• 10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022)

Fitness merupakan gaya hidup sehat dengan menjadikan olahraga sebagai salah satu faktor utamanya. Selain sebagai lifestyle, banyak wanita melakukannya untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Karena itu, kini banyak sekali sepatu fitness untuk wanita yang bisa Anda temukan di pasaran. 


Kami akan memberikan tips memilih sepatu fitness yang bagus untuk wanita. Kami juga menyediakan sepuluh rekomendasi sepatu fitness terbaik dari sejumlah merek, seperti adidas, Nike, dan Puma. Artikel ini sudah ditinjau oleh fitness coach kami, Akbar Kharisma. Jika Anda sedang mencari sepatu fitness yang tepat, bacalah dahulu ulasan dari kami!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Akbar Kharisma
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 18 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Fitness coach, Akbar Kharisma

Profil pakar: Fitness coach, Akbar Kharisma
Akbar Kharisma
Fitness coach
Akbar Kharisma

Akbar adalah fitness coach yang berdomisili di Jakarta dan sudah berprofesi lebih dari empat tahun di industri fitness Indonesia. Mendapat akreditas fitness coach dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI), Akbar juga memiliki sertifikasi sport nutritionist.

Akbar berpengalaman menangani client yang mempunyai goal seperti fat loss, muscle building, dan general fitness health. Setelah satu tahun bekerja di salah satu mega gym di Jakarta, ia membangun bisnis personal training dan online coaching. Selain itu, ia juga bekerja sebagai fitness coach di Central Fitness cabang Rorotan Malaka, Jakarta.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sepatu fitness untuk wanita

Sebelum memilih sepatu fitness untuk wanita, simak dahulu tips dari kami. Kami akan memberikan beberapa poin yang dapat Anda pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan dan membeli produknya.

Sesuaikan dengan jenis latihan yang dijalani

Sepatu yang dapat digunakan wanita untuk menjaga kebugaran atau fitness sangat beragam. Karena itu, Anda dapat memilihnya berdasarkan jenis latihan yang ingin Anda lakukan. Setiap sepatu memiliki karakteristik berbeda yang tentunya cocok untuk gerakan berbeda pula.

Sepatu lari, pilih yang ringan agar tidak membebani lutut

Sepatu lari, pilih yang ringan agar tidak membebani lutut

Sepatu lari biasanya memiliki bobot yang ringan dengan bantalan empuk. Hal ini ditujukan untuk mengurangi beban pada lutut dan digunakan untuk gerakan maju. Karena itu, sepatu lari merupakan pilihan tepat bila Anda menggunakan di treadmill setiap kali Anda pergi ke gym


Anda dapat mempertimbangkan sepatu berdasarkan cara penggunaan treadmill, misalnya jalan cepat atau berlari. Pastikan sepatu yang Anda pilih tidak terasa licin dan bersifat breathable. Dengan begitu, kaki Anda akan terhindar dari bau dan gerah meskipun digunakan seharian. 


Berlari termasuk olahraga aerobik kategori progresi dalam fitness. Hal tersebut bisa diartikan bahwa berlari ada pada level yang lebih sulit. Pastikan Anda sudah terbiasa jalan cepat untuk memperkuat ketahanan lutut. 


Lakukan juga latihan beban paha depan dan paha belakang agar terhindar dari cedera. Hindari berlari dengan intensitas berat apabila belum terbiasa. Dengan begitu, sepatu lari akan jauh lebih membantu performa lari Anda.

Sepatu weightlifting, maksimalkan tumpuan saat mengangkat beban

Sepatu weightlifting, maksimalkan tumpuan saat mengangkat beban

Jika angkat beban menjadi olahraga pilihan, usahakan Anda memilih sepatu khusus weightlifting. Sepatu untuk weightlifting umumnya didesain bersol datar agar posisi Anda tetap aman dan nyaman, terutama saat mengangkat beban. 


Sepatu dengan sol datar dibutuhkan saat melakukan olahraga weightlifting (angkat besi). Hal ini disebabkan oleh gerakan dasar squat dan deadlift memerlukan kestabilan yang tinggi pada telapak dan pergelangan kaki. Sedikit pergerakan pada pergelangan kaki dapat menyebabkan ketidakstabilan pada lutut dan pinggul. Ketidakstabilan tersebut dapat meningkatkan risiko cedera.


Anda sebaiknya memilih sepatu yang mampu mengoptimalkan tenaga Anda menjadi pijakan yang stabil. Hindari pemilihan sepatu bersol tebal karena dapat membuat pijakan menjadi kurang stabil dan berisiko cedera

Sepatu kardio, sebaiknya fleksibel dengan ruang cukup lebar bagi kaki

Sepatu kardio, sebaiknya fleksibel dengan ruang cukup lebar bagi kaki

Jenis latihan yang dilakukan bila Anda mengikuti kelas kardio biasanya merupakan gerakan berulang yang konstan. Gerakan tersebut dapat berupa lompatan, gerak menyamping, hingga gerakan naik-turun dengan cepat. Karena itu, Anda memerlukan sepatu berbahan fleksibel untuk mendukung tiap gerakan.


Selain fleksibel, cobalah untuk memilih sepatu dengan ruang yang cukup lebar untuk kaki. Dengan begitu, kaki Anda akan terbebas dari rasa sesak atau panas yang membuat tidak nyaman. 

Kardio sendiri merupakan olahraga untuk melatih kesehatan jantung dan membakar kalori tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan pergerakan yang cukup cepat. Pastikan Anda melakukan warming up terlebih dahulu dan bergerak sesuai dengan level fitness. Perbanyak gerakan dasar yang memperkuat lutut, pinggul, bahu, dan pergelangan tangan.

Sepatu training, cocok untuk berbagai jenis latihan

Sepatu training, cocok untuk berbagai jenis latihan

Bila Anda masih pemula yang belum mengetahui jenis latihan yang ingin dilakukan, pilih sepatu training. Sepatu training umumnya didesain multifungsi sehingga cocok untuk berbagai jenis latihan. Namun, kemampuannya dalam merespons berbagai gerakan tentu tidak sebaik sepatu yang memang didesain khusus untuk gerakan tertentu.


Meskipun sepatu training adalah pilihan yang tepat bagi pemula, sebaiknya tetap tentukan jenis latihannya. Gunakan sepatu training untuk latihan yang gerakannya Anda nikmati agar bisa konsisten dalam melakukannya. Dengan demikian, Anda akan nyaman dengan fitness level-nya dan fitness goal pun akan mudah tercapai.

Pilih sesuai level Anda, baik pemula maupun profesional dalam fitness

Pilih sesuai level Anda, baik pemula maupun profesional dalam fitness

Poin lain yang dapat Anda perhatikan adalah memilih sepatu fitness sesuai level masing-masing. Bila sepatu yang digunakan tidak pas, gerakan yang dihasilkan jadi kurang maksimal, bahkan bisa membuat Anda cedera. Sepatu bagi pemula biasanya dapat mendukung gerakan dasar yang tidak banyak memerlukan mobilitas. Tidak ada salahnya memulai dengan sepatu fitness berharga terjangkau.


Hasil yang kurang maksimal juga tidak dapat dihindari apabila Anda tidak melakukan warming up dan memperhatikan pola diet. Gerakan warming up dapat meningkatkan mobilitas sendi. Selain itu, selalu perhatikan pola diet agar sesuai dengan goal Anda.


Jika level fitness Anda sudah terhitung profesional, tidak ada salahnya berinvestasi ke sepatu yang lebih mutakhir. Anda yang sudah menguasai tekniknya tentu membutuhkan dukungan lebih di setiap gerakan. 


Makin berpengalaman dalam berlatih, gerakan yang Anda lakukan menjadi makin kompleks. Sepatu yang lebih advanced akan mendukung ketika melakukan gerakan kompleks, terutama saat mengangkat beban berat.

Perhatikan ketebalan dan bobot sepatu

Perhatikan ketebalan dan bobot sepatu

Anda sebaiknya tidak melewatkan bobot dan ketebalan sepatu fitness yang akan dibeli. Perhatikan pula ukuran sepatu fitness, usahakan tidak terasa sesak atau terlalu longgar di kaki. Sepatu Anda harus terasa nyaman di kaki sejak pertama kali Anda memakainya.


Sepatu fitness dengan bantalan setebal ±4 cm dapat menjadi pilihan bagi pemula. Dengan begitu, badan bagian bawah tidak akan terlalu terbebani. Sepatu bersol tipis akan membuat Anda seolah menyentuh tanah secara langsung sehingga memaksimalkan kekuatan. Jenis ini cocok untuk olahraga angkat beban. 

Mayoritas bobot sepatu fitness wanita adalah sekitar 300–350 gram per kaki. Makin ringan bobot sepatu, gerakan Anda juga akan lebih luwes. Sebaliknya, sepatu yang lebih berat akan menghasilkan stabilitas dan meredam benturan lebih optimal. 

Sol tebal dan tipis memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, keduanya akan saling melengkapi apabila olahraga yang Anda lakukan selalu dimulai dan diperkuat dengan latihan basic. Latihan basic tersebut di antaranya squat, lunge, push, pull, hinge, dan twist. Makin bagus tekniknya, makin efisien pula gerakan yang dihasilkan.

10 Rekomendasi sepatu fitness terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk armband yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Akbar Kharisma.

Gambar produk
1
adidas Cloudfoam Pure 2.0 Shoes 1

adidas

2
Puma Prowl Slip On Women's Training Shoes 1

Puma

3
Diadora Dalmazio Women's Fitness Shoes 1

Diadora

4
Reebok Runner 5 Women's Running Shoes 1

Reebok

5
Decathlon Domyos Women's Fitness Shoes 120 1

Decathlon

6
Nike Nike City Rep TR 1

Nike

7
Under Armour Women's UA HOVR™ Rise 3 Training Shoes 1

Under Armour

8
League Oxie Women 1

League

9
Skechers Solar Fuse - Gravity Experience Women's Training Shoes  1

Skechers

10
Nike Savaleos Weightlifting Shoe 1

Nike

Nama produk

Cloudfoam Pure 2.0 Shoes

Prowl Slip On Women's Training Shoes

Dalmazio Women's Fitness Shoes

Runner 5 Women's Running Shoes

Domyos Women's Fitness Shoes 120

Nike City Rep TR

Women's UA HOVR™ Rise 3 Training Shoes

Oxie Women

Solar Fuse - Gravity Experience Women's Training Shoes

Savaleos Weightlifting Shoe

Keunggulan

Banyak varian warna, ramah lingkungan pula!

Desain sleek dan praktis dengan jenis slip-on tanpa tali

Warna pink yang pas untuk si girly

Traksi optimal di dalam atau luar ruangan

Cocok untuk latihan di gym maupun penggunaan sehari-hari

Simpel dan nyaman untuk berbagai gerakan di gym

Maksimalkan ground contact sehingga gerakan lebih bertenaga

Sirkulasi udaranya buat kaki tetap sejuk dan bebas bau

Teknologi Air Cooled Memory Foam berikan rasa nyaman saat melangkah

Pijakan lebih stabil, performa lebih mantap

Harga mulai dariRp 1.000.000,00Rp 699.000,00Rp 459.000,00Rp 899.000,00Rp 350.000,00Rp 799.000,00Rp 1.699.000,00Rp 649.000,00Rp 899.000,00Rp 1.799.000,00
TipeTrainingTraining, treadmillTrainingTreadmill, runningCardio trainingTrainingTraining, weightliftingTrainingTreadmill, trainingWeightlifting
UpperTextileTextileTextileMeshTidak disebutkanMeshMeshMeshMeshBreathable leather
Insole/midsoleCloudfoamLightweight EVA TPR (thermoplastic rubber)FuelFoamHX FlexTextile, foam cushionUA HOVR™ foamInjected EVAAir-Cooled Memory FoamTidak disebutkan
OutsoleSyntheticRubberEVARubberTidak disebutkanRubberRubberSolid rubberRubberRubber
Ukuran36–4237–4036–4136–3936–4135,5–4235,5–4236–4136–39,540–49,5
VarianCore Black, Wonder White, Cloud White, etcBlack-White, White, PinkPinkGrey, Navy, BlackLeopard, MarbleWhite/Light Soft Pink/Pink Glaze/Clear Emerald, Black/Gypsy Rose/White/Dark BeetrootPink, White, BlackMoonlight Jade/Cockatoo/Lunar Rock, Navy Blue/Stonewash/High Rise, Black/Pewter/PalomaWhite Silver, Slate Pink, Navy, BlackBlack/Grey Fog/Laser
Tautan produk
10

NikeSavaleos Weightlifting Shoe

CV5708-010

Mulai dari Rp 1.799.000,00

TipeWeightlifting
UpperBreathable leather
Insole/midsoleTidak disebutkan
OutsoleRubber
Ukuran40–49,5
VarianBlack/Grey Fog/Laser
9

SkechersSolar Fuse - Gravity Experience Women's Training Shoes

Mulai dari Rp 899.000,00

TipeTreadmill, training
UpperMesh
Insole/midsoleAir-Cooled Memory Foam
OutsoleRubber
Ukuran36–39,5
VarianWhite Silver, Slate Pink, Navy, Black
8
TipeTraining
UpperMesh
Insole/midsoleInjected EVA
OutsoleSolid rubber
Ukuran36–41
VarianMoonlight Jade/Cockatoo/Lunar Rock, Navy Blue/Stonewash/High Rise, Black/Pewter/Paloma
7

Under ArmourWomen's UA HOVR™ Rise 3 Training Shoes

3024274

Mulai dari Rp 1.699.000,00

TipeTraining, weightlifting
UpperMesh
Insole/midsoleUA HOVR™ foam
OutsoleRubber
Ukuran35,5–42
VarianPink, White, Black
6
TipeTraining
UpperMesh
Insole/midsoleTextile, foam cushion
OutsoleRubber
Ukuran35,5–42
VarianWhite/Light Soft Pink/Pink Glaze/Clear Emerald, Black/Gypsy Rose/White/Dark Beetroot
5

DecathlonDomyos Women's Fitness Shoes 120

Mulai dari Rp 350.000,00

TipeCardio training
UpperTidak disebutkan
Insole/midsoleHX Flex
OutsoleTidak disebutkan
Ukuran36–41
VarianLeopard, Marble
4

ReebokRunner 5 Women's Running Shoes

Mulai dari Rp 899.000,00

TipeTreadmill, running
UpperMesh
Insole/midsoleFuelFoam
OutsoleRubber
Ukuran36–39
VarianGrey, Navy, Black
3

DiadoraDalmazio Women's Fitness Shoes

Mulai dari Rp 459.000,00

TipeTraining
UpperTextile
Insole/midsoleTPR (thermoplastic rubber)
OutsoleEVA
Ukuran36–41
VarianPink
2

PumaProwl Slip On Women's Training Shoes

Mulai dari Rp 699.000,00

TipeTraining, treadmill
UpperTextile
Insole/midsoleLightweight EVA
OutsoleRubber
Ukuran37–40
VarianBlack-White, White, Pink
1

adidasCloudfoam Pure 2.0 Shoes

Mulai dari Rp 1.000.000,00

TipeTraining
UpperTextile
Insole/midsoleCloudfoam
OutsoleSynthetic
Ukuran36–42
VarianCore Black, Wonder White, Cloud White, etc

Tips menghilangkan bau sepatu fitness dari fitness coach kami, Akbar Kharisma

Tips menghilangkan bau sepatu fitness dari fitness coach kami, Akbar Kharisma

Umumnya yang dapat Anda lakukan agar sepatu fitness terhindar dari bau tak sedap adalah dengan meminimalkan bakteri. Caranya bisa dengan menggunakan kaus kaki antibakteri dan selalu menggantinya secara berkala. 


Setelah pemakaian, letakkan sepatu di ruang terbuka dan terkena sedikit sinar matahari. Anda juga bisa menggunakan kamper atau silica gel agar bagian dalam sepatu tidak lembap.

Baca juga rekomendasi perlengkapan fitness lainnya di sini

Selain sepatu, Anda mungkin membutuhkan rekomendasi produk lain untuk fitness. Kami juga memiliki artikel yang membahas perlengkapan fitness lain lengkap dengan rekomendasi produk terbaiknya. Klik tautan berikut ini untuk mendapatkan informasinya!

Kesimpulan

Demikian sepuluh produk sepatu fitness untuk wanita rekomendasi dari kami. Sudahkan Anda menemukan sepatu fitness yang tepat? Ada banyak poin pertimbangan sebelum memilih sepatu fitness yang bisa Anda intip di artikel ini. 


Pilihlah sepatu fitness sesuai dengan kebutuhan dan jenis latihan Anda. Jangan lupa untuk mencari sepatu dengan desain dan harga yang ideal untuk Anda. Dengan memakai sepatu fitness yang tepat, semoga Anda akan lebih semangat menjalani hidup sehat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin bugar atau mungkin ingin menurunkan berat badan? Kalau begitu, coba lakukan olahraga jalan cepat, lari, atau jogging dengan treadmill. Dengan memiliki treadmill, Anda dapat berolahraga kapan pun tanpa harus ke gym. Apabila Anda tertarik untuk membeli treadmill, kami akan membagikan cara memilih treadmill yang bagus.Rekomendasi merek treadmill terbaik, seperti Jaco, Total Fitness, dan Xiaomi akan Anda temukan, lengkap dengan harganya. Beberapa treadmill murah, tetapi tidak murahan akan Anda temukan juga. Selain itu, simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy, untuk menambah wawasan Anda.
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lari merupakan salah satu olahraga cardio yang banyak digemari. Apabila ingin menekuni olahraga ini, gunakanlah peralatan yang menunjang. Salah satu peralatan yang perlu dipertimbangkan adalah jam tangan lari atau running watch. Pastikan fitur-fitur yang ada pada running watch mendukung kegiatan berlari Anda, misalnya GPS yang akurat dan pemutar musik. Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih running watch. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek running watch yang bagus, seperti Garmin, SUUNTO, dan Polar. Temukan produk yang paling sesuai untuk menemani kegiatan jogging rutin ataupun profesional Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Saat akan memulai berlatih yoga, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah matras yoga atau yoga mat. Merek peralatan olahraga ternama, seperti Berwyn dari Ace Hardware, Kettler, Miniso, dan Adidas telah memproduksi matras yoga andalan mereka. Bahkan, sekarang sudah banyak produsen yang menjual matras yoga dengan harga murah.Kami akan memperkenalkan cara memilih matras yoga bagi pemula dan memberikan rekomendasi matras yoga yang bagus dan tebal. Artikel ini sudah ditinjau oleh yoga instructor kami, Kalyana. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi dalam memilih matras yoga yang paling nyaman bagi Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam memilih sepatu fitness? Berbagai merek terkenal, seperti ASICS, PUMA, atau Nike memang bisa membuat Anda bingung ketika memilihnya. Ditambah lagi, ada banyak produk dengan desain dan warna menarik yang mudah Anda jumpai di berbagai gerai online.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu fitness yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Kami juga akan memperkenalkan rekomendasi sepatu fitness yang bagus dan berkolaborasi dengan fitness coach kami, Akbar Kharisma. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Gym & fitness
  • 10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Memilih pakaian olahraga atau sportswear yang tepat membuat Anda makin nyaman berolahraga. Legging menjadi salah satu pakaian olahraga yang wajib dimiliki oleh wanita. Anda perlu memilih bahan legging yang bagus untuk berolahraga. Namun, masih ada beberapa poin lainnya yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih legging sport.Kami akan berbagi tips untuk memilih legging sport yang nyaman dan modis untuk wanita. Kami juga memberikan rekomendasi merek legging olahraga terbaik, seperti Puma, Nike, dan adidas. Ada juga merek sportswear lokal yang bagus dari Miniletics dan legging hijab dari HIA Everywear. Selamat membaca!
    Gym & fitness
  •  10 Sarung Tangan Gym Terbaik - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sarung Tangan Gym Terbaik - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda senang olahraga weight lifting ataupun training? Tentu saja Anda membutuhkan sarung tangan gym atau training gloves. Sarung tangan ini akan membantu melindungi tangan Anda dari cedera. Kulit tangan pun tetap mulus dan bebas kapalan.Kali ini kami akan berbagi tips memilih sarung tangan gym yang bagus. Temukan juga berbagai rekomendasi sarung tangan gym terbaik, seperti dari merek Reebok, Decathlon, dan adidas. Ada juga beberapa merek lokal, seperti Happyfit, Svarga, dan SFIDN. Artikel ini sudah ditinjau oleh fitness coach kami, Akbar Kharisma. Simak terus artikel ini sampai akhir, ya!
    Gym & fitness
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori