengkap dengan rekomendasi produk terbaiknya. Klik tautan berikut ini untuk mendapatkan informasinya!

Kesimpulan

Demikian sepuluh produk sepatu fitness untuk wanita rekomendasi dari kami. Sudahkan Anda menemukan sepatu fitness yang tepat? Ada banyak poin pertimbangan sebelum memilih sepatu fitness yang bisa Anda intip di artikel ini.


Pilihlah sepatu fitness sesuai dengan kebutuhan dan jenis latihan Anda. Jangan lupa untuk mencari sepatu dengan desain dan harga yang ideal untuk Anda. Dengan memakai sepatu fitness yang tepat, Anda akan lebih semangat menjalani hidup sehat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer